Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Veyron
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Fri May 07, 2010 9:46

Re: Report test drive Pajero Sport dgn Piggyback

Post by Veyron »

Turboman wrote:Report test drive Pajero Sport dgn Piggyback :

Type mobil : PS 4X4 A/T ex. 2010

test dlm mode 4X2

Peningkatan performa yang paling terasa adalah selepas 2000 RPM ke atas, sedangkan dari 1000 - 2000 RPM memang ada lebih baik dibanding kondisi Std., tetapi tidak signifikan.

Dengan catatan :
Mesin sudah dipasangi Down Pipe SAKI
Oli mesin = Amsoil Series 3000 HDD 5W30 Full Synth
ODO = 8610 Km

Analisa :
Mungkin dikarenakan rasio gigi A/T si PS ini panjang2 dan juga bobot PS yg berat, jadi saat akselerasi awal cukup berat utk si mesin, sementara saat sudah mulai bergerak kerja mesin lebih leluasa dalam berakselerasi. CMIIW

Piggyback yg saya test di sini adalah suatu paket Piggyback yg terdiri dr 3 modul, tetapi nggak ada modul Throttle Module-nya (utk mereknya sengaja saya ga sebut, krn di sini analisa kita lebih ke arah tehnis & bukan merek Piggyback-nya).

Modul kedua (Injectors controller) bisa di aktif kan / di non aktif-kan, saat di aktifkan maka akselerasi dari 2000 RPM ke hampir 4000 RPM memang naiknya signifikan......kalo dibejek akselerasinya whewwww............rem musti upgrade dah tuh

Kesimpulan :
Bila ingin mendapat performa akselerasi saat awal yg gesit spt Innova D4 D, selain Piggyback & Down Pipe, penambahan ring @ wastegate mutlak diperlukan.

Juga AAI Pre Turbo bisa dipertimbangkan, hanya saja AAI ini ditujukan bagi user2 yg hobby memerhatikan mesin, karena AAI ada filter2 kecil yg harus dibersihkan scr berkala (setahun sekali).

AAI Pre Turbo umumnya sgt membantu utk akselerasi awal.

Lalu dr segi tuning scr elektronik, Throttle Modul diperlukan juga.

Utk keperluan daily driving & tidak mengejar Top Speed, maka kemungkinan besar tuning yg pas :
1. Down Pipe
2. Ring @ wastegate
3. Free flow air filter
4. Piggyback 1st stage + Throttle Module (udah cukup)
5. Ground cables
6. AAI Pre Turbo

Cukup

Utk Piggyback 1 st stage ada yg punya opsi TM dr pembuat yg sama, atau jika produsennya tidak punya modul TM bisa ditambahkan modul TM buatan pabrikan lain spt i-Drive (kalo misalnya ada utk PS), asal pastikan dulu dia ga akan bikin bentrok.

Catatan tambahan :
Mesin PS dikasih oli mesin bagus suaranya jadi aluuusssss euyy :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright: ........walau cuman pake Biosolar doank......Ipah D4 D ogut yg juga pakai oli Full Synth aja kalah alus euyyyy........
Om turboman,

Untuk pemasangan ring @ wastegate nya, di daerah jakarta barat bisa dipasang di mana yah yang paling dekat.
Thanks sebelumnya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Report test drive Pajero Sport dgn Piggyback

Post by Turboman »

Veyron wrote: Om turboman,

Untuk pemasangan ring @ wastegate nya, di daerah jakarta barat bisa dipasang di mana yah yang paling dekat.
Thanks sebelumnya.
Berhubungan baut Turbo PS pake model kembang & sgt sulit dibuka, jadi sebaiknya ke bengkel yg udah biasa ngerjain dulu, atau kalau anda hobby bongkar2 en ada montir langganan nah bisa coba kerjakan di rumah dgn hati2.

Kalo ke bengkel bisa ke Phoenix di GAC - KG, nti kontek dgn pak Andreas aja (telp-nya di atas jam 6 sore)

Nanti minta Andreas siapkan baut pengganti utk bracket wastegate PS, spy ke depannya bongkar - pasang jadi mudah.

Utk kunci L utk buka baut kembang bisa beli di ACE / Care4 dll.
* Bukan ajakan Beli *
Veyron
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Fri May 07, 2010 9:46

Re: Report test drive Pajero Sport dgn Piggyback

Post by Veyron »

Turboman wrote:
Veyron wrote: Om turboman,

Untuk pemasangan ring @ wastegate nya, di daerah jakarta barat bisa dipasang di mana yah yang paling dekat.
Thanks sebelumnya.
Berhubungan baut Turbo PS pake model kembang & sgt sulit dibuka, jadi sebaiknya ke bengkel yg udah biasa ngerjain dulu, atau kalau anda hobby bongkar2 en ada montir langganan nah bisa coba kerjakan di rumah dgn hati2.

Kalo ke bengkel bisa ke Phoenix di GAC - KG, nti kontek dgn pak Andreas aja (telp-nya di atas jam 6 sore)

Nanti minta Andreas siapkan baut pengganti utk bracket wastegate PS, spy ke depannya bongkar - pasang jadi mudah.

Utk kunci L utk buka baut kembang bisa beli di ACE / Care4 dll.
Sip... sipp...
Thanks' om atas infonya.

BTW, mobilnya skrg udah mantap nih.
Next project, apa lagi om ?
willy wilianto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Tue Apr 27, 2010 23:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by willy wilianto »

@ siapa yg sdh pasang ring west gate....tlg infonya dong.
Oli full sintetic....yg gampang Apa tuh
siendy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Feb 18, 2010 16:38

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by siendy »

mo tanya yang jual amsoil (buat additives & olinya) donk, tolong include contact numbernya ya.
kalo tau di surabaya lebih baik.
makasih
javamedia
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Apr 22, 2010 14:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by javamedia »

absen juga add di forum pls, 30 bf 60 f4
Arkadia
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Sat May 08, 2010 23:13

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Arkadia »

Om Turboman,

1. AAI Pre Turbo itu apa sih? tolong pencerahannya

2. Saya kan sudah ganti DP, pasang K&N air filter & Unichip Q+ set, tapi belum ganti ring @ wastegate. Kalau saya ganti ring nya, apakah setting unichipnya harus diulang setelah ganti ring?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Turboman »

willy wilianto wrote:@ siapa yg sdh pasang ring west gate....tlg infonya dong.
Oli full sintetic....yg gampang Apa tuh
Yg udah pasang ring @ wastegate ada, tapi orangnya monitornya milis FCI : [email protected] (Pak Yudhi T.)

Oli Full Synth yg gampang dicari ?

Bisa nitip Shell Helix Ultra AB 5W30 ke pak Anto (yg nyetok ACB). SHU AB ini di Ipah D4 D terbukti mak nyusss......apalagi mesin PS diijinkan menggunakan oli 5W30 (di manualnya)

htt://mesin-diesel.dinogroups.com/dlink.cfm?fid=xcms1647X04orUx09Pw0JzDJvpPa
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Turboman »

Arkadia wrote: 1. AAI Pre Turbo itu apa sih? tolong pencerahannya

2. Saya kan sudah ganti DP, pasang K&N air filter & Unichip Q+ set, tapi belum ganti ring @ wastegate. Kalau saya ganti ring nya, apakah setting unichipnya harus diulang setelah ganti ring?
1. Auxilliary Air Induction aka teknik menginjeksikan sejumlah kecil udara ke intake yg bekerjanya berdasarkan kevakuman di intake, tujuannya utk mengurangi Pressure Drop / supply udara ke mesin tetap terpenuhi.

AAI Pre Turbo = di saluran sebelum Turbo / antara Air Filter - Turbo

dari pengamatan selama ini, utk membantu saat akselerasi awal, AAI Pre Turbo yg berperan, sedang utk membantu kegesitan mesin saat di rem & kemudian di gas kembali, AAI Post Turbo yg berperan.

AAI ini sebetulnya adalah sebuah project yg bisa dibuat & dikerjakan sendiri, asal anda gunakan one way valve & filter mini yg berkualitas, serta selang yg tahan panas.

2. Nggak usah
* Bukan ajakan Beli *
megakios1
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat May 22, 2010 22:49

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by megakios1 »

golfpunk wrote:thank you bros..... just try my best to modify my car hehehheeh
saya mau coba kasih sedikit informasi buat pertanyaan diatas....tentang harga 201o emang sudah ada kenaikan sekitar 6 juta untuk yg 2010 model...
itupun kalo tidak salah ppn bm akan berubah lagi dekat dekat ini dan harganya bisa ada kenaikan lagi kurang lebih 10 jt....itu yang saya dapet informasi dari orang mitsubishi....tentang engine noise....saya juga baru pertama kali memakai kendaraan diesel...dan surprisingly sangat sangat tidak menggangu suara mesinnya....apalagi saya baru aja pasang automats sound proofs untuk peredam suara dikabin..pasang 2 lembar per panel pintu (dalam dan luar door panel) hasilnya .......mantapppppp
untuk turbotimer ....saya pernah tanya org mitsubishi bagian service..menurut mereka sih tidak perlu pakai turbo timer....tapi saya anyway tetep pasang juga karena saya pikir nga ada salahnya juga dan menurut research di internet untuk kendaraan dgn mesin turbo lebih baik dipasangkan turbo timer...(tidak terlalu mahal kok anyway).......mudah mudahan bisa membantu sedikit dengan jawaban saya thanks

lagi baca2 thread dari suhu2, maklum minggu depan PS baru hadir :D
Oom Golfpunk, bisa tolong infoin detail pasang automats sound proofs ? merk apa dan dimana carinya?
willy wilianto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Tue Apr 27, 2010 23:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by willy wilianto »

Sekedar info saja. Sy pasang pakai checkmat dr mulai 5 pintu dan deck jga kap mesin pak. Kalau bisa untuk pintu pakai produk yg agAk bagus dan tipis...krn stlh psg nanti akan terasa lbh berat.
golfpunk
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Wed Aug 19, 2009 6:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by golfpunk »

kalo saya pasang di toko audio saudara saya daerah kelapagading....saya rasa di toko audio biasanya mereka bisa melakukan pemasangan...kalo untuk merek banyak macam mulai dari harga 60rb-100rb++ perlembar.....yg penting kalo menggunakan peredam tipe aspal pastikan pemasangan yangbaik dan benar.....disarankan pemsangan dalam keadaan cuaca yg panas..lebih baik mobil dalam keadaan terjemur panas.....trus peredamnya dijemur dulu sampe bener bener panas dan lembek.....baru daya rekatnya lebih baik......kalo tidak takut copot....
golfpunk
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Wed Aug 19, 2009 6:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by golfpunk »

sekedar reminder aja kita kita sekarang ada kumpul kumpul di forum blackberry ..... bagi yg ingin gabung silahkan pm pin bb ke saya....nanti saya invite di forum....Rencananya minggu depan tanggal 6 juni kita mau kumpul kumpul di daerah sentul sesama pemilik pajero heheh mudah mudahan bisa terbentuk komunitas pajero ..... bagi yang ingin / minat kumpul kumpul juga kita harapkan makin banyak pesertanya....cheers
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

enaknya di jakarta gitu ya, orangnya banyak. ngumpul2 model kek gitu lebih sering.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
golfpunk
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Wed Aug 19, 2009 6:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by golfpunk »

heheh emang bro zweifellos dimana?? iya nih mudah mudahan jadi kumpul kumpulnya jadi bisa jadi start awal yg baik heheheh
megakios1
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat May 22, 2010 22:49

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by megakios1 »

Ok Oom, trims tipsnya buat peredam
Oom Zweifellos ist verzweifellt ja? :D
tgl 6 Juni mobilnya belom dateng.....gak bisa ikutan deh :e-doh:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

@golfunk

saya anggotanya om mod Hansen. di medan ada beberapa orang, tapi ya gitu ga pernah terealisasi kumpul²nya.

:ngacir:

@megakios1

haha ga sampe gitu om. cuman kadang pengen aja kumpul² gitu, ntah kaya model di thread pajero (kumpul² lumpur :mrgreen: ), atau kumpul² touring ala komunitas blazer. enaknya di jakarta ya gitu, banyak aktifitas dan kemungkinan kumpul² komunitas tertentu. cuman ga enaknya, bisa² sebagian dari umur dihabiskan di jalan. :big_peace:

sori ya, oot nya. :mrgreen:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
golfpunk
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Wed Aug 19, 2009 6:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by golfpunk »

Hallooo sepi amat nih thread.....MAU kasih info aja....HARI SABTU tgl 5 Juni mau ada cara kumpul kumpul pajero jam 9.30 pagi di daerah kelapa gading (lokasi pastinya menyusul kemungkinan besar di AxC kelapa gading) yang mau join langsung gabung aja yah makin rame makin seru......trus yg mau join forum blackberry kita tunggu pinnya yah ok.........cheers :big_peace:
megakios1
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat May 22, 2010 22:49

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by megakios1 »

gw ketemu artikel dari website toyota.co.id *kok ngeflame gini contentnya :D , pake mengasapi, ikan kaleeeee*

http://www.toyota.astra.co.id/company/m ... le_id=4066
............................
PERFORMA
Jantung mekanis yang diusung Avanza ini sama dengan milik Avanza G MT. Mesin 4-silin-der berkode K3-VE memiliki kapasitas 1.298 cc, DOHC, plus teknologi VVT-i, terasa ekonomis dan bertenaga. Semburan 92 hp pada 6.000 rpm dan torsi 119 Nm pada 4.400 rpm ini serupa dengan Avanza G MT.

Performa dari mesin disalurkan ke semua roda belakang melalui transmisi otomatis 4-speed. Jenis transmisinya serupa yang dimiliki Avanza S AT, tetapi berbeda final gear ratio: Avanza G AT 5,571 sedangkan Avanza S AT 5,125. Artinya, final gear ratio Avanza G AT lebih besar 0,446 dari Avanza S AT.

Perbedaan itu memang dirancang oleh Toyota agar transmisi otomatisnya mampu mengim-bangi mesin kecilnya dengan tidak membebani akselerasi. Dengan kata lain, putaran mesin tetap ringan dan kinerja mobil memuaskan.

Bahkan, jika memperhatikan data road test kami, akselerasi Avanza G AT mampu mengasapi Mitsubisi Pajero Sport AT 2WD yang bermesin diesel 2,5 liter turbocharger, untuk jarak 0-402 m. Jika Pajero Sport membutuhkan waktu 20,6 detik, maka Avanza ini perlu 19,2 detik dengan kecepatan puncak 117,6 kpj.

Dengan memainkan shift gate dari posisi L, Avanza mampu melesat hingga 156 kpj pada performance box (alat ukur kami) atau sekitar 165 kpj di speedometer. Untuk akselerasi 0-100 kpj, Avanza G AT menyudahinya dalam 14,9 detik, relatif cepat untuk ukuran MPV kecil bertransmisi otomatis.

Karakter mesin Avanza mulai terbaca saat putaran mesin bermain di atas 2.500 rpm, performanya konstan hingga angka 6.000 rpm. Mesin ini berkarakter putaran tinggi, tak heran jika putaran bawahnya agak kurang responsif, khususnya jika hanya mengandalkan gear D semata. Di sini perlu memainkan transmisinya agar performa mesin bisa lebih terasa.
......................
javamedia
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Apr 22, 2010 14:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by javamedia »

megakios1 wrote:gw ketemu artikel dari website toyota.co.id *kok ngeflame gini contentnya :D , pake mengasapi, ikan kaleeeee*

http://www.toyota.astra.co.id/company/m ... le_id=4066
............................
PERFORMA
Jantung mekanis yang diusung Avanza ini sama dengan milik Avanza G MT. Mesin 4-silin-der berkode K3-VE memiliki kapasitas 1.298 cc, DOHC, plus teknologi VVT-i, terasa ekonomis dan bertenaga. Semburan 92 hp pada 6.000 rpm dan torsi 119 Nm pada 4.400 rpm ini serupa dengan Avanza G MT.

Performa dari mesin disalurkan ke semua roda belakang melalui transmisi otomatis 4-speed. Jenis transmisinya serupa yang dimiliki Avanza S AT, tetapi berbeda final gear ratio: Avanza G AT 5,571 sedangkan Avanza S AT 5,125. Artinya, final gear ratio Avanza G AT lebih besar 0,446 dari Avanza S AT.

Perbedaan itu memang dirancang oleh Toyota agar transmisi otomatisnya mampu mengim-bangi mesin kecilnya dengan tidak membebani akselerasi. Dengan kata lain, putaran mesin tetap ringan dan kinerja mobil memuaskan.

Bahkan, jika memperhatikan data road test kami, akselerasi Avanza G AT mampu mengasapi Mitsubisi Pajero Sport AT 2WD yang bermesin diesel 2,5 liter turbocharger, untuk jarak 0-402 m. Jika Pajero Sport membutuhkan waktu 20,6 detik, maka Avanza ini perlu 19,2 detik dengan kecepatan puncak 117,6 kpj.

Dengan memainkan shift gate dari posisi L, Avanza mampu melesat hingga 156 kpj pada performance box (alat ukur kami) atau sekitar 165 kpj di speedometer. Untuk akselerasi 0-100 kpj, Avanza G AT menyudahinya dalam 14,9 detik, relatif cepat untuk ukuran MPV kecil bertransmisi otomatis.

Karakter mesin Avanza mulai terbaca saat putaran mesin bermain di atas 2.500 rpm, performanya konstan hingga angka 6.000 rpm. Mesin ini berkarakter putaran tinggi, tak heran jika putaran bawahnya agak kurang responsif, khususnya jika hanya mengandalkan gear D semata. Di sini perlu memainkan transmisinya agar performa mesin bisa lebih terasa.
......................
gimana kalau dibandingkan dengan toyota fortuner AT 2 WD bermesin diesel 2,5 liter turbocharger kira-kira seberapa jauh selisihnya ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Turboman »

megakios1 wrote:gw ketemu artikel dari website toyota.co.id *kok ngeflame gini contentnya :D , pake mengasapi, ikan kaleeeee*

http://www.toyota.astra.co.id/company/m ... le_id=4066
............................
akselerasi Avanza G AT mampu mengasapi Mitsubisi Pajero Sport AT 2WD yang bermesin diesel 2,5 liter turbocharger
Yg benar = tandingan PS dr TAM adalah Fortuner 2.5 D4 D A/T
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by maskopat »

berarti avanza lebih cepat daripada fortuner 2.5 D4D?? :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by poeticmind »

maskopat wrote:berarti avanza lebih cepat daripada fortuner 2.5 D4D?? :ungg:
sampe 100meter, kalo 100km? :cupss:
Image
golfpunk
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Wed Aug 19, 2009 6:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by golfpunk »

Kadang kadang orang mau marketing produknya menggunakan segala cara.......aneh aneh aja ga sekalian compare jazz sama pajero sport wkwkwkkwkwkwkwk bikin malu tuh TAM kayak kehabisan akal gitu mau jatohin produk pesaing wkwkkwwkkwkw
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Hansen »

Apa lah sangkut pautnya avanza ama pajero sport........:roll: :shrug:
Image