Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by kenop »

sahabatq8 wrote: Sat Jul 27, 2024 6:08
kenop wrote: Sat Jul 27, 2024 5:37
sahabatq8 wrote: Sat Jul 27, 2024 2:53

Pake Q8 CVT EVO bisa, di bengkel resmi jg ada jual.

Toda setau saya bisa deh
CVT FE TMO (mobil yaris cross) diganti pake Q8 ini bisa ya om?

Ane berasa kayak agak dodol ini transmisi, mungkin dr oli cvt nya ngga bagus kah?
Bisa, yaris cross non hybrid ya?

Kalo yang hybrid ecvt zenix ngeri itu, olinya pake atf super encer, lebih encer dari ws lagi
Iya om, yg non hybrid
Ntar pas 10rb km ganti dah, dr baru ngga smooth rasanya, mgkn emg butut aja kl cvtf bawaanny :big_biglaugh:

Tq om infonya
adzie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: Thu Aug 20, 2015 23:26
Daily Vehicle: Baleno New Age 2023

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by adzie »

Suryaputra wrote: Sat Jul 27, 2024 2:14
Hahahaa klo di beres call dl, ijin masuk ruangan servis untuk ngeliat tap oli cvt sm ganti oli mesin aja atau klo ada pergantian parts.
Klo gak boleh, paksa aja :mky_03:
Haha siap Om
sahabatq8 wrote: Sat Jul 27, 2024 2:53
Pake Q8 CVT EVO bisa, di bengkel resmi jg ada jual.

Toda setau saya bisa deh
kalo ganti merk oli, misal kaya Q8 ini perlu di flush juga ga sih kalo di transmisi Om?
sh00t wrote: Sat Jul 27, 2024 6:03

Kalau om tinggal di daerah BSD, bisa ke tempatnya Om
marmut wrote:
Om tinggal beli olinya di online store. Untuk spesifikasinya olinya, jangan malas" buka manual booknya. Untuk alamat Om marmut, bisa PM beliau.
wah boleh nih Om.. JAPRI ya Om minta alamatnya hehehe...
Mazda 2 Sedan R Type - 1.5L MZR
VW Polo A4 (1J) - Mk4
X-Trail T32 - QR25DE
Biante SkyActiv - 2.0 L SkyActiv-G (PE-VPS) I4
New Age Baleno - K14B
StargazerX - Smartstream G1.5 G4FL
WR-V (DG4) - L15ZF
danangnurdiantoro
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Mar 03, 2024 10:18
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015 matic

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by danangnurdiantoro »

Mau tanya ni om

Kebetulan baru ganti oli matic innova tahun 2011, nyoba dibengkel selain astra.
Biasanya pake TMO T-IV, cuman dibengkel ini kebetulan kosong barangnya.

Jadi dia isi pake KIXX ATF DX-6 (dexron 6), diweb KIXX sendiri oli ini bisa buat Toyota T-IV dan WS.
Nah ini yg buat aku bingung, di TMO sendiri kan antara oli T-IV sama WS punya 2 spek yang terpisah kan


Apakah aman ya innova lama pakai oli KIXX ini? takut kenapa napa ni
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10704
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

danangnurdiantoro wrote: Sun Aug 11, 2024 0:36 Mau tanya ni om

Kebetulan baru ganti oli matic innova tahun 2011, nyoba dibengkel selain astra.
Biasanya pake TMO T-IV, cuman dibengkel ini kebetulan kosong barangnya.

Jadi dia isi pake KIXX ATF DX-6 (dexron 6), diweb KIXX sendiri oli ini bisa buat Toyota T-IV dan WS.
Nah ini yg buat aku bingung, di TMO sendiri kan antara oli T-IV sama WS punya 2 spek yang terpisah kan


Apakah aman ya innova lama pakai oli KIXX ini? takut kenapa napa ni
Mnrt pendapat mbah suhu dan warga di sini sih,

malah enak dan responsif klo OEM nya T-IV, dikasih oli luar beres Spec WS / Dexron 6 (krn oli luar tsb backward compatible dgn T-IV).

drpd penasaran coba aja mbah, diflush oli T-IV lama nya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
danangnurdiantoro
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Mar 03, 2024 10:18
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015 matic

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by danangnurdiantoro »

Suryaputra wrote: Sun Aug 11, 2024 2:36
danangnurdiantoro wrote: Sun Aug 11, 2024 0:36 Mau tanya ni om

Kebetulan baru ganti oli matic innova tahun 2011, nyoba dibengkel selain astra.
Biasanya pake TMO T-IV, cuman dibengkel ini kebetulan kosong barangnya.

Jadi dia isi pake KIXX ATF DX-6 (dexron 6), diweb KIXX sendiri oli ini bisa buat Toyota T-IV dan WS.
Nah ini yg buat aku bingung, di TMO sendiri kan antara oli T-IV sama WS punya 2 spek yang terpisah kan


Apakah aman ya innova lama pakai oli KIXX ini? takut kenapa napa ni
Mnrt pendapat mbah suhu dan warga di sini sih,

malah enak dan responsif klo OEM nya T-IV, dikasih oli luar beres Spec WS / Dexron 6 (krn oli luar tsb backward compatible dgn T-IV).

drpd penasaran coba aja mbah, diflush oli T-IV lama nya.
siap om, ini juga udah diganti ke KIXX yg DX6, impresi awal si lebih responsif jadinya.
Cuman kemarin agak panik juga, krn habis ganti oli matic ini kebetulan ke astra buat cek kaki2, waktu dia liat gantungan baru diganti ke oli matic DX6, dia bilang gak rekomen buat innova lama yg masih T-IV
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Sun Aug 11, 2024 2:36
danangnurdiantoro wrote: Sun Aug 11, 2024 0:36 Mau tanya ni om

Kebetulan baru ganti oli matic innova tahun 2011, nyoba dibengkel selain astra.
Biasanya pake TMO T-IV, cuman dibengkel ini kebetulan kosong barangnya.

Jadi dia isi pake KIXX ATF DX-6 (dexron 6), diweb KIXX sendiri oli ini bisa buat Toyota T-IV dan WS.
Nah ini yg buat aku bingung, di TMO sendiri kan antara oli T-IV sama WS punya 2 spek yang terpisah kan


Apakah aman ya innova lama pakai oli KIXX ini? takut kenapa napa ni
Mnrt pendapat mbah suhu dan warga di sini sih,

malah enak dan responsif klo OEM nya T-IV, dikasih oli luar beres Spec WS / Dexron 6 (krn oli luar tsb backward compatible dgn T-IV).

drpd penasaran coba aja mbah, diflush oli T-IV lama nya.
Dexron 6 backward compatible dengan dexron 3, tapi setau saya WS gak backward compatible dengan T-IV deh.

Cuma memang so far sih aman aman aja ya yang pada pake ws. Biasanya yang bisa dua duanya itu spek nanggung kyk Q8 Auto JK, lebih encer dari T-IV tapi lebih kentel dari WS
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10704
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Sun Aug 11, 2024 4:01
Suryaputra wrote: Sun Aug 11, 2024 2:36
danangnurdiantoro wrote: Sun Aug 11, 2024 0:36 Mau tanya ni om

Kebetulan baru ganti oli matic innova tahun 2011, nyoba dibengkel selain astra.
Biasanya pake TMO T-IV, cuman dibengkel ini kebetulan kosong barangnya.

Jadi dia isi pake KIXX ATF DX-6 (dexron 6), diweb KIXX sendiri oli ini bisa buat Toyota T-IV dan WS.
Nah ini yg buat aku bingung, di TMO sendiri kan antara oli T-IV sama WS punya 2 spek yang terpisah kan


Apakah aman ya innova lama pakai oli KIXX ini? takut kenapa napa ni
Mnrt pendapat mbah suhu dan warga di sini sih,

malah enak dan responsif klo OEM nya T-IV, dikasih oli luar beres Spec WS / Dexron 6 (krn oli luar tsb backward compatible dgn T-IV).

drpd penasaran coba aja mbah, diflush oli T-IV lama nya.
Dexron 6 backward compatible dengan dexron 3, tapi setau saya WS gak backward compatible dengan T-IV deh.

Cuma memang so far sih aman aman aja ya yang pada pake ws. Biasanya yang bisa dua duanya itu spek nanggung kyk Q8 Auto JK, lebih encer dari T-IV tapi lebih kentel dari WS
iya memang klo di manual book nya toyota spt itu,

cuma teknologi lendir skrg (oli di luar beres / KIXX DX-VI), sudah test dan proven, oli yg mereka buat backward compatible dgn T-IV.
jadi ya no worries.

https://www.scribd.com/document/5480980 ... VI-Catalog
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by MSU »

danangnurdiantoro wrote: Sun Aug 11, 2024 0:36 Mau tanya ni om

Kebetulan baru ganti oli matic innova tahun 2011, nyoba dibengkel selain astra.
Biasanya pake TMO T-IV, cuman dibengkel ini kebetulan kosong barangnya.

Jadi dia isi pake KIXX ATF DX-6 (dexron 6), diweb KIXX sendiri oli ini bisa buat Toyota T-IV dan WS.
Nah ini yg buat aku bingung, di TMO sendiri kan antara oli T-IV sama WS punya 2 spek yang terpisah kan


Apakah aman ya innova lama pakai oli KIXX ini? takut kenapa napa ni
Feeling sy pabrik oli aftermarket bikin spek di tengah2 spy bs comply ke WS maupun T-IV...
Akhirnya kembali ke keyakinan masing2...
Jebol atau ga...rasanya pabrik yg bikin harusnya ya udh riset
danangnurdiantoro
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Mar 03, 2024 10:18
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015 matic

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by danangnurdiantoro »

sahabatq8 wrote: Sun Aug 11, 2024 4:01
Suryaputra wrote: Sun Aug 11, 2024 2:36
danangnurdiantoro wrote: Sun Aug 11, 2024 0:36 Mau tanya ni om

Kebetulan baru ganti oli matic innova tahun 2011, nyoba dibengkel selain astra.
Biasanya pake TMO T-IV, cuman dibengkel ini kebetulan kosong barangnya.

Jadi dia isi pake KIXX ATF DX-6 (dexron 6), diweb KIXX sendiri oli ini bisa buat Toyota T-IV dan WS.
Nah ini yg buat aku bingung, di TMO sendiri kan antara oli T-IV sama WS punya 2 spek yang terpisah kan


Apakah aman ya innova lama pakai oli KIXX ini? takut kenapa napa ni
Mnrt pendapat mbah suhu dan warga di sini sih,

malah enak dan responsif klo OEM nya T-IV, dikasih oli luar beres Spec WS / Dexron 6 (krn oli luar tsb backward compatible dgn T-IV).

drpd penasaran coba aja mbah, diflush oli T-IV lama nya.
Dexron 6 backward compatible dengan dexron 3, tapi setau saya WS gak backward compatible dengan T-IV deh.

Cuma memang so far sih aman aman aja ya yang pada pake ws. Biasanya yang bisa dua duanya itu spek nanggung kyk Q8 Auto JK, lebih encer dari T-IV tapi lebih kentel dari WS
iya om, kalau dari speknya dia emang lebih encer di banding T-IV, tapi di web dia emang cantumin ini bisa buat T-IV. Coba cek2 oli lain yang spek keencerannya mirip dan udah dex6 juga kebanyakan comply ke T-IV dan WS.

Coba aku pake dulu ini, kalau kira2 rasanya gak enak, biar aman kayaknya balik lagi ke T-IV
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by RezPrat »

danangnurdiantoro wrote: Sun Aug 11, 2024 0:36 Mau tanya ni om

Kebetulan baru ganti oli matic innova tahun 2011, nyoba dibengkel selain astra.
Biasanya pake TMO T-IV, cuman dibengkel ini kebetulan kosong barangnya.

Jadi dia isi pake KIXX ATF DX-6 (dexron 6), diweb KIXX sendiri oli ini bisa buat Toyota T-IV dan WS.
Nah ini yg buat aku bingung, di TMO sendiri kan antara oli T-IV sama WS punya 2 spek yang terpisah kan


Apakah aman ya innova lama pakai oli KIXX ini? takut kenapa napa ni
Gak pa pa om, InsyaAllah aman, justru, biasanya shift 4at nya jadi cekatan di Kasi spec mirip WS karena lebih encer.
danangnurdiantoro
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Mar 03, 2024 10:18
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015 matic

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by danangnurdiantoro »

danangnurdiantoro wrote: Sun Aug 11, 2024 6:16
sahabatq8 wrote: Sun Aug 11, 2024 4:01
Suryaputra wrote: Sun Aug 11, 2024 2:36

Mnrt pendapat mbah suhu dan warga di sini sih,

malah enak dan responsif klo OEM nya T-IV, dikasih oli luar beres Spec WS / Dexron 6 (krn oli luar tsb backward compatible dgn T-IV).

drpd penasaran coba aja mbah, diflush oli T-IV lama nya.
Dexron 6 backward compatible dengan dexron 3, tapi setau saya WS gak backward compatible dengan T-IV deh.

Cuma memang so far sih aman aman aja ya yang pada pake ws. Biasanya yang bisa dua duanya itu spek nanggung kyk Q8 Auto JK, lebih encer dari T-IV tapi lebih kentel dari WS
iya om, kalau dari speknya dia emang lebih encer di banding T-IV, tapi di web dia emang cantumin ini bisa buat T-IV. Coba cek2 oli lain yang spek keencerannya mirip dan udah dex6 juga kebanyakan comply ke T-IV dan WS.

Coba aku pake dulu ini, kalau kira2 rasanya gak enak, biar aman kayaknya balik lagi ke T-IV
Ok udah dapet jawaban email langsung dari KIXX, krn ini udah terlanjur isi katanya dilanjut sampe interval ganti setelahnya masih bisa.
Cuman dipenggantian kedepannya rekomendasi mereka ganti ke KIXX multi atf (visco sama kayak Q8 Auto JK).
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by MSU »

CVTF.PNG
dulu saya dapat tabel ini dari member SM juga, maap lupa siapa orangnya...
cuma penasaran...di tabel ini untuk bagian visco index dll...kurleb angkanya masih ok lah ada di range yg mirip...
tp brookfield visco tu apaan ya...krn si shell ekstrem rendah...
sy cari2 di google...tp masih ga kebayang yg bagus tu angka rendah / tinggi
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 877
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by azu »

MSU wrote: Thu Aug 22, 2024 5:10
CVTF.PNG
dulu saya dapat tabel ini dari member SM juga, maap lupa siapa orangnya...
cuma penasaran...di tabel ini untuk bagian visco index dll...kurleb angkanya masih ok lah ada di range yg mirip...
tp brookfield visco tu apaan ya...krn si shell ekstrem rendah...
sy cari2 di google...tp masih ga kebayang yg bagus tu angka rendah / tinggi
Saya waktu itu hanya compile dari PDS yg tersedia untuk masing-masing produk supaya tidak bulak-balik buka PDSnya satu-satu, makanya ada beberapa produk yg parameternya tidak lengkap karena tidak tercantum di PDS nya :mky_01:

Kalau saya sih paling lihatnya di Viscosity @100C utk cari yg mendekati spek fluida pabrikan.

Mungkin suhu yg lain bisa menambahkan, takutnya saya juga salah :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by MSU »

azu wrote: Thu Aug 22, 2024 5:39
MSU wrote: Thu Aug 22, 2024 5:10 CVTF.PNG

dulu saya dapat tabel ini dari member SM juga, maap lupa siapa orangnya...
cuma penasaran...di tabel ini untuk bagian visco index dll...kurleb angkanya masih ok lah ada di range yg mirip...
tp brookfield visco tu apaan ya...krn si shell ekstrem rendah...
sy cari2 di google...tp masih ga kebayang yg bagus tu angka rendah / tinggi
Saya waktu itu hanya compile dari PDS yg tersedia untuk masing-masing produk supaya tidak bulak-balik buka PDSnya satu-satu, makanya ada beberapa produk yg parameternya tidak lengkap karena tidak tercantum di PDS nya :mky_01:

Kalau saya sih paling lihatnya di Viscosity @100C utk cari yg mendekati spek fluida pabrikan.

Mungkin suhu yg lain bisa menambahkan, takutnya saya juga salah :mky_01:
ah ini kang rekapnya..tengkyu datanya om...memang jd gampang compare-nya...
sy cuma lagi penasaran ama brookfield visco aja & efeknya kemana
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

MSU wrote: Thu Aug 22, 2024 5:10 CVTF.PNG

dulu saya dapat tabel ini dari member SM juga, maap lupa siapa orangnya...
cuma penasaran...di tabel ini untuk bagian visco index dll...kurleb angkanya masih ok lah ada di range yg mirip...
tp brookfield visco tu apaan ya...krn si shell ekstrem rendah...
sy cari2 di google...tp masih ga kebayang yg bagus tu angka rendah / tinggi
Viscosity index , viscosity , brookfield viscosity itu kurang mencerminkan kualitas dari suatu oli. Di pds aja biasa ada tulis angka ini cuma sebagai acuan properti typicalnya bukan spesifikasi.

Misalnya, viscosity index tinggi , belom tentu karena base oilnya bagus, bisa jadi karena pake vi improver yang banyak. VI tinggi, tau tau saat di pake dan di tes lab shearing (jadi encer) nah baru ketahuan tuh, ternyata base oilnya jelek cuma VI tinggi karena pake improver.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by MSU »

sahabatq8 wrote: Thu Aug 22, 2024 6:04
MSU wrote: Thu Aug 22, 2024 5:10 CVTF.PNG

dulu saya dapat tabel ini dari member SM juga, maap lupa siapa orangnya...
cuma penasaran...di tabel ini untuk bagian visco index dll...kurleb angkanya masih ok lah ada di range yg mirip...
tp brookfield visco tu apaan ya...krn si shell ekstrem rendah...
sy cari2 di google...tp masih ga kebayang yg bagus tu angka rendah / tinggi
Viscosity index , viscosity , brookfield viscosity itu kurang mencerminkan kualitas dari suatu oli. Di pds aja biasa ada tulis angka ini cuma sebagai acuan properti typicalnya bukan spesifikasi.

Misalnya, viscosity index tinggi , belom tentu karena base oilnya bagus, bisa jadi karena pake vi improver yang banyak. VI tinggi, tau tau saat di pake dan di tes lab shearing (jadi encer) nah baru ketahuan tuh, ternyata base oilnya jelek cuma VI tinggi karena pake improver.
noted om....rasa2nya om berarti cuma liat spek beginian ga jaminan jg ya...mgkn paling bener test pake + abis itu uji lab...
sy cuma lg kepingin cari alternatif utk avanza cvt...perasaan kalo dibejek2 lama2 cvt koq jadi kayak memble...biasa kalo di tol cruising di 100kmh 2000rpm...misal rada agresif bawa-nya & kickdown...sy berasa rpm naik ke 3000 tp kecepatan kayak lama banget naiknya..
terakhir pake nanjak di cipularang...ada bau sangit ntah dari mobil sy/mobil sebelah/itu cuma bau catalytic...memang waktu itu rada dibejek jg berhubung nanjak & perlu nyalip (udh pindah ke S)
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by kenop »

MSU wrote: Thu Aug 22, 2024 6:11
sahabatq8 wrote: Thu Aug 22, 2024 6:04
MSU wrote: Thu Aug 22, 2024 5:10 CVTF.PNG

dulu saya dapat tabel ini dari member SM juga, maap lupa siapa orangnya...
cuma penasaran...di tabel ini untuk bagian visco index dll...kurleb angkanya masih ok lah ada di range yg mirip...
tp brookfield visco tu apaan ya...krn si shell ekstrem rendah...
sy cari2 di google...tp masih ga kebayang yg bagus tu angka rendah / tinggi
Viscosity index , viscosity , brookfield viscosity itu kurang mencerminkan kualitas dari suatu oli. Di pds aja biasa ada tulis angka ini cuma sebagai acuan properti typicalnya bukan spesifikasi.

Misalnya, viscosity index tinggi , belom tentu karena base oilnya bagus, bisa jadi karena pake vi improver yang banyak. VI tinggi, tau tau saat di pake dan di tes lab shearing (jadi encer) nah baru ketahuan tuh, ternyata base oilnya jelek cuma VI tinggi karena pake improver.
noted om....rasa2nya om berarti cuma liat spek beginian ga jaminan jg ya...mgkn paling bener test pake + abis itu uji lab...
sy cuma lg kepingin cari alternatif utk avanza cvt...perasaan kalo dibejek2 lama2 cvt koq jadi kayak memble...biasa kalo di tol cruising di 100kmh 2000rpm...misal rada agresif bawa-nya & kickdown...sy berasa rpm naik ke 3000 tp kecepatan kayak lama banget naiknya..
terakhir pake nanjak di cipularang...ada bau sangit ntah dari mobil sy/mobil sebelah/itu cuma bau catalytic...memang waktu itu rada dibejek jg berhubung nanjak & perlu nyalip (udh pindah ke S)
sy pake yarcross bensin (mesin sm transmisi kayaknya plek2an sm avanza), hampir ngga pernah sy kickdown kayak di matic konven
di S aja berasanya aneh, rpm naik tapi kayak kosong ngga ada tenaga (kayak selip gt), malah enakan gas di urut taro di D
oiya ini baru mau 10rb km, nanti pas servis kedua coba tanya ke beres dl, siapa tau bisa diapain kek gt, walopun kayaknya ngga bakal diapa2in sih :big_biglaugh:
paling jawaban template "normal pak, mobil lain juga seperti itu" :big_slap:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

kenop wrote: Thu Aug 22, 2024 6:48
MSU wrote: Thu Aug 22, 2024 6:11
sahabatq8 wrote: Thu Aug 22, 2024 6:04

Viscosity index , viscosity , brookfield viscosity itu kurang mencerminkan kualitas dari suatu oli. Di pds aja biasa ada tulis angka ini cuma sebagai acuan properti typicalnya bukan spesifikasi.

Misalnya, viscosity index tinggi , belom tentu karena base oilnya bagus, bisa jadi karena pake vi improver yang banyak. VI tinggi, tau tau saat di pake dan di tes lab shearing (jadi encer) nah baru ketahuan tuh, ternyata base oilnya jelek cuma VI tinggi karena pake improver.
noted om....rasa2nya om berarti cuma liat spek beginian ga jaminan jg ya...mgkn paling bener test pake + abis itu uji lab...
sy cuma lg kepingin cari alternatif utk avanza cvt...perasaan kalo dibejek2 lama2 cvt koq jadi kayak memble...biasa kalo di tol cruising di 100kmh 2000rpm...misal rada agresif bawa-nya & kickdown...sy berasa rpm naik ke 3000 tp kecepatan kayak lama banget naiknya..
terakhir pake nanjak di cipularang...ada bau sangit ntah dari mobil sy/mobil sebelah/itu cuma bau catalytic...memang waktu itu rada dibejek jg berhubung nanjak & perlu nyalip (udh pindah ke S)
sy pake yarcross bensin (mesin sm transmisi kayaknya plek2an sm avanza), hampir ngga pernah sy kickdown kayak di matic konven
di S aja berasanya aneh, rpm naik tapi kayak kosong ngga ada tenaga (kayak selip gt), malah enakan gas di urut taro di D
oiya ini baru mau 10rb km, nanti pas servis kedua coba tanya ke beres dl, siapa tau bisa diapain kek gt, walopun kayaknya ngga bakal diapa2in sih :big_biglaugh:
paling jawaban template "normal pak, mobil lain juga seperti itu" :big_slap:
" Memang begitu bawaannya dari pabrik pak " :upss:

Ganti aja oli transmisinya coba
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by kenop »

sahabatq8 wrote: Thu Aug 22, 2024 8:41
" Memang begitu bawaannya dari pabrik pak " :upss:

Ganti aja oli transmisinya coba
Hooh abis servis ke beres palingan baru ganti oli transmisi di luar

Kl ganti dulu, br ke beres ntar responnya berubah lagi "ini krn oli transmisinya tidak sama dgn yg di bengkel pak" :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4028
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by kunaskun »

MSU wrote: Thu Aug 22, 2024 6:11 noted om....rasa2nya om berarti cuma liat spek beginian ga jaminan jg ya...mgkn paling bener test pake + abis itu uji lab...
sy cuma lg kepingin cari alternatif utk avanza cvt...perasaan kalo dibejek2 lama2 cvt koq jadi kayak memble...biasa kalo di tol cruising di 100kmh 2000rpm...misal rada agresif bawa-nya & kickdown...sy berasa rpm naik ke 3000 tp kecepatan kayak lama banget naiknya..
terakhir pake nanjak di cipularang...ada bau sangit ntah dari mobil sy/mobil sebelah/itu cuma bau catalytic...memang waktu itu rada dibejek jg berhubung nanjak & perlu nyalip (udh pindah ke S)
sepertinya overheat ya, mirip kaya youtuber yang bikin video avanza ga kuat nanjak, dan akhirnya banyak yang ikutan bikin video review mobil kuat2an nanjak.
kenop wrote: Thu Aug 22, 2024 6:48 sy pake yarcross bensin (mesin sm transmisi kayaknya plek2an sm avanza), hampir ngga pernah sy kickdown kayak di matic konven
di S aja berasanya aneh, rpm naik tapi kayak kosong ngga ada tenaga (kayak selip gt), malah enakan gas di urut taro di D
oiya ini baru mau 10rb km, nanti pas servis kedua coba tanya ke beres dl, siapa tau bisa diapain kek gt, walopun kayaknya ngga bakal diapa2in sih :big_biglaugh:
paling jawaban template "normal pak, mobil lain juga seperti itu" :big_slap:
coba saja ganti oli transmisi, lihat pantauan di beberapa FB Group kendaraan yang satu platform dengan transmisi sama, ada yg drain n fill 2 Liter di km 20 ribuan saja katanya karakternya berubah terutama ndut2an di kecepatan 20-30 kph padahal pakai CVTF Original.

btw, CVTF pakai keluaran Daihatsu saja, lebih murah daripada Toyota punya. hanya beda di kemasan saja.
bisa juga pakai merek lain, sudah banyak multi-ATF yang comply ke Toyota CVT-FE.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10704
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: Thu Aug 22, 2024 14:22
MSU wrote: Thu Aug 22, 2024 6:11 noted om....rasa2nya om berarti cuma liat spek beginian ga jaminan jg ya...mgkn paling bener test pake + abis itu uji lab...
sy cuma lg kepingin cari alternatif utk avanza cvt...perasaan kalo dibejek2 lama2 cvt koq jadi kayak memble...biasa kalo di tol cruising di 100kmh 2000rpm...misal rada agresif bawa-nya & kickdown...sy berasa rpm naik ke 3000 tp kecepatan kayak lama banget naiknya..
terakhir pake nanjak di cipularang...ada bau sangit ntah dari mobil sy/mobil sebelah/itu cuma bau catalytic...memang waktu itu rada dibejek jg berhubung nanjak & perlu nyalip (udh pindah ke S)
sepertinya overheat ya, mirip kaya youtuber yang bikin video avanza ga kuat nanjak, dan akhirnya banyak yang ikutan bikin video review mobil kuat2an nanjak.
kenop wrote: Thu Aug 22, 2024 6:48 sy pake yarcross bensin (mesin sm transmisi kayaknya plek2an sm avanza), hampir ngga pernah sy kickdown kayak di matic konven
di S aja berasanya aneh, rpm naik tapi kayak kosong ngga ada tenaga (kayak selip gt), malah enakan gas di urut taro di D
oiya ini baru mau 10rb km, nanti pas servis kedua coba tanya ke beres dl, siapa tau bisa diapain kek gt, walopun kayaknya ngga bakal diapa2in sih :big_biglaugh:
paling jawaban template "normal pak, mobil lain juga seperti itu" :big_slap:
coba saja ganti oli transmisi, lihat pantauan di beberapa FB Group kendaraan yang satu platform dengan transmisi sama, ada yg drain n fill 2 Liter di km 20 ribuan saja katanya karakternya berubah terutama ndut2an di kecepatan 20-30 kph padahal pakai CVTF Original.

btw, CVTF pakai keluaran Daihatsu saja, lebih murah daripada Toyota punya. hanya beda di kemasan saja.
bisa juga pakai merek lain, sudah banyak multi-ATF yang comply ke Toyota CVT-FE.
Cobain aja petronas tutela multi cvt 700

Or mau sekalian markotop Q8 CVT Evo
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4028
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Thu Aug 22, 2024 14:28 Cobain aja petronas tutela multi cvt 700

Or mau sekalian markotop Q8 CVT Evo
mobil juga sudah ada, kayanya pernah lihat di marketplace. ada lagi yg sejuta umat, valvoline kalau tidak salah. yg aneh, bulan lalu sempet iseng googling ternyata Shell belum ada produk multi CVTF gini ya.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

kunaskun wrote: Thu Aug 22, 2024 14:36
Suryaputra wrote: Thu Aug 22, 2024 14:28 Cobain aja petronas tutela multi cvt 700

Or mau sekalian markotop Q8 CVT Evo
mobil juga sudah ada, kayanya pernah lihat di marketplace. ada lagi yg sejuta umat, valvoline kalau tidak salah. yg aneh, bulan lalu sempet iseng googling ternyata Shell belum ada produk multi CVTF gini ya.
Shell ada spirax s5 cvt x
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by kenop »

kunaskun wrote: Thu Aug 22, 2024 14:22
coba saja ganti oli transmisi, lihat pantauan di beberapa FB Group kendaraan yang satu platform dengan transmisi sama, ada yg drain n fill 2 Liter di km 20 ribuan saja katanya karakternya berubah terutama ndut2an di kecepatan 20-30 kph padahal pakai CVTF Original.

btw, CVTF pakai keluaran Daihatsu saja, lebih murah daripada Toyota punya. hanya beda di kemasan saja.
bisa juga pakai merek lain, sudah banyak multi-ATF yang comply ke Toyota CVT-FE.
Kl cm 2-3 liter dr drain plug, kayak nya pake Q8 cvt evo jg msh masuk budget saia :upss:

Segera abis servis 10rb di beres
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2034
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by darrelund »

mbah mau nanya dongs

dirumah ada veloz DNGA, nih mobil knp aneh ya karakter cvtnya

ndut"an gitu, locking clutch nya engage/ngak suka", kadang gigit kadang engga

ditoel selip, coasting malah engine brake, suka" mobilnya lah

mobilnya jadi ga predictable rasanya

kira" ada kasus yg sama juga? problemnya? dan rencana serpis 1000km mau lapor sehh

odo 200 perak :big_biglaugh:

terimakasih mbah semuanya