Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Suryaputra wrote: Sat Dec 06, 2025 16:14
Klo melintasi transjawabahn di musim lebaran, wah gokil sih klo berani
Pasti ada aja yang mau buat vlog dengan judul " mudik lebaran menggunakan mobil ev" dsb
udah banyak seliweran pada bilang kalo mobil EV bisa jadi mobil 1-1nya ampe katanya jual mobil ICEnya semua ganti ke EV. ntah bener atau dongeng.
ya pilihan sih saya sih ga mau kalo batt tinggal 10% harus alon alon cari chargeran terus nunggu 30 menit, ngabisin waktu. kadang kita pergi mau cepet sampe tujuan tidur terus malemnya masih bisa jalan jalan. cari duit susah ngapain liburan cuma sebentar nyiksa diri.
ChZ wrote: Mon Dec 08, 2025 3:24
udah banyak seliweran pada bilang kalo mobil EV bisa jadi mobil 1-1nya ampe katanya jual mobil ICEnya semua ganti ke EV. ntah bener atau dongeng.
tetangga saya ganti 2 mobilnya semua ke ev... tapi orang kaya si, jadi kalau mau keluar kota bisa pinjam mobil keluarganya.
ilhami wrote: Sun Dec 07, 2025 15:13
kalau mau bandingin xpander tadi, bandingkan dengan veloz hybrid aja yang harga 300 juta. silakan cari perbaikan vs CRV misalnya.
saya sudah baca part yang mahal itu 3 buah:
- transaxle / transmisi 96,9 jt , transmisi hybrid sealed, rapat ngga bisa kemasukan air.
- inverter 67,5 jt
- baterai 48 jt, sealed, bisa jadi wiring nya aja.
yang beredar itu estimasi.
kalau part lain ya sesama zenix harganya sama.
yup... jd angka 300 jt itu klo dikurangi 3 parts termahal di atas
total gak sampai 100jt untuk case jinik.
krn untuk mobil ICE, klo kerendem banjir:
- Transmisi = aman, yg ptg ganti ATF dan filter dalam, dan gak dipaksa jalan, walau CVT pk sabuk-baja, tp masih mekanikal
- DC-AC Inverter = gak ada
- Baterai high voltage = gak ada
Selebihnya plus minus electrical lain spt ECU TCM dsb.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kalau beli hybrid / ev, spare in aja budget 7jt/tahun atau 50 juta (8 tahun) untuk asuransi perluasan. Sama seperti mazda, kalau beli mazda salesnya nyarain ambil asuransi karena sparepart mahal.
Suryaputra wrote: Sat Dec 06, 2025 16:14
Klo melintasi transjawabahn di musim lebaran, wah gokil sih klo berani
Pasti ada aja yang mau buat vlog dengan judul " mudik lebaran menggunakan mobil ev" dsb
udah banyak seliweran pada bilang kalo mobil EV bisa jadi mobil 1-1nya ampe katanya jual mobil ICEnya semua ganti ke EV. ntah bener atau dongeng.
ya pilihan sih saya sih ga mau kalo batt tinggal 10% harus alon alon cari chargeran terus nunggu 30 menit, ngabisin waktu. kadang kita pergi mau cepet sampe tujuan tidur terus malemnya masih bisa jalan jalan. cari duit susah ngapain liburan cuma sebentar nyiksa diri.
orang yg jual mobil ICE untuk ganti ke EV salah satunya adik saya. mobil cuma 1 dan sekarang pake EV, kata dia sih agak kagok di awal aja, setelah biasa pake EV katanya udah ga bakal beli mobil ICE lagi.. kalo lagi perlu mobil bensin untuk jalan jauh mending rental aja katanya atau kalo lagi mau liburan pake grab aja di kota tujuan...
sy sendiri belum membiasakan pake EV (minjem punya dia sesekali) karena masih suka range anxiety, sedangkan sepantauan saya, lifestyle nya adik sy udah berubah, lebih terjadwal perjalanan nya, sebelum jalan cek rute dan jarak, diatur perjalanan nya dan dia charge dirumah hampir tiap hari jadi tiap pagi batere full... sy sih kayanya belum bisa se tertib dia..
menurut sy kalo pake EV, memang cara pandang kita mengenai mobil itu harus berubah, sedikit banyak lifestyle jg ngikut kendaraan nya, ibarat kita tiap hari kerja naik motor di jakarta, kalo pindah kerja ke singapore yg kemana2 naik transum, lifestyle keseluruhan akan berubah. hal ini berlaku jg untuk yg biasa pake ICE lalu pindah ke EV, walaupun sy belum 100% siap untuk pindah sih... hehe
timmy23387 wrote: Mon Dec 08, 2025 6:48
sy sendiri belum membiasakan pake EV (minjem punya dia sesekali) karena masih suka range anxiety, sedangkan sepantauan saya, lifestyle nya adik sy udah berubah, lebih terjadwal perjalanan nya, sebelum jalan cek rute dan jarak, diatur perjalanan nya dan dia charge dirumah hampir tiap hari jadi tiap pagi batere full... sy sih kayanya belum bisa se tertib dia..
Tapi banyak faktor elsternal seperti spklu sering error, orang yang cuma numpang parkir tanpa charge, sampai banyak nya jumlah antrian dsb itu yang bisa jadi bahan pertimbangan.
ChZ wrote: Mon Dec 08, 2025 3:24
udah banyak seliweran pada bilang kalo mobil EV bisa jadi mobil 1-1nya ampe katanya jual mobil ICEnya semua ganti ke EV. ntah bener atau dongeng.
ya pilihan sih saya sih ga mau kalo batt tinggal 10% harus alon alon cari chargeran terus nunggu 30 menit, ngabisin waktu. kadang kita pergi mau cepet sampe tujuan tidur terus malemnya masih bisa jalan jalan. cari duit susah ngapain liburan cuma sebentar nyiksa diri.
pasti mbah, apalagi zaman sekarang bisa jadi konten kalau kenapa2.
bikin short: gini gaes pengalaman pake EV setelah 3 bulan atau ini gaes pengalaman charge di skplu terus ada manusia ga tahu diri yg malah numpang parkir doang atau pengalaman urusan dengan beres karna mati mendadak dll .
mayan kan click bait dari segitu, nyantol 1-2 juta view aja udah dapet berapa duit tuh
Pasti ada aja yang mau buat vlog dengan judul " mudik lebaran menggunakan mobil ev" dsb
udah banyak seliweran pada bilang kalo mobil EV bisa jadi mobil 1-1nya ampe katanya jual mobil ICEnya semua ganti ke EV. ntah bener atau dongeng.
ya pilihan sih saya sih ga mau kalo batt tinggal 10% harus alon alon cari chargeran terus nunggu 30 menit, ngabisin waktu. kadang kita pergi mau cepet sampe tujuan tidur terus malemnya masih bisa jalan jalan. cari duit susah ngapain liburan cuma sebentar nyiksa diri.
orang yg jual mobil ICE untuk ganti ke EV salah satunya adik saya. mobil cuma 1 dan sekarang pake EV, kata dia sih agak kagok di awal aja, setelah biasa pake EV katanya udah ga bakal beli mobil ICE lagi.. kalo lagi perlu mobil bensin untuk jalan jauh mending rental aja katanya atau kalo lagi mau liburan pake grab aja di kota tujuan...
sy sendiri belum membiasakan pake EV (minjem punya dia sesekali) karena masih suka range anxiety, sedangkan sepantauan saya, lifestyle nya adik sy udah berubah, lebih terjadwal perjalanan nya, sebelum jalan cek rute dan jarak, diatur perjalanan nya dan dia charge dirumah hampir tiap hari jadi tiap pagi batere full... sy sih kayanya belum bisa se tertib dia..
menurut sy kalo pake EV, memang cara pandang kita mengenai mobil itu harus berubah, sedikit banyak lifestyle jg ngikut kendaraan nya, ibarat kita tiap hari kerja naik motor di jakarta, kalo pindah kerja ke singapore yg kemana2 naik transum, lifestyle keseluruhan akan berubah. hal ini berlaku jg untuk yg biasa pake ICE lalu pindah ke EV, walaupun sy belum 100% siap untuk pindah sih... hehe
di kota saya jabodetabek sudah lumayan banyak om, yg pensiunin semua mobil ICE nya & beralih ke EV. termasuk beberapa rekan ayah sy. dulunya mereka punya 3-4 mobil ICE & diesel, saat ini semua ICE & dieselnya sudah dilego & digantikan dengan 1 atau 2 unit mobil EV /hybrid, dengan pertimbangan konsumsi bbm yg lebih efisien jauh untuk pemakaian dalkot & kalo lukot mereka kalo ga pake transum ya rental kaya adik nya si om hehe
saya sendiri user EV & cukup puas. domisili saya di jkt dan buat pemakaian + mobilitas saya yg 90% dalkot jabodetabek dan tiap hari lewat rute gage cukup worthed. hemat jauh dari segi konsumsi bbm & pajaknya . malah dalam 1-2 tahun kedepan mobil ICE mau saya pensiunin semua dan mau ganti full EV saja, secara pemakaian kami 90% di jabodetabek & kalo lukot biasa pake transum atau rental hehe. dan kalo di kota saya, aftersales maupun infastruktur charging stationnya sudah cukup banyak jd harusnya aman hehe . saya sendiri sebelum pake EV, user ICE & diesel dari berbagai merek mulai dari T, H tegak, mazda, mitsu , lexus, BMW selama lebih dari 20 tahun , setelah ganti mobcin EV . saya sendiri cukup puas & enggan kembali ke mobil ICE lg apalagi buat dalkot, saat ini saya masih punya 3 ICE di garasi & rencananya 2 ICE saya mau saya pensiunin semua, buat dijadikan 1 EV saja untuk dalkot & practicallity lewat rute gage hehe
Last edited by Pboyz97 on Mon Dec 08, 2025 8:13, edited 1 time in total.
timmy23387 wrote: Mon Dec 08, 2025 6:48
sy sendiri belum membiasakan pake EV (minjem punya dia sesekali) karena masih suka range anxiety, sedangkan sepantauan saya, lifestyle nya adik sy udah berubah, lebih terjadwal perjalanan nya, sebelum jalan cek rute dan jarak, diatur perjalanan nya dan dia charge dirumah hampir tiap hari jadi tiap pagi batere full... sy sih kayanya belum bisa se tertib dia..
Tapi banyak faktor elsternal seperti spklu sering error, orang yang cuma numpang parkir tanpa charge, sampai banyak nya jumlah antrian dsb itu yang bisa jadi bahan pertimbangan.
kalo tinggal di jabodetabek harusnya udh aman om, secara populasi EV udh cukup banyak + SPKLU jg ada dimana mana, jadi pilihan opsi buat ngechargenya jg masih cukup banyak tersedia menurut saya. diluar faktor external yg om sebutin diatas emg sulit untuk dihindari hehe
timmy23387 wrote: Mon Dec 08, 2025 6:48
sy sendiri belum membiasakan pake EV (minjem punya dia sesekali) karena masih suka range anxiety, sedangkan sepantauan saya, lifestyle nya adik sy udah berubah, lebih terjadwal perjalanan nya, sebelum jalan cek rute dan jarak, diatur perjalanan nya dan dia charge dirumah hampir tiap hari jadi tiap pagi batere full... sy sih kayanya belum bisa se tertib dia..
Tapi banyak faktor elsternal seperti spklu sering error, orang yang cuma numpang parkir tanpa charge, sampai banyak nya jumlah antrian dsb itu yang bisa jadi bahan pertimbangan.
bener, masalah SPKLU dan parkir itu memang masalah real sih... selama sy minjem mobil adik, kesalahan terbesar saya adalah mindset bawa mobil ICE yg masih kebawa (memang karena mobil saya masih ICE). sy ga charge mobilnya di malem hari karena asumsi batere masih 60%, jalan deket aman lah, bisa charge di SPKLU. ternyata pas di tengah perjalanan ada perubahan rute, mulai lah keluar range anxiety saya dan mulai panik nyari SPKLU, dan kebetulan pas nyampe SPKLU ada mobil lain yg udah penuh tapi masih numpang parkir.
sy cerita ke adik saya dan diketawain sama dia. kalo dia pasti charge full tiap malem, pagi pas mau berangkat batere fresh udh full, dengan range hampir 400km untuk harian hampir bisa dipastikan batere cukup untuk wara wiri full seharian kecuali jalur luar kota. bahkan adik saya ternyata dalam sebulan palingan hanya 1-2x saja ngecharge di SPKLU, sisanya selalu charge dirumah.
inti cerita, mindset saya yang salah sih.. kalo udah siap pake EV harus siap juga untuk charge tiap malem, start hari dengan batere fresh, jangan nunggu 30% baru charge dan panik cari SPKLU. dan seperti saran adik saya, kalo mau keluar kota (dalam kasus adik saya, dia pergi luar kota hanya 2-3x dalam setahun) lebih baik sewa mobil aja, toh penghematan biaya operasional harian masih jauh lebih besar daripada biaya sewa mobil ICE 3x setahun (biasanya sih dia tukeran mobil dengan saya)
timmy23387 wrote: Mon Dec 08, 2025 6:48
sy sendiri belum membiasakan pake EV (minjem punya dia sesekali) karena masih suka range anxiety, sedangkan sepantauan saya, lifestyle nya adik sy udah berubah, lebih terjadwal perjalanan nya, sebelum jalan cek rute dan jarak, diatur perjalanan nya dan dia charge dirumah hampir tiap hari jadi tiap pagi batere full... sy sih kayanya belum bisa se tertib dia..
Tapi banyak faktor elsternal seperti spklu sering error, orang yang cuma numpang parkir tanpa charge, sampai banyak nya jumlah antrian dsb itu yang bisa jadi bahan pertimbangan.
bener, masalah SPKLU dan parkir itu memang masalah real sih... selama sy minjem mobil adik, kesalahan terbesar saya adalah mindset bawa mobil ICE yg masih kebawa (memang karena mobil saya masih ICE). sy ga charge mobilnya di malem hari karena asumsi batere masih 60%, jalan deket aman lah, bisa charge di SPKLU. ternyata pas di tengah perjalanan ada perubahan rute, mulai lah keluar range anxiety saya dan mulai panik nyari SPKLU, dan kebetulan pas nyampe SPKLU ada mobil lain yg udah penuh tapi masih numpang parkir.
sy cerita ke adik saya dan diketawain sama dia. kalo dia pasti charge full tiap malem, pagi pas mau berangkat batere fresh udh full, dengan range hampir 400km untuk harian hampir bisa dipastikan batere cukup untuk wara wiri full seharian kecuali jalur luar kota. bahkan adik saya ternyata dalam sebulan palingan hanya 1-2x saja ngecharge di SPKLU, sisanya selalu charge dirumah.
inti cerita, mindset saya yang salah sih.. kalo udah siap pake EV harus siap juga untuk charge tiap malem, start hari dengan batere fresh, jangan nunggu 30% baru charge dan panik cari SPKLU. dan seperti saran adik saya, kalo mau keluar kota (dalam kasus adik saya, dia pergi luar kota hanya 2-3x dalam setahun) lebih baik sewa mobil aja, toh penghematan biaya operasional harian masih jauh lebih besar daripada biaya sewa mobil ICE 3x setahun (biasanya sih dia tukeran mobil dengan saya)
gua juga overthinking dan anxiety
Cuma bedanya harus ada mindset "ada masalah? Ya harus ada solusi atau minimal tau solusinya"
Contoh:
Kasus BYD M6 mendadak mati karena aki rusak
(Hari ini di grup FB ada yg ngeluh BYD m6nya akinya rusak juga)
Pemilik EV ga bakalan tahu aki 12vnya udah mau rusak apa masih aman buat dipakai
Jadi pilihan dia cuma 2
1. Ganti akinya tiap 1.5tahun (aki mati dalam 1 tahun terlalu extreme)
Atau
2. Siap2 mobilnya mogok gara2 akinya mati
Nah yg aki mogok ini pengepul mobil bikin video youtube marah2 dia
Bagaimana sih layanan BYD? Masa mobil gua mogok aja nyari solusi dibikin ribet? Diping pong kesana kemari (wajib telp 2 no telp berbeda) dan mau pake fasilitas panggil towing atau teknisi harus kasih tau no rangka dan no mesin (nomor mesin byd m6 ribet cara cari tahunya)
Dan saran kalau aki mau rusak harusnya pemilik mobil tahu biar bisa segera ganti
Tapi banyak faktor elsternal seperti spklu sering error, orang yang cuma numpang parkir tanpa charge, sampai banyak nya jumlah antrian dsb itu yang bisa jadi bahan pertimbangan.
bener, masalah SPKLU dan parkir itu memang masalah real sih... selama sy minjem mobil adik, kesalahan terbesar saya adalah mindset bawa mobil ICE yg masih kebawa (memang karena mobil saya masih ICE). sy ga charge mobilnya di malem hari karena asumsi batere masih 60%, jalan deket aman lah, bisa charge di SPKLU. ternyata pas di tengah perjalanan ada perubahan rute, mulai lah keluar range anxiety saya dan mulai panik nyari SPKLU, dan kebetulan pas nyampe SPKLU ada mobil lain yg udah penuh tapi masih numpang parkir.
sy cerita ke adik saya dan diketawain sama dia. kalo dia pasti charge full tiap malem, pagi pas mau berangkat batere fresh udh full, dengan range hampir 400km untuk harian hampir bisa dipastikan batere cukup untuk wara wiri full seharian kecuali jalur luar kota. bahkan adik saya ternyata dalam sebulan palingan hanya 1-2x saja ngecharge di SPKLU, sisanya selalu charge dirumah.
inti cerita, mindset saya yang salah sih.. kalo udah siap pake EV harus siap juga untuk charge tiap malem, start hari dengan batere fresh, jangan nunggu 30% baru charge dan panik cari SPKLU. dan seperti saran adik saya, kalo mau keluar kota (dalam kasus adik saya, dia pergi luar kota hanya 2-3x dalam setahun) lebih baik sewa mobil aja, toh penghematan biaya operasional harian masih jauh lebih besar daripada biaya sewa mobil ICE 3x setahun (biasanya sih dia tukeran mobil dengan saya)
gua juga overthinking dan anxiety
Cuma bedanya harus ada mindset "ada masalah? Ya harus ada solusi atau minimal tau solusinya"
Contoh:
Kasus BYD M6 mendadak mati karena aki rusak
(Hari ini di grup FB ada yg ngeluh BYD m6nya akinya rusak juga)
Pemilik EV ga bakalan tahu aki 12vnya udah mau rusak apa masih aman buat dipakai
Jadi pilihan dia cuma 2
1. Ganti akinya tiap 1.5tahun (aki mati dalam 1 tahun terlalu extreme)
Atau
2. Siap2 mobilnya mogok gara2 akinya mati
Nah yg aki mogok ini pengepul mobil bikin video youtube marah2 dia
Bagaimana sih layanan BYD? Masa mobil gua mogok aja nyari solusi dibikin ribet? Diping pong kesana kemari (wajib telp 2 no telp berbeda) dan mau pake fasilitas panggil towing atau teknisi harus kasih tau no rangka dan no mesin (nomor mesin byd m6 ribet cara cari tahunya)
Dan saran kalau aki mau rusak harusnya pemilik mobil tahu biar bisa segera ganti
Masalah aki, kalo di motor saya pasang voltmeter, entah apakah bisa dipasang juga di mobil EV atau ga, kalo bisa dipasang harusnya lumayan membantu sih untuk pantau kondisi aki..
Mengenai nomor rangka dan mesin, kan data tersebut ada di STNK ya?
Masalah aki mati sendiri sih bukan dialami mobil listrik saja tapi mobil bensin jg terutama yang banyak fitur.
Pernah alami di mobil yg memiliki fitur speaker 9 buah + subwoofer + power backdoor. Saat itu, lagi menunggu di parkiran matikan mesin tapi ACC on sambil setel lagu dan main hp selama 30 menit. Sebelum jalan buka tutup backdoor dan alhasil, mobil tidak bisa distarter karena aki tersisa sedikit. Terpaksa harus jumper dari mobil lain.
mobil hybrid dan listrik, menggunakan CAN-BUS yang sensitif. Modifikasi audio dan lampu harus lebih hati-hati.
Untuk kabel headlamp, karena pakai LED, kabelnya sekarang lebih kecil. Jadi kalau modifikasi dengan watt tambahan, harus membuat jalur baru.
Masalah aki, kalo di motor saya pasang voltmeter, entah apakah bisa dipasang juga di mobil EV atau ga, kalo bisa dipasang harusnya lumayan membantu sih untuk pantau kondisi aki..
Mengenai nomor rangka dan mesin, kan data tersebut ada di STNK ya?
Accu ini lemahnya bukan gradual (bertahap).
jd seringnya yg saya alami ya lgs tiba2 gak bisa starter.
Emang amannya spt om salvanost blg, ganti pk waktu, 1.5 bln sekali aman nya klo accu bawaan diler.
klo accu aftermarket spt amaron, delkor, dll... bisa lbh lama >2 thn
biasanya accu lgs drop (significant discharge), ketika mobil udh di rumah dan tidur semalam,
kemudian lgs lemah ketika cold start pagi hari.
solusinya ya itu, apapun mobil nya:
- ganti accu tiap 1.5 thn sekali (spt jadwal ganti minyak rem)
atau
- sedia accu charger, atau accu jump starter (spt powerbank)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Masalah aki, kalo di motor saya pasang voltmeter, entah apakah bisa dipasang juga di mobil EV atau ga, kalo bisa dipasang harusnya lumayan membantu sih untuk pantau kondisi aki..
Mengenai nomor rangka dan mesin, kan data tersebut ada di STNK ya?
Accu ini lemahnya bukan gradual (bertahap).
jd seringnya yg saya alami ya lgs tiba2 gak bisa starter.
Emang amannya spt om salvanost blg, ganti pk waktu, 1.5 bln sekali aman nya klo accu bawaan diler.
klo accu aftermarket spt amaron, delkor, dll... bisa lbh lama >2 thn
biasanya accu lgs drop (significant discharge), ketika mobil udh di rumah dan tidur semalam,
kemudian lgs lemah ketika cold start pagi hari.
solusinya ya itu, apapun mobil nya:
- ganti accu tiap 1.5 thn sekali (spt jadwal ganti minyak rem)
atau
- sedia accu charger, atau accu jump starter (spt powerbank)
ok2, ternyata ga gradual ya langsung drop. berarti ganti aki nya harus terjadwal dan sedia jump starter untuk emergency ya solusinya...
Dulu juga si supra fit pernah tiba-tiba mogok lagi dibawa jalan. Ternyata di kepala piston penuh kerak. Dibilang ga pake warning ya relatif ngga ada warning.
ilhami wrote: Tue Dec 09, 2025 4:29
balikin ke mindset orangnya aja.
Dulu juga si supra fit pernah tiba-tiba mogok lagi dibawa jalan. Ternyata di kepala piston penuh kerak. Dibilang ga pake warning ya relatif ngga ada warning.
Iya bener jg
Hidup udh rumit
Tinggal beli lg aja mobil buat serep kan
Masa dua2nya rusak sekaligus kan nggak jg
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Kalau pakai sesuatu jangan sampai rusak.
Service berkala di cek misal rem tidak bisa sampai 10 rb km lagi, langsung diganti.
Konsepnya sama dengan oli, kita ngga perlu cek lab apakah oli masih bagus. Cukup interval 10rb km pasti diganti.