EV's Safety? - Part 2
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: EV's Safety? - Part 2
kalau mau bandingin xpander tadi, bandingkan dengan veloz hybrid aja yang harga 300 juta. silakan cari perbaikan vs CRV misalnya.
saya sudah baca part yang mahal itu 3 buah:
- transaxle / transmisi 96,9 jt , transmisi hybrid sealed, rapat ngga bisa kemasukan air.
- inverter 67,5 jt
- baterai 48 jt, sealed, bisa jadi wiring nya aja.
yang beredar itu estimasi.
kalau part lain ya sesama zenix harganya sama.
saya sudah baca part yang mahal itu 3 buah:
- transaxle / transmisi 96,9 jt , transmisi hybrid sealed, rapat ngga bisa kemasukan air.
- inverter 67,5 jt
- baterai 48 jt, sealed, bisa jadi wiring nya aja.
yang beredar itu estimasi.
kalau part lain ya sesama zenix harganya sama.
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: EV's Safety? - Part 2
Diajak bandingkan dimensi sama harga aja jawabnya ngaco. Gimana bandingin data yang lain. Efisiensi, kenyamanan, akselerasi.
-
timbermaniac123
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 983
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: EV's Safety? - Part 2
Ini lebih ampuh dari snorkel om boku.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
KielConstantine
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 3163
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Audi A4 [B9] 45 TFSI Quattro
Re: EV's Safety? - Part 2
Semua yg berbau e e e e e eSuryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 13:10 tp tetap aja,
namanya batre + dinamo, ketemu banjir, menciut biji lgs![]()
e:HEV
e-CVT
E Parking brake
EPS
E-thanol
Memang lebih banyak mudaratnya drpd manfaatnya
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
iya sih kalo banjirnya cuma sepaha tapi kalo extreme gak bisa evakuasi mendingan juga snorkel belom parah lsg kabur
lagian saya emang paranoid sama banjir makannya saya emang sengaja tinggal di lantai 9 mobil ya di B2 si cuma yang2x ud2x biasanya kering kalo amit2 masuk pun bisa evakuasi ke lantai 5 parkiran mall karena ada jalurnya
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 15:13 kalau mau bandingin xpander tadi, bandingkan dengan veloz hybrid aja yang harga 300 juta. silakan cari perbaikan vs CRV misalnya.
saya sudah baca part yang mahal itu 3 buah:
- transaxle / transmisi 96,9 jt , transmisi hybrid sealed, rapat ngga bisa kemasukan air.
- inverter 67,5 jt
- baterai 48 jt, sealed, bisa jadi wiring nya aja.
yang beredar itu estimasi.
kalau part lain ya sesama zenix harganya sama.
ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 15:22 Diajak bandingkan dimensi sama harga aja jawabnya ngaco. Gimana bandingin data yang lain. Efisiensi, kenyamanan, akselerasi.
ya itu ud gw pakein yaris cross bambang yaris cross itu sistem HEVnya dipakai di veloz
loe mau pake zenix bensin ECUnya di bawah 5jt loh gw cek are you sure ???
apa pake reborn bensin nih 12jt atau diesel yakali tau2x kena banjir common railnya ikut jebol jd auto masuk 50jt ke estimasi cuma gw sih gak yakin gak pernah denger common rail jebol gara2x banjir yang ada gara2x solar
overhaul mah ketaker deh yang mahal tuh diesel aja cuma abis 15jt gak tau ya di toyota dulu gw ngerjain ke bengkel umum
palingan di beres abis 100jt itu aja ud over buat mobil kebanjiran
lagian itu innova hybrid ud 2 kasus gak ada omongan soal enginenya bisa jd enginenya malah aman
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: EV's Safety? - Part 2
ya silakan aja pakai mesin tr-fe tapi dengkul copot, bensin boros.
ngga tiap hari kita ketemu banjir, tapi tiap hari ketemu macet.
melindungi mobil dari banjir itu pakai asuransi. kalau asuransi mahal karena alamat kita jelas banjir, ya pindah rumah. Kalau belum levelnya pakai mobil hybrid ya ngga perlu komen soal hybrid
ngga tiap hari kita ketemu banjir, tapi tiap hari ketemu macet.
melindungi mobil dari banjir itu pakai asuransi. kalau asuransi mahal karena alamat kita jelas banjir, ya pindah rumah. Kalau belum levelnya pakai mobil hybrid ya ngga perlu komen soal hybrid
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
TR FE itu bisa pake bensin murah yang avail mau oktan 88 juga dia gelinding, pertalite gak pake barcode gak masalah mah tinggal isi pertalite, wong gw juga tiap hari cuma muter2x gading jd gak bakalan berasa jazz gw aja 5-7kmlilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 22:46 ya silakan aja pakai mesin tr-fe tapi dengkul copot, bensin boros.
ngga tiap hari kita ketemu banjir, tapi tiap hari ketemu macet.
melindungi mobil dari banjir itu pakai asuransi. kalau asuransi mahal karena alamat kita jelas banjir, ya pindah rumah. Kalau belum levelnya pakai mobil hybrid ya ngga perlu komen soal hybrid
kalo pegi jauh dikit cuma dapet 8-9kml ya maklum lah kaki berat kalo bawa jazz bantai terussss soalnya ini kombo mesin high rev ketemu handling super enak..........
justru pake TR malah nyante2x bawanya bisa dapet 6-7kml di kota ud cukup irit buat gw......ditambah budget 14r/lt turun jd 13rb/lt ini kombo tenaga gede di bawah ketemu handling kacrut jd bawanya malah sante
macet gak masalah toh di enjoy aja
mobil mah buat gw emang hobby gak wajib dipake justru kalo hari2x bisa naek kereta lebih prefer kereta
makannya lebih enak piara mobil tua......
yang penting TR FE itu kerjanya cuma ganti oli sama isi bensin murah gak banyak drama kek diesel atau hybrid, hybrid aja minta oktan tinggi kompresinya
no drama, no turbo, no fancy electronic just metal spining forever.............
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: EV's Safety? - Part 2
setiap mobil ada target penggunanya. Mobil tua vs mobil modern jelas beda.
Di daerah juga masih ada innova lama, di jalan rata terasa mobil ini mengayun. Setirnya berat, kursinya sudah kempes. Ya benar juga asal bisa gelinding aja.
Di daerah juga masih ada innova lama, di jalan rata terasa mobil ini mengayun. Setirnya berat, kursinya sudah kempes. Ya benar juga asal bisa gelinding aja.
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
tapi enakan punya mobil kek gitu kok bisa di pake puluhan taun worry free gak usah siapin duit beli mobil baru besin boros itu duit receh tiap harinya gak bakalan berasa isi aja 200 200rb bisa muter2x.........ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 23:25 setiap mobil ada target penggunanya. Mobil tua vs mobil modern jelas beda.
Di daerah juga masih ada innova lama, di jalan rata terasa mobil ini mengayun. Setirnya berat, kursinya sudah kempes. Ya benar juga asal bisa gelinding aja.
kalo smart macem fortuner banyak parts modif mau bikin nyaman gerobak ada tinggal ajust aja........
-
the-mantal
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 591
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: EV's Safety? - Part 2
Urusan banjir, panther never die. Ini harganya sekennya Naik deh habis ini
https://oto.detik.com/mobil/d-8246124/v ... jir-10-jam
https://oto.detik.com/mobil/d-8246124/v ... jir-10-jam
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
ITU pointnya di siksa jalan terus tinggal tuang jalan di aceh listrik pun mati mau charge dimana??? lebih gampangan gorok bensin dari mobil mogok tuh.....the-mantal wrote: Mon Dec 08, 2025 0:15 Urusan banjir, panther never die. Ini harganya sekennya Naik deh habis ini
https://oto.detik.com/mobil/d-8246124/v ... jir-10-jam
loe bisa nyolong bensin tapi gak bisa nyolong listrik dari mobil mogok.......
-
AbdulHakim
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1865
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: EV's Safety? - Part 2
ternyata ga perlu nunggu dunia chaos ya om, pas bencana alam aja udah keliatan mana mobil yang masih bisa survive.b0ku wrote: Mon Dec 08, 2025 0:33ITU pointnya di siksa jalan terus tinggal tuang jalan di aceh listrik pun mati mau charge dimana??? lebih gampangan gorok bensin dari mobil mogok tuh.....the-mantal wrote: Mon Dec 08, 2025 0:15 Urusan banjir, panther never die. Ini harganya sekennya Naik deh habis ini
https://oto.detik.com/mobil/d-8246124/v ... jir-10-jam![]()
loe bisa nyolong bensin tapi gak bisa nyolong listrik dari mobil mogok.......![]()
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety? - Part 2
1.5 EHEV itu kan emang panic button dibikin 2023 waktu HRV muncul karena kebutuhan EU7. karena dia ga batere assist amakanya literally either make motor ato mesin.b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 13:09itu saya baru ke rumah temen saya kebetulan adeknya kerja di dealer honda di garasi saya liat HRV RS ternyata hybrid kata adeknya lah enakan turbo jauhhkayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 13:04 gwa penasaran ama ahond sih hybridnya gimana belum ada yang kabar2![]()
![]()
kalo 1.5 gak enak katanya hybrid honda mendingan yang 2.0 jauh katanya![]()
saya bisa suruh ai analisa si bisa kena berapa di kasus yang sama pake CRV hybrid jawabannya estimasi ini saya tanya ikutin kasus bon 170jt ya
187-260jt...................![]()
dapet WRV sama BRV baru![]()
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety? - Part 2
liat aja postapocalyptic world film, semua pake mesin lagi kan? mobil2 listrik malah dibiarin berkarat.AbdulHakim wrote: Mon Dec 08, 2025 0:38ternyata ga perlu nunggu dunia chaos ya om, pas bencana alam aja udah keliatan mana mobil yang masih bisa survive.b0ku wrote: Mon Dec 08, 2025 0:33ITU pointnya di siksa jalan terus tinggal tuang jalan di aceh listrik pun mati mau charge dimana??? lebih gampangan gorok bensin dari mobil mogok tuh.....the-mantal wrote: Mon Dec 08, 2025 0:15 Urusan banjir, panther never die. Ini harganya sekennya Naik deh habis ini
https://oto.detik.com/mobil/d-8246124/v ... jir-10-jam![]()
loe bisa nyolong bensin tapi gak bisa nyolong listrik dari mobil mogok.......![]()
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
ya ud banyak kejadian kan kalo ud bencana yang wara wiri rescue juga mobil ICEAbdulHakim wrote: Mon Dec 08, 2025 0:38 ternyata ga perlu nunggu dunia chaos ya om, pas bencana alam aja udah keliatan mana mobil yang masih bisa survive.
gak usa kejadian di tambang aja juga banyakan ice mau charge pake apa coba ujung2xnya batubara lagi musti bangun ini itu
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
mad max aja ud paling jelas kondisi kek gitu gimana mau survive bawa EVkayukayuthe5th wrote: Mon Dec 08, 2025 0:41 liat aja postapocalyptic world film, semua pake mesin lagi kan? mobil2 listrik malah dibiarin berkarat.
bermil2x di geber gila2xan keburu soak itu batre, terus lagi nunggu charge di serang sama gangster......
menyelamatkan tiap tetes yang ada mana ada waktu mikirin listrik
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety? - Part 2
yoa mbah kan hybrid plus ini EHEV 1.5 fokus di motor listrik. gaenagnya itu di 100 atas karena mesinnya ngraung bangetSuryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 13:10gw dah coba TD di dilerb0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 13:09itu saya baru ke rumah temen saya kebetulan adeknya kerja di dealer honda di garasi saya liat HRV RS ternyata hybrid kata adeknya lah enakan turbo jauhhkayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 13:04 gwa penasaran ama ahond sih hybridnya gimana belum ada yang kabar2![]()
![]()
kalo 1.5 gak enak katanya hybrid honda mendingan yang 2.0 jauh katanya![]()
saya bisa suruh ai analisa si bisa kena berapa di kasus yang sama pake CRV hybrid jawabannya estimasi ini saya tanya ikutin kasus bon 170jt ya
187-260jt...................![]()
dapet WRV sama BRV baru![]()
HRV hybrid enak buat seruntulan dr kondisi diam dan dalam kota
klo turbo enak buat di tol, begitu spooling turbonya, napas panjang,
hybrid 1500cc kedodoran di tol / jarak panjang.
tp tetap aja,
namanya batre + dinamo, ketemu banjir, menciut biji lgs![]()
-
IGedeAmat
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1143
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: EV's Safety? - Part 2
El-sapek.. ?? tinggal bikin body minibus karoseri..KielConstantine wrote: Fri Dec 05, 2025 19:14
Udah udah
Klo mau cari mobilnya speknya gini aja :
• Engine Pure ICE (Gasoline / Diesel)
• Setir Hydraulic PS
• Transmisi manual / matic TC konvensional
• Cari spek chasis strength terbaik dari lahir
• Rem tangan / kaki pake otot manual
• Buka tutup pintu full manual include rear trunk
• Stater mobil metode colok konci kontak + puter ignition
• Headlights konvensional ga usah LED2an ga usah automatic2 kan
• NO ADAS / Radar / Cruise control whatsoever
• AC Single Zone . Ga perlu banyak zone2 ga jelas
• Head unit Single din. No parking sensor no parking camera
• No sunroof / moonroof dan roof2 ga guna laennya
• No auto wiper
• No auto dimming mirror
• No auto start/stop engine bűllśhit
• SRS airbag minimal 6 titik
• Rem system minimal 2 pot depan, blakang pake disc brake
Klo ada kurang tambahin sendiri …
Ada kg tuh kira2 spek mobil kek gitu![]()
eniwei.. saya baru tau kalau mobil listrik masih pakai aki.
kirain dengan batre segede itu, buat apa lagi ada aki..
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety? - Part 2
yah, mau cina,korea,yurop, us. namnya Electirifed vehicles kena banjir berabe sih om.b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 13:17pemakaian normal ya om kalo musibah kena banjir dll mobil china waterproofnya lebih bagus buat HEV/EV komponen![]()
cuma masalahnya mau sakti kek tesla yang pernah nyelem selamet pun abis banjir ud masuk jd bom waktu karena lama2x batrenya ud mulai bikin titik2x kropos nah dari kropos2x ini suatu hari bisa bikin short dan meledak tiba2x gak tau kapan.......![]()
jd ya mendingan jgn nekad hari ini selamat gak tau bisa berapa lama bisa jd bom waktu![]()
makannya kalo di us abis musibah banjir lsg warningnya ke EV bahkan pas banjir pun banyak tesla yang tiba2x kebakaran di tengah banjir![]()
tesla itu nyelem selamet tapi yah gitu kan ga bisa charging kapan itu pernah coba.
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety? - Part 2
yah iya juga, tapi kan penasaran aja karena jarang ada yang trouble juga diluarSuryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 13:09sm aja mbahkayukayuthe5th wrote: Sun Dec 07, 2025 13:04gwa penasaran ama ahond sih hybridnya gimana belum ada yang kabar2b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 12:56
iya maksudnya jgn beli hybrid sama EV ya![]()
harusnya ya beli 2TR lah masa beli mobil aneh2x.......![]()
kalo mau lebih aman lagi pasang belalai snorkel![]()
![]()
pk dinamo listrik dan batre jg
wkwkwkwk
-
severmaya
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 324
- Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: vroom
Re: EV's Safety? - Part 2
Pas banjir besar 2021 di Bekasi, tetangga habis 70 an juta untuk perbaikan venturer bensin di beres. Itu kerendam sampai atap mobil.b0ku wrote: Sun Dec 07, 2025 22:32ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 15:13 kalau mau bandingin xpander tadi, bandingkan dengan veloz hybrid aja yang harga 300 juta. silakan cari perbaikan vs CRV misalnya.
saya sudah baca part yang mahal itu 3 buah:
- transaxle / transmisi 96,9 jt , transmisi hybrid sealed, rapat ngga bisa kemasukan air.
- inverter 67,5 jt
- baterai 48 jt, sealed, bisa jadi wiring nya aja.
yang beredar itu estimasi.
kalau part lain ya sesama zenix harganya sama.ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 15:22 Diajak bandingkan dimensi sama harga aja jawabnya ngaco. Gimana bandingin data yang lain. Efisiensi, kenyamanan, akselerasi.
ya itu ud gw pakein yaris cross bambang yaris cross itu sistem HEVnya dipakai di veloz
loe mau pake zenix bensin ECUnya di bawah 5jt loh gw cek are you sure ???![]()
apa pake reborn bensin nih 12jt atau diesel yakali tau2x kena banjir common railnya ikut jebol jd auto masuk 50jt ke estimasi cuma gw sih gak yakin gak pernah denger common rail jebol gara2x banjir yang ada gara2x solar
overhaul mah ketaker deh yang mahal tuh diesel aja cuma abis 15jt gak tau ya di toyota dulu gw ngerjain ke bengkel umum![]()
palingan di beres abis 100jt itu aja ud over buat mobil kebanjiran![]()
lagian itu innova hybrid ud 2 kasus gak ada omongan soal enginenya bisa jd enginenya malah aman![]()
Yang diganti apa saja kurang tau.
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
nah gak ada bedannya malah sama xpander tapi tr si lebih robust emang pasti ada deh minimal turun mesin separo buat bersih2xsevermaya wrote: Mon Dec 08, 2025 1:02
Pas banjir besar 2021 di Bekasi, tetangga habis 70 an juta untuk perbaikan venturer bensin di beres. Itu kerendam sampai atap mobil.
Yang diganti apa saja kurang tau.
-
Asfur
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 857
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: EV's Safety? - Part 2
wah nyambungin berita banjir sumut, pas tgl 27 nov kmrn saat medan dilanda banjir besar sy disana, naek sewaan innova sblm reborn, trabas banjir sana sini krn menuju hotel, sampe ngk sadar tau2 kaki kok basah (tegang krn berharap jgn sampe mogok wkwkwk),,,,,,,ngk taunya air sudah masuk ke kabin, tp mobil blm mati, akhirnya stlh perjuangan nyampek jg di hotel.
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
saya biasa kalo nearabas maen low gear om kalo matic maenin tiptronik atau pasang posisi yang nahan gigi paling low dengan gitu rpm bakalan tinggi terus aer jd gak masuk dari kenalpotAsfur wrote: Mon Dec 08, 2025 1:26 wah nyambungin berita banjir sumut, pas tgl 27 nov kmrn saat medan dilanda banjir besar sy disana, naek sewaan innova sblm reborn, trabas banjir sana sini krn menuju hotel, sampe ngk sadar tau2 kaki kok basah (tegang krn berharap jgn sampe mogok wkwkwk),,,,,,,ngk taunya air sudah masuk ke kabin, tp mobil blm mati, akhirnya stlh perjuangan nyampek jg di hotel.

