User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by omenRoo »

Chr1z wrote: Thu Mar 19, 2020 9:43
Aje gile ganti busi ampe 1jutaan :big_biglaugh: :big_slap: Avanza 2016 gw aja liat di manual book nya ganti busi per 100rb km (busi iridium) :big_chicken: itu mobil ampe gw jual di km 80rb an ga pernah ganti busi :upss:
Jangan mau di rampok gitu om ama beres nya, tiap mau service info SA dulu, minta WO list nya, tinggal pilih mana yg kita ambil or mana yg kita coret. Bahkan ampe skrg aja gw blm ganti brake fluid, koq baru 20k udh lsg minta di ganti? :big_bored:
Oh iya, itu poin Screw klo di gw jd Seal, harga nya sama btw...
GFF/Guided Function lbh mahal ya, minta self diagnosis aja, dari service 10k ampe 60k ga pernah dpt GFF, selalu self diagnosis dikasih nya ama beres
ajaib ya, itu gw minta perkiraan biaya servis dari SA nya. akhirnya banyak yg dicoret.
memang nih harus minta reportnya tiap item. biar jelas gak serasa dikerjain.
nisfi19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue May 24, 2016 7:29

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by nisfi19 »

setau saya wajib ganti sparepart di beres VW untuk bisa berlaku goodwillnya om gabisa kita bawa parts sendiri, dan memang setiap liat tagihan bikin sakit dikantong :big_slap:
siucil
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Sep 19, 2021 14:24
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: polo 12 TSI

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by siucil »

Chr1z wrote: Fri Jan 31, 2020 0:32
37ribu kaki2 masih aman om? Yang saya baru dari 3000an udah bunyi kretek2 kalau belok kanan pelan, udah pernah dibawa ke dealer tapi mereka ga denger suaranya(kayaknya ketutup suara jalanan), kira2 kenapa ya :big_think:

Sama wiper depan ukurannya berapa inci ya kalau polo?
[/quote]
Oh, kalau saya bunyi gluduk2 gitu, itu kalau kena poldur atau lubang, pernah ta bawa ke bengkel, SA jg bingung ga nemu mslhnya :big_dunno:
[/quote]

nah...sama nih kasusnya, kalau belok bunyi kretek2. knp ya? solusinya apa ya?
sbm22
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Feb 06, 2021 11:16
Location: Tangerang Selatan

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by sbm22 »

kalau bunyi kretek2nya terjadi pas belok kanan saja, atau belok kiri saja, kemungkinan wheel bearing atau salah satu komponen kaki/roda.

Kalau bunyinya terdengar pas belok kiri dan juga pas belok kanan, bisa jadi power steering.

Sebaiknya dibawa ke bengkel krn mesti didengar langsung sumber bunyinya.

Tempo hari vw polo saya ada bunyi getar halus saat AC dinyalakan. Saya bawa ke bengkel resmi, dan dari diagnosa mereka ada yg perlu distel/kecangkan. Problem solved
Chr1z
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Tue Jan 09, 2018 12:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: VW_Polo

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Chr1z »

Ada yg sudah pernah ganti shock absorber 1 set (4 pcs) kah disini, kemarin2 minta estimasi ke SA, hanya part saja kena 12jt :big_bored:
tjongz38
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Feb 19, 2021 12:12

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by tjongz38 »

baru ngangkat polo 1.2 2016, mau nanya ini kenapa mobil gamau creeping dan di tanjakan cenderung roll back ya?
sbm22
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Feb 06, 2021 11:16
Location: Tangerang Selatan

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by sbm22 »

tjongz38 wrote: Sat Mar 19, 2022 23:44 baru ngangkat polo 1.2 2016, mau nanya ini kenapa mobil gamau creeping dan di tanjakan cenderung roll back ya?
Coba cek kampas koplingnya, mungkin ga bs creeping karena kampasnya mulai habis/aus (polo pakai DCT200 dry clutch). Sedangkan kalau di tanjakan, mestinya fitur auto brake hold-nya aktif sehingga tdk akan roll back. Roll back bisa jadi krn fitur auto brake-nya tidak aktif, atau kampas rem belakang jg mulai habis.
Chr1z
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Tue Jan 09, 2018 12:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: VW_Polo

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Chr1z »

Ga terasa daily car perang udh 5 tahun lebih n 108.000 km ongoing, selama ini sudah:
-11 x service rutin tiap 10k (ada yg kurang dari 10k jd sdh 11x selama 100k)
-1x ganti oli DSGdi 60k
-1x ganti busi di 80k
-1x ganti 1 set shock absorber di 80k
-1x set bushing kaki2 depan di 90k
-3x ganti 1 set ban
-2x ganti Accu (1x gratis di 40k, yg ke 2 di 80k bayar)
-1x ganti oli rem di 60k

Yang belum pernah di ganti/service, maybe next service:
- Brake pad dpn/blkg (masih cukup tebal)
- Fan belt (udh bunyi)
- Cooling water (cairan masih bagus/jernih)
- Mounting2 (masih bagus)
- Rack steer (udah bunyi)
- Oli DSG (udh waktunya)

Failed:
- Tekor Accu nya ngga bilang2, tau2 ngga bisa di starter.
- Pernah Sensor ABS nyala abis cuci mobil, tapi mati sendiri n normal aja ampe sekarang.
- Pernah waktu di Lampu Merah pas berhenti, mesin mati sendiri, percobaan starter sampai bbrp kali baru mau nyala (hanya 1x kejadian, ngga tau kenapa sebabnya)
- Bunyi kaki2 depan dari km 40k, sepertinya karena rack steer sdh mulai kena, krn pakai mobil agak kasar, jalan kriting terabas bleh.

Kondisi mesin n DSG masih NORMAL sampai sekarang, avg.FC 13-17km/ltr (full to full on Pertabo, tergantung traffic), selalu pakai harian termasuk ke lurkot.

Dah, segitu aja :big_peace:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 877
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by rakyatwkwkland »

Chr1z wrote: Fri Jan 20, 2023 7:11 Ga terasa daily car perang udh 5 tahun lebih n 108.000 km ongoing, selama ini sudah:
-11 x service rutin tiap 10k (ada yg kurang dari 10k jd sdh 11x selama 100k)
-1x ganti oli DSGdi 60k
-1x ganti busi di 80k
-1x ganti 1 set shock absorber di 80k
-1x set bushing kaki2 depan di 90k
-3x ganti 1 set ban
-2x ganti Accu (1x gratis di 40k, yg ke 2 di 80k bayar)
-1x ganti oli rem di 60k

Yang belum pernah di ganti/service, maybe next service:
- Brake pad dpn/blkg (masih cukup tebal)
- Fan belt (udh bunyi)
- Cooling water (cairan masih bagus/jernih)
- Mounting2 (masih bagus)
- Rack steer (udah bunyi)
- Oli DSG (udh waktunya)

Failed:
- Tekor Accu nya ngga bilang2, tau2 ngga bisa di starter.
- Pernah Sensor ABS nyala abis cuci mobil, tapi mati sendiri n normal aja ampe sekarang.
- Pernah waktu di Lampu Merah pas berhenti, mesin mati sendiri, percobaan starter sampai bbrp kali baru mau nyala (hanya 1x kejadian, ngga tau kenapa sebabnya)
- Bunyi kaki2 depan dari km 40k, sepertinya karena rack steer sdh mulai kena, krn pakai mobil agak kasar, jalan kriting terabas bleh.

Kondisi mesin n DSG masih NORMAL sampai sekarang, avg.FC 13-17km/ltr (full to full on Pertabo, tergantung traffic), selalu pakai harian termasuk ke lurkot.

Dah, segitu aja :big_peace:
Wedew... Mematahkan stigma DSG dry nya VW yg meneror ownernya walau odo baru beberapa puluh ribu km yak

Rute harian sering kena macet atau banyak lancarnya oom?
- Pernah waktu di Lampu Merah pas berhenti, mesin mati sendiri, percobaan starter sampai bbrp kali baru mau nyala (hanya 1x kejadian, ngga tau kenapa sebabnya)
Kalo ini kata orang ada yang ngusilin tuh biasanya :ngacir: :ngacir:
Chr1z
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Tue Jan 09, 2018 12:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: VW_Polo

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Chr1z »

Wedew... Mematahkan stigma DSG dry nya VW yg meneror ownernya walau odo baru beberapa puluh ribu km yak

Rute harian sering kena macet atau banyak lancarnya oom?
_____________________________________________________

3 tahun pertama waktu masih kerja di Bandung, itu tiap minggu selalu balik ke Jkt, waktu itu masih pembangunan toll MBZ, hampir tiap PP Jkt-Bdg kena macet horor, rata2 perjalanan 3-6 jam, paling lancar 2 jam. Karena ngga tau cara pake DSG yg bener, ya macet2 tetep aja di D :big_biglaugh: ngga pernah pindah ke N, kecuali berhenti lama banget. Tapi ngga pernah ada masalah sedikitpun, pernah ada masalah cuma kagok aja waktu dari gigi 2-3 waktu macet2an agak renggang. Itupun sebentar aja sih, ngga jadi masalah permanen. Btw ampe skrg juga masih dengan kebiasaan sama, ngga pernah pindah dari D ke N klo lagi macet atau lampu merah :big_slap:
- Pernah waktu di Lampu Merah pas berhenti, mesin mati sendiri, percobaan starter sampai bbrp kali baru mau nyala (hanya 1x kejadian, ngga tau kenapa sebabnya)
Kalo ini kata orang ada yang ngusilin tuh biasanya :ngacir: :ngacir:
[/quote]
Nah klo ini gw ngga bisa jawab :big_biglaugh:
Chr1z
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Tue Jan 09, 2018 12:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: VW_Polo

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Chr1z »

Chr1z wrote: Fri Jan 20, 2023 9:02 Wedew... Mematahkan stigma DSG dry nya VW yg meneror ownernya walau odo baru beberapa puluh ribu km yak

Rute harian sering kena macet atau banyak lancarnya oom?
_____________________________________________________

3 tahun pertama waktu masih kerja di Bandung, itu tiap minggu selalu balik ke Jkt, waktu itu masih pembangunan toll MBZ, hampir tiap PP Jkt-Bdg kena macet horor, rata2 perjalanan 3-6 jam, paling lancar 2 jam. Karena ngga tau cara pake DSG yg bener, ya macet2 tetep aja di D :big_biglaugh: ngga pernah pindah ke N, kecuali berhenti lama banget. Tapi ngga pernah ada masalah sedikitpun, pernah ada masalah cuma kagok aja waktu dari gigi 2-3 waktu macet2an agak renggang. Itupun sebentar aja sih, ngga jadi masalah permanen. Klo Jakarta tau lah ya macet nya kayak apa :big_bored:
Btw ampe skrg juga masih dengan kebiasaan sama, ngga pernah pindah dari D ke N klo lagi macet atau lampu merah :big_slap:
- Pernah waktu di Lampu Merah pas berhenti, mesin mati sendiri, percobaan starter sampai bbrp kali baru mau nyala (hanya 1x kejadian, ngga tau kenapa sebabnya)
Kalo ini kata orang ada yang ngusilin tuh biasanya :ngacir: :ngacir:
Nah klo ini gw ngga bisa jawab :big_biglaugh:
[/quote]
mimi3d
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Wed Dec 12, 2012 6:00

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by mimi3d »

Halo om2, saya baru ngambil VW pol 2018 km34k baru 3 hari ini bawa enak, hanya saja klo lewatin polisi tidur kecil yg bnyk warna putih suara doortrim suka ikut bergetar apakah itu normal ? Ada cara kah untuk hilangin nya ?
Dan boleh tau om cara perawatan DSG supaya aman, apakah perlu d tune lagi selain perawatan berkala di beres setiap 30k km ?
Dan ketika tanjakan berhenti apakah aman masuk gigi D/1 dlu baru turunkan rem tangan, sperti mbl jpn pd umum nya , karena saya berasa mobil ny turun klo tidak d tahan pake rem tangan dlu ?

Thanks
sbm22
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Feb 06, 2021 11:16
Location: Tangerang Selatan

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by sbm22 »

Chr1z wrote: Fri Jan 20, 2023 7:11 Ga terasa daily car perang udh 5 tahun lebih n 108.000 km ongoing, selama ini sudah:
-11 x service rutin tiap 10k (ada yg kurang dari 10k jd sdh 11x selama 100k)
-1x ganti oli DSGdi 60k
-1x ganti busi di 80k
-1x ganti 1 set shock absorber di 80k
-1x set bushing kaki2 depan di 90k
-3x ganti 1 set ban
-2x ganti Accu (1x gratis di 40k, yg ke 2 di 80k bayar)
-1x ganti oli rem di 60k
Mantab nih Om,
Polo saya sudah 49rb km dan tidak pernah ada masalah. Dipakai setiap hari macet2an PP Jkt-Tangsel.
- ganti oli rutin tiap 10k
- ganti oli DSG di 50k
- ganti ban 1x
- ganti aki 1x
- tambah coolant sedikit

Aki polo memang matinya mendadak. Jadi sekarang saya beli aki tester digital buat cek rutin. Kalau sudah mulai lemah langsung panggil toko aki terdekat buat delivery.
sbm22
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Feb 06, 2021 11:16
Location: Tangerang Selatan

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by sbm22 »

mimi3d wrote: Fri Mar 10, 2023 4:22 Halo om2, saya baru ngambil VW pol 2018 km34k baru 3 hari ini bawa enak, hanya saja klo lewatin polisi tidur kecil yg bnyk warna putih suara doortrim suka ikut bergetar apakah itu normal ? Ada cara kah untuk hilangin nya ?

Thanks
Hmm.. dulu polo saya suka berbunyi di bagian pintu pas lewat polisi tidur. Setelah dicek, ternyata yg bunyi karet2 pintunya karena kering. Saya oles pakai silicon oil, suaranya hilang.
Chr1z
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Tue Jan 09, 2018 12:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: VW_Polo

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Chr1z »

sbm22 wrote: Fri Mar 10, 2023 7:37
Chr1z wrote: Fri Jan 20, 2023 7:11 Ga terasa daily car perang udh 5 tahun lebih n 108.000 km ongoing, selama ini sudah:
-11 x service rutin tiap 10k (ada yg kurang dari 10k jd sdh 11x selama 100k)
-1x ganti oli DSGdi 60k
-1x ganti busi di 80k
-1x ganti 1 set shock absorber di 80k
-1x set bushing kaki2 depan di 90k
-3x ganti 1 set ban
-2x ganti Accu (1x gratis di 40k, yg ke 2 di 80k bayar)
-1x ganti oli rem di 60k
Mantab nih Om,
Polo saya sudah 49rb km dan tidak pernah ada masalah. Dipakai setiap hari macet2an PP Jkt-Tangsel.
- ganti oli rutin tiap 10k
- ganti oli DSG di 50k
- ganti ban 1x
- ganti aki 1x
- tambah coolant sedikit

Aki polo memang matinya mendadak. Jadi sekarang saya beli aki tester digital buat cek rutin. Kalau sudah mulai lemah langsung panggil toko aki terdekat buat delivery.
wah, pakai aki tester merk apa om? boleh juga saya mau coba, daripada tekor dadakan, udh 2x kena nyusahin juga.
semoga sehat terus Polo nya om :big_deal:
Chr1z
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Tue Jan 09, 2018 12:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: VW_Polo

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Chr1z »

mimi3d wrote: Fri Mar 10, 2023 4:22 Halo om2, saya baru ngambil VW pol 2018 km34k baru 3 hari ini bawa enak, hanya saja klo lewatin polisi tidur kecil yg bnyk warna putih suara doortrim suka ikut bergetar apakah itu normal ? Ada cara kah untuk hilangin nya ?
Dan boleh tau om cara perawatan DSG supaya aman, apakah perlu d tune lagi selain perawatan berkala di beres setiap 30k km ?
Dan ketika tanjakan berhenti apakah aman masuk gigi D/1 dlu baru turunkan rem tangan, sperti mbl jpn pd umum nya , karena saya berasa mobil ny turun klo tidak d tahan pake rem tangan dlu ?

Thanks
kalo tanjakan landai, saya lepas rem nya pelan2, kalo tanjakan curam maen 2 kaki, satu di rem, 1 di gas.
mimi3d
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Wed Dec 12, 2012 6:00

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by mimi3d »

sbm22 wrote: Fri Mar 10, 2023 7:40
mimi3d wrote: Fri Mar 10, 2023 4:22 Halo om2, saya baru ngambil VW pol 2018 km34k baru 3 hari ini bawa enak, hanya saja klo lewatin polisi tidur kecil yg bnyk warna putih suara doortrim suka ikut bergetar apakah itu normal ? Ada cara kah untuk hilangin nya ?

Thanks
Hmm.. dulu polo saya suka berbunyi di bagian pintu pas lewat polisi tidur. Setelah dicek, ternyata yg bunyi karet2 pintunya karena kering. Saya oles pakai silicon oil, suaranya hilang.
Siap om nanti saya coba oleskan, trims info ny om.
oya om sama klo baru pindah gigi d rpm rendah suka ada suara getaran di dashboard kyk suara kipas, apa itu normal om ?
mimi3d
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Wed Dec 12, 2012 6:00

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by mimi3d »

Chr1z wrote: Sun Mar 12, 2023 19:29
mimi3d wrote: Fri Mar 10, 2023 4:22 Halo om2, saya baru ngambil VW pol 2018 km34k baru 3 hari ini bawa enak, hanya saja klo lewatin polisi tidur kecil yg bnyk warna putih suara doortrim suka ikut bergetar apakah itu normal ? Ada cara kah untuk hilangin nya ?
Dan boleh tau om cara perawatan DSG supaya aman, apakah perlu d tune lagi selain perawatan berkala di beres setiap 30k km ?
Dan ketika tanjakan berhenti apakah aman masuk gigi D/1 dlu baru turunkan rem tangan, sperti mbl jpn pd umum nya , karena saya berasa mobil ny turun klo tidak d tahan pake rem tangan dlu ?

Thanks
kalo tanjakan landai, saya lepas rem nya pelan2, kalo tanjakan curam maen 2 kaki, satu di rem, 1 di gas.
Ok om, musti siaga ya kaki nya karena takut turun.
Klo lewatin polisi tidur dan kita di gigi D4 biasa suka langsg loncat k D2 or klo D5 biasa k D3 dlu baru D2 itu normal ga om ?
Chr1z
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Tue Jan 09, 2018 12:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: VW_Polo

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by Chr1z »

mimi3d wrote: Wed Mar 15, 2023 3:24
Chr1z wrote: Sun Mar 12, 2023 19:29
mimi3d wrote: Fri Mar 10, 2023 4:22 Halo om2, saya baru ngambil VW pol 2018 km34k baru 3 hari ini bawa enak, hanya saja klo lewatin polisi tidur kecil yg bnyk warna putih suara doortrim suka ikut bergetar apakah itu normal ? Ada cara kah untuk hilangin nya ?
Dan boleh tau om cara perawatan DSG supaya aman, apakah perlu d tune lagi selain perawatan berkala di beres setiap 30k km ?
Dan ketika tanjakan berhenti apakah aman masuk gigi D/1 dlu baru turunkan rem tangan, sperti mbl jpn pd umum nya , karena saya berasa mobil ny turun klo tidak d tahan pake rem tangan dlu ?

Thanks
kalo tanjakan landai, saya lepas rem nya pelan2, kalo tanjakan curam maen 2 kaki, satu di rem, 1 di gas.
Ok om, musti siaga ya kaki nya karena takut turun.
Klo lewatin polisi tidur dan kita di gigi D4 biasa suka langsg loncat k D2 or klo D5 biasa k D3 dlu baru D2 itu normal ga om ?
Normal om, kan oper gigi nya sesuai kecepatan, kalo lewat poldur pasti kecepatannya rendah, ngga mungkin stay di gigi tinggi, pasti ke D2
Klo perawatan DSG ikutin saran beres aja, klo mesin standar ngga perlu tuning DSG.
mimi3d
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Wed Dec 12, 2012 6:00

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by mimi3d »

Chr1z wrote: Wed Mar 15, 2023 11:08
mimi3d wrote: Wed Mar 15, 2023 3:24
Chr1z wrote: Sun Mar 12, 2023 19:29

kalo tanjakan landai, saya lepas rem nya pelan2, kalo tanjakan curam maen 2 kaki, satu di rem, 1 di gas.
Ok om, musti siaga ya kaki nya karena takut turun.
Klo lewatin polisi tidur dan kita di gigi D4 biasa suka langsg loncat k D2 or klo D5 biasa k D3 dlu baru D2 itu normal ga om ?
Normal om, kan oper gigi nya sesuai kecepatan, kalo lewat poldur pasti kecepatannya rendah, ngga mungkin stay di gigi tinggi, pasti ke D2
Klo perawatan DSG ikutin saran beres aja, klo mesin standar ngga perlu tuning DSG.
Ok om, kirain aneh soalny baru x ini gigi D kelihatan biassnya mbl jpn D aja, dan lompatan turun gigi ny selalu genap k genap or ganjil k ganjil dlu baru k d2, siap om thanks masukan nya rencana mesin std aj ngeri macem2 tkut kena dsg ny, plng rencana mgkn ganti filter bmc lifetime yg bisa d cuci om.
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV + LCGC

Re: User Experience: VW Polo 1.2 TSI 2016 (Polo 6R/MK5)

Post by FR6 »

mimi3d wrote: Wed Mar 15, 2023 13:42
Chr1z wrote: Wed Mar 15, 2023 11:08
mimi3d wrote: Wed Mar 15, 2023 3:24

Ok om, musti siaga ya kaki nya karena takut turun.
Klo lewatin polisi tidur dan kita di gigi D4 biasa suka langsg loncat k D2 or klo D5 biasa k D3 dlu baru D2 itu normal ga om ?
Normal om, kan oper gigi nya sesuai kecepatan, kalo lewat poldur pasti kecepatannya rendah, ngga mungkin stay di gigi tinggi, pasti ke D2
Klo perawatan DSG ikutin saran beres aja, klo mesin standar ngga perlu tuning DSG.
Ok om, kirain aneh soalny baru x ini gigi D kelihatan biassnya mbl jpn D aja, dan lompatan turun gigi ny selalu genap k genap or ganjil k ganjil dlu baru k d2, siap om thanks masukan nya rencana mesin std aj ngeri macem2 tkut kena dsg ny, plng rencana mgkn ganti filter bmc lifetime yg bisa d cuci om.
Nambahin Om, metik Dual Clutch (DCT/DSG/PDK) itu ada 2 kopling, kopling gigi ganjil & koling gigi genap. Anggap lah mobil di gigi 4 (genap), gigi 3 & 5 nya udh masuk tapi kopling nya belum nempel. Itu yg membuat perpindahan DCT cepet2..
kalo ke case nya Om yang turun 2 step percepatan, mungkin dari TCM nya yg bikin kaya gitu supaya torsi tetep terjaga.
enaknya DCT, hampir kaya ga ada selip Om, berasa bawa manual..