EV's Safety? - Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ilhami »

kalau mau bandingin xpander tadi, bandingkan dengan veloz hybrid aja yang harga 300 juta. silakan cari perbaikan vs CRV misalnya.

saya sudah baca part yang mahal itu 3 buah:
- transaxle / transmisi 96,9 jt , transmisi hybrid sealed, rapat ngga bisa kemasukan air.
- inverter 67,5 jt
- baterai 48 jt, sealed, bisa jadi wiring nya aja.

yang beredar itu estimasi.
kalau part lain ya sesama zenix harganya sama.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ilhami »

Diajak bandingkan dimensi sama harga aja jawabnya ngaco. Gimana bandingin data yang lain. Efisiensi, kenyamanan, akselerasi.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 983
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by timbermaniac123 »

b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 12:56
ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 12:32 kalau rumah banjir lebih dari 1/2 roda tidak usah punya mobil
iya maksudnya jgn beli hybrid sama EV ya :wkkk:

harusnya ya beli 2TR lah masa beli mobil aneh2x....... :ngacir:

kalo mau lebih aman lagi pasang belalai snorkel :big_grin:
Ini lebih ampuh dari snorkel om boku.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3163
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Audi A4 [B9] 45 TFSI Quattro

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by KielConstantine »

Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 13:10 tp tetap aja,
namanya batre + dinamo, ketemu banjir, menciut biji lgs :big_biglaugh:
Semua yg berbau e e e e e e

e:HEV
e-CVT
E Parking brake
EPS
E-thanol :ngacir:

Memang lebih banyak mudaratnya drpd manfaatnya :upss:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

timbermaniac123 wrote: Sun Dec 07, 2025 15:30 Ini lebih ampuh dari snorkel om boku.
iya sih kalo banjirnya cuma sepaha tapi kalo extreme gak bisa evakuasi mendingan juga snorkel belom parah lsg kabur :big_biglaugh:

lagian saya emang paranoid sama banjir makannya saya emang sengaja tinggal di lantai 9 mobil ya di B2 si cuma yang2x ud2x biasanya kering kalo amit2 masuk pun bisa evakuasi ke lantai 5 parkiran mall karena ada jalurnya :mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 15:13 kalau mau bandingin xpander tadi, bandingkan dengan veloz hybrid aja yang harga 300 juta. silakan cari perbaikan vs CRV misalnya.

saya sudah baca part yang mahal itu 3 buah:
- transaxle / transmisi 96,9 jt , transmisi hybrid sealed, rapat ngga bisa kemasukan air.
- inverter 67,5 jt
- baterai 48 jt, sealed, bisa jadi wiring nya aja.

yang beredar itu estimasi.
kalau part lain ya sesama zenix harganya sama.
ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 15:22 Diajak bandingkan dimensi sama harga aja jawabnya ngaco. Gimana bandingin data yang lain. Efisiensi, kenyamanan, akselerasi.

ya itu ud gw pakein yaris cross bambang yaris cross itu sistem HEVnya dipakai di veloz :wkkk:

loe mau pake zenix bensin ECUnya di bawah 5jt loh gw cek are you sure ??? :mky_07:

apa pake reborn bensin nih 12jt atau diesel yakali tau2x kena banjir common railnya ikut jebol jd auto masuk 50jt ke estimasi cuma gw sih gak yakin gak pernah denger common rail jebol gara2x banjir yang ada gara2x solar :wkkk:

overhaul mah ketaker deh yang mahal tuh diesel aja cuma abis 15jt gak tau ya di toyota dulu gw ngerjain ke bengkel umum :mky_03:

palingan di beres abis 100jt itu aja ud over buat mobil kebanjiran :big_biglaugh:

lagian itu innova hybrid ud 2 kasus gak ada omongan soal enginenya bisa jd enginenya malah aman :big_biglaugh:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ilhami »

ya silakan aja pakai mesin tr-fe tapi dengkul copot, bensin boros.

