beberapa kl ngukur resistensi antara ini 2 merek, dgn type yg sama
biasanya NGK sikittttttt lebi rendah resistensi nya, mungkin ini jg kl faktor yg bkin lebi cocok di hajar ama coil honda
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
beberapa kl ngukur resistensi antara ini 2 merek, dgn type yg sama
Ngk tipe apa n belinya dulu harga berapa tuh om? Baik yg lama dan yang baructopher7 wrote: Wed Apr 30, 2025 9:23 abis ganti busi padahal kmnya belom 40 rebu. tapi pas di start pertama kali pake busi baru, geternya lgsg berasa jauh lebih halus. mungkin karna yang lama gapnya ga bener
IMG_5336.jpeg
sbnernya awalnya gatau itu merk ngk, cmn order sesuai part number aja. spertinya ngk iridium, yang lama pun harusnya sama. harganya sebiji cmn 150 ribuan di tokoijojosomba wrote: Wed Apr 30, 2025 11:12Ngk tipe apa n belinya dulu harga berapa tuh om? Baik yg lama dan yang baructopher7 wrote: Wed Apr 30, 2025 9:23 abis ganti busi padahal kmnya belom 40 rebu. tapi pas di start pertama kali pake busi baru, geternya lgsg berasa jauh lebih halus. mungkin karna yang lama gapnya ga bener
IMG_5336.jpeg
Saya baru sekali ini liat ring busi coklat tembaga..ctopher7 wrote: Wed Apr 30, 2025 9:23 abis ganti busi padahal kmnya belom 40 rebu. tapi pas di start pertama kali pake busi baru, geternya lgsg berasa jauh lebih halus. mungkin karna yang lama gapnya ga bener
IMG_5336.jpeg
Om mau tanya lagi, kalo Denso IK20 dan IK20L apa bedanya ya?saturday wrote: Wed Apr 23, 2025 3:40Honda K20Z2
Sama. Angka belakang -11 artinya gap busi 1.1mm. Gap busi butuhnya seberapa, silahkan cek buku manual masing-masing. Bisa dilebarkan atau disempitkan kok gapnya. Tapi hati-hati jangan merusak elektroda tengahnya.bangsaun wrote: Wed Apr 23, 2025 1:45 Mau tanya lagi om, saya sudah cek di Tokopedia NGK Official Store, ada nya busi Iridium BKR6EIX-11. Apa itu sama atau berbeda dengan BKR6EIX?
IK20 IK20L IK20L lebih masuk kedalam ruang pembakaran 2mm dibanding IK20. Kalau tidak mentok klep, piston, dan mesinnya cocok secara teori pembakarannya lebih baik.bangsaun wrote: Tue Jun 03, 2025 3:55Om mau tanya lagi, kalo Denso IK20 dan IK20L apa bedanya ya?saturday wrote: Wed Apr 23, 2025 3:40Honda K20Z2
Sama. Angka belakang -11 artinya gap busi 1.1mm. Gap busi butuhnya seberapa, silahkan cek buku manual masing-masing. Bisa dilebarkan atau disempitkan kok gapnya. Tapi hati-hati jangan merusak elektroda tengahnya.bangsaun wrote: Wed Apr 23, 2025 1:45 Mau tanya lagi om, saya sudah cek di Tokopedia NGK Official Store, ada nya busi Iridium BKR6EIX-11. Apa itu sama atau berbeda dengan BKR6EIX?
Terimakasih.
Terimakasih om atas penjelasan dan bantuannya.saturday wrote: Tue Jun 03, 2025 4:06IK20bangsaun wrote: Tue Jun 03, 2025 3:55Om mau tanya lagi, kalo Denso IK20 dan IK20L apa bedanya ya?saturday wrote: Wed Apr 23, 2025 3:40
Honda K20Z2
Sama. Angka belakang -11 artinya gap busi 1.1mm. Gap busi butuhnya seberapa, silahkan cek buku manual masing-masing. Bisa dilebarkan atau disempitkan kok gapnya. Tapi hati-hati jangan merusak elektroda tengahnya.
Terimakasih.
IK.jpg
IK20L
IK-L.jpg
IK20L lebih masuk kedalam ruang pembakaran 2mm dibanding IK20. Kalau tidak mentok klep, piston, dan mesinnya cocok secara teori pembakarannya lebih baik.
Biasa antara 0.9-1.0. Busi yang tidak ada kode gapnya, sebaiknya diperiksa lalu gap ulang kalau tidak sesuaibangsaun wrote: Thu Jun 05, 2025 4:12Terimakasih om atas penjelasan dan bantuannya.saturday wrote: Tue Jun 03, 2025 4:06IK20bangsaun wrote: Tue Jun 03, 2025 3:55
Om mau tanya lagi, kalo Denso IK20 dan IK20L apa bedanya ya?
Terimakasih.
IK.jpg
IK20L
IK-L.jpg
IK20L lebih masuk kedalam ruang pembakaran 2mm dibanding IK20. Kalau tidak mentok klep, piston, dan mesinnya cocok secara teori pembakarannya lebih baik.
Dan mau tanya lagi om (mohon maaf tanya2 terus), apa tau celah busi NGK G-Power BKR6EGP berapa ya? Saya sudah tanya ke NGK nya langsung by email, belum ada balasan.
Terimakasih om.
Baik om, terimakasih.saturday wrote: Thu Jun 05, 2025 4:30Biasa antara 0.9-1.0. Busi yang tidak ada kode gapnya, sebaiknya diperiksa lalu gap ulang kalau tidak sesuaibangsaun wrote: Thu Jun 05, 2025 4:12Terimakasih om atas penjelasan dan bantuannya.saturday wrote: Tue Jun 03, 2025 4:06
IK20
IK.jpg
IK20L
IK-L.jpg
IK20L lebih masuk kedalam ruang pembakaran 2mm dibanding IK20. Kalau tidak mentok klep, piston, dan mesinnya cocok secara teori pembakarannya lebih baik.
Dan mau tanya lagi om (mohon maaf tanya2 terus), apa tau celah busi NGK G-Power BKR6EGP berapa ya? Saya sudah tanya ke NGK nya langsung by email, belum ada balasan.
Terimakasih om.
Misalnya aja kalau ada:
BKR6EGP-11
BKR6EGP
Yang ada 11 nya artinya gap 1.1mm. Biasanya peruntukan spesifik untuk OEM kendaraan yang minta tipe busi tersebut dan gap tersebut. Yang tidak ada kode gapnya? Tinggal sesuaikan saja mesin maunya berapa pada buku petunjuk penggunaan kendaraan anda.