Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
bedil wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 0:53
daripada liat copy paste link terus .
ini keluhan saya alami terhadap pemakaian wuling 3 minggu ini :
- indikator sisa jarak tempuh NGAWUR .. kalo pakai jarak deket aj sih gpp .. kalo jarak jauh sih repot .. misal hitungan jarak 100km .. ternyata realnya 60km SKPLU masih 80 km yah gimana
jadi hitungannya baterai x 3 km .. baterai 100% x 3 = 300km .. kalo baterai 50% berarti sisa nya 150 .. hitungannya 1% per 3 km padahal realnya ga segitu ..
kalo hitungan saya sih jarak tempuh selama saya pakai 100% mungkin sekitar 220 - 240 km mode kendara normal ..kondisi rute campur macet dan lancar ..
mungkin kalo mode eco dan bawanya <50km/jam bisa 300 km , soalnya kalo saya liat lari di atas 50km / jam .. konsumsi listrik lumayan boros..
- sudah 3x , coba matikan mesin dari tombol pintu eror , padahal semua sudah benar .. akhirnya pake remot atau buka tutup pintu lagi baru bisa ..
- istri saya pakai pas lampu merah , posisi iseng di ke P .. lalu mau ke D .. shiftingnya seperti loss padahal sudah injek rem .. dicoba berkali2 baru bisa pindah .. ini baru 1 x .. mungkin jg panik / injek remnya kurang dalam pas shifting .. setelah itu sih ga pernah lagi
- posisi tombol power window dan rem tangan elekterik berdekatan , berapa kali mau naikin jendela yang kepegang rem tangan elektrik
sementara itu aja dulu
Kesimpulannya berarti sisa range yang ditunjukkan itu berdasarkan kondisi ideal driving eco mode om? bukan dari cara berkendara kita sehinga dapat rata rata pemakaian kita berapa KM/Kw? kalau di mobil konvensional yang keluaran akhir akhr ini kan setahu saya range BBM berdasarkan rata rata cara kita berkendara.
sisa jarak tempuh fix .. 1% = 3 km .. bukan karena mode eco , normal atau sport , bukan jg cara berkendara kita ..
apa pun kondisi nya selalu sisa persentase baterai x 3 km
b0ku wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 2:22
sekali lagi ya om saya kasih ini quote berkali2x sekarang saya bold dan saya ud ngomong di tiap balesan postingan om tapi selalu di avoid ntah karena om lagi delusional atau apa
intinya saya ud kasih tau diatas kalo combustion kebakar dikeryok pake apar atau disirem lebih gampang padam, kalo EV ud kebakar musti dibiarin kebakar dulu biasanya 2jem kalo dah mati pun kadang masih bisa nyala lagi di towing atau di tempat simpen bangkenya namanya re ignited jd kalo masi sama2xin kebakaran mobil bensin sama EV fix kagak ngerti apa2x namanya, makanya kalo ada EV fire sekalinya itu heboh karena susah buat di handle, intinya selama batre itu masih punya isi energi didalemnya batre itu masih bisa kebakar, toh sampe2x tmpat recycle batre itu pas ngecrush batre dia bikin gak pake oxygen karena biar batrenya gak kebakar karena gak ada oxygen api gak bisa nyala
Jelas2 saya sudah jawab statement anda kalo saya setuju kalo kebakar emang lebih bahaya. Delusional dari mana? Mungkin anda yg ga mau baca?
kendibocor wrote: ↑Sun Nov 13, 2022 16:26
Bold 1: Maksudnya apa sih? Combustion lebih banyak tp ev lebih sering kejadian? Lebih bahaya saya setuju.
Kalo anda sekolah si pasti ngerti data kuantitatif dapat dari statistik, berita satu2 kok disebut data
kendibocor wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 2:42
Jelas2 saya sudah jawab statement anda kalo saya setuju kalo kebakar emang lebih bahaya. Delusional dari mana? Mungkin anda yg ga mau baca?
kendibocor wrote: ↑Sun Nov 13, 2022 16:26
Bold 1: Maksudnya apa sih? Combustion lebih banyak tp ev lebih sering kejadian? Lebih bahaya saya setuju.
Kalo anda sekolah si pasti ngerti data kuantitatif dapat dari statistik, berita satu2 kok disebut data
ya ud beres kan emang lebih bahaya kan ya alesan itu kenapa saya lebih concern soalnya kan td masih nanya knapa ice banyak kbakar tapi malah saya lebih concern sama ev ya itu alesannya
ya sebut aja suka2x mungkin kalo berita itu namanya bukti
kendibocor wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 2:42
Jelas2 saya sudah jawab statement anda kalo saya setuju kalo kebakar emang lebih bahaya. Delusional dari mana? Mungkin anda yg ga mau baca?
kendibocor wrote: ↑Sun Nov 13, 2022 16:26
Bold 1: Maksudnya apa sih? Combustion lebih banyak tp ev lebih sering kejadian? Lebih bahaya saya setuju.
Kalo anda sekolah si pasti ngerti data kuantitatif dapat dari statistik, berita satu2 kok disebut data
ya ud beres kan emang lebih bahaya kan ya alesan itu kenapa saya lebih concern
lebih bahaya saya setuju dari awal kok
Yg saya kontra kan anda selalu ngomongin listrik2 mulu termasuk merc kemarin. Oke memang masalah di fusebox yg berkaitan dengan listrik tp ini kan salah satu proof jg bahwa mobil ICE bisa kebakar bahkan datanya lebih sering dari EV, entah apapun penyebabnya. Jd jgn menimbulkan persepsi kalo cuma mbl EV yg bisa kebakar padahal jumlahnya banyakan mbl ICE
Ok saya jg selesai disini, senang berdiskusi dengan anda, no hard feeling ya, namanya jg diskusi sekali2 panas kan gpp
NB: maap om TS jadi panjang karena terlalu seru diskusi ma om boku
ChZ wrote: ↑Thu Nov 10, 2022 6:45
makanya om kalo ini bukan mainan mahal lalu apa yah sebutannya, 300jt motor cuma 40hp is a joke sih dibanding modern ICEs no logical sense nya beli nih mobil kecuali buat mainan.
banyak yang bermasalah loh nih mobil ternyata ane ditunjukin temen di grup pengguna nya
Oya tambahan lagi yang cukup mengejutkan, ini mobil pas saya test mobil temen yg long range: ada bunyi kriyet2 seperti kursi tua yg empuk pernya bunyi kalau kita dudukin tp ini bunyi kalau badan kita gerak/goyang, dikira kursinya bunyi trus temen bilang itu dari seatbelt penumpang. Dejavu sama DFSK 580 dirumah dashboardnya bunyi kriet2
Pas mobil ini launch & harganya 300jt lgsg bilang ke istri dengan harga segini kalau beli mobil listrik minimum Ioniq atau Lexus aja d yg uda terjamin & Wuling Air EV ini terasa seperti bukan mobil 300jt (max 150-200jt). Ioniq lah minimum walaupun harga 2x lipat. Diliat & feelnya lebih dari 3x lipat. Tp ini juga liat dulu trennya minimum 3 tahun lagi. CMIIW.
Last edited by bensinsolar on Mon Nov 14, 2022 2:58, edited 4 times in total.
kendibocor wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 1:59
Bold 1: data 2020 basi? Jaman saya sekolah si prof saya selalu ngajarin pake data penelitian <5 thn itu masih valid atau sampe ada penelitian lebih baru yg sama tp hasil berbeda. Itu pun perlu di peer review lg. Ini kok enak ya ngomong data 2020 basi tanpa ada data yg mendukung anda
Bold2: ngomong kaya gini sama aja kaya anda jaman sekolah ada yg ranking 1 tp anda tuduh curang. Padahal anda sendiri ga punya data/bisa membuktikan anda layak ranking 1.
Bold 3,4: nih anda ngomong sendiri di combustion jg bisa masalah elektrikal, tp kanapa nyerangnya masalah EVnya mulu. Uda tau sendiri tuh kelistrikan ICE jg rawan masalah
b0ku wrote: ↑Sun Nov 13, 2022 14:23
gak ada omong ice fireproof om baca lagi yang saya bold inilah makannya saya bilang biased infonya sepotong2x di telen
kalo masih banding2xin ice juga bisa kebakar iya emang siapa bilang kagak cuma selama ini yang jadi concern EV fire itu sampe cuma 1 2 3 biji kebakar padahal di jalan lebih banyak kebakar combustion ya itu kalo ev ud kumat susah di handle kadang bangke lagi di angkut aja bisa kebakar di jalan
aduuh padahal saya sering banget share disini kenapa EV fire itu bahaya bukannya diliat yang bener malah di bilang nyebarin fear sih
sekali lagi ya om saya kasih ini quote berkali2x sekarang saya bold dan saya ud ngomong di tiap balesan postingan om tapi selalu di avoid ntah karena om lagi delusional atau apa
intinya saya ud kasih tau diatas kalo combustion kebakar dikeryok pake apar atau disirem lebih gampang padam, kalo EV ud kebakar musti dibiarin kebakar dulu biasanya 2jem kalo dah mati pun kadang masih bisa nyala lagi di towing atau di tempat simpen bangkenya namanya re ignited jd kalo masi sama2xin kebakaran mobil bensin sama EV fix kagak ngerti apa2x namanya, makanya kalo ada EV fire sekalinya itu heboh karena susah buat di handle, intinya selama batre itu masih punya isi energi didalemnya batre itu masih bisa kebakar, toh sampe2x tmpat recycle batre itu pas ngecrush batre dia bikin gak pake oxygen karena biar batrenya gak kebakar karena gak ada oxygen api gak bisa nyala, mau biangnya dari electrical kalo nyambernya ke batre terus batre ikutan ignited ya jatohnya jadi sama aja
gak punya data padahal yang saya share berita resmi semua dan jelas2x ada gambar mobil kebakar dan bangke2xnya lagi di parkir di tanah kosong emang butuh bukti apa lagi om data basi dipake tapi berita tahun 2022 malah dicuekin padahal itu kejadian baru semua belom saya nambahin di sema sendiri baru2x ini ada atv listrik kebakaran untung sempet di dorong keluar
kenapa saya banyak ginian di fb saya tiap hari ada aja yang share termasuk meme2x td jd gak usah nyari juga saya dapet sendiri
ud ya saya gak bales2x lagi capeeee
kasian lapak orang saya acak2x
Om, saya mau nanya dong, kalo ngehate EV secara berlebihan apa ada untungnya buat om? Saya jujur juga ngga suka konsep penggunaan full ev untuk kondisi infrastruktur indonesia sekarang yang sebenarnya belum siap menerima full ev, kalo mau go green saya masih prefer hybrid atau phev untuk kondisi indonesia sekarang. Tapi kembali lagi buat fear mongering mledak mleduk saya rasa ngga perlu terlalu semangat 45 kayak memperjuangkan bela negara, soalnya kalopun EV yang dibeli orang tsb mleduk ya kan yang rugi yang beli, kemungkinan besar juga dicover asuransi. Saya pribadi sebagai orang yang wait and see perkembangan EV palingan kalau ada kerabat mau beli EV cuma bisa kasih pro's and con's aja sama resikonya spt kata om mledak mleduk dan batre mahal kalau depleted diluar masa garansi, dengan demikian mereka tau resikonya dan kalau tetap berminat ya go for it (just my 2c ya)
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
Yg saya kontra kan anda selalu ngomongin listrik2 mulu termasuk merc kemarin. Oke memang masalah di fusebox yg berkaitan dengan listrik tp ini kan salah satu proof jg bahwa mobil ICE bisa kebakar bahkan datanya lebih sering dari EV, entah apapun penyebabnya. Jd jgn menimbulkan persepsi kalo cuma mbl EV yg bisa kebakar padahal jumlahnya banyakan mbl ICE
Ok saya jg selesai disini, senang berdiskusi dengan anda, no hard feeling ya, namanya jg diskusi sekali2 panas kan gpp
NB: maap om TS jadi panjang karena terlalu seru diskusi ma om boku
keknya ud general knowledge kalo mobil combustion banyak kebakar tapi orang selalu parnonya sama bensin padahal umumnya yang kebakar depan duluan tangki di belakang dan bensin kan butuh api buat kebakar
dan selalu bule2x itu kan kalo ngomong loe sendiri duduk diatas bensin kalo dipikir2x itu bensin sebenernya kagak bahaya kalo kagak di samber api di banding batre yang bisa self ignited.....
justru orang jarang tau EV sebenernya self ignited saya sendiri juga awalnya pikir EV bebas kebakar lagi2x karena pikiran bodoh di EV itu tidak ada bensin ternyata lupa batre itu bisa self ignited gitu aja info dari saya
kepo2601 wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 2:55
Om, saya mau nanya dong, kalo ngehate EV secara berlebihan apa ada untungnya buat om? Saya jujur juga ngga suka konsep penggunaan full ev untuk kondisi infrastruktur indonesia sekarang yang sebenarnya belum siap menerima full ev, kalo mau go green saya masih prefer hybrid atau phev untuk kondisi indonesia sekarang. Tapi kembali lagi buat fear mongering mledak mleduk saya rasa ngga perlu terlalu semangat 45 kayak memperjuangkan bela negara, soalnya kalopun EV yang dibeli orang tsb mleduk ya kan yang rugi yang beli, kemungkinan besar juga dicover asuransi. Saya pribadi sebagai orang yang wait and see perkembangan EV palingan kalau ada kerabat mau beli EV cuma bisa kasih pro's and con's aja sama resikonya spt kata om mledak mleduk dan batre mahal kalau depleted diluar masa garansi, dengan demikian mereka tau resikonya dan kalau tetap berminat ya go for it (just my 2c ya)
disini si ada kona sama leaf om yang saya concern si kona karena sudah pernah recall meleduk untungnya disini gak pernah ada kejadian amit2x , tapi saya tanya satpam pak itu mobil kalo tiba2x kebakar sopnya gimana gak ngerti mereka cuma bingung mungkin taunya di mereka itu listrik kagak ada bensin gak bakalan kebakaran, saya tanya pengelola kalo ud ada EV gitu ud ada pre caution gak kalo misalnya ada yang kebakar mereka juga kagak tau ya moga2x aja gak ada EV parkir sebelah mobil saya
saya rasa blangbir kita pun juga belom ada persiapan buat ngadepin apinya jgn cuma di endorse aja tapi tahu juga bahayanya jd kalo ada apa2x ud tau cara handlenya disini keknya gak ada yang berani nanti paling cuma bingung doank di sirem nyala lagi di sirem nyala lagi
bedil wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 0:53
daripada liat copy paste link terus .
ini keluhan saya alami terhadap pemakaian wuling 3 minggu ini :
- indikator sisa jarak tempuh NGAWUR .. kalo pakai jarak deket aj sih gpp .. kalo jarak jauh sih repot .. misal hitungan jarak 100km .. ternyata realnya 60km SKPLU masih 80 km yah gimana
jadi hitungannya baterai x 3 km .. baterai 100% x 3 = 300km .. kalo baterai 50% berarti sisa nya 150 .. hitungannya 1% per 3 km padahal realnya ga segitu ..
kalo hitungan saya sih jarak tempuh selama saya pakai 100% mungkin sekitar 220 - 240 km mode kendara normal ..kondisi rute campur macet dan lancar ..
mungkin kalo mode eco dan bawanya <50km/jam bisa 300 km , soalnya kalo saya liat lari di atas 50km / jam .. konsumsi listrik lumayan boros..
- sudah 3x , coba matikan mesin dari tombol pintu eror , padahal semua sudah benar .. akhirnya pake remot atau buka tutup pintu lagi baru bisa ..
- istri saya pakai pas lampu merah , posisi iseng di ke P .. lalu mau ke D .. shiftingnya seperti loss padahal sudah injek rem .. dicoba berkali2 baru bisa pindah .. ini baru 1 x .. mungkin jg panik / injek remnya kurang dalam pas shifting .. setelah itu sih ga pernah lagi
- posisi tombol power window dan rem tangan elekterik berdekatan , berapa kali mau naikin jendela yang kepegang rem tangan elektrik
sementara itu aja dulu
Mengenai yg shifting ini, apa ini yg saya alami ya waktu test, tp mungkin karena belum terbiasa aja seperti delay. Puter ke N baru ke D lagi jalan... Soalnya pas pertama kali coba, malah puter ke P injek gas ga maju & baru sadar di P..
bedil wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 0:53
daripada liat copy paste link terus .
ini keluhan saya alami terhadap pemakaian wuling 3 minggu ini :
- indikator sisa jarak tempuh NGAWUR .. kalo pakai jarak deket aj sih gpp .. kalo jarak jauh sih repot .. misal hitungan jarak 100km .. ternyata realnya 60km SKPLU masih 80 km yah gimana
jadi hitungannya baterai x 3 km .. baterai 100% x 3 = 300km .. kalo baterai 50% berarti sisa nya 150 .. hitungannya 1% per 3 km padahal realnya ga segitu ..
kalo hitungan saya sih jarak tempuh selama saya pakai 100% mungkin sekitar 220 - 240 km mode kendara normal ..kondisi rute campur macet dan lancar ..
mungkin kalo mode eco dan bawanya <50km/jam bisa 300 km , soalnya kalo saya liat lari di atas 50km / jam .. konsumsi listrik lumayan boros..
- sudah 3x , coba matikan mesin dari tombol pintu eror , padahal semua sudah benar .. akhirnya pake remot atau buka tutup pintu lagi baru bisa ..
- istri saya pakai pas lampu merah , posisi iseng di ke P .. lalu mau ke D .. shiftingnya seperti loss padahal sudah injek rem .. dicoba berkali2 baru bisa pindah .. ini baru 1 x .. mungkin jg panik / injek remnya kurang dalam pas shifting .. setelah itu sih ga pernah lagi
- posisi tombol power window dan rem tangan elekterik berdekatan , berapa kali mau naikin jendela yang kepegang rem tangan elektrik
sementara itu aja dulu
Kesimpulannya berarti sisa range yang ditunjukkan itu berdasarkan kondisi ideal driving eco mode om? bukan dari cara berkendara kita sehinga dapat rata rata pemakaian kita berapa KM/Kw? kalau di mobil konvensional yang keluaran akhir akhr ini kan setahu saya range BBM berdasarkan rata rata cara kita berkendara.
sepengalaman ane.... mobil listrik emang prinsipnya berkebalikan dengan mobil gasoline / diesel.
di mobil bensin kurva torsi itu bentuknya kayak punuk unta. sementara electric bentuknya kayak 1/2 trapesium.
sampe titik tertentu dia makin tidak efisien. makanya ane tidak pernah setuju kalau EV dibilang advancement dari teknologi mobil karena sebenarnya hanya different form of propulsion aja yang titik efisiensinya berbeda. much like gasoline and diesel. different tool for different purpose.
jadi kebalik... mobil listrik kalo jalan di urban speed ya irit range nya gede tapi tidak dengan kalo jalan ke luar kota di highway speed... krn batre makin panas makin jelek efisiensinya.
klo ngamatin MID mobil bensin jalan di kota range nya cepet turun, di highway speed justru range nya nambah terus krn dia jalan di temperatur kerja optimal.
memang dalam hal ini kalau urban pasti EV unggul. tapi balik lg mendesain urban car (yang proper, tentu saja) dengan battery besar di itu sulit.
ane bayanginnya kalo mobil kecil bakal lebih ideal pake mild hybrid krn gak nyita space banyak dan bobot masih ringan... tp untuk SUV atau MPV sudah pasti pake PHEV lebih ideal.
bensinsolar wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 2:54
Oya tambahan lagi yang cukup mengejutkan, ini mobil pas saya test mobil temen yg long range: ada bunyi kriyet2 seperti kursi tua yg empuk pernya bunyi kalau kita dudukin tp ini bunyi kalau badan kita gerak/goyang, dikira kursinya bunyi trus temen bilang itu dari seatbelt penumpang. Dejavu sama DFSK 580 dirumah dashboardnya bunyi kriet2
Pas mobil ini launch & harganya 300jt lgsg bilang ke istri dengan harga segini kalau beli mobil listrik minimum Ioniq atau Lexus aja d yg uda terjamin & Wuling Air EV ini terasa seperti bukan mobil 300jt (max 150-200jt). Ioniq lah minimum walaupun harga 2x lipat. Diliat & feelnya lebih dari 3x lipat. Tp ini juga liat dulu trennya minimum 3 tahun lagi. CMIIW.
nurut ane harga mobil listrik yang sekarang udah nemu sweet spot nya di 700 juta ke atas. di luar negeri pun pricing point EV itu juga tidak bisa murah tetep selisihnya 200 jutaan dari mobil bensin selevel. itu MG ZS EV di ostrali jg tuh beda 20rb dollar sama tipe bensinnya.
krn starting point untuk mobil listrik kita aja wuling air EV 300 juta udah begitu, kalo lebih murah jadi sejelek apa... wkwkwkwkw. udah tau sejarahnya di indo mobil ga pernah turun harga ya jangan berharap lebih deh.
ya fans EV emang harus terima nasib juga EV gak bisa murah... marketnya bakal kebentuk sendiri juga.
Dogies wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 4:43
All Evi Tamala klo ngelewatin genangan air/banjir sebatas apa amannye?
Ato ngeringkuk aje kayak kucing garong abis nyolong ikan ye biar aman?
not rcomended om semua EV bisa nerobos banjir cuma efek yang ditinggalin aernya itu yang bahaya mendingan ngeringkuk kek kuncing garong aja
yaah pokoknya gitu deh nanti kalo saya ngomong lagi katanya nyebarin fear
Yg saya kontra kan anda selalu ngomongin listrik2 mulu termasuk merc kemarin. Oke memang masalah di fusebox yg berkaitan dengan listrik tp ini kan salah satu proof jg bahwa mobil ICE bisa kebakar bahkan datanya lebih sering dari EV, entah apapun penyebabnya. Jd jgn menimbulkan persepsi kalo cuma mbl EV yg bisa kebakar padahal jumlahnya banyakan mbl ICE
Ok saya jg selesai disini, senang berdiskusi dengan anda, no hard feeling ya, namanya jg diskusi sekali2 panas kan gpp
NB: maap om TS jadi panjang karena terlalu seru diskusi ma om boku
keknya ud general knowledge kalo mobil combustion banyak kebakar tapi orang selalu parnonya sama bensin padahal umumnya yang kebakar depan duluan tangki di belakang dan bensin kan butuh api buat kebakar
dan selalu bule2x itu kan kalo ngomong loe sendiri duduk diatas bensin kalo dipikir2x itu bensin sebenernya kagak bahaya kalo kagak di samber api di banding batre yang bisa self ignited.....
justru orang jarang tau EV sebenernya self ignited saya sendiri juga awalnya pikir EV bebas kebakar lagi2x karena pikiran bodoh di EV itu tidak ada bensin ternyata lupa batre itu bisa self ignited gitu aja info dari saya
kepo2601 wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 2:55
Om, saya mau nanya dong, kalo ngehate EV secara berlebihan apa ada untungnya buat om? Saya jujur juga ngga suka konsep penggunaan full ev untuk kondisi infrastruktur indonesia sekarang yang sebenarnya belum siap menerima full ev, kalo mau go green saya masih prefer hybrid atau phev untuk kondisi indonesia sekarang. Tapi kembali lagi buat fear mongering mledak mleduk saya rasa ngga perlu terlalu semangat 45 kayak memperjuangkan bela negara, soalnya kalopun EV yang dibeli orang tsb mleduk ya kan yang rugi yang beli, kemungkinan besar juga dicover asuransi. Saya pribadi sebagai orang yang wait and see perkembangan EV palingan kalau ada kerabat mau beli EV cuma bisa kasih pro's and con's aja sama resikonya spt kata om mledak mleduk dan batre mahal kalau depleted diluar masa garansi, dengan demikian mereka tau resikonya dan kalau tetap berminat ya go for it (just my 2c ya)
disini si ada kona sama leaf om yang saya concern si kona karena sudah pernah recall meleduk untungnya disini gak pernah ada kejadian amit2x , tapi saya tanya satpam pak itu mobil kalo tiba2x kebakar sopnya gimana gak ngerti mereka cuma bingung mungkin taunya di mereka itu listrik kagak ada bensin gak bakalan kebakaran, saya tanya pengelola kalo ud ada EV gitu ud ada pre caution gak kalo misalnya ada yang kebakar mereka juga kagak tau ya moga2x aja gak ada EV parkir sebelah mobil saya
saya rasa blangbir kita pun juga belom ada persiapan buat ngadepin apinya jgn cuma di endorse aja tapi tahu juga bahayanya jd kalo ada apa2x ud tau cara handlenya disini keknya gak ada yang berani nanti paling cuma bingung doank di sirem nyala lagi di sirem nyala lagi
Betul om, saya setuju dengan pendapat kalau SOP disini masih kurang awas soal pemadaman mobil ev jika terjadi korslet/kebakaran. Makanya saya sendiri masih masuk kubu belum bisa nerima Full EV di indonesia karena aturan terkait safetynya masih kurang/belum sosialisasikan ke awam, disinilah perlu dipush ke atpm/pemerintah supaya bisa lebih mengedukasi masyarakat khususnya pembeli potensial EV soal langkah langkah pencegahan/mengatasi jika amit amit terjadi korslet atau kebakaran. Lagipula saya juga masih kurang setuju anggapan kalau EV = go green kalau listrik untuk chargingnya masih pakai batubara
Tapi kedepannya tidak menutup kemungkinan kalau listrik negara tercinta kita sudah lebih banyak dari sumber daya yang renewable bisa buat saya pindah kubu EV, spt prinsip om jay leno kalau dia daily commute pakai EV (Dulu awal ada EV beliau pakai Chevy Volt, sekarang Tesla Model S Plaid) krn buat apa waste resource utk macet macetan, giliran weekend baru dia pakai kendaraan ICE krn buat dia hitungannya jadi rekreasi. Kalau dari sudut pandang dia, spt jaman dulu orang berkuda antipati sama mobil sbg alat transportasi tapi akhirnya mobil dipakai sbg alat transportasi dan kuda dijadikan hobi/rekreasi, maka dia memandang mobil ICE juga kedepannya akan jadi rekreasi/hobi saja.
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
Pembangkit batubara punya teknologi untuk menangkap partikel berbahaya. Letaknya juga jauh dari perkotaan.
Sementara mesin ICE, buang asap di depan hidung kita, Catalytic converter dilepas. EGR ditutup, mesin dibohongi depan piggyback. Sulfur harusnya 50 ppm, tapi pakai BBM sulfur 2500-3500 ppm. Efisiensi makin rendah karena oktan dan cetane rendah.
Energi listrik itu sudah didepan mata, tinggal mengalihkan PLTU dari batubara menjadi bahan bakar gas. Tinggal di level kebijakan aja, supaya gas jangan terlalu banyak diekspor.
Sudah sudah. Yang mau jadi early adopter nikmatin aja air ev nya. Kesehatan mental pusingin resesi ditambah harus pusingin operational cost, harga segitu masih oke buat kesehatan mentalnya. Bisa hemat 2 juta sebulan, dipakai selama 8 tahun juga sudah melakukan penghematan setengah harga mobil nya. Tapi kalau kebakar ya beda lagi ceritanya. Batre boleh garansi 8 tahun tapi kalau udha combustion, jatohnya kena part lain ya sama aja 1 mobil hangus.
Yang belum siap dan ngejar irit. Ambil agya saja. Jatoh2 nya secara operational cost mirip2 (syarat dan ketentuan berlaku)
Kalau yang ada budget fortuner, sekalian aja lah ioniq. Toh 8 taun pake udah ketutup selisih ioniq sama fortunernya dari operational cost nya. Kesannya macho lnya pake ioniqn masih dapet kok.
ilhami wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 5:10
Pembangkit batubara punya teknologi untuk menangkap partikel berbahaya. Letaknya juga jauh dari perkotaan.
Sementara mesin ICE, buang asap di depan hidung kita, Catalytic converter dilepas. EGR ditutup, mesin dibohongi depan piggyback. Sulfur harusnya 50 ppm, tapi pakai BBM sulfur 2500-3500 ppm. Efisiensi makin rendah karena oktan dan cetane rendah.
Energi listrik itu sudah didepan mata, tinggal mengalihkan PLTU dari batubara menjadi bahan bakar gas. Tinggal di level kebijakan aja, supaya gas jangan terlalu banyak diekspor.
beda yang di bakar kadar racunya juga laen om kalo E fuel yang keluar cuma CO2nya doank
gak nutup kemungkinan kalo mesinnya makin berkembang malah di pasang di stastion bbm buat convert lsg di situ
kepo2601 wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 4:53
Betul om, saya setuju dengan pendapat kalau SOP disini masih kurang awas soal pemadaman mobil ev jika terjadi korslet/kebakaran. Makanya saya sendiri masih masuk kubu belum bisa nerima Full EV di indonesia karena aturan terkait safetynya masih kurang/belum sosialisasikan ke awam, disinilah perlu dipush ke atpm/pemerintah supaya bisa lebih mengedukasi masyarakat khususnya pembeli potensial EV soal langkah langkah pencegahan/mengatasi jika amit amit terjadi korslet atau kebakaran. Lagipula saya juga masih kurang setuju anggapan kalau EV = go green kalau listrik untuk chargingnya masih pakai batubara
Tapi kedepannya tidak menutup kemungkinan kalau listrik negara tercinta kita sudah lebih banyak dari sumber daya yang renewable bisa buat saya pindah kubu EV, spt prinsip om jay leno kalau dia daily commute pakai EV (Dulu awal ada EV beliau pakai Chevy Volt, sekarang Tesla Model S Plaid) krn buat apa waste resource utk macet macetan, giliran weekend baru dia pakai kendaraan ICE krn buat dia hitungannya jadi rekreasi. Kalau dari sudut pandang dia, spt jaman dulu orang berkuda antipati sama mobil sbg alat transportasi tapi akhirnya mobil dipakai sbg alat transportasi dan kuda dijadikan hobi/rekreasi, maka dia memandang mobil ICE juga kedepannya akan jadi rekreasi/hobi saja.
gak bakalan berani om yang ada mereka belaga bego, wong di ameriki aja NTSHAnya gak pernah bahas soal ginian dianggepnya sama aja kali sama mobil bensin padahal fatalitynya lumayan banyak yang paling baru gara2x nyenggol minivan meleduk korbannya 2 anak abg sama penumpang minivan 2 orang ud tua, minivan mah kepotong si tesla kebalik tapi lsg meleduk
kalo menurut saya biarin aja market pilih mau ev mah ice goverment gak usah ikut campur, tapi keknya mereka ud takut duluan toh katanya dulu bisa jd penyelamat combustion eh ini malah dipake buat musnahin
padahal E-TRON sama TAYCAN itu keren sekali apalagi kalo nambah gearnya jadi 6
b0ku wrote: ↑Mon Nov 14, 2022 5:38 gak bakalan berani om yang ada mereka belaga bego, wong di ameriki aja NTSHAnya gak pernah bahas soal ginian dianggepnya sama aja kali sama mobil bensin padahal fatalitynya lumayan banyak yang paling baru gara2x nyenggol minivan meleduk korbannya 2 anak abg sama penumpang minivan 2 orang ud tua, minivan mah kepotong si tesla kebalik tapi lsg meleduk
kalo menurut saya biarin aja market pilih mau ev mah ice goverment gak usah ikut campur, tapi keknya mereka ud takut duluan toh katanya dulu bisa jd penyelamat combustion eh ini malah dipake buat musnahin
padahal E-TRON sama TAYCAN itu keren sekali apalagi kalo nambah gearnya jadi 6
GM, nissan uda dari 1 dekade lalu ngeluarin guidelines di amrik menghadapi kebakaran dari EV, NHTSA juga uda research dari 2012 ttg bahaya api dari EV. Kok bisanya bilang belaga bego n ga berani bahas ginian
Saya sih ga masalah ada yg ngehate EV, saya jg ga punya n ga bakalan punya dlm waktu dekat, tp kalo koar2 bener2 cari dlu lah faktanya
Oke sudah2 [emoji16]..back to topic si Air EV aja. Ada lg member SM yg uda pernah test drive jauh? Sharing2 lah disini. Terutama driving dynamic & experiencenya. Dan kira2 apa alasan membeli Air EV selain faktor kehematan running costnya?
GM, nissan uda dari 1 dekade lalu ngeluarin guidelines di amrik menghadapi kebakaran dari EV, NHTSA juga uda research dari 2012 ttg bahaya api dari EV. Kok bisanya bilang belaga bego n ga berani bahas ginian
Saya sih ga masalah ada yg ngehate EV, saya jg ga punya n ga bakalan punya dlm waktu dekat, tp kalo koar2 bener2 cari dlu lah faktanya
karena di push trus om dan makin agresive padahal banyak kejadian kek gini
tau sendiri apinya bahaya
woow ternyata lebih banyak yang saya kira data2x hybrid juga ada disitu
leaf pun ada padahal selama ini saya anggep leaf itu aman
leaf sama kona ada di bawah lagi
i peace malah nambah 3 dari yang saya tau yang kebakaran di rumah sama di tol tambah ini malah jd 5
malah lebih parah dari yang saya tau om
ternyata masih kudet saya taunya cuma dari tesla aja awalnya ternyata sudah dari jaman hybrid gini mulu gak kelar2x
Gw paling demen neh klo smilies model ini ud pada kluar —>
biarin aja, suka suka haters..
kita lihat ke mana pasar akan berpihak?
hukum pasar itu gak boong koq.
apalagi skrg jaman nya sosmed, semua serba terbuka.
______________________________________________
intinya...
you can't control CHANGE. just face it dgn solusi yg ada. take it or leave it
Bagian yang dibold saya sangat setuju, toh seperti kata saya diawal no harm ke saya juga, malah saya senang ada early adopter jadi bisa cuci mata dijalan krn bentuk EV rata'' unik dan lumayan bisa membantu kurva pembelajaran pabrikan buat revisi kedepannya dari konsumen langsung bukan via internal testing doang
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
Terakhir ketemu wuling airev di tol, yg bawa sedikit sodok2 pas mau pindah jalur di tol yg merayap, apa krn torsi motor listriknya yg instan ya jadi spt itu gayanya?
Pro and cons untuk EV ini bakalan lama, disatu sisi, produsen sudah mulai bergerak untuk pasar EV karena pasarnya sudah mulai gemuk. disisi lain, ICE masih juga menjadi andalan utama penjualan majority produsen mobil.
Climate change dan kebijakan emisi, mau dipolitisir atau tidak makin lama makin menjadi agenda pemerintahan. Mau tidak mau suka tidak suka, kalau trend seperti ini berkelanjutan, makin besar pasar EV.
kalau terjadi transisi pergesaran pasar, tidak akan secepat HVS ke VCD, DVD, Blue Ray yang akhirnya hilang digantikan SSD dan cloud untuk film. karena untuk kendaraan banyak sekali faktor yang mempengaruhi dan pemainnya pemain raksasa semua. mulai dari fuel station, digantikan dengan charging station, workshop, perlendiran, dan masih banyak lagi.
kalau saya pribadi lebih ke wait and see, selain hitungan sentimentil tentang rasa berkendara (Matic Torque converter dan CVT saja kalau untuk spirited driving saya masih suka pakai mobil saya yang matic daripada yang CVT), hitungan ekonomis saya masih agak ragu mengeluarkan uang segitu untuk kendaraan dikelasnya dimana di ICE saya sudah dapat mobil yang minimal 1 kelas diatasnya.
Nanti mungkin saya akan beralih ke Hybrid kalau waktunya ganti mobil lagi. lebih ngejar ke arah efisiensi BBMnya.
Gw paling demen neh klo smilies model ini ud pada kluar —>
biarin aja, suka suka haters..
kita lihat ke mana pasar akan berpihak?
hukum pasar itu gak boong koq.
apalagi skrg jaman nya sosmed, semua serba terbuka.
______________________________________________
intinya...
you can't control CHANGE. just face it dgn solusi yg ada. take it or leave it
Bagian yang dibold saya sangat setuju, toh seperti kata saya diawal no harm ke saya juga, malah saya senang ada early adopter jadi bisa cuci mata dijalan krn bentuk EV rata'' unik dan lumayan bisa membantu kurva pembelajaran pabrikan buat revisi kedepannya dari konsumen langsung bukan via internal testing doang
Pingin cuci mata aja liat mobil "aneh", ntar dibilang lagi kalo diversity my A$$ dan dituduh ngeban ICE kek thread sebelah.