mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3298
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by Salvanost »

satriakarisma wrote: Wed Jun 11, 2025 9:32
Salvanost wrote: Wed Jun 11, 2025 9:10
well wrote: Mon Jun 09, 2025 3:27 menurut saya bukan untungnya yg kebanyakan tapi nilai rupiahnya semakin mengecil (inflasi kebesaran).
awalnya sy pribadi tdk terlalu tertarik dengan mobil cina, namun habis coba ckp amaze ternyata mbl cina sekarang ini kualitasnya bagus, tidak sedikit yang diatas jepang pny.
Emang eropah sama Jepun mahal aja om
Coba bandingin sama hp aja...

Tapi betul om inflasi itu nyata
Gara2 2x perang ya empot2an rupiah
Di prank tariff pula

Kita selama 5 tahun kedepan anggap aja inflasi 30% rupiah jebol 20.000 keatas

Buat persiapan aja, sama mikir barang2 apa aja yg masih dikonversi dari harga dollar

Contoh emas
aatau beli usd fisik sekalian gimana Om?
30% per 5 tahun kecil om sebagai bunga
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3945
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by kendibocor »

darrelund wrote: Tue Jun 10, 2025 6:54
Zaxis wrote: Tue Jun 10, 2025 2:50 Banyak orang victim mentality
Mana ada orang miskin bisa beli tiket pesawat apalagi punya mobil
Makan aja kadang ga cukup

https://www.kompas.com/tren/read/2025/0 ... kapita-per
bukan dari BPS oom datanya :big_biglaugh:

20jt/mo dibilang standar super kaya sih kebangetan
Terlepas dari datanya bener apa kagak, ada survey yg bilang gaji Rp 18-23jt itu cuman didapet 10%an populasi. Ya bisa jd sih penghasilan diatas 20jt dah dibilang super kaya terlepas dr 20jt/bln itu sekarang ga banyak kasih ruang bergerak jg, apalagi keluarga yg dah punya anak yang hidup layak (hidup layak ya bukan anak dibikin buat disuruh ngamen dijalanan)

Yg lebih sedihnya cuman dengan punya asset >100k usd ternyata dah masuk top 1 percentage di indo lho :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2621
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by darrelund »

kendibocor wrote: Fri Jun 13, 2025 1:46
Terlepas dari datanya bener apa kagak, ada survey yg bilang gaji Rp 18-23jt itu cuman didapet 10%an populasi. Ya bisa jd sih penghasilan diatas 20jt dah dibilang super kaya terlepas dr 20jt/bln itu sekarang ga banyak kasih ruang bergerak jg, apalagi keluarga yg dah punya anak yang hidup layak (hidup layak ya bukan anak dibikin buat disuruh ngamen dijalanan)

Yg lebih sedihnya cuman dengan punya asset >100k usd ternyata dah masuk top 1 percentage di indo lho :big_biglaugh:
naaah itu

klo mau bikin data harusnya factor in tanggungan & status dia utk tau dia betulan kaya / ndak, makanya aneh jg tuh data

single/ married

anak 0 1 2 3 4 etc etc

spt di perpajakan kan ada rangenya, PTKP single 0 tanggungan ya beda sama married 2 anak

yg oe bold itu ngenes siy mbah, bayangin aja dari 270jt populasi, sales per annum bmw level ribuan unit. 1% aja ga nyampe :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3945
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by kendibocor »

darrelund wrote: Fri Jun 13, 2025 2:22 naaah itu

klo mau bikin data harusnya factor in tanggungan & status dia utk tau dia betulan kaya / ndak, makanya aneh jg tuh data

single/ married

anak 0 1 2 3 4 etc etc

spt di perpajakan kan ada rangenya, PTKP single 0 tanggungan ya beda sama married 2 anak

yg oe bold itu ngenes siy mbah, bayangin aja dari 270jt populasi, sales per annum bmw level ribuan unit. 1% aja ga nyampe :big_biglaugh:
Sebenernya gawsa ributin kaya apa nggak sih mbah, kaya apa nggak kan relatif. Ada orng yg beli lambo cash ngerasa blm kaya, ada yg beli bmw 2nd kredit dah ngerasa tajir. Tergantung persepsi masing2.

Kalo saya pribadi sih ga perlu pusing kaya/tidak, yg penting berkecukupan aja. Mau beli rumah cukup duitnya, mau beli mbl cukup duitnya, mau jalan2 hiling2 cukup duitnya……. :ngacir:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2621
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by darrelund »

kendibocor wrote: Fri Jun 13, 2025 2:35
Sebenernya gawsa ributin kaya apa nggak sih mbah, kaya apa nggak kan relatif. Ada orng yg beli lambo cash ngerasa blm kaya, ada yg beli bmw 2nd kredit dah ngerasa tajir. Tergantung persepsi masing2.

Kalo saya pribadi sih ga perlu pusing kaya/tidak, yg penting berkecukupan aja. Mau beli rumah cukup duitnya, mau beli mbl cukup duitnya, mau jalan2 hiling2 cukup duitnya……. :ngacir:
setuju jg mbah, gak maksud gimana, oe refer ke "kaya" yg ada di data tsb :big_biglaugh:

naah cukup kan relatip jg tuh mbah :big_biglaugh: :big_biglaugh:

makanya sulit data ginian klo dari awal ud di kotak"in. mending lihat buying / spending power, average spending sebulan brp, ato apa kek, kyknya lebih representatip drpd "kaya / nggak"
Merdhi
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Jan 10, 2025 1:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: ANGL HWS 2014 - Zenix V HV

Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??

Post by Merdhi »

Om2, ijin nimbrung diskusi di forum ini. Ini murni pendapat pribadi saya yang saya rasakan pribadi dan tanpa data2 valid or bawa2 referensi apapun ya.

1. ada yang merasa harga mobil kemahalan, harusnya jauh lebih murah
2. ada yang merasa bensin kemahalan, harusnya jauh lebih murah
3. ada yang merasa pajak kendaraan kemahalan, harusnya lebih murah.

Kebetulan saya lahir dan besar di sub-urban, jadi sejak sekolah setiap hari merasakan macet yg makin kesini makin-makinan. ke kantor gantian aja sesuai agenda, kadang bawa mobil kadang motor, kalau meeting di tempat yg jalur MRT/LRT saya naik public transport.

kalau ketiga diatas terwujud, akan semacet apa lagi jakarta? berarti makin banyak orang yg bisa memiliki dan memakai mobil kan harapan yg berpikir 3 hal td adalah "harusnya?"

saya masih pada pemikiran, transportasi pribadi itu memang tidak seharusnya dimiliki oleh semua orang dan saya belum bisa sampai pada pemikiran bahwa mobil adalah kebutuhan dasar, karena sudah ada public transport. kalau bicara kesediaan public transport, sektor swasta pasti akan menyediakan kalau demandnya benar2 ada. ada yg namanya angkot, omprengan dsb.

CMIWW cordially ya.