EV's Safety? - Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17171
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ChZ »

timbermaniac123 wrote: Sun Dec 07, 2025 2:08
Suryaputra wrote: Sat Dec 06, 2025 16:14
Klo melintasi transjawabahn di musim lebaran, wah gokil sih klo berani :big_biglaugh:
Pasti ada aja yang mau buat vlog dengan judul " mudik lebaran menggunakan mobil ev" dsb
udah banyak seliweran pada bilang kalo mobil EV bisa jadi mobil 1-1nya ampe katanya jual mobil ICEnya semua ganti ke EV. ntah bener atau dongeng.

ya pilihan sih saya sih ga mau kalo batt tinggal 10% harus alon alon cari chargeran terus nunggu 30 menit, ngabisin waktu. kadang kita pergi mau cepet sampe tujuan tidur terus malemnya masih bisa jalan jalan. cari duit susah ngapain liburan cuma sebentar nyiksa diri.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 983
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by timbermaniac123 »

ChZ wrote: Mon Dec 08, 2025 3:24
udah banyak seliweran pada bilang kalo mobil EV bisa jadi mobil 1-1nya ampe katanya jual mobil ICEnya semua ganti ke EV. ntah bener atau dongeng.
tetangga saya ganti 2 mobilnya semua ke ev... tapi orang kaya si, jadi kalau mau keluar kota bisa pinjam mobil keluarganya.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 15:13 kalau mau bandingin xpander tadi, bandingkan dengan veloz hybrid aja yang harga 300 juta. silakan cari perbaikan vs CRV misalnya.

saya sudah baca part yang mahal itu 3 buah:
- transaxle / transmisi 96,9 jt , transmisi hybrid sealed, rapat ngga bisa kemasukan air.
- inverter 67,5 jt
- baterai 48 jt, sealed, bisa jadi wiring nya aja.

yang beredar itu estimasi.
kalau part lain ya sesama zenix harganya sama.
yup... jd angka 300 jt itu klo dikurangi 3 parts termahal di atas

total gak sampai 100jt untuk case jinik.

krn untuk mobil ICE, klo kerendem banjir:
- Transmisi = aman, yg ptg ganti ATF dan filter dalam, dan gak dipaksa jalan, walau CVT pk sabuk-baja, tp masih mekanikal
- DC-AC Inverter = gak ada
- Baterai high voltage = gak ada

Selebihnya plus minus electrical lain spt ECU TCM dsb.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 983
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by timbermaniac123 »

kalau beli hybrid / ev, spare in aja budget 7jt/tahun atau 50 juta (8 tahun) untuk asuransi perluasan. Sama seperti mazda, kalau beli mazda salesnya nyarain ambil asuransi karena sparepart mahal.
timmy23387
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed May 16, 2018 4:10
Location: indonesia
Daily Vehicle: nissan xtrail

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by timmy23387 »

ChZ wrote: Mon Dec 08, 2025 3:24
timbermaniac123 wrote: Sun Dec 07, 2025 2:08
Suryaputra wrote: Sat Dec 06, 2025 16:14
Klo melintasi transjawabahn di musim lebaran, wah gokil sih klo berani :big_biglaugh:
Pasti ada aja yang mau buat vlog dengan judul " mudik lebaran menggunakan mobil ev" dsb
udah banyak seliweran pada bilang kalo mobil EV bisa jadi mobil 1-1nya ampe katanya jual mobil ICEnya semua ganti ke EV. ntah bener atau dongeng.

ya pilihan sih saya sih ga mau kalo batt tinggal 10% harus alon alon cari chargeran terus nunggu 30 menit, ngabisin waktu. kadang kita pergi mau cepet sampe tujuan tidur terus malemnya masih bisa jalan jalan. cari duit susah ngapain liburan cuma sebentar nyiksa diri.
orang yg jual mobil ICE untuk ganti ke EV salah satunya adik saya. mobil cuma 1 dan sekarang pake EV, kata dia sih agak kagok di awal aja, setelah biasa pake EV katanya udah ga bakal beli mobil ICE lagi.. kalo lagi perlu mobil bensin untuk jalan jauh mending rental aja katanya atau kalo lagi mau liburan pake grab aja di kota tujuan...

sy sendiri belum membiasakan pake EV (minjem punya dia sesekali) karena masih suka range anxiety, sedangkan sepantauan saya, lifestyle nya adik sy udah berubah, lebih terjadwal perjalanan nya, sebelum jalan cek rute dan jarak, diatur perjalanan nya dan dia charge dirumah hampir tiap hari jadi tiap pagi batere full... sy sih kayanya belum bisa se tertib dia..

menurut sy kalo pake EV, memang cara pandang kita mengenai mobil itu harus berubah, sedikit banyak lifestyle jg ngikut kendaraan nya, ibarat kita tiap hari kerja naik motor di jakarta, kalo pindah kerja ke singapore yg kemana2 naik transum, lifestyle keseluruhan akan berubah. hal ini berlaku jg untuk yg biasa pake ICE lalu pindah ke EV, walaupun sy belum 100% siap untuk pindah sih... hehe
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 983
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by timbermaniac123 »

timmy23387 wrote: Mon Dec 08, 2025 6:48
sy sendiri belum membiasakan pake EV (minjem punya dia sesekali) karena masih suka range anxiety, sedangkan sepantauan saya, lifestyle nya adik sy udah berubah, lebih terjadwal perjalanan nya, sebelum jalan cek rute dan jarak, diatur perjalanan nya dan dia charge dirumah hampir tiap hari jadi tiap pagi batere full... sy sih kayanya belum bisa se tertib dia..
Tapi banyak faktor elsternal seperti spklu sering error, orang yang cuma numpang parkir tanpa charge, sampai banyak nya jumlah antrian dsb itu yang bisa jadi bahan pertimbangan.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4470
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Mon Dec 08, 2025 3:24 udah banyak seliweran pada bilang kalo mobil EV bisa jadi mobil 1-1nya ampe katanya jual mobil ICEnya semua ganti ke EV. ntah bener atau dongeng.

ya pilihan sih saya sih ga mau kalo batt tinggal 10% harus alon alon cari chargeran terus nunggu 30 menit, ngabisin waktu. kadang kita pergi mau cepet sampe tujuan tidur terus malemnya masih bisa jalan jalan. cari duit susah ngapain liburan cuma sebentar nyiksa diri.
pasti mbah, apalagi zaman sekarang bisa jadi konten kalau kenapa2.
bikin short: gini gaes pengalaman pake EV setelah 3 bulan atau ini gaes pengalaman charge di skplu terus ada manusia ga tahu diri yg malah numpang parkir doang atau pengalaman urusan dengan beres karna mati mendadak dll .
mayan kan click bait dari segitu, nyantol 1-2 juta view aja udah dapet berapa duit tuh :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5137
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: 2025 Atto 1 - Public Transport

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Pboyz97 »

timmy23387 wrote: Mon Dec 08, 2025 6:48
ChZ wrote: Mon Dec 08, 2025 3:24
timbermaniac123 wrote: Sun Dec 07, 2025 2:08

Pasti ada aja yang mau buat vlog dengan judul " mudik lebaran menggunakan mobil ev" dsb
udah banyak seliweran pada bilang kalo mobil EV bisa jadi mobil 1-1nya ampe katanya jual mobil ICEnya semua ganti ke EV. ntah bener atau dongeng.

ya pilihan sih saya sih ga mau kalo batt tinggal 10% harus alon alon cari chargeran terus nunggu 30 menit, ngabisin waktu. kadang kita pergi mau cepet sampe tujuan tidur terus malemnya masih bisa jalan jalan. cari duit susah ngapain liburan cuma sebentar nyiksa diri.
orang yg jual mobil ICE untuk ganti ke EV salah satunya adik saya. mobil cuma 1 dan sekarang pake EV, kata dia sih agak kagok di awal aja, setelah biasa pake EV katanya udah ga bakal beli mobil ICE lagi.. kalo lagi perlu mobil bensin untuk jalan jauh mending rental aja katanya atau kalo lagi mau liburan pake grab aja di kota tujuan...

sy sendiri belum membiasakan pake EV (minjem punya dia sesekali) karena masih suka range anxiety, sedangkan sepantauan saya, lifestyle nya adik sy udah berubah, lebih terjadwal perjalanan nya, sebelum jalan cek rute dan jarak, diatur perjalanan nya dan dia charge dirumah hampir tiap hari jadi tiap pagi batere full... sy sih kayanya belum bisa se tertib dia..

menurut sy kalo pake EV, memang cara pandang kita mengenai mobil itu harus berubah, sedikit banyak lifestyle jg ngikut kendaraan nya, ibarat kita tiap hari kerja naik motor di jakarta, kalo pindah kerja ke singapore yg kemana2 naik transum, lifestyle keseluruhan akan berubah. hal ini berlaku jg untuk yg biasa pake ICE lalu pindah ke EV, walaupun sy belum 100% siap untuk pindah sih... hehe
di kota saya jabodetabek sudah lumayan banyak om, yg pensiunin semua mobil ICE nya & beralih ke EV. termasuk beberapa rekan ayah sy. dulunya mereka punya 3-4 mobil ICE & diesel, saat ini semua ICE & dieselnya sudah dilego & digantikan dengan 1 atau 2 unit mobil EV /hybrid, dengan pertimbangan konsumsi bbm yg lebih efisien jauh untuk pemakaian dalkot & kalo lukot mereka kalo ga pake transum ya rental kaya adik nya si om hehe

saya sendiri user EV & cukup puas. domisili saya di jkt dan buat pemakaian + mobilitas saya yg 90% dalkot jabodetabek dan tiap hari lewat rute gage cukup worthed. hemat jauh dari segi konsumsi bbm & pajaknya . malah dalam 1-2 tahun kedepan mobil ICE mau saya pensiunin semua dan mau ganti full EV saja, secara pemakaian kami 90% di jabodetabek & kalo lukot biasa pake transum atau rental hehe. dan kalo di kota saya, aftersales maupun infastruktur charging stationnya sudah cukup banyak jd harusnya aman hehe . saya sendiri sebelum pake EV, user ICE & diesel dari berbagai merek mulai dari T, H tegak, mazda, mitsu , lexus, BMW selama lebih dari 20 tahun , setelah ganti mobcin EV . saya sendiri cukup puas & enggan kembali ke mobil ICE lg apalagi buat dalkot, saat ini saya masih punya 3 ICE di garasi & rencananya 2 ICE saya mau saya pensiunin semua, buat dijadikan 1 EV saja untuk dalkot & practicallity lewat rute gage hehe
Last edited by Pboyz97 on Mon Dec 08, 2025 8:13, edited 1 time in total.
'23 voxy
'24 U11
'23 BRV
'25 Atto 1
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5137
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: 2025 Atto 1 - Public Transport

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Pboyz97 »

timbermaniac123 wrote: Mon Dec 08, 2025 7:23
timmy23387 wrote: Mon Dec 08, 2025 6:48
sy sendiri belum membiasakan pake EV (minjem punya dia sesekali) karena masih suka range anxiety, sedangkan sepantauan saya, lifestyle nya adik sy udah berubah, lebih terjadwal perjalanan nya, sebelum jalan cek rute dan jarak, diatur perjalanan nya dan dia charge dirumah hampir tiap hari jadi tiap pagi batere full... sy sih kayanya belum bisa se tertib dia..
Tapi banyak faktor elsternal seperti spklu sering error, orang yang cuma numpang parkir tanpa charge, sampai banyak nya jumlah antrian dsb itu yang bisa jadi bahan pertimbangan.
kalo tinggal di jabodetabek harusnya udh aman om, secara populasi EV udh cukup banyak + SPKLU jg ada dimana mana, jadi pilihan opsi buat ngechargenya jg masih cukup banyak tersedia menurut saya. diluar faktor external yg om sebutin diatas emg sulit untuk dihindari hehe
'23 voxy
'24 U11
'23 BRV
'25 Atto 1
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3423
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Salvanost »

Saya m6 setahun cuma 10.000km om
1 bulan cas full 2x aja
Ga ribet, batre under 20%? Gapapa PP ga nyampe 80km, aman...

Ngomong2 masalah transmisi EV
Hebat ya EV sangat jarang sekali mode N dipake :big_biglaugh:
timmy23387
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed May 16, 2018 4:10
Location: indonesia
Daily Vehicle: nissan xtrail

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by timmy23387 »

timbermaniac123 wrote: Mon Dec 08, 2025 7:23
timmy23387 wrote: Mon Dec 08, 2025 6:48
sy sendiri belum membiasakan pake EV (minjem punya dia sesekali) karena masih suka range anxiety, sedangkan sepantauan saya, lifestyle nya adik sy udah berubah, lebih terjadwal perjalanan nya, sebelum jalan cek rute dan jarak, diatur perjalanan nya dan dia charge dirumah hampir tiap hari jadi tiap pagi batere full... sy sih kayanya belum bisa se tertib dia..
Tapi banyak faktor elsternal seperti spklu sering error, orang yang cuma numpang parkir tanpa charge, sampai banyak nya jumlah antrian dsb itu yang bisa jadi bahan pertimbangan.
bener, masalah SPKLU dan parkir itu memang masalah real sih... selama sy minjem mobil adik, kesalahan terbesar saya adalah mindset bawa mobil ICE yg masih kebawa (memang karena mobil saya masih ICE). sy ga charge mobilnya di malem hari karena asumsi batere masih 60%, jalan deket aman lah, bisa charge di SPKLU. ternyata pas di tengah perjalanan ada perubahan rute, mulai lah keluar range anxiety saya dan mulai panik nyari SPKLU, dan kebetulan pas nyampe SPKLU ada mobil lain yg udah penuh tapi masih numpang parkir.

sy cerita ke adik saya dan diketawain sama dia. kalo dia pasti charge full tiap malem, pagi pas mau berangkat batere fresh udh full, dengan range hampir 400km untuk harian hampir bisa dipastikan batere cukup untuk wara wiri full seharian kecuali jalur luar kota. bahkan adik saya ternyata dalam sebulan palingan hanya 1-2x saja ngecharge di SPKLU, sisanya selalu charge dirumah.

inti cerita, mindset saya yang salah sih.. kalo udah siap pake EV harus siap juga untuk charge tiap malem, start hari dengan batere fresh, jangan nunggu 30% baru charge dan panik cari SPKLU. dan seperti saran adik saya, kalo mau keluar kota (dalam kasus adik saya, dia pergi luar kota hanya 2-3x dalam setahun) lebih baik sewa mobil aja, toh penghematan biaya operasional harian masih jauh lebih besar daripada biaya sewa mobil ICE 3x setahun (biasanya sih dia tukeran mobil dengan saya)
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3423
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Salvanost »

timmy23387 wrote: Mon Dec 08, 2025 10:25
timbermaniac123 wrote: Mon Dec 08, 2025 7:23
timmy23387 wrote: Mon Dec 08, 2025 6:48
sy sendiri belum membiasakan pake EV (minjem punya dia sesekali) karena masih suka range anxiety, sedangkan sepantauan saya, lifestyle nya adik sy udah berubah, lebih terjadwal perjalanan nya, sebelum jalan cek rute dan jarak, diatur perjalanan nya dan dia charge dirumah hampir tiap hari jadi tiap pagi batere full... sy sih kayanya belum bisa se tertib dia..
Tapi banyak faktor elsternal seperti spklu sering error, orang yang cuma numpang parkir tanpa charge, sampai banyak nya jumlah antrian dsb itu yang bisa jadi bahan pertimbangan.
bener, masalah SPKLU dan parkir itu memang masalah real sih... selama sy minjem mobil adik, kesalahan terbesar saya adalah mindset bawa mobil ICE yg masih kebawa (memang karena mobil saya masih ICE). sy ga charge mobilnya di malem hari karena asumsi batere masih 60%, jalan deket aman lah, bisa charge di SPKLU. ternyata pas di tengah perjalanan ada perubahan rute, mulai lah keluar range anxiety saya dan mulai panik nyari SPKLU, dan kebetulan pas nyampe SPKLU ada mobil lain yg udah penuh tapi masih numpang parkir.

sy cerita ke adik saya dan diketawain sama dia. kalo dia pasti charge full tiap malem, pagi pas mau berangkat batere fresh udh full, dengan range hampir 400km untuk harian hampir bisa dipastikan batere cukup untuk wara wiri full seharian kecuali jalur luar kota. bahkan adik saya ternyata dalam sebulan palingan hanya 1-2x saja ngecharge di SPKLU, sisanya selalu charge dirumah.

inti cerita, mindset saya yang salah sih.. kalo udah siap pake EV harus siap juga untuk charge tiap malem, start hari dengan batere fresh, jangan nunggu 30% baru charge dan panik cari SPKLU. dan seperti saran adik saya, kalo mau keluar kota (dalam kasus adik saya, dia pergi luar kota hanya 2-3x dalam setahun) lebih baik sewa mobil aja, toh penghematan biaya operasional harian masih jauh lebih besar daripada biaya sewa mobil ICE 3x setahun (biasanya sih dia tukeran mobil dengan saya)
gua juga overthinking dan anxiety
Cuma bedanya harus ada mindset "ada masalah? Ya harus ada solusi atau minimal tau solusinya"

Contoh:
Kasus BYD M6 mendadak mati karena aki rusak
(Hari ini di grup FB ada yg ngeluh BYD m6nya akinya rusak juga)

Pemilik EV ga bakalan tahu aki 12vnya udah mau rusak apa masih aman buat dipakai

Jadi pilihan dia cuma 2
1. Ganti akinya tiap 1.5tahun (aki mati dalam 1 tahun terlalu extreme)
Atau
2. Siap2 mobilnya mogok gara2 akinya mati

Nah yg aki mogok ini pengepul mobil bikin video youtube marah2 dia
Bagaimana sih layanan BYD? Masa mobil gua mogok aja nyari solusi dibikin ribet? Diping pong kesana kemari (wajib telp 2 no telp berbeda) dan mau pake fasilitas panggil towing atau teknisi harus kasih tau no rangka dan no mesin (nomor mesin byd m6 ribet cara cari tahunya)
Dan saran kalau aki mau rusak harusnya pemilik mobil tahu biar bisa segera ganti
timmy23387
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed May 16, 2018 4:10
Location: indonesia
Daily Vehicle: nissan xtrail

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by timmy23387 »

Salvanost wrote: Mon Dec 08, 2025 13:18
timmy23387 wrote: Mon Dec 08, 2025 10:25
timbermaniac123 wrote: Mon Dec 08, 2025 7:23

Tapi banyak faktor elsternal seperti spklu sering error, orang yang cuma numpang parkir tanpa charge, sampai banyak nya jumlah antrian dsb itu yang bisa jadi bahan pertimbangan.
bener, masalah SPKLU dan parkir itu memang masalah real sih... selama sy minjem mobil adik, kesalahan terbesar saya adalah mindset bawa mobil ICE yg masih kebawa (memang karena mobil saya masih ICE). sy ga charge mobilnya di malem hari karena asumsi batere masih 60%, jalan deket aman lah, bisa charge di SPKLU. ternyata pas di tengah perjalanan ada perubahan rute, mulai lah keluar range anxiety saya dan mulai panik nyari SPKLU, dan kebetulan pas nyampe SPKLU ada mobil lain yg udah penuh tapi masih numpang parkir.

sy cerita ke adik saya dan diketawain sama dia. kalo dia pasti charge full tiap malem, pagi pas mau berangkat batere fresh udh full, dengan range hampir 400km untuk harian hampir bisa dipastikan batere cukup untuk wara wiri full seharian kecuali jalur luar kota. bahkan adik saya ternyata dalam sebulan palingan hanya 1-2x saja ngecharge di SPKLU, sisanya selalu charge dirumah.

inti cerita, mindset saya yang salah sih.. kalo udah siap pake EV harus siap juga untuk charge tiap malem, start hari dengan batere fresh, jangan nunggu 30% baru charge dan panik cari SPKLU. dan seperti saran adik saya, kalo mau keluar kota (dalam kasus adik saya, dia pergi luar kota hanya 2-3x dalam setahun) lebih baik sewa mobil aja, toh penghematan biaya operasional harian masih jauh lebih besar daripada biaya sewa mobil ICE 3x setahun (biasanya sih dia tukeran mobil dengan saya)
gua juga overthinking dan anxiety
Cuma bedanya harus ada mindset "ada masalah? Ya harus ada solusi atau minimal tau solusinya"

Contoh:
Kasus BYD M6 mendadak mati karena aki rusak
(Hari ini di grup FB ada yg ngeluh BYD m6nya akinya rusak juga)

Pemilik EV ga bakalan tahu aki 12vnya udah mau rusak apa masih aman buat dipakai

Jadi pilihan dia cuma 2
1. Ganti akinya tiap 1.5tahun (aki mati dalam 1 tahun terlalu extreme)
Atau
2. Siap2 mobilnya mogok gara2 akinya mati

Nah yg aki mogok ini pengepul mobil bikin video youtube marah2 dia
Bagaimana sih layanan BYD? Masa mobil gua mogok aja nyari solusi dibikin ribet? Diping pong kesana kemari (wajib telp 2 no telp berbeda) dan mau pake fasilitas panggil towing atau teknisi harus kasih tau no rangka dan no mesin (nomor mesin byd m6 ribet cara cari tahunya)
Dan saran kalau aki mau rusak harusnya pemilik mobil tahu biar bisa segera ganti
Masalah aki, kalo di motor saya pasang voltmeter, entah apakah bisa dipasang juga di mobil EV atau ga, kalo bisa dipasang harusnya lumayan membantu sih untuk pantau kondisi aki..

Mengenai nomor rangka dan mesin, kan data tersebut ada di STNK ya?
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 440
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Andhyka »

Masalah aki mati sendiri sih bukan dialami mobil listrik saja tapi mobil bensin jg terutama yang banyak fitur.

Pernah alami di mobil yg memiliki fitur speaker 9 buah + subwoofer + power backdoor. Saat itu, lagi menunggu di parkiran matikan mesin tapi ACC on sambil setel lagu dan main hp selama 30 menit. Sebelum jalan buka tutup backdoor dan alhasil, mobil tidak bisa distarter karena aki tersisa sedikit. Terpaksa harus jumper dari mobil lain.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ilhami »

mobil hybrid dan listrik, menggunakan CAN-BUS yang sensitif. Modifikasi audio dan lampu harus lebih hati-hati.
Untuk kabel headlamp, karena pakai LED, kabelnya sekarang lebih kecil. Jadi kalau modifikasi dengan watt tambahan, harus membuat jalur baru.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

timmy23387 wrote: Mon Dec 08, 2025 15:50

Masalah aki, kalo di motor saya pasang voltmeter, entah apakah bisa dipasang juga di mobil EV atau ga, kalo bisa dipasang harusnya lumayan membantu sih untuk pantau kondisi aki..

Mengenai nomor rangka dan mesin, kan data tersebut ada di STNK ya?
Accu ini lemahnya bukan gradual (bertahap).
jd seringnya yg saya alami ya lgs tiba2 gak bisa starter.

Emang amannya spt om salvanost blg, ganti pk waktu, 1.5 bln sekali aman nya klo accu bawaan diler.
klo accu aftermarket spt amaron, delkor, dll... bisa lbh lama >2 thn

biasanya accu lgs drop (significant discharge), ketika mobil udh di rumah dan tidur semalam,
kemudian lgs lemah ketika cold start pagi hari.

solusinya ya itu, apapun mobil nya:
- ganti accu tiap 1.5 thn sekali (spt jadwal ganti minyak rem)
atau
- sedia accu charger, atau accu jump starter (spt powerbank)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

https://tk.tokopedia.com/ZSP8jMRRd/

emang ud stdnya pake ini..... :big_biglaugh:

kalo soak ganti ini aja harusnya si bisa lebih awet :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 2:52 https://tk.tokopedia.com/ZSP8jMRRd/

emang ud stdnya pake ini..... :big_biglaugh:

kalo soak ganti ini aja harusnya si bisa lebih awet :big_biglaugh:
lifepo ini operating (ambience) tempnya 0 - 45 C
https://ecotreelithium.co.uk/news/lithi ... ure-range/

nah itu tarohnya dmn?
panas sekitar gmn?
efeknya ke daya tahan

klo moblis kan hi volt batrenya didinginin lgs sm jalur pipa freon ac

wkkwkwkw
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ilhami »

Belum jauh sampai ambient temperature.

tapi pemakaian aki 12V ketika standby (mesin off) yang tidak terkontrol, Karena mengambil jalur yang selalu ON.
timmy23387
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed May 16, 2018 4:10
Location: indonesia
Daily Vehicle: nissan xtrail

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by timmy23387 »

Suryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 2:33
timmy23387 wrote: Mon Dec 08, 2025 15:50

Masalah aki, kalo di motor saya pasang voltmeter, entah apakah bisa dipasang juga di mobil EV atau ga, kalo bisa dipasang harusnya lumayan membantu sih untuk pantau kondisi aki..

Mengenai nomor rangka dan mesin, kan data tersebut ada di STNK ya?
Accu ini lemahnya bukan gradual (bertahap).
jd seringnya yg saya alami ya lgs tiba2 gak bisa starter.

Emang amannya spt om salvanost blg, ganti pk waktu, 1.5 bln sekali aman nya klo accu bawaan diler.
klo accu aftermarket spt amaron, delkor, dll... bisa lbh lama >2 thn

biasanya accu lgs drop (significant discharge), ketika mobil udh di rumah dan tidur semalam,
kemudian lgs lemah ketika cold start pagi hari.

solusinya ya itu, apapun mobil nya:
- ganti accu tiap 1.5 thn sekali (spt jadwal ganti minyak rem)
atau
- sedia accu charger, atau accu jump starter (spt powerbank)
ok2, ternyata ga gradual ya langsung drop. berarti ganti aki nya harus terjadwal dan sedia jump starter untuk emergency ya solusinya...
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ilhami »

sebenarnya gradual dan bisa di test pakai alat. kalau peka, start sudah mulai panjang, tandanya minta ganti aki
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

urusan listrik dan perbatrean ini emang unpredictable

rusak nya ya bisa aja gradual, bisa lgs tiba2

namanya elektron, no one knows
krn gak ada istilah brebet dan sejenisnya

manufaktur dan designer teknisnya play safe juga,
klo udh mulai di luar toleransi, ya masuk safe mode (or dimatiin sekalian) :big_biglaugh: :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ilhami »

balikin ke mindset orangnya aja. :ngacir:

Dulu juga si supra fit pernah tiba-tiba mogok lagi dibawa jalan. Ternyata di kepala piston penuh kerak. Dibilang ga pake warning ya relatif ngga ada warning.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: Tue Dec 09, 2025 4:29 balikin ke mindset orangnya aja. :ngacir:

Dulu juga si supra fit pernah tiba-tiba mogok lagi dibawa jalan. Ternyata di kepala piston penuh kerak. Dibilang ga pake warning ya relatif ngga ada warning.
Iya bener jg

Hidup udh rumit

Tinggal beli lg aja mobil buat serep kan
Masa dua2nya rusak sekaligus kan nggak jg :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ilhami »

Kalau pakai sesuatu jangan sampai rusak.
Service berkala di cek misal rem tidak bisa sampai 10 rb km lagi, langsung diganti.
Konsepnya sama dengan oli, kita ngga perlu cek lab apakah oli masih bagus. Cukup interval 10rb km pasti diganti.