Daihatsu Ayla 25.000 km

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by diidoot »

Permisi, izin ikut trend review long term
Izin untuk mereview mobil alay yang udah beberapa kali direview (barunya) sama SMers. Ane mau review mobil yang udah setahun disiksa menemani ane pp tangsel-purwakarta di hari senin dan jumat dan di weekend di Tangerang-Jakarta :big_smile]
Sekarang odometer menunjukkan angka 25 ribu lebih
Image
===============================

Eksterior

Image



depannya bisa dibilang ga ganteng. Di bagian gril dikasih krom segambreng yang membuat tampang mobil ini serasa monyong seperti ikan cupang yang mana akhirnya ane tutupin stiker sewarna body. Untuk versi M dan D malahan terlihat lebih ganteng tanpa krom.

Bagian samping ga ada tarikan garis garis tegas, yang terlihat jelas malahan krom (lagi) dari side body molding dan handle pintu. Ane kasih stiker sewarna body juga kecuali handle pintunya :big_bored:
Bagian belakangnya biasa aja, udah ada wiper belakang, spoiler, dan lampu rem extension di pintu bagasi yang ternyata ada LED yang nyala kalau mundur hmm. Sayangnya pintu belakang cuman bisa dibuka cuman dari tuas di bawah kursi dan pake kunci . Pernah ane buka bagasi dari dalem, tutup pintu supir, pas sampe belakang bagasinya udah ketutup lagi :big_dunno:
Yang jelas emblem emblem ane copotin semua kecuali emblem daihatsu biar keliatan lebih rapih. Terlalu heboh! Harusnya diganti emblem Toyota atau Vitz biar nambah 50 hp karena emblem daihatsu ini ngurangin HP bisa sampe 100 hp padahal cuman dikasih 65 hp :mky_01:

Overall desainnya terlihat paling main aman di antara para LCGC, ga sporty kayak brio, dan ga boxy ala wagon R.
============================
Interior

Image

Hard and cheap plastic everywhere
Desain dashboard terlihat paling murahan di antara LCGC lain karena pilihan warna yang kurang pas (abu-abu ember). Pada bagian atas dashboard bisa dipencet pencet sangking tipisnya. Sepasang airbag mengiasi dashboard dan setir. Bagian terburuknya, kalau lewat speedbump, dashboard kayak mau copot dengan goyangan dahsyat :mky_02:
Doortrim dengan bahan plastik tipis menghiasi mobil ini yang mana juga sewarna sama dashboard. Kalau ngencengin volume musik, bisa terasa getaran-getaran dari bass yang seadanya, treble karton, dan suara knalpot motor motor yang masuk.
Bagian elektronik, MID di mobil ini lumayan memberikan informasi yang setidaknya terbanyak di kelasnya. Ada average konsumsi bbm, range km sisa bbm yang bisa ditempuh oleh mobil, 1 buah tripmeter, dan beberapa alarm. Bingung juga siapa yang hobi tidur di mobil sampe pasang alarm :big_chicken: yang jelas ga ada indikator gigi. Mungkin kalau yang manual ga masalah, tapi kalau matic harus sering ngintipin ke bawah pas parkir, terutama buat yang belum biasa.
Power window ada di semua sisi dan bisa diatur dari sisi pengemudi sebagaimana mestinya. Ga ada fitur auto up sehingga ane menambahkan fitur ini sendiri dengan mengganti saklar PW aftermarket yang ada lampunya juga
Rattle? Sudah jelas, kalau lewat jalan jelek rasa rasanya beberapa trim konser karena sudah pernah dibongkar pasang. Padahal mobil ini baru setahun

MID
Image

Udah begini aja
Image




=====================================

Akomodasi
Untuk kursi pengemudi, rasa rasanya ukurannya terlalu kecil dan ga menopang paha dengan baik. Kalau sudah lebih dari 2 jam, kempesnya busa yang tipis ga bisa menahan rangka kursi yang menekan punggung.

Baris belakang dikasih headrest terpisah, tapi bagian depan dikasih headrest menyatu yang lebih pas buat ane sebagai neckrest :big_dunno:

Posisi mengemudi jauh dari kata ergonomis. Di saat posisi tangan pas dengan setir, kakinya jadi menekuk. Kalau kakinya pas, tangan jadi lurus kayak lencang depan.

Cup holder ada dua di depan tuas perseneling, di doortrim ada masing masing 1, termasuk di belakang, di belakang handbrake pun ada 1.

Di baris belakang, kursinya sudah lebih baik dibanding yang generasi 1 yang cuman kayak kayu dikasih busa tipis. Sekarang udah ada konturnya (dikit) Ada headrest terpisah 2, mayan buat mecahin kaca kalau naudzubillah kejebak di mobil.

Yang ga enak itu kursinya terlalu tegak, headrestnya justru bikin kepala susah rest. Ga enak kalau mau tidur di belakang.

Untuk Headroom dan legroom bisa dibilang sangat luas di kelasnya.

Audio bisa dibilang cuman asal bunyi doang. Jumlah speaker ada 4 tapi suara yang dihasilkan ga lebih baik dibanding speaker 2nya si gogon. Headunit yang dari luar terlihat seperti doubledin ternyata hanya single din. Layarnya cuman 1 baris kayak HU alpine di kijang super tahun 90an. Pernah kejadian tiba tiba mati ga nyala seharian dan besok paginya pas mau klaim bener sendiri.

Solusi enak : ganti headunit beserta semua speakernya + tambah peredam.
Overall, masalah akomodasi, mobil ini bisa dibilang praktis namun tidak ergonomis
==========================

Kekedapan kabin
Well........

BERISIK!
Suara ban dan angin sangat terdengar, terutama di kecepatan yang lumayan tinggi. Walaupun masih lebih kedap dibanding kabin avanza lama tapi rasa rasanya masih jauh dari kedap. Kalau hujan pun demikian suara klotak klotak sangat mendominasi di atap mobil. Tapi ya wajar aja namanya juga LCGC walaupun di Calsig udah lebih baik peredamannya
=======================

Performa Mesin

Akselerasi? hmm kombinasi mesin yang tidak pelan, body yang ringan, membuat mobil ini tidak kesulitan untuk jalan 100 km/jam. Memang saat dimuati 5 orang dewasa + barang tarikannya tidak bisa dibilang kencang, tapi ya cukup cukup saja untuk perjalanan dalam kota. Yang jelas ekspektasi ane mobil ini lebih kenceng dari yang ane kira.
Transmisi matic jadulnya juga cukup responsif pada saat kickdown dan putaran bawah. Selain itu mobil ini masih pake kabel gas (ane ga suka TBW) sehingga feel gasnya masih dapet. Minusnya kalau pindah dari N ke D masih dirasa terlalu kasar.

Eh iya mobil ini ga ada gigi L –daihatsu banget-, adanya gigi 2, jadi ya kalau tanjakannya tinggi harus kickdown terus.
Top speed? Udah pada tau kan ya udah banyak orang bernyawa 9 yang bawa mobil beginian di atas 160 km/jam :big_think:

Konsumsi BBMnya hmmm kalau di dalam kota Tangsel, Tangerang, Jakarta, masih bisa lah 1:10-1:12 dengan Ron 92. Sementara untuk keluar kota biasanya ane selalu di atas 1:17 walaupun jarang indikator econya nyala
========================
Handling dan Kenyamanan
Handlingnya hmmmmm jelek. Ban berukuran kecil dengan GC yang ga rendah ditambah ringannya body dan tidak rigidnya suspensi membuat mobil ini menjadi salah satu mesin pembunuh kelas wahid. Setir ga bisa dibilang enteng pas kecepatan rendah, tapi untuk kecepatan tinggi bisa dibilang terlalu ringan
Untuk bantingan suspensinya sendiri khas Daihatsu : keras pas kosong, tapi terlalu mentul kalau penuh.
Untuk bagian ini ane menambahkan stabilizer belakang yang membuat handling mobil ini lebih baik dikendarai. Sebelumnya jalan 40 km/jam sambil belok membuat badan ini mau nempel ke pintu, tapi setelah dipasang jadi jauh lebih baik.

Hal terburuk dari sisi kenyamanan adalah getaran mesin 3 silindernya yang membuat geli geli badan anda. Mobil ane udah 2 kali klaim Engine Mounting yang kualitasnnya ga diragukan lagi buruknya. Untung setiap kali rusak selama masih garansi masih bisa diklaim.

========================

Pengereman

No abs dan rem belakang hanya tromol membuat mobil ini memiliki pengereman yang bisa dibilang parah. Sisi positifnya feel remnya masih dapet walaupun belum sebaik LCGC sodaranya yaitu Sigra yang sudah abs.
Dan ane baru tau kalau Ayla yang versi manual cuman dikasih cakram solid tanpa ventilasi

========================
MASALAH
-engine mounting yang ga bertahan lama (udah 2x klaim tiap service 10k). Sampai sekarang masih geter kalau ditahan di D
-mounting atas shock depan karetnya cepet rusak. Bunyi gluduk gluduk kalau lewat jalan jelek
-interior rattle
-dari P ke R suka njedug kalau baru nyala
-cat yang kalau ga dipoles gampang baret dan pudar

========================
YANG UDAH DIGANTI/DITAMBAH
-Velg OEM GD3 VTEC 1st gen (copotan)
-Achilles ATR Sport 185/55 R15
-Kaca film merk lluminox + BJ (ternyata mayan bagus dibanding blek beauty)
-Engine Mounting
-Wiper lupa merk apa, tapi bagus
-Sill plate 4 pintu+bagasi
-Power window switch
-2 symbion+2pioneer coaxial speaker (murmer)
-Engine Mounting
-Mudflap (85 ribu di bukabapak)
-Rear Sway Bar
-Karet balon

========================
WISHLIST
-Peredam aspal sekujur body
-ban yang ga berisik tapi empuk dan kuat menghadapi tol cikampek
-HU baru
-Jok depan yang proper
-Strutbar
-modul retract spion

KESIMPULAN
Apabila anda memiliki dana 130 juta secara tunai dan anda sangat mementingkan kenyamanan berkendara, sebaiknya anda memilih mobil bekas aja karena mobil ini sangat jauh dari ideal.
Namun, apabila anda mencari mobil baru yang hanya digunakan sebagai komuter dari 1 tempat ke tempat lainnya di kota yang padat penduduk, dan anda masih suka membawa penumpang di baris belakang, mobil ini bisa menjadi pilihan yang tepat.
Untuk orang yang baru bisa belajar nyetir atau jadi mobil pertama yang anda beli pun juga tidak salah selama anda ga peduli dengan kekurangan kekurangan mobil ini.
Kelebihan :
+ irit bbm
+ kabin dan bagasi luas
+ mesin bandel
+ pajaknya rendah
+ radius putar
+ fitur
Kekurangan
- Mesin GETAAARRRR
- Bantingan suspensi kurang pas
- Doortrim tipis
- Handling terburuk di kelasnya
- Audio
Seginilah review nubie selama setahun menggunakan Daihatsu Ayla. Semua hal di atas adalah pendapat subjektif dan pribadi nubie.

Tambahan :
Biaya servisnya di bengkel resmi ga terlalu murah. Servis 10k abisnya sekitar 800 ribu (tanpa spooring balancing). 20k sekitar 1,4 juta. Itu pake oli shell HX8 2,7L
-
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by arfyano »

Review yang menarik untuk di baca dan gampang dicerna. meskipun saya belum pernah mengendarai ni mobil, seenggaknya saya sudah bisa membayangkan gmn feel mengemudi nya, hehee..
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by Venturtle »

nice review om :big_exellent: ..wah, baru setahun uda jalan 25 ribu km lebih :big_chicken:
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by mr_mytplx »

nice review om.

mountingnya parah jg y om. masa tiap 10k ganti.
DMS2812
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Jan 05, 2016 2:51

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by DMS2812 »

Wow, setahun udah 25rb KM y bro, punya sy Agya TRD S baru 4600 KM sekian, Maret 2017 udah setahun jg.
Yah, memang gak bisa berharap banyak sama si mobil LCGC ini, tp paling gak, kalo butuh pergi kemana aja udah gak takut kehujanan atau kepanasan lg.
Tp jujur suatu saat kalo ada rejeki lebih, pasti sy ganti jg nih mobil. Hehehe.
Btw, nice review bro.
kinankahfi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sat Mar 05, 2016 12:03

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by kinankahfi »

Good review om :frm_salut:
Biaya servicenya mahal juga ya untuk ukuran lcgc. Apa klo agya ya sama seginian juga ya
Itu hitungan konsumsi bbm sesudah diupgrade pake velg+ban yg sekarang atau pas masih pake velg+ban bawaan standardnya dl om?
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by diidoot »

arfyano wrote: Tue Jan 31, 2017 15:18 Review yang menarik untuk di baca dan gampang dicerna. meskipun saya belum pernah mengendarai ni mobil, seenggaknya saya sudah bisa membayangkan gmn feel mengemudi nya, hehee..
hehe ya begitu lah om rasa rasanya, lebih cocok buat first user :mky_02:
Venturtle wrote: Tue Jan 31, 2017 15:42 nice review om :big_exellent: ..wah, baru setahun uda jalan 25 ribu km lebih :big_chicken:
soalnya sekali jalan 100 km minimal om :mky_01:
mr_mytplx wrote: Tue Jan 31, 2017 15:45 nice review om.

mountingnya parah jg y om. masa tiap 10k ganti.
thx om
iya kayaknya karena ane sering di rpm tinggi dan komplain melulu. Dulu sebenernya pas 5k udah ane komplain tapi cuman direposisi aja. Untung masih garansi :big_dunno:
DMS2812 wrote: Tue Jan 31, 2017 21:46 Wow, setahun udah 25rb KM y bro, punya sy Agya TRD S baru 4600 KM sekian, Maret 2017 udah setahun jg.
Yah, memang gak bisa berharap banyak sama si mobil LCGC ini, tp paling gak, kalo butuh pergi kemana aja udah gak takut kehujanan atau kepanasan lg.
Tp jujur suatu saat kalo ada rejeki lebih, pasti sy ganti jg nih mobil. Hehehe.
Btw, nice review bro.
iya om kalau butuh cepet bisa langsung jalan ga usah takut mogok :big_smile]

sama om, apalagi kalau udah mau abis garansinya :big_peace:
kinankahfi wrote: Tue Jan 31, 2017 22:12 Good review om :frm_salut:
Biaya servicenya mahal juga ya untuk ukuran lcgc. Apa klo agya ya sama seginian juga ya
Itu hitungan konsumsi bbm sesudah diupgrade pake velg+ban yg sekarang atau pas masih pake velg+ban bawaan standardnya dl om?
thx om
Kalau agya free biaya service om sampai 50k. Kalau daihatsu cuman service 1000 km pertama aja. Untuk biaya servicenya doang sekitar 300 ribuan. Yang mahal kan cairan buat semprot ini itu om :big_childish:
-
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by cursQ »

Mantab reviewnya.. mayan juga 25rb setahun yah tp klo dipikir2 mobil djadiin kaki ya emang normal yah
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by ddyta27 »

eh iya mahal juga yah biaya servicenya... wagon r service berkala 250ribuan (ganti oli, filter, cek kondisi semua) mahalnya pas kelipatan 20.000 km, hampir 700ribuan (oli, filter, rem, air radiator, busi, tune up) diluar spooring dan balancing..
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by coklatMetalik »

Wah mahal juga biaya serpisnya....

Kalo kualitas dashboard kyknya yg paling bagus karimun ya (CMIIW)? Yg lain mah ya gitu, tipis, dipencet goyang, rattle dll

Jok & headrest, sy pernah naek mahluk ini bbrp kali & emg sangat gk nyaman buat saya yg posturnya mirip fitra eri...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by artoodetoo »

Mau tanya: power windows switch-nya diganti punya Toyota/Daihatsu juga atau ada produk aftermarketnya? Apakah ada yg bisa diterapkan untuk Brio? Soalnya Brio saya juga cuma auto down power windownya. Harganya berapaan ya? Kalau diganti itu, menggugurkan garansi atau tidak?
Maaf banyak tanya, hehe :mky_01:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
niubi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Sun Jan 03, 2016 6:32

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by niubi »

mahal juga biasa Service nya lcgc ya
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by martinnn »

velgnya cocok :emo-yesno: :emo-yesno: :emo-yesno: :emo-yesno:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
obelix85
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Jul 19, 2016 1:30

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by obelix85 »

thanks gan reviewnya,,, :big_okay: :big_okay: :big_okay:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by Venturtle »

wah, sekali jalan minimal 100 km :big_chicken: :big_chicken:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by daftar »

steering rack nya belum kena ya om, punya sepupu setir udah oblak speleng umur baru 1,5 tahun sama presneleng agak susah masuk gigi 2. memang agak susah nyari posisi duduk yang pas buat neng ayla,
:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by ChZ »

Wah keren ternyata ya Ayla pake velgnya GD3 vtec... Hehehe... Masuk banget styling nya. Good review om...

Temen deket sya kebetulan ada yang pake Ayla MT 2014 uda 2 taun jalan 45ribu+++... Sehari jalan kurang lebih 100km juga.

Masalah nya dulu cm pernah HU mati waktu awal-awal beli... Engine mounting blom kena sih kayaknya.

Cm dia sendiri bilang itu mobil berasa kayak mainan... Ga brani kenceng-kenceng nyetirnya... :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by kunaskun »

^^^
ah yg bilang kaya mainan itu kurang edukasi.. buktinya di pantura banyak yang sembalap.. apalagi di toll cipali malam hari.. sinar jaya aja tebas... ini kan made by DaiToyo yg bilang kaya gitu pasti kurang edukasi :mky_02:

---

eniwei, ini mobil bener jadi duo kaleng junior ya, kayanya ancur amat itu driving experience-nya... :mky_08: tapi the good thing is kabinnya termasuk lega, AC dingin :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Wed Feb 01, 2017 8:21 ^^^
ah yg bilang kaya mainan itu kurang edukasi.. buktinya di pantura banyak yang sembalap.. apalagi di toll cipali malam hari.. sinar jaya aja tebas... ini kan made by DaiToyo yg bilang kaya gitu pasti kurang edukasi :mky_02:

---

eniwei, ini mobil bener jadi duo kaleng junior ya, kayanya ancur amat itu driving experience-nya... :mky_08: tapi the good thing is kabinnya termasuk lega, AC dingin :mky_03:
Owh iya... gigi 3 nya kentjang... pake cemetitid...

Ane klw liat Agay Alay kebut kebutan cuma bisa berdoa... semoga selamat sampai tujuan.... :big_slap:

Termasuk yang bawa juga karakternya mirip duo kaleng driver... seruntulan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by Turboman »

Review yg sangat muantaaappppppppppppp :frm_tumbleft: :frm_tumbleft: :frm_tumbleft:

user gak segan2 utk menulis kekurangan mobilnya sendiri

user pasti akan jadi orang sukses dan suatu hari nanti akan bisa beli mobil yg jauh lebih berkelas drpd yg skg
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by iwing »

wahh biaya service nya gak masuk kategori lcgc
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Wed Feb 01, 2017 8:31
kunaskun wrote: Wed Feb 01, 2017 8:21 ^^^
ah yg bilang kaya mainan itu kurang edukasi.. buktinya di pantura banyak yang sembalap.. apalagi di toll cipali malam hari.. sinar jaya aja tebas... ini kan made by DaiToyo yg bilang kaya gitu pasti kurang edukasi :mky_02:

---

eniwei, ini mobil bener jadi duo kaleng junior ya, kayanya ancur amat itu driving experience-nya... :mky_08: tapi the good thing is kabinnya termasuk lega, AC dingin :mky_03:
Owh iya... gigi 3 nya kentjang... pake cemetitid...

Ane klw liat Agay Alay kebut kebutan cuma bisa berdoa... semoga selamat sampai tujuan.... :big_slap:

Termasuk yang bawa juga karakternya mirip duo kaleng driver... seruntulan...
ah iya the powa of cementitid :mky_02:
Kynug
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Fri Mar 11, 2016 9:25

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by Kynug »

Nice review om..
Saya jg ada saudara kembarnya, agya g m/t 2015, 22 bulan odo 32rb. Kalau emang buat komuter dalam kota udah cukup lah. Tapi untuk luar kota, duduk >2 jam punggung udah pegel2. Pernah saya lewat tol bawen-semarang, buat nanjak panjang ngos2an juga. Kuat sih kuat, tapi 1000cc ga boong.

Masalah build quality emang parah ini daitoyo, dashboard goyang kemana2, kaki2 bunyi, yg paling parah mounting kiri. Pernah ane klaim 2x ke nas**co kali pertama langsung diganti, kali kedua dibilangin SA nya mounting di reposisi. Eh setelah sy tengok ternyata cuma diganjel semacam busa keras, yg bikin dashboard makin goyang dombret waktu idle sekalipun.

Buat kaki2 yg bunyi, coba dudukan shock depan ganti punya carry, ada yg udah coba dan membantu mengurangi suara2 aneh. Tapi sy sendiri juga belum nyobain, blm ada waktu buat eksperimen.
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by diidoot »

ddyta27 wrote: Wed Feb 01, 2017 1:05 eh iya mahal juga yah biaya servicenya[/b]vicenya... wagon r service berkala 250ribuan (ganti oli, filter, cek kondisi semua) mahalnya pas kelipatan 20.000 km, hampir 700ribuan (oli, filter, rem, air radiator, busi, tune up) diluar spooring dan balancing..
iya om emang mahal :big_dunno:
hehe merk juki emang lebih murah om. Ertiga aja lebih murah biayanya dibanding avanza


cursQ wrote: Wed Feb 01, 2017 0:58 Mantab reviewnya.. mayan juga 25rb setahun yah tp klo dipikir2 mobil djadiin kaki ya emang normal yah
mau saingan sama mobil yang dijadiin taksi online om hehe


coklatMetalik wrote: Wed Feb 01, 2017 1:44 Wah mahal juga biaya serpisnya....

Kalo kualitas dashboard kyknya yg paling bagus karimun ya (CMIIW)? Yg lain mah ya gitu, tipis, dipencet goyang, rattle dll

Jok & headrest, sy pernah naek mahluk ini bbrp kali & emg sangat gk nyaman buat saya yg posturnya mirip fitra eri...
iya om nanti 30k kayaknya mau ganti beres, kali aja di beres lain lebih murah

betul om! Di antara LCGC kayaknya paling niat itu ya juki. Temen kantor ada yang punya KWR begitu ane pegang dashboardnya rasanya jauh lebih berisi. Cuman ga niat pasarin aja makanya ga laku.

177cm om? :big_deal:
padahal postur ane termasuk yang aneh (badan ke atasnya panjang, tapi kakinya bantet) tapi tetep aja ga nyaman
artoodetoo wrote: Wed Feb 01, 2017 4:59 Mau tanya: power windows switch-nya diganti punya Toyota/Daihatsu juga atau ada produk aftermarketnya? Apakah ada yg bisa diterapkan untuk Brio? Soalnya Brio saya juga cuma auto down power windownya. Harganya berapaan ya? Kalau diganti itu, menggugurkan garansi atau tidak?
Maaf banyak tanya, hehe :mky_01:
sebenernya katanya bisa pake punya rush atau gimana. Cuman ane beli merk aftermarket yang harganya <500 rebu yang tinggal pnp, jadi kalau rusak tinggal dibalikin standar aja. Kalau pake punya Toydai nanti 5% dari harga mobilnya sendiri.
Kalau garansi kayaknya menggugurkan deh, tapi ane bodo amat sama garansi kelistrikan soalnya klakson juga ane udah ganti
niubi wrote: Wed Feb 01, 2017 5:53 mahal juga biasa Service nya lcgc ya
iya om nanti ane upload deh struknya
martinnn wrote: Wed Feb 01, 2017 6:33 velgnya cocok :emo-yesno: :emo-yesno: :emo-yesno: :emo-yesno:
:big_smoking: cuman velg copotan kok om martin
obelix85 wrote: Wed Feb 01, 2017 7:10 thanks gan reviewnya,,, :big_okay: :big_okay: :big_okay:
:big_blushing: sama sama gan semoga bermanfaat
Venturtle wrote: Wed Feb 01, 2017 7:15 wah, sekali jalan minimal 100 km :big_chicken: :big_chicken:
kan jalannya hari senin, jumat, sabtu, minggu aja om, sebulan kurleb 2000 km :big_childish:
daftar wrote: Wed Feb 01, 2017 7:38 steering rack nya belum kena ya om, punya sepupu setir udah oblak speleng umur baru 1,5 tahun sama presneleng agak susah masuk gigi 2. memang agak susah nyari posisi duduk yang pas buat neng ayla,
alhamdulillah belum om padahal sering ngehajar lobang di tol
kalau yang manual sih ane pernah nyoba agya temen ya begitu, udah keras, kasar pula :big_childish:
ChZ wrote: Wed Feb 01, 2017 8:11 Wah keren ternyata ya Ayla pake velgnya GD3 vtec... Hehehe... Masuk banget styling nya. Good review om...

Temen deket sya kebetulan ada yang pake Ayla MT 2014 uda 2 taun jalan 45ribu+++... Sehari jalan kurang lebih 100km juga.

Masalah nya dulu cm pernah HU mati waktu awal-awal beli... Engine mounting blom kena sih kayaknya.

Cm dia sendiri bilang itu mobil berasa kayak mainan... Ga brani kenceng-kenceng nyetirnya... :big_biglaugh:
iya om maklum dana ganti velg cuman segitu, ane anti sama velg kw takut tiba tiba patah kalau lagi kenceng terus kena lobang :big_childish:

kalau yang manual kayaknya EMnya termasuk lebih awet
kunaskun wrote: Wed Feb 01, 2017 8:21 ^^^
ah yg bilang kaya mainan itu kurang edukasi.. buktinya di pantura banyak yang sembalap.. apalagi di toll cipali malam hari.. sinar jaya aja tebas... ini kan made by DaiToyo yg bilang kaya gitu pasti kurang edukasi :mky_02:

---

eniwei, ini mobil bener jadi duo kaleng junior ya, kayanya ancur amat itu driving experience-nya... :mky_08: tapi the good thing is kabinnya termasuk lega, AC dingin :mky_03:
:big_biglaugh:
mobil ini ditunjukkan buat orang yang butuh space, fitur, ac dingin dan ga peduli driving exp. Kalau ane cari fun to drivenya juga ga nemu nemu
Turboman wrote: Wed Feb 01, 2017 8:35 Review yg sangat muantaaappppppppppppp :frm_tumbleft: :frm_tumbleft: :frm_tumbleft:

user gak segan2 utk menulis kekurangan mobilnya sendiri

user pasti akan jadi orang sukses dan suatu hari nanti akan bisa beli mobil yg jauh lebih berkelas drpd yg skg
:big_blushing: kalau ane bagus bagusin nanti dikira sales om. Lagian emang begitu adanya om

aamiin, dulu budgetnya juga mau beli e46, eh ternyata penempatan kerjanya jauh, kalau ngambil e46 tekor di bensin sama ga tega nyiksanya jadi aja cari yang baru dan ga mogokan :mky_02:
iwing wrote: Wed Feb 01, 2017 8:40 wahh biaya service nya gak masuk kategori lcgc
iya om dikirain dulu beli LCGC servicenya under 500k. eh taunya ga pernah under 500k :mky_01:
-
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Daihatsu Ayla 25.000 km

Post by coklatMetalik »

iwing wrote: Wed Feb 01, 2017 8:40 wahh biaya service nya gak masuk kategori lcgc
Ini sih low costnya cuma low manufacturing cost. Bukan low maintenance cost
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82