HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3096
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by farizfsa »

b0ku wrote: Thu Jun 12, 2025 3:01
farizfsa wrote: Thu Jun 12, 2025 2:40
ah dukum mobil si punya bengkel menurut ane mah ngantuk
mbl dcab di bilang lebih ga enak dr suspensi lcgc la, cvt gampang jebol, batre hybrid gampang rusak, ujungnya jualan bengkel dia wakakak

terakhir saya pake lexus es300h hybrid sampe km 180rb aman (saya beli udah km 140rb), selama 3 tahun make nambah 40rb ga ada ganti batre, aki, kompresor ac apapun itu, bener2 cm ganti oli.

lah itu uncle2 prius noah voxy hybrid singapore pake mbl hybrid bs sampe 300-500rb km, denger2 dr beberapa masih dengan batre bawaan mbl blm pernah ganti. tp nyetir nya pada bikin mual kl yg bawa hybrid, gas rem gas rem biar batre ke isi wkwk
kalo di kemry bukan ditakutin om cuma emang banyak 5thn biasa tewas kok mau low atau high mileage mungkin kena debu jd bubar semua disini kan debunya ambyar om :big_biglaugh:

diluar negri juga banyak yang gitu antara udaranya lebih bersih atau emang gara2x di pake terus batrenya jadi awet cuma balik lagi 300-500rb itu usia berapa tahun??? kalo gede2xan odo mah ioniq juga bisa tuh 500rb batre original cuma usianya di bawah 5thn ini kan omongin batre kemakannya dari usia om :mky_03:

tapi batre, generator compressor, motor listrik kalo kebanjiran kena karat mah siap2x aja deh bubar bentaran....... :mky_03:

tapi balik lagi kayak camry hybrid yang XV50 itu kan garansi 5thn emang 5thn bubar nah lexus om berapa taun kan naek mulu tuh garansinya ada yang 8 ada yang 10 takutnya sama kek XV50 di tahun garansi abis lsg bubar batrenya belom kalo tulisan kecil garansinya berlaku sesuai nik bubar udah :mky_07:
Keknya prius uncle2 sg mah mbl2 tua dibawah 2020 kebawah kali ya
Kl lexus es300h av60 emg ada filternya di sebelah jok penumpang belakakg, keknya hrv jg gitu keliatan ada kisi2.

Kl degradasi batre mah pasti ada gausah ngmng itu. Tdnya jg ane tertarik tu sm audi a3 etron phev, ada yg jual sebiji di indo, cm baca2 ttg batrenya ngeri2 sedap meski bs 1:50 bensin.

Kl di toyota lexus yg hybrid2 tu ada yg mahal jg abs pump dan module, kynya bs 70jtan deh dl
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 376
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by Ibet »

Suryaputra wrote: Thu Jun 12, 2025 7:09 dr platform aja pk DNGA
supaya: lower cost & higher profit

:big_biglaugh:
wkwkwk makanya saya state di kalimat terakhir,
yarcross yg kemahalan apa si hrv yg kemurahan

:big_biglaugh:

kayukayuthe5th wrote: Thu Jun 12, 2025 8:42
lebih murah HRV sebenernya. 12 cell 18 cell itu usang (honda panic button aja akhirnya bikin dari turuna IMA 1st gen hybrid mereka). tapi berabe juga yah tanpa filter ittu berarti AC musti prima terus. next gen sih tapi dari EHEV 2.0 bakal mirip ama yarcros bwat 1.5l snall platform doi ditaruh dibawah jok depan
Image

yrcros 2 modul newer design. karena langsung makin banyak cell per modul = more energy density
gaklah, 60 cell vs 48 cell kalo lebih mahal 48 cell gw juga bingung logicnya begimana
parts paling mahal di battery pack kan si battery cellnya itu, baru auxiliary nya
48 cell ke 60 cell kan selisih 20% harga battery pack nya.

kalo outdated sih iya, gw setuju, yg lain udah active cooling pake liquid + cooling pad
ini bedua modal disemprot angin aja sama ducting
cuman kalo segitu udah efektif buat cover masa garansi, ngapain nambah keribetan lagi dengan liquid cooling?

pake filter justru kadang kelewat dicek dan dibersihin, di US banyak kejadian gitu soalnya
AC prima ya jelas sih, mau bensin biasa juga gw rasa udah wajib ini mah

yup, akhirnya malah downgrade kaya yarcross
itu gambar yg lu kasih versi awd btw, menarik sih masuk hrv awd dimari (buat apaan tapi)
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 376
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by Ibet »

timbermaniac123 wrote: Thu Jun 12, 2025 10:05 Sepertinya toyota sudah mempersiapkan hybrid baru udah lama, karena hrv launching harga segini mungkin launching premature.

Ernando pun mengungkap bahwa Toyota akan meluncurkan model terbaru di ajang GIIAS 2025, salah satunya yakni produk elektrifikasi rakitan lokal. "Toyota sendiri sudah menyiapkan beberapa kejutan di akhir bulan Juli nanti. Selain berbagai program penjualan menarik, kami juga akan menampilkan berbagai inovasi teknologi terbaru Toyota, serta produk elektrifikasi baru yang diproduksi secara lokal dan tambahan model GAZOO Racing," jelasnya.
nha ini menarik om
tebakan saya 3 row avanza hybrid sih ini :big_okay:

rocky / raize rasanya ga mungkin, di jdm kan jadi series hybrid
imho sih, bisa aja saya salah
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by Bibieight »

Suryaputra wrote: Thu Jun 12, 2025 4:29
ioniq emg dari awal udh pakai freon heat spreader di cooling system battery nya.

klo nggak, udah hamil dr kapan tau itu batre mobilnya mbah bibie
ditaro di luar bawah kolong, panas2an
wkwkwkw
Ioniq kagak pake cooling pad, pake thermal paste diatas cooling plate. Terus ada pendinginan aktif, pake coolant muter dibawah batere, coolant ini yg didinginken pake freon AC sebelum masuk evaporator kabin.
Kalo pas parkir, asal gak dijemur langsung > 6 jam si suhu batere kagak liwat 35C, meskipun suhu aspal 40C.

Kagak cuma hibrid Toyota apa Honda, si Leaf kan juga pake kipas angin, makanya baterenya yg bunting tu yg di tengah2, yang gak dapet angin dingin. Kalo Toyota masuk ujung satu keluar ujung lain, alias yg di tengah sama di ujung keluar dapet panasnya doang. Kalo Honda diambil rata dari dek bawah, makanya inletnya lebar tapi profil tipis, biar ademnya rata. Jangan lupa, hibrid = batere dalam kabin, suhu dalem kabin pasti > ambien karena greenhouse effect (kecuali pake kaca filem 99%), naaah, panas pergi ke.....
kayukayuthe5th wrote: Thu Jun 12, 2025 8:42 lebih murah HRV sebenernya. 12 cell 18 cell itu usang (honda panic button aja akhirnya bikin dari turuna IMA 1st gen hybrid mereka). tapi berabe juga yah tanpa filter ittu berarti AC musti prima terus. next gen sih tapi dari EHEV 2.0 bakal mirip ama yarcros bwat 1.5l snall platform doi ditaruh dibawah jok depan
Image

yrcros 2 modul newer design. karena langsung makin banyak cell per modul = more energy density
Kayaknya Honda 60S1P terus Toyota 180S1P deh, soalnya kalo pake NiMH (1.2V) favorit nippon si Toyota dapet 216V si Honda dapet sepertiganya, cuma 72V. Jadi kayaknya minimal Honda pake LiFePo (3.2V), dapet 192V. Kalo pake NMC ditaruh kabin cuma dikipasin AC koq sayang ya, jadi 216V sama kayak Toyota si, cuma NMC harus pendingin aktif dan cyclenya lebih pendek drpd. LiFePo apalagi NiMH..... :big_think:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12697
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Thu Jun 12, 2025 13:00
Suryaputra wrote: Thu Jun 12, 2025 4:29
ioniq emg dari awal udh pakai freon heat spreader di cooling system battery nya.

klo nggak, udah hamil dr kapan tau itu batre mobilnya mbah bibie
ditaro di luar bawah kolong, panas2an
wkwkwkw
Ioniq kagak pake cooling pad, pake thermal paste diatas cooling plate. Terus ada pendinginan aktif, pake coolant muter dibawah batere, coolant ini yg didinginken pake freon AC sebelum masuk evaporator kabin.
Kalo pas parkir, asal gak dijemur langsung > 6 jam si suhu batere kagak liwat 35C, meskipun suhu aspal 40C.

Kagak cuma hibrid Toyota apa Honda, si Leaf kan juga pake kipas angin, makanya baterenya yg bunting tu yg di tengah2, yang gak dapet angin dingin. Kalo Toyota masuk ujung satu keluar ujung lain, alias yg di tengah sama di ujung keluar dapet panasnya doang. Kalo Honda diambil rata dari dek bawah, makanya inletnya lebar tapi profil tipis, biar ademnya rata. Jangan lupa, hibrid = batere dalam kabin, suhu dalem kabin pasti > ambien karena greenhouse effect (kecuali pake kaca filem 99%), naaah, panas pergi ke.....

Nah heat xchangernya ini tukeran sm dinginnya freon :upss:
Mantep jd.

Bukan tukeran sm angin cepoi2 garis ekuatorrr :big_biglaugh:

Klo mobil hibrid makanya itung2an saya 8 thn aja udh bagus buat di indonesia, mau jarak tempuh jauh atau dekat, krn sering terpapar suhu dalam kabin yg kyk sauna klo dijemur :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12697
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by Suryaputra »



1. Equipped dgn ATF cooler (bukan pk coolant spt heat xchanger / atf warmer)
2. City driving, didrive pk motor generator, sambil ngecharge ketika gelinding
3. Highway driving, masuk mode overdrive, clutch engaged directly ke mesin, sambil ngisi batre dari motor generator nomor 2
4. Batre 918 WH / 0.92 KWH (lebih gede +0.2 kwh dibanding yarcross)
5. Air inlet untuk pendingin batre, ada di sebelah kursi row 2
.
honda vezel batt.png
.
air inlet battery.png
.
.
Klo lihat manual booknya,
1. Rekomendasi oli mesin 0w20
2. Wajib pk ATF DW1 (mirip matic TC honda sblm cvt)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by Pugman »

Bibieight wrote: Thu Jun 12, 2025 13:00
Suryaputra wrote: Thu Jun 12, 2025 4:29
ioniq emg dari awal udh pakai freon heat spreader di cooling system battery nya.

klo nggak, udah hamil dr kapan tau itu batre mobilnya mbah bibie
ditaro di luar bawah kolong, panas2an
wkwkwkw
Ioniq kagak pake cooling pad, pake thermal paste diatas cooling plate. Terus ada pendinginan aktif, pake coolant muter dibawah batere, coolant ini yg didinginken pake freon AC sebelum masuk evaporator kabin.
Kalo pas parkir, asal gak dijemur langsung > 6 jam si suhu batere kagak liwat 35C, meskipun suhu aspal 40C.

Kagak cuma hibrid Toyota apa Honda, si Leaf kan juga pake kipas angin, makanya baterenya yg bunting tu yg di tengah2, yang gak dapet angin dingin. Kalo Toyota masuk ujung satu keluar ujung lain, alias yg di tengah sama di ujung keluar dapet panasnya doang. Kalo Honda diambil rata dari dek bawah, makanya inletnya lebar tapi profil tipis, biar ademnya rata. Jangan lupa, hibrid = batere dalam kabin, suhu dalem kabin pasti > ambien karena greenhouse effect (kecuali pake kaca filem 99%), naaah, panas pergi ke.....
kayukayuthe5th wrote: Thu Jun 12, 2025 8:42 lebih murah HRV sebenernya. 12 cell 18 cell itu usang (honda panic button aja akhirnya bikin dari turuna IMA 1st gen hybrid mereka). tapi berabe juga yah tanpa filter ittu berarti AC musti prima terus. next gen sih tapi dari EHEV 2.0 bakal mirip ama yarcros bwat 1.5l snall platform doi ditaruh dibawah jok depan
Image

yrcros 2 modul newer design. karena langsung makin banyak cell per modul = more energy density
Kayaknya Honda 60S1P terus Toyota 180S1P deh, soalnya kalo pake NiMH (1.2V) favorit nippon si Toyota dapet 216V si Honda dapet sepertiganya, cuma 72V. Jadi kayaknya minimal Honda pake LiFePo (3.2V), dapet 192V. Kalo pake NMC ditaruh kabin cuma dikipasin AC koq sayang ya, jadi 216V sama kayak Toyota si, cuma NMC harus pendingin aktif dan cyclenya lebih pendek drpd. LiFePo apalagi NiMH..... :big_think:
Kira² ada ga ya yang bisa modif bikin sendiri jalur cooling untuk battery HEV?
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by Pugman »

kayukayuthe5th wrote: Wed Jun 11, 2025 10:49
Pugman wrote: Wed Jun 11, 2025 8:55
b0ku wrote: Tue Jun 10, 2025 5:37

lol tiap bulan turun harga kan itu price list kan cuma price harga aslinya nego sama sales kayak di pasar........ :glodak:
kayukayuthe5th wrote: Tue Jun 10, 2025 5:43
but still paling pelit kasi diskon itu honda om. moga2 dengan deler banyak tutup si billy ma principal ASPAC sadar loe kagak bisa kasih harga terlalu tinggi :mky_08:
Pernah iseng lihat City sedan, terus saya tembak diskon 40jt boleh ga? Kata Salesnya mau di FU dulu ke Bos'nya, tapi firasat saya 30 seh ga kurang kalau saya terusin waktu itu
:upss:
berlaku kalo banyak dealer mbah. kalo dealer cman 1 yawes terima nasib kaia saya wkwkwk :mky_01:
Iya kalau itu harapannya nunggu mobil NIK tahun sebelumnya :mky_03:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4967
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by Pboyz97 »

harganya sih gabeda jauh sm pas pertama kali launching dl pas 2022 seinget sy

tp sebagai user SE 2023 yg odonya udh hampir 40rb on going. entah knp buat upgrade ke ini sepertinya gak dulu. perubahannya menurut saya yg paling signifikan ada di mesinnya yg udh jd hybrid , which is harusnya bs lebih irit buat dalkotnya . selain itu, sepertinya gabanyak bedanya dibanding hrv saya skrg. paling yg buat saya cukup membantu cuma PBDnya aja kalo fitur. serta di exterior sepertinya hampir 100% sama aja kaya yg model lamanya.

kalo buat upgrade ke yg hybrid ini saya sih no. entah knp agak sayang harus nombok ratusan jt dari mobil saya skrg yg walaupun odonya agak tinggi, tp umurnya masih muda (blm ada 2 tahun) ke mobil yg bodinya 90 % sama, fitur gabeda jauh & cuma ganti mesin aja, walaupun saya akuin mesin hybridnya bakal berasa lebih irit buat dalkotnya. tp untuk harga segitu, saya bakal pick moblis aja , kaya MG4 EV, atto 3, or MG4 EV dibanding ini, secara yg saya cari selain irit bbmnya buat dalkot, bebas gagenya , secara hampir tiap hari lewat rute gage, sehingga saya lebih prefer pick EV aja hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 836
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by timbermaniac123 »

Pboyz97 wrote: Thu Jun 12, 2025 16:06 harganya sih gabeda jauh sm pas pertama kali launching dl pas 2022 seinget sy

tp sebagai user SE 2023 yg odonya udh hampir 40rb on going. entah knp buat upgrade ke ini sepertinya gak dulu. perubahannya menurut saya yg paling signifikan ada di mesinnya yg udh jd hybrid , which is harusnya bs lebih irit buat dalkotnya . selain itu, sepertinya gabanyak bedanya dibanding hrv saya skrg. paling yg buat saya cukup membantu cuma PBDnya aja kalo fitur. serta di exterior sepertinya hampir 100% sama aja kaya yg model lamanya.

kalo buat upgrade ke yg hybrid ini saya sih no. entah knp agak sayang harus nombok ratusan jt dari mobil saya skrg yg walaupun odonya agak tinggi, tp umurnya masih muda (blm ada 2 tahun) ke mobil yg bodinya 90 % sama, fitur gabeda jauh & cuma ganti mesin aja, walaupun saya akuin mesin hybridnya bakal berasa lebih irit buat dalkotnya. tp untuk harga segitu, saya bakal pick moblis aja , kaya MG4 EV, atto 3, or MG4 EV dibanding ini, secara yg saya cari selain irit bbmnya buat dalkot, bebas gagenya , secara hampir tiap hari lewat rute gage, sehingga saya lebih prefer pick EV aja hehe
Coba aja hitung2an om. Hybrid makin sering dipake makin menguntungkan. Misal pasaran sekarang hrv se 2023 di 320-330, bearti ke hrv e hev nambah sekitar 130 juta yak. Nah kalau setaun 20rb km, misal hrv se sejari2 1:9 dan hybrid bener 1:25 irit nya, bearti setaun bisa irit sekitar 16 jutaan. Dipake 8 taun irit 130 juta (udah minus 2 juta/ tahun buat pajak hybrid yang lebih tinggi). Bearti kan impas tuh ya. Misal 8 taun batre rusak ya spare budget sekitar 70 jutaan, anggep resiko 70 jutaan itu dipake ya buat nombokin ganti ke taun mudaan dari 2023 ke 2025.

Itu kalau ga butuh black lining + panoramic ya boleh si upgrade ke hrv hybrid non rs. Paling ga dapet upgrade yang lumayan : dapet pbd + 4 tweeter + 7" speedometer + honda connect + Headlamp projie auto high beam + reverse auto tilt spion + all auto power window dan itung2 dapet rear lamp yang cakep + udah led sampe ke sein.

kalau setaun cuma jalan 5rb-10rb mah rugi ke hybrid. Mana ga dapet spare tire. hrv dipake istri saya setaun cuma 3000km. Sempet kepikiran apa saya jual misal di 350 turus nambah 100 ke hrv e hev trus saya pake kerja harian, cuma dipikir2 setaun pake hanya 12rb km. 8 taun cuma hemat 72 juta, masih tekor 28 juta, itupun nambah nik produksi 1 tahun doang. Belum simpen spare budget untuk ganti batre hybrid nya kalau bermasalah di luar garansi. mending istri tetep pake, saya yang upgrade mobil harian sekalian family car ke yang enakan seperti cx5 atau corcross. Hrv ini kalau dipake duduk lama, kurang enak, apalagi kalau ketemu jalanan jelek.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6429
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by b0ku »

farizfsa wrote: Thu Jun 12, 2025 11:27
Keknya prius uncle2 sg mah mbl2 tua dibawah 2020 kebawah kali ya
Kl lexus es300h av60 emg ada filternya di sebelah jok penumpang belakakg, keknya hrv jg gitu keliatan ada kisi2.

Kl degradasi batre mah pasti ada gausah ngmng itu. Tdnya jg ane tertarik tu sm audi a3 etron phev, ada yg jual sebiji di indo, cm baca2 ttg batrenya ngeri2 sedap meski bs 1:50 bensin.

Kl di toyota lexus yg hybrid2 tu ada yg mahal jg abs pump dan module, kynya bs 70jtan deh dl
abs itu kalo gak defect dari pabrikan biasanya awet om apalagi rajin ganti kuras minyak rem :mky_01:

kalo macem biante aja tuh contohnya ud penyakit bawaan absnya 20jt :big_bored:

katanya penyebabnya si akinya gak boleh tekor atau loyo kalo biante

balik lagi abs aja segitu gimana batre hybridnya jgn2x lebih horor lagi :big_biglaugh:

kalo di bawah 2020 pun 2015 aja tahun ini baru 10thn om baru expired garansi :mky_01:

jgn patokan odometer si kalo batre yang malesin itu buat orang2x kek saya mobilnya garage queen 10thn aja baru lulus 100rb km :big_bored:

itu juga karena beli bekas dulu dijamin gitu batre ambroll rugi bandar om :big_bored:

karena patokannya usia odometer itu ya paling kena 500.000 sih biasanya baru jebol tesla mah banyak kok dihajar 300rb juga gak nape2x cuma ya gitu umurnya taon muda semua :big_bored:

masalahnya di jakarta jual mobil diatas 100rb usia 10thn itu susah om :big_bored:
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3096
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by farizfsa »

b0ku wrote: Fri Jun 13, 2025 1:13
farizfsa wrote: Thu Jun 12, 2025 11:27
Keknya prius uncle2 sg mah mbl2 tua dibawah 2020 kebawah kali ya
Kl lexus es300h av60 emg ada filternya di sebelah jok penumpang belakakg, keknya hrv jg gitu keliatan ada kisi2.

Kl degradasi batre mah pasti ada gausah ngmng itu. Tdnya jg ane tertarik tu sm audi a3 etron phev, ada yg jual sebiji di indo, cm baca2 ttg batrenya ngeri2 sedap meski bs 1:50 bensin.

Kl di toyota lexus yg hybrid2 tu ada yg mahal jg abs pump dan module, kynya bs 70jtan deh dl
abs itu kalo gak defect dari pabrikan biasanya awet om apalagi rajin ganti kuras minyak rem :mky_01:

kalo macem biante aja tuh contohnya ud penyakit bawaan absnya 20jt :big_bored:

katanya penyebabnya si akinya gak boleh tekor atau loyo kalo biante

balik lagi abs aja segitu gimana batre hybridnya jgn2x lebih horor lagi :big_biglaugh:

kalo di bawah 2020 pun 2015 aja tahun ini baru 10thn om baru expired garansi :mky_01:

jgn patokan odometer si kalo batre yang malesin itu buat orang2x kek saya mobilnya garage queen 10thn aja baru lulus 100rb km :big_bored:

itu juga karena beli bekas dulu dijamin gitu batre ambroll rugi bandar om :big_bored:

karena patokannya usia odometer itu ya paling kena 500.000 sih biasanya baru jebol tesla mah banyak kok dihajar 300rb juga gak nape2x cuma ya gitu umurnya taon muda semua :big_bored:

masalahnya di jakarta jual mobil diatas 100rb usia 10thn itu susah om :big_bored:
nah gatau sih ane kl generasi camry hybrid xv50/lexus es300h av60 itu setiap ada bengkel spesialis hybrid macem ganti aki 12v or hybrid batrenya mereka jg sering nyetok abs pump dan module. artinya emg salah satu penyakitnya sih.

di jakarta susah kl cuma dr rumah kantor 10 tahun sampe 100rbkm, apa lg sehari jalan cuma 20-30km.
makanya sempet 1 tahunan itu mbl hybrid saya kasi pake ade saya yg sekali jalan sehari bisa 60-100km, 1:17an lah bensinnya masih dapet.

itu saya jual jg soalnya kombinasi mbl sedan, hybrid, umur 11 tahun nanti makin susah jual makin nyungsep. tp ga lama saya tuker tambah ke pedege kayanya itu mbl ex saya ga sampe sebulan udah laku lg :big_biglaugh:
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by Jenson »

Ibet wrote: Thu Jun 12, 2025 11:54
timbermaniac123 wrote: Thu Jun 12, 2025 10:05 Sepertinya toyota sudah mempersiapkan hybrid baru udah lama, karena hrv launching harga segini mungkin launching premature.

Ernando pun mengungkap bahwa Toyota akan meluncurkan model terbaru di ajang GIIAS 2025, salah satunya yakni produk elektrifikasi rakitan lokal. "Toyota sendiri sudah menyiapkan beberapa kejutan di akhir bulan Juli nanti. Selain berbagai program penjualan menarik, kami juga akan menampilkan berbagai inovasi teknologi terbaru Toyota, serta produk elektrifikasi baru yang diproduksi secara lokal dan tambahan model GAZOO Racing," jelasnya.
nha ini menarik om
tebakan saya 3 row avanza hybrid sih ini :big_okay:

rocky / raize rasanya ga mungkin, di jdm kan jadi series hybrid
imho sih, bisa aja saya salah
TIba2 ada surprise, launching 3 model:
avanza HEV - harga 299 jt
Innova Zenix type J (potong auto ac, auto lamp dari type G) - harga 399 jt
Kijang Rangga - Diesel 3 baris ranage harga 300-400
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 376
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by Ibet »

Jenson wrote: Fri Jun 13, 2025 6:11 TIba2 ada surprise, launching 3 model:
avanza HEV - harga 299 jt
Innova Zenix type J (potong auto ac, auto lamp dari type G) - harga 399 jt
Kijang Rangga - Diesel 3 baris ranage harga 300-400
dari yang udah - udah sih, bisa jadi skema nya begini
liat byd m6 melenggang di 380 jt

nyaring user 280-350 jt pake avanza hev itu

avanza buat bensin biasa
veloz buat hybrid

sambil sepik sepik hev dapet free gage kan lumayan
User avatar
gils
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by gils »

farizfsa wrote: Thu Jun 12, 2025 11:27
nah gatau sih ane kl generasi camry hybrid xv50/lexus es300h av60 itu setiap ada bengkel spesialis hybrid macem ganti aki 12v or hybrid batrenya mereka jg sering nyetok abs pump dan module. artinya emg salah satu penyakitnya sih.

di jakarta susah kl cuma dr rumah kantor 10 tahun sampe 100rbkm, apa lg sehari jalan cuma 20-30km.
makanya sempet 1 tahunan itu mbl hybrid saya kasi pake ade saya yg sekali jalan sehari bisa 60-100km, 1:17an lah bensinnya masih dapet.

itu saya jual jg soalnya kombinasi mbl sedan, hybrid, umur 11 tahun nanti makin susah jual makin nyungsep. tp ga lama saya tuker tambah ke pedege kayanya itu mbl ex saya ga sampe sebulan udah laku lg :big_biglaugh:
OOT... oom Fariz ada rekomen bengkel spesialis hybrid kaah? Kbtulan lagi pegang xv50 FL yang taon ini umur nya udh 10 taun... jaga2 aja kalo tiba2 knp knp ga bingung kemana.
For everything, there is a season, there is a reason...

2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12697
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by Suryaputra »

gils wrote: Fri Jun 13, 2025 7:46
farizfsa wrote: Thu Jun 12, 2025 11:27
nah gatau sih ane kl generasi camry hybrid xv50/lexus es300h av60 itu setiap ada bengkel spesialis hybrid macem ganti aki 12v or hybrid batrenya mereka jg sering nyetok abs pump dan module. artinya emg salah satu penyakitnya sih.

di jakarta susah kl cuma dr rumah kantor 10 tahun sampe 100rbkm, apa lg sehari jalan cuma 20-30km.
makanya sempet 1 tahunan itu mbl hybrid saya kasi pake ade saya yg sekali jalan sehari bisa 60-100km, 1:17an lah bensinnya masih dapet.

itu saya jual jg soalnya kombinasi mbl sedan, hybrid, umur 11 tahun nanti makin susah jual makin nyungsep. tp ga lama saya tuker tambah ke pedege kayanya itu mbl ex saya ga sampe sebulan udah laku lg :big_biglaugh:
OOT... oom Fariz ada rekomen bengkel spesialis hybrid kaah? Kbtulan lagi pegang xv50 FL yang taon ini umur nya udh 10 taun... jaga2 aja kalo tiba2 knp knp ga bingung kemana.
Batre camrynya br ganti kan setelah akuisisi mbah?
Tenang aja klo br ganti mah, msh ada spare 5-8 thn.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 871
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by kayukayuthe5th »

Ibet wrote: Thu Jun 12, 2025 11:52
Suryaputra wrote: Thu Jun 12, 2025 7:09 dr platform aja pk DNGA
supaya: lower cost & higher profit

:big_biglaugh:
wkwkwk makanya saya state di kalimat terakhir,
yarcross yg kemahalan apa si hrv yg kemurahan

:big_biglaugh:

kayukayuthe5th wrote: Thu Jun 12, 2025 8:42
lebih murah HRV sebenernya. 12 cell 18 cell itu usang (honda panic button aja akhirnya bikin dari turuna IMA 1st gen hybrid mereka). tapi berabe juga yah tanpa filter ittu berarti AC musti prima terus. next gen sih tapi dari EHEV 2.0 bakal mirip ama yarcros bwat 1.5l snall platform doi ditaruh dibawah jok depan
Image

yrcros 2 modul newer design. karena langsung makin banyak cell per modul = more energy density
gaklah, 60 cell vs 48 cell kalo lebih mahal 48 cell gw juga bingung logicnya begimana
parts paling mahal di battery pack kan si battery cellnya itu, baru auxiliary nya
48 cell ke 60 cell kan selisih 20% harga battery pack nya.

kalo outdated sih iya, gw setuju, yg lain udah active cooling pake liquid + cooling pad
ini bedua modal disemprot angin aja sama ducting
cuman kalo segitu udah efektif buat cover masa garansi, ngapain nambah keribetan lagi dengan liquid cooling?

pake filter justru kadang kelewat dicek dan dibersihin, di US banyak kejadian gitu soalnya
AC prima ya jelas sih, mau bensin biasa juga gw rasa udah wajib ini mah

yup, akhirnya malah downgrade kaya yarcross
itu gambar yg lu kasih versi awd btw, menarik sih masuk hrv awd dimari (buat apaan tapi)
nah makanya itu sih gwa. tapi kalo liat EHEV 2.0 sih nanti ada macem liquid cooling system gitu.

well, setidaknya kalo mobil biasa mah yah ga ada batere mbah hehe

nah ini gwa setuju. gatau honda itu selalu kalo showcase tech itu display AWD. yah gambaran aja mbah nanti EHEV 2.0 kaia gitu baterai pack lebih slim ama revisi di egnine :big_okay:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 871
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by kayukayuthe5th »

timbermaniac123 wrote: Thu Jun 12, 2025 10:05 Sepertinya toyota sudah mempersiapkan hybrid baru udah lama, karena hrv launching harga segini mungkin launching premature.

Ernando pun mengungkap bahwa Toyota akan meluncurkan model terbaru di ajang GIIAS 2025, salah satunya yakni produk elektrifikasi rakitan lokal. "Toyota sendiri sudah menyiapkan beberapa kejutan di akhir bulan Juli nanti. Selain berbagai program penjualan menarik, kami juga akan menampilkan berbagai inovasi teknologi terbaru Toyota, serta produk elektrifikasi baru yang diproduksi secara lokal dan tambahan model GAZOO Racing," jelasnya.
ga premature, panic button aja........plus mungkin test assembly bwat hybrid platform supaya murah
rumor has it, avanza hybrid pake mesin yarcross
Suryaputra wrote: Thu Jun 12, 2025 13:40

1. Equipped dgn ATF cooler (bukan pk coolant spt heat xchanger / atf warmer)
2. City driving, didrive pk motor generator, sambil ngecharge ketika gelinding
3. Highway driving, masuk mode overdrive, clutch engaged directly ke mesin, sambil ngisi batre dari motor generator nomor 2
4. Batre 918 WH / 0.92 KWH (lebih gede +0.2 kwh dibanding yarcross)
5. Air inlet untuk pendingin batre, ada di sebelah kursi row 2
.
honda vezel batt.png
.
air inlet battery.png
.
.
Klo lihat manual booknya,
1. Rekomendasi oli mesin 0w20
2. Wajib pk ATF DW1 (mirip matic TC honda sblm cvt)
yes honda gen ini asih pake 0w20 lah mesinnya L15b ama R20a kok haha :big_biglaugh:
nanti yang gen 2 disamaain semua mbah mekanismenya. jadi waktu engine mode ada assist motor
Ibet wrote: Thu Jun 12, 2025 11:54
timbermaniac123 wrote: Thu Jun 12, 2025 10:05 Sepertinya toyota sudah mempersiapkan hybrid baru udah lama, karena hrv launching harga segini mungkin launching premature.

Ernando pun mengungkap bahwa Toyota akan meluncurkan model terbaru di ajang GIIAS 2025, salah satunya yakni produk elektrifikasi rakitan lokal. "Toyota sendiri sudah menyiapkan beberapa kejutan di akhir bulan Juli nanti. Selain berbagai program penjualan menarik, kami juga akan menampilkan berbagai inovasi teknologi terbaru Toyota, serta produk elektrifikasi baru yang diproduksi secara lokal dan tambahan model GAZOO Racing," jelasnya.
nha ini menarik om
tebakan saya 3 row avanza hybrid sih ini :big_okay:

rocky / raize rasanya ga mungkin, di jdm kan jadi series hybrid
imho sih, bisa aja saya salah
feeling gwa sih raize rocky bakal langsung leapfrog next gen abis kena skandal kemaren. series hybrid masuk indo ? hmmm gayakin feeling gwa juga next gen raize rocky hybrid 1.2 mesin biasa gada cman ada turbo ma hybrid 1.2
Last edited by kayukayuthe5th on Fri Jun 13, 2025 11:23, edited 1 time in total.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 871
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by kayukayuthe5th »

Pugman wrote: Thu Jun 12, 2025 14:29
kayukayuthe5th wrote: Wed Jun 11, 2025 10:49
Pugman wrote: Wed Jun 11, 2025 8:55



Pernah iseng lihat City sedan, terus saya tembak diskon 40jt boleh ga? Kata Salesnya mau di FU dulu ke Bos'nya, tapi firasat saya 30 seh ga kurang kalau saya terusin waktu itu
:upss:
berlaku kalo banyak dealer mbah. kalo dealer cman 1 yawes terima nasib kaia saya wkwkwk :mky_01:
Iya kalau itu harapannya nunggu mobil NIK tahun sebelumnya :mky_03:
betul mbah wkwkwkw makanya mereka kasih harga seenak jidat :big_biglaugh:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 871
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by kayukayuthe5th »

Bibieight wrote: Thu Jun 12, 2025 13:00
Suryaputra wrote: Thu Jun 12, 2025 4:29
ioniq emg dari awal udh pakai freon heat spreader di cooling system battery nya.

klo nggak, udah hamil dr kapan tau itu batre mobilnya mbah bibie
ditaro di luar bawah kolong, panas2an
wkwkwkw
Ioniq kagak pake cooling pad, pake thermal paste diatas cooling plate. Terus ada pendinginan aktif, pake coolant muter dibawah batere, coolant ini yg didinginken pake freon AC sebelum masuk evaporator kabin.
Kalo pas parkir, asal gak dijemur langsung > 6 jam si suhu batere kagak liwat 35C, meskipun suhu aspal 40C.

Kagak cuma hibrid Toyota apa Honda, si Leaf kan juga pake kipas angin, makanya baterenya yg bunting tu yg di tengah2, yang gak dapet angin dingin. Kalo Toyota masuk ujung satu keluar ujung lain, alias yg di tengah sama di ujung keluar dapet panasnya doang. Kalo Honda diambil rata dari dek bawah, makanya inletnya lebar tapi profil tipis, biar ademnya rata. Jangan lupa, hibrid = batere dalam kabin, suhu dalem kabin pasti > ambien karena greenhouse effect (kecuali pake kaca filem 99%), naaah, panas pergi ke.....
kayukayuthe5th wrote: Thu Jun 12, 2025 8:42 lebih murah HRV sebenernya. 12 cell 18 cell itu usang (honda panic button aja akhirnya bikin dari turuna IMA 1st gen hybrid mereka). tapi berabe juga yah tanpa filter ittu berarti AC musti prima terus. next gen sih tapi dari EHEV 2.0 bakal mirip ama yarcros bwat 1.5l snall platform doi ditaruh dibawah jok depan
Image

yrcros 2 modul newer design. karena langsung makin banyak cell per modul = more energy density
Kayaknya Honda 60S1P terus Toyota 180S1P deh, soalnya kalo pake NiMH (1.2V) favorit nippon si Toyota dapet 216V si Honda dapet sepertiganya, cuma 72V. Jadi kayaknya minimal Honda pake LiFePo (3.2V), dapet 192V. Kalo pake NMC ditaruh kabin cuma dikipasin AC koq sayang ya, jadi 216V sama kayak Toyota si, cuma NMC harus pendingin aktif dan cyclenya lebih pendek drpd. LiFePo apalagi NiMH..... :big_think:
wadaw kalo spek2 batere gini masih gaterlalu ngeh hehe kecuali nanti kalo dah ownership+mainstreaming lewat senior/suhu/mbah disini baru bisa komen banyak :big_smoking:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2621
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by darrelund »

kayukayuthe5th wrote: Fri Jun 13, 2025 11:10
feeling gwa sih raize rocky bakal langsung leapfrog next gen abis kena skandal kemaren. series hybrid masuk indo ? hmmm gayakin feeling gwa juga next gen raize rocky hybrid 1.2 mesin biasa gada cman ada turbo ma hybrid 1.2
peslip lokal lah mbah

kyk sienta

:big_biglaugh:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 871
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: HRV e:HEV tanda HPM strikes back?

Post by kayukayuthe5th »

darrelund wrote: Fri Jun 13, 2025 19:18
kayukayuthe5th wrote: Fri Jun 13, 2025 11:10
feeling gwa sih raize rocky bakal langsung leapfrog next gen abis kena skandal kemaren. series hybrid masuk indo ? hmmm gayakin feeling gwa juga next gen raize rocky hybrid 1.2 mesin biasa gada cman ada turbo ma hybrid 1.2
peslip lokal lah mbah

kyk sienta

:big_biglaugh:
oh kalo lokal bisa aja sih. GR SPORTS 2.0 misalnya :big_biglaugh:
tapi kalo dari JDM sih kaianya langsung going to next gen DNGA (TNGA perjuangan)