embeeeeerrrr....!!doq wrote:bujug buneng!!!!
seliter 180rb??
nyerah dah ane sama bos besar...............
ga berani ngebayangin harga oli mobil nya pake yg berapa
oli mobilnya pake tgmo doank..!! yg 10w-40. Kalo engga, cukup Mesran XP.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
embeeeeerrrr....!!doq wrote:bujug buneng!!!!
seliter 180rb??
nyerah dah ane sama bos besar...............
ga berani ngebayangin harga oli mobil nya pake yg berapa
wooo gitu ya......sip2 thx berat oom darsoasudarsono wrote:Cam durasi panjang (gemuk) dan bukaan besar (tinggi) emang diset tenaganya di rpm atas. Bisa saja akselerasi lebih cepat, tapi bagaimana rpm dijaga tinggi. Secara teoritis, redline bisa makin tinggi, bila pegasnya diganti yang lebih keras atau yang tipe pegas dobel coaxial (kayak yg punya Honda mobil).
Harusnya yg paling mendapat manfaat mungkin motor CVT.
bukan dibalikin seperti standard oom, tapi ide nya adalah memapas pantat cam nya, bukan lobe nya, agar didapat akselerasi yg sama atau lebih baik dr cam standard.asudarsono wrote:Lobe makin tinggi artinya klep makin gede bukanya, volume bahan bakar udara makin banyak yg masuk. Sayang amat kalau dibalikin seperti standard.
setau saya merk CLD ini buatan lokal oom, hasil karya orang ciledug...............cmiiwasudarsono wrote:Terus terang aku gak ngerti ini cam buatan siapa, tapi dari menyimpulkan keterangan om, camnya cukup bagus. Nyatanya om gak ada kendala di idle, flatspot dll. Padahal durasi cam 330 derajat udah lumayan ekstrim. IMHO sayang amat dimodif lagi.
nahhh itu dia ga enak nya, soale utk pemakaian harian dijalanan ibukota malah jadi ga efektif main rpm tinggi...............selain boros bensin, mesin jg cepet bener panas nya, maklum oom masih teknologi kuno pendingin angin doankasudarsono wrote:Tapi emang gak enak ya, punya cam kayak gini. Kayak punya Civic type R atau Corolla Twin Cam GTi, maunya rpm tinggi terus. Om gak ganti karbu yg lebih gede? Kali aja pasokan bahan bakar kurang. Yg Keihin 19 mm atau 21 mm sekalian asyik kali ya?
hahahahaaaaaaa.... mas Darsonosu bisa ajaaaaah....asudarsono wrote:Lobe makin tinggi artinya klep makin gede bukanya, volume bahan bakar udara makin banyak yg masuk. Sayang amat kalau dibalikin seperti standard.
Terus terang aku gak ngerti ini cam buatan siapa, tapi dari menyimpulkan keterangan om, camnya cukup bagus. Nyatanya om gak ada kendala di idle, flatspot dll. Padahal durasi cam 330 derajat udah lumayan ekstrim. IMHO sayang amat dimodif lagi. Tapi emang gak enak ya, punya cam kayak gini. Kayak punya Civic type R atau Corolla Twin Cam GTi, maunya rpm tinggi terus.
Om gak ganti karbu yg lebih gede? Kali aja pasokan bahan bakar kurang. Yg Keihin 19 mm atau 21 mm sekalian asyik kali ya?
Kalau mau second opinion selain saya, tuh om Jeskoneng yg paling top. Bengkelnya sampai ujung pulau Jawa. Opini dia ama aku selalu bersebrangan. Sampai bengkel dia ama bengkelku aja musuh bebuyutan.
wahhhh thx berat oom jes ilmu nyaJESKONENG wrote:hahahahaaaaaaa.... mas Darsonosu bisa ajaaaaah....asudarsono wrote:Lobe makin tinggi artinya klep makin gede bukanya, volume bahan bakar udara makin banyak yg masuk. Sayang amat kalau dibalikin seperti standard.
Terus terang aku gak ngerti ini cam buatan siapa, tapi dari menyimpulkan keterangan om, camnya cukup bagus. Nyatanya om gak ada kendala di idle, flatspot dll. Padahal durasi cam 330 derajat udah lumayan ekstrim. IMHO sayang amat dimodif lagi. Tapi emang gak enak ya, punya cam kayak gini. Kayak punya Civic type R atau Corolla Twin Cam GTi, maunya rpm tinggi terus.
Om gak ganti karbu yg lebih gede? Kali aja pasokan bahan bakar kurang. Yg Keihin 19 mm atau 21 mm sekalian asyik kali ya?
Kalau mau second opinion selain saya, tuh om Jeskoneng yg paling top. Bengkelnya sampai ujung pulau Jawa. Opini dia ama aku selalu bersebrangan. Sampai bengkel dia ama bengkelku aja musuh bebuyutan.
third opinion yaaa.. btw, aku enggak pernah ngikutin/baca topic ini dari awal... Tapi kalok cam sudah custom (lift lebih tinggi, dan durasi lebih lama), sebaiknya dilakukan juga ubahan berikut ini utk mengimbangi peningkatan volumetric efficiency dari campuran bbm/udara sebagai hasil kerja cam custom itu :
- Port n Polishing lobang inlet dan exhaust pada cyl head (utk diameternya, ada itungannya yg in sekian persen dari klep in, dan yg ex sekian persen dari klep ex). Yg paham banget urusan ukuran porting ini a.l. mas Londo Trb (Jogja), mas Adie WrAin (mbandung), mas Romi Pandawa (Jatiwaringin)..
- lalu merancang ulang exhaust, terpenting adalah diameter leher knalpot dan diameter baffle (pipa saringan di dalam silencer). Yg ahli dalam hal ini a.l. mas Adie mbandung, dengan produk knalpot customnya a.l. seri B (dng cover Byson), seri J (racing only), RC-series (semi racing), Triovale (silent) dll...
- karbu std Blitz itu type vakum atau skep ? kalok masih vakum ya lebih baik diganti yg skep, lalu jetting ulang sampai dapet AFR yg ideal (angkanya sekitar 12,6 s/d 12, 8 dalam kondisi mesin digeber stasioner, atau sekitar 13 s/d 13,4 dalam kondisi mesin digeber di jalan raya). Mas Adie di Abbys Performance Tuning Bandung (Jl. Lodaya 26 Bdg) punya alat AFR meter digital yg sangat akurat. Di Jakarta AFR meter ada di Ultraspeed Racing Ciledug (sambil dynotest) dan di Aerospeed Racing Jl. Haji Nawi Jaksel.
- utk memunculkan "hidden power" sebagai efek cam custom dan PnP, sebaiknya dipasang cdi programmable (a.l. Rextor), lalu dilakukan re-mapping timing pengapian (di atas mesin dyno), bisa di Ultraspeed Racing, atau Aerospeed Racing atau di Global Motorindo (Rextor). Ko Teddy Cong, boss Global Motorindo (distributor cdi Rextor) sudah biasa melakukan re-mapping ignition timing itu, apalagi kalok cdi-nya merk Rextor.
Kalok semua pekerjaan itu dilakukan dengan itungan yg akurat, pasti hasilnya menggembirakan.. Dan jangan lupa utk melakukan dynotest seblum dan sesudah setiap ubahan utk mengetaui apakah ubahan itu menghasilkan peningkatan performa, dan seberapa besar peningkatan itu...
masih dongdoq wrote:hehehe nuhun oom.......
iya nih, si blitzR ini kendaraan pertama hasil memeras keringat jaman dulu.........kreditan pulak (udah lunas lharrrr)
dengan segala perlakuan salah kemarenan itu, ternyata sektor mesin sama sekali ga ada masalah berarti, T.O.P begete emank kawasaki kualitas nya
klo make zx130 berarti sama kaya oom diedietkeren tuh (oom yoyoyo entah masih ada apa ngga ya motor nya)
siap jendral!!!yoyoyo wrote:masih dongdoq wrote:hehehe nuhun oom.......
iya nih, si blitzR ini kendaraan pertama hasil memeras keringat jaman dulu.........kreditan pulak (udah lunas lharrrr)
dengan segala perlakuan salah kemarenan itu, ternyata sektor mesin sama sekali ga ada masalah berarti, T.O.P begete emank kawasaki kualitas nya
klo make zx130 berarti sama kaya oom diedietkeren tuh (oom yoyoyo entah masih ada apa ngga ya motor nya)
mana foto blitz-R nya?
kelihatannya sdh ditangani bbrp spesialis..
klo tenaga sdg besar, pertimbangkan rem yg mumpuni.
selain itu kalau terlalu panas, jetting karbu dibikin agak rich.
soal pilihan cdi programmable, aku mohon maaf, aku cuma akrab sama produk Rextor aja dari th 2008.. dan belinya kalok di Jkt bisa langsung ke distributornya yaitu ko Teddy Cong, sekaligus minta dia yg melakukan re-mapping timing pengapian oleh cdi rextor yg dibeli itu, di atas mesin dyno..doq wrote:wahhhh thx berat oom jes ilmu nyaJESKONENG wrote:hahahahaaaaaaa.... mas Darsonosu bisa ajaaaaah....asudarsono wrote:Lobe makin tinggi artinya klep makin gede bukanya, volume bahan bakar udara makin banyak yg masuk. Sayang amat kalau dibalikin seperti standard.
Terus terang aku gak ngerti ini cam buatan siapa, tapi dari menyimpulkan keterangan om, camnya cukup bagus. Nyatanya om gak ada kendala di idle, flatspot dll. Padahal durasi cam 330 derajat udah lumayan ekstrim. IMHO sayang amat dimodif lagi. Tapi emang gak enak ya, punya cam kayak gini. Kayak punya Civic type R atau Corolla Twin Cam GTi, maunya rpm tinggi terus.
Om gak ganti karbu yg lebih gede? Kali aja pasokan bahan bakar kurang. Yg Keihin 19 mm atau 21 mm sekalian asyik kali ya?
Kalau mau second opinion selain saya, tuh om Jeskoneng yg paling top. Bengkelnya sampai ujung pulau Jawa. Opini dia ama aku selalu bersebrangan. Sampai bengkel dia ama bengkelku aja musuh bebuyutan.
third opinion yaaa.. btw, aku enggak pernah ngikutin/baca topic ini dari awal... Tapi kalok cam sudah custom (lift lebih tinggi, dan durasi lebih lama), sebaiknya dilakukan juga ubahan berikut ini utk mengimbangi peningkatan volumetric efficiency dari campuran bbm/udara sebagai hasil kerja cam custom itu :
- Port n Polishing lobang inlet dan exhaust pada cyl head (utk diameternya, ada itungannya yg in sekian persen dari klep in, dan yg ex sekian persen dari klep ex). Yg paham banget urusan ukuran porting ini a.l. mas Londo Trb (Jogja), mas Adie WrAin (mbandung), mas Romi Pandawa (Jatiwaringin)..
- lalu merancang ulang exhaust, terpenting adalah diameter leher knalpot dan diameter baffle (pipa saringan di dalam silencer). Yg ahli dalam hal ini a.l. mas Adie mbandung, dengan produk knalpot customnya a.l. seri B (dng cover Byson), seri J (racing only), RC-series (semi racing), Triovale (silent) dll...
- karbu std Blitz itu type vakum atau skep ? kalok masih vakum ya lebih baik diganti yg skep, lalu jetting ulang sampai dapet AFR yg ideal (angkanya sekitar 12,6 s/d 12, 8 dalam kondisi mesin digeber stasioner, atau sekitar 13 s/d 13,4 dalam kondisi mesin digeber di jalan raya). Mas Adie di Abbys Performance Tuning Bandung (Jl. Lodaya 26 Bdg) punya alat AFR meter digital yg sangat akurat. Di Jakarta AFR meter ada di Ultraspeed Racing Ciledug (sambil dynotest) dan di Aerospeed Racing Jl. Haji Nawi Jaksel.
- utk memunculkan "hidden power" sebagai efek cam custom dan PnP, sebaiknya dipasang cdi programmable (a.l. Rextor), lalu dilakukan re-mapping timing pengapian (di atas mesin dyno), bisa di Ultraspeed Racing, atau Aerospeed Racing atau di Global Motorindo (Rextor). Ko Teddy Cong, boss Global Motorindo (distributor cdi Rextor) sudah biasa melakukan re-mapping ignition timing itu, apalagi kalok cdi-nya merk Rextor.
Kalok semua pekerjaan itu dilakukan dengan itungan yg akurat, pasti hasilnya menggembirakan.. Dan jangan lupa utk melakukan dynotest seblum dan sesudah setiap ubahan utk mengetaui apakah ubahan itu menghasilkan peningkatan performa, dan seberapa besar peningkatan itu...
FYI karbu standard blitzR adalah keihinPB 18 dan type skep......walau jarum skep nya bukan yg type adjustable sih.
kemudian utk mesin, kebeneran saat ini sudah dilakukan PNP berikut penggantian per kopling yg lebih keras dan cam CLD berdurasi 330, cam standar nya dipensiunkan agar suatu saat apabila mau dikembalikan seperti standar tidak sulit.
memang yg menjadi dilema saat ini adalah soal knalpot, terus terang sy ga terlalu suka suara knalpot yg berisik.........yaaaa mau nya sih knalpot yg plong tapi suara nya sama dengan knalpot standard hehehehe.
hal ini jg sempet sy konsultasikan dg dukun kawasaki nya kemaren dan akhir nya dia nyaranin utk menggunakan silincer motor lain yg menurut nya lebih baik dlm menyalurkan gas buang dibandingkan standar blitzR
cdi programable, apakah semua tempat dyno yg oom sebut diatas itu bisa melakukan maping cdi dr semua merk oom? atawa hanya merk tertentu saja?
lihat fotonya sih, waduh ngelamarnya sama, november 2005doq wrote:siap jendral!!!yoyoyo wrote: masih dong
mana foto blitz-R nya?
kelihatannya sdh ditangani bbrp spesialis..
klo tenaga sdg besar, pertimbangkan rem yg mumpuni.
selain itu kalau terlalu panas, jetting karbu dibikin agak rich.
hehehe iya nih.......sedang dalam masa2 "inkubasi" menuju "powerfull blitzR"
foto2 sih ada kok disini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 26#p467226
memang itu pic udh agak lama, but so far masih belom ada yg berubah secara kasat mata utk tampilan luar
oom yoyoyo gimana kabar mongtor nya?
masih sehat apa udh ada yg berubah dr kondisi estede neh?
nambahin setelah nanti PNP:yoyoyo wrote:lihat fotonya sih, waduh ngelamarnya sama, november 2005doq wrote:siap jendral!!!yoyoyo wrote: masih dong
mana foto blitz-R nya?
kelihatannya sdh ditangani bbrp spesialis..
klo tenaga sdg besar, pertimbangkan rem yg mumpuni.
selain itu kalau terlalu panas, jetting karbu dibikin agak rich.
hehehe iya nih.......sedang dalam masa2 "inkubasi" menuju "powerfull blitzR"
foto2 sih ada kok disini <!-- l --><a class="postlink-local" href="http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... p467226</a><!-- l -->
memang itu pic udh agak lama, but so far masih belom ada yg berubah secara kasat mata utk tampilan luar
oom yoyoyo gimana kabar mongtor nya?
masih sehat apa udh ada yg berubah dr kondisi estede neh?
motor sih sehat, tapi kyknya udh minta top overhoul , porting & polish, ganti kampas kopling.
sejauh ini gantian/ubahan baru sebatas:
- aplikasi nano energizer
- capacitor bank 20000mf (tp solderan nya lepas,blm diapa2in lg,kwkwkw)
- side gap busi
- koil shogun sp
- rantai gearset Kaze
- air filter dilepas (box terpasang)
- oli kawasaki KGMO saja
penasaran sama aplikasi tabung uap air sejuk ke intake manifold (lupa namanya, tapi bukan water injection loh)
tapi ane ga mau jauh2 dari estede, takut nagih
doq wrote:baaahhhh.....tengki motor berapa liter seh?
saya aja make super extra buat blitzR, seminggu ga nyampe gocap
Bisikan om doq sering membuat hati terlena dan menggiring ke lembah....bokek....yoyoyo wrote:4liter an
klo ubahan/modifan sih udah ada contohnya, tinggal duplikasi.
tapi ane ga mau, krn pasti RATJOENnya akan tambah ganas
*bokek mode ON
Yang paling nyata kerasa siih...:doq wrote:ya ampoooon......
bikin mongtor jd lebih bertenaga mah ga seboros jajan mobil lhaaaaa
btw oom VM, benefit nya apa aja tuh pake oli seliter 180rb ? baik yg kasat mata maupun ngga?
kita pantau aja 3-6 bulan ke depan apalagi nih news dari oom doqVanzMatic wrote: Bisikan om doq sering membuat hati terlena dan menggiring ke lembah....bokek....
..................................................................kabuuuuurrrr.........
sy skrg 10rb (premium) utk 1.5 minggu oom, pengen lebih iritdoq wrote:ya ampoooon......
bikin mongtor jd lebih bertenaga mah ga seboros jajan mobil lhaaaaa
btw oom VM, benefit nya apa aja tuh pake oli seliter 180rb ? baik yg kasat mata maupun ngga?
Great idea om...yoyoyo wrote:kita pantau aja 3-6 bulan ke depan apalagi nih news dari oom doqVanzMatic wrote: Bisikan om doq sering membuat hati terlena dan menggiring ke lembah....bokek....
..................................................................kabuuuuurrrr.........
oiya oom VM, about oli kerang yg 180rb itu,
barangkali pernah dengar, Deltalube? ane baru2 ini memantaw thread anak ZX di whatsapp,
mereka sdg suka ini, krn memang proven, seliternya 79rb. ada di Toda (Jkt) atau ps.Senin (entah toko apa)
cari2 testi di inet, nemu dari forum sebelah
deltalube ini sebenarnya adalah oli mesin pabrik. yg dirancang dipergunakan untuk mesin yg menyala 24 jam tiap harinya (non stop running, kecuali pas jadwal maintenance yg biasanya ga lebih dari 4 hari, dalam tiap tahunnya).
kebanyakan produk deltalube emang dibuat untuk perangkat industri. misalnya mesin, hidrolis, grease (grease tahan air, tahan panas, tahan tekanan dan non conducting grease, kl ga salah macemnya spt itu).
ane pernah menggunakan yg 757 untuk motor ane. oli ini warnanya merah bening (gak tau kalo yg sekarang). ane memakainya pertama kali karena dpt sampling dari teman ane. awalnya ane kaget. soalnya setau ane, deltalube itu oli mesin pabrik (pabrik tempat ane kerja menggunakan deltalube ampir 20 tahun). ternyata deltalube juga membuat oli untuk kendaraan bermotor.
ane memakai oli deltalube selama 2 bulan, jarak yg ane tempuh ~6000km (ane dulu kerja wira wiri di jalan, tiap hari minim 50km, kadang sampe 400km juga ). selama memakai oli ini, yg ane rasain, mulai start sampe kondisi mesin panas karena dipake keliling2 terus, ga ada penurunan performa, mesin tetep alus. gak cepet panas. pas ganti oli, begitu lobang oil drain dibuka, oli yang keluar tetep berwarna merah sedikit lebih keruh dan berwarna lebih gelap daripada yang baru. jumlahnya pun hanya berkurang dikit banget, bisa diabaikan.
Udeeeh...berani bayarin upgrade mesin Blitz, berani glonggongin pake Super Extra, mosok Advance Ultra doank ga sanggup siiih juragan kita satu ini....???doq wrote:-cut-
@VM
thx info nya oom