Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

kokondu wrote: Sat Dec 06, 2025 23:25 Bertaun taun pake oli Q8 special D1 FE 0w20 kemaren pas ke Toda ternyata sekarang berubah jadi Q8 exclusive C5 FE dan harganya sekarang sama kaya Amsoil. Apakah secara spec ini lebih baik daripada yg Q8 D1 FE?
Makasih
Cek barusan
Di panda auto tokped d1 fe w20 188rb seliter

https://tk.tokopedia.com/ZSfoWL5cs/
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2682
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

kokondu wrote: Sat Dec 06, 2025 23:25 Bertaun taun pake oli Q8 special D1 FE 0w20 kemaren pas ke Toda ternyata sekarang berubah jadi Q8 exclusive C5 FE dan harganya sekarang sama kaya Amsoil. Apakah secara spec ini lebih baik daripada yg Q8 D1 FE?
Makasih
Seharusnya sih ada dua duanya om.

Q8 D1 FE 0w20 bensin only (low hths, dexos 1 gen 3, banyak approval)

Q8 Exclusive C5 FE bisa bensin diesel (hths lebih tinggi, tanpa approval)

Hths lebih tinggi secara teori lebi
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ilhami »

dari chatgpt:
ada beberapa hal dari spesifikasi Q8 Oils yang menunjukkan bahwa Q8 Formula Exclusive C5 FE 0W-20 kemungkinan memang “lebih maju / lebih cocok untuk kondisi modern” dibanding Q8 Formula Special D1 FE 0W-20 — tapi apakah “lebih baik” tergantung juga dari mesin dan kebutuhan mobil kamu. Berikut perbandingan dan catatan 👇

✅ Apa kelebihan Q8 Exclusive C5 FE dibanding Q8 Special D1 FE
Q8 Exclusive C5 FE memakai spec ACEA C5 + API SP.
Dari lembar datanya: oli ini dirancang “untuk mesin Euro 6 bensin & diesel terbaru”, dengan fokus pada low SAPS / emisi, serta memberikan engine & combustion-chamber cleanliness dan perlindungan korosi / karat.
Karena spesifikasi ACEA C5, oli ini lebih cocok untuk mesin modern dengan standar emisi tinggi, catalytic converter / DPF (filter partikel), dan mungkin lebih cocok kalau kamu sering pakai mobil di kondisi stop-and-go atau urban.
Didesain untuk “superior fuel economy” + “extended drain intervals” — jadi bisa memberi keuntungan dari segi efisiensi dan pemeliharaan.

🔧 Spesifikasi Q8 Special D1 FE 0W-20 — dan kekurangan jika dibanding C5 FE
Q8 Special D1 FE 0W-20 memiliki spec untuk API SN / SP-RC / ILSAC GF-5 / GF-6A dan dirancang khusus awalnya untuk mesin bensin (terutama merek tertentu seperti GM/Opel).
Fokus utamanya: fuel economy, extended drain interval, dan kebersihan mesin + pelindung keausan.
Tapi ia tidak membawa spesifikasi ACEA C5, yang berarti mungkin kurang optimal untuk mesin modern dengan sistem emisi kompleks (catalytic converter, DPF, low-SAPS requirement).

🎯 Kapan C5 FE “lebih baik”, dan kapan D1 FE masih bisa cocok / malah lebih tepat

Kalau mobil kamu mesin modern (Euro 5/6, bensin/solar), dilengkapi catalytic converter / DPF, sering melewati kondisi urban / lalu-lintas padat / sering oli diganti agak lama, maka C5 FE lebih cocok karena memberi perlindungan mesin + emisi + kompatibilitas lingkungan.

Kalau mobil kamu adalah mesin bensin “konvensional” tanpa persyaratan emisi “ketat”, dan spesifikasi pabrikan oli merekomendasikan API SN / ILSAC GF-5/6 — maka D1 FE masih bisa cukup, dan justru bisa lebih optimal kalau pabrikan menyarankan itu.

Yang juga perlu dicek: panduan oli pabrikan mobil — karena kadang produsen mobil mensyaratkan atau melarang oli “low-SAPS / ACEA C5” tergantung mesin dan sistem knalpot.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2682
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 4:47 dari chatgpt:
ada beberapa hal dari spesifikasi Q8 Oils yang menunjukkan bahwa Q8 Formula Exclusive C5 FE 0W-20 kemungkinan memang “lebih maju / lebih cocok untuk kondisi modern” dibanding Q8 Formula Special D1 FE 0W-20 — tapi apakah “lebih baik” tergantung juga dari mesin dan kebutuhan mobil kamu. Berikut perbandingan dan catatan 👇

✅ Apa kelebihan Q8 Exclusive C5 FE dibanding Q8 Special D1 FE
Q8 Exclusive C5 FE memakai spec ACEA C5 + API SP.
Dari lembar datanya: oli ini dirancang “untuk mesin Euro 6 bensin & diesel terbaru”, dengan fokus pada low SAPS / emisi, serta memberikan engine & combustion-chamber cleanliness dan perlindungan korosi / karat.
Karena spesifikasi ACEA C5, oli ini lebih cocok untuk mesin modern dengan standar emisi tinggi, catalytic converter / DPF (filter partikel), dan mungkin lebih cocok kalau kamu sering pakai mobil di kondisi stop-and-go atau urban.
Didesain untuk “superior fuel economy” + “extended drain intervals” — jadi bisa memberi keuntungan dari segi efisiensi dan pemeliharaan.

🔧 Spesifikasi Q8 Special D1 FE 0W-20 — dan kekurangan jika dibanding C5 FE
Q8 Special D1 FE 0W-20 memiliki spec untuk API SN / SP-RC / ILSAC GF-5 / GF-6A dan dirancang khusus awalnya untuk mesin bensin (terutama merek tertentu seperti GM/Opel).
Fokus utamanya: fuel economy, extended drain interval, dan kebersihan mesin + pelindung keausan.
Tapi ia tidak membawa spesifikasi ACEA C5, yang berarti mungkin kurang optimal untuk mesin modern dengan sistem emisi kompleks (catalytic converter, DPF, low-SAPS requirement).

🎯 Kapan C5 FE “lebih baik”, dan kapan D1 FE masih bisa cocok / malah lebih tepat

Kalau mobil kamu mesin modern (Euro 5/6, bensin/solar), dilengkapi catalytic converter / DPF, sering melewati kondisi urban / lalu-lintas padat / sering oli diganti agak lama, maka C5 FE lebih cocok karena memberi perlindungan mesin + emisi + kompatibilitas lingkungan.

Kalau mobil kamu adalah mesin bensin “konvensional” tanpa persyaratan emisi “ketat”, dan spesifikasi pabrikan oli merekomendasikan API SN / ILSAC GF-5/6 — maka D1 FE masih bisa cukup, dan justru bisa lebih optimal kalau pabrikan menyarankan itu.

Yang juga perlu dicek: panduan oli pabrikan mobil — karena kadang produsen mobil mensyaratkan atau melarang oli “low-SAPS / ACEA C5” tergantung mesin dan sistem knalpot.
chat gptnya ngaco :upss:
D1 FE 0w20 jg udah api SP dan dua duuanya juga lowsaps
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 4:47 dari chatgpt:
ada beberapa hal dari spesifikasi Q8 Oils yang menunjukkan bahwa Q8 Formula Exclusive C5 FE 0W-20 kemungkinan memang “lebih maju / lebih cocok untuk kondisi modern” dibanding Q8 Formula Special D1 FE 0W-20 — tapi apakah “lebih baik” tergantung juga dari mesin dan kebutuhan mobil kamu. Berikut perbandingan dan catatan 👇

✅ Apa kelebihan Q8 Exclusive C5 FE dibanding Q8 Special D1 FE
Q8 Exclusive C5 FE memakai spec ACEA C5 + API SP.
Dari lembar datanya: oli ini dirancang “untuk mesin Euro 6 bensin & diesel terbaru”, dengan fokus pada low SAPS / emisi, serta memberikan engine & combustion-chamber cleanliness dan perlindungan korosi / karat.
Karena spesifikasi ACEA C5, oli ini lebih cocok untuk mesin modern dengan standar emisi tinggi, catalytic converter / DPF (filter partikel), dan mungkin lebih cocok kalau kamu sering pakai mobil di kondisi stop-and-go atau urban.
Didesain untuk “superior fuel economy” + “extended drain intervals” — jadi bisa memberi keuntungan dari segi efisiensi dan pemeliharaan.

🔧 Spesifikasi Q8 Special D1 FE 0W-20 — dan kekurangan jika dibanding C5 FE
Q8 Special D1 FE 0W-20 memiliki spec untuk API SN / SP-RC / ILSAC GF-5 / GF-6A dan dirancang khusus awalnya untuk mesin bensin (terutama merek tertentu seperti GM/Opel).
Fokus utamanya: fuel economy, extended drain interval, dan kebersihan mesin + pelindung keausan.
Tapi ia tidak membawa spesifikasi ACEA C5, yang berarti mungkin kurang optimal untuk mesin modern dengan sistem emisi kompleks (catalytic converter, DPF, low-SAPS requirement).

🎯 Kapan C5 FE “lebih baik”, dan kapan D1 FE masih bisa cocok / malah lebih tepat

Kalau mobil kamu mesin modern (Euro 5/6, bensin/solar), dilengkapi catalytic converter / DPF, sering melewati kondisi urban / lalu-lintas padat / sering oli diganti agak lama, maka C5 FE lebih cocok karena memberi perlindungan mesin + emisi + kompatibilitas lingkungan.

Kalau mobil kamu adalah mesin bensin “konvensional” tanpa persyaratan emisi “ketat”, dan spesifikasi pabrikan oli merekomendasikan API SN / ILSAC GF-5/6 — maka D1 FE masih bisa cukup, dan justru bisa lebih optimal kalau pabrikan menyarankan itu.

Yang juga perlu dicek: panduan oli pabrikan mobil — karena kadang produsen mobil mensyaratkan atau melarang oli “low-SAPS / ACEA C5” tergantung mesin dan sistem knalpot.
cb tny gemini mbah

gemini lbh advance dan up to date

openAI lg kebakaran jenggot, krn gemini udah catchup dan unggul dlm bbrp hal dibanding gpt :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Cahyos4ph
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Jul 31, 2025 1:04
Location: Salatiga
Daily Vehicle: 3sz s4ph

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Cahyos4ph »

Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 3:34
Cahyos4ph wrote: Sun Dec 07, 2025 3:19 Fastron gold di proton exora sejak bulan juli lalu, baru jln 2135km, sebaiknya ganti per 6bln apa nunggu 5rb km ya om?
*exora 2014 odo 86rb, bbm pertalite


Gpp lanjut sampai 5rb km or setahun.

Yg ptg minim nguap dan cek dipstick selalu.
Oke terima kasih sarannya om
kayukayuthe5th
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1481
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 5:39
ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 4:47 dari chatgpt:
ada beberapa hal dari spesifikasi Q8 Oils yang menunjukkan bahwa Q8 Formula Exclusive C5 FE 0W-20 kemungkinan memang “lebih maju / lebih cocok untuk kondisi modern” dibanding Q8 Formula Special D1 FE 0W-20 — tapi apakah “lebih baik” tergantung juga dari mesin dan kebutuhan mobil kamu. Berikut perbandingan dan catatan 👇

✅ Apa kelebihan Q8 Exclusive C5 FE dibanding Q8 Special D1 FE
Q8 Exclusive C5 FE memakai spec ACEA C5 + API SP.
Dari lembar datanya: oli ini dirancang “untuk mesin Euro 6 bensin & diesel terbaru”, dengan fokus pada low SAPS / emisi, serta memberikan engine & combustion-chamber cleanliness dan perlindungan korosi / karat.
Karena spesifikasi ACEA C5, oli ini lebih cocok untuk mesin modern dengan standar emisi tinggi, catalytic converter / DPF (filter partikel), dan mungkin lebih cocok kalau kamu sering pakai mobil di kondisi stop-and-go atau urban.
Didesain untuk “superior fuel economy” + “extended drain intervals” — jadi bisa memberi keuntungan dari segi efisiensi dan pemeliharaan.

🔧 Spesifikasi Q8 Special D1 FE 0W-20 — dan kekurangan jika dibanding C5 FE
Q8 Special D1 FE 0W-20 memiliki spec untuk API SN / SP-RC / ILSAC GF-5 / GF-6A dan dirancang khusus awalnya untuk mesin bensin (terutama merek tertentu seperti GM/Opel).
Fokus utamanya: fuel economy, extended drain interval, dan kebersihan mesin + pelindung keausan.
Tapi ia tidak membawa spesifikasi ACEA C5, yang berarti mungkin kurang optimal untuk mesin modern dengan sistem emisi kompleks (catalytic converter, DPF, low-SAPS requirement).

🎯 Kapan C5 FE “lebih baik”, dan kapan D1 FE masih bisa cocok / malah lebih tepat

Kalau mobil kamu mesin modern (Euro 5/6, bensin/solar), dilengkapi catalytic converter / DPF, sering melewati kondisi urban / lalu-lintas padat / sering oli diganti agak lama, maka C5 FE lebih cocok karena memberi perlindungan mesin + emisi + kompatibilitas lingkungan.

Kalau mobil kamu adalah mesin bensin “konvensional” tanpa persyaratan emisi “ketat”, dan spesifikasi pabrikan oli merekomendasikan API SN / ILSAC GF-5/6 — maka D1 FE masih bisa cukup, dan justru bisa lebih optimal kalau pabrikan menyarankan itu.

Yang juga perlu dicek: panduan oli pabrikan mobil — karena kadang produsen mobil mensyaratkan atau melarang oli “low-SAPS / ACEA C5” tergantung mesin dan sistem knalpot.
cb tny gemini mbah

gemini lbh advance dan up to date

openAI lg kebakaran jenggot, krn gemini udah catchup dan unggul dlm bbrp hal dibanding gpt :ngacir:
OOT, ah iya benerGPT kebanyakan sources ama kadang ga verified makanya ngacokadang berubah2 jawabannya.
gemini joss sih
mana open AI bikin SSD, RAM, ama Memori lain mahal lagi :big_bored:
kayukayuthe5th
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1481
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

amsowel SS VOA dari yutub
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 11:50 amsowel SS VOA dari yutub
mantep UOA nya di mesin yg sama
image_2025-12-07_191037614.png
image_2025-12-07_190816686.png
image_2025-12-07_190943982.png
hmmmm
liqui molygen API SP harga jauh lbh murah dr amsowel signatur

:ngacir:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1481
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 12:00
kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 11:50 amsowel SS VOA dari yutub
mantep UOA nya di mesin yg sama

image_2025-12-07_191037614.png

image_2025-12-07_190816686.png

image_2025-12-07_190943982.png

hmmmm
liqui molygen API SP harga jauh lbh murah dr amsowel signatur

:ngacir:
dan 1 liter bukan 1 quartz :mky_08: :mky_08:
Cahyos4ph
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Jul 31, 2025 1:04
Location: Salatiga
Daily Vehicle: 3sz s4ph

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Cahyos4ph »

kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 11:50 amsowel SS VOA dari yutub
Amsoil ss 5w30 pernah nyoba di granmax pick up jaman harga masih 220rb per botol mmg enak sekali rasanya om 👍🏻
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by AbdulHakim »

kayukayuthe5th wrote: Sat Dec 06, 2025 23:14 udah ready mbah ama ganti baju skrg sih TMO skrg hehe
produsen masih plat merah enggak? kaianya sih dalam waktu dekat keluar tuh 0w16 dari BUMN
Ga liat om karena saya ga beli, nanya doang karena saya bawa oli sendiri.
stok oli di rumah masih ada 1 galon buat OCI berikutnya.
kayukayuthe5th
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1481
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

AbdulHakim wrote: Mon Dec 08, 2025 0:34
kayukayuthe5th wrote: Sat Dec 06, 2025 23:14 udah ready mbah ama ganti baju skrg sih TMO skrg hehe
produsen masih plat merah enggak? kaianya sih dalam waktu dekat keluar tuh 0w16 dari BUMN
Ga liat om karena saya ga beli, nanya doang karena saya bawa oli sendiri.
stok oli di rumah masih ada 1 galon buat OCI berikutnya.
better cari di online sih, lebih mantep itu 0w16 yang gf6b ato api shield.
kokondu
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Feb 09, 2017 3:50
Location: bandung
Daily Vehicle: freed

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kokondu »

sahabatq8 wrote: Sun Dec 07, 2025 4:12
kokondu wrote: Sat Dec 06, 2025 23:25 Bertaun taun pake oli Q8 special D1 FE 0w20 kemaren pas ke Toda ternyata sekarang berubah jadi Q8 exclusive C5 FE dan harganya sekarang sama kaya Amsoil. Apakah secara spec ini lebih baik daripada yg Q8 D1 FE?
Makasih
Seharusnya sih ada dua duanya om.

Q8 D1 FE 0w20 bensin only (low hths, dexos 1 gen 3, banyak approval)

Q8 Exclusive C5 FE bisa bensin diesel (hths lebih tinggi, tanpa approval)

Hths lebih tinggi secara teori lebi
ok baik makasih om pencerahannya..
kemarin sih staff toda GS nya bilangnya gitu, udah lama diganti jadi exclusive C5 FE 0w20..jadi ya sudah percaya sajah hehee dan jadinya beli yang itu.
kokondu
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Feb 09, 2017 3:50
Location: bandung
Daily Vehicle: freed

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kokondu »

Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 3:35
kokondu wrote: Sat Dec 06, 2025 23:25 Bertaun taun pake oli Q8 special D1 FE 0w20 kemaren pas ke Toda ternyata sekarang berubah jadi Q8 exclusive C5 FE dan harganya sekarang sama kaya Amsoil. Apakah secara spec ini lebih baik daripada yg Q8 D1 FE?
Makasih
Cek barusan
Di panda auto tokped d1 fe w20 188rb seliter

https://tk.tokopedia.com/ZSfoWL5cs/
ya om biasa sy juga beli di panda auto di bandung..sepertinya toko offline mereka itu di bandung namanya Sunda Motor, pernah beli tanya gojeknya ambilnya di sana katanya.
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by farizfsa »

Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 12:00
kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 11:50 amsowel SS VOA dari yutub
mantep UOA nya di mesin yg sama

image_2025-12-07_191037614.png

image_2025-12-07_190816686.png

image_2025-12-07_190943982.png

hmmmm
liqui molygen API SP harga jauh lbh murah dr amsowel signatur

:ngacir:
menarik liquimoly syg ga comply sama acea a5/b5.
amsoil signecer ini masih jadi andelan saya jg selain q8 special rn
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

kokondu wrote: Mon Dec 08, 2025 3:35
Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 3:35
kokondu wrote: Sat Dec 06, 2025 23:25 Bertaun taun pake oli Q8 special D1 FE 0w20 kemaren pas ke Toda ternyata sekarang berubah jadi Q8 exclusive C5 FE dan harganya sekarang sama kaya Amsoil. Apakah secara spec ini lebih baik daripada yg Q8 D1 FE?
Makasih
Cek barusan
Di panda auto tokped d1 fe w20 188rb seliter

https://tk.tokopedia.com/ZSfoWL5cs/
ya om biasa sy juga beli di panda auto di bandung..sepertinya toko offline mereka itu di bandung namanya Sunda Motor, pernah beli tanya gojeknya ambilnya di sana katanya.
iya udh rahasia umum
sunda motor segede gaban itu signboard kyukyu :mky_03:
wkwkwkwkwk


Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4470
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Sat Dec 06, 2025 8:06 krn bensin sangat pengaruh dr spbu masing2.
QC dari hulu bagus, tapi begitu sampai hilir ??? :big_biglaugh:

klo pelicin kan lgs masuk botol.
QC dr pusat terjaga.
jadi hulu ke hilir relatif aman (kecuali dipalsuin oknum lain cerita).

ini sih bisa kejadian jg sama shell dkk
bener juga ya
emang sesuatu yang udah berbau monopoli itu tidak baik :mky_04:
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3423
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Salvanost »

Lewat di reels fb
Dukun mobil bilang kalau oli yg seliter 300.000 keatas itu laris karena emang bagus banget, dan yg udah ngerasain oli mahal pasti balik make itu oli lagi

Selain bikin kenceng konsumsi bensin juga jadi lebih irit?

Beneran ya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27794
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by DOHC »

Salvanost wrote: Mon Dec 08, 2025 8:54 Lewat di reels fb
Dukun mobil bilang kalau oli yg seliter 300.000 keatas itu laris karena emang bagus banget, dan yg udah ngerasain oli mahal pasti balik make itu oli lagi

Selain bikin kenceng konsumsi bensin juga jadi lebih irit?

Beneran ya?
bohong

kita orang ud ngerasain tu dari q8 yg mahal minta ampun ampe ke yg castrol edge LL yg ga dijual dsini, tetep aj balik lagi ke kelas cepeceng seliter

dicipuain sales jualan mau aj
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2682
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

Salvanost wrote: Mon Dec 08, 2025 8:54 Lewat di reels fb
Dukun mobil bilang kalau oli yg seliter 300.000 keatas itu laris karena emang bagus banget, dan yg udah ngerasain oli mahal pasti balik make itu oli lagi

Selain bikin kenceng konsumsi bensin juga jadi lebih irit?

Beneran ya?
Tergantung spek bukan harga :upss:
Kalau low hths dan low viscosity otomatis lebih irit bensin.
kayukayuthe5th
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1481
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

farizfsa wrote: Mon Dec 08, 2025 5:54
Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 12:00
kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 11:50 amsowel SS VOA dari yutub
mantep UOA nya di mesin yg sama

image_2025-12-07_191037614.png

image_2025-12-07_190816686.png

image_2025-12-07_190943982.png

hmmmm
liqui molygen API SP harga jauh lbh murah dr amsowel signatur

:ngacir:
menarik liquimoly syg ga comply sama acea a5/b5.
amsoil signecer ini masih jadi andelan saya jg selain q8 special rn
iya sih kalo cari yang ACEA
Salvanost wrote: Mon Dec 08, 2025 8:54 Lewat di reels fb
Dukun mobil bilang kalau oli yg seliter 300.000 keatas itu laris karena emang bagus banget, dan yg udah ngerasain oli mahal pasti balik make itu oli lagi

Selain bikin kenceng konsumsi bensin juga jadi lebih irit?

Beneran ya?
kalo gwa ya dan tidak.
ya; karena emang gwa ngrasain mobil1 ampe fastron ecogreen secara tarikan "pull-power" , cepetnya warming up engine, ama durabilitas gampang nguap cukup beda
tidak; ngomong iritnya ama hybrid yah gak juga pleng naik 0.5-1kmpl (itupun biasanya lintas visko) , kencen juga enggak sama2 bae kok output horsepower

so kalo saya sih pilih antaranya aja 100-150/liter :mky_04:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1741
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by lemonadelovers »

farizfsa wrote: Mon Dec 08, 2025 5:54
Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 12:00
kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 11:50 amsowel SS VOA dari yutub
mantep UOA nya di mesin yg sama

image_2025-12-07_191037614.png

image_2025-12-07_190816686.png

image_2025-12-07_190943982.png

hmmmm
liqui molygen API SP harga jauh lbh murah dr amsowel signatur

:ngacir:
menarik liquimoly syg ga comply sama acea a5/b5.
amsoil signecer ini masih jadi andelan saya jg selain q8 special rn
klo ngejar ACEA A5/B5 fastron diesel 5w30 comply. compatible utk mesin bensin?
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
LufthansaPilot
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Oct 23, 2017 9:55
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Karimun_Wagon_R

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by LufthansaPilot »

Krigger wrote: Sun Nov 30, 2025 0:22 Oli adn*c star plus eco 0w 20, pemakaian 12rb++ km, 4bulan lebih
Dimobil crv turbo 2018, mostly pake ron92, rute dalkot, lukot jkt-bdg, overall ga ada penguapan.. :big_grin: :big_grin:

*jgn gagal fokus ke palunya si mbah marmut ya :big_biglaugh:

Image

Image
Kalau yang Star Plus Eco 5W 30 oke juga kah? Pingin nyoba di Karimun Wagon R sebelumnya pakai Sh*ll Helix Ultra 5W-30 yang udah Dexos 2 Certified. Secara harga lebih masuk akal dibanding Sh*ll Helix Ultra ECT 5W-30 API SQ di pom bensinnya, dan yang baru ini udah gak Dexos 2 Certified kelihatannya

Pemakaian dalam kota Surabaya, sesekali luar kota (Paling ya ke Malang), bensin konstan oktan 92 (seringnya pake swasta hijau)
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3288
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by farizfsa »

Salvanost wrote: Mon Dec 08, 2025 8:54 Lewat di reels fb
Dukun mobil bilang kalau oli yg seliter 300.000 keatas itu laris karena emang bagus banget, dan yg udah ngerasain oli mahal pasti balik make itu oli lagi

Selain bikin kenceng konsumsi bensin juga jadi lebih irit?

Beneran ya?
ah ga jg, kemarin peugeot nyari ACEA C3 pake ravenol terus ganti oli selanjutnya pake STP terus kemarin ganti Shell, ga kerasa beda2 banget. sama2 nguap banyak jg di mesin peugeot :big_biglaugh: