W212 Mercy tua yg msh berkelas

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

SantosoTheGreat
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Oct 10, 2024 1:07
Daily Vehicle: Pajero Sport

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by SantosoTheGreat »

halo om om semua, izin bertanya, pengen nambah mobil lagi nih biar bisa ngatasin ganjil genap.
Mohon saran nya, better ambil w212 e250 atau a4 b8.5 ya? dari sisi ketangguhan & jg reliability mesin nya?

Notes:
- saat ini pakai pajero sport 2018, walau pajero banci tp ya masih enak sih buat jalan jauh dekat, cuma ga enak kalau di jalan sempit aja.
- sekitar 2015-2018 sempet miara w210 e320 inline, enak sih mobil ini, cuma akhirnya kudu dijual
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

w212 lebih lebar dan lebih panjang dari pajero....cuman lebih pendek aja.

klo antara audi sm mercy ya bengkel spesialis jauh lebih banyak mercy ya, dan ketersediaan parts jg lebih mudah mercy. Klo reliability... ada alasan nya kan banyak mercy di jadikan taxi (di dalam dan di luar negri)
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
SantosoTheGreat
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Oct 10, 2024 1:07
Daily Vehicle: Pajero Sport

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by SantosoTheGreat »

Thanks om advice nya..
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

SantosoTheGreat wrote: Thu Oct 10, 2024 4:10 halo om om semua, izin bertanya, pengen nambah mobil lagi nih biar bisa ngatasin ganjil genap.
Mohon saran nya, better ambil w212 e250 atau a4 b8.5 ya? dari sisi ketangguhan & jg reliability mesin nya?

Notes:
- saat ini pakai pajero sport 2018, walau pajero banci tp ya masih enak sih buat jalan jauh dekat, cuma ga enak kalau di jalan sempit aja.
- sekitar 2015-2018 sempet miara w210 e320 inline, enak sih mobil ini, cuma akhirnya kudu dijual
Mesin audi a4 b8.5 sih udh kuat ya. Tinggal rutin ganti oli cvt nya. Mbl enak, steering enak, cukup empuk, lari jg enak, parts sebenernya banyak cm kita harus cocok2an sama bengkel spesialis memang.

Kl e250 pastinya lebih besar, sedikit lebih empuk, bengkel spesialis banyak, transmisi matic normal bukan cvt. Feel nyetir khas mercy non sport lah, santai krg enak buat sruntulan, rasio putar setir patah bgt jd kl markir muter enak tp respon setir ga sesigap audi bmw. Parts super banyak spesialis super banyak jg. Kekurangan 1 lg blm keyless entry start stop engine dan buat saya yg misal naik bmw 5 f10 ke mercy w212, w212 jadi kecil.

Mungkin bs coba cek audi a6 c7 2.0t itu mbl enak jg. Model cakep. Fitur lebih banyak drpd w212.
SantosoTheGreat
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Oct 10, 2024 1:07
Daily Vehicle: Pajero Sport

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by SantosoTheGreat »

Thanks om @farizfsa advice nya.
Ga berani om nengok a6, cakep banget sih emang tapi udah denger beberapa kali matic nya bermasalah benerin nya abis banyak.
Saya terkadang bawa q5 nya temen, enak emang audi bawaannya. Dia dipake harian jadi cukup ok, ga rewel.
Paling cuma pas service oli dll abis nya lebih banyak cost nya timbang mercy ya emang.
SantosoTheGreat
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Oct 10, 2024 1:07
Daily Vehicle: Pajero Sport

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by SantosoTheGreat »

Oia om kalau dibanding dgn cls 350 c218, gimana om?
Rewel & perlu high cost ga ya untuk maintenance nya?
Kayaknya pernah baca asa yg non air sus juga.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

cek bon2 pengeluaran buat maintenance mobil rada shock ga berasa dah 30 jt aja kluar buat peremajaan mobil w212 e300 2010 saya, terutama di sektor mesin. mobil ga ada error code, tapi lihat ada oli meler dikit gatel. jadi pelan2 diremajakan, biar ga pusing di jalan. diganti sebelom rusak :D

walau odo cuman 70k km, namanya mobil 14 tahun bagian plastik/karet udah pasti harus diganti, pake ga pake pasti kemakan umur
  • new intake manifold beserta injector seal dan gasket manifold = 10 jt (tadinya di repair aja flap nya tapi hati ga tenang, akhirnya beli baru aja). Ini masalah yang sangat umum terjadi di m272.
  • o2 sensor 4 biji = 8 jt (yg depan mahal 2 biji 6 jt sendiri, pesen dari fcpeuro karena di indonesia gw cari g aada yg jual) diganti karena ini barang elektronik yang kena panas extreme, jdnya ya walau belom engine check diganti aja udah 14 tahun broo
  • fuel filter = 4 jt (namanya jg 14 tahun ya ganti aja)
  • crank case breather kit = 2.5 jt (ada oli meler, umum terjadi klo dah berumur)
  • vacuum pump = 2 jt (oli nyemprot di lobang vakum kecil)
  • maf sensor = 1.4 jt (sempet engine check tp masih jalan normal)
  • map sensor = 1 jt (sekalian ganti bareng maf)
  • rotor disc brake depan = 1.8 juta, brake pad 1.6 jt klo ga salah
segala macam seal yang terbuat dari karet diganti...
terus apa lagi au lupa.

dan printilan2 lainnya (itu harga diatas baru part aja blom ongkos pasang :D) dan ini harga di bengkel spesialis bukan bengkel resmi mercy.

m272 ini udah agak lama beredar jadi masalah umumnya udah ada, dan penggantian part yg umum rusak karena umur bisa di cek di https://www.fcpeuro.com/blog/the-defini ... 73-engines


selain mesin ya kaki2 udah full diganti, abis 20 jt jg :big_slap: total 50 jt dong.... blom cairan2 nya :D

jadi yang mau ambil mobil ini, persiapkan budget buat restorasi.. jangan dilihat odometer rendah aja, umurnya juga. karet dan plastik ageeeee

next target ganti radiator, itu klo seal nya rusak ATF sm coolant bisa nyampur :big_slap:
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 791
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

tesna wrote: Fri Oct 18, 2024 6:28 cek bon2 pengeluaran buat maintenance mobil rada shock ga berasa dah 30 jt aja kluar buat peremajaan mobil w212 e300 2010 saya, terutama di sektor mesin. mobil ga ada error code, tapi lihat ada oli meler dikit gatel. jadi pelan2 diremajakan, biar ga pusing di jalan. diganti sebelom rusak :D

walau odo cuman 70k km, namanya mobil 14 tahun bagian plastik/karet udah pasti harus diganti, pake ga pake pasti kemakan umur
  • new intake manifold beserta injector seal dan gasket manifold = 10 jt (tadinya di repair aja flap nya tapi hati ga tenang, akhirnya beli baru aja). Ini masalah yang sangat umum terjadi di m272.
  • o2 sensor 4 biji = 8 jt (yg depan mahal 2 biji 6 jt sendiri, pesen dari fcpeuro karena di indonesia gw cari g aada yg jual) diganti karena ini barang elektronik yang kena panas extreme, jdnya ya walau belom engine check diganti aja udah 14 tahun broo
  • fuel filter = 4 jt (namanya jg 14 tahun ya ganti aja)
  • crank case breather kit = 2.5 jt (ada oli meler, umum terjadi klo dah berumur)
  • vacuum pump = 2 jt (oli nyemprot di lobang vakum kecil)
  • maf sensor = 1.4 jt (sempet engine check tp masih jalan normal)
  • map sensor = 1 jt (sekalian ganti bareng maf)
  • rotor disc brake depan = 1.8 juta, brake pad 1.6 jt klo ga salah
segala macam seal yang terbuat dari karet diganti...
terus apa lagi au lupa.

dan printilan2 lainnya (itu harga diatas baru part aja blom ongkos pasang :D) dan ini harga di bengkel spesialis bukan bengkel resmi mercy.

m272 ini udah agak lama beredar jadi masalah umumnya udah ada, dan penggantian part yg umum rusak karena umur bisa di cek di https://www.fcpeuro.com/blog/the-defini ... 73-engines


selain mesin ya kaki2 udah full diganti, abis 20 jt jg :big_slap: total 50 jt dong.... blom cairan2 nya :D

jadi yang mau ambil mobil ini, persiapkan budget buat restorasi.. jangan dilihat odometer rendah aja, umurnya juga. karet dan plastik ageeeee

next target ganti radiator, itu klo seal nya rusak ATF sm coolant bisa nyampur :big_slap:
Woww mantep banget om yg diganti part2 yg org2 pada males gantiin krn blm pada rusak, salute :big_exellent: . BTW, kalo O2 sensor kalo dibiarinn rusak dulu, bakal berakibat gmnn om? Kmdn untuk radiator, kalo ngk bocor kok bukan ganti sealnya tp kok sampe mesti ganti radiatornya segala om?
Vacuum pump masalahnya bakal apa om kalo sampe keburu error?
Thanks om.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Omnibus »

tesna wrote: Fri Oct 18, 2024 6:28 cek bon2 pengeluaran buat maintenance mobil rada shock ga berasa dah 30 jt aja kluar buat peremajaan mobil w212 e300 2010 saya, terutama di sektor mesin. mobil ga ada error code, tapi lihat ada oli meler dikit gatel. jadi pelan2 diremajakan, biar ga pusing di jalan. diganti sebelom rusak :D

walau odo cuman 70k km, namanya mobil 14 tahun bagian plastik/karet udah pasti harus diganti, pake ga pake pasti kemakan umur
  • new intake manifold beserta injector seal dan gasket manifold = 10 jt (tadinya di repair aja flap nya tapi hati ga tenang, akhirnya beli baru aja). Ini masalah yang sangat umum terjadi di m272.
  • o2 sensor 4 biji = 8 jt (yg depan mahal 2 biji 6 jt sendiri, pesen dari fcpeuro karena di indonesia gw cari g aada yg jual) diganti karena ini barang elektronik yang kena panas extreme, jdnya ya walau belom engine check diganti aja udah 14 tahun broo
  • fuel filter = 4 jt (namanya jg 14 tahun ya ganti aja)
  • crank case breather kit = 2.5 jt (ada oli meler, umum terjadi klo dah berumur)
  • vacuum pump = 2 jt (oli nyemprot di lobang vakum kecil)
  • maf sensor = 1.4 jt (sempet engine check tp masih jalan normal)
  • map sensor = 1 jt (sekalian ganti bareng maf)
  • rotor disc brake depan = 1.8 juta, brake pad 1.6 jt klo ga salah
segala macam seal yang terbuat dari karet diganti...
terus apa lagi au lupa.

dan printilan2 lainnya (itu harga diatas baru part aja blom ongkos pasang :D) dan ini harga di bengkel spesialis bukan bengkel resmi mercy.

m272 ini udah agak lama beredar jadi masalah umumnya udah ada, dan penggantian part yg umum rusak karena umur bisa di cek di https://www.fcpeuro.com/blog/the-defini ... 73-engines


selain mesin ya kaki2 udah full diganti, abis 20 jt jg :big_slap: total 50 jt dong.... blom cairan2 nya :D

jadi yang mau ambil mobil ini, persiapkan budget buat restorasi.. jangan dilihat odometer rendah aja, umurnya juga. karet dan plastik ageeeee

next target ganti radiator, itu klo seal nya rusak ATF sm coolant bisa nyampur :big_slap:
mantap jiwa. totalitas bgt om.

utk mesin emang ada oil leak di sebelah mana aja om dan apa ada yg perlu engine out?

ini sih kebayang abis 100jt nyampe nih. mau dipake brp lama lagi rencananya om?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

SantosoTheGreat wrote: Sun Oct 13, 2024 15:12 Oia om kalau dibanding dgn cls 350 c218, gimana om?
Rewel & perlu high cost ga ya untuk maintenance nya?
Kayaknya pernah baca asa yg non air sus juga.
mesin dan kaki2 kl non airsus sama aja dgn w212. mungkin ada beberapa printilan yg part number w218. rewel badaknya 11-12 sama w212.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

Asfur wrote: Mon Oct 21, 2024 1:41
Woww mantep banget om yg diganti part2 yg org2 pada males gantiin krn blm pada rusak, salute :big_exellent: . BTW, kalo O2 sensor kalo dibiarinn rusak dulu, bakal berakibat gmnn om? Kmdn untuk radiator, kalo ngk bocor kok bukan ganti sealnya tp kok sampe mesti ganti radiatornya segala om?
Vacuum pump masalahnya bakal apa om kalo sampe keburu error?
Thanks om.
o2 sensor diganti karena awal nya saya ada masalah di emisi, ECU command injector buat inject fuel 10% lebih banyak dari yang seharusnya, o2 sensor kan yang monitor hasil pembakaran sudah sempurna apa belum, klo kurang sempurna bisa command ecu biar nambah ato ngurangin fuel. jadi makin akurat bacaannya pembakarannya makin sempurna = makin efisien. walau belum error berhubung udah 14 tahun pasti bacaannya udah rada slow atau kurang akurat.

nah, menurut info2 dari forum2 di luar sana, coolant bisa mix sm oil. bisa dari ATF, bisa dari oli mesin. Yang di mesin bisa diganti seal oil cooler, itu beres... yang ATF, itu di radiator seal nya bisa rembes, dan ga bisa ganti seal nya aja karena ada di dalem radiator. Jd harus ganti whole thing. Sempet sih kepikiran mau dilepas aja jalur ATF di radiator, trus pasang external atf cooler biar bener2 terpisah. tapi ya blom ada bengkel yang nyanggupin :))

klo coolant dah kecampur ATF, bubar itu gearbox nya.... :big_cry:

vacuum pump kmaren ganti karena ada DTC tumble flap actuation nya muncul lagi, padahal intake manifold gw kan baru. di cek2 tau2 jalur vakum penuh dengan oli..... jadi ngadat itu. diganti dan dibersihkan jalurnya lancar lagi.
Omnibus wrote: Mon Oct 21, 2024 2:34

mantap jiwa. totalitas bgt om.

utk mesin emang ada oil leak di sebelah mana aja om dan apa ada yg perlu engine out?

ini sih kebayang abis 100jt nyampe nih. mau dipake brp lama lagi rencananya om?
dulu awal nya pas lepas intake, di throttle body dan intake manifold berlumuran oli, harusnya kan bersih itu... nah sumber olinya bisa dari PCV valve ini https://www.fcpeuro.com/products/merced ... oem-515810 cici tempat gue beli part nya sampe heran2 ini part number dapet darimana dia jarang order part2 yg gue minta kwkwkwk

abis itu di hunt lagi dan untungnya selain vacuum pump ngga ada oli meler2 lagi. aduh jangan sampe engine out deh... blom, jangan sampe siniiiii

kl menurut link diatas di post saya sblm mya ya ada jg dr camshaft sensor, dll dll. oli meler ini hrs jadi perhatian serius, karena yg bikin ecu rusak salah satunya ya ini.. oli netes ke harness, bikin ecu short/korslet.

ini rencananya mobil ICE saya terakhir sebelom beralih ke mobil listrik, jadi ya pake sampe rusak ato ganti mobil listrik. or maybe still keep it :big_biglaugh:
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
kuyamas212
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Oct 27, 2024 3:41
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mercedes Benz

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by kuyamas212 »

Bengkel spesialis nya dmn Mas?
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

kuyamas212 wrote: Sun Oct 27, 2024 3:47 Bengkel spesialis nya dmn Mas?
Ini pengalaman saya ya, mungkin belum tentu sama ama yang lain

1. Kurnia Jaya - Basement blok m mall ==> harga part paling bagus, kesini klo udah tau mau beli part apa . Klo ori ya ori, klo oem ya oem, ga neko2. so far kualitas barangnya mantep2. banyak barang ready part, klo pesen juga ga lama. harga jasa juga reasonable, cukup ok.

2. Benz Auto - MGK ===> mekanik dan ownernya sangat berpengalaman, klo misal ada keluhan apa pasti tau apa masalahnya. cuman disini harga jasa dan part nya agak mahal tapi ya sesuai lah dgn kualitas diagnosa nya. saya kesini klo bengkel lain dah mentok… kesini pergi dan pulangnya butuh perjuangan sih dari tempat saya, jadi saya jadiin opsi ke dua.

3. Veeamar Benz - Cirendeu ===> lift nya ada 3 biji, mekanik banyak, cuman part biasanya harus pesen dulu. ruang tunggu juga adem
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
bryangeraldd
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Oct 28, 2024 6:55

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by bryangeraldd »

Halo om2 suhu, salam kenal baru daftar SM buat nanya nih.

Ada rencana mau ganti HRV S 2017 ke W212 E200 CGI 2013 (48rb km).

Alasan pengen ganti
- Pengen achieve goal hidup (dari kecil pengen banget sekali seumur idup coba pake mercy, tapi belum mampu beli yang baru atau yang setengah muda) jadinya liat budget yang cocok W212 E200 2013 ini.
- Kenyamanan (udah coba test drive, nyaman banget dan driving experiencenya wah banget walaupun berasa agak tua interiornya)
- Dapet calon mobilnya di pedagang lumayan terpercaya secara history

Alasan yang bikin takut ganti
- Walaupun dapet calon mobilnya dari pedagang terpercaya, apakah akan ada kemungkinan surprise biaya2 tak terduga untuk service?
- Denger2 W212 E200 2013 ini lumayan hemat secara bensin dan gampang di maintenance, apakah benar? takutnya baru pakai 1 tahun malah tekor T_T
- Takut menyesal ganti dari HRV 2017 ke W212 E200 2013

Mohon bantuannya suhu2 :big_deal: :big_deal:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

bryangeraldd wrote: Mon Oct 28, 2024 7:02 Halo om2 suhu, salam kenal baru daftar SM buat nanya nih.

Ada rencana mau ganti HRV S 2017 ke W212 E200 CGI 2013 (48rb km).

Alasan pengen ganti
- Pengen achieve goal hidup (dari kecil pengen banget sekali seumur idup coba pake mercy, tapi belum mampu beli yang baru atau yang setengah muda) jadinya liat budget yang cocok W212 E200 2013 ini.
- Kenyamanan (udah coba test drive, nyaman banget dan driving experiencenya wah banget walaupun berasa agak tua interiornya)
- Dapet calon mobilnya di pedagang lumayan terpercaya secara history

Alasan yang bikin takut ganti
- Walaupun dapet calon mobilnya dari pedagang terpercaya, apakah akan ada kemungkinan surprise biaya2 tak terduga untuk service?
- Denger2 W212 E200 2013 ini lumayan hemat secara bensin dan gampang di maintenance, apakah benar? takutnya baru pakai 1 tahun malah tekor T_T
- Takut menyesal ganti dari HRV 2017 ke W212 E200 2013

Mohon bantuannya suhu2 :big_deal: :big_deal:
kemungkinan bisa jadi ada surprise. tp bisa juga ga.
e200 sehemat2nya pasti lebih hemat hrv. maintenance sih gampang kaya mbl jepang.
kalo udah naik dan nyetir tiap hari sih ga akan nyesel dr hrv 2017.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

bryangeraldd wrote: Mon Oct 28, 2024 7:02 Halo om2 suhu, salam kenal baru daftar SM buat nanya nih.

Ada rencana mau ganti HRV S 2017 ke W212 E200 CGI 2013 (48rb km).

Alasan pengen ganti
- Pengen achieve goal hidup (dari kecil pengen banget sekali seumur idup coba pake mercy, tapi belum mampu beli yang baru atau yang setengah muda) jadinya liat budget yang cocok W212 E200 2013 ini.
- Kenyamanan (udah coba test drive, nyaman banget dan driving experiencenya wah banget walaupun berasa agak tua interiornya)
- Dapet calon mobilnya di pedagang lumayan terpercaya secara history

Alasan yang bikin takut ganti
- Walaupun dapet calon mobilnya dari pedagang terpercaya, apakah akan ada kemungkinan surprise biaya2 tak terduga untuk service?
- Denger2 W212 E200 2013 ini lumayan hemat secara bensin dan gampang di maintenance, apakah benar? takutnya baru pakai 1 tahun malah tekor T_T
- Takut menyesal ganti dari HRV 2017 ke W212 E200 2013

Mohon bantuannya suhu2 :big_deal: :big_deal:
namanya juga mobil udah 10 tahun ++ siapin aja budget buat restorasi biar tambah awet. terakhir saya ganti kaki2 w212 abis 20 jt (udah sm shock, arm2, ball joint dll)

buat mesin siapin aja kira2 10 jt ganti seluruh cairan yang ada di mobil dan seal2 karet. abis itu udah deh pasti jamin josss

odo rendah ga menjamin juga, namanya karet pasti ada umur. w212 e300 saya ambil di odo 60rb udah jajan 50jt buat peremajaan kaki2 dan seal2 beserta bbrp sensor di mesin (mesin v6 partnya lbh banyak :big_slap: )

btw, ini 2013 berarti yang facelift ya? kalau bisa sih tambah dikit ke E250 :mky_01: lampunya udah ILS quad projector
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 791
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

Saran saya juga sih mending ke E250 aja mau FL atau NFL, lbh worth it sih. Kalo sorum soal terpercaya itu, mnrt saya sih hanya soal di misal dia bener2 jujur soal :
1. ngk pernah nabrak
2. blm pernah cat ulang, kalo pernah berani ksh tau dimananya
3. tidak pernah kena banjir
4. blm pernah turun mesin.

Itu aja sih yg nampak sama mata, krn kalo kerusakan kaki2, rack streer, apalagi ecu yg bisa hari ini bener besok2 bisa error, ini sih ngk bisa salahin sorum yah, namanya juga mobil tuwa. Jadi memang mesti siapin dana buat perawatan, tp kalo dulu bawa hrv trus pindah kw w212 sih nikmatnya jauh .....
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1682
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by AbdulHakim »

jok kulit yang retak-retak itu pas didudukin apakah masih tetap nyaman? sekedar tampilannya aja yang burik?
maksud saya, kenapa orang-orang memilih tetap mempertahankan, alih-alih di re-trim kembali dengan synthetic leather?
bryangeraldd
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Oct 28, 2024 6:55

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by bryangeraldd »

tesna wrote: Mon Oct 28, 2024 13:50namanya juga mobil udah 10 tahun ++ siapin aja budget buat restorasi biar tambah awet. terakhir saya ganti kaki2 w212 abis 20 jt (udah sm shock, arm2, ball joint dll)

buat mesin siapin aja kira2 10 jt ganti seluruh cairan yang ada di mobil dan seal2 karet. abis itu udah deh pasti jamin josss

odo rendah ga menjamin juga, namanya karet pasti ada umur. w212 e300 saya ambil di odo 60rb udah jajan 50jt buat peremajaan kaki2 dan seal2 beserta bbrp sensor di mesin (mesin v6 partnya lbh banyak :big_slap: )

btw, ini 2013 berarti yang facelift ya? kalau bisa sih tambah dikit ke E250 :mky_01: lampunya udah ILS quad projector
Makasih om atas infonya hehe, ic2 berati lebih ke restorasi untuk kenyamanan lebih kan ya om? bukan kerusakan yang wajib di perbaiki gitu? belum facelift sih om, masih yang lampunya kebelah 2 dan lambangnya berdiri. hehehe E250 takut kelewat budget & lebih mahal secara pemakaian harian

Asfur wrote: Tue Oct 29, 2024 4:06 Saran saya juga sih mending ke E250 aja mau FL atau NFL, lbh worth it sih. Kalo sorum soal terpercaya itu, mnrt saya sih hanya soal di misal dia bener2 jujur soal :
1. ngk pernah nabrak
2. blm pernah cat ulang, kalo pernah berani ksh tau dimananya
3. tidak pernah kena banjir
4. blm pernah turun mesin.

Itu aja sih yg nampak sama mata, krn kalo kerusakan kaki2, rack streer, apalagi ecu yg bisa hari ini bener besok2 bisa error, ini sih ngk bisa salahin sorum yah, namanya juga mobil tuwa. Jadi memang mesti siapin dana buat perawatan, tp kalo dulu bawa hrv trus pindah kw w212 sih nikmatnya jauh .....
Oh ic2 makasih om, berati kalau yang ga kasat mata si sorum juga gatau ya kondisinya berapa % gitu? bisa aja hari ini baik2 aja, besokannya baru kambuh? tapi kalau kerusakan2 berat yang sampe mati mesin atau mogok gitu mungkin ga ya om? hehehe E250 takut kelewat budget nih om :mky_01:
farizfsa wrote: Mon Oct 28, 2024 12:22 kemungkinan bisa jadi ada surprise. tp bisa juga ga.
e200 sehemat2nya pasti lebih hemat hrv. maintenance sih gampang kaya mbl jepang.
kalo udah naik dan nyetir tiap hari sih ga akan nyesel dr hrv 2017.
Makasih om. oo mikirnya gini sih, kan si HRV 2017 ini juga cepat atau lambat butuh peremajaan kaki2 dll (nah dari pada keluarnya di HRV, mening keluar di Mercy mikirnya gitu) bener ga ya om? hahaha sama yang di takut ground clearance si E200 bakal ganggu ga ya buat sehari2 di Jakarta?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

yah kalo mbl mau dirawat jg susah ketebak sih om, gausah mbl eropa, mbl jepang jg gt meski lebih jarang
tp W212 secara overall mesinnya aman kok ga ada yg rewel2 amat.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

bryangeraldd wrote: Tue Oct 29, 2024 4:50

Makasih om atas infonya hehe, ic2 berati lebih ke restorasi untuk kenyamanan lebih kan ya om? bukan kerusakan yang wajib di perbaiki gitu? belum facelift sih om, masih yang lampunya kebelah 2 dan lambangnya berdiri. hehehe E250 takut kelewat budget & lebih mahal secara pemakaian harian


berarti klo belom facelift E200 masih halogen lampunya, better nambah sedikit ke E250 yang udah semi facelift (2012+) jadi dapet bi-xenon setidaknya. E200 facelift udah ke led reflector.

E200 sm E250 itu sama aja harusnya klo buat daily atau maintenance, mesinnya sama sih paling cuman beda mapping dan turbo nya. Belum lagi klo E200 sebelum facelift itu masih 5G tronic, tuas transmisi masih di tengah belum di setir. Klo E250 2012 keatas udah pindah ke setir dan udah 7 G tronic, pastinya lebih irit dan reponsif secara 7 gear gitu...

Soal GC, tergantung sehari2 aja rutenya, saya pribadi w212 pake coilover dipendekin daily use jakarta, kluar kota udah bawa ke dago punclut via tanjakan2 curam aman aja ekekekke. Tapi memang karena ini pendek dr std nya, kadang2 terutama klo ke parkiran basement yg tajem2 mentok :(( klo std hrsnya ga masalah ya, kecuali klo ketemu poldur yang ga ngotak.

pastiin ya pake jasa inspector buat make sure bukan bekas aneh2, dan bisa di scan juga make sure ngga ada DTCs
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
bryangeraldd
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Oct 28, 2024 6:55

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by bryangeraldd »

tesna wrote: Wed Oct 30, 2024 3:23 berarti klo belom facelift E200 masih halogen lampunya, better nambah sedikit ke E250 yang udah semi facelift (2012+) jadi dapet bi-xenon setidaknya. E200 facelift udah ke led reflector.

E200 sm E250 itu sama aja harusnya klo buat daily atau maintenance, mesinnya sama sih paling cuman beda mapping dan turbo nya. Belum lagi klo E200 sebelum facelift itu masih 5G tronic, tuas transmisi masih di tengah belum di setir. Klo E250 2012 keatas udah pindah ke setir dan udah 7 G tronic, pastinya lebih irit dan reponsif secara 7 gear gitu...

Soal GC, tergantung sehari2 aja rutenya, saya pribadi w212 pake coilover dipendekin daily use jakarta, kluar kota udah bawa ke dago punclut via tanjakan2 curam aman aja ekekekke. Tapi memang karena ini pendek dr std nya, kadang2 terutama klo ke parkiran basement yg tajem2 mentok :(( klo std hrsnya ga masalah ya, kecuali klo ketemu poldur yang ga ngotak.

pastiin ya pake jasa inspector buat make sure bukan bekas aneh2, dan bisa di scan juga make sure ngga ada DTCs
ohh brati e200 yang aku mau ini udah semi facelift om, tuasnya udah di setir soalnya. terus layar di MID sama tengah udah bewarna. STNKnya sih maret 2013 om.

ic2 brati ground clearance aman ya untuk daily use apalagi kalau std hehe.

weekend ini rencana final nego, semoga kebeli ya suhu2 nanti aku update dimari.

Terima kasih atas seluruh info dan masukannya :big_blushing:
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 791
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

Tambahan info plus min 5G dan 7G, kalo ada kerusakan bakal lbh mahal yg 7G, tp mungkin kalo soal keiritan mgkn juga yg 7G lbh irit, sy ngk tau krn punya saya yg 5G, krn dulu waktu hunting disaranin sama yg punya bengkel cari yg 5G aja, kalo apes kena benerin, ngk semahal benerin 7G.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

bryangeraldd wrote: Wed Oct 30, 2024 5:51
tesna wrote: Wed Oct 30, 2024 3:23 berarti klo belom facelift E200 masih halogen lampunya, better nambah sedikit ke E250 yang udah semi facelift (2012+) jadi dapet bi-xenon setidaknya. E200 facelift udah ke led reflector.

E200 sm E250 itu sama aja harusnya klo buat daily atau maintenance, mesinnya sama sih paling cuman beda mapping dan turbo nya. Belum lagi klo E200 sebelum facelift itu masih 5G tronic, tuas transmisi masih di tengah belum di setir. Klo E250 2012 keatas udah pindah ke setir dan udah 7 G tronic, pastinya lebih irit dan reponsif secara 7 gear gitu...

Soal GC, tergantung sehari2 aja rutenya, saya pribadi w212 pake coilover dipendekin daily use jakarta, kluar kota udah bawa ke dago punclut via tanjakan2 curam aman aja ekekekke. Tapi memang karena ini pendek dr std nya, kadang2 terutama klo ke parkiran basement yg tajem2 mentok :(( klo std hrsnya ga masalah ya, kecuali klo ketemu poldur yang ga ngotak.

pastiin ya pake jasa inspector buat make sure bukan bekas aneh2, dan bisa di scan juga make sure ngga ada DTCs
ohh brati e200 yang aku mau ini udah semi facelift om, tuasnya udah di setir soalnya. terus layar di MID sama tengah udah bewarna. STNKnya sih maret 2013 om.

ic2 brati ground clearance aman ya untuk daily use apalagi kalau std hehe.

weekend ini rencana final nego, semoga kebeli ya suhu2 nanti aku update dimari.

Terima kasih atas seluruh info dan masukannya :big_blushing:
paling kalo ambil e200 yaa, lampu depan ganti led aja. karena standarnya masih halogen, agak kurang terang
saya masih pegang 1 e200 cbu, grey on grey, mau dijual kok sayang barang spec aneh .

kl sudah di kolom setir giginya udah 7 speed, mbl lebih ringan dan sedikit iritan drpd 5 speed.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2878
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by KielConstantine »

farizfsa wrote: Thu Oct 31, 2024 3:31 saya masih pegang 1 e200 cbu, grey on grey, mau dijual kok sayang barang spec aneh .
VIN taon brapa emang om bisa dpt e200 tapi CBU .. Resmi dari ATPM om? Setau ane produksi wanaherang smua tuh w212 yg beredar disini. Kcuali varian E63 wkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking: