Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
lexnic wrote: Mon Jun 02, 2025 7:43
klo mnurut saya, semua mslh dsini gara2 nilai tukar rupiah yg lemah & gagalnya pemerintah dlm nyediain transportasi umum yg layak (bukan cuma sekedar bisa dinaikin aja).
transportasi umum yg layak paling cuma di kota2 besar aja, itu jga gk semua kota ada. sekelas transjakarta ato KRL aja pas rush hour mnurut saya gk nyaman sama skali. cuma pejabat2 itu mana pernah ngerasain naik bgtuan, wong ada fasilitas patwal & plat sakti.
EV mnurut saya cuma pindahin masalah dri 1 titik ke titik lain. ok lah polusi udara di perkotaan bisa berkurang, tapi gmana dgn polusi udara di area skitar pembangkit listrik (trutama pembangkit listrik yg msh pake batu bara ato diesel)? yg saya heran, apa dasarnya ngasih kebijakan subsidi pajak buat EV klo jatuhnya malah jdi subsidi yg gk tepat sasaran dan ujung2nya malah nambahin kemacetan.
nah berujung ke prinsipal merek merek ini takut barang gak diserap pasar karena market +62 ya dari dulu segini-segini aja. prinsipal gimanapun kan pasti tanya market growth gimana. diancam cabut kalo gak growth, ya pemegang kepentingannya keder. pendekatannya = transum nggak dikembangin, kasih insentif EV, bla bla bla. pendekatannya business oriented. tipikal govt +62 dari zaman dulu kala.
sehingga jurusnya kredit dimurahin sebisa mungkin. udah sistemik ini mah. istilahnya penjualan kita sebenernya aktual menurun, sekarang keliatan banyak karena kredit mobil makin gampang.
nah ilusi "udara bersih" itu juga bikin pemerataan makin sulit kan. krn polutannya harus end up somewhere. kek yang ane bilang itu, luar jawa itu cuma jadi tempat eksploitasi manusia, lingkungan, dan buang sampah akhirnya. nambang dimana, buang polutan dimana. pokoknya ilusi udara bersih aja dulu di jakarta.
orang-orang itu kabur kemana? ke jawa lagi. ke jakarta mainly, dan ada juga nyebar ke kota-kota lain.
cari penghidupan di sana. di kampungnya udah gak ada harapan. makin kesini makin sering kok liat orang dari timur mau kerja jadi apapun.
riisesky wrote: Mon Jun 02, 2025 8:20
masalahnya disini hasil dari palakan (baca : tax) bukan dialokasiin ke public transport...malah dialokasiin ke lokalisasi ani-ani ....eh
jangan lupa om ada palakan nggak resmi alias ormas preman yang ntah jadi jukir liar atau pak ogah.
dan tentu saja politisi itu populis ini ormas preman bakal dipiara terus, soalnya ormas preman emang lebih berguna daripada FBI wakanda. rakyat kenal deket sama ormas preman.
at least di kampung2 walau tukang malakin hajatan tapi kalo disuruh cari maling ya lebih gercep daripada FBI wakanda yang harus bikin BAP dulu. walau malingnya ya temen sendiri juga kadang sih
termasuk jasa calo itu kan preman resmi yang kerjasama ma FBI wakanda.
darrelund wrote: Mon Jun 02, 2025 1:56
for some reason, ini trit jadi relevan buat situasi skrg
kyk liat zenix aja dgn kualitas begitu, artinya mrk bener" taro wang utk di bare essentials/minimum buat jadi "mobil"
krn oe jadi mikir
dgn target per annum makin menurun, apa masih sustainable utk pabrikan CKD-manufacture disini? gak mending jadi tukang jahit aja?
lihat CKD kualitas makin kesini makin kesana, lalu added value CKD selain ngemplangin pajak apaan
kalo mau automotive industry selamat menurut gw kemenkeu harus legowo :
PPnBM is irrelevant di masa sekarang.
cars are no longer "barang mewah". itu basic necessity. kalo PKB dan SWDKLJJ itu bener dan teorinya emang masuk akal karena kendaraan itu membebani jalan = need money for maintenance.
penerapan PPnBM ini bikin orang di luar jakarta harus bertahan hidup dengan mobil tua karena nggak affordable. ya kali mobil kayak HRV dan Zenix kena PPnBM. sementara di luar jakarta transum aja nyaris nol. mau ke kota harus urunan bayar supir truk atau supir colt. sales mobil di luar jakarta harus puas dengan jualan LCGC karena yang kebeli ya itu.
pengenaan PPnBM itu harus di evaluasi, PPnBM hanya relevan kalo mobilnya >500 juta NJKBnya (NJKB, bukan OTR). alias ini teritori luxury / supercars.
kalo neraca impor gede dan rupiah melemah terus terhadap kurs lain, baiknya do the least : hapuskan PPnBM.
PPnBM harus dicut sih kalau mau selamatin industri mobil, bener ini. Kalo takut macet di kota-kota besar, pasang ERP, naikin parking tax, langsung orrag males beli mobil. Tapi at the same time, transum musti diperbagus. Yang jadi masalah, yang paling mungkin ERP jalan, parking tax digas, pendapatan pemerintah naik tp duitnya gajadi public transport, tpi jadi ... isi sendiri
tapi bukannya sama aja harga mobil umum di regional
malay - thailand .
klo singapore malah lebih mahal
yg menarik mmg kyk di jepang. ostrali ato uk . harga nya mmg jauh lebih murah tp mungkin op cost nya oarkir di kota dll juga bakal mahal.
lgian di indo mobil seken masih ada harga . diluar idah jadi tambah murah. ya mmg yg kurang di sini opsi lease. mungkin baru ada kinto yang tp harganya edan mending buat nyicil toh bekas ms laku.
walid_007 wrote: Mon Jun 02, 2025 14:53
tapi bukannya sama aja harga mobil umum di regional
malay - thailand .
klo singapore malah lebih mahal
yg menarik mmg kyk di jepang. ostrali ato uk . harga nya mmg jauh lebih murah tp mungkin op cost nya oarkir di kota dll juga bakal mahal.
lgian di indo mobil seken masih ada harga . diluar idah jadi tambah murah. ya mmg yg kurang di sini opsi lease. mungkin baru ada kinto yang tp harganya edan mending buat nyicil toh bekas ms laku.
Kalo d UK harga mobilnya brand new cenderung relatif mahal om, agak mirip sama d sini. Tapi sekennya jeblos parah sih
Di regional Malay kayanya lebih murah harga OTR mobil dibanding Indo, cb bandingin Perodua ama Daihatsu, harga 11-12 jauh speknya bagus Perodua. Or Honda d Malay, keknya CRV baru masi 500-600 an CMIIW
walid_007 wrote: Mon Jun 02, 2025 14:53
tapi bukannya sama aja harga mobil umum di regional
malay - thailand .
klo singapore malah lebih mahal
yg menarik mmg kyk di jepang. ostrali ato uk . harga nya mmg jauh lebih murah tp mungkin op cost nya oarkir di kota dll juga bakal mahal.
lgian di indo mobil seken masih ada harga . diluar idah jadi tambah murah. ya mmg yg kurang di sini opsi lease. mungkin baru ada kinto yang tp harganya edan mending buat nyicil toh bekas ms laku.
Kalo d UK harga mobilnya brand new cenderung relatif mahal om, agak mirip sama d sini. Tapi sekennya jeblos parah sih
Di regional Malay kayanya lebih murah harga OTR mobil dibanding Indo, cb bandingin Perodua ama Daihatsu, harga 11-12 jauh speknya bagus Perodua. Or Honda d Malay, keknya CRV baru masi 500-600 an CMIIW
Perodua itu kan brand lokal kaya proton yah walau dy ngambil bade toyota.. kalo sama2 toyota kayanya harganya ga jauh.. yah walau perodua juga jiplak toyota karena masih ada bagian pemegang sahamnya..
Kalau brandnya masih nama toyota pasti royaltynya lebih besar sie..sama aja kaya astra..masalahnya orang indonesia kalo ada brand lokal juga pasti ga mau tuh, diejek2 sering liat koq..kaya brand tv dll aja akhirnya pilihannya jatuh ke brand luaran lagi.. gmana brand lokal mau berkembang di sini emank mental kepiting koq..
Jenson wrote: Mon Jun 02, 2025 9:28
PPnBM harus dicut sih kalau mau selamatin industri mobil, bener ini. Kalo takut macet di kota-kota besar, pasang ERP, naikin parking tax, langsung orrag males beli mobil. Tapi at the same time, transum musti diperbagus. Yang jadi masalah, yang paling mungkin ERP jalan, parking tax digas, pendapatan pemerintah naik tp duitnya gajadi public transport, tpi jadi ... isi sendiri
kondisi +62 sekarang kan gitu om.
transum yang bagus ya cuma jakarta itupun kayaknya baru 5 thn ke belakang, dan nggak nyaman karena udah overpopulated. abis kocak juga udah bagus pandemi beberapa orang kantoran bisa WFH dan efektif, malah diwajibkan WFO lagi. WFO = macet, rame. udah tau jakarta banyak office workersnya.
percaya gw deh satu yang membebani harga mobil di +62 itu adalah PPnBM. kalo aktenya CBU lebih gila lagi. mobil impor dianggep barang mewah selalu deh. apa yang mewah dari seekor kia picanto. tapi karena ATPMnya gak berani komit jadi bisanya akte CBU = mahal.
CBU juga liat liat kali jangan dihajar semua PPnBM. NJKB >500juta aja yang dikenai PPnBM.
walid_007 wrote: Mon Jun 02, 2025 14:53
tapi bukannya sama aja harga mobil umum di regional
malay - thailand .
klo singapore malah lebih mahal
yg menarik mmg kyk di jepang. ostrali ato uk . harga nya mmg jauh lebih murah tp mungkin op cost nya oarkir di kota dll juga bakal mahal.
lgian di indo mobil seken masih ada harga . diluar idah jadi tambah murah. ya mmg yg kurang di sini opsi lease. mungkin baru ada kinto yang tp harganya edan mending buat nyicil toh bekas ms laku.
Kalo d UK harga mobilnya brand new cenderung relatif mahal om, agak mirip sama d sini. Tapi sekennya jeblos parah sih
Di regional Malay kayanya lebih murah harga OTR mobil dibanding Indo, cb bandingin Perodua ama Daihatsu, harga 11-12 jauh speknya bagus Perodua. Or Honda d Malay, keknya CRV baru masi 500-600 an CMIIW
Perodua itu kan brand lokal kaya proton yah walau dy ngambil bade toyota.. kalo sama2 toyota kayanya harganya ga jauh.. yah walau perodua juga jiplak toyota karena masih ada bagian pemegang sahamnya..
Kalau brandnya masih nama toyota pasti royaltynya lebih besar sie..sama aja kaya astra..masalahnya orang indonesia kalo ada brand lokal juga pasti ga mau tuh, diejek2 sering liat koq..kaya brand tv dll aja akhirnya pilihannya jatuh ke brand luaran lagi.. gmana brand lokal mau berkembang di sini emank mental kepiting koq..
FYI,
Perodua, Proton itu BUMN nya malaysia om.
Untuk perodua, kerjasama nya bareng Daihatsu.
Kalo proton, kerjasama dg banyak brand : Lotus, Mitsubishi, ntah siapa lagi
Btw untuk pricing di Indo,
Sebenarnya yg bisa jadi acuan itu Mazda, harga nya cukup fair, apalagi banyak yg CBU Japan, tinggal cek harga di JPN berapa.
Yg fair lagi, ya Voxy (2018 dan 2023) pun harga masi 11-12an dg Japan.
Jenson wrote: Mon Jun 02, 2025 9:28
PPnBM harus dicut sih kalau mau selamatin industri mobil, bener ini. Kalo takut macet di kota-kota besar, pasang ERP, naikin parking tax, langsung orrag males beli mobil. Tapi at the same time, transum musti diperbagus. Yang jadi masalah, yang paling mungkin ERP jalan, parking tax digas, pendapatan pemerintah naik tp duitnya gajadi public transport, tpi jadi ... isi sendiri
kondisi +62 sekarang kan gitu om.
transum yang bagus ya cuma jakarta itupun kayaknya baru 5 thn ke belakang, dan nggak nyaman karena udah overpopulated. abis kocak juga udah bagus pandemi beberapa orang kantoran bisa WFH dan efektif, malah diwajibkan WFO lagi. WFO = macet, rame. udah tau jakarta banyak office workersnya.
percaya gw deh satu yang membebani harga mobil di +62 itu adalah PPnBM. kalo aktenya CBU lebih gila lagi. mobil impor dianggep barang mewah selalu deh. apa yang mewah dari seekor kia picanto. tapi karena ATPMnya gak berani komit jadi bisanya akte CBU = mahal.
CBU juga liat liat kali jangan dihajar semua PPnBM. NJKB >500juta aja yang dikenai PPnBM.
Udah bagus bisa adaptasi dengan WFH, eh skrg dipaksa wajib WFO semua.
Mindsetnya balik lagi jaman kolot.
Susah diajak maju bangsa ini
Salvanost wrote: Sat Jun 07, 2025 23:34 kaya gini gimana mau bersaing...
FB_IMG_1749339119337.jpg
kan yang penting TOYOTAAA gitu loh.. brand china mah pasti jelek lah om *menurut sebagian orang sini. yang penting resale value tidak jatuh katanya (padahal jatuh2 juga)
menurut saya bukan untungnya yg kebanyakan tapi nilai rupiahnya semakin mengecil (inflasi kebesaran).
awalnya sy pribadi tdk terlalu tertarik dengan mobil cina, namun habis coba ckp amaze ternyata mbl cina sekarang ini kualitasnya bagus, tidak sedikit yang diatas jepang pny.
ChZ wrote: Mon Jun 02, 2025 3:28
kalo mau automotive industry selamat menurut gw kemenkeu harus legowo :
PPnBM is irrelevant di masa sekarang.
cars are no longer "barang mewah". itu basic necessity. kalo PKB dan SWDKLJJ itu bener dan teorinya emang masuk akal karena kendaraan itu membebani jalan = need money for maintenance.
penerapan PPnBM ini bikin orang di luar jakarta harus bertahan hidup dengan mobil tua karena nggak affordable. ya kali mobil kayak HRV dan Zenix kena PPnBM. sementara di luar jakarta transum aja nyaris nol. mau ke kota harus urunan bayar supir truk atau supir colt. sales mobil di luar jakarta harus puas dengan jualan LCGC karena yang kebeli ya itu.
pengenaan PPnBM itu harus di evaluasi, PPnBM hanya relevan kalo mobilnya >500 juta NJKBnya (NJKB, bukan OTR). alias ini teritori luxury / supercars.
kalo neraca impor gede dan rupiah melemah terus terhadap kurs lain, baiknya do the least : hapuskan PPnBM.
tapi klo dipikir pikir kykna 3rd world countries import dutynya pada gede"
jadi kayakna problem lebih rumit dari ppnbm doang deh mbah, krn daya beli nya jg ikutan lemes, tapi yah bisa jadi langkah awal, pan lalu ppnbm kan di relax, lah malah dimahalin lg mobilnya, sampe mazda 3 sedan aja 499jt
mungkin kyk mbah NR bilang, macam toyota disini bukan cari untung tapi kerja bakti
krn pasti untung bersih nya hampir nihil buat model kacang goreng, asumsi oe makanya disilangin ke model CBU yg jadi super mahal (alphard, camry dll)
well wrote: Mon Jun 09, 2025 3:27
menurut saya bukan untungnya yg kebanyakan tapi nilai rupiahnya semakin mengecil (inflasi kebesaran).
awalnya sy pribadi tdk terlalu tertarik dengan mobil cina, namun habis coba ckp amaze ternyata mbl cina sekarang ini kualitasnya bagus, tidak sedikit yang diatas jepang pny.
inflasi bukannya sengaja di maintain sama BI ya mbah?
darrelund wrote: Mon Jun 09, 2025 13:06
tapi klo dipikir pikir kykna 3rd world countries import dutynya pada gede"
jadi kayakna problem lebih rumit dari ppnbm doang deh mbah, krn daya beli nya jg ikutan lemes, tapi yah bisa jadi langkah awal, pan lalu ppnbm kan di relax, lah malah dimahalin lg mobilnya, sampe mazda 3 sedan aja 499jt
mungkin kyk mbah NR bilang, macam toyota disini bukan cari untung tapi kerja bakti
krn pasti untung bersih nya hampir nihil buat model kacang goreng, asumsi oe makanya disilangin ke model CBU yg jadi super mahal (alphard, camry dll)
klo lukot mah selama ada inofa ribon masih aman
Itulah, pan sebenernya salah satu langkah awal aja. Di sebelah ada yang ngedebatin gw ngotot begini begitu lah PPnBM diilangin nanti abcde.
Tapi orang yang sama ngeluh mobil mahal kualitas begini begitu dimana-mana. Duh paling bener deh.
Lah salah satu penyebab harga mahal itu ya Ppnbm itu. Gimana sih.
Gw sih merasa nya uda telat skrg industrialisasi, kadung enak impor. Bangun pabrik diperes ormas juga.
Economic of scalenya pasti gak dapet di sini. Ckd di sini mahal, lha iya impor bahan baku kena pajak, pabrik bautnya beli, pajak lagi. Pabrik plat beli, pajak lagi. Assemblingnya, pajak lagi. Jual ke atpm, buka faktur pajak. Jual ke dealer, dipajakin. ke konsumen ya kena pajak lagi. Berlapis lapis gini.
Gimana gak puyeng masih tambah pajak tahunan pula.
Sorry OOT dikit, tp saya ngerasa kenaikan harga mobil ini penyakitnya uda 11-12 sama tiket pesawat domestik d Indonesia. Uda ga make sense tingginya. Coba compare di EU, LCC route yg sekitaran 1-2 jam macam Jakarta bali, rasanya bsa dapat GBP30 (sekitar 600k one way). Coba cek tiket ke Bali, skrg one way 1.xjt, uda kebanyakan bocor sana sini costnya, pajak ini itu.
Sama ama mobil, d sini beli crap bag d luar dpt Mercy
Jenson wrote: Mon Jun 09, 2025 16:49
Sorry OOT dikit, tp saya ngerasa kenaikan harga mobil ini penyakitnya uda 11-12 sama tiket pesawat domestik d Indonesia. Uda ga make sense tingginya. Coba compare di EU, LCC route yg sekitaran 1-2 jam macam Jakarta bali, rasanya bsa dapat GBP30 (sekitar 600k one way). Coba cek tiket ke Bali, skrg one way 1.xjt, uda kebanyakan bocor sana sini costnya, pajak ini itu.
Sama ama mobil, d sini beli crap bag d luar dpt Mercy
Keduanya berangkat dari tempat yang sama.
Naik pesawat = kaya
Mobil = kaya
Jadi kita pelan pelan dibalikin ke masa dimana mobil dan pesawat itu hak orang kaya, di saat Indonesia itu negara archipelago. Visinya eyang habibie dulu makanya dia rancang pesawat jenis ATR kan.
Orang misqueen itu dilarang menikmati, kelas menengah juga digeser jadi orang misqueen kan.
Lucunya ada yang masih kemakan mindset begini. Ya pola pikir yang gak jauh dari pejabat konoha.
Zaxis wrote: Tue Jun 10, 2025 2:50
Banyak orang victim mentality
Mana ada orang miskin bisa beli tiket pesawat apalagi punya mobil
Makan aja kadang ga cukup
Zaxis wrote: Tue Jun 10, 2025 2:50
Banyak orang victim mentality
Mana ada orang miskin bisa beli tiket pesawat apalagi punya mobil
Makan aja kadang ga cukup
well wrote: Mon Jun 09, 2025 3:27
menurut saya bukan untungnya yg kebanyakan tapi nilai rupiahnya semakin mengecil (inflasi kebesaran).
awalnya sy pribadi tdk terlalu tertarik dengan mobil cina, namun habis coba ckp amaze ternyata mbl cina sekarang ini kualitasnya bagus, tidak sedikit yang diatas jepang pny.
Emang eropah sama Jepun mahal aja om
Coba bandingin sama hp aja...
Tapi betul om inflasi itu nyata
Gara2 2x perang ya empot2an rupiah
Di prank tariff pula
Kita selama 5 tahun kedepan anggap aja inflasi 30% rupiah jebol 20.000 keatas
Buat persiapan aja, sama mikir barang2 apa aja yg masih dikonversi dari harga dollar
well wrote: Mon Jun 09, 2025 3:27
menurut saya bukan untungnya yg kebanyakan tapi nilai rupiahnya semakin mengecil (inflasi kebesaran).
awalnya sy pribadi tdk terlalu tertarik dengan mobil cina, namun habis coba ckp amaze ternyata mbl cina sekarang ini kualitasnya bagus, tidak sedikit yang diatas jepang pny.
Emang eropah sama Jepun mahal aja om
Coba bandingin sama hp aja...
Tapi betul om inflasi itu nyata
Gara2 2x perang ya empot2an rupiah
Di prank tariff pula
Kita selama 5 tahun kedepan anggap aja inflasi 30% rupiah jebol 20.000 keatas
Buat persiapan aja, sama mikir barang2 apa aja yg masih dikonversi dari harga dollar