NEW VELOZ 2022!!

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16463
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by ChZ »

FR6 wrote: Mon Nov 15, 2021 2:06 ngg anu Om, mau info aja..
saia kerja di dunia spare parts, yang namanya harga vs cogs spare part itu bisa 3-4x nya.. jadi kalo di bilang satu balon harga 7jt, paling modal nya gak sampe 2jt :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Setau saya, kalo spare part mobil justru harganya gila2an, bisa di atas 4x harga cosg(modal), Yaris 3 vs 7 balon beda 5jt doang bisa jadi cuma beda harga cogs :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

edit:
oiya, itu harga khusus aftermarket ya, beda kalo production line, besar kemungkinan cogs nya lebih rendah lagi :mky_02: :mky_02: :mky_02:
ic... besar juga selisihnya saya kira cuma paling 10-20%. gak nyangka sampai bisa 4 kali :ungg: makanya saya kira dulu CRV prestige dan non prestige beda 40juta itu beda harga airbagnya ternyata gak yah :mky_01:

tapi kalau di dunia jualan sih emang pricing itu hanya permainan gak ada kaitannya dengan actual biaya produksi. ya ada sih tapi pasti ngambil margin pun pake strategi gak pukul rata semua mobil marginnya sama.

asalkan penjualnya jago bikin yakin pembelinya kalo beli top trim lebih dapet value daripada beli trim bawah ya yang laku akan tetep top trim :mky_01: apalagi buat class mobil di atas 500 juta nambah 30 juta itu kan "cuma" gak sampe 10% nya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2885
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by KielConstantine »

FR6 wrote: Mon Nov 15, 2021 2:06 ngg anu Om, mau info aja..
saia kerja di dunia spare parts, yang namanya harga vs cogs spare part itu bisa 3-4x nya.. jadi kalo di bilang satu balon harga 7jt, paling modal nya gak sampe 2jt :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Setau saya, kalo spare part mobil justru harganya gila2an, bisa di atas 4x harga cosg(modal), Yaris 3 vs 7 balon beda 5jt doang bisa jadi cuma beda harga cogs :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

edit:
oiya, itu harga khusus aftermarket ya, beda kalo production line, besar kemungkinan cogs nya lebih rendah lagi :mky_02: :mky_02: :mky_02:
:mky_03: :mky_03:

Ga heran bengkel2 modifikator pada cuan selangit, hidupnya makmur makan enak

Turbo RHF4 dijual 12-15 jt trgantung spek hybrid dll
ECU shop monstermax dijual 15 jt ….
Big brake kit dijual 25 jt (depan doank)

Apalagi parts2 mobil eropa … asik deh .. speed sensor dijual 1 jt . Modal nyetok cuman 300rb kali .. :mky_07:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV + LCGC

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by FR6 »

ChZ wrote: Mon Nov 15, 2021 2:52
ic... besar juga selisihnya saya kira cuma paling 10-20%. gak nyangka sampai bisa 4 kali :ungg: makanya saya kira dulu CRV prestige dan non prestige beda 40juta itu beda harga airbagnya ternyata gak yah :mky_01:

tapi kalau di dunia jualan sih emang pricing itu hanya permainan gak ada kaitannya dengan actual biaya produksi. ya ada sih tapi pasti ngambil margin pun pake strategi gak pukul rata semua mobil marginnya sama.

asalkan penjualnya jago bikin yakin pembelinya kalo beli top trim lebih dapet value daripada beli trim bawah ya yang laku akan tetep top trim :mky_01: apalagi buat class mobil di atas 500 juta nambah 30 juta itu kan "cuma" gak sampe 10% nya.
saya juga mikir gitu Ums, BRV Prestige HS kalo di liat2 fitur2nya & kosmetiknya beda jauh bgt sama Prestige biasa, asumsi saya sih emg sengaja BRV Prestige HS itu dijadiin penjualan utama.. hal yg sama kaya di Xpander Ultimate sama Sport, beda cuma 2jt tapi velg di sunat & cruise control di sunat :big_biglaugh: :big_biglaugh:
KielConstantine wrote: Mon Nov 15, 2021 3:25 :mky_03: :mky_03:

Ga heran bengkel2 modifikator pada cuan selangit, hidupnya makmur makan enak

Turbo RHF4 dijual 12-15 jt trgantung spek hybrid dll
ECU shop monstermax dijual 15 jt ….
Big brake kit dijual 25 jt (depan doank)

