ya antara segituan lah mbah. tergantung kondisi awalnya juga underfill/overfill/just right.well wrote: Wed May 28, 2025 1:28ampun mbah, kemaren sy buka pan matic sekitar 3,8 ltr.
posisi mobil berhenti semalaman, pas dibuka pannya posisi mbl belum hidup dr semalam
Tanya : Ganti oli transmisi matic
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11826
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5963
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Ini sih masih factory filled fluid, mobil ortu mau ane bantu rawat dikit2.Omnibus wrote: Wed May 28, 2025 1:43ya antara segituan lah mbah. tergantung kondisi awalnya juga underfill/overfill/just right.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Sat Apr 07, 2018 3:06
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: L15Z
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
mumpung ada kata-kata underfill/overfill, jd pengen ngerti apa pengaruh klo lebih ato kurang ya om?Omnibus wrote: Wed May 28, 2025 1:43ya antara segituan lah mbah. tergantung kondisi awalnya juga underfill/overfill/just right.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11826
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
just some of the possibilities,Peter10 wrote: Wed May 28, 2025 5:55
mumpung ada kata-kata underfill/overfill, jd pengen ngerti apa pengaruh klo lebih ato kurang ya om?
underfill: jedug, pindah gigi kasar, late response N-D atau N-R
overfill: late response N-D atau N-R, clutch slip, overheat
tp tergantung toleransi tiap-tiap mobil beda2.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Mon Feb 12, 2018 16:28
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Panther
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Pas bahas overfill nih, kemarin akhirnya sy baru berhasil fine tune xpander AT
udah hampir 1 tahun lalu xpander sy flush matic yang pakai mesin, nah beberapa bulan terakhir kerasa selip saat pindah gigi apalagi kalo bejek gas kerasa delay kaya pakai manual
. Kalo jalan merayap antara gigi 1 dan 2 kadang nyendal sendiri spt bingung mau downshift tapi lgsg upshift lg. Ditambah lagi tiap habis parkir dari P ke R hampir selalu jeduk, kalo parkir agak miring tambah keras jedaknya
Sy kira mungkin karna oli matic berkurang gara2 sempat rembes lembab di seal kruk as blkg tapi skrg kering, jadi inisiatif mau refill + fine tune.
Bulan lalu ngolong baru tau kalo baut cek level L5 nya slek, coba beli sampai 3 macem screw extractor, bolt extractor tetep ga bisa buka bautnya.
Akhirnya kemarin coba dilas mau ditambah baut biar bisa dibuka, eh bautnya gak mau nempel, tapi untung dicoba putar pakai tang malah bisa kebuka

Waktu dibuka olinya langsung nyembur kayak m*ncr*t
bawa gelas tampung cuma yg 500ml karna ekspektasi kalo overfillpun paling 100-200ml, eh ternyata sampe luber2

hasil akhir yang tertampung hampir 1/2 botol aq*a besar + mungkin 200 ml an yang tumpah ke jalan
jadi total overfillnya kira2 800ml
Sekarang shift lebih cepat gak delay, bejek gas jg shiftnya alus gak berasa nyendal. Dari P ke R juga udah nggak jeduk2 lagi

udah hampir 1 tahun lalu xpander sy flush matic yang pakai mesin, nah beberapa bulan terakhir kerasa selip saat pindah gigi apalagi kalo bejek gas kerasa delay kaya pakai manual

Sy kira mungkin karna oli matic berkurang gara2 sempat rembes lembab di seal kruk as blkg tapi skrg kering, jadi inisiatif mau refill + fine tune.
Bulan lalu ngolong baru tau kalo baut cek level L5 nya slek, coba beli sampai 3 macem screw extractor, bolt extractor tetep ga bisa buka bautnya.

Akhirnya kemarin coba dilas mau ditambah baut biar bisa dibuka, eh bautnya gak mau nempel, tapi untung dicoba putar pakai tang malah bisa kebuka

Waktu dibuka olinya langsung nyembur kayak m*ncr*t

bawa gelas tampung cuma yg 500ml karna ekspektasi kalo overfillpun paling 100-200ml, eh ternyata sampe luber2

hasil akhir yang tertampung hampir 1/2 botol aq*a besar + mungkin 200 ml an yang tumpah ke jalan

Sekarang shift lebih cepat gak delay, bejek gas jg shiftnya alus gak berasa nyendal. Dari P ke R juga udah nggak jeduk2 lagi

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5963
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Kok bisa slek bautnya om?eikazan wrote: Wed May 28, 2025 10:24 Pas bahas overfill nih, kemarin akhirnya sy baru berhasil fine tune xpander AT![]()
udah hampir 1 tahun lalu xpander sy flush matic yang pakai mesin, nah beberapa bulan terakhir kerasa selip saat pindah gigi apalagi kalo bejek gas kerasa delay kaya pakai manual. Kalo jalan merayap antara gigi 1 dan 2 kadang nyendal sendiri spt bingung mau downshift tapi lgsg upshift lg. Ditambah lagi tiap habis parkir dari P ke R hampir selalu jeduk, kalo parkir agak miring tambah keras jedaknya
Sy kira mungkin karna oli matic berkurang gara2 sempat rembes lembab di seal kruk as blkg tapi skrg kering, jadi inisiatif mau refill + fine tune.
Bulan lalu ngolong baru tau kalo baut cek level L5 nya slek, coba beli sampai 3 macem screw extractor, bolt extractor tetep ga bisa buka bautnya.![]()
Akhirnya kemarin coba dilas mau ditambah baut biar bisa dibuka, eh bautnya gak mau nempel, tapi untung dicoba putar pakai tang malah bisa kebuka
Waktu dibuka olinya langsung nyembur kayak m*ncr*t![]()
bawa gelas tampung cuma yg 500ml karna ekspektasi kalo overfillpun paling 100-200ml, eh ternyata sampe luber2
hasil akhir yang tertampung hampir 1/2 botol aq*a besar + mungkin 200 ml an yang tumpah ke jalanjadi total overfillnya kira2 800ml
Sekarang shift lebih cepat gak delay, bejek gas jg shiftnya alus gak berasa nyendal. Dari P ke R juga udah nggak jeduk2 lagi![]()
Ini ceknya pas kondisi mesin nyala atau mati ya?
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Mon Feb 12, 2018 16:28
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Panther
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
kayanya di slek in bengkel tmp flushing, soalnya itu pertama kalinya ganti oli matic wkwk sblmnya ga pernah sentuh2 atau cek oli maticsintoni wrote: Thu May 29, 2025 1:40Kok bisa slek bautnya om?eikazan wrote: Wed May 28, 2025 10:24 Pas bahas overfill nih, kemarin akhirnya sy baru berhasil fine tune xpander AT![]()
udah hampir 1 tahun lalu xpander sy flush matic yang pakai mesin, nah beberapa bulan terakhir kerasa selip saat pindah gigi apalagi kalo bejek gas kerasa delay kaya pakai manual. Kalo jalan merayap antara gigi 1 dan 2 kadang nyendal sendiri spt bingung mau downshift tapi lgsg upshift lg. Ditambah lagi tiap habis parkir dari P ke R hampir selalu jeduk, kalo parkir agak miring tambah keras jedaknya
Sy kira mungkin karna oli matic berkurang gara2 sempat rembes lembab di seal kruk as blkg tapi skrg kering, jadi inisiatif mau refill + fine tune.
Bulan lalu ngolong baru tau kalo baut cek level L5 nya slek, coba beli sampai 3 macem screw extractor, bolt extractor tetep ga bisa buka bautnya.![]()
Akhirnya kemarin coba dilas mau ditambah baut biar bisa dibuka, eh bautnya gak mau nempel, tapi untung dicoba putar pakai tang malah bisa kebuka
Waktu dibuka olinya langsung nyembur kayak m*ncr*t![]()
bawa gelas tampung cuma yg 500ml karna ekspektasi kalo overfillpun paling 100-200ml, eh ternyata sampe luber2
hasil akhir yang tertampung hampir 1/2 botol aq*a besar + mungkin 200 ml an yang tumpah ke jalanjadi total overfillnya kira2 800ml
Sekarang shift lebih cepat gak delay, bejek gas jg shiftnya alus gak berasa nyendal. Dari P ke R juga udah nggak jeduk2 lagi![]()
Ini ceknya pas kondisi mesin nyala atau mati ya?

keliatan ada bekas paksaan di daerah luar lubangnya, mungkin lobang L5 dipaksa masuk L6

ceknya pas mesin mati gan