Iya om, yg non hybrid
Ntar pas 10rb km ganti dah, dr baru ngga smooth rasanya, mgkn emg butut aja kl cvtf bawaanny
Tq om infonya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Haha siap OmSuryaputra wrote: ↑Sat Jul 27, 2024 2:14
Hahahaa klo di beres call dl, ijin masuk ruangan servis untuk ngeliat tap oli cvt sm ganti oli mesin aja atau klo ada pergantian parts.
Klo gak boleh, paksa aja
kalo ganti merk oli, misal kaya Q8 ini perlu di flush juga ga sih kalo di transmisi Om?
wah boleh nih Om.. JAPRI ya Om minta alamatnya hehehe...
Mnrt pendapat mbah suhu dan warga di sini sih,danangnurdiantoro wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 0:36 Mau tanya ni om
Kebetulan baru ganti oli matic innova tahun 2011, nyoba dibengkel selain astra.
Biasanya pake TMO T-IV, cuman dibengkel ini kebetulan kosong barangnya.
Jadi dia isi pake KIXX ATF DX-6 (dexron 6), diweb KIXX sendiri oli ini bisa buat Toyota T-IV dan WS.
Nah ini yg buat aku bingung, di TMO sendiri kan antara oli T-IV sama WS punya 2 spek yang terpisah kan
Apakah aman ya innova lama pakai oli KIXX ini? takut kenapa napa ni
siap om, ini juga udah diganti ke KIXX yg DX6, impresi awal si lebih responsif jadinya.Suryaputra wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 2:36Mnrt pendapat mbah suhu dan warga di sini sih,danangnurdiantoro wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 0:36 Mau tanya ni om
Kebetulan baru ganti oli matic innova tahun 2011, nyoba dibengkel selain astra.
Biasanya pake TMO T-IV, cuman dibengkel ini kebetulan kosong barangnya.
Jadi dia isi pake KIXX ATF DX-6 (dexron 6), diweb KIXX sendiri oli ini bisa buat Toyota T-IV dan WS.
Nah ini yg buat aku bingung, di TMO sendiri kan antara oli T-IV sama WS punya 2 spek yang terpisah kan
Apakah aman ya innova lama pakai oli KIXX ini? takut kenapa napa ni
malah enak dan responsif klo OEM nya T-IV, dikasih oli luar beres Spec WS / Dexron 6 (krn oli luar tsb backward compatible dgn T-IV).
drpd penasaran coba aja mbah, diflush oli T-IV lama nya.
Dexron 6 backward compatible dengan dexron 3, tapi setau saya WS gak backward compatible dengan T-IV deh.Suryaputra wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 2:36Mnrt pendapat mbah suhu dan warga di sini sih,danangnurdiantoro wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 0:36 Mau tanya ni om
Kebetulan baru ganti oli matic innova tahun 2011, nyoba dibengkel selain astra.
Biasanya pake TMO T-IV, cuman dibengkel ini kebetulan kosong barangnya.
Jadi dia isi pake KIXX ATF DX-6 (dexron 6), diweb KIXX sendiri oli ini bisa buat Toyota T-IV dan WS.
Nah ini yg buat aku bingung, di TMO sendiri kan antara oli T-IV sama WS punya 2 spek yang terpisah kan
Apakah aman ya innova lama pakai oli KIXX ini? takut kenapa napa ni
malah enak dan responsif klo OEM nya T-IV, dikasih oli luar beres Spec WS / Dexron 6 (krn oli luar tsb backward compatible dgn T-IV).
drpd penasaran coba aja mbah, diflush oli T-IV lama nya.
iya memang klo di manual book nya toyota spt itu,sahabatq8 wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 4:01Dexron 6 backward compatible dengan dexron 3, tapi setau saya WS gak backward compatible dengan T-IV deh.Suryaputra wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 2:36Mnrt pendapat mbah suhu dan warga di sini sih,danangnurdiantoro wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 0:36 Mau tanya ni om
Kebetulan baru ganti oli matic innova tahun 2011, nyoba dibengkel selain astra.
Biasanya pake TMO T-IV, cuman dibengkel ini kebetulan kosong barangnya.
Jadi dia isi pake KIXX ATF DX-6 (dexron 6), diweb KIXX sendiri oli ini bisa buat Toyota T-IV dan WS.
Nah ini yg buat aku bingung, di TMO sendiri kan antara oli T-IV sama WS punya 2 spek yang terpisah kan
Apakah aman ya innova lama pakai oli KIXX ini? takut kenapa napa ni
malah enak dan responsif klo OEM nya T-IV, dikasih oli luar beres Spec WS / Dexron 6 (krn oli luar tsb backward compatible dgn T-IV).
drpd penasaran coba aja mbah, diflush oli T-IV lama nya.
Cuma memang so far sih aman aman aja ya yang pada pake ws. Biasanya yang bisa dua duanya itu spek nanggung kyk Q8 Auto JK, lebih encer dari T-IV tapi lebih kentel dari WS
Feeling sy pabrik oli aftermarket bikin spek di tengah2 spy bs comply ke WS maupun T-IV...danangnurdiantoro wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 0:36 Mau tanya ni om
Kebetulan baru ganti oli matic innova tahun 2011, nyoba dibengkel selain astra.
Biasanya pake TMO T-IV, cuman dibengkel ini kebetulan kosong barangnya.
Jadi dia isi pake KIXX ATF DX-6 (dexron 6), diweb KIXX sendiri oli ini bisa buat Toyota T-IV dan WS.
Nah ini yg buat aku bingung, di TMO sendiri kan antara oli T-IV sama WS punya 2 spek yang terpisah kan
Apakah aman ya innova lama pakai oli KIXX ini? takut kenapa napa ni
iya om, kalau dari speknya dia emang lebih encer di banding T-IV, tapi di web dia emang cantumin ini bisa buat T-IV. Coba cek2 oli lain yang spek keencerannya mirip dan udah dex6 juga kebanyakan comply ke T-IV dan WS.sahabatq8 wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 4:01Dexron 6 backward compatible dengan dexron 3, tapi setau saya WS gak backward compatible dengan T-IV deh.Suryaputra wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 2:36Mnrt pendapat mbah suhu dan warga di sini sih,danangnurdiantoro wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 0:36 Mau tanya ni om
Kebetulan baru ganti oli matic innova tahun 2011, nyoba dibengkel selain astra.
Biasanya pake TMO T-IV, cuman dibengkel ini kebetulan kosong barangnya.
Jadi dia isi pake KIXX ATF DX-6 (dexron 6), diweb KIXX sendiri oli ini bisa buat Toyota T-IV dan WS.
Nah ini yg buat aku bingung, di TMO sendiri kan antara oli T-IV sama WS punya 2 spek yang terpisah kan
Apakah aman ya innova lama pakai oli KIXX ini? takut kenapa napa ni
malah enak dan responsif klo OEM nya T-IV, dikasih oli luar beres Spec WS / Dexron 6 (krn oli luar tsb backward compatible dgn T-IV).
drpd penasaran coba aja mbah, diflush oli T-IV lama nya.
Cuma memang so far sih aman aman aja ya yang pada pake ws. Biasanya yang bisa dua duanya itu spek nanggung kyk Q8 Auto JK, lebih encer dari T-IV tapi lebih kentel dari WS
Gak pa pa om, InsyaAllah aman, justru, biasanya shift 4at nya jadi cekatan di Kasi spec mirip WS karena lebih encer.danangnurdiantoro wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 0:36 Mau tanya ni om
Kebetulan baru ganti oli matic innova tahun 2011, nyoba dibengkel selain astra.
Biasanya pake TMO T-IV, cuman dibengkel ini kebetulan kosong barangnya.
Jadi dia isi pake KIXX ATF DX-6 (dexron 6), diweb KIXX sendiri oli ini bisa buat Toyota T-IV dan WS.
Nah ini yg buat aku bingung, di TMO sendiri kan antara oli T-IV sama WS punya 2 spek yang terpisah kan
Apakah aman ya innova lama pakai oli KIXX ini? takut kenapa napa ni
Ok udah dapet jawaban email langsung dari KIXX, krn ini udah terlanjur isi katanya dilanjut sampe interval ganti setelahnya masih bisa.danangnurdiantoro wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 6:16iya om, kalau dari speknya dia emang lebih encer di banding T-IV, tapi di web dia emang cantumin ini bisa buat T-IV. Coba cek2 oli lain yang spek keencerannya mirip dan udah dex6 juga kebanyakan comply ke T-IV dan WS.sahabatq8 wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 4:01Dexron 6 backward compatible dengan dexron 3, tapi setau saya WS gak backward compatible dengan T-IV deh.Suryaputra wrote: ↑Sun Aug 11, 2024 2:36
Mnrt pendapat mbah suhu dan warga di sini sih,
malah enak dan responsif klo OEM nya T-IV, dikasih oli luar beres Spec WS / Dexron 6 (krn oli luar tsb backward compatible dgn T-IV).
drpd penasaran coba aja mbah, diflush oli T-IV lama nya.
Cuma memang so far sih aman aman aja ya yang pada pake ws. Biasanya yang bisa dua duanya itu spek nanggung kyk Q8 Auto JK, lebih encer dari T-IV tapi lebih kentel dari WS
Coba aku pake dulu ini, kalau kira2 rasanya gak enak, biar aman kayaknya balik lagi ke T-IV
Saya waktu itu hanya compile dari PDS yg tersedia untuk masing-masing produk supaya tidak bulak-balik buka PDSnya satu-satu, makanya ada beberapa produk yg parameternya tidak lengkap karena tidak tercantum di PDS nyaMSU wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 5:10 dulu saya dapat tabel ini dari member SM juga, maap lupa siapa orangnya...
cuma penasaran...di tabel ini untuk bagian visco index dll...kurleb angkanya masih ok lah ada di range yg mirip...
tp brookfield visco tu apaan ya...krn si shell ekstrem rendah...
sy cari2 di google...tp masih ga kebayang yg bagus tu angka rendah / tinggi
ah ini kang rekapnya..tengkyu datanya om...memang jd gampang compare-nya...azu wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 5:39Saya waktu itu hanya compile dari PDS yg tersedia untuk masing-masing produk supaya tidak bulak-balik buka PDSnya satu-satu, makanya ada beberapa produk yg parameternya tidak lengkap karena tidak tercantum di PDS nyaMSU wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 5:10 CVTF.PNG
dulu saya dapat tabel ini dari member SM juga, maap lupa siapa orangnya...
cuma penasaran...di tabel ini untuk bagian visco index dll...kurleb angkanya masih ok lah ada di range yg mirip...
tp brookfield visco tu apaan ya...krn si shell ekstrem rendah...
sy cari2 di google...tp masih ga kebayang yg bagus tu angka rendah / tinggi
Kalau saya sih paling lihatnya di Viscosity @100C utk cari yg mendekati spek fluida pabrikan.
Mungkin suhu yg lain bisa menambahkan, takutnya saya juga salah
Viscosity index , viscosity , brookfield viscosity itu kurang mencerminkan kualitas dari suatu oli. Di pds aja biasa ada tulis angka ini cuma sebagai acuan properti typicalnya bukan spesifikasi.MSU wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 5:10 CVTF.PNG
dulu saya dapat tabel ini dari member SM juga, maap lupa siapa orangnya...
cuma penasaran...di tabel ini untuk bagian visco index dll...kurleb angkanya masih ok lah ada di range yg mirip...
tp brookfield visco tu apaan ya...krn si shell ekstrem rendah...
sy cari2 di google...tp masih ga kebayang yg bagus tu angka rendah / tinggi
noted om....rasa2nya om berarti cuma liat spek beginian ga jaminan jg ya...mgkn paling bener test pake + abis itu uji lab...sahabatq8 wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 6:04Viscosity index , viscosity , brookfield viscosity itu kurang mencerminkan kualitas dari suatu oli. Di pds aja biasa ada tulis angka ini cuma sebagai acuan properti typicalnya bukan spesifikasi.MSU wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 5:10 CVTF.PNG
dulu saya dapat tabel ini dari member SM juga, maap lupa siapa orangnya...
cuma penasaran...di tabel ini untuk bagian visco index dll...kurleb angkanya masih ok lah ada di range yg mirip...
tp brookfield visco tu apaan ya...krn si shell ekstrem rendah...
sy cari2 di google...tp masih ga kebayang yg bagus tu angka rendah / tinggi
Misalnya, viscosity index tinggi , belom tentu karena base oilnya bagus, bisa jadi karena pake vi improver yang banyak. VI tinggi, tau tau saat di pake dan di tes lab shearing (jadi encer) nah baru ketahuan tuh, ternyata base oilnya jelek cuma VI tinggi karena pake improver.
sy pake yarcross bensin (mesin sm transmisi kayaknya plek2an sm avanza), hampir ngga pernah sy kickdown kayak di matic konvenMSU wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 6:11noted om....rasa2nya om berarti cuma liat spek beginian ga jaminan jg ya...mgkn paling bener test pake + abis itu uji lab...sahabatq8 wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 6:04Viscosity index , viscosity , brookfield viscosity itu kurang mencerminkan kualitas dari suatu oli. Di pds aja biasa ada tulis angka ini cuma sebagai acuan properti typicalnya bukan spesifikasi.MSU wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 5:10 CVTF.PNG
dulu saya dapat tabel ini dari member SM juga, maap lupa siapa orangnya...
cuma penasaran...di tabel ini untuk bagian visco index dll...kurleb angkanya masih ok lah ada di range yg mirip...
tp brookfield visco tu apaan ya...krn si shell ekstrem rendah...
sy cari2 di google...tp masih ga kebayang yg bagus tu angka rendah / tinggi
Misalnya, viscosity index tinggi , belom tentu karena base oilnya bagus, bisa jadi karena pake vi improver yang banyak. VI tinggi, tau tau saat di pake dan di tes lab shearing (jadi encer) nah baru ketahuan tuh, ternyata base oilnya jelek cuma VI tinggi karena pake improver.
sy cuma lg kepingin cari alternatif utk avanza cvt...perasaan kalo dibejek2 lama2 cvt koq jadi kayak memble...biasa kalo di tol cruising di 100kmh 2000rpm...misal rada agresif bawa-nya & kickdown...sy berasa rpm naik ke 3000 tp kecepatan kayak lama banget naiknya..
terakhir pake nanjak di cipularang...ada bau sangit ntah dari mobil sy/mobil sebelah/itu cuma bau catalytic...memang waktu itu rada dibejek jg berhubung nanjak & perlu nyalip (udh pindah ke S)
" Memang begitu bawaannya dari pabrik pak "kenop wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 6:48sy pake yarcross bensin (mesin sm transmisi kayaknya plek2an sm avanza), hampir ngga pernah sy kickdown kayak di matic konvenMSU wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 6:11noted om....rasa2nya om berarti cuma liat spek beginian ga jaminan jg ya...mgkn paling bener test pake + abis itu uji lab...sahabatq8 wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 6:04
Viscosity index , viscosity , brookfield viscosity itu kurang mencerminkan kualitas dari suatu oli. Di pds aja biasa ada tulis angka ini cuma sebagai acuan properti typicalnya bukan spesifikasi.
Misalnya, viscosity index tinggi , belom tentu karena base oilnya bagus, bisa jadi karena pake vi improver yang banyak. VI tinggi, tau tau saat di pake dan di tes lab shearing (jadi encer) nah baru ketahuan tuh, ternyata base oilnya jelek cuma VI tinggi karena pake improver.
sy cuma lg kepingin cari alternatif utk avanza cvt...perasaan kalo dibejek2 lama2 cvt koq jadi kayak memble...biasa kalo di tol cruising di 100kmh 2000rpm...misal rada agresif bawa-nya & kickdown...sy berasa rpm naik ke 3000 tp kecepatan kayak lama banget naiknya..
terakhir pake nanjak di cipularang...ada bau sangit ntah dari mobil sy/mobil sebelah/itu cuma bau catalytic...memang waktu itu rada dibejek jg berhubung nanjak & perlu nyalip (udh pindah ke S)
di S aja berasanya aneh, rpm naik tapi kayak kosong ngga ada tenaga (kayak selip gt), malah enakan gas di urut taro di D
oiya ini baru mau 10rb km, nanti pas servis kedua coba tanya ke beres dl, siapa tau bisa diapain kek gt, walopun kayaknya ngga bakal diapa2in sih
paling jawaban template "normal pak, mobil lain juga seperti itu"
sepertinya overheat ya, mirip kaya youtuber yang bikin video avanza ga kuat nanjak, dan akhirnya banyak yang ikutan bikin video review mobil kuat2an nanjak.MSU wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 6:11 noted om....rasa2nya om berarti cuma liat spek beginian ga jaminan jg ya...mgkn paling bener test pake + abis itu uji lab...
sy cuma lg kepingin cari alternatif utk avanza cvt...perasaan kalo dibejek2 lama2 cvt koq jadi kayak memble...biasa kalo di tol cruising di 100kmh 2000rpm...misal rada agresif bawa-nya & kickdown...sy berasa rpm naik ke 3000 tp kecepatan kayak lama banget naiknya..
terakhir pake nanjak di cipularang...ada bau sangit ntah dari mobil sy/mobil sebelah/itu cuma bau catalytic...memang waktu itu rada dibejek jg berhubung nanjak & perlu nyalip (udh pindah ke S)
coba saja ganti oli transmisi, lihat pantauan di beberapa FB Group kendaraan yang satu platform dengan transmisi sama, ada yg drain n fill 2 Liter di km 20 ribuan saja katanya karakternya berubah terutama ndut2an di kecepatan 20-30 kph padahal pakai CVTF Original.kenop wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 6:48 sy pake yarcross bensin (mesin sm transmisi kayaknya plek2an sm avanza), hampir ngga pernah sy kickdown kayak di matic konven
di S aja berasanya aneh, rpm naik tapi kayak kosong ngga ada tenaga (kayak selip gt), malah enakan gas di urut taro di D
oiya ini baru mau 10rb km, nanti pas servis kedua coba tanya ke beres dl, siapa tau bisa diapain kek gt, walopun kayaknya ngga bakal diapa2in sih
paling jawaban template "normal pak, mobil lain juga seperti itu"
Cobain aja petronas tutela multi cvt 700kunaskun wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 14:22sepertinya overheat ya, mirip kaya youtuber yang bikin video avanza ga kuat nanjak, dan akhirnya banyak yang ikutan bikin video review mobil kuat2an nanjak.MSU wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 6:11 noted om....rasa2nya om berarti cuma liat spek beginian ga jaminan jg ya...mgkn paling bener test pake + abis itu uji lab...
sy cuma lg kepingin cari alternatif utk avanza cvt...perasaan kalo dibejek2 lama2 cvt koq jadi kayak memble...biasa kalo di tol cruising di 100kmh 2000rpm...misal rada agresif bawa-nya & kickdown...sy berasa rpm naik ke 3000 tp kecepatan kayak lama banget naiknya..
terakhir pake nanjak di cipularang...ada bau sangit ntah dari mobil sy/mobil sebelah/itu cuma bau catalytic...memang waktu itu rada dibejek jg berhubung nanjak & perlu nyalip (udh pindah ke S)
coba saja ganti oli transmisi, lihat pantauan di beberapa FB Group kendaraan yang satu platform dengan transmisi sama, ada yg drain n fill 2 Liter di km 20 ribuan saja katanya karakternya berubah terutama ndut2an di kecepatan 20-30 kph padahal pakai CVTF Original.kenop wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 6:48 sy pake yarcross bensin (mesin sm transmisi kayaknya plek2an sm avanza), hampir ngga pernah sy kickdown kayak di matic konven
di S aja berasanya aneh, rpm naik tapi kayak kosong ngga ada tenaga (kayak selip gt), malah enakan gas di urut taro di D
oiya ini baru mau 10rb km, nanti pas servis kedua coba tanya ke beres dl, siapa tau bisa diapain kek gt, walopun kayaknya ngga bakal diapa2in sih
paling jawaban template "normal pak, mobil lain juga seperti itu"
btw, CVTF pakai keluaran Daihatsu saja, lebih murah daripada Toyota punya. hanya beda di kemasan saja.
bisa juga pakai merek lain, sudah banyak multi-ATF yang comply ke Toyota CVT-FE.
mobil juga sudah ada, kayanya pernah lihat di marketplace. ada lagi yg sejuta umat, valvoline kalau tidak salah. yg aneh, bulan lalu sempet iseng googling ternyata Shell belum ada produk multi CVTF gini ya.Suryaputra wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 14:28 Cobain aja petronas tutela multi cvt 700
Or mau sekalian markotop Q8 CVT Evo
Shell ada spirax s5 cvt xkunaskun wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 14:36mobil juga sudah ada, kayanya pernah lihat di marketplace. ada lagi yg sejuta umat, valvoline kalau tidak salah. yg aneh, bulan lalu sempet iseng googling ternyata Shell belum ada produk multi CVTF gini ya.Suryaputra wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 14:28 Cobain aja petronas tutela multi cvt 700
Or mau sekalian markotop Q8 CVT Evo
Kl cm 2-3 liter dr drain plug, kayak nya pake Q8 cvt evo jg msh masuk budget saiakunaskun wrote: ↑Thu Aug 22, 2024 14:22
coba saja ganti oli transmisi, lihat pantauan di beberapa FB Group kendaraan yang satu platform dengan transmisi sama, ada yg drain n fill 2 Liter di km 20 ribuan saja katanya karakternya berubah terutama ndut2an di kecepatan 20-30 kph padahal pakai CVTF Original.
btw, CVTF pakai keluaran Daihatsu saja, lebih murah daripada Toyota punya. hanya beda di kemasan saja.
bisa juga pakai merek lain, sudah banyak multi-ATF yang comply ke Toyota CVT-FE.