Apalagi parts2 mobil eropa … asik deh .. speed sensor dijual 1 jt . Modal nyetok cuman 300rb kali .. :mky_07:
HEHE anu Om, aftermarket maksudnya aftersales (parts & service), saya kebiasaan pake istilahnya prinicpal :mky_01:
Nah si merk2 itu juga belinya ke vendor/produsen parts. misal, Injection Pump ke Delphi, Starter motor ke Bosch.
APM beli partnya, lalu di jual dengan pricelist 3-4x.
bisa di bayangin kan, dengan part yang sama kalo kita beli Turbo/Injection Pump/Starter motor direct ke distributor dari produsernya seenggaknya bisa 3-4x lebih murah :big_love:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by evanbngdor »

FR6 wrote: Thu Nov 18, 2021 2:14
KielConstantine wrote: Mon Nov 15, 2021 3:25 :mky_03: :mky_03:

Ga heran bengkel2 modifikator pada cuan selangit, hidupnya makmur makan enak

Turbo RHF4 dijual 12-15 jt trgantung spek hybrid dll
ECU shop monstermax dijual 15 jt ….
Big brake kit dijual 25 jt (depan doank)

Apalagi parts2 mobil eropa … asik deh .. speed sensor dijual 1 jt . Modal nyetok cuman 300rb kali .. :mky_07:
HEHE anu Om, aftermarket maksudnya aftersales (parts & service), saya kebiasaan pake istilahnya prinicpal :mky_01:
Nah si merk2 itu juga belinya ke vendor/produsen parts. misal, Injection Pump ke Delphi, Starter motor ke Bosch.
APM beli partnya, lalu di jual dengan pricelist 3-4x.
bisa di bayangin kan, dengan part yang sama kalo kita beli Turbo/Injection Pump/Starter motor direct ke distributor dari produsernya seenggaknya bisa 3-4x lebih murah :big_love:
Tp perlu diingat jg bahwa end user biasanya ngga bisa langsung beli ke distributor atau produsen, dan kalaupun bisa itu ada minimum qty.

Saya pernah coba nanya ke temen jg yg kerja di principal untuk beli salah satu part mobil, jumlah yg mau saya order itu 100an lebih dan yakin banget mereka pasti ada karena itu fast moving.

Cuma temen pun udah usahakan dan tetep ngga bisa, perusahaan ngga melayanin B2C, hanya B2B. Ya kode etik jg sih. Tp memang bener, harga dari principal apalagi kalo bicara production cost itu paling 1/4 dr harga di bengkel resmi
:mky_01:

Kenapa bisa begitu, karena ada biaya storage yang mereka hitung, umumnya principal itu ngga make to stock, tp make to order, jd mau gak mau dr pihak ATPM nya yg harus nyetok
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by McLaren »

Kembali ke topik, udah liat aslinya…
Yaa tetep cakep xpander si klo menurut ane.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4619
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Profith83 »

Ini ada Toyota sensing nya yah?
Bisa ngerem sendiri
Ada peringatan kalau kita di toll lewat marka jalan
dll
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by evanbngdor »

Profith83 wrote: Thu Nov 18, 2021 6:21 Ini ada Toyota sensing nya yah?
Bisa ngerem sendiri
Ada peringatan kalau kita di toll lewat marka jalan
dll
Ada di tipe TSS. Untuk preventif boleh lah, meskipun secara normal pemakaian sehari2 ya harusnya ngga sering menggunakan fitur itu.

Kalau pindah lajur nyalain sign sih sepertinya ngga nyala, tp kalo lg jalan tiba2 keluar marka itu baru ada alert nya, ya mirip2 fitur di dashcam skg ini lah
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16463
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Thu Nov 18, 2021 2:28
Tp perlu diingat jg bahwa end user biasanya ngga bisa langsung beli ke distributor atau produsen, dan kalaupun bisa itu ada minimum qty.

Saya pernah coba nanya ke temen jg yg kerja di principal untuk beli salah satu part mobil, jumlah yg mau saya order itu 100an lebih dan yakin banget mereka pasti ada karena itu fast moving.

Cuma temen pun udah usahakan dan tetep ngga bisa, perusahaan ngga melayanin B2C, hanya B2B. Ya kode etik jg sih. Tp memang bener, harga dari principal apalagi kalo bicara production cost itu paling 1/4 dr harga di bengkel resmi
:mky_01:

Kenapa bisa begitu, karena ada biaya storage yang mereka hitung, umumnya principal itu ngga make to stock, tp make to order, jd mau gak mau dr pihak ATPM nya yg harus nyetok
nahh iya tapi beralasan banget sih, pabrikan kan walaupun model berganti terus tapi beberapa juga punya policy kalo parts mobil musti available paling tidak 10 thn dari akhir life cycle produk tersebut. belum mereka pasti order lagi buat model barunya. gimana gak jadi duit seger tuh kontrak jalan terus :mky_01: belum kalo model baru isinya cuma recycled parts dari model lama.

belum ngomongin logistik dan gudang... yang banyak biaya overhead dan tentu saja biaya "lain-lain" :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Thu Nov 18, 2021 7:33
evanbngdor wrote: Thu Nov 18, 2021 2:28
Tp perlu diingat jg bahwa end user biasanya ngga bisa langsung beli ke distributor atau produsen, dan kalaupun bisa itu ada minimum qty.

Saya pernah coba nanya ke temen jg yg kerja di principal untuk beli salah satu part mobil, jumlah yg mau saya order itu 100an lebih dan yakin banget mereka pasti ada karena itu fast moving.

Cuma temen pun udah usahakan dan tetep ngga bisa, perusahaan ngga melayanin B2C, hanya B2B. Ya kode etik jg sih. Tp memang bener, harga dari principal apalagi kalo bicara production cost itu paling 1/4 dr harga di bengkel resmi
:mky_01:

Kenapa bisa begitu, karena ada biaya storage yang mereka hitung, umumnya principal itu ngga make to stock, tp make to order, jd mau gak mau dr pihak ATPM nya yg harus nyetok
nahh iya tapi beralasan banget sih, pabrikan kan walaupun model berganti terus tapi beberapa juga punya policy kalo parts mobil musti available paling tidak 10 thn dari akhir life cycle produk tersebut. belum mereka pasti order lagi buat model barunya. gimana gak jadi duit seger tuh kontrak jalan terus :mky_01: belum kalo model baru isinya cuma recycled parts dari model lama.

belum ngomongin logistik dan gudang... yang banyak biaya overhead dan tentu saja biaya "lain-lain" :mky_03:
Yes, yang masih berlaku saat ini di kebanyakan industri terutama otomotif memang seperti itu.

OOT dikit, kalau pengen ngeliat transformasi bisnis yg cukup revolusioner. Coba iseng2 cari tau bagaimana business model nya SGMW di Indo secara end to end. Menurut saya sih cukup amazing ya, bener2 muter otak dan mengubah sudut pandang sih. Cukup impress sama hal tersebut

:big_exellent: :big_exellent:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by kunaskun »

McLaren wrote: Thu Nov 18, 2021 5:35 Kembali ke topik, udah liat aslinya…
Yaa tetep cakep xpander si klo menurut ane.
xpander set the bar too high, yg bahkan avanza sampe ganti generasi saja ga cukup buat sekedar imbangi.
apalagi di facelift malah jadi seperti lebih "baru" dari avanza. apalagi lihat interior. ga pake gimmick2 aneh2, itu dashboard dengan soft touch yg memang tidak bagus2 amat tapi kasih impresi jauh diatas veloz sekalipun yg masih seperti biasanya toyota indo kasih lampu2 dan head unit doang.

tapi ya ini indonesia, realitanya dengan avanza dikasih model exterior kaya gitu bisa jadi pasar LMPV akan balik ke era dulu lagi, karena seperti ahond org Indo biasanya beli mobil duduknya di luar bukan di dalem.
silenzo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Fri May 28, 2021 16:02

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by silenzo »

kunaskun wrote: Fri Nov 19, 2021 6:16
McLaren wrote: Thu Nov 18, 2021 5:35 Kembali ke topik, udah liat aslinya…
Yaa tetep cakep xpander si klo menurut ane.
xpander set the bar too high, yg bahkan avanza sampe ganti generasi saja ga cukup buat sekedar imbangi.
apalagi di facelift malah jadi seperti lebih "baru" dari avanza. apalagi lihat interior. ga pake gimmick2 aneh2, itu dashboard dengan soft touch yg memang tidak bagus2 amat tapi kasih impresi jauh diatas veloz sekalipun yg masih seperti biasanya toyota indo kasih lampu2 dan head unit doang.

tapi ya ini indonesia, realitanya dengan avanza dikasih model exterior kaya gitu bisa jadi pasar LMPV akan balik ke era dulu lagi, karena seperti ahond org Indo biasanya beli mobil duduknya di luar bukan di dalem.


Penampilan juga bisa jadi salah satu faktor orang beli mobil. Tampilan luar (eksterior) Veloz baru terlihat lebih ciamik dibanding Xpander baru. Pada akhirnya tergantung selera masing2 sih.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: Fri Nov 19, 2021 6:16
McLaren wrote: Thu Nov 18, 2021 5:35 Kembali ke topik, udah liat aslinya…
Yaa tetep cakep xpander si klo menurut ane.
xpander set the bar too high, yg bahkan avanza sampe ganti generasi saja ga cukup buat sekedar imbangi.
apalagi di facelift malah jadi seperti lebih "baru" dari avanza. apalagi lihat interior. ga pake gimmick2 aneh2, itu dashboard dengan soft touch yg memang tidak bagus2 amat tapi kasih impresi jauh diatas veloz sekalipun yg masih seperti biasanya toyota indo kasih lampu2 dan head unit doang.

tapi ya ini indonesia, realitanya dengan avanza dikasih model exterior kaya gitu bisa jadi pasar LMPV akan balik ke era dulu lagi, karena seperti ahond org Indo biasanya beli mobil duduknya di luar bukan di dalem.
Apalagi logo triple elips yang meskipun bukan tidak meningkatkan impresi berkendara, tp tetep menjadi sebuah gengsi sih di Indo ini
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 843
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by mobilover »

evanbngdor wrote: Thu Nov 18, 2021 7:57
ChZ wrote: Thu Nov 18, 2021 7:33
evanbngdor wrote: Thu Nov 18, 2021 2:28
Tp perlu diingat jg bahwa end user biasanya ngga bisa langsung beli ke distributor atau produsen, dan kalaupun bisa itu ada minimum qty.

Saya pernah coba nanya ke temen jg yg kerja di principal untuk beli salah satu part mobil, jumlah yg mau saya order itu 100an lebih dan yakin banget mereka pasti ada karena itu fast moving.

Cuma temen pun udah usahakan dan tetep ngga bisa, perusahaan ngga melayanin B2C, hanya B2B. Ya kode etik jg sih. Tp memang bener, harga dari principal apalagi kalo bicara production cost itu paling 1/4 dr harga di bengkel resmi
:mky_01:

Kenapa bisa begitu, karena ada biaya storage yang mereka hitung, umumnya principal itu ngga make to stock, tp make to order, jd mau gak mau dr pihak ATPM nya yg harus nyetok
nahh iya tapi beralasan banget sih, pabrikan kan walaupun model berganti terus tapi beberapa juga punya policy kalo parts mobil musti available paling tidak 10 thn dari akhir life cycle produk tersebut. belum mereka pasti order lagi buat model barunya. gimana gak jadi duit seger tuh kontrak jalan terus :mky_01: belum kalo model baru isinya cuma recycled parts dari model lama.

belum ngomongin logistik dan gudang... yang banyak biaya overhead dan tentu saja biaya "lain-lain" :mky_03:
Yes, yang masih berlaku saat ini di kebanyakan industri terutama otomotif memang seperti itu.

OOT dikit, kalau pengen ngeliat transformasi bisnis yg cukup revolusioner. Coba iseng2 cari tau bagaimana business model nya SGMW di Indo secara end to end. Menurut saya sih cukup amazing ya, bener2 muter otak dan mengubah sudut pandang sih. Cukup impress sama hal tersebut

:big_exellent: :big_exellent:
Wah penasaran SGMW main cantik kayak gimana om di indonesia? Mereka mmg harus pinter manuvernya utk survive di indo yg mindset mobil yah jepang only. Hyundai jg mnrt sy gak segesit dan secerdik SGMW utk urusan penetrasi pasar indonesia. Pricing hyundai creta itu ud mewakili mnrt saya bagaimana hyundai msh belum pakem mau positioning mereknya bagaimana. Mau murah berkualitas macam wuling atau mahal branded macam brand europe
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 415
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by rechtmasta »

Baru aja dealer windows shopping, ngeliat si Veloz sama Xenia baru. Emang kita ga akan liat suatu kualitas yang revolusioner sebagai sebuah LMPV, tapi not too bad lah, not too shabby. Memang dudukan kursinya ga sepanjang pesaingnya, tapi ga sampe signifikan banget bedanya. Kalau sampe disamain kyk duet calsig sih, engga sampe segitunya juga, even seekor Xenia yang ada di bawah Veloz kelasnya. At least kabin cukup nyaman pas tadi dicobain, dan nyonya juga punya pendapat yang sama, naekan sih belum tau...baru mau dikasih test drive besok. Tapi ambiance/nuance lebih enak dari Ertiga menurut gw sama istri gw, Xpander baru belum liat lagi.

---

Kali ini gw acungkan jempol sama ToyoDai seh, terutama Daihatsu, bisa banget ngasih sweet spot dengan Xenia ASA nya, harga yang 242/243jt, cukup bagus posisinya dibanding rival2nya.

