[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Bukan berlebihan bro, tapi saya cuma ingetin aja bahwa fortuner itu kalah dari penglihatan bro pribadi, kalo orang lain yg liat, fortuner bisa menang dan gak selalu kalah dari Captiva.
Kenapa? Karena sekali lagi spt yg udah sering saya ulang2, karena konsumen berbeda2, dan nilai timbangan/berat suatu fitur juga berbeda2 buat tiap2 orang...... :mrgreen:
Gak ada standard baku "bagaimana menilai mobil yg paling bener", sehingga gak usah heran kalo mobil yg menurut anda jelek, bisa dibanderol lebih mahal.

Kalo bos gak bisa terima adanya faktor ini, ya gapapa......tapi yg real terjadi sekarang di pasar adalah: "Mobil yg laku engga satu aja bos", artinya kalo memang semua orang berpikiran sama kaya ente, mustinya yg laku cuma Captiva dong, mobil lain gak ada yg mao beli....lha hebat banget kan Captiva di mata bos.
Atau kalo semua orang cuma berpikir "fitur/spek paling banyak/bagus dengan harga paling murah", maka yg laku cuma proton dan chery......Tapi kan pasar bilangnya lain :mrgreen: .

OK deh, sekarang kita bahas dari pernyataan bos aja deh yg ini nih:
tanpa faktor resale value (faktor eksternal), fortie disel udh kalah duluan ama saingan2nya (evie n ctv)
Berarti sama aja kaya bro Captivated mengakui dong bahwa sekarang Fortuner lebih unggul secara keseluruhan (kalo faktor2 eksternal dimasukkin)gitu kan?
Karena kalo baca tulisan bos diatas, dan pake pembuktian terbalik sama aja kaya bos bilang "Fortuner sekarang menang karena adanya faktor Resale/faktor2 eksternal" dari Captiva, bukan begitu? :e-think:

Nah kalo kita sama2 udah setuju dengan pemikiran diatas, maka topik2 spt misalnya "kenapa Fortuner harga lebih mahal tapi tetep banyak aja yg beli?", sebenernya udah bisa dijawab pake tulisan bos sendiri: "Yaitu karena kebanyakan orang masih melihat fortuner lebih menang atau kasih value lebih banyak secara keseluruhan (internal + eksternal) daripada saingan2nya termasuk Captiva" Atau kalo bahasa halusnya: "Kebanyakan orang (pasar) masih melihat bahwa Fortuner lebih bisa memuaskan value2/nilai2 yg dicarinya dari sebuah mobil dibanding produk lain walaupun value2 tsb bukanlah value yg langsung keliatan spt spek di brosur"......, dan bukan karena marketnya/kebanyakan orang2 adalah gak wise/irrational/luar biasa, cuma karena menurut bos mereka seharusnya pilih produk lain.
1. gw ga prnh maksa org utk beli/ga beli mbl tertentu. gw hanya beropini... ada org yg ga setuju dgn gw, terserah
gini lho.....memang betul dari kemaren pun bro terkadang bilang bahwa "teori" ini adalah "menurut saya" saja. Tapi imo, kalo ini cuma opini bos sendiri artinya "teori" bos ini cuma berlaku untuk kalangan sendiri dong, jadi engga usah heran kalo teori bos berlainan dengan keadaan pasar atau berlainan dengan selera orang lain, yg artinya juga gak usah kita mencap selera orang lain dengan sebutan yg berbau konotatif kalo orang itu tidak sama seleranya dalam milih mobil dgn kita :mrgreen:

Kalo saya bilang: "menurut saya" barang A jelek, artinya saya gak peduli sama orang2 yg beli barang A atau gak peduli sama yg menganggap barang A itu bagus, sehingga saya gak usah nyebut2 orang2 yg beli barang A dgn kata2 yg berbau konotatif, ......kecuali kalo saya memang bikin general statement (bukan "menurut saya" statement) :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:[2. betul, fortie menang di "sisi eksternal" (merk/resale). mknya gw ngebahas "sisi internal":
Nah mungkin ngga sih faktor2 eksternal ini (termasuk resale, perceived quality, after sales services, dsb) yg bikin sementara ini Forti lebih unggul dari Captiva secara salesnya?

Kalo kita balik ke topik lalu ke pertanyaan: "Kenapa Fortie udah jauh lebih mahal tapi tetep jauh lebih laku?", mungkin ngga sih jawaban yg sama(diatas) bisa diaplikasikan juga kesini?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:3. nah ini skrg gw ngomongin ttg mslh harga, kl ntar ujung2nya ke sales egp :mrgreen:
kalo di periode skrg aja kita melihat, mk gw ga bkl heran. yg bikin gw heran, hrga fortie yg naik dr thn lalu 285jt smpe skrg 361jt. berarti "persepsi" pasar ikut berubah? thn lalu pasar berpikir harganya 285jt, skrg pantasnya 361jt ?
knp pasar tdk ikut mengubah persepsi thd ctv/everst (krn thn lalu ctv/everest lbh mahal drpd fortie) menjadi 365jt misalnya?
apa pasar berat sebelah???
Percuma kita selalu mempertanyakan "kenapa harga forti naik segitu tinggi?", atau "berapa sih untungnya si tam jualan forti?"
Karena gak ada yg tau pasti jawabannya kecuali controller nya si TAM buka kartu disini. Kalo sampe ada SMers yg jawabpun, biasanya jawaban tsb cuma jwb tebak2 aja.

Kalo saya jadi konsumen yg lagi timbang2 mao beli forti atau captiva, ya saya akan:
1. Liat uang saya ada berapa sekarang
2. Liat harga kedua produk tsb sekarang (bukan liat harga setahun lalu)
3. Tentukan produk mana (dengan segala kelemahan/kelebihannya) yg lebih worth uang saya, gitu kan?
Kalo setelah saya timbang masak2 dan saya memutuskan bahwa uang saya lebih layak ditukar dengan sebuah Captiva, ya saya akan beli Captiva, begitu juga sebaliknya.
Jadi pada saat saya menimbang2 beli keduanya, saya juga gak akan liat harga keduanya setahun yg lalu....buat apa? Kalopun harga keduanya lebih rendah jauh di tahun lalu, ya too bad untuk saya.....udah lewat waktunya :mrgreen:

Jadi dari contoh diatas bisa sekalian menjawab pertanyaan bro Captivated, bahwa pasar bukan "rubah persepsi" (benernya ane kurang jelas sama pernyataan ini) atau berat sebelah. Pasar, kalo melihat figur salesnya, berarti masih menganggap harga 361 jt masih "masuk" untuk sebuah Forti.

Misal saya tahun lalu mao beli forti pada harga 285 jt? Tarolah karena kelamaan mikir tiba2 harga forti naik ke 361 jt.
Berarti harga 285 jt itu udah lewat untuk saya, dan gak usah lagi dibawa2.
Sekarang kalo saya mao beli forti, saya harus timbang lagi apakah kenaikan harga tsb masih worth value2 yg dibawa forti untuk saya?
Kalo jawabannya engga worth lagi, ya saya akan lari ke produk lain (saya yakin banyak calon konsumen forti yg lari karena faktor harga ini). Tapi kalo jawaban saya "Hmm....wlaupun harga naik segitu, saya masih merasa Forti yg paling bisa kasih value2 yg saya cari", ya saya bayar walaupun harga udah naik, bukan kah begitu?

Nah kalo kita liat figur salesnya, artinya masih lebih banyak yg menganggap Harga forti masih worth dengan value2 yg dibawanya atau value2 yg dicarinya dari sebuah mobil. Tapi IMO, TAM musti hati2 karena pasti ada satu level harga dimana calon konsumen akan kabur ke produk lain sebagaimanapun bagusnya value2 forti tsb.

Semua diatas juga berlaku sama Captiva dan Everest

Sori bro bawa2 figur sales lagi, soalnya susah kalo ngomongin harga tanpa ngomongin sales :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:cb tengok apa kata Presiden Director Ford Motor Indonesaia Will Anggrove
"Tidak ada kenaikan harga. Bukan karena ada penurunan specifikasi, tetapi stabilitas nilai rupiah yang memungkinkan ini terjadi," terang Anggrove disela-sela peluncuran New Ford Everest, beberapa waktu lalu.
tlg yg pakar2 ekonomi bs ksh penjelasan ilmiah ttg fenomena ini :e-wall:
IMO, gak ada satu pakar ekonomi pun yg bisa menjelaskan ttg ini karena ini kan cuma policynya si FoMoCo atau si FMI aja.
gak ada yg tau kecuali orang dalemnya FMI.

Kalo dari otak ngeyelnya saya, inikan sebenernya "marketing" aja, mungkin FMI mao memanfaatkan situasi disaat pemain2 besar menaikkan harga produknya.
Memang biasanya produk2 yg masih kurang populer, untuk menarik minat masyarakat u/ coba produknya, bakalan bermain dengan taktik "discounted price" alias kasi harga lebih murah untuk lure calon pembeli.
Kalo setelah orang pake tu produk dan percaya bahwa produk inipun benernya gak kalah sama produk pemain besar, maka gak usah didiskon pun orang2 pada beli.

Contohnya liat aja Hyundai, pas sekarang orang2 udah mulai "percaya" dengan Hyundai, harganyanya pun udah "gak diskon banyak2 lagi" hehehe.....

Pemain2 besar pun juga gitu, gak ada yg tau persis-nya kenapa harga produknya dinaikkin, bisa karena serakah mao untung gede, bisa juga karena faktor modalnya naik, dsb, dsb...ujung2nya ya kita tebak2an lagi :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Susah dong kalo standard sebuah diskusi anda yg tetepin semua. Karena kalo ngomongin harga tanpa ngomongin sales kan sama aja boong (karena 2 hal itu saling bertalian). Kalo kita cuma boleh ngomong harga, maka semua mobil yg serupa captiva tapi dgn harga lebih tinggi, berarti kelihatannya overprice semua dong, keliatan jelek semua dong, captiva doang dong yg paling good value? :mrgreen:
Tapi kalo angka2 harga tsb dibandingkan dengan angka salesnya, maka analisa bisa lebih baik. Karena kalo ada mobil yg harganya lebih mahal dari captiva tapi salesnya jauh lebih tinggi, artinya mobil tsb bukan overprice dong?, alias ada "balancer"/pembandingnya nya kalo kita pake figure sales untuk menentukan apakah sebenernya harga sebuah produk itu kemahalan atau tidak sih? overprice atau tidak sih?

Kalo anda bilang "apalg byk bnr yg suka ngebelokin ke sales (krn pasti menang)", ya saya juga bisa bilang dong kalo cuma pake faktor harga aja, berarti Captiva juga pasti menang.
Makanya IMO, gak papa campur aja diskusi pake faktor2 Price + Sales (karena 2 ini memang sangat dekat hubungannya)
Saya aja engga pernah komplain kalo ada orang yg bawa2 faktor harga dalam diskusi ini, jadi kenapa kita HARUS dan cuma boleh ngomongin harga doang (apakah supaya Captiva keliatan lebih bagus?) :mrgreen:
maaf kl kliatannya gw seolah2 menetapkan stnadar sndri, bukan maksud demkian
pasar ga bisa dilarang utk beli apapun. kopi instan yg sebungkus 2rb rupiah, tp byk jg org minum kopi di starbuck yg harganya 30rb
tp apakah kita tdk bs menilai suatu produk sbg "overpriced" krn msh ada yg mau beli? kl anda menganut paham "tdk overpriced krn msh ada yg beli" berarti ga bakal klar2 nih pembahasan krn mindset kita udh beda
Saya gak pernah bilang: "tdk overpriced krn msh ada yg beli", yg saya bilang diatas tuh: "kalo ada mobil yg harganya lebih mahal dari captiva tapi salesnya jauh lebih tinggi, artinya mobil tsb bukan overprice dong", artinya mindset kita engga berbeda ttg kata "Overpriced" :mrgreen:

Kalo pake analogi kopi anda:
Di pasar atau di satu desa yg jumlah penduduknya 4000 orang.
1000 orang minum kopi A seharga 2000 per cangkir, sedangkan 3000 orang minum kopi B seharga 2500 per cangkir.
Nah, apakah kopi B overpriced?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote: pembeli forti tdk sama dgn spekulan... yg spekulan itu pembeli yg berharap pd resale, entah fortie,ctv,evie,dll.
Walaupun fortinya dipake untuk kerja, dipake untuk anter sekolah, rekreasi, dsb......tapi tetep spekulan?

Kalo buat saya, "resale value" itu mrpk salah satu faktor keunggulan mobil tsb aja (walaupun termasuk faktor eksternal), sama aja kaya reliability, performance, fitur2, after sales service, dll....alias cuma faktor2 plus yg dibawa oleh mobil tsb aja, tapi gak membuat orang yg nyari faktor2 tsb jadi punya "cap" tertentu.
Saya engga menganggap orang yg nyari performace sbg "pembalap", atau orang yg nyari reliability sebagai "pemalas karena males ngurus mobil", dll....

Kalo orang beli forti sekarang 360 jt, abis itu di keep 6 bulan dan berharap harganya jadi 400 jt...mungkin itu bisa disebut spekulan.....well orang punya definisi masing2 lah :mrgreen:
Captivated wrote:sorry gw kmrn bacanya kecepetan : org yg beli dollar utk sekolahin anak = bukan spekulan. yg gw maksud, kl org beli saham/dolar utk dijual lg.
kl org beli saham utk portofolio hari tua = ttp spekulan... krn psti berharap agar nilainya naik spy :
- saat dia akan menjualnya suatu saat nanti, dia untung
- tdk dijual tp spy dpt dividen yg lbh gede dr perusahaan ybs
mslhnya baik nilai saham maupun besarnya dividen dimasa depan... nobody knows! dsini tanpa sadar org tlh melakukan spekol
Ya ini ada standar ganda lagi. Saya gak masalah definisinya spekulan itu apa, asal konsisten jadi kita gak bingung :mrgreen:
kl org beli saham utk portofolio hari tua = ttp spekulan, maka beli emas buat cincin kawin juga spekulan dong?

Kalo orang beli dollar sekarang buat dipake bayar uang sekolah anaknya 1 tahun lagi spekulan bukan? :e-think:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
FortunerMan wrote: Pengertian anda salah total. Mengharapkan resale yg bagus bukan berarti spekulan. Saya mengharapkan resale bagus sebagai wealth preservation...anda mau penjelasan juga kenapa uang mesti disimpen?

Saya mau resale mobil saya bagus, supaya kalau saya sudah bosen Fortuner saya...saya bisa jual dengan harga bagus untuk beli mobil berikutnya. Misalnya saya pengen produk baru yang harganya 600 juta....mendingan mana, nombok 300 juta atau nombok 400 juta? Apa saya spekulan menurut anda?

Anda mau simpen Captiva anda selamanya? silahkan. Saya sih nggak.
sederhana :
saat anda jual lg nantinya, kira2 di harga berapa yg anda harapkan?
saat anda jual tsb, pastikah 100% resale value fortie paling bagus diantara mobil2 sekelasnya?
Nah ini ada arti baru lagi dari spekulan?

Diatas kayaknya bro bilang "I. spekulan = karena mengharapkan resale value bagus", sekarang definisi beda lagi: "II. spekulan = karena kita engga tau/pasti apakah resale value paling bagus/tidak"
Di definisi kedua ini berarti juga berlaku untuk pembeli Captiva dong dan seluruh pembeli mobil lain karena kita kan gak tau masa depan (bisa aja 1 tahun lagi resalenya Captiva jadi lebih tinggi dari Forti)......berarti kalo pake arti spekulan ke II ini, berarti pembeli captiva = spekulan semua juga, sama spt semua pembeli toyota.

Makanya saya ulang2 bilang, beda definisi gak papa yg penting konsisten :mrgreen: soalnya kalo gak konsisten, kita2 yg baca jadi bingung.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
campoeran wrote:@captiv: rasanya kalo 100% sih endak tp saya yakin 99% resale fortie masih lbh tinggi drpd ctv walau udah 5th ke depan ( mgkn udah sama2 ganti model ) :big_peace:
berarti ttp spekulan, ga pasti toh?

gw heran apa sih mslhnya dgn term "spekulan"? pasti kita smua prnh melakukan :
- milih jalan : jl. A macet, kita pindah ke jln. B (instead of C,D,E....) krn berharap jl. B itu ga macet.
- ujian : kita cm bljr di bab A (bab laennya ga dibaca) krn kita pikir/yakin bhwa hanya dr bab tsb materi ujian diambil
- pekerjaan : kita plh perusahaan A krn berharap masa depan yg plg baik dsitu
- dst
itu smua spekulasi jg, krn kita ga tau pasti apakah pilihan kita itu pasti 100% terwujud (walopun ada pertimbangan2 tertentu yg bikin kita memilihnya)

ga usah malu dgn spekulasi... sadar-ga sadar, mau-ga mau, suka-ga suka kita prnh melakukannya
gw jg srg spekulasi (bukan hanya dlm mslh keuangan), thus bs dicap spekulan.... so what??? :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Wah bro ini ada arti baru lagi ttg spekulan.
Dan arti spekulan yg ini udah jauh berbeda dari arti "spekulan" yg kita bicarain didepan, jangan terus terusan di stretch dong arti "spekulan" tsb wahhhhh :mrgreen:
Kalo yg ini mah udah sama kaya "life as gambling game"...yg sama aja kaya "karena besok saya gak tau masih ada nyawa atau engga, maka saya = spekulan"

Yg pasti sih ini bukan arti spekulan yg bro tujukan ke pembeli Fortuner....ini mah kita semua umat manusia = spekulan :mrgreen:
Ini mah gak beres2 diskusinya :mrgreen:
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by iwang »

sepikulan sepokilan hahaha

ngopi dulu achhhhh
:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

campoeran wrote:tp saya rasa jarang ya org bl mbl utk alasan spekulan.
Ya, maksud saya juga gitu om, biasanya orang yg beli mobil tuh karena tujuan utamanya mao pake itu mobil.

Resale value cuma salah satu keunggulan mobil tsb aja, artinya lumayan uang saya yg dicari cape2 gak gitu abis pas mobil ini dijual....gitu aja.
Ada mungkin bbrp contoh spekulan2 mobil misalnya showroom2 mobkas beli mobil2 baru yg indentnya panjang, dan setelah dapet mobilnya langsung dijual lagi di showroomnya dan harga di jack up dikit, dengan tujuan untung sesaat. Tapi pada umumnya mobil bukan mrpk komoditi yg lazim untuk dibuat spekulasi :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:jarang... bukan berarti "ga ada"
ada... bukan berarti "semua"
betul, tapi orang yg memasukkan "resale value" ke dalam kriteria mobilnya bukan berarti dia spekulan, sama spt orang yg memasukkan "performance" ke dalam kriteria mobilnya, gak menjadikan dia seorang pembalap :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

iwang wrote:ada yang suka iwan fals ga?
Image
ini hailuk apa portuner yak?
udah nonton district 9 lom om Iwang?
tu hilux nya keren bener tuh
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

iwang wrote:sepikulan sepokilan hahaha

ngopi dulu achhhhh
:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Hayoooo........om iwang ketauan gak puasa... hehehe.....
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by iwang »

district 9 apaan tu om? jarang nonton tipi sih
@mandala : enak neh neskape cap emas + kent blu putura (rokok apa merek sujuki neh ga jelas) :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by DOHC »

Risol1 wrote:
Captivated wrote:jarang... bukan berarti "ga ada"
ada... bukan berarti "semua"
betul, tapi orang yg memasukkan "resale value" ke dalam kriteria mobilnya bukan berarti dia spekulan, sama spt orang yg memasukkan "performance" ke dalam kriteria mobilnya, gak menjadikan dia seorang pembalap :mrgreen:
tp kalo memasukan performance ke dalam mobilnya, bearti dia itu kan calon atau ada keinginan utk jadi pembalap on the move kan bro risol (laper)... trus pembalap itu biar kata newbie atau pro, tetep aja sama2 pembalap.....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by DOHC »

iwang wrote:district 9 apaan tu om? jarang nonton tipi sih
@mandala : enak neh neskape cap emas + kent blu putura (rokok apa merek sujuki neh ga jelas) :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
distrik sembilan itu nama pelem bioskop bro, critanya ttg alien yg tinggal di bumi, nah kawasan itu dinamain distrik sembilan oleh pemerintah US sana...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

iwang wrote:district 9 apaan tu om? jarang nonton tipi sih
@mandala : enak neh neskape cap emas + kent blu putura (rokok apa merek sujuki neh ga jelas) :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
pelem bioskop om......ttg alien yg maennya di Johannesburg tuh, deket sama tempat ente sekarang :mrgreen:
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by iwang »

wah tambah jarang lagi nonton bioskop...hmmm pelem yang piktip2 gitu yak..
ngomong2 bule2 suka jg ya angka2 hoki gitu, 9..:D :D
alien apa alin tuh...? alin mah cakep :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

DOHC wrote:
Risol1 wrote:
Captivated wrote:jarang... bukan berarti "ga ada"
ada... bukan berarti "semua"
betul, tapi orang yg memasukkan "resale value" ke dalam kriteria mobilnya bukan berarti dia spekulan, sama spt orang yg memasukkan "performance" ke dalam kriteria mobilnya, gak menjadikan dia seorang pembalap :mrgreen:
tp kalo memasukan performance ke dalam mobilnya, bearti dia itu kan calon atau ada keinginan utk jadi pembalap on the move kan bro risol (laper)... trus pembalap itu biar kata newbie atau pro, tetep aja sama2 pembalap.....
hehe...wah sori bro saya kaga ngarti nih.....
Tapi karena bro DOHC (pengen ngebut) yg bilang, ane manggut aja deh hihihihi :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

DOHC wrote:
iwang wrote:district 9 apaan tu om? jarang nonton tipi sih
@mandala : enak neh neskape cap emas + kent blu putura (rokok apa merek sujuki neh ga jelas) :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
distrik sembilan itu nama pelem bioskop bro, critanya ttg alien yg tinggal di bumi, nah kawasan itu dinamain distrik sembilan oleh pemerintah US sana...
Nah ntu udah dijawabin tuh sama om DOHC
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by iwang »

wah kalo joburg blon pernah tu kesono...tp ga keren ah aprika slatan...kalo sudan, jangankan alien...US aja ga brani..hehehe :D :D
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

@iwang: enakan wasgitel geh? (wangi panas legi kuentel) :mrgreen:
asal jangan kopi sijitu (kopi siji jagong pitu) hehehe.....
weeeh......boleh tuh buat oleh2 rokok cap putura, disini mah banyakan minak jinggo (miring enak nungging monggo) :upss:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by DOHC »

Risol1 wrote:
DOHC wrote:
Risol1 wrote: betul, tapi orang yg memasukkan "resale value" ke dalam kriteria mobilnya bukan berarti dia spekulan, sama spt orang yg memasukkan "performance" ke dalam kriteria mobilnya, gak menjadikan dia seorang pembalap :mrgreen:
tp kalo memasukan performance ke dalam mobilnya, bearti dia itu kan calon atau ada keinginan utk jadi pembalap on the move kan bro risol (laper)... trus pembalap itu biar kata newbie atau pro, tetep aja sama2 pembalap.....
hehe...wah sori bro saya kaga ngarti nih.....
Tapi karena bro DOHC (pengen ngebut) yg bilang, ane manggut aja deh hihihihi :mrgreen:
sini ane jelasin, maksud ane.... kalo orang uda memasukan part2 performance ke mobil nya, pasti ntuh orang ada hasrat utk jadi pembalap donk, kan sama2 pengen lari kenceng.... duh, liatin nick ente lama2 laper banget jadinya....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

DOHC wrote:sini ane jelasin, maksud ane.... kalo orang uda memasukan part2 performance ke mobil nya, pasti ntuh orang ada hasrat utk jadi pembalap donk, kan sama2 pengen lari kenceng.... duh, liatin nick ente lama2 laper banget jadinya....
maksud ane tuh bukan masukkin parts performance ke mobilnya, bro DOHC, tapi masukkin faktor "performance" ke kriteria pemilihan mobil yg akan dibelinya....gitu.....
misalnya: Hanya karena salah satu pertimbangan beli mobil A adalah karena tenaganya paling gede kan engga membuat dia dijuluki pembalap, geto om.....ngerti gak nih sekarang? Kalo belom ane turunin pangkat ente nih jadi SOHC :mrgreen:

ngeliatin nick ente ane jadi pengen ngebut..... :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by ZombiEE »

uda sampai dimana yah ini sekarang? :big_slap: