W212 Mercy tua yg msh berkelas

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

SantosoTheGreat
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Oct 10, 2024 1:07
Daily Vehicle: Pajero Sport

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by SantosoTheGreat »

halo om om semua, izin bertanya, pengen nambah mobil lagi nih biar bisa ngatasin ganjil genap.
Mohon saran nya, better ambil w212 e250 atau a4 b8.5 ya? dari sisi ketangguhan & jg reliability mesin nya?

Notes:
- saat ini pakai pajero sport 2018, walau pajero banci tp ya masih enak sih buat jalan jauh dekat, cuma ga enak kalau di jalan sempit aja.
- sekitar 2015-2018 sempet miara w210 e320 inline, enak sih mobil ini, cuma akhirnya kudu dijual
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 770
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

w212 lebih lebar dan lebih panjang dari pajero....cuman lebih pendek aja.

klo antara audi sm mercy ya bengkel spesialis jauh lebih banyak mercy ya, dan ketersediaan parts jg lebih mudah mercy. Klo reliability... ada alasan nya kan banyak mercy di jadikan taxi (di dalam dan di luar negri)
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
SantosoTheGreat
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Oct 10, 2024 1:07
Daily Vehicle: Pajero Sport

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by SantosoTheGreat »

Thanks om advice nya..
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2835
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

SantosoTheGreat wrote: Thu Oct 10, 2024 4:10 halo om om semua, izin bertanya, pengen nambah mobil lagi nih biar bisa ngatasin ganjil genap.
Mohon saran nya, better ambil w212 e250 atau a4 b8.5 ya? dari sisi ketangguhan & jg reliability mesin nya?

Notes:
- saat ini pakai pajero sport 2018, walau pajero banci tp ya masih enak sih buat jalan jauh dekat, cuma ga enak kalau di jalan sempit aja.
- sekitar 2015-2018 sempet miara w210 e320 inline, enak sih mobil ini, cuma akhirnya kudu dijual
Mesin audi a4 b8.5 sih udh kuat ya. Tinggal rutin ganti oli cvt nya. Mbl enak, steering enak, cukup empuk, lari jg enak, parts sebenernya banyak cm kita harus cocok2an sama bengkel spesialis memang.

Kl e250 pastinya lebih besar, sedikit lebih empuk, bengkel spesialis banyak, transmisi matic normal bukan cvt. Feel nyetir khas mercy non sport lah, santai krg enak buat sruntulan, rasio putar setir patah bgt jd kl markir muter enak tp respon setir ga sesigap audi bmw. Parts super banyak spesialis super banyak jg. Kekurangan 1 lg blm keyless entry start stop engine dan buat saya yg misal naik bmw 5 f10 ke mercy w212, w212 jadi kecil.

Mungkin bs coba cek audi a6 c7 2.0t itu mbl enak jg. Model cakep. Fitur lebih banyak drpd w212.
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
SantosoTheGreat
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Oct 10, 2024 1:07
Daily Vehicle: Pajero Sport

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by SantosoTheGreat »

Thanks om @farizfsa advice nya.
Ga berani om nengok a6, cakep banget sih emang tapi udah denger beberapa kali matic nya bermasalah benerin nya abis banyak.
Saya terkadang bawa q5 nya temen, enak emang audi bawaannya. Dia dipake harian jadi cukup ok, ga rewel.
Paling cuma pas service oli dll abis nya lebih banyak cost nya timbang mercy ya emang.
SantosoTheGreat
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Oct 10, 2024 1:07
Daily Vehicle: Pajero Sport

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by SantosoTheGreat »

Oia om kalau dibanding dgn cls 350 c218, gimana om?
Rewel & perlu high cost ga ya untuk maintenance nya?
Kayaknya pernah baca asa yg non air sus juga.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 770
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

cek bon2 pengeluaran buat maintenance mobil rada shock ga berasa dah 30 jt aja kluar buat peremajaan mobil w212 e300 2010 saya, terutama di sektor mesin. mobil ga ada error code, tapi lihat ada oli meler dikit gatel. jadi pelan2 diremajakan, biar ga pusing di jalan. diganti sebelom rusak :D

walau odo cuman 70k km, namanya mobil 14 tahun bagian plastik/karet udah pasti harus diganti, pake ga pake pasti kemakan umur
  • new intake manifold beserta injector seal dan gasket manifold = 10 jt (tadinya di repair aja flap nya tapi hati ga tenang, akhirnya beli baru aja). Ini masalah yang sangat umum terjadi di m272.
  • o2 sensor 4 biji = 8 jt (yg depan mahal 2 biji 6 jt sendiri, pesen dari fcpeuro karena di indonesia gw cari g aada yg jual) diganti karena ini barang elektronik yang kena panas extreme, jdnya ya walau belom engine check diganti aja udah 14 tahun broo
  • fuel filter = 4 jt (namanya jg 14 tahun ya ganti aja)
  • crank case breather kit = 2.5 jt (ada oli meler, umum terjadi klo dah berumur)
  • vacuum pump = 2 jt (oli nyemprot di lobang vakum kecil)
  • maf sensor = 1.4 jt (sempet engine check tp masih jalan normal)
  • map sensor = 1 jt (sekalian ganti bareng maf)
  • rotor disc brake depan = 1.8 juta, brake pad 1.6 jt klo ga salah
segala macam seal yang terbuat dari karet diganti...
terus apa lagi au lupa.

dan printilan2 lainnya (itu harga diatas baru part aja blom ongkos pasang :D) dan ini harga di bengkel spesialis bukan bengkel resmi mercy.

m272 ini udah agak lama beredar jadi masalah umumnya udah ada, dan penggantian part yg umum rusak karena umur bisa di cek di https://www.fcpeuro.com/blog/the-defini ... 73-engines


selain mesin ya kaki2 udah full diganti, abis 20 jt jg :big_slap: total 50 jt dong.... blom cairan2 nya :D

jadi yang mau ambil mobil ini, persiapkan budget buat restorasi.. jangan dilihat odometer rendah aja, umurnya juga. karet dan plastik ageeeee

next target ganti radiator, itu klo seal nya rusak ATF sm coolant bisa nyampur :big_slap:
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 778
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

tesna wrote: Fri Oct 18, 2024 6:28 cek bon2 pengeluaran buat maintenance mobil rada shock ga berasa dah 30 jt aja kluar buat peremajaan mobil w212 e300 2010 saya, terutama di sektor mesin. mobil ga ada error code, tapi lihat ada oli meler dikit gatel. jadi pelan2 diremajakan, biar ga pusing di jalan. diganti sebelom rusak :D

walau odo cuman 70k km, namanya mobil 14 tahun bagian plastik/karet udah pasti harus diganti, pake ga pake pasti kemakan umur
  • new intake manifold beserta injector seal dan gasket manifold = 10 jt (tadinya di repair aja flap nya tapi hati ga tenang, akhirnya beli baru aja). Ini masalah yang sangat umum terjadi di m272.
  • o2 sensor 4 biji = 8 jt (yg depan mahal 2 biji 6 jt sendiri, pesen dari fcpeuro karena di indonesia gw cari g aada yg jual) diganti karena ini barang elektronik yang kena panas extreme, jdnya ya walau belom engine check diganti aja udah 14 tahun broo
  • fuel filter = 4 jt (namanya jg 14 tahun ya ganti aja)
  • crank case breather kit = 2.5 jt (ada oli meler, umum terjadi klo dah berumur)
  • vacuum pump = 2 jt (oli nyemprot di lobang vakum kecil)
  • maf sensor = 1.4 jt (sempet engine check tp masih jalan normal)
  • map sensor = 1 jt (sekalian ganti bareng maf)
  • rotor disc brake depan = 1.8 juta, brake pad 1.6 jt klo ga salah
segala macam seal yang terbuat dari karet diganti...
terus apa lagi au lupa.

dan printilan2 lainnya (itu harga diatas baru part aja blom ongkos pasang :D) dan ini harga di bengkel spesialis bukan bengkel resmi mercy.

m272 ini udah agak lama beredar jadi masalah umumnya udah ada, dan penggantian part yg umum rusak karena umur bisa di cek di https://www.fcpeuro.com/blog/the-defini ... 73-engines


selain mesin ya kaki2 udah full diganti, abis 20 jt jg :big_slap: total 50 jt dong.... blom cairan2 nya :D

jadi yang mau ambil mobil ini, persiapkan budget buat restorasi.. jangan dilihat odometer rendah aja, umurnya juga. karet dan plastik ageeeee

next target ganti radiator, itu klo seal nya rusak ATF sm coolant bisa nyampur :big_slap:
Woww mantep banget om yg diganti part2 yg org2 pada males gantiin krn blm pada rusak, salute :big_exellent: . BTW, kalo O2 sensor kalo dibiarinn rusak dulu, bakal berakibat gmnn om? Kmdn untuk radiator, kalo ngk bocor kok bukan ganti sealnya tp kok sampe mesti ganti radiatornya segala om?
Vacuum pump masalahnya bakal apa om kalo sampe keburu error?
Thanks om.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11572
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Omnibus »

tesna wrote: Fri Oct 18, 2024 6:28 cek bon2 pengeluaran buat maintenance mobil rada shock ga berasa dah 30 jt aja kluar buat peremajaan mobil w212 e300 2010 saya, terutama di sektor mesin. mobil ga ada error code, tapi lihat ada oli meler dikit gatel. jadi pelan2 diremajakan, biar ga pusing di jalan. diganti sebelom rusak :D

walau odo cuman 70k km, namanya mobil 14 tahun bagian plastik/karet udah pasti harus diganti, pake ga pake pasti kemakan umur
  • new intake manifold beserta injector seal dan gasket manifold = 10 jt (tadinya di repair aja flap nya tapi hati ga tenang, akhirnya beli baru aja). Ini masalah yang sangat umum terjadi di m272.
  • o2 sensor 4 biji = 8 jt (yg depan mahal 2 biji 6 jt sendiri, pesen dari fcpeuro karena di indonesia gw cari g aada yg jual) diganti karena ini barang elektronik yang kena panas extreme, jdnya ya walau belom engine check diganti aja udah 14 tahun broo
  • fuel filter = 4 jt (namanya jg 14 tahun ya ganti aja)
  • crank case breather kit = 2.5 jt (ada oli meler, umum terjadi klo dah berumur)
  • vacuum pump = 2 jt (oli nyemprot di lobang vakum kecil)
  • maf sensor = 1.4 jt (sempet engine check tp masih jalan normal)
  • map sensor = 1 jt (sekalian ganti bareng maf)
  • rotor disc brake depan = 1.8 juta, brake pad 1.6 jt klo ga salah
segala macam seal yang terbuat dari karet diganti...
terus apa lagi au lupa.

dan printilan2 lainnya (itu harga diatas baru part aja blom ongkos pasang :D) dan ini harga di bengkel spesialis bukan bengkel resmi mercy.

m272 ini udah agak lama beredar jadi masalah umumnya udah ada, dan penggantian part yg umum rusak karena umur bisa di cek di https://www.fcpeuro.com/blog/the-defini ... 73-engines


selain mesin ya kaki2 udah full diganti, abis 20 jt jg :big_slap: total 50 jt dong.... blom cairan2 nya :D

jadi yang mau ambil mobil ini, persiapkan budget buat restorasi.. jangan dilihat odometer rendah aja, umurnya juga. karet dan plastik ageeeee

next target ganti radiator, itu klo seal nya rusak ATF sm coolant bisa nyampur :big_slap:
mantap jiwa. totalitas bgt om.

utk mesin emang ada oil leak di sebelah mana aja om dan apa ada yg perlu engine out?

ini sih kebayang abis 100jt nyampe nih. mau dipake brp lama lagi rencananya om?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2835
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

SantosoTheGreat wrote: Sun Oct 13, 2024 15:12 Oia om kalau dibanding dgn cls 350 c218, gimana om?
Rewel & perlu high cost ga ya untuk maintenance nya?
Kayaknya pernah baca asa yg non air sus juga.
mesin dan kaki2 kl non airsus sama aja dgn w212. mungkin ada beberapa printilan yg part number w218. rewel badaknya 11-12 sama w212.
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 770
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

Asfur wrote: Mon Oct 21, 2024 1:41
Woww mantep banget om yg diganti part2 yg org2 pada males gantiin krn blm pada rusak, salute :big_exellent: . BTW, kalo O2 sensor kalo dibiarinn rusak dulu, bakal berakibat gmnn om? Kmdn untuk radiator, kalo ngk bocor kok bukan ganti sealnya tp kok sampe mesti ganti radiatornya segala om?
Vacuum pump masalahnya bakal apa om kalo sampe keburu error?
Thanks om.
o2 sensor diganti karena awal nya saya ada masalah di emisi, ECU command injector buat inject fuel 10% lebih banyak dari yang seharusnya, o2 sensor kan yang monitor hasil pembakaran sudah sempurna apa belum, klo kurang sempurna bisa command ecu biar nambah ato ngurangin fuel. jadi makin akurat bacaannya pembakarannya makin sempurna = makin efisien. walau belum error berhubung udah 14 tahun pasti bacaannya udah rada slow atau kurang akurat.

nah, menurut info2 dari forum2 di luar sana, coolant bisa mix sm oil. bisa dari ATF, bisa dari oli mesin. Yang di mesin bisa diganti seal oil cooler, itu beres... yang ATF, itu di radiator seal nya bisa rembes, dan ga bisa ganti seal nya aja karena ada di dalem radiator. Jd harus ganti whole thing. Sempet sih kepikiran mau dilepas aja jalur ATF di radiator, trus pasang external atf cooler biar bener2 terpisah. tapi ya blom ada bengkel yang nyanggupin :))

klo coolant dah kecampur ATF, bubar itu gearbox nya.... :big_cry:

vacuum pump kmaren ganti karena ada DTC tumble flap actuation nya muncul lagi, padahal intake manifold gw kan baru. di cek2 tau2 jalur vakum penuh dengan oli..... jadi ngadat itu. diganti dan dibersihkan jalurnya lancar lagi.
Omnibus wrote: Mon Oct 21, 2024 2:34

mantap jiwa. totalitas bgt om.

utk mesin emang ada oil leak di sebelah mana aja om dan apa ada yg perlu engine out?

ini sih kebayang abis 100jt nyampe nih. mau dipake brp lama lagi rencananya om?
dulu awal nya pas lepas intake, di throttle body dan intake manifold berlumuran oli, harusnya kan bersih itu... nah sumber olinya bisa dari PCV valve ini https://www.fcpeuro.com/products/merced ... oem-515810 cici tempat gue beli part nya sampe heran2 ini part number dapet darimana dia jarang order part2 yg gue minta kwkwkwk

abis itu di hunt lagi dan untungnya selain vacuum pump ngga ada oli meler2 lagi. aduh jangan sampe engine out deh... blom, jangan sampe siniiiii

kl menurut link diatas di post saya sblm mya ya ada jg dr camshaft sensor, dll dll. oli meler ini hrs jadi perhatian serius, karena yg bikin ecu rusak salah satunya ya ini.. oli netes ke harness, bikin ecu short/korslet.

ini rencananya mobil ICE saya terakhir sebelom beralih ke mobil listrik, jadi ya pake sampe rusak ato ganti mobil listrik. or maybe still keep it :big_biglaugh:
W212 M272 '10
AN140 2GD '18