---

Extra note, bodynya kalau diliat dari luar, jadi kyk low slung gitu, asik stance-nya.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by evanbngdor »

mobilover wrote: Fri Nov 19, 2021 9:33
evanbngdor wrote: Thu Nov 18, 2021 7:57
ChZ wrote: Thu Nov 18, 2021 7:33

nahh iya tapi beralasan banget sih, pabrikan kan walaupun model berganti terus tapi beberapa juga punya policy kalo parts mobil musti available paling tidak 10 thn dari akhir life cycle produk tersebut. belum mereka pasti order lagi buat model barunya. gimana gak jadi duit seger tuh kontrak jalan terus :mky_01: belum kalo model baru isinya cuma recycled parts dari model lama.

belum ngomongin logistik dan gudang... yang banyak biaya overhead dan tentu saja biaya "lain-lain" :mky_03:
Yes, yang masih berlaku saat ini di kebanyakan industri terutama otomotif memang seperti itu.

OOT dikit, kalau pengen ngeliat transformasi bisnis yg cukup revolusioner. Coba iseng2 cari tau bagaimana business model nya SGMW di Indo secara end to end. Menurut saya sih cukup amazing ya, bener2 muter otak dan mengubah sudut pandang sih. Cukup impress sama hal tersebut

:big_exellent: :big_exellent:
Wah penasaran SGMW main cantik kayak gimana om di indonesia? Mereka mmg harus pinter manuvernya utk survive di indo yg mindset mobil yah jepang only. Hyundai jg mnrt sy gak segesit dan secerdik SGMW utk urusan penetrasi pasar indonesia. Pricing hyundai creta itu ud mewakili mnrt saya bagaimana hyundai msh belum pakem mau positioning mereknya bagaimana. Mau murah berkualitas macam wuling atau mahal branded macam brand europe
Lebih tepatnya main cerdik drpd main cantik sih Om.

Bisa cb cari tau sendiri, ngga etis kalo saya jabarkan semua di sini, bisa diciduk nanti
:mky_03: :mky_04:

Mungkin 10-20 tahun kedepan, hal ini bisa jadi study case perkuliahan sih
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 877
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by rakyatwkwkland »

evanbngdor wrote: Fri Nov 19, 2021 10:05
mobilover wrote: Fri Nov 19, 2021 9:33
evanbngdor wrote: Thu Nov 18, 2021 7:57

Yes, yang masih berlaku saat ini di kebanyakan industri terutama otomotif memang seperti itu.

OOT dikit, kalau pengen ngeliat transformasi bisnis yg cukup revolusioner. Coba iseng2 cari tau bagaimana business model nya SGMW di Indo secara end to end. Menurut saya sih cukup amazing ya, bener2 muter otak dan mengubah sudut pandang sih. Cukup impress sama hal tersebut

:big_exellent: :big_exellent:
Wah penasaran SGMW main cantik kayak gimana om di indonesia? Mereka mmg harus pinter manuvernya utk survive di indo yg mindset mobil yah jepang only. Hyundai jg mnrt sy gak segesit dan secerdik SGMW utk urusan penetrasi pasar indonesia. Pricing hyundai creta itu ud mewakili mnrt saya bagaimana hyundai msh belum pakem mau positioning mereknya bagaimana. Mau murah berkualitas macam wuling atau mahal branded macam brand europe
Lebih tepatnya main cerdik drpd main cantik sih Om.

Bisa cb cari tau sendiri, ngga etis kalo saya jabarkan semua di sini, bisa diciduk nanti
:mky_03: :mky_04:

Mungkin 10-20 tahun kedepan, hal ini bisa jadi study case perkuliahan sih
Pabrik supplier part mereka yg satu komplek dgn pabrik utama dgn alasan biar menekan cost transport termasuk salah satu "main cerdik" nya mereka gak tuh oom?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: Fri Nov 19, 2021 9:18 Apalagi logo triple elips yang meskipun bukan tidak meningkatkan impresi berkendara, tp tetep menjadi sebuah gengsi sih di Indo ini
:mky_01:
yep, mirip ahond dan jualan toyota sudah jelas, bukan soal enak dipake atau ga. tapi soal gimana menyetir maunya konsumen ke arah maunya toyota yaitu resale value dan tahan banting itu saja.
Antonhartono
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Mon Jul 17, 2017 13:21
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Crv2016

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by Antonhartono »

Td siang sengajain ke giias cm buat test drive veloz dan xpander, ga mampir2 ke yg lain, cm lewat doang. Pertama xpndr ultimate silver, posisi duduk sama ky yg lama ag tinggi, setir nya terasa solid dan tombolnya rapi, putaran ringan. Bantingan kaya lbh keras dr yg lama tp tetap nyaman, Krn rutenya pendek bngt jd kurang bngt feel nya. Cuma pas digeber, ampun cvt nya nahan bngt, mesin meraung tp lemot bngt blm dpt torsi nya ud abis jalan nya. Trus disuruh cb stop go nya, e/g cm mati 1mnt an abis itu start lg. Kayaknya kurang max kalo di jalan bener. Yg lumayan fitur epb dan auto hold nya cepet engange dan rekease nya. Kesimpulan ad improvement di fl ini tp tarikan mesin ky nahan bngt krn cvt nya.
Kedua veloz putih tss, ad 2 unit jd ga terlalu antri. Pas maauk setir jg solid cm krg feel premium. Posisi duduk nya jauh lbh baik, bisa rendah dan kursi nya lebar jd nahan badan. Cm kabin terasa luasan xpndr. Cluster meter ud full digital kaya raize. Putaran setir sama enteng dan mirip expander sdh berbobot ga kopong. Pas jalan nvh nya terasa ud selevel sama xpander, bahkan kekedapan nya ky lbh baik. Bantingan pas nanjak ramp besi jg enak. Radius putar jg pendek bngt. Pas cb narik, ini terasa lbh ngisi walau ga impresif. Sayang jalur pendek bngt. Cm pas nyoba epb nya kaya telat gitu hrs sabar. o iya pvm360 nya tajem bikin malu fortuner trd gw yg msh burem. Kesimpulan veloz bener naik kelas dan ud bisa sejajar bhkan kaya lbh di tarikan nya. Kalo fitur tss nya mungkin ga kepake kecuali buat anti ngantuk kalo ke toll aj. Sorry ga ngabndingin bahan jok dan interior krn yg bgtuan bisa gampang dilevel up. Ini kesimpulan prematur krn tes sngt terbatas sih. Emang mobil tuh hrs test drive deh..Tq
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 941
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by ctopher7 »

Antonhartono wrote:Td siang sengajain ke giias cm buat test drive veloz dan xpander, ga mampir2 ke yg lain, cm lewat doang. Pertama xpndr ultimate silver, posisi duduk sama ky yg lama ag tinggi, setir nya terasa solid dan tombolnya rapi, putaran ringan. Bantingan kaya lbh keras dr yg lama tp tetap nyaman, Krn rutenya pendek bngt jd kurang bngt feel nya. Cuma pas digeber, ampun cvt nya nahan bngt, mesin meraung tp lemot bngt blm dpt torsi nya ud abis jalan nya. Trus disuruh cb stop go nya, e/g cm mati 1mnt an abis itu start lg. Kayaknya kurang max kalo di jalan bener. Yg lumayan fitur epb dan auto hold nya cepet engange dan rekease nya. Kesimpulan ad improvement di fl ini tp tarikan mesin ky nahan bngt krn cvt nya.
Kedua veloz putih tss, ad 2 unit jd ga terlalu antri. Pas maauk setir jg solid cm krg feel premium. Posisi duduk nya jauh lbh baik, bisa rendah dan kursi nya lebar jd nahan badan. Cm kabin terasa luasan xpndr. Cluster meter ud full digital kaya raize. Putaran setir sama enteng dan mirip expander sdh berbobot ga kopong. Pas jalan nvh nya terasa ud selevel sama xpander, bahkan kekedapan nya ky lbh baik. Bantingan pas nanjak ramp besi jg enak. Radius putar jg pendek bngt. Pas cb narik, ini terasa lbh ngisi walau ga impresif. Sayang jalur pendek bngt. Cm pas nyoba epb nya kaya telat gitu hrs sabar. o iya pvm360 nya tajem bikin malu fortuner trd gw yg msh burem. Kesimpulan veloz bener naik kelas dan ud bisa sejajar bhkan kaya lbh di tarikan nya. Kalo fitur tss nya mungkin ga kepake kecuali buat anti ngantuk kalo ke toll aj. Sorry ga ngabndingin bahan jok dan interior krn yg bgtuan bisa gampang dilevel up. Ini kesimpulan prematur krn tes sngt terbatas sih. Emang mobil tuh hrs test drive deh..Tq
tapi kalo untuk jok, dua duanya masih std rasanya tetep lebih enak xpander walaupun bahan fabric full. bantalannya berasa lebih empuk. ini kykny sama halnya kyk anf sama anps.
pecinta bio solar
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by evanbngdor »

ctopher7 wrote: Mon Nov 29, 2021 14:22
Antonhartono wrote:Td siang sengajain ke giias cm buat test drive veloz dan xpander, ga mampir2 ke yg lain, cm lewat doang. Pertama xpndr ultimate silver, posisi duduk sama ky yg lama ag tinggi, setir nya terasa solid dan tombolnya rapi, putaran ringan. Bantingan kaya lbh keras dr yg lama tp tetap nyaman, Krn rutenya pendek bngt jd kurang bngt feel nya. Cuma pas digeber, ampun cvt nya nahan bngt, mesin meraung tp lemot bngt blm dpt torsi nya ud abis jalan nya. Trus disuruh cb stop go nya, e/g cm mati 1mnt an abis itu start lg. Kayaknya kurang max kalo di jalan bener. Yg lumayan fitur epb dan auto hold nya cepet engange dan rekease nya. Kesimpulan ad improvement di fl ini tp tarikan mesin ky nahan bngt krn cvt nya.
Kedua veloz putih tss, ad 2 unit jd ga terlalu antri. Pas maauk setir jg solid cm krg feel premium. Posisi duduk nya jauh lbh baik, bisa rendah dan kursi nya lebar jd nahan badan. Cm kabin terasa luasan xpndr. Cluster meter ud full digital kaya raize. Putaran setir sama enteng dan mirip expander sdh berbobot ga kopong. Pas jalan nvh nya terasa ud selevel sama xpander, bahkan kekedapan nya ky lbh baik. Bantingan pas nanjak ramp besi jg enak. Radius putar jg pendek bngt. Pas cb narik, ini terasa lbh ngisi walau ga impresif. Sayang jalur pendek bngt. Cm pas nyoba epb nya kaya telat gitu hrs sabar. o iya pvm360 nya tajem bikin malu fortuner trd gw yg msh burem. Kesimpulan veloz bener naik kelas dan ud bisa sejajar bhkan kaya lbh di tarikan nya. Kalo fitur tss nya mungkin ga kepake kecuali buat anti ngantuk kalo ke toll aj. Sorry ga ngabndingin bahan jok dan interior krn yg bgtuan bisa gampang dilevel up. Ini kesimpulan prematur krn tes sngt terbatas sih. Emang mobil tuh hrs test drive deh..Tq
tapi kalo untuk jok, dua duanya masih std rasanya tetep lebih enak xpander walaupun bahan fabric full. bantalannya berasa lebih empuk. ini kykny sama halnya kyk anf sama anps.
Keempukan jok setuju xpander lebih superior.

Ya plus minus lah, ada yg suka jok kerasa ada yg suka empuk. Temen pake VNT malah upgrade jok pake VRZ punya karena katanya VNT punya terlalu empuk. Selera.

Yg jelas dr segi dimensi, jok Avanza xenia itu lebih minimalis, beda tipis ama rush terios lah
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: Tue Nov 30, 2021 1:23 Keempukan jok setuju xpander lebih superior.

Ya plus minus lah, ada yg suka jok kerasa ada yg suka empuk. Temen pake VNT malah upgrade jok pake VRZ punya karena katanya VNT punya terlalu empuk. Selera.

Yg jelas dr segi dimensi, jok Avanza xenia itu lebih minimalis, beda tipis ama rush terios lah
kalau kata temen yg mainan busa kursi, foam density avanza xenia yang baru itu lebih rendah daripada xpander makanya untuk beberapa orang ga enak. ini emang ciri khas daihatsu indo. kalau diperhatikan si bener juga. model boleh udah berubah lebih bagusan tapi kena pantat tetep kurang mantep,
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: Wed Dec 01, 2021 7:57
evanbngdor wrote: Tue Nov 30, 2021 1:23 Keempukan jok setuju xpander lebih superior.

Ya plus minus lah, ada yg suka jok kerasa ada yg suka empuk. Temen pake VNT malah upgrade jok pake VRZ punya karena katanya VNT punya terlalu empuk. Selera.

Yg jelas dr segi dimensi, jok Avanza xenia itu lebih minimalis, beda tipis ama rush terios lah
kalau kata temen yg mainan busa kursi, foam density avanza xenia yang baru itu lebih rendah daripada xpander makanya untuk beberapa orang ga enak. ini emang ciri khas daihatsu indo. kalau diperhatikan si bener juga. model boleh udah berubah lebih bagusan tapi kena pantat tetep kurang mantep,
IMHO, jok avanza memang termasuk yg kurang OK meskipun ngga separah Mobilio sih, cuma memang ngga gampang kempes sih jok Avanza itu. Saya sendiri paling cocok sama karakter busa jok nya Ertiga drpd LMPV lainnya

Kalo bicara roda 2, ibarat Avanza itu Honda, Xpander itu Yamaha. OOT.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by sandal »

Di channel youtube ratuorendnyetir sudah dateng tuh ANVeloz manual, kayaknya cepet jg nih unit datengnya
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 415
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by rechtmasta »

Seminggu ini wara-wiri ke diler Daitoyot buat liat-liat si Avanza sama Xenia baru, dan sempet test drive si Xenia yang 1.3 A/T. Sebagai bonus karena sebelahan diler nya, sekalian test drive XL7 dan Livina buat perbandingan (plus tes iseng Terios). Kesimpulan singkat:

Eksterior:
- Karena masalah selera, dan saya selalu jatuh cinta sama mobil van yang punya desain low slung, duet Daitoyot menang di sektor ini. Desainnya yang melebar ditambah garisan yang low slung, my GOD :big_love: bye-bye XL7 dan Livina (dan Terios)

Interior:
- Nah di sektor ini, sorry to say, masih berasa naek calsig (kecuali veloz yang ditambahin pernak-pernik sana sini ya dan...ya even Terios juga masih menang di masalah ini). Luar biasa, saya angkat topi sama Daitoyot yang bisa mempertahankan ego-nya buat make plastik-plastik keras selevel lcgc di next gen MPV mereka :big_dunno: bikin ngelus dada. Interiornya terasa bland sekali, ga ada yang istimewa kalau bisa ada penilaian minus bakal saya kasih minus sih ini. Dalam hal kualitas interior urutannya: 1. XL7; 2. Livina; 3. Terios; 400. Avxen

Kepraktisan/Kelegaan:
- Nah di sektor ini duet Daitoyot menurut saya kembali menang, diikuti sama XL7 kemudian Livina dengan margin yang ga terlalu jauh. Desain yang melebar dan low slung ini, sangat membantu keluasan di kabin Avxen ini, saya sama nyonya aja takjub banget merasakan keluasan ruangan kabin dari duet Daitoyot ini. Keluasan kabin ini menurut saya berlanjut di keluasan bagasi, dimana Terios yang jadi paling bunci disini.
- Koneksi gadget emang melimpah di Avxen ini, ga ada komen lebih jauh lagi.
- Gimmick, hampir seimbang semuanya.

Driving impression:
- Terios dikeluarkan karena pada saat itu nyonya udah bosen, jadi tes cuma muter2 di parkiran diler doang. Surprisingly Xenia, walaupun ini yang versi 1.3 nya, sangat menyenangkan untuk disetiri. Tarikan enak, kelincahan enak, radius putar, wahahaha...asik deh. Lewat jalan rusak juga ayunannya dewasa banget, good job buat enjiner Daihatsu untuk sektor ini. Posisi Xenia ada diatas Livina dan XL7 untuk kali ini. Khusus untuk XL7, entah kenapa ko masih kerasa saya bawa Ignis saya ya, :big_weee:
- NVH. Wow, kali ini si Xenia bisa mengimbangi NVH dari XL7 sama Livina. Tentunya dalam hal ini si Livina masih jadi juaranya diikuti Xenia dan XL7 yang cukup seimbang (walaupun si XL7 suara mesin lumayan banget masuk ke kabin).

Pricing:
Sudah jelas disini juaranya pasti Xenia, dengan LIvina tipe VL yang menyentuh angka di 280jt (setelah diskon memang jadi 250jtan), XL7 tipe Alpha yang di 260jtan (setelah diskon jadi 250jtan juga) dan Xenia yang di tipe tertingginya di harga 240jtan.

Kesimpulan:
Duet Daitoyot berhasil produksi mobil dengan kualitas yang naik dengan signifikan dengan duet Avxen baru ini, tapi buat orang yang suka turn-off ngeliat kualitas interior (seperti saya) dan concern dengan masalah mobil sejuta umat (seperti saya lagi :big_childish: ) mungkin perlu dipikir mateng-mateng terlebih dahulu buat meminang mereka, walaupun secara keseluruhan Avxen ini mobil yang bagus kok. Tapi kalau saya pribadi, mau nunggu tahun 2022 pas kelahiran either Stargazer atau Carens.

Sekian dari saya :big_peace: mohon maaf kalau ada salah-salah kata yang kurang berkenan. Saya bukan sales manapun :big_smoking:
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4755
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: NEW VELOZ 2022!!

Post by F272 »

DOHC wrote: Sat Oct 16, 2021 5:49 Njirrr


Kl kaya gini sehh

Merem mata mili ini lah

Rush ama terios sila meringkuk ajee
betulllll........... bakalan kalah telak Rush-Teri nih :big_smile] :mky_01: