gearboxnya om lebih ke casenya atau ke giginya keliatannya soalnya motor listriknya ternyata itu kagak kena posisi keliatannya parkir terus kerendem extremeSalvanost wrote: Sun Dec 07, 2025 10:31
Paling atas apaan ruh om transaxle as hybrid?
Inverter hybrid cepat rusak ga ya?
EV's Safety? - Part 2
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
-
Bibieight
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 666
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: EV's Safety? - Part 2
Jangan2 assy set tu ya ?... sun gear+motor buat kontrol (yg kecil)+motor besar buat pararel gak dijual ngeteng. Ini bongkarannya :b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 10:42gearboxnya om lebih ke casenya atau ke giginya keliatannya soalnya motor listriknya ternyata itu kagak kena posisi keliatannya parkir terus kerendem extremeSalvanost wrote: Sun Dec 07, 2025 10:31
Paling atas apaan ruh om transaxle as hybrid?
Inverter hybrid cepat rusak ga ya?![]()
Saya pikir model gini aman dibanding matic biasa, tapi kalo jual part-nya ngeteng ya runyam juga.
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
Bibieight wrote: Sun Dec 07, 2025 11:05
Jangan2 assy set tu ya ?... sun gear+motor buat kontrol (yg kecil)+motor besar buat pararel gak dijual ngeteng. Ini bongkarannya :
Saya pikir model gini aman dibanding matic biasa, tapi kalo jual part-nya ngeteng ya runyam juga.
oalah saya salah baca om itu yang di 300jt harganya sama artinya 170 sama 300jt sama2x ganti gearbox itu beda nama assy doank
iya om satu assy itu
karena saya salah baca jadi saya nanya ke AInya juga ngacoIya, itu yang bikin bingung — karena di Zenix Hybrid transaxle / e-CVT / MG / planetary gearset itu namanya bukan “gearbox”, tapi suka ditulis dengan istilah yang beda-beda:
Generator → MG1
Motor → MG2
Generator Compressor / Generator Gear / Transaxle Assy → ini sebenarnya menunjuk ke satu paket unit e-CVT / transaxle yang di dalamnya ada MG1, MG2, planetary gear, oil pump, dll.
Makanya setelah dilihat lebih teliti:
KESIMPULAN
✔ Unit 171 juta → “Generator Compressor” = Gearbox (Transaxle Assy)
Nilainya 97 juta → ini harga standar transaxle hybrid Toyota.
Plus:
Battery HV 49 juta
ECU HV Battery 9,4 juta
Total wajar 158–171 juta.
Artinya unit ini memang ganti gearbox (transaxle).
✔ Unit 305 juta → Tidak ada item “Generator Compressor”
Makanya tadi terlihat seolah gearbox aman.
Tapi setelah diperhatikan:
Ada komponen-komponen lain yang jauh lebih besar nilainya, yaitu:
Transaxle Hybrid Vehicle 96 juta
→ INI GEARBOX (nama resmi).
Inverter 67,5 juta
Battery HV Supply 48 juta
Motor MG bagian lain 28–30 juta
Kabel HV, gateway, PCU, sensor-sensor, dll.
Jadi:
Unit 305 juta JUGA ganti gearbox.
Cuma ditulis pakai istilah resmi “Transaxle Assy Hybrid Vehicle”, bukan “Generator Compressor”.
Kenapa namanya bisa beda?
Karena:
Setiap dealer / bengkel Toyota sering pakai istilah yang berbeda untuk item yang sama.
Pajak / import / coding SAP beda penamaannya.
Ada yang pakai istilah:
“Generator Compressor” (bahasa lama internal Toyota)
“Generator Assy”
“Transaxle Assy Hybrid”
“e-CVT Assy”
Padahal barangnya itu-itu juga: unit e-CVT + MG1 + MG2 + planetary gearset.
Jadi benar:
• Yang 171 juta: ganti gearbox.
• Yang 305 juta: ganti gearbox juga, plus komponen HV lainnya.
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
kesimpulannya kayak saya bawa XTRAIL/CRV aja liat genangan malah kabur.......Iya, intinya hybrid/EV itu bukan buat nerabas banjir sama sekali.
Bukan masalah “parah atau nggak”, tapi sedikit saja air masuk kabin → langsung risiko puluhan juta.
Kenapa?
Karena di Zenix (dan banyak hybrid lain):
Baterai HV ada di bawah jok / lantai → kalau air masuk kabin, selesai.
Transaxle MG1/MG2 posisi rendah → begitu air masuk lewat seal/vent, oli tercemar → wajib ganti 1 set.
Inverter & PCU sensitif kelembapan → kena cipratan banjir bisa short.
Wiring HV di lantai bawah → kena banjir sebentar pun bisa korosi → ganti harness bisa 20–40 juta.
Sensor2 HV & gateway mahal → 5–12 juta per biji.
Makanya:
Nggak harus tenggelam.
Nggak harus masuk setengah pintu.
Bahkan nerabas 30–40 cm air yang naik tiba-tiba pun bisa langsung jebol.
Kasus 171 juta itu saja kemungkinan:
Bukan tenggelam.
Hanya nerabas banjir, lalu air masuk ke lantai/kabin.
→ Gearbox (MG unit) + HV battery + ECU battery → jebol.
Kasus 305 juta itu:
Kemungkinan air masuk kabin lebih lama atau
Mobil mati di tengah banjir, lalu arus balik air masuk ke komponen HV.
Hybrid/EV = nggak boleh nerabas banjir. Full stop.
Mobil bensin ICE:
Water pump jebol → 500 ribu
Alternator mati → 1,5 juta
ECU kadang 5–10 juta
Gearbox jarang kena
→ Total paling 5–15 juta kecuali tenggelam total.
Hybrid:
1 komponen saja bisa 50–100 juta.
2 komponen kena → 150–250 juta.
Worst case (seperti bon 305 juta) → 300–350 juta.
Jadi batas amannya berapa?
Untuk hybrid/EV:
Aman = air tidak melebihi bagian bawah pintu.
Begitu air sampai:
ke door sill
tembus ke karet pintu
atau mengambang karpet footwell
→ sudah termasuk area merah.
Nerabas banjir di Indonesia = gambling 50–300 juta.
Kalau mau, gue bisa bikin:
panduan “batas aman banjir tiap jenis mobil (ICE vs hybrid vs EV)”
titik rawan banjir Zenix Hybrid
list komponen apa saja yang langsung rusak hanya karena banjir 10–20 cm masuk kabin.
kalo pajero baru berani itu juga selama fix cuma sebatas sebawah pintu atau sedengkul
jd inget dulu pulang kantor banjir2x sedengkul bawa ge8 sampe rumah platnya ilang panik balik kantor bawa freed nyampe kantor platnya freed juga ilang
-
timbermaniac123
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 983
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: EV's Safety? - Part 2
Jadi kesimpulannya, sesusah2 nya piara mazda, masih lebih mending dibanding piara hybrid toyota ?
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: EV's Safety? - Part 2
hybrid toyota sudah terbukti awet. Ngga ada kopling, belt dan torque converter disitu. cukup ganti oli transmisi aja.
kalau inverter dan baterai tinggal di rawat aja, jangan kena air, banjir dan pendinginan harus lancar
kalau inverter dan baterai tinggal di rawat aja, jangan kena air, banjir dan pendinginan harus lancar
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety? - Part 2
di indonesiailhami wrote: Sun Dec 07, 2025 12:05 hybrid toyota sudah terbukti awet. Ngga ada kopling, belt dan torque converter disitu. cukup ganti oli transmisi aja.
kalau inverter dan baterai tinggal di rawat aja, jangan kena air, banjir dan pendinginan harus lancar
di mana gak ada banjir
daerah elit jabodetabek aja bisa banjir
emg ujungnya ipah dijel matic debest
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: EV's Safety? - Part 2
kalau rumah banjir lebih dari 1/2 roda tidak usah punya mobil
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety? - Part 2
untuk level hybrid yes, toyota is the best right now.ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 12:05 hybrid toyota sudah terbukti awet. Ngga ada kopling, belt dan torque converter disitu. cukup ganti oli transmisi aja.
kalau inverter dan baterai tinggal di rawat aja, jangan kena air, banjir dan pendinginan harus lancar
ato panther mungkinSuryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 12:22di indonesiailhami wrote: Sun Dec 07, 2025 12:05 hybrid toyota sudah terbukti awet. Ngga ada kopling, belt dan torque converter disitu. cukup ganti oli transmisi aja.
kalau inverter dan baterai tinggal di rawat aja, jangan kena air, banjir dan pendinginan harus lancar
di mana gak ada banjir
daerah elit jabodetabek aja bisa banjir![]()
emg ujungnya ipah dijel matic debest![]()
tetep aja gantinya segelondongan ATM.b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 11:24Bibieight wrote: Sun Dec 07, 2025 11:05
Jangan2 assy set tu ya ?... sun gear+motor buat kontrol (yg kecil)+motor besar buat pararel gak dijual ngeteng. Ini bongkarannya :
Saya pikir model gini aman dibanding matic biasa, tapi kalo jual part-nya ngeteng ya runyam juga.
