Biar tambah rame forum sport, mustinya Nascar gak boleh ketinggalan negh!
Ada yg doyan nonton NASCAR gak? Pasti lebih gila daripada nonton bola. Soalnya biasanya baru mulai jam 1 dini hari, hari Senin pula...
Pokoknya balapan yg paling bosenin tapi paling ketat persaingannya, ya cuma NASCAR.
Daku mulai dengan istilah-istilahnya dulu ya? Soalnya rada beda dengan istilah balap dari Eropa.
AERO PUSH
Ketika mengikuti kendaraan lain dengan rapat, aliran udara di belakang kendaraan yg di depan tidak mengalir secara normal. Akibatnya downforce pada bagian depan mobil yg di belakang menjadi berkurang, dan ini menyulitkan ketika menikung. Kondisi ini lebih terasa pada saat keluar tikungan.
AERODYNAMIC DRAG
Rada susah diterjemahin :
A number that is a coefficient of several factors that indicates how well a race vehicle will travel through the air and how much resistance it offers. Crewmen work to get the best "drag horsepower" rating they can, determining how much horsepower it will take to move a vehicle through the air at a certain mile-per-hour rate. At faster speedways teams strive to get the lowest drag number possible for higher straightaway speeds.
Tapi kurang lebih :
sejumlah koefisien dari berbagai faktor yg mengindikasikan pengaruh udara pada saat kendaraan melaluinya. Mekanik akan bekerja utk mendapatkan tingkat drag (lihat istilah drag) terbaik yang akan menentukan oleh berapa besar tenaga yg dibutuhkan untuk melalui udara pada kecepatan tertentu.
AIR DAM
Lempengan dibawah front grill, sangat dekat dengan tanah/track. Gunanya untuk meningkatkan downforce bagian depan mobil.
AIR PRESSURE
Mengubah tekanan udara dalam ban merupakan salah satu cara untuk mensetting suspensi kendaraan. Penambahan tekanan meningkatkan "spring rate" pada ban, dan mengubah karakteristik handling.
BALANCE
Kendaraan disebut balance/seimbang, bila tidak punya kecenderungan oversteer atau understeer, melainkan tetap pada jalurnya.
BANKING
Biasanya pada tikungan, dimana lintasan dibuat miring.
CAMBER
Sudut kemiringan roda terhadap permukaan track. Positif berarti melebar melebihi sudut vertikal, sedangkan negatif berarti sebaliknya. Pada track oval, biasanya kendaraan diset positif utk ban sebelah kiri, dan negatif utk ban sebelah kanan.
NASCAR
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
Information
Dan balapan yg paling aman yah Nascar kan paling jarang denger pembalapnya meninggal saat kecelakaan di Nascar.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
Unknown
Nah itulah anehnya yang udah bangkotan di trek nascar eh malah dia yg lewat duluan dibanding yg muda dan blm berpengalaman, itu kan jadi bahan pembicaraan para Nascar mania kok bisa yah apa roll Bar nya udah enggak kuat atau apa...?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Wah soal itu mah jelas nasib-nasiban. Kayak di rally, ada Possum yg udah tua, di MotoGP ada Kato yg masih muda, di F1 ada Senna yg gape abisss.....
Lanjutin ttg istilah NASCAR :
CHASSIS ROLL
Gerakan naik turun yang disebabkan mobil melalui tikungan pada kecepatan tinggi. Sisi mobil yang menghadap dalam tikungan lebih ringan daripada sisi mobil yang menghadap luar tikungan.
CONTACT PATCH
Bagian ban yang benar-benar menyentuh jalan.
DIRTY AIR
Udara yg dipakai/dimanfaatkan dan dibuang oleh mobil yg memimpin.
Lanjutin ttg istilah NASCAR :
CHASSIS ROLL
Gerakan naik turun yang disebabkan mobil melalui tikungan pada kecepatan tinggi. Sisi mobil yang menghadap dalam tikungan lebih ringan daripada sisi mobil yang menghadap luar tikungan.
CONTACT PATCH
Bagian ban yang benar-benar menyentuh jalan.
DIRTY AIR
Udara yg dipakai/dimanfaatkan dan dibuang oleh mobil yg memimpin.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Wah soal itu mah jelas nasib-nasiban. Kayak di rally, ada Possum yg udah tua, di MotoGP ada Kato yg masih muda, di F1 ada Senna yg gape abisss.....
Lanjutin ttg istilah NASCAR :
CHASSIS ROLL
Gerakan naik turun yang disebabkan mobil melalui tikungan pada kecepatan tinggi. Sisi mobil yang menghadap dalam tikungan lebih ringan daripada sisi mobil yang menghadap luar tikungan.
CONTACT PATCH
Bagian ban yang benar-benar menyentuh jalan.
DIRTY AIR
Udara yg dipakai/dimanfaatkan dan dibuang oleh mobil yg memimpin.
DOWNFORCE
Tekanan udara berjalan pada permukaan mobil balap menciptakan downforce (tekanan kebawah) atau beban pada area tersebut. Untuk meningkatkan kecepatan mobil pada tikungan, tim biasanya menambah downforce untuk menambah daya cengkram ban. Kecepatan pada tikungan yg meningkat akibat besarnya downforce akan juga menambah besarnya drag yg dapat memperlambat kecepatan pada track lurus.
DRAFT
Efek aerodinamis yang didapat 2 atau lebih kendaraan yang berjarak rapat antara depan dgn belakang, membuat dapat berlari lebih kencang daripada kendaraan yg berjalan sendiri. Ketika sebuah mobil mengikuti rapat, yg di depan memotong udara, membuat daya resistan menjadi kurang pada mobil yang dibelakang.
Lanjutin ttg istilah NASCAR :
CHASSIS ROLL
Gerakan naik turun yang disebabkan mobil melalui tikungan pada kecepatan tinggi. Sisi mobil yang menghadap dalam tikungan lebih ringan daripada sisi mobil yang menghadap luar tikungan.
CONTACT PATCH
Bagian ban yang benar-benar menyentuh jalan.
DIRTY AIR
Udara yg dipakai/dimanfaatkan dan dibuang oleh mobil yg memimpin.
DOWNFORCE
Tekanan udara berjalan pada permukaan mobil balap menciptakan downforce (tekanan kebawah) atau beban pada area tersebut. Untuk meningkatkan kecepatan mobil pada tikungan, tim biasanya menambah downforce untuk menambah daya cengkram ban. Kecepatan pada tikungan yg meningkat akibat besarnya downforce akan juga menambah besarnya drag yg dapat memperlambat kecepatan pada track lurus.
DRAFT
Efek aerodinamis yang didapat 2 atau lebih kendaraan yang berjarak rapat antara depan dgn belakang, membuat dapat berlari lebih kencang daripada kendaraan yg berjalan sendiri. Ketika sebuah mobil mengikuti rapat, yg di depan memotong udara, membuat daya resistan menjadi kurang pada mobil yang dibelakang.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
DRAFTING
Posisi dalam balap dgn menempel ketat hingga beberapa mobil berurutan kebelakang.
DRAG
Daya tekan balik yg menghambat mobil sewaktu melewati udara pada kecepatan tinggi. Daya penahan ini paralel dengan airstream dan berlawanan dengan laju mobil.
ENGINE BLOCK
Blok mesin dari pabrik yg membungkus crankshaft, rod dan piston.
FABRICATOR
Orang yang punya keahlian khusus membuat body dari stockcar berbahan metal. Biasanya tiap tim memiliki 1-2 fabricator.
FIREWALL
Pelat utuh dari logam yang memisahkan bagian mesin dengan kokpit pengemudi.
FRONT CLIP
Bagian depan mobil, dimulai dari firewall.
FUEL CELL
Tangki bahan bakar, terbuat dari kotak logam yg dilapisi bahan fleksibel, anti sobek. Tangki ini mengandung teknologi luar angkasa yg diharapkan dapat menghilangkan atau meminimalkan kebocoran bahan bakar.
Posisi dalam balap dgn menempel ketat hingga beberapa mobil berurutan kebelakang.
DRAG
Daya tekan balik yg menghambat mobil sewaktu melewati udara pada kecepatan tinggi. Daya penahan ini paralel dengan airstream dan berlawanan dengan laju mobil.
ENGINE BLOCK
Blok mesin dari pabrik yg membungkus crankshaft, rod dan piston.
FABRICATOR
Orang yang punya keahlian khusus membuat body dari stockcar berbahan metal. Biasanya tiap tim memiliki 1-2 fabricator.
FIREWALL
Pelat utuh dari logam yang memisahkan bagian mesin dengan kokpit pengemudi.
FRONT CLIP
Bagian depan mobil, dimulai dari firewall.
FUEL CELL
Tangki bahan bakar, terbuat dari kotak logam yg dilapisi bahan fleksibel, anti sobek. Tangki ini mengandung teknologi luar angkasa yg diharapkan dapat menghilangkan atau meminimalkan kebocoran bahan bakar.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
GROOVE
Bahasa slangnya racing line. Ada 2 macam groove, high groove yaitu jalur diluar lintasan atau dekat tembok sisi luar, dan low groove yaitu sebaliknya. Pembalap mencari groove yg cepat sesuai dengan kondisi track dan cuaca.
HAPPY HOUR
Waktu untuk latihan resmi sebelum balapan. Biasanya diadakan sehari sebelum balapan dan setelah kualifikasi dan balapan pendukung (support race)
HANDLING
Secara umum merupakan performa kendaraan disaat balapan, kualifikasi atau latihan. Yg termasuk dalam hal ini adalah ban, suspensi, aerodinamis, dan faktor-faktor lain.
INTERVAL
Jarak waktu antar 2 mobil. Secara kasar bisa melalui satuan mobil, atau lebih detail dalam satuan detik.
LAPPED TRAFFIC
Mobil-mobil yang tertinggal paling tidak satu lap kurang dari pemimpin balap.
LOOSE
Bisa berarti bebas atau oversteer. Kondisi ketika bagian belakang mobil hendak maju menyusul bagian depan ketika hendak memasuki atau keluar tikungan.
MARBLES
Serpihan karet ban yang dapat terbang karena angin dari mobil yang lewat. Biasanya dapat membuat mobil menjadi lepas kontrol.
NEUTRAL
Kondisi cara pembalap menghandel mobilnya, yaitu ketika tidak terjadi Loose ataupun Push.
OVERSTEER
Lihat Loose.
PIT ROAD
Area tempat kru memperbaiki mobil, mengganti ban, mengisi bahan bakar, dll.
PIT STALL
Area di pit road tempat tim-tim berada. Setiap mobil berhenti di stall milik timnya.
POLE POSITION
Posisi pertama/terdepan pada grid start. Posisi ini diberikan pada pembalap yang mencatat waktu kualifikasi tercepat.
PUSH
Juga berarti rapat dan understeer. Yaitu kondisi dimana roda depan kendaraan tidak dapat membelok sesuai jalur, sehingga kecepatan harus dikurangi agar roda mendapat grip pada track kembali.
Bahasa slangnya racing line. Ada 2 macam groove, high groove yaitu jalur diluar lintasan atau dekat tembok sisi luar, dan low groove yaitu sebaliknya. Pembalap mencari groove yg cepat sesuai dengan kondisi track dan cuaca.
HAPPY HOUR
Waktu untuk latihan resmi sebelum balapan. Biasanya diadakan sehari sebelum balapan dan setelah kualifikasi dan balapan pendukung (support race)
HANDLING
Secara umum merupakan performa kendaraan disaat balapan, kualifikasi atau latihan. Yg termasuk dalam hal ini adalah ban, suspensi, aerodinamis, dan faktor-faktor lain.
INTERVAL
Jarak waktu antar 2 mobil. Secara kasar bisa melalui satuan mobil, atau lebih detail dalam satuan detik.
LAPPED TRAFFIC
Mobil-mobil yang tertinggal paling tidak satu lap kurang dari pemimpin balap.
LOOSE
Bisa berarti bebas atau oversteer. Kondisi ketika bagian belakang mobil hendak maju menyusul bagian depan ketika hendak memasuki atau keluar tikungan.
MARBLES
Serpihan karet ban yang dapat terbang karena angin dari mobil yang lewat. Biasanya dapat membuat mobil menjadi lepas kontrol.
NEUTRAL
Kondisi cara pembalap menghandel mobilnya, yaitu ketika tidak terjadi Loose ataupun Push.
OVERSTEER
Lihat Loose.
PIT ROAD
Area tempat kru memperbaiki mobil, mengganti ban, mengisi bahan bakar, dll.
PIT STALL
Area di pit road tempat tim-tim berada. Setiap mobil berhenti di stall milik timnya.
POLE POSITION
Posisi pertama/terdepan pada grid start. Posisi ini diberikan pada pembalap yang mencatat waktu kualifikasi tercepat.
PUSH
Juga berarti rapat dan understeer. Yaitu kondisi dimana roda depan kendaraan tidak dapat membelok sesuai jalur, sehingga kecepatan harus dikurangi agar roda mendapat grip pada track kembali.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang