EV's Safety? - Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

Salvanost wrote: Sun Dec 07, 2025 10:31
Paling atas apaan ruh om transaxle as hybrid?
Inverter hybrid cepat rusak ga ya?
gearboxnya om lebih ke casenya atau ke giginya keliatannya soalnya motor listriknya ternyata itu kagak kena posisi keliatannya parkir terus kerendem extreme :big_think:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 666
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Bibieight »

b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 10:42
Salvanost wrote: Sun Dec 07, 2025 10:31
Paling atas apaan ruh om transaxle as hybrid?
Inverter hybrid cepat rusak ga ya?
gearboxnya om lebih ke casenya atau ke giginya keliatannya soalnya motor listriknya ternyata itu kagak kena posisi keliatannya parkir terus kerendem extreme :big_think:
Jangan2 assy set tu ya ?... sun gear+motor buat kontrol (yg kecil)+motor besar buat pararel gak dijual ngeteng. Ini bongkarannya :
Saya pikir model gini aman dibanding matic biasa, tapi kalo jual part-nya ngeteng ya runyam juga.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sun Dec 07, 2025 11:05
Jangan2 assy set tu ya ?... sun gear+motor buat kontrol (yg kecil)+motor besar buat pararel gak dijual ngeteng. Ini bongkarannya :
Saya pikir model gini aman dibanding matic biasa, tapi kalo jual part-nya ngeteng ya runyam juga.

oalah saya salah baca om itu yang di 300jt harganya sama artinya 170 sama 300jt sama2x ganti gearbox itu beda nama assy doank :big_bored:

iya om satu assy itu :big_bored:
Iya, itu yang bikin bingung — karena di Zenix Hybrid transaxle / e-CVT / MG / planetary gearset itu namanya bukan “gearbox”, tapi suka ditulis dengan istilah yang beda-beda:

Generator → MG1

Motor → MG2

Generator Compressor / Generator Gear / Transaxle Assy → ini sebenarnya menunjuk ke satu paket unit e-CVT / transaxle yang di dalamnya ada MG1, MG2, planetary gear, oil pump, dll.

Makanya setelah dilihat lebih teliti:

✅ KESIMPULAN
✔ Unit 171 juta → “Generator Compressor” = Gearbox (Transaxle Assy)

Nilainya 97 juta → ini harga standar transaxle hybrid Toyota.

Plus:

Battery HV 49 juta

ECU HV Battery 9,4 juta
Total wajar 158–171 juta.

Artinya unit ini memang ganti gearbox (transaxle).

✔ Unit 305 juta → Tidak ada item “Generator Compressor”

Makanya tadi terlihat seolah gearbox aman.

Tapi setelah diperhatikan:

Ada komponen-komponen lain yang jauh lebih besar nilainya, yaitu:

Transaxle Hybrid Vehicle 96 juta
→ INI GEARBOX (nama resmi).

Inverter 67,5 juta

Battery HV Supply 48 juta

Motor MG bagian lain 28–30 juta

Kabel HV, gateway, PCU, sensor-sensor, dll.

Jadi:

Unit 305 juta JUGA ganti gearbox.
Cuma ditulis pakai istilah resmi “Transaxle Assy Hybrid Vehicle”, bukan “Generator Compressor”.

🧠 Kenapa namanya bisa beda?

Karena:

Setiap dealer / bengkel Toyota sering pakai istilah yang berbeda untuk item yang sama.

Pajak / import / coding SAP beda penamaannya.

Ada yang pakai istilah:

“Generator Compressor” (bahasa lama internal Toyota)

“Generator Assy”

“Transaxle Assy Hybrid”

“e-CVT Assy”

Padahal barangnya itu-itu juga: unit e-CVT + MG1 + MG2 + planetary gearset.

🔧 Jadi benar:
• Yang 171 juta: ganti gearbox.
• Yang 305 juta: ganti gearbox juga, plus komponen HV lainnya.
karena saya salah baca jadi saya nanya ke AInya juga ngaco :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

Iya, intinya hybrid/EV itu bukan buat nerabas banjir sama sekali.
Bukan masalah “parah atau nggak”, tapi sedikit saja air masuk kabin → langsung risiko puluhan juta.

🔥 Kenapa?

Karena di Zenix (dan banyak hybrid lain):

Baterai HV ada di bawah jok / lantai → kalau air masuk kabin, selesai.

Transaxle MG1/MG2 posisi rendah → begitu air masuk lewat seal/vent, oli tercemar → wajib ganti 1 set.

Inverter & PCU sensitif kelembapan → kena cipratan banjir bisa short.

Wiring HV di lantai bawah → kena banjir sebentar pun bisa korosi → ganti harness bisa 20–40 juta.

Sensor2 HV & gateway mahal → 5–12 juta per biji.

Makanya:

Nggak harus tenggelam.
Nggak harus masuk setengah pintu.
Bahkan nerabas 30–40 cm air yang naik tiba-tiba pun bisa langsung jebol.

Kasus 171 juta itu saja kemungkinan:

Bukan tenggelam.

Hanya nerabas banjir, lalu air masuk ke lantai/kabin.
→ Gearbox (MG unit) + HV battery + ECU battery → jebol.

Kasus 305 juta itu:

Kemungkinan air masuk kabin lebih lama atau

Mobil mati di tengah banjir, lalu arus balik air masuk ke komponen HV.

🚫 Hybrid/EV = nggak boleh nerabas banjir. Full stop.

Mobil bensin ICE:

Water pump jebol → 500 ribu

Alternator mati → 1,5 juta

ECU kadang 5–10 juta

Gearbox jarang kena
→ Total paling 5–15 juta kecuali tenggelam total.

Hybrid:

1 komponen saja bisa 50–100 juta.

2 komponen kena → 150–250 juta.

Worst case (seperti bon 305 juta) → 300–350 juta.

🌊 Jadi batas amannya berapa?

Untuk hybrid/EV:

Aman = air tidak melebihi bagian bawah pintu.

Begitu air sampai:

ke door sill

tembus ke karet pintu

atau mengambang karpet footwell

→ sudah termasuk area merah.

Nerabas banjir di Indonesia = gambling 50–300 juta.

Kalau mau, gue bisa bikin:

panduan “batas aman banjir tiap jenis mobil (ICE vs hybrid vs EV)”

titik rawan banjir Zenix Hybrid

list komponen apa saja yang langsung rusak hanya karena banjir 10–20 cm masuk kabin.
kesimpulannya kayak saya bawa XTRAIL/CRV aja liat genangan malah kabur....... :ngacir:

kalo pajero baru berani itu juga selama fix cuma sebatas sebawah pintu atau sedengkul :mky_07:

jd inget dulu pulang kantor banjir2x sedengkul bawa ge8 sampe rumah platnya ilang panik balik kantor bawa freed nyampe kantor platnya freed juga ilang :big_slap:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 983
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by timbermaniac123 »

Jadi kesimpulannya, sesusah2 nya piara mazda, masih lebih mending dibanding piara hybrid toyota ?
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ilhami »

hybrid toyota sudah terbukti awet. Ngga ada kopling, belt dan torque converter disitu. cukup ganti oli transmisi aja.
kalau inverter dan baterai tinggal di rawat aja, jangan kena air, banjir dan pendinginan harus lancar
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 12:05 hybrid toyota sudah terbukti awet. Ngga ada kopling, belt dan torque converter disitu. cukup ganti oli transmisi aja.
kalau inverter dan baterai tinggal di rawat aja, jangan kena air, banjir dan pendinginan harus lancar
di indonesia
di mana gak ada banjir

daerah elit jabodetabek aja bisa banjir :mky_03:

emg ujungnya ipah dijel matic debest :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ilhami »

kalau rumah banjir lebih dari 1/2 roda tidak usah punya mobil
kayukayuthe5th
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1481
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by kayukayuthe5th »

ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 12:05 hybrid toyota sudah terbukti awet. Ngga ada kopling, belt dan torque converter disitu. cukup ganti oli transmisi aja.
kalau inverter dan baterai tinggal di rawat aja, jangan kena air, banjir dan pendinginan harus lancar
untuk level hybrid yes, toyota is the best right now.
Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 12:22
ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 12:05 hybrid toyota sudah terbukti awet. Ngga ada kopling, belt dan torque converter disitu. cukup ganti oli transmisi aja.
kalau inverter dan baterai tinggal di rawat aja, jangan kena air, banjir dan pendinginan harus lancar
di indonesia
di mana gak ada banjir

daerah elit jabodetabek aja bisa banjir :mky_03:

emg ujungnya ipah dijel matic debest :ngacir:
ato panther mungkin :mky_03: :mky_03: :mky_03:
b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 11:24
Bibieight wrote: Sun Dec 07, 2025 11:05
Jangan2 assy set tu ya ?... sun gear+motor buat kontrol (yg kecil)+motor besar buat pararel gak dijual ngeteng. Ini bongkarannya :
Saya pikir model gini aman dibanding matic biasa, tapi kalo jual part-nya ngeteng ya runyam juga.

oalah saya salah baca om itu yang di 300jt harganya sama artinya 170 sama 300jt sama2x ganti gearbox itu beda nama assy doank :big_bored:

iya om satu assy itu :big_bored:
Iya, itu yang bikin bingung — karena di Zenix Hybrid transaxle / e-CVT / MG / planetary gearset itu namanya bukan “gearbox”, tapi suka ditulis dengan istilah yang beda-beda:

Generator → MG1

Motor → MG2

Generator Compressor / Generator Gear / Transaxle Assy → ini sebenarnya menunjuk ke satu paket unit e-CVT / transaxle yang di dalamnya ada MG1, MG2, planetary gear, oil pump, dll.

Makanya setelah dilihat lebih teliti:

✅ KESIMPULAN
✔ Unit 171 juta → “Generator Compressor” = Gearbox (Transaxle Assy)

Nilainya 97 juta → ini harga standar transaxle hybrid Toyota.

Plus:

Battery HV 49 juta

ECU HV Battery 9,4 juta
Total wajar 158–171 juta.

Artinya unit ini memang ganti gearbox (transaxle).

✔ Unit 305 juta → Tidak ada item “Generator Compressor”

Makanya tadi terlihat seolah gearbox aman.

Tapi setelah diperhatikan:

Ada komponen-komponen lain yang jauh lebih besar nilainya, yaitu:

Transaxle Hybrid Vehicle 96 juta
→ INI GEARBOX (nama resmi).

Inverter 67,5 juta

Battery HV Supply 48 juta

Motor MG bagian lain 28–30 juta

Kabel HV, gateway, PCU, sensor-sensor, dll.

Jadi:

Unit 305 juta JUGA ganti gearbox.
Cuma ditulis pakai istilah resmi “Transaxle Assy Hybrid Vehicle”, bukan “Generator Compressor”.

🧠 Kenapa namanya bisa beda?

Karena:

Setiap dealer / bengkel Toyota sering pakai istilah yang berbeda untuk item yang sama.

Pajak / import / coding SAP beda penamaannya.

Ada yang pakai istilah:

“Generator Compressor” (bahasa lama internal Toyota)

“Generator Assy”

“Transaxle Assy Hybrid”

“e-CVT Assy”

Padahal barangnya itu-itu juga: unit e-CVT + MG1 + MG2 + planetary gearset.

🔧 Jadi benar:
• Yang 171 juta: ganti gearbox.
• Yang 305 juta: ganti gearbox juga, plus komponen HV lainnya.
karena saya salah baca jadi saya nanya ke AInya juga ngaco :big_biglaugh:
tetep aja gantinya segelondongan ATM. :big_childish:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 12:32 kalau rumah banjir lebih dari 1/2 roda tidak usah punya mobil
iya maksudnya jgn beli hybrid sama EV ya :wkkk:

harusnya ya beli 2TR lah masa beli mobil aneh2x....... :ngacir:

kalo mau lebih aman lagi pasang belalai snorkel :big_grin:
kayukayuthe5th
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1481
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 12:56
ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 12:32 kalau rumah banjir lebih dari 1/2 roda tidak usah punya mobil
iya maksudnya jgn beli hybrid sama EV ya :wkkk:

harusnya ya beli 2TR lah masa beli mobil aneh2x....... :ngacir:

kalo mau lebih aman lagi pasang belalai snorkel :big_grin:
gwa penasaran ama ahond sih hybridnya gimana belum ada yang kabar2 :mky_05:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 12:22
di indonesia
di mana gak ada banjir

daerah elit jabodetabek aja bisa banjir :mky_03:

emg ujungnya ipah dijel matic debest :ngacir:
2TR om lebih susah di kill :mky_07:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 13:04 gwa penasaran ama ahond sih hybridnya gimana belum ada yang kabar2 :mky_05:
itu saya baru ke rumah temen saya kebetulan adeknya kerja di dealer honda di garasi saya liat HRV RS ternyata hybrid kata adeknya lah enakan turbo jauhh :mky_07:

kalo 1.5 gak enak katanya hybrid honda mendingan yang 2.0 jauh katanya :mky_03:

saya bisa suruh ai analisa si bisa kena berapa di kasus yang sama pake CRV hybrid jawabannya estimasi ini saya tanya ikutin kasus bon 170jt ya

187-260jt................... :ngacir:

dapet WRV sama BRV baru :glodak:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 13:04
b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 12:56
ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 12:32 kalau rumah banjir lebih dari 1/2 roda tidak usah punya mobil
iya maksudnya jgn beli hybrid sama EV ya :wkkk:

harusnya ya beli 2TR lah masa beli mobil aneh2x....... :ngacir:

kalo mau lebih aman lagi pasang belalai snorkel :big_grin:
gwa penasaran ama ahond sih hybridnya gimana belum ada yang kabar2 :mky_05:
sm aja mbah

pk dinamo listrik dan batre jg
wkwkwkwk
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 13:09
kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 13:04 gwa penasaran ama ahond sih hybridnya gimana belum ada yang kabar2 :mky_05:
itu saya baru ke rumah temen saya kebetulan adeknya kerja di dealer honda di garasi saya liat HRV RS ternyata hybrid kata adeknya lah enakan turbo jauhh :mky_07:

kalo 1.5 gak enak katanya hybrid honda mendingan yang 2.0 jauh katanya :mky_03:

saya bisa suruh ai analisa si bisa kena berapa di kasus yang sama pake CRV hybrid jawabannya estimasi ini saya tanya ikutin kasus bon 170jt ya

187-260jt................... :ngacir:

dapet WRV sama BRV baru :glodak:
gw dah coba TD di diler

HRV hybrid enak buat seruntulan dr kondisi diam dan dalam kota

klo turbo enak buat di tol, begitu spooling turbonya, napas panjang,
hybrid 1500cc kedodoran di tol / jarak panjang.

tp tetap aja,
namanya batre + dinamo, ketemu banjir, menciut biji lgs :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 12:50
untuk level hybrid yes, toyota is the best right now.
pemakaian normal ya om kalo musibah kena banjir dll mobil china waterproofnya lebih bagus buat HEV/EV komponen :mky_03:

cuma masalahnya mau sakti kek tesla yang pernah nyelem selamet pun abis banjir ud masuk jd bom waktu karena lama2x batrenya ud mulai bikin titik2x kropos nah dari kropos2x ini suatu hari bisa bikin short dan meledak tiba2x gak tau kapan....... :mky_03:

jd ya mendingan jgn nekad hari ini selamat gak tau bisa berapa lama bisa jd bom waktu :big_bored:

makannya kalo di us abis musibah banjir lsg warningnya ke EV bahkan pas banjir pun banyak tesla yang tiba2x kebakaran di tengah banjir :big_bored:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ilhami »

sama aja sekarang mobil pakai ECU semua. gantinya mahal juga.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 13:26 sama aja sekarang mobil pakai ECU semua. gantinya mahal juga.
thn lalu ada keluarga dekat
xpander kena banjir kelelep setengah body.
telat mindahin mobil, taunya air udh masuk garasi di pagi hari.
tanggul luber.

kena hampir 70-an jt sama beres, udh terima beres.

- ganti ECU, TCM, dan modul elektrikal yg error
- ganti ATF
- ganti Oli mesin + filter
- jasa servis dan cek segala macam
- bongkar interior dan ganti parts modul kontrol AC jg kena korslet

mahal,
tapi scr nominal tetap relatif lbh murah drpd hybrid yg kerendem

sampai skrg mobilnya masih ok
dan dah dibawa jalan2 ke jawa tengah infonya :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 13:26 sama aja sekarang mobil pakai ECU semua. gantinya mahal juga.
semahalnya ECU gw beli haltech paling 30jt om :wkkk:

saya ada kok dulu avanza temen saya kebanjiran malah di papas head sama porting polish ecu ganti baru lagian overhaul biayanya ketaker palingan 10-20jtan :big_biglaugh:

yang penting jgn water hammer aja paling nambah 5-10jt sama ecu ya itunglah jelek2x gocap itu ud mausk mahal buat beresin mobil banjir buat mobil jepang :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 13:37 thn lalu ada keluarga dekat
xpander kena banjir kelelep setengah body.
telat mindahin mobil, taunya air udh masuk garasi di pagi hari.
tanggul luber.

kena hampir 70-an jt sama beres, udh terima beres.

- ganti ECU, TCM, dan modul elektrikal yg error
- ganti ATF
- ganti Oli mesin + filter
- jasa servis dan cek segala macam
- bongkar interior dan ganti parts modul kontrol AC jg kena korslet

mahal,
tapi scr nominal tetap relatif lbh murah drpd hybrid yg kerendem

sampai skrg mobilnya masih ok
dan dah dibawa jalan2 ke jawa tengah infonya :upss:
itu beres loh sama kang asep jgn2x jauh lebih murah :wkkk:

sedangkan hybrid suruh kang asep beresin lsg garuk2x pala dia :mky_07:

lagian yang 300jt itu belom ngomongin parts diluar sistem hybrid loh belom ada parts engine ac interior dll :big_biglaugh:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ilhami »

jangan dibandingin dengan xpander. koper saya aja ngga muat di xpander.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 14:01 jangan dibandingin dengan xpander. koper saya aja ngga muat di xpander.
ya udah lah bandingin sm jinik bensin bisa share di sini klo ada

:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 14:01 jangan dibandingin dengan xpander. koper saya aja ngga muat di xpander.
your problem :mky_07:

koper loe mendingan angkut pake fuso kalo gak muat di xpander soalnya pasti gede banget segede2xnya koper kalo waras lipet row 3 bakalan masuk xpander kecuali koper loe buat angkut gak tau apaan mungkin rudal balistik kali :wkkk:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 14:12
ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 14:01 jangan dibandingin dengan xpander. koper saya aja ngga muat di xpander.
your problem :mky_07:

koper loe mendingan angkut pake fuso kalo gak muat di xpander soalnya pasti gede banget segede2xnya koper kalo waras lipet row 3 bakalan masuk xpander kecuali koper loe buat angkut gak tau apaan mungkin rudal balistik kali :wkkk:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

pk hilux pickup aja cm bisa bawa rocket launcher :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 14:14
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

pk hilux pickup aja cm bisa bawa rocket launcher :mky_03:
agak aneh komentarnya gw aja bingung :big_biglaugh:

kalo adu sama2x 1500 estimasi yaris cross itu 130jt kalo kejadian sama kek 170jt :big_think:

artinya 2x lipet bisa2x :big_think: