avantgardebronze wrote: ↑Wed Feb 15, 2023 4:02
Salam modifikasi untuk para penghobi icip icip,
Kali ini momod mau sharing pengalaman momod gonta ganti shockbreaker selama miara kijang innova dari first gen sampai reborn.
1. 2KD-G 2007
2. 2GD-Q 2015
3. 2KD-V 2015
Yang paling bertahan lama dan paling betah di keluarga ya si 2KD. Dengan segala ke simple-an nya, 2KD tetep primadona di keluarga. Beda dengan si 2GD yang bertahan cuman 3 tahun. Kenapa bisa gitu?, yaa udah banyak dibahas ya di topic & threats SerayaMotor yang lain soal Innova Reborn. Jadi gak perlu diceritain ulang di threats ini.
Okey, back to topic. Untuk kategori shockbreaker settingan ane, ane lebih suka yang nyaman dan gak berasa digebrak gebrak badan kita. Nah it means kategori shock sport / kompetisi gak termasuk ya guys. Tapi, nyaman kategori ane sedikit nge-jelimet. Gimana cara settingan suspensi nyaman itu tidak nose dive, tidak limbung, diajak speeding up to 160 bawa penumpang full di "Trans-Jabahn" juga tetep enjoy gak ada komplain dari penumpang.
Jadi keputusan nya; 'okay kita eksperimen test berbagai macam shock breaker, resiko nya banyak buang uang untuk gonta ganti shock beserta ongkos pasang dan spooring'. Yes, I spend a lot of money for that [cencored].
Kita bahas one by one berbagai merek shock aftermarket yang beredar / pernah beredar di indo ataupun ecommerce indo, yang sudah ane beli dan rasakan sendiri (bukan gratisan, apalagi endorsan. Phhuiiih
)
1. Kayaba Exel - G (pre 2012); Shock ini berasa lumayan keras waktu awal2 pakai.. Setelah beberapa bulan pakai (masa inreyen), ya makin keras sih
. Mobil berasa bener2 rigid, walaupun udah full load tetep berasa banget rebound back nya. Penumpang gak nyaman kaget2an kalo lewat jalan keriting / minihole. Pas diajak speeding masih berasa kurang nurut manuvernya, karena dulu pre 2015 belum ada tol transjabahn paling mentok ya jagorawi
2. Monroe - front (made in India & made in thailand), ane beli 2-2 nya. Yang made in Thailand warna shock warna item, dus warna biru. Yang made in India shock warna kuning, dus warna putih hijau. ini dua dua nya barang lama. Dipasang di 2KD first gen sama reborn. Feel nya ambyar. gak enak sama sekali. Lebih parah dari Exel -G. gak ada nyaman dan enak nya sama sekali
3. Kayaba Premium; ya ini lebih better daripada shock ori sih. Ngayun nya tetep ada, limbung nya tetep ada. Tapi feel nya lebih tetep sedikit agak enak daripada ori.
4. Kayaba Ultra; wah ini sih cocok nya buat mobil barang aja deh
,, kalo buat mobil yang sering full load tanpa bawa penumpang alis cuman angkut2 barang, ini cocok banget.
5. Monroe OESpectrum (made in China); hmm, kalau menurut ane ini shock cocok nya buat yang suka jalan pelan, gak pernah ngebut (driving max 60kph). Alias alon alon asal kelakuan. Eh, kelakon. Trus lebih sering solo-driving. kalau buat ane, ini shock lebih parah limbung dan empuk nya dibanding shock ORI nya mobil.
6. Kayaba New SR Special (rear), made in JAPAN; nah ini shock best of the best buat ane. Sampe sekarang ini shock masih dipake dan bahkan sampai nge stock 1 set rear. Nyaman nya dapet, empuk nya dapet, stabil nya dapet. Mau full load atau solo-driving tetep shock ini gak ada komplain sama sekali. Diajak ngebut hayuk, anteng banget mobil. Lewatin speed trap gak ada cerita di shock lain yang bisa geser sendiri ekor mobil, pake shock ini antep banget mobil. FYI: shock ini sebener nya untuk Land Cruiser Prado first gen yang non air suspension. Dudukan shock & panjang shock travel, 100% mirip banget sama kijang innova - innova reborn. yang bikin beda cuman besar tabung shock nya. Makanya shock ini perfecto banget buat ane untuk comfort nya. Inget kata orang2, kalau mau ganti shock yang lebih enak, cari subtitusi part nya untuk mobil yang lebih berat bobot nya. Akhirnya nemu lah si shock belakang Prado gen awal ini yang non airsus. Buat yang mau coba, mungkin bisa cari di ecommerce atau toko parts, atau toko langganan, asli nya Prado ini ORI nya dia made in TOKICO JAPAN. Jadi kalau nemu shock belakang Prado non airsus tulisan nya TOKICO JAPAN, sikat aja kalau ada budget. Itu barang ori Prado asli. Untuk Kayaba New SR Special ini barang nya udah ghaib, alias untung2an. Nampak nya importir nya cuman iseng aja import ini barang. Gak pernah ada restock lagi untuk semua jenis Kayaba New SR Special.
7. Kayaba XR (front), made in Indonesia alias made in Karawang; Untuk Shock ini, ane baru pake beberapa hari aja. Itupun juga beli seken dari orang yang katanya baru pake 2 minggu. Orang nya pakai di reborn bensin, dia copot karena istri nya yang lagi bunting ngerasa gak cocok / kekerasan sama shock Kayaba XR. Jadi akhirnya orang tersebut balik lagi pake ori reborn bensin (by part number & nomor rangka) yang ngayun ngayun mentul mentul ginuk ginuk itu karakter nya, terus bbrp bulan kemudian meler oli shock nya (yang katanya bukan bocor) hehehe.. Untuk Kayaba XR ini dimobil ane (2KD-V 2015) sih oke oke aja, kalau digambarkan itu karakter nya gabungan antara Kayaba Premium sama shock ori nya GNKI. Sedikit agak ngayun, tapi gak bikin mual / less nose dive. Lembut nya dapet. Ngehajar lobang pake shock ini gak berasa. Lewat jalan keriting juga nyaman2 so far.
8. Tokico OEM replacement Thailand (front); Ini cocok banget buat yang suka speeding, rasanya pede banget manuver di jalur 0. Mantep aja gitu. Gak ada rasa khawatir ber manuver2. Buat ane, so far shock ini masih favorit. Cuman karena shock Tokico yang terpasang di ane ini stock lama (mungkin stok tahun 2008-an), jadi umur nya cuman 1 tahun di ane yg sering melintas di trans-jabahn. Setelah 1 tahun dan 30ribu kilometer, berasa ngayun nya. Dan mulai agak ngeri kalo lagi manuver, jadi akhirnya ane ganti ke Kayaba XR. Kalau di kondisi jalan kurang mulus, shock ini berasa "dhar dhar dhar" nya. Tapi tetep gak mengurangi kenyamanan tulang ekor ane. Mungkin kalau ada yang mau meminang shock ini, minta aja stock shock Tokico yang agak mudaan tahun produksi nya. Kalau ane liat di ecommerce toko ijo, Tokico OEM yang fresh production, cat shock nya hitam doff. Kalau Tokico OEM stok lama, warna nya black shine.
Di 2KD-V 2015 yang sekarang ini, settingan kaki kaki ane;
* Shock depan Kayaba XR
* Shock belakang Kayaba NEW SR Special (punya nya Prado first gen)
* Karet roti (bushing stabil link), pakai punya nya 2KD-G 2007 (indent pakai nomor rangka). Karena harganya lebih mahal yg 2007 daripada yang 2015 punya.
* Stopper belakang ganti pakai stopper spon made in cirebon (ada di tokoijo)
* Per belakang ganti pakai per Mercy Tiger (ori, ada logo mercy dan part number di per nya), potong 2 ulir / sesuaikan tinggi nya sama shock bawaan mobil
* per depan standar bawaan mobil
* Dunlop LM705 205-70-R15 (bawaan mobil 205-65-R15)
Stock Suspensi;
+ Kayaba New SR Special (rear) Prado first gen
+ Profender OEM Series (front)
+ Toyota Original Shock Absorber by part number (front)
Q&A;
Q: Kenapa dengan settingan suspensi bawaan mobil Om?
A: Karena shockbreaker bawaan mobil adalah salah satu part yang lebih murah harga nya dibanding shockaftermarket. Jadi gak ada salahnya kita trial n error barang yang lebih mahal harganya daripada barang ori (harga bengkel resmi). Kalau ada part aftermarket yang harganya lebih murah daripada shock ori bawaan mobil, yaa jangan berharap lebih deh. Ada harga ada rupa, ada kekurangan. Patokan ane ya harga bengkel resmi.
Q: Gak coba karet2 dari Protoflex Om?
A: Udah, gak nyaman dan gak safety rasanya. At the end pakaii part ori innova 2007 yang lebih mahal harga nya dari Protoflex. Mungkin Protoflex di desain untuk keperluan kompetisi. Kalau buat harian, buat ane pribadi gak cocok ya.
Q: Kok diganti pakai per Mercy om belakang nya?
A: Udah nyaman pakai itu dari awal pakek Innova di 2007. Pakai shock itu di 3 kijang ane, udah nyaman aja. Kayak udah mandatory, kijang per belakang ganti pake punya per Mercy Tiger.
Q: Kelebihan pakai stopper bahan karet spon apa Om?
A: Lebih kearah kenyamanan penumpang paling belakang. Gak jedug jedug kalo full Load. Fungsi peredaman stopper karet spon nya bener2 bikin penumpang pules gak sakit pinggang.
Sekian review ane yang gak dibayar dan gak diendorse oleh barang2 yang ane sebut tadi. Ulasan murni berdasarkan pengalaman pribadi, pemakaian pribadi, dan uang pribadi. Bukan menjelekkan, tapi sebuah real feel dari tulang ekor ane yang manja.