VanzMatic wrote:
Itu dia.
Sampai detik ini, ane pribadi juga bertanya tanya, kenapa belum ada (selain Ustahiad) yang bikin tandingan avania-innova dengan spek sama persis? Head to head alias adukambing jedutin.
...
-skipped
Karena ipah avanzia hanya laku di indonesia raya. Link berikut berisi mobil2 apa yg menjadi bestseller sepanjang 2013 ini,
http://www.forbes.com/sites/joannmuller ... surprises/
And guess what the best selling car in 2013 is? ford focus, diikuti toyota corolla, vw jetta, hyundai elantra, dll. Bahkan ada merk yg namanya wuling sunshine, mobil cina, di 2012 terjual sebanyak setengah juta unit. Total penjualan ipah avania kombinasi pun nggak lebih banyak dr yg namanya wuling sunshine - merk yg sama sekali kita nggak kenal.
Produk jaman sekarang adalah produk global, costs untuk development jatuhnya lebih murah kalau terjual lebih banyak unit. Ipah avania memang berjaya di indonesia, tapi secara global - nggak bisa dibilang sukses. Itulah kenapa sejak 2005 resep ipah gitu2 aja, avania juga sama facelift minor doank, ga bisa dibilang all new model. Volumenya penjualan global terlalu kecil.
Ertiga bisa dibilang cukup fenomenal, karena di india sono kemungkinan situasi jalan sama dgn indonesia. Tapi ertiga pun nggak ada di peta persilatan mobil2 dunia.
Menjawab pertanyaan @vanzmatic: kenapa kok nggak ada yg berani head to head? Karena market yg diperebutkan nggak terlalu besar. Spt saya bilang sebelumnya, murni opini saya - mohon maaf sblmnya, ride quality avania ipah is one of the worst, masih ada yg lebih jelek sih... panther tahun 90an, itu juga minta ampun (pdhl iklannya suaranya nyaris tak terdengar.... budeg kali bintang iklannya). Kondisi jalan ancur2an juga milik indonesia, kalau di negara2 maju, mulusss. Dengan kondisi jalan mulus, nggak perlu pake ladder frame rwd. Kondisi jarang banjir, nggak perlu suv, enakan sedan ke mana2.
Kita hitung2an saja, misal market ipah anggaplah 70 rebu unit setaon, anggap pula secara global ada 40 rebu lagi - total jenderal setaon terjual 110rb unit. Pendatang baru proyeksi bisa mengambil 20% market (ini sangat optimistis), nilai yg diperebutkan hanyalah 22 ribu unit. Nggak cukup buat nutup ongkos r&d. Avania, tinggal dikali 4 aja angkanya.
Jadi kalau kita lihat di indonesia saja, memang dominasi ipah avania ini sangat kuat... dan bukan karena toyota nya, buktinya nav1 keok digiles serena c26. Untuk sedan corolla juga dilindes civic. Tapi untuk peta pasar global dunia, sedan2 kecil macem corolla civic focus itulah yg merajai.