Kuroboy wrote: ↑Thu Aug 17, 2017 13:31
Halo suhu suhu semua disini. Ane izin lapor tes kendara tadi siang ya. Siapa tau bisa nambah referensi akan mobil ini.
*maaf ga ada gambar/ foto karena ukuran gambar yang terlalu besar.
Hari ini, 17 Agustus 2017 adalah tanggal merah di kalender karena bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI ke 72. Selamat ultah buat RI. Poin yang ingin ane sampaikan disini adalah ternyata ada juga sales/ marketing yang rela waktunya diambil buat nemenin ane tes kendara mobil ini. Ya, sebuah VW Polo 1.2 TSI tahun 2016. Dan yang lebih mengejutkan lagi, sang sales menawarkan diri untuk ane bisa menguji mobil tersebut langsung di rumah ane dengan jalur semau ane sepuasnya. Wow, hari libur gini, ada sales yang mau jatah liburnya dipotong demi ane bisa tes kendara mobil ini hari ini, dan ini bukan sebuah mobil kebanyakan yang laku di pasaran. It's a VolksWagen, which is a prestige and a giant automobile brand in the world yang tadinya saya kira, sales mobil ini pasti sama jual mahalnya bahkan mungkin lebih jutek melihat perawakan ane yang ga begitu necis (celana pendek, kaos doang, sendal jepit, keliatan dari foto profil WA ane). Eh ternyata ane di HUT RI ke 72 ini dihadiahi tes kendara VW Polo 1.2 TSI 2016 langsung dianter kerumah ane. Oke let's cekidot
Desain
Ya, desain adalah pendapat subyektif yang dimiliki tiap orang. Mayoritas orang dirumah termasuk ane, bilang mobil ini cakep banget, manis rupawan depannya, tapi belakangnya cenderung kalem, kurang menggairahkan. Tapi ga papa, belum masuk ke tataran jelek. Dan 1 kalimat yang muncul kompak waktu liat mobil ini pertama kali: KECIL BANGET MOBILNYA, PENDEK LAGI
mana ban juga cuma ring 15 ban 185
jadi kecil banget kurang nampang dan model peleknya kurang menarik, murahan, ban nya juga pake merk Apollo. Jadi iri sama Chevrolet Trax yang pake ban Conti Premium
sales nya bilang bisa dikasi pelek 16 dari dealer. Pake pelek apa ya kira2
FYI, kalo nanti ane jadi minang mobil ini, unit yang didapet bukan lagi seri 1.2 TSI namun menjadi 180 TSI. Angka 180 merupakan penanda bahwa Polo tersebut merupakan seri ber torsi 180Nm (di brosur2 saat ini tertulis maks. torsi diangka 175). Kebetulan unit yang ane tes adalah Polo seri 1.2 TSI. Bedanya apa aja? Antara lain head unit pakai yang touchscreen milik Golf Mk.7, tambahan arm rest depan, rear blower yang diletakan dibawah seperti milik Nissan Grand Livina, tambahan aero body kit & striping ala ala Yaris TiArDi Sportivo, sisanya SAMA).
Kita semua langsung masuk ke mobil. Ane posisi di belakang jadi penumpang, sengaja ane biarkan bokap ane yang nyetir buat jadi ratjoen biar jadi ngambil mobil ini. FYI, tinggi ane 184 cm duduk di belakang, dengkul ane mentok mesra sama jok depan, nempelll banget. Sementara nyokap ane dengan tinggi 160an krg, masi ada sisa. Gimana dengan head room? Secara mengejutkan, ternyata masih ada sisa kurleb 15 cm an buat kepala ane. Buat nyokap ane headroom masi nyisa banyak. Bisa gitu karena kontur kursi belakamg yang rada menurun tapi ga buat kita berasa jongkok. Mengejutkan karena secara desain mobil ini mungil tapi dalemnya ternyata ga sesempit itu kalo uda masuk, beda sama Juke ane, keliatan gede dari luar tapi ternyata sempit di dalemnya.
Emang bener. Dalemnya beneran kayak mobil awal taun 2000an, semuanya plastik kulit jeruk mulai dari dasbor depan sampe plastik ruang belakang. Keliatan jadul banget, berasa naik Polo akhir taun 90an
ada semacam krom dan lis black piano di bagian transmisinya. Setirnya juga mewah berkualitas, ada lis black piano plus soft touch di bagian klaksonnya. Jomplang banget sama kualitas bagian lainnya. Biar keliatan murah, bosenin & jelek, tapi plastik2 ini ternyata solid, kokoh & sambungannya rapi
meter cluster nya juga rapi, mudah terbaca dan khas Eropa, hitam, plain, membosankan, secara full analog, jarumnya berwarna merah. MID nya lumayan komplit, info yang tersaji antara lain suhu temperatur mesin, temperatur luar, konsumsi BBM rata2 (disitu tercatat 9km/l) dan teririt yang pernah dihasilkan (tercatat 10.9 km/l), lama berkendara, top speed yang pernah dicapai (tercatat 239 Km/h
), voltase aki, jarak tempuh berdasarkan sisa BBM. Cukup lengkap
Kenyamanan
Rute yang diambil saat tes kendara kali ini adalah sekitaran rumah ane di jalan Sariwangi Asri daerah Cihanjuang, Bandung - Gumil - Setraduta - tol Pasteur keluar Baros - masuk Cimahi - lewat Cibaligo - blok C - langsung ke HokBen Setiabudhi karena pas makan siang - balik ke rumah. FYI, jalan daerah rumah ane itu jalannya off road, cocok buat tes keempukan, bantingan suspensi sampe buat dengerin bunyi2an aneh karena pasti mobil ini bergoyang & bergoncang. Bisa cek google map jalan Sariwangi Asri, Cihanjuang, Bandung.
Mobil ini ternyata punya peredaman guncangan yang baik, bahkan cenderung sangat baik, karena ane sekeluarga ga mantul2 apalagi kebanting lewat jalan komplek. Tapi ada 1 keanehan: di semua lis pintu depan belakang kompak bunyi krrtt krrttt macem gesekan karet gitu. Sales bilang itu karena chassis nya rigid ditambah shock breaker nya yang keras. Okelah..... tapi, ga ada bunyi getar berisik di plastik2nya padahal mobil ini uda 7500km on Odometer dan uda jalan setaun setengah. Ini mobil cape, sering dibanting pas uji kendara, tapi plastiknya masih kokoh. Salut
sayang jok mobil ini masih berbahan beludru yang rawan kotor dan belel kalo uda lama
kalo uda dikasi kulit, pasti ok.
Nyalakan mesin dan grenggg.... suara garing pun terdengar khas mesin 3 silinder. Tapi, ini 4 silinder loh. Sayang suaranya ga bisa lebih halus lg
Saat jalan, kekedapan mobil ini cukup baik, meskipun beberapa kali suara motor knalpot brong bisa masuk ke kabin dan suara hembusan angin saat jalan di kecepatan 140 Km/h. Suara mesin pun terdengar merdu, bulat, adem, ga ngegerung, enak banget dengernya khas insinyur Jerman. Sayang ga ada suara turbonya.
saat lewat jalan bergelombang pun maupun speed trap sebelum lewat perlintasan kereta, ga geter hebat apalagi mantul2, kerasanya cuma trepp trrepp, bener2 diredam dengan baik sama shock breaker nya.
duduk di belakang selama kurleb 2 setengah jam nonstop dalem mobil, ga kerasa pegel ato jemu di bangku belakang yang keliatannya sempit ini (mungkin, ini adalah uji kendara terlama yang pernah ane lakuin. Biasanya maksimal setengah jam, ini sampe 2 jam dari jam 11 sampe jam 3 kurang seperempat sampe rumah. Puas banget dahh
)
Suara audionya pun dirasa cukup, bass nya dapet, vocal nya juga jelas sayangnya kurang jernih, clear vocal nya ketutup sama bass nya. Mungkin kalau dipasang tweeter bisa ngebantu mid vocal sama mid bass nya biar makin mantep
sejauh ini cukup lah.
Oh iya, head unit mobil ini uda bisa terhubung bluetooth, jadi pas ada telfon masuk, bisa langsung dijawab via tombol di setir. Ga sengaja hape sales nya ternyata masih kehubung bluetooth jadi sempet kedengeran obrolan antara bos dengan sang sales
AC mobil ini dingin sangat, rasanya ga perlu double blower karena mobil ini kecil dan AC nya uda dingin, posisi di setel di suhu 22°C fan di kecepatan 2
Performa, handling & konsumsi BBM
Ane sengaja biarin bokap ane yang nyetir biar keratjoenan Das Auto aus Deutschland ini
impresi 100 meter pertama: ENAK BANGET, GAK AJRUT2AN NI MOBIL. Pas dipake nanjak di daerah Ciwaruga sana, kita sekeluarga kompak bilang: KENCENG BANGET. Jujur, mobil ini tarikannya nampol jiwa, mantap soul kali mobil ini tarikannya
handling pengendaraan mantap, minim blindspot meskipun ni spion kecil banget kayak pegangan wajan, rada nyusahin pas parkir
Sisanya
Mobil ini gesit, sesuai ukurannya, mungil jadi bisa selap selip macem di film Italian Jobs yang pada pake Mini Cooper, tapi ini lebih mini lagi (dari segi ukuran maupun harga)
saat di tol, mobil ini gampang banget sampe angka 160 Km/h dan itu ada di RPM 2000an. Waw, pantes mesinnya kalem banget padahal uda digeber di kecepatan segitu. Dan itu masi banyak nafasnya buat sampe peak power nya hingga red line di angka 6000an. Oh iya, itu posisi persneling di D, bukan manual maupun di S. Kestabilan mobil ini di kecepatan tinggi juga uda lebih dari cukup untuk mobil seharga 250an juta ini. Very precision & perfectly engineered yet affordable to be owned. Rasanya kayak nyetir mobil yang jauhhh lebih mahal harganya di kelas hatchback ini.
Gitu masuk kemacetan Cimahi pas RS Dustira sampe daerah alun-alun Cimahi, ga ada kerasa ndut-ndutan khas DCT tranny, perpindahan tetap halus di rentang RPM 2000. Engine brake nya cukup terasa, jadi lumayan aman lah
masuk lagi ke daerah blok C yang sempit, mobil ini bisa selap selip dengan mudah (tanpa bahayain orang tentunya
) hingga akhirnya meluncurlah kita ke Hokben Setiabudhi. Sisanya ane yang nyetir dan ane nyetir santai
feeling steer nya mantep, gesit dan sangat bertenaga untuk mesin & mobil seukuran LCGC
FYI, mobil ini pake oli Castrol (kemungkinan Edge) dan tersedia di BeRes dan bensin rekomendasi RON 95 or higher.
Pengereman mobil ini baik, bahkan sangat baik padahal rem belakang masih tromol. Cukup untuk harian, tapi kurang oke kalo buat speed freak
andai aja dikasi rem cakram, pasti
Kesimpulan
Bokap ane tanpa ba bi bu langsung bilang: UDAH AMBIL MOBIL INI AJA. ENAK BANGET MOBILNYA BUAT DALEM KOTA
Kalimat tersebut dirasa cukup menggambarkan hasil akhir uji kendara mobil ini
Mission accomplished, ane berhasil ratjoenin bokap ane buat ambil mobil ini buat gantiin Juke dirumah
FYI, selama GIIAS berlangsung, VW Indonesia kasi harga spesial diangka 251 jt OTR Bandung. Dimanapun anda beli unit VW ini, akan dikasi harga spesial layaknya di event GIIAS. Jadi ga perlu jauh2 ke BSD
Unit yang nanti diterima adalah 180 TSI. Harga tersebut sudah termasuk aero body kit ori VW seharga 5 juta selama persediaan masih ada, kaca film huper optik (kalo mau ganti VKool clear 40% nambah 5 jutaan), gratis servis + oli untuk 10k Km (tidak ada batasan bulan, hanya dipatok Km), biaya BBN, ompang selama sebulan, garansi mesin 2 taun, garansi DSG 5 taun dan anti karat selama 12 taun. Bisa sekalian dipesankan jok kulit asli merk Alcantara yang nambah biaya senilai 16 juta. Harga diatas masih bisa di nego. Tersedia warna putih, hitam, grey, merah. Untuk warna lainnya bisa pesan tapi nunggu 4 bulan
Sekian laporan uji kendara ane, maaf kalau ada kata2 yang kurang pas ato mungkin kepanjangan. Ini semua murni dari hati ane dan dijabarkan sekomprehensif mungkin
big thanks to VW New Champion Motor Bandung. Uda kasih waktu buat uji kendara kali ini