NASCAR

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

NASCAR

Post by y_anjasrana »

Biar tambah rame forum sport, mustinya Nascar gak boleh ketinggalan negh!
Ada yg doyan nonton NASCAR gak? Pasti lebih gila daripada nonton bola. Soalnya biasanya baru mulai jam 1 dini hari, hari Senin pula...
Pokoknya balapan yg paling bosenin tapi paling ketat persaingannya, ya cuma NASCAR.

Daku mulai dengan istilah-istilahnya dulu ya? Soalnya rada beda dengan istilah balap dari Eropa.

AERO PUSH

Ketika mengikuti kendaraan lain dengan rapat, aliran udara di belakang kendaraan yg di depan tidak mengalir secara normal. Akibatnya downforce pada bagian depan mobil yg di belakang menjadi berkurang, dan ini menyulitkan ketika menikung. Kondisi ini lebih terasa pada saat keluar tikungan.


AERODYNAMIC DRAG

Rada susah diterjemahin :
A number that is a coefficient of several factors that indicates how well a race vehicle will travel through the air and how much resistance it offers. Crewmen work to get the best "drag horsepower" rating they can, determining how much horsepower it will take to move a vehicle through the air at a certain mile-per-hour rate. At faster speedways teams strive to get the lowest drag number possible for higher straightaway speeds.

Tapi kurang lebih :
sejumlah koefisien dari berbagai faktor yg mengindikasikan pengaruh udara pada saat kendaraan melaluinya. Mekanik akan bekerja utk mendapatkan tingkat drag (lihat istilah drag) terbaik yang akan menentukan oleh berapa besar tenaga yg dibutuhkan untuk melalui udara pada kecepatan tertentu.


AIR DAM

Lempengan dibawah front grill, sangat dekat dengan tanah/track. Gunanya untuk meningkatkan downforce bagian depan mobil.


AIR PRESSURE

Mengubah tekanan udara dalam ban merupakan salah satu cara untuk mensetting suspensi kendaraan. Penambahan tekanan meningkatkan "spring rate" pada ban, dan mengubah karakteristik handling.


BALANCE

Kendaraan disebut balance/seimbang, bila tidak punya kecenderungan oversteer atau understeer, melainkan tetap pada jalurnya.


BANKING

Biasanya pada tikungan, dimana lintasan dibuat miring.


CAMBER

Sudut kemiringan roda terhadap permukaan track. Positif berarti melebar melebihi sudut vertikal, sedangkan negatif berarti sebaliknya. Pada track oval, biasanya kendaraan diset positif utk ban sebelah kiri, dan negatif utk ban sebelah kanan.

8) 8) 8)
Accurate V5 Accounting System Consultant
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Information

Post by mickey »

Dan balapan yg paling aman yah Nascar kan paling jarang denger pembalapnya meninggal saat kecelakaan di Nascar.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Jarang bukan berarti gak ada lho!
Ampir tiap balapan selalu ada tabrakan. Cuma berhubung pelindung drivernya cukup baik, jadi relatif aman.
Tapi terakhir yg daku inget, babehnya Dale Earnhart Junior meninggal di track. Kayaknya sekitar 2002 kemaren.
Accurate V5 Accounting System Consultant
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Unknown

Post by mickey »

Nah itulah anehnya yang udah bangkotan di trek nascar eh malah dia yg lewat duluan dibanding yg muda dan blm berpengalaman, itu kan jadi bahan pembicaraan para Nascar mania kok bisa yah apa roll Bar nya udah enggak kuat atau apa...?
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Wah soal itu mah jelas nasib-nasiban. Kayak di rally, ada Possum yg udah tua, di MotoGP ada Kato yg masih muda, di F1 ada Senna yg gape abisss.....

Lanjutin ttg istilah NASCAR :

CHASSIS ROLL

Gerakan naik turun yang disebabkan mobil melalui tikungan pada kecepatan tinggi. Sisi mobil yang menghadap dalam tikungan lebih ringan daripada sisi mobil yang menghadap luar tikungan.


CONTACT PATCH

Bagian ban yang benar-benar menyentuh jalan.


DIRTY AIR

Udara yg dipakai/dimanfaatkan dan dibuang oleh mobil yg memimpin.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Wah soal itu mah jelas nasib-nasiban. Kayak di rally, ada Possum yg udah tua, di MotoGP ada Kato yg masih muda, di F1 ada Senna yg gape abisss.....

Lanjutin ttg istilah NASCAR :

CHASSIS ROLL

Gerakan naik turun yang disebabkan mobil melalui tikungan pada kecepatan tinggi. Sisi mobil yang menghadap dalam tikungan lebih ringan daripada sisi mobil yang menghadap luar tikungan.


CONTACT PATCH

Bagian ban yang benar-benar menyentuh jalan.


DIRTY AIR

Udara yg dipakai/dimanfaatkan dan dibuang oleh mobil yg memimpin.


DOWNFORCE

Tekanan udara berjalan pada permukaan mobil balap menciptakan downforce (tekanan kebawah) atau beban pada area tersebut. Untuk meningkatkan kecepatan mobil pada tikungan, tim biasanya menambah downforce untuk menambah daya cengkram ban. Kecepatan pada tikungan yg meningkat akibat besarnya downforce akan juga menambah besarnya drag yg dapat memperlambat kecepatan pada track lurus.


DRAFT

Efek aerodinamis yang didapat 2 atau lebih kendaraan yang berjarak rapat antara depan dgn belakang, membuat dapat berlari lebih kencang daripada kendaraan yg berjalan sendiri. Ketika sebuah mobil mengikuti rapat, yg di depan memotong udara, membuat daya resistan menjadi kurang pada mobil yang dibelakang.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

DRAFTING

Posisi dalam balap dgn menempel ketat hingga beberapa mobil berurutan kebelakang.


DRAG

Daya tekan balik yg menghambat mobil sewaktu melewati udara pada kecepatan tinggi. Daya penahan ini paralel dengan airstream dan berlawanan dengan laju mobil.


ENGINE BLOCK

Blok mesin dari pabrik yg membungkus crankshaft, rod dan piston.


FABRICATOR

Orang yang punya keahlian khusus membuat body dari stockcar berbahan metal. Biasanya tiap tim memiliki 1-2 fabricator.


FIREWALL

Pelat utuh dari logam yang memisahkan bagian mesin dengan kokpit pengemudi.


FRONT CLIP

Bagian depan mobil, dimulai dari firewall.


FUEL CELL

Tangki bahan bakar, terbuat dari kotak logam yg dilapisi bahan fleksibel, anti sobek. Tangki ini mengandung teknologi luar angkasa yg diharapkan dapat menghilangkan atau meminimalkan kebocoran bahan bakar.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

GROOVE

Bahasa slangnya racing line. Ada 2 macam groove, high groove yaitu jalur diluar lintasan atau dekat tembok sisi luar, dan low groove yaitu sebaliknya. Pembalap mencari groove yg cepat sesuai dengan kondisi track dan cuaca.


HAPPY HOUR

Waktu untuk latihan resmi sebelum balapan. Biasanya diadakan sehari sebelum balapan dan setelah kualifikasi dan balapan pendukung (support race)


HANDLING

Secara umum merupakan performa kendaraan disaat balapan, kualifikasi atau latihan. Yg termasuk dalam hal ini adalah ban, suspensi, aerodinamis, dan faktor-faktor lain.


INTERVAL

Jarak waktu antar 2 mobil. Secara kasar bisa melalui satuan mobil, atau lebih detail dalam satuan detik.


LAPPED TRAFFIC

Mobil-mobil yang tertinggal paling tidak satu lap kurang dari pemimpin balap.


LOOSE

Bisa berarti bebas atau oversteer. Kondisi ketika bagian belakang mobil hendak maju menyusul bagian depan ketika hendak memasuki atau keluar tikungan.


MARBLES

Serpihan karet ban yang dapat terbang karena angin dari mobil yang lewat. Biasanya dapat membuat mobil menjadi lepas kontrol.


NEUTRAL

Kondisi cara pembalap menghandel mobilnya, yaitu ketika tidak terjadi Loose ataupun Push.


OVERSTEER

Lihat Loose.


PIT ROAD

Area tempat kru memperbaiki mobil, mengganti ban, mengisi bahan bakar, dll.


PIT STALL

Area di pit road tempat tim-tim berada. Setiap mobil berhenti di stall milik timnya.


POLE POSITION

Posisi pertama/terdepan pada grid start. Posisi ini diberikan pada pembalap yang mencatat waktu kualifikasi tercepat.


PUSH

Juga berarti rapat dan understeer. Yaitu kondisi dimana roda depan kendaraan tidak dapat membelok sesuai jalur, sehingga kecepatan harus dikurangi agar roda mendapat grip pada track kembali.

8)
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

Keliatannya NASCAR ama F1 tuh lebih capek dan berat NASCAR.Soalnya mobilnya masih banyak mekanis dr pd manual dan balapannya bisa ampe 3 jam atau 200an lap.
Speed is a game??!!
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Tull banget. Nascar minggu lalu aja ampe 400 putaran. Sarap abis. Daku aja yg nonton capek banget. Apalagi yg balapan ya?

8)
Accurate V5 Accounting System Consultant