Kalau tap oli lama, kemudian isi oli baru misal tertera di buku manual kapasitas 3.5 liter.
Setelah diisi 3.5 liter. sebelum mesin dihidupkan, memang benar di dipstick pass di F.
Artinya memang test pass kondisi oli dalam keadaan dingin
kingpower wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 9:48
Om chz pas ganti oli cek dipstick dulu ga? Apakah ada penurunan kapasitas oli?
Kemaren minggu baru aja ganti oli di bengkel rekanan brightmart pake valvoline synpower 0w20 beli di jd.id. Pas cek dipstick ternyata udah setengah kurang banyak. Oli sebelumnya pake amsoil OE 5w30. Oli dipakai baru 5300an KM. Tapi lumayan sering nyalain mesin di parkiran sih. Apa ngaruh banyak ya kalo begitu?
setengah kurang banyak ?? enjin dan oil filter aman masangnya gak ada yang rembes ?
saya klo selama ini rutin cek itu hari minggu waktu mobil ngga dipake sih. dicuci sekalian dicek level fluidnya semua sejauh ini aman aman. sempet juga pake amsoil OE 5w30 malah dipake ampe oil life abis setaun masih nggapapa.
klo di L15B7 ini masalahnya kan justru overfill (excessive dilution) ini kok malah kurang banyak apa mgkn kayak mbah omni bilang mesin abis dinyalain olinya blm balik ke oilpan semua.
Saya pikir, logika manual book knp ngecek dlm kondisi mesin setelah hidup (hangat) dan diamkan 3 menit?
- memastikan gak kekurangan oli ketika mesin bekerja
- memastikan oil pan punya cadangan oli yg cukup ketika oli bersirkulasi, atau terjadi penguapan yg tidak kita ketahui ketika mesin hidup
Intinya.. selama masih dalam batas antara titik Full dan Low, aman koq.
Ini relevan dgn bahasan mbah suhu omni, kenapa perlu ngecek dan ganti atf girboks di suhu tertentu.
kingpower wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 3:42
Ngeceknya dibengkelnya om. Pas sampai bengkel ga langsung dicek karena antri. Cuma memang ada moment dimana pindahin mobil dari waiting area ke maintenance area sih.
Kalo cek oli di pagi hari itu pas mesin belum dinyalain atau mesin dinyalain terus tunggu 5 menit baru cek dipstick om?
nah itu yg di bold ga afdol
pagi hari (atau siang sore malem) gpp yg penting mobil udah lama ga dinyalain. lantai rata ya.
sy ga pernah pake metode yg nyalain trus tunggu 5 menit baru periksa. sebab ini kl pagi dicek malah bisa jadi lebih tinggi dr batas F n konon utk sebagian mobil menjadi root cause seal rembes.
Profith83 wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 3:55
Kalau saya sama sekali belum dinyalain.
Kalau tap oli lama, kemudian isi oli baru misal tertera di buku manual kapasitas 3.5 liter.
Setelah diisi 3.5 liter. sebelum mesin dihidupkan, memang benar di dipstick pass di F.
Artinya memang test pass kondisi oli dalam keadaan dingin
sepakat mbah
berarti mbah a true DIYer, praktek n teori sejalan
Suryaputra wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 10:01
Ohh,
Wkt masih pakai amsoil ss, kondisinya gmn?
According to manual book..
1. Cek dipstick ketika mesin anget, setelah dinyalain, trus mesin off dan diamkan 3 menit (di jalan datar)
2. Buka dipstick, posisi oli mesin hrs ada di antara titik atas (full) dan titik bawah (low)
Nah itu mbah saya kurang perhatiin pas dulu. Karena memang mobil nguli dan dipakein oli yang mungkin bisa dikatakan bagus makanya jadi ga concern hahaha.
Siap noted mbah thank you infonya.
ChZ wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 4:00
setengah kurang banyak ?? enjin dan oil filter aman masangnya gak ada yang rembes ?
saya klo selama ini rutin cek itu hari minggu waktu mobil ngga dipake sih. dicuci sekalian dicek level fluidnya semua sejauh ini aman aman. sempet juga pake amsoil OE 5w30 malah dipake ampe oil life abis setaun masih nggapapa.
klo di L15B7 ini masalahnya kan justru overfill (excessive dilution) ini kok malah kurang banyak apa mgkn kayak mbah omni bilang mesin abis dinyalain olinya blm balik ke oilpan semua.
Aman harusnya om ga ada rembes.
Nah iya bisa jadi sih om soalnya memang kemaren sempet nyalain mesin untuk pindahin mobil sebelum ganti oli, jadi yang mbah omni bilang memungkinkan. Saya juga lupa euy foto dipstick sebagai kenang2an. Next nya pas ganti oli saya cek lagi deh apakah ada kekurangan volume oli, tentunya dengan SOP yang disarankan mbah2 disini.
kingpower wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 3:42
Ngeceknya dibengkelnya om. Pas sampai bengkel ga langsung dicek karena antri. Cuma memang ada moment dimana pindahin mobil dari waiting area ke maintenance area sih.
Kalo cek oli di pagi hari itu pas mesin belum dinyalain atau mesin dinyalain terus tunggu 5 menit baru cek dipstick om?
nah itu yg di bold ga afdol
pagi hari (atau siang sore malem) gpp yg penting mobil udah lama ga dinyalain. lantai rata ya.
sy ga pernah pake metode yg nyalain trus tunggu 5 menit baru periksa. sebab ini kl pagi dicek malah bisa jadi lebih tinggi dr batas F n konon utk sebagian mobil menjadi root cause seal rembes.
Iya mbah mungkin karena sempet nyalain jadi sirkulasi olinya belum sampe ke oil pan lagi. Nanti saya cek lagi deh pas ganti oli berikutnya dengan SOP yang sesuai. Terima kasih mbah sarannya
Profith83 wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 3:55
Kalau saya sama sekali belum dinyalain.
Kalau tap oli lama, kemudian isi oli baru misal tertera di buku manual kapasitas 3.5 liter.
Setelah diisi 3.5 liter. sebelum mesin dihidupkan, memang benar di dipstick pass di F.
Artinya memang test pass kondisi oli dalam keadaan dingin
sepakat mbah
berarti mbah a true DIYer, praktek n teori sejalan
Wo ai ni mbah panutan ku, memang benar teori & praktek mesti sejalan
Cek oli itu simple, gak perlu teori muter sana-sini cukup ikutin logika kayak om Profith83
Suryaputra wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 10:01
Ohh,
Wkt masih pakai amsoil ss, kondisinya gmn?
According to manual book..
1. Cek dipstick ketika mesin anget, setelah dinyalain, trus mesin off dan diamkan 3 menit (di jalan datar)
2. Buka dipstick, posisi oli mesin hrs ada di antara titik atas (full) dan titik bawah (low)
Nah itu mbah saya kurang perhatiin pas dulu. Karena memang mobil nguli dan dipakein oli yang mungkin bisa dikatakan bagus makanya jadi ga concern hahaha.
Siap noted mbah thank you infonya.
ChZ wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 4:00
setengah kurang banyak ?? enjin dan oil filter aman masangnya gak ada yang rembes ?
saya klo selama ini rutin cek itu hari minggu waktu mobil ngga dipake sih. dicuci sekalian dicek level fluidnya semua sejauh ini aman aman. sempet juga pake amsoil OE 5w30 malah dipake ampe oil life abis setaun masih nggapapa.
klo di L15B7 ini masalahnya kan justru overfill (excessive dilution) ini kok malah kurang banyak apa mgkn kayak mbah omni bilang mesin abis dinyalain olinya blm balik ke oilpan semua.
Aman harusnya om ga ada rembes.
Nah iya bisa jadi sih om soalnya memang kemaren sempet nyalain mesin untuk pindahin mobil sebelum ganti oli, jadi yang mbah omni bilang memungkinkan. Saya juga lupa euy foto dipstick sebagai kenang2an. Next nya pas ganti oli saya cek lagi deh apakah ada kekurangan volume oli, tentunya dengan SOP yang disarankan mbah2 disini.
kingpower wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 3:42
Ngeceknya dibengkelnya om. Pas sampai bengkel ga langsung dicek karena antri. Cuma memang ada moment dimana pindahin mobil dari waiting area ke maintenance area sih.
Kalo cek oli di pagi hari itu pas mesin belum dinyalain atau mesin dinyalain terus tunggu 5 menit baru cek dipstick om?
nah itu yg di bold ga afdol
pagi hari (atau siang sore malem) gpp yg penting mobil udah lama ga dinyalain. lantai rata ya.
sy ga pernah pake metode yg nyalain trus tunggu 5 menit baru periksa. sebab ini kl pagi dicek malah bisa jadi lebih tinggi dr batas F n konon utk sebagian mobil menjadi root cause seal rembes.
Iya mbah mungkin karena sempet nyalain jadi sirkulasi olinya belum sampe ke oil pan lagi. Nanti saya cek lagi deh pas ganti oli berikutnya dengan SOP yang sesuai. Terima kasih mbah sarannya
Ngecek oli mesin dalam kondisi setelah ditap mah simple,
Ikutin aja kapasitas manual book, dan kurangin dikitt.
Cek dipstick, biasanya ada di posisi F.
Tapi setelah dipakai 1 2 3 bulan, ya agak lain crita.
Ada faktor kemungkinan nguap, nyangkut di engine head, daleman camshaft, dsb
Sama kayak check level atf girboks kasus jazz nya mbah omni
Klo saya gak ambil pusing...
Mau dipanasin dulu kek, mau kondisi dingin kek...
Yg ptg:
1. garis olinya between titik atas (max) dan titik bawah (low).
Itu tolerable indicator buat oli mesin
2. Metode cek berkala, konsisten (mau waktu pagi msh dingin blm nyala, atau ikut teori manual book).
Karena klo metodenya sama, jadi tau ada penguapan signifikan apa nggak.
Suryaputra wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 10:14
Ngecek oli mesin dalam kondisi setelah ditap mah simple,
Ikutin aja kapasitas manual book, dan kurangin dikitt.
Cek dipstick, biasanya ada di posisi F.
Tapi setelah dipakai 1 2 3 bulan, ya agak lain crita.
Ada faktor kemungkinan nguap, nyangkut di engine head, daleman camshaft, dsb
Sama kayak check level atf girboks kasus jazz nya mbah omni
Klo saya gak ambil pusing...
Mau dipanasin dulu kek, mau kondisi dingin kek...
Yg ptg:
1. garis olinya between titik atas (max) dan titik bawah (low).
Itu tolerable indicator buat oli mesin
2. Metode cek berkala, konsisten (mau waktu pagi msh dingin blm nyala, atau ikut teori manual book).
Karena klo metodenya sama, jadi tau ada penguapan signifikan apa nggak.
Noted mbah. Kemaren juga pas cek masih di level antara F dan low sih jadi masih santai saya dan memang pas interval ganti oli di 5000 km. Thank you mbah
Or4cle wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 9:59
Wo ai ni mbah panutan ku, memang benar teori & praktek mesti sejalan
Cek oli itu simple, gak perlu teori muter sana-sini cukup ikutin logika kayak om Profith83
jadi inget kamar sebelah teori mutar muter mesin dibilas migor segala
Or4cle wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 9:59
Wo ai ni mbah panutan ku, memang benar teori & praktek mesti sejalan
Cek oli itu simple, gak perlu teori muter sana-sini cukup ikutin logika kayak om Profith83
jadi inget kamar sebelah teori mutar muter mesin dibilas migor segala
Or4cle wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 9:59
Wo ai ni mbah panutan ku, memang benar teori & praktek mesti sejalan
Cek oli itu simple, gak perlu teori muter sana-sini cukup ikutin logika kayak om Profith83
jadi inget kamar sebelah teori mutar muter mesin dibilas migor segala
Or4cle wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 9:59
Wo ai ni mbah panutan ku, memang benar teori & praktek mesti sejalan
Cek oli itu simple, gak perlu teori muter sana-sini cukup ikutin logika kayak om Profith83
jadi inget kamar sebelah teori mutar muter mesin dibilas migor segala
Lumayan buat hiburan mbah ... lah wong bumi bulat aja diperdebatkan, walau sdh dikasih bukti kuat.
Or4cle wrote: ↑Tue Dec 07, 2021 9:59
Wo ai ni mbah panutan ku, memang benar teori & praktek mesti sejalan
Cek oli itu simple, gak perlu teori muter sana-sini cukup ikutin logika kayak om Profith83
jadi inget kamar sebelah teori mutar muter mesin dibilas migor segala
Lumayan buat hiburan mbah ... lah wong bumi bulat aja diperdebatkan, walau sdh dikasih bukti kuat.
jadi inget kamar sebelah teori mutar muter mesin dibilas migor segala
Lumayan buat hiburan mbah ... lah wong bumi bulat aja diperdebatkan, walau sdh dikasih bukti kuat.
Komunitas migor dan bumi bulat di LN sono jg ada
Migor buat oli mesin,
Liat komen2nya jg koplak
Pantesan harga migor di pasaran melejit tinggi mbah, bikin emak-emak bingung atur uang belanja bulanan.
Ternyata bapak-bapak juga suka berkreasi dgn migor
Pada booster rem electric kadang muncul bunyi cetek.. cetek.. cetek.. tapi kalau pedal rem diinjak bunyinya hilang... tapi semua kondisi rem tangan, hold brake, dan rem kaki dapat berfungsi normal.. apa ya yang menjadi penyebabnya? mungkin ada yang bisa bantu kasih ulasan...
Troubles : None.
Wearables : Ban SP Sport Maxx 050 yang entah knp udah ngintip2 ke TWI yang depan. mungkin tahun depan ganti.
Additional Mods : ECU Remap stage 2 (boost max 19-20psi). tapi lebih bukan buat ngejar performa sih, biar kurva torsinya lebih gendut aja krn kadang-kadang gemes juga di bawah 3000 rpm rasanya ngeden banget.
tetep gak bisa se-agresif civic krn banyak limitations buat low RPM boostnya, tp sekilas tadi pulang dari bengkelnya buat sodok2an lebih enak, ngga pake acara ngeden.
Kemarin ada keperluan mendadak di jakarta.... Sebelah hotel ada cap kerang. Iseng iseng isi deh kerang vpower ron95. Kali2 ganti suasana dari pturbo wkwkwkw.
Krn udah remap map 98... Power nya ngga se meledak pakai turbo. Timing berasa agak mundur. Tapi irit nya beda sekitar 5-10% sih. Lbh irit pake kerang. Pake turbo 1:12, kerang bisa 1:13. Pdhl kerang udah sambil macet macetan.
Suara mesin agak lebih halus wkwkwk soalnya kadang berasa gak kenceng pdhl speedo udah 130-140.
Ane juga langgan v power, memang lebih halus mesinnya trus lebih irit. Ntah dikasi formula apa bisa gitu. Tp kalo mau nyodok2 sama ngejer 200km tetep enak per turbo.
Kalo vpower nitro 98 gk semua spbu cap kerang ada jadi jarang pakai.
KSG88 wrote: ↑Sun Jun 25, 2023 7:07
Ane juga langgan v power, memang lebih halus mesinnya trus lebih irit. Ntah dikasi formula apa bisa gitu. Tp kalo mau nyodok2 sama ngejer 200km tetep enak per turbo.
Kalo vpower nitro 98 gk semua spbu cap kerang ada jadi jarang pakai.
Nggak salah yak emang pantesan kok irit betul. Pdhl arah pulang lbh banyak hard brakingnya (fkin roadwork gak kelar2 di cipali).
Berangkat nyantai MID malah cuma dapet 12.2 nyampe hotel di grogol. Pulang rada ngaspolll masih 13.0 nyampe rumah
Td balik ke jakarta isi kerang dulu di cirebon. Bawa santai, gk berani sruntul sruntul byk truk di cipali. Dari tempat isi kerang sampe rumah menempuh 249 km. Mayan irit nih bensin.
KSG88 wrote: ↑Sun Jun 25, 2023 7:07
Ane juga langgan v power, memang lebih halus mesinnya trus lebih irit. Ntah dikasi formula apa bisa gitu. Tp kalo mau nyodok2 sama ngejer 200km tetep enak per turbo.
Kalo vpower nitro 98 gk semua spbu cap kerang ada jadi jarang pakai.
Nggak salah yak emang pantesan kok irit betul. Pdhl arah pulang lbh banyak hard brakingnya (fkin roadwork gak kelar2 di cipali).
Berangkat nyantai MID malah cuma dapet 12.2 nyampe hotel di grogol. Pulang rada ngaspolll masih 13.0 nyampe rumah
Gak pernah gitu perhatiin lbh irit yg mana, tapi emang kerang lebih halus, pertabo terasa lbh narik tapi suara mesin terasa lebih kasar. Jd lebih milih kerang 98, tp kalau pertabo jauh lbh murah rela pindah ke pertabo. Hahahaa..
roadmap wrote: ↑Sun Jun 25, 2023 16:53
Gak pernah gitu perhatiin lbh irit yg mana, tapi emang kerang lebih halus, pertabo terasa lbh narik tapi suara mesin terasa lebih kasar. Jd lebih milih kerang 98, tp kalau pertabo jauh lbh murah rela pindah ke pertabo. Hahahaa..
wah kalo kerang 98 ane malah blom nemu kemarin nemu pom bensinnya yang deket hotel kebetulan adanya kerang wkwkwkkw. mo muter2 takut nyasar gak paham jakarta
Jadiii sudah hampir 5 tahun pake mobil ini gak berasa. Itungan mobil jarang pake dan sekali pake langsung hajar transjawabahn isi 5 orang + barang. Sekalian aja di servis besar.
Odo read : 35ribu sekian.
Items :
Ganti oli Q8 0W-20 D1g2 - karena ada sisaan dari lalu2 lumayan ngirit cuma beli 2 botol aja.
Ganti oli CVTF FK For Honda - ada sisaan juga belinya cuma 2 liter.
Engine tune up + stel klep.
Kuras minyak rem + bersihkan rem.
Temuan lain dari general check :
Disc brake geter - tambahan item bubut disc brake.
PCV valve udah kempot. (sama kayak civic)
IMG-20230824-WA0011.jpg
Kaki-kaki so far masih aman, shock belum meler. untuk pemakaian di abuse surprisingly kuat ini kaki-kakinya. Klep kata mekaniknya udah longgar semua. wkwkwkkwkw. setelah di stel klep enaknya tenaga makin smooth nyalurnya gak lompat-lompat. jd yang punya CRV / Civic turbo wajib banget stel klep berkala.
IMG20230823134345.jpg
Total DC :
Oli beli sendiri - 800 ribuan di Kudamas Anjasmoro
Engine tune up, servis rem, bubut discbrake - 1.9juta di Garage Plus Sri Rejeki Raya.
Jadiii sudah hampir 5 tahun pake mobil ini gak berasa. Itungan mobil jarang pake dan sekali pake langsung hajar transjawabahn isi 5 orang + barang. Sekalian aja di servis besar.
Odo read : 35ribu sekian.
Items :
Ganti oli Q8 0W-20 D1g2 - karena ada sisaan dari lalu2 lumayan ngirit cuma beli 2 botol aja.
Ganti oli CVTF FK For Honda - ada sisaan juga belinya cuma 2 liter.
Engine tune up + stel klep.
Kuras minyak rem + bersihkan rem.
Temuan lain dari general check :
Disc brake geter - tambahan item bubut disc brake.
PCV valve udah kempot. (sama kayak civic)
IMG-20230824-WA0011.jpg
Kaki-kaki so far masih aman, shock belum meler. untuk pemakaian di abuse surprisingly kuat ini kaki-kakinya. Klep kata mekaniknya udah longgar semua. wkwkwkkwkw. setelah di stel klep enaknya tenaga makin smooth nyalurnya gak lompat-lompat. jd yang punya CRV / Civic turbo wajib banget stel klep berkala.
IMG20230823134345.jpg
Total DC :
Oli beli sendiri - 800 ribuan di Kudamas Anjasmoro
Engine tune up, servis rem, bubut discbrake - 1.9juta di Garage Plus Sri Rejeki Raya.
total +- 2.7 juta.
Thanks om ChZ atas sharing nya.
Saya punya sudah jalan 5 tahun 3 bln, 80k km. Going strong di engine. Perawatan standar, oli pakai standar pabrikan epro turbo, cvt oil pun pabrikan. Ke beres pun hanya selama masa garansi aja, sesudahnya di bengkel biasa aja/specialist.
Kaki2 ya begitulah..
Rem depan kiri kadang bunyi tikus, bolak balik beres penyebab blm ketemu, ban kiri belakang selalu habis gak rata bagian dlm bolak balik spooring bakancibg di beres maupun di spesialis sama aja, kalau belok patah (ketika parkir) stir terasa seret di putaran terakhir (kayaknya rack steer), kalau belok patah dr berenti mau jalan bunyi “teng” kayak ada besi ketarik bunyi nya pelan banget, kayaknya bearing shock perlu ganti, kalau menurut beres harus ganti keseluruhan. Sementara blm dibenerin, krn gak terlalu mengganggu, gak ada waktu, dan pengen ganti gen 6.
Tapi setelah lihat harganya 800jt, jd galau, apakah worth sebuah CRV harganya 800jt. Huhuhuu…
Lagi cari opsi2 lain.. dan sementara blm ada yg sreg