jgn sampai rusak atau mati
klo sudah ada selisih voltase sekian persen antara cell = lgs ganti segelondong (whole pack).
jd gak dua kali kerja, dan bener emang,
tiap masalah ada solusinya.
mindsetnya jangan dibikin rumit, lgs ganti batre sblm rusak
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze



beberapa mobil EV seperti Atto1 dan J5 itu ada mode utk parkir paralel jadi bisa didorong mobilnya.

aktifin modenya gimana tuh om ??ada tuas aapa pake touch screen kalo tuas masuk akal kalo u bilang tombol atau touch screen ai jitak yaa......speedfreak wrote: Tue Dec 09, 2025 5:25beberapa mobil EV seperti Atto1 dan J5 itu ada mode utk parkir paralel jadi bisa didorong mobilnya.
harusnya kalo mobil mogok di jalan karena aki soak, logikanya bisa didorong juga ke pinggir agar tidak mengganggu pengguna jalan lain kan ya?
btw kasus aki 12V ini sepertinya terjadi di banyak merk mobil EV, gak cuma BYD aja.

sayangnya spklu lom ada yg model swap batere. gak perlu ngantri panjang ngecasSuryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 5:01 ganti batre hi volt tiap 8 tahun
jgn sampai rusak atau mati
klo sudah ada selisih voltase sekian persen antara cell = lgs ganti segelondong (whole pack).
jd gak dua kali kerja, dan bener emang,
tiap masalah ada solusinya.
mindsetnya jangan dibikin rumit, lgs ganti batre sblm rusak![]()

Gak kebayang cara swapnya gimana,TUFF Stough wrote: Tue Dec 09, 2025 5:57sayangnya spklu lom ada yg model swap batere. gak perlu ngantri panjang ngecasSuryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 5:01 ganti batre hi volt tiap 8 tahun
jgn sampai rusak atau mati
klo sudah ada selisih voltase sekian persen antara cell = lgs ganti segelondong (whole pack).
jd gak dua kali kerja, dan bener emang,
tiap masalah ada solusinya.
mindsetnya jangan dibikin rumit, lgs ganti batre sblm rusak![]()
![]()

inget om batre itu gede kalo rame gak bakalan sanggup itu stasiun ujung2xnya keburu abis batre full nunggu ada yang full baru bisa swap ditambah mahal infrastrukturnya idup ud ribet di bikin makin ribetTUFF Stough wrote: Tue Dec 09, 2025 5:57sayangnya spklu lom ada yg model swap batere. gak perlu ngantri panjang ngecasSuryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 5:01 ganti batre hi volt tiap 8 tahun
jgn sampai rusak atau mati
klo sudah ada selisih voltase sekian persen antara cell = lgs ganti segelondong (whole pack).
jd gak dua kali kerja, dan bener emang,
tiap masalah ada solusinya.
mindsetnya jangan dibikin rumit, lgs ganti batre sblm rusak![]()
![]()

ud viasa sampe sekarang cuma nio yang bisa swap batterai dan keliayannya itu merek juga gagal buktinya gak expand ke +62 padahal gimmicknya paling lucuIGedeAmat wrote: Tue Dec 09, 2025 6:11Gak kebayang cara swapnya gimana,TUFF Stough wrote: Tue Dec 09, 2025 5:57sayangnya spklu lom ada yg model swap batere. gak perlu ngantri panjang ngecasSuryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 5:01 ganti batre hi volt tiap 8 tahun
jgn sampai rusak atau mati
klo sudah ada selisih voltase sekian persen antara cell = lgs ganti segelondong (whole pack).
jd gak dua kali kerja, dan bener emang,
tiap masalah ada solusinya.
mindsetnya jangan dibikin rumit, lgs ganti batre sblm rusak![]()
![]()
ini kan bukan Tamiya yang bongkar bodynya gampang..
![]()

nambah lagi part yang rusak mbah, itu BMS battery...b0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 2:52 https://tk.tokopedia.com/ZSP8jMRRd/
emang ud stdnya pake ini.....![]()
kalo soak ganti ini aja harusnya si bisa lebih awet![]()
capitalism pro max, provide the problem sell the solutionSuryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 5:01 ganti batre hi volt tiap 8 tahun
jgn sampai rusak atau mati
klo sudah ada selisih voltase sekian persen antara cell = lgs ganti segelondong (whole pack).
jd gak dua kali kerja, dan bener emang,
tiap masalah ada solusinya.
mindsetnya jangan dibikin rumit, lgs ganti batre sblm rusak![]()

oh iya lupa saya, itu aktifin nya harus dari layarb0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 5:37
aktifin modenya gimana tuh om ??ada tuas aapa pake touch screen kalo tuas masuk akal kalo u bilang tombol atau touch screen ai jitak yaa......![]()

yg ptg layarnya bisa nyala dulu mbahspeedfreak wrote: Tue Dec 09, 2025 6:49oh iya lupa saya, itu aktifin nya harus dari layarb0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 5:37
aktifin modenya gimana tuh om ??ada tuas aapa pake touch screen kalo tuas masuk akal kalo u bilang tombol atau touch screen ai jitak yaa......![]()
Untuk mengaktifkan mode dorong (atau Trailer Mode) di BYD Atto 1, masuk ke menu Settings (Pengaturan) di layar head unit, pilih Vehicle (Kendaraan), lalu aktifkan fitur Electronic Parking Brake (EPB) Trailer Mode, biasanya sambil menginjak pedal rem untuk mengonfirmasi, sehingga rem parkir elektronik dilepas dan mobil bisa didorong untuk parkir paralel atau keperluan lainnya.
di J5 juga dari layar.
sedangkan ini kondisinya sistem total off karena batere ngadat ya.
yaudah sedia jumper cable atau battery cadangan di bagasi.

ini jelas solusinya ada di posting sebelumnya.Suryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 7:09yg ptg layarnya bisa nyala dulu mbahspeedfreak wrote: Tue Dec 09, 2025 6:49
...
___yaudah sedia jumper cable atau battery cadangan di bagasi.___![]()

dijual kakak solusinyailhami wrote: Tue Dec 09, 2025 7:38ini jelas solusinya ada di posting sebelumnya.Suryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 7:09yg ptg layarnya bisa nyala dulu mbahspeedfreak wrote: Tue Dec 09, 2025 6:49
...
___yaudah sedia jumper cable atau battery cadangan di bagasi.___![]()

testi untuk surabaya dan ini bener. gue ndiri termasuk golongan skeptis yg naik kijang utk keseharian cm bs bingung kenapa nie temen rumah cmn muat 1 (dalam) dan ngga siapin home charger tp pake atto 3. tp uda setaun berjalan dia puas2 aja. uda sampe keluar kota (max jateng) tp disclaimer jg klo dia ada kijang sodara yg bs dipinjem (bila perlu) utk lukot.ChZ wrote: Mon Dec 08, 2025 3:24udah banyak seliweran pada bilang kalo mobil EV bisa jadi mobil 1-1nya ampe katanya jual mobil ICEnya semua ganti ke EV. ntah bener atau dongeng.timbermaniac123 wrote: Sun Dec 07, 2025 2:08Pasti ada aja yang mau buat vlog dengan judul " mudik lebaran menggunakan mobil ev" dsbSuryaputra wrote: Sat Dec 06, 2025 16:14
Klo melintasi transjawabahn di musim lebaran, wah gokil sih klo berani![]()
ya pilihan sih saya sih ga mau kalo batt tinggal 10% harus alon alon cari chargeran terus nunggu 30 menit, ngabisin waktu. kadang kita pergi mau cepet sampe tujuan tidur terus malemnya masih bisa jalan jalan. cari duit susah ngapain liburan cuma sebentar nyiksa diri.


Tetap gradual sebenarnya om,timmy23387 wrote: Tue Dec 09, 2025 3:43ok2, ternyata ga gradual ya langsung drop. berarti ganti aki nya harus terjadwal dan sedia jump starter untuk emergency ya solusinya...Suryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 2:33Accu ini lemahnya bukan gradual (bertahap).timmy23387 wrote: Mon Dec 08, 2025 15:50
Masalah aki, kalo di motor saya pasang voltmeter, entah apakah bisa dipasang juga di mobil EV atau ga, kalo bisa dipasang harusnya lumayan membantu sih untuk pantau kondisi aki..
Mengenai nomor rangka dan mesin, kan data tersebut ada di STNK ya?
jd seringnya yg saya alami ya lgs tiba2 gak bisa starter.
Emang amannya spt om salvanost blg, ganti pk waktu, 1.5 bln sekali aman nya klo accu bawaan diler.
klo accu aftermarket spt amaron, delkor, dll... bisa lbh lama >2 thn
biasanya accu lgs drop (significant discharge), ketika mobil udh di rumah dan tidur semalam,
kemudian lgs lemah ketika cold start pagi hari.
solusinya ya itu, apapun mobil nya:
- ganti accu tiap 1.5 thn sekali (spt jadwal ganti minyak rem)
atau
- sedia accu charger, atau accu jump starter (spt powerbank)

Kemarin2 ada kasus ban kempes di toll pas nepi di bahu jalan
Masih ga rela gua ganti aki sebelum akinya rusakSuryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 5:01 ganti batre hi volt tiap 8 tahun
jgn sampai rusak atau mati
klo sudah ada selisih voltase sekian persen antara cell = lgs ganti segelondong (whole pack).
jd gak dua kali kerja, dan bener emang,
tiap masalah ada solusinya.
mindsetnya jangan dibikin rumit, lgs ganti batre sblm rusak![]()

stater lemot itu bisa gw tahan 6bulan -1thn om kadangSalvanost wrote: Tue Dec 09, 2025 9:40 Tetap gradual sebenarnya om,
Karena di mobil ICE starter lemot masih ada sisa 2-4 minggu umur akinya (ga perlu voltmeter buat tau akinya udah jelek apa belum)
Memang ada kasus yg mempercepat aki rusak kaya yg dijelasin om surya ,jadinya langsung KO akinya, contoh lainnya parkir berjam jam lampu lupa dimatiin (gua oernah kena kasus disini)
Nah kalau EV? Ga ada tanda2 aki mau rusak![]()
Pilihannya cuma ganti sebelum rusak atau ga diganti sampe rusak terus mobilnya mogok. resikonya urusin mobil mogok bisa molor sampai 2-4 jam atau lebih
Kecuali udah pegang hp orang jualan aki, mungkin kurang dari 1.5jam udah bisa ganti akinya. (Kalau akinya yg rusak)

ya saya si ud sampe kepikiran kalo sampe roadtrip sama orang pake EV si gw tinggal aja...........linschneider wrote: Tue Dec 09, 2025 8:24
testi untuk surabaya dan ini bener. gue ndiri termasuk golongan skeptis yg naik kijang utk keseharian cm bs bingung kenapa nie temen rumah cmn muat 1 (dalam) dan ngga siapin home charger tp pake atto 3. tp uda setaun berjalan dia puas2 aja. uda sampe keluar kota (max jateng) tp disclaimer jg klo dia ada kijang sodara yg bs dipinjem (bila perlu) utk lukot.
bukan kasus mobil satu2nya, tp pas lebi awal lagi tetangga sy sendiri jual civic hbnya ganti air ev, keputusan yg sejujurnya bagi gw membagongkan. emang waktu itu tdk ada pilihan selain air ev dan ioniq, akhirnya dia pilih yg kecil dan di rumah dy ada hrv dan air ev. bbrp saat lewat, dpt rejeki dan datanglah atto 3 baru. lucunya charger wuling tdk kompatibel, akhirnya pasang 1 lagi charger byd dirumah. pas tanya kenapa kok ev lagi jawabnya lebi demen aja drpd ice. sy inget pas taun2 ini ini rumah sering mati lampu, sepertinya krn serentak banyak mobil ev baru (dan tarik charger) dalam cluster.
banyak anekdot2 laen yg mobil ice2 pada dijual ganti ev (and never look back), tp buat sy pribadi masih belum berani take the plunge. meskipun tertarik gmn2 minim hrs pasang charger dlm rumah baru bs tenang.
tapi tbf tbh, tiap kali sy isi bbm, dalkot sby dan terutama lukot sidowangi, itu jg ngga cepet2 amat. trip ngisi selalu lebih dari setenga jam, lancar2 pun paling kenceng 15 menitan (ngantri dexlite). klo mau mnm solar, fix satu jam klo diluar kota. timesaver terbaik adalah ngecharge ev sendiri pas tidak dikendarai, bak ngecharge hp.


Now: "I never look back on ICE!!.... ICE are obsolete!!"linschneider wrote: Tue Dec 09, 2025 8:24testi untuk surabaya dan ini bener. gue ndiri termasuk golongan skeptis yg naik kijang utk keseharian cm bs bingung kenapa nie temen rumah cmn muat 1 (dalam) dan ngga siapin home charger tp pake atto 3. tp uda setaun berjalan dia puas2 aja. uda sampe keluar kota (max jateng) tp disclaimer jg klo dia ada kijang sodara yg bs dipinjem (bila perlu) utk lukot.ChZ wrote: Mon Dec 08, 2025 3:24udah banyak seliweran pada bilang kalo mobil EV bisa jadi mobil 1-1nya ampe katanya jual mobil ICEnya semua ganti ke EV. ntah bener atau dongeng.timbermaniac123 wrote: Sun Dec 07, 2025 2:08
Pasti ada aja yang mau buat vlog dengan judul " mudik lebaran menggunakan mobil ev" dsb
ya pilihan sih saya sih ga mau kalo batt tinggal 10% harus alon alon cari chargeran terus nunggu 30 menit, ngabisin waktu. kadang kita pergi mau cepet sampe tujuan tidur terus malemnya masih bisa jalan jalan. cari duit susah ngapain liburan cuma sebentar nyiksa diri.
bukan kasus mobil satu2nya, tp pas lebi awal lagi tetangga sy sendiri jual civic hbnya ganti air ev, keputusan yg sejujurnya bagi gw membagongkan. emang waktu itu tdk ada pilihan selain air ev dan ioniq, akhirnya dia pilih yg kecil dan di rumah dy ada hrv dan air ev. bbrp saat lewat, dpt rejeki dan datanglah atto 3 baru. lucunya charger wuling tdk kompatibel, akhirnya pasang 1 lagi charger byd dirumah. pas tanya kenapa kok ev lagi jawabnya lebi demen aja drpd ice. sy inget pas taun2 ini ini rumah sering mati lampu, sepertinya krn serentak banyak mobil ev baru (dan tarik charger) dalam cluster.
banyak anekdot2 laen yg mobil ice2 pada dijual ganti ev (and never look back), tp buat sy pribadi masih belum berani take the plunge. meskipun tertarik gmn2 minim hrs pasang charger dlm rumah baru bs tenang.
tapi tbf tbh, tiap kali sy isi bbm, dalkot sby dan terutama lukot sidowangi, itu jg ngga cepet2 amat. trip ngisi selalu lebih dari setenga jam, lancar2 pun paling kenceng 15 menitan (ngantri dexlite). klo mau mnm solar, fix satu jam klo diluar kota. timesaver terbaik adalah ngecharge ev sendiri pas tidak dikendarai, bak ngecharge hp.

ud ruko maksa 7 lantai karywan banyak nyimpen batre pula"Ada baterai di lantai 1 yang terbakar dan sempat dipadamkan oleh karwayan, ternyata baterai yang terbakar menyebar karena lantai 1 adalah gudangnya. Karyawan sedang makan berada di ljar dan sebaguan lagj istirahta di 2 3 dna 6. Api semakin membesar asap naik ke lantai 6," ujar Susatyo.

Kira2 nyimpen batre apa tuhb0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 10:43 https://www.liputan6.com/news/read/6232 ... i-1?page=3
ud ruko maksa 7 lantai karywan banyak nyimpen batre pula"Ada baterai di lantai 1 yang terbakar dan sempat dipadamkan oleh karwayan, ternyata baterai yang terbakar menyebar karena lantai 1 adalah gudangnya. Karyawan sedang makan berada di ljar dan sebaguan lagj istirahta di 2 3 dna 6. Api semakin membesar asap naik ke lantai 6," ujar Susatyo.![]()
korban 20 orang md![]()

Kaya kasus pabrik lithium di korea...b0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 10:43 https://www.liputan6.com/news/read/6232 ... i-1?page=3
ud ruko maksa 7 lantai karywan banyak nyimpen batre pula"Ada baterai di lantai 1 yang terbakar dan sempat dipadamkan oleh karwayan, ternyata baterai yang terbakar menyebar karena lantai 1 adalah gudangnya. Karyawan sedang makan berada di ljar dan sebaguan lagj istirahta di 2 3 dna 6. Api semakin membesar asap naik ke lantai 6," ujar Susatyo.![]()
korban 20 orang md![]()

Batre droneKielConstantine wrote: Tue Dec 09, 2025 11:07Kira2 nyimpen batre apa tuhb0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 10:43 https://www.liputan6.com/news/read/6232 ... i-1?page=3
ud ruko maksa 7 lantai karywan banyak nyimpen batre pula"Ada baterai di lantai 1 yang terbakar dan sempat dipadamkan oleh karwayan, ternyata baterai yang terbakar menyebar karena lantai 1 adalah gudangnya. Karyawan sedang makan berada di ljar dan sebaguan lagj istirahta di 2 3 dna 6. Api semakin membesar asap naik ke lantai 6," ujar Susatyo.![]()
korban 20 orang md![]()
Mana asapnya ngebul bener..
Mau dipadamin pake air, ya kg bisa klo batre yg kebakar