BMW E90 prefacelift 2006

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Bhanaspati
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 999
Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58

BMW E90 prefacelift 2006

Post by Bhanaspati »

Selamat pagi, sugeng enjing, good morning dan apalah namanya.....
nggak terasa empat setengah tahun nggak nongol dimari setelah dulu aktif tanya2 tentang Grand Livina XV facelift 2013 MT, kalo nggak salah sih generasi terakhir facelift.
Syukurlah itu mobil sampai sekarang masih aktif dipakai harian sebagai mobil perang dan berkat masukan dari teman2 SM itu mobil so far so good mak nyossss dan kayaknya nggak bakalan ane jual.

ini ngomong apa ya kok ngelantur.... judul BMW malah cerita batu makam GL [emo-mark-F]

gini, ane barusan meminang BMW E90 325i 2006, dapat km 37 ribu asli sdh di scan, semoga memang benar adanya dan hanya Sang Pemberi warna cabe yang tau kebenaran hakiki.

ane TD itu E90 325i dengan bantuan teman yg punya e46, doi coba oke dan bagus lalu kita bawa ke bengkel dan di scan sekalian general check, hasil nya bagus semua.

problemnya....
ane sama sekali nggak bisa nyetir mobil matic :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: ancur tuh tembok
plis.... ajarin ane nyetir matic E90 325i yang bener itu bijimane ya :e-pray:
tips dan trik nya gimana?
ane biasa nyetir batu makam GL manual dan mobil2 lain ygserba manual dengan cara lumayan ugal-ugalan gegara ane selalu nggak sabar kalo ada mobil pe'a jalan pelan ditengah jalan depan ane

hayo... om om sesepuh serta simbah simbah penunggu SM tercinta ini, plis ajarin ane ya
sekalian bahas tentang E90 325i untuk tips dan saran piara mobil ini
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: BMW E90 prefacelift 2006

Post by efact »

:mrgreen: Congrats om :mrgreen:

Nganu.. bukannya malah gampang bawa matik drpd manual? Ciwik2 jaman now aja bawanya rata rata cuman bisa matik hahaha..

Kalo saya sih matik kaya gini
P utk parkir, dan yass, beneran ditaro di p kalo parkir doang
R utk mundur doang(yaiyalah)
Paling sering kalo jalan di n atau d, kadang2 pindah ke tiptronic, di biem steptronic kan namanya
Lagi macet nunggu lampu merah pasti selalu ke n, atau macet stuck yg gerak sama stop nya banyakan stop nya juga selalu dipindah ke n pas berenti..
Sisanya tinggal gas pol rem seadanya aja wkwkwk...
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: BMW E90 prefacelift 2006

Post by Jambangan »

Mbah bhanas is back :big_chicken:
Trid mobil terkutuk dihidupkan lagi dong om :ngacir:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: BMW E90 prefacelift 2006

Post by farizfsa »

Kalo lg jalan ya ke d
Kalo lg parkir ya ke p
Kalo lg mundur ya ke r
Kalo lg berhenti ke n

Kalo macet2an jgn sering pindah2 ke n kecuali macet stick lama berhenti diatas 1-2 menit

Kalo lampu merah jangan ke p cukup ke n

Kalo parkir lg tanjakan turunan, ke n dulu terus tarik rem tangan baru pindahin ke p

Semoga e90 nya awet hihi
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
bryan_miner
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Fri Sep 11, 2009 11:35

Re: BMW E90 prefacelift 2006

Post by bryan_miner »

farizfsa wrote: ↑Fri Dec 08, 2017 0:05 Kalo lg jalan ya ke d
Kalo lg parkir ya ke p
Kalo lg mundur ya ke r
Kalo lg berhenti ke n

Kalo macet2an jgn sering pindah2 ke n kecuali macet stick lama berhenti diatas 1-2 menit
Kalo lampu merah jangan ke p cukup ke n

Kalo parkir lg tanjakan turunan, ke n dulu terus tarik rem tangan baru pindahin ke p

Semoga e90 nya awet hihi
Itu yg Wa bold, agak bertolak belakang sama yg selama ini dibilangin ke Wa, they say sebaiknya kalau tdk sedang posisi merayap, sering sering di N kan pas berhenti terutama yg A/T biasa supaya gigi gigi dalamnya lebih awet, kecuali cvt yg memang ga masalah mau posisi D injek rem setengah jam juga. Nah jadi yg bener yg mana ya... :e-think: Takutnya Wa salah teknik bikin tranny jebol ya jebol jg kantong secara mubil Wa ada yg sdh non warranty.. :frm_bang_head:

Minta second opinionnya mastah... :frm_salut:
🚧🚧🚧🚧🚧 ROAD CLOSED 🚧🚧🚧🚧🚧
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: BMW E90 prefacelift 2006

Post by farizfsa »

bryan_miner wrote: ↑Fri Dec 08, 2017 2:46
farizfsa wrote: ↑Fri Dec 08, 2017 0:05 Kalo lg jalan ya ke d
Kalo lg parkir ya ke p
Kalo lg mundur ya ke r
Kalo lg berhenti ke n

Kalo macet2an jgn sering pindah2 ke n kecuali macet stick lama berhenti diatas 1-2 menit
Kalo lampu merah jangan ke p cukup ke n

Kalo parkir lg tanjakan turunan, ke n dulu terus tarik rem tangan baru pindahin ke p

Semoga e90 nya awet hihi
Itu yg Wa bold, agak bertolak belakang sama yg selama ini dibilangin ke Wa, they say sebaiknya kalau tdk sedang posisi merayap, sering sering di N kan pas berhenti terutama yg A/T biasa supaya gigi gigi dalamnya lebih awet, kecuali cvt yg memang ga masalah mau posisi D injek rem setengah jam juga. Nah jadi yg bener yg mana ya... :e-think: Takutnya Wa salah teknik bikin tranny jebol ya jebol jg kantong secara mubil Wa ada yg sdh non warranty.. :frm_bang_head:

Minta second opinionnya mastah... :frm_salut:
friction dari Neutral ke Drive itu besar, kalo cara nya begitu, sering2 ke netral lama2 shifter linkage dan clutch pack bisa kena. ada friction disitu. jadi kalo macet stop and go just leave it on drive. unless macet total 5 menit ga gerak atau lampu merah yg super lama kaya 3 menit ya pindahin ke n aja.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
bryan_miner
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Fri Sep 11, 2009 11:35

Re: BMW E90 prefacelift 2006

Post by bryan_miner »

Noted om fariz, tq inputnya.. :frm_tumbleft:
🚧🚧🚧🚧🚧 ROAD CLOSED 🚧🚧🚧🚧🚧
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: BMW E90 prefacelift 2006

Post by vinchazz »

Jangan lupa flush oli mesin, matic, oli ps, ama air radiator (sapa tau itu cairan dah berumur 1 th lebih)
User avatar
Bhanaspati
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 999
Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58

Re: BMW E90 prefacelift 2006

Post by Bhanaspati »

Jambangan wrote: ↑Thu Dec 07, 2017 23:56 Mbah bhanas is back :big_chicken:
Trid mobil terkutuk dihidupkan lagi dong om :ngacir:
siyap laksanaken om jamban...
eh salah, kamsut ane om jambangan
kita jumpa lagi setelah sekain lama

mari bersatu padu semarakan trit SERAYA MENYAN
:big_exellent: :big_peace:
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
User avatar
Bhanaspati
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 999
Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58

Re: BMW E90 prefacelift 2006

Post by Bhanaspati »

efact wrote: ↑Thu Dec 07, 2017 22:34 :mrgreen: Congrats om :mrgreen:

Nganu.. bukannya malah gampang bawa matik drpd manual? Ciwik2 jaman now aja bawanya rata rata cuman bisa matik hahaha..

Kalo saya sih matik kaya gini
P utk parkir, dan yass, beneran ditaro di p kalo parkir doang
R utk mundur doang(yaiyalah)
Paling sering kalo jalan di n atau d, kadang2 pindah ke tiptronic, di biem steptronic kan namanya
Lagi macet nunggu lampu merah pasti selalu ke n, atau macet stuck yg gerak sama stop nya banyakan stop nya juga selalu dipindah ke n pas berenti..
Sisanya tinggal gas pol rem seadanya aja wkwkwk...
bini ane nggak doyan matic om, katanya nggak bisa galak kalo nyalip
ini mau coba matic jerman pake mesin 6 silinder biar mantap jaya saat nyalip wusshh... wushhh.... nikmat
ditawarin mercy dia bilang "ane istri kontraktor.... bukan istri mentri" :big_bored:
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
User avatar
Bhanaspati
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 999
Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58

Re: BMW E90 prefacelift 2006

Post by Bhanaspati »

farizfsa wrote: ↑Fri Dec 08, 2017 3:27
bryan_miner wrote: ↑Fri Dec 08, 2017 2:46
farizfsa wrote: ↑Fri Dec 08, 2017 0:05 Kalo lg jalan ya ke d
Kalo lg parkir ya ke p
Kalo lg mundur ya ke r
Kalo lg berhenti ke n

Kalo macet2an jgn sering pindah2 ke n kecuali macet stick lama berhenti diatas 1-2 menit
Kalo lampu merah jangan ke p cukup ke n

Kalo parkir lg tanjakan turunan, ke n dulu terus tarik rem tangan baru pindahin ke p

Semoga e90 nya awet hihi
Itu yg Wa bold, agak bertolak belakang sama yg selama ini dibilangin ke Wa, they say sebaiknya kalau tdk sedang posisi merayap, sering sering di N kan pas berhenti terutama yg A/T biasa supaya gigi gigi dalamnya lebih awet, kecuali cvt yg memang ga masalah mau posisi D injek rem setengah jam juga. Nah jadi yg bener yg mana ya... :e-think: Takutnya Wa salah teknik bikin tranny jebol ya jebol jg kantong secara mubil Wa ada yg sdh non warranty.. :frm_bang_head:

Minta second opinionnya mastah... :frm_salut:
friction dari Neutral ke Drive itu besar, kalo cara nya begitu, sering2 ke netral lama2 shifter linkage dan clutch pack bisa kena. ada friction disitu. jadi kalo macet stop and go just leave it on drive. unless macet total 5 menit ga gerak atau lampu merah yg super lama kaya 3 menit ya pindahin ke n aja.
mantap om fariz dan om bryan, opini2 begini nih yg ane butuhkan
maklum... utk urusan mobil ane cuma bisa pakai, nggak terlalu mudeng karakteristik masing2 merk
jadi setelah ane semedi 40 hari, ane dapat wangsit..... "hidupkan kembali trit mobil terkutuk"
:mky_08:
dasar wangsit dodol, ujung2nya nanya nanya juga dimari :emo-big_love:
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
User avatar
Monarq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Mon Nov 28, 2016 3:59

Re: BMW E90 prefacelift 2006

Post by Monarq »

E90 kan pakai mechatronic ya? Apa ada trik khusus buat bawa matic yang pakai mechatronic? Seperti trik bawa mobil dsg biar awet
Sheer driving pleasure next time
waterlo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Nov 26, 2016 6:44

Re: BMW E90 prefacelift 2006

Post by waterlo »

Monarq wrote: ↑Fri Dec 08, 2017 16:53 E90 kan pakai mechatronic ya? Apa ada trik khusus buat bawa matic yang pakai mechatronic? Seperti trik bawa mobil dsg biar awet
kayanya biarkan di D aja kalo jalan, mechatronicnya bmw kayaknya gak kayak dsg nya vag ya CMIIW.

krn temen yg pake golf tsi dsg sejak kejadian jebolnya tranny diminta bengkel kalau macet, masuk manual mode, dan stay di 1st gear. menurut pihak bengkel, dsg ini kalo di auto, baru gas dikit langsung pindah dr D1-D2 (dibwh 20 kpj) dan hal tsb yg bikin tranny cepet jebol krn pas macet bolak-balik terus D1-D2 dalam hitungan (mili) detik.

mobilnya skrg jadi pajangan aja dirumah, khawatir kena lagi klo sering dipake :glodak:
User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: BMW E90 prefacelift 2006

Post by erdinkurniawan »

Mau ikut bersuara ahhh.
klo sy pakai matic cvt. Maklum mobil pasaran.
menurut sy yang perlu di perhatikan :
. Klau behenti saat mobil nyala usahan di N
. kalau mau Parkir. berhenti di N aja. Baru matikan mesin. Pindah ke P.
. Perlu di ingat matic kebanyakan tidak ada engine brake. Jd rem berperan penting.. dan akan cepat habis dr mobil manual.
. Di matic gak sebadak manual. Terkadang oli matic cepat panas jika di pakai buat ngoyo... misal cuaca panas naik gunung. Pakai gigi rendah terus. Jika terjadi tenang aja. Berhenti sejenakkk....
. Bawa mobil matic jgn seperti bawa mobil manual... alangkan baik nya akselerasinya pelan2 saja.. jgn sering hentak2... biar awet.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E90 prefacelift 2006

Post by octafiantos »

Kalo dibilang ga sebadak manual, tergantung jenis matiknya juga. ZF kecuali generasinya E90 yang mekatroniknya problem dengan perawatan bener tahan di atas 300k malah ada temen 500k belum overhoul hanya ganti oli rutin.

Jebol prematur di BMW jadul
sebelum generasi E90 kayanya banyak dipicu mobil second hand ngga langsung kuras dan main bejek apalagi yang kompornya ada 6. Banyak yang baru piara kaget denger biaya flushing girboks ZF.
Kavling kosong, bisa dikridit.
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: BMW E90 prefacelift 2006

Post by ternakblog »

Sing pasti,kalo netralin gigi,kondisi hrs bener2 berhenti
Kn kalo manual,netralin smbil jalan kanbisa