oalah saya salah baca om itu yang di 300jt harganya sama artinya 170 sama 300jt sama2x ganti gearbox itu beda nama assy doank![]()
iya om satu assy itu
karena saya salah baca jadi saya nanya ke AInya juga ngacoIya, itu yang bikin bingung — karena di Zenix Hybrid transaxle / e-CVT / MG / planetary gearset itu namanya bukan “gearbox”, tapi suka ditulis dengan istilah yang beda-beda:
Generator → MG1
Motor → MG2
Generator Compressor / Generator Gear / Transaxle Assy → ini sebenarnya menunjuk ke satu paket unit e-CVT / transaxle yang di dalamnya ada MG1, MG2, planetary gear, oil pump, dll.
Makanya setelah dilihat lebih teliti:
KESIMPULAN
✔ Unit 171 juta → “Generator Compressor” = Gearbox (Transaxle Assy)
Nilainya 97 juta → ini harga standar transaxle hybrid Toyota.
Plus:
Battery HV 49 juta
ECU HV Battery 9,4 juta
Total wajar 158–171 juta.
Artinya unit ini memang ganti gearbox (transaxle).
✔ Unit 305 juta → Tidak ada item “Generator Compressor”
Makanya tadi terlihat seolah gearbox aman.
Tapi setelah diperhatikan:
Ada komponen-komponen lain yang jauh lebih besar nilainya, yaitu:
Transaxle Hybrid Vehicle 96 juta
→ INI GEARBOX (nama resmi).
Inverter 67,5 juta
Battery HV Supply 48 juta
Motor MG bagian lain 28–30 juta
Kabel HV, gateway, PCU, sensor-sensor, dll.
Jadi:
Unit 305 juta JUGA ganti gearbox.
Cuma ditulis pakai istilah resmi “Transaxle Assy Hybrid Vehicle”, bukan “Generator Compressor”.
Kenapa namanya bisa beda?
Karena:
Setiap dealer / bengkel Toyota sering pakai istilah yang berbeda untuk item yang sama.
Pajak / import / coding SAP beda penamaannya.
Ada yang pakai istilah:
“Generator Compressor” (bahasa lama internal Toyota)
“Generator Assy”
“Transaxle Assy Hybrid”
“e-CVT Assy”
Padahal barangnya itu-itu juga: unit e-CVT + MG1 + MG2 + planetary gearset.
Jadi benar:
• Yang 171 juta: ganti gearbox.
• Yang 305 juta: ganti gearbox juga, plus komponen HV lainnya.![]()
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
iya maksudnya jgn beli hybrid sama EV ya
harusnya ya beli 2TR lah masa beli mobil aneh2x.......
kalo mau lebih aman lagi pasang belalai snorkel
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety? - Part 2
gwa penasaran ama ahond sih hybridnya gimana belum ada yang kabar2
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
2TR om lebih susah di killSuryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 12:22
di indonesia
di mana gak ada banjir
daerah elit jabodetabek aja bisa banjir![]()
emg ujungnya ipah dijel matic debest![]()
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
itu saya baru ke rumah temen saya kebetulan adeknya kerja di dealer honda di garasi saya liat HRV RS ternyata hybrid kata adeknya lah enakan turbo jauhhkayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 13:04 gwa penasaran ama ahond sih hybridnya gimana belum ada yang kabar2![]()
kalo 1.5 gak enak katanya hybrid honda mendingan yang 2.0 jauh katanya
saya bisa suruh ai analisa si bisa kena berapa di kasus yang sama pake CRV hybrid jawabannya estimasi ini saya tanya ikutin kasus bon 170jt ya
187-260jt...................
dapet WRV sama BRV baru
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety? - Part 2
sm aja mbahkayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 13:04gwa penasaran ama ahond sih hybridnya gimana belum ada yang kabar2![]()
pk dinamo listrik dan batre jg
wkwkwkwk
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety? - Part 2
gw dah coba TD di dilerb0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 13:09itu saya baru ke rumah temen saya kebetulan adeknya kerja di dealer honda di garasi saya liat HRV RS ternyata hybrid kata adeknya lah enakan turbo jauhhkayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 13:04 gwa penasaran ama ahond sih hybridnya gimana belum ada yang kabar2![]()
![]()
kalo 1.5 gak enak katanya hybrid honda mendingan yang 2.0 jauh katanya![]()
saya bisa suruh ai analisa si bisa kena berapa di kasus yang sama pake CRV hybrid jawabannya estimasi ini saya tanya ikutin kasus bon 170jt ya
187-260jt...................![]()
dapet WRV sama BRV baru![]()
HRV hybrid enak buat seruntulan dr kondisi diam dan dalam kota
klo turbo enak buat di tol, begitu spooling turbonya, napas panjang,
hybrid 1500cc kedodoran di tol / jarak panjang.
tp tetap aja,
namanya batre + dinamo, ketemu banjir, menciut biji lgs
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
pemakaian normal ya om kalo musibah kena banjir dll mobil china waterproofnya lebih bagus buat HEV/EV komponen
cuma masalahnya mau sakti kek tesla yang pernah nyelem selamet pun abis banjir ud masuk jd bom waktu karena lama2x batrenya ud mulai bikin titik2x kropos nah dari kropos2x ini suatu hari bisa bikin short dan meledak tiba2x gak tau kapan.......
jd ya mendingan jgn nekad hari ini selamat gak tau bisa berapa lama bisa jd bom waktu
makannya kalo di us abis musibah banjir lsg warningnya ke EV bahkan pas banjir pun banyak tesla yang tiba2x kebakaran di tengah banjir
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: EV's Safety? - Part 2
sama aja sekarang mobil pakai ECU semua. gantinya mahal juga.
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety? - Part 2
thn lalu ada keluarga dekat
xpander kena banjir kelelep setengah body.
telat mindahin mobil, taunya air udh masuk garasi di pagi hari.
tanggul luber.
kena hampir 70-an jt sama beres, udh terima beres.
- ganti ECU, TCM, dan modul elektrikal yg error
- ganti ATF
- ganti Oli mesin + filter
- jasa servis dan cek segala macam
- bongkar interior dan ganti parts modul kontrol AC jg kena korslet
mahal,
tapi scr nominal tetap relatif lbh murah drpd hybrid yg kerendem
sampai skrg mobilnya masih ok
dan dah dibawa jalan2 ke jawa tengah infonya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
semahalnya ECU gw beli haltech paling 30jt om
saya ada kok dulu avanza temen saya kebanjiran malah di papas head sama porting polish ecu ganti baru lagian overhaul biayanya ketaker palingan 10-20jtan
yang penting jgn water hammer aja paling nambah 5-10jt sama ecu ya itunglah jelek2x gocap itu ud mausk mahal buat beresin mobil banjir buat mobil jepang
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
itu beres loh sama kang asep jgn2x jauh lebih murahSuryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 13:37 thn lalu ada keluarga dekat
xpander kena banjir kelelep setengah body.
telat mindahin mobil, taunya air udh masuk garasi di pagi hari.
tanggul luber.
kena hampir 70-an jt sama beres, udh terima beres.
- ganti ECU, TCM, dan modul elektrikal yg error
- ganti ATF
- ganti Oli mesin + filter
- jasa servis dan cek segala macam
- bongkar interior dan ganti parts modul kontrol AC jg kena korslet
mahal,
tapi scr nominal tetap relatif lbh murah drpd hybrid yg kerendem
sampai skrg mobilnya masih ok
dan dah dibawa jalan2 ke jawa tengah infonya![]()
sedangkan hybrid suruh kang asep beresin lsg garuk2x pala dia
lagian yang 300jt itu belom ngomongin parts diluar sistem hybrid loh belom ada parts engine ac interior dll
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: EV's Safety? - Part 2
jangan dibandingin dengan xpander. koper saya aja ngga muat di xpander.
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety? - Part 2
ya udah lah bandingin sm jinik bensin bisa share di sini klo adailhami wrote: Sun Dec 07, 2025 14:01 jangan dibandingin dengan xpander. koper saya aja ngga muat di xpander.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
your problemilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 14:01 jangan dibandingin dengan xpander. koper saya aja ngga muat di xpander.
koper loe mendingan angkut pake fuso kalo gak muat di xpander soalnya pasti gede banget segede2xnya koper kalo waras lipet row 3 bakalan masuk xpander kecuali koper loe buat angkut gak tau apaan mungkin rudal balistik kali
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety? - Part 2
b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 14:12your problemilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 14:01 jangan dibandingin dengan xpander. koper saya aja ngga muat di xpander.![]()
koper loe mendingan angkut pake fuso kalo gak muat di xpander soalnya pasti gede banget segede2xnya koper kalo waras lipet row 3 bakalan masuk xpander kecuali koper loe buat angkut gak tau apaan mungkin rudal balistik kali![]()
pk hilux pickup aja cm bisa bawa rocket launcher
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
agak aneh komentarnya gw aja bingung
kalo adu sama2x 1500 estimasi yaris cross itu 130jt kalo kejadian sama kek 170jt
artinya 2x lipet bisa2x