ngga tiap hari kita ketemu banjir, tapi tiap hari ketemu macet.

melindungi mobil dari banjir itu pakai asuransi. kalau asuransi mahal karena alamat kita jelas banjir, ya pindah rumah. Kalau belum levelnya pakai mobil hybrid ya ngga perlu komen soal hybrid
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 22:46 ya silakan aja pakai mesin tr-fe tapi dengkul copot, bensin boros.

ngga tiap hari kita ketemu banjir, tapi tiap hari ketemu macet.

melindungi mobil dari banjir itu pakai asuransi. kalau asuransi mahal karena alamat kita jelas banjir, ya pindah rumah. Kalau belum levelnya pakai mobil hybrid ya ngga perlu komen soal hybrid
TR FE itu bisa pake bensin murah yang avail mau oktan 88 juga dia gelinding, pertalite gak pake barcode gak masalah mah tinggal isi pertalite, wong gw juga tiap hari cuma muter2x gading jd gak bakalan berasa jazz gw aja 5-7kml :wkkk:

kalo pegi jauh dikit cuma dapet 8-9kml ya maklum lah kaki berat kalo bawa jazz bantai terussss soalnya ini kombo mesin high rev ketemu handling super enak.......... :mky_07:

justru pake TR malah nyante2x bawanya bisa dapet 6-7kml di kota ud cukup irit buat gw......ditambah budget 14r/lt turun jd 13rb/lt ini kombo tenaga gede di bawah ketemu handling kacrut jd bawanya malah sante :ngacir:

macet gak masalah toh di enjoy aja :mky_07: gak mau macet ya naek mrt lrt dari depan rumah gw comming soon nyambung kemana2x :wkkk:

mobil mah buat gw emang hobby gak wajib dipake justru kalo hari2x bisa naek kereta lebih prefer kereta :big_biglaugh:

makannya lebih enak piara mobil tua...... :ngacir:

yang penting TR FE itu kerjanya cuma ganti oli sama isi bensin murah gak banyak drama kek diesel atau hybrid, hybrid aja minta oktan tinggi kompresinya :big_biglaugh:



no drama, no turbo, no fancy electronic just metal spining forever............. :ngacir:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ilhami »

setiap mobil ada target penggunanya. Mobil tua vs mobil modern jelas beda.

Di daerah juga masih ada innova lama, di jalan rata terasa mobil ini mengayun. Setirnya berat, kursinya sudah kempes. Ya benar juga asal bisa gelinding aja.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 23:25 setiap mobil ada target penggunanya. Mobil tua vs mobil modern jelas beda.

Di daerah juga masih ada innova lama, di jalan rata terasa mobil ini mengayun. Setirnya berat, kursinya sudah kempes. Ya benar juga asal bisa gelinding aja.
tapi enakan punya mobil kek gitu kok bisa di pake puluhan taun worry free gak usah siapin duit beli mobil baru besin boros itu duit receh tiap harinya gak bakalan berasa isi aja 200 200rb bisa muter2x.........

kalo smart macem fortuner banyak parts modif mau bikin nyaman gerobak ada tinggal ajust aja........ :big_biglaugh:
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 591
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by the-mantal »

Urusan banjir, panther never die. Ini harganya sekennya Naik deh habis ini

https://oto.detik.com/mobil/d-8246124/v ... jir-10-jam
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

the-mantal wrote: Mon Dec 08, 2025 0:15 Urusan banjir, panther never die. Ini harganya sekennya Naik deh habis ini

https://oto.detik.com/mobil/d-8246124/v ... jir-10-jam
ITU pointnya di siksa jalan terus tinggal tuang jalan di aceh listrik pun mati mau charge dimana??? lebih gampangan gorok bensin dari mobil mogok tuh..... :big_bored:

loe bisa nyolong bensin tapi gak bisa nyolong listrik dari mobil mogok....... :big_bored:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by AbdulHakim »

b0ku wrote: Mon Dec 08, 2025 0:33
the-mantal wrote: Mon Dec 08, 2025 0:15 Urusan banjir, panther never die. Ini harganya sekennya Naik deh habis ini

https://oto.detik.com/mobil/d-8246124/v ... jir-10-jam
ITU pointnya di siksa jalan terus tinggal tuang jalan di aceh listrik pun mati mau charge dimana??? lebih gampangan gorok bensin dari mobil mogok tuh..... :big_bored:

loe bisa nyolong bensin tapi gak bisa nyolong listrik dari mobil mogok....... :big_bored:
ternyata ga perlu nunggu dunia chaos ya om, pas bencana alam aja udah keliatan mana mobil yang masih bisa survive.
kayukayuthe5th
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1481
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 13:09
kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 13:04 gwa penasaran ama ahond sih hybridnya gimana belum ada yang kabar2 :mky_05:
itu saya baru ke rumah temen saya kebetulan adeknya kerja di dealer honda di garasi saya liat HRV RS ternyata hybrid kata adeknya lah enakan turbo jauhh :mky_07:

kalo 1.5 gak enak katanya hybrid honda mendingan yang 2.0 jauh katanya :mky_03:

saya bisa suruh ai analisa si bisa kena berapa di kasus yang sama pake CRV hybrid jawabannya estimasi ini saya tanya ikutin kasus bon 170jt ya

187-260jt................... :ngacir:

dapet WRV sama BRV baru :glodak:
1.5 EHEV itu kan emang panic button dibikin 2023 waktu HRV muncul karena kebutuhan EU7. karena dia ga batere assist amakanya literally either make motor ato mesin.
kayukayuthe5th
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1481
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by kayukayuthe5th »

AbdulHakim wrote: Mon Dec 08, 2025 0:38
b0ku wrote: Mon Dec 08, 2025 0:33
the-mantal wrote: Mon Dec 08, 2025 0:15 Urusan banjir, panther never die. Ini harganya sekennya Naik deh habis ini

https://oto.detik.com/mobil/d-8246124/v ... jir-10-jam
ITU pointnya di siksa jalan terus tinggal tuang jalan di aceh listrik pun mati mau charge dimana??? lebih gampangan gorok bensin dari mobil mogok tuh..... :big_bored:

loe bisa nyolong bensin tapi gak bisa nyolong listrik dari mobil mogok....... :big_bored:
ternyata ga perlu nunggu dunia chaos ya om, pas bencana alam aja udah keliatan mana mobil yang masih bisa survive.
liat aja postapocalyptic world film, semua pake mesin lagi kan? mobil2 listrik malah dibiarin berkarat.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

AbdulHakim wrote: Mon Dec 08, 2025 0:38 ternyata ga perlu nunggu dunia chaos ya om, pas bencana alam aja udah keliatan mana mobil yang masih bisa survive.
ya ud banyak kejadian kan kalo ud bencana yang wara wiri rescue juga mobil ICE :big_bored:

gak usa kejadian di tambang aja juga banyakan ice mau charge pake apa coba ujung2xnya batubara lagi musti bangun ini itu :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Mon Dec 08, 2025 0:41 liat aja postapocalyptic world film, semua pake mesin lagi kan? mobil2 listrik malah dibiarin berkarat.
mad max aja ud paling jelas kondisi kek gitu gimana mau survive bawa EV :big_bored:

bermil2x di geber gila2xan keburu soak itu batre, terus lagi nunggu charge di serang sama gangster...... :big_bored:



menyelamatkan tiap tetes yang ada mana ada waktu mikirin listrik :mky_07:
kayukayuthe5th
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1481
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 13:10
b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 13:09
kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 13:04 gwa penasaran ama ahond sih hybridnya gimana belum ada yang kabar2 :mky_05:
itu saya baru ke rumah temen saya kebetulan adeknya kerja di dealer honda di garasi saya liat HRV RS ternyata hybrid kata adeknya lah enakan turbo jauhh :mky_07:

kalo 1.5 gak enak katanya hybrid honda mendingan yang 2.0 jauh katanya :mky_03:

saya bisa suruh ai analisa si bisa kena berapa di kasus yang sama pake CRV hybrid jawabannya estimasi ini saya tanya ikutin kasus bon 170jt ya

187-260jt................... :ngacir:

dapet WRV sama BRV baru :glodak:
gw dah coba TD di diler

HRV hybrid enak buat seruntulan dr kondisi diam dan dalam kota

klo turbo enak buat di tol, begitu spooling turbonya, napas panjang,
hybrid 1500cc kedodoran di tol / jarak panjang.

tp tetap aja,
namanya batre + dinamo, ketemu banjir, menciut biji lgs :big_biglaugh:
yoa mbah kan hybrid plus ini EHEV 1.5 fokus di motor listrik. gaenagnya itu di 100 atas karena mesinnya ngraung banget
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1143
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by IGedeAmat »

KielConstantine wrote: Fri Dec 05, 2025 19:14
Udah udah

Klo mau cari mobilnya speknya gini aja :

• Engine Pure ICE (Gasoline / Diesel)
• Setir Hydraulic PS
• Transmisi manual / matic TC konvensional
• Cari spek chasis strength terbaik dari lahir
• Rem tangan / kaki pake otot manual
• Buka tutup pintu full manual include rear trunk
• Stater mobil metode colok konci kontak + puter ignition
• Headlights konvensional ga usah LED2an ga usah automatic2 kan
• NO ADAS / Radar / Cruise control whatsoever
• AC Single Zone . Ga perlu banyak zone2 ga jelas :big_smoking:
• Head unit Single din. No parking sensor no parking camera
• No sunroof / moonroof dan roof2 ga guna laennya
• No auto wiper
• No auto dimming mirror
• No auto start/stop engine bűllśhit
• SRS airbag minimal 6 titik
• Rem system minimal 2 pot depan, blakang pake disc brake

Klo ada kurang tambahin sendiri …


Ada kg tuh kira2 spek mobil kek gitu :upss:
El-sapek.. ?? tinggal bikin body minibus karoseri..

eniwei.. saya baru tau kalau mobil listrik masih pakai aki.
kirain dengan batre segede itu, buat apa lagi ada aki..
:mky_01:
kayukayuthe5th
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1481
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 13:17
kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 12:50
untuk level hybrid yes, toyota is the best right now.
pemakaian normal ya om kalo musibah kena banjir dll mobil china waterproofnya lebih bagus buat HEV/EV komponen :mky_03:

cuma masalahnya mau sakti kek tesla yang pernah nyelem selamet pun abis banjir ud masuk jd bom waktu karena lama2x batrenya ud mulai bikin titik2x kropos nah dari kropos2x ini suatu hari bisa bikin short dan meledak tiba2x gak tau kapan....... :mky_03:

jd ya mendingan jgn nekad hari ini selamat gak tau bisa berapa lama bisa jd bom waktu :big_bored:

makannya kalo di us abis musibah banjir lsg warningnya ke EV bahkan pas banjir pun banyak tesla yang tiba2x kebakaran di tengah banjir :big_bored:
yah, mau cina,korea,yurop, us. namnya Electirifed vehicles kena banjir berabe sih om.

tesla itu nyelem selamet tapi yah gitu kan ga bisa charging kapan itu pernah coba.
kayukayuthe5th
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1481
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 13:09
kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 13:04
b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 12:56

iya maksudnya jgn beli hybrid sama EV ya :wkkk:

harusnya ya beli 2TR lah masa beli mobil aneh2x....... :ngacir:

kalo mau lebih aman lagi pasang belalai snorkel :big_grin:
gwa penasaran ama ahond sih hybridnya gimana belum ada yang kabar2 :mky_05:
sm aja mbah

pk dinamo listrik dan batre jg
wkwkwkwk
yah iya juga, tapi kan penasaran aja karena jarang ada yang trouble juga diluar :big_think: :big_think:
severmaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 324
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by severmaya »

b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 22:32
ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 15:13 kalau mau bandingin xpander tadi, bandingkan dengan veloz hybrid aja yang harga 300 juta. silakan cari perbaikan vs CRV misalnya.

saya sudah baca part yang mahal itu 3 buah:
- transaxle / transmisi 96,9 jt , transmisi hybrid sealed, rapat ngga bisa kemasukan air.
- inverter 67,5 jt
- baterai 48 jt, sealed, bisa jadi wiring nya aja.

yang beredar itu estimasi.
kalau part lain ya sesama zenix harganya sama.
ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 15:22 Diajak bandingkan dimensi sama harga aja jawabnya ngaco. Gimana bandingin data yang lain. Efisiensi, kenyamanan, akselerasi.

ya itu ud gw pakein yaris cross bambang yaris cross itu sistem HEVnya dipakai di veloz :wkkk:

loe mau pake zenix bensin ECUnya di bawah 5jt loh gw cek are you sure ??? :mky_07:

apa pake reborn bensin nih 12jt atau diesel yakali tau2x kena banjir common railnya ikut jebol jd auto masuk 50jt ke estimasi cuma gw sih gak yakin gak pernah denger common rail jebol gara2x banjir yang ada gara2x solar :wkkk:

overhaul mah ketaker deh yang mahal tuh diesel aja cuma abis 15jt gak tau ya di toyota dulu gw ngerjain ke bengkel umum :mky_03:

palingan di beres abis 100jt itu aja ud over buat mobil kebanjiran :big_biglaugh:

lagian itu innova hybrid ud 2 kasus gak ada omongan soal enginenya bisa jd enginenya malah aman :big_biglaugh:
Pas banjir besar 2021 di Bekasi, tetangga habis 70 an juta untuk perbaikan venturer bensin di beres. Itu kerendam sampai atap mobil.
Yang diganti apa saja kurang tau.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

severmaya wrote: Mon Dec 08, 2025 1:02
Pas banjir besar 2021 di Bekasi, tetangga habis 70 an juta untuk perbaikan venturer bensin di beres. Itu kerendam sampai atap mobil.
Yang diganti apa saja kurang tau.
nah gak ada bedannya malah sama xpander tapi tr si lebih robust emang pasti ada deh minimal turun mesin separo buat bersih2x :big_think:
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 857
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Asfur »

wah nyambungin berita banjir sumut, pas tgl 27 nov kmrn saat medan dilanda banjir besar sy disana, naek sewaan innova sblm reborn, trabas banjir sana sini krn menuju hotel, sampe ngk sadar tau2 kaki kok basah (tegang krn berharap jgn sampe mogok wkwkwk),,,,,,,ngk taunya air sudah masuk ke kabin, tp mobil blm mati, akhirnya stlh perjuangan nyampek jg di hotel.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

Asfur wrote: Mon Dec 08, 2025 1:26 wah nyambungin berita banjir sumut, pas tgl 27 nov kmrn saat medan dilanda banjir besar sy disana, naek sewaan innova sblm reborn, trabas banjir sana sini krn menuju hotel, sampe ngk sadar tau2 kaki kok basah (tegang krn berharap jgn sampe mogok wkwkwk),,,,,,,ngk taunya air sudah masuk ke kabin, tp mobil blm mati, akhirnya stlh perjuangan nyampek jg di hotel.
saya biasa kalo nearabas maen low gear om kalo matic maenin tiptronik atau pasang posisi yang nahan gigi paling low dengan gitu rpm bakalan tinggi terus aer jd gak masuk dari kenalpot :big_think: