apalagi kaum three pedal, dorong2 langsung masuk satu starter gasssb0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 9:54stater lemot itu bisa gw tahan 6bulan -1thn om kadangSalvanost wrote: Tue Dec 09, 2025 9:40 Tetap gradual sebenarnya om,
Karena di mobil ICE starter lemot masih ada sisa 2-4 minggu umur akinya (ga perlu voltmeter buat tau akinya udah jelek apa belum)
Memang ada kasus yg mempercepat aki rusak kaya yg dijelasin om surya ,jadinya langsung KO akinya, contoh lainnya parkir berjam jam lampu lupa dimatiin (gua oernah kena kasus disini)
Nah kalau EV? Ga ada tanda2 aki mau rusak![]()
Pilihannya cuma ganti sebelum rusak atau ga diganti sampe rusak terus mobilnya mogok. resikonya urusin mobil mogok bisa molor sampai 2-4 jam atau lebih
Kecuali udah pegang hp orang jualan aki, mungkin kurang dari 1.5jam udah bisa ganti akinya. (Kalau akinya yg rusak)
![]()
EV's Safety? - Part 2
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety? - Part 2
-
timbermaniac123
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 983
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: EV's Safety? - Part 2
Kalau di luar negri. apalagi mereka udah biasa bawa flashlight jadi sering beli batre lithium. Biasa mereka simpen batre lithium di case besi gitu.
Nah ini harusnya gudang drone itu posisi di lantai atas. Makanya penting punya pengetahuan tentang bahaya lithium, apalagi ini perusahaan bukan jualan drone mainan asal cina, kalau ga salah dari jepang. Harusnya mereka lebih aware soal ginian.
Nah ini harusnya gudang drone itu posisi di lantai atas. Makanya penting punya pengetahuan tentang bahaya lithium, apalagi ini perusahaan bukan jualan drone mainan asal cina, kalau ga salah dari jepang. Harusnya mereka lebih aware soal ginian.
-
KielConstantine
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 3163
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Audi A4 [B9] 45 TFSI Quattro
Re: EV's Safety? - Part 2
Btw btw
Bentar lagi operasional neh
Bakal seru persaingan mobcin tahun depan
Bentar lagi operasional neh
Bakal seru persaingan mobcin tahun depan
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
yang masalah si itu mobil mau dianggep mati pun otaknya jalan ngandelin 12 voltSalvanost wrote: Tue Dec 09, 2025 10:07 Ada yg bahas aki mobil ev
25 menit panjang gua lom nonton sampai habis
Intinya kasus di pengepul mobil itu akinya emang udah soak dan bebannya gede (anggap aja gara2 modif audio)
Jadi solusinya 2 (di kasus pengepul mobil)
1. Beban di aki jangan terlalu gede makanya habis dijumper langsung mati lagi mobilnya
2. Mobil jangan dinyalain dulu, akinya dijumper dulu 10-15 menit habis itu baru test dinyalain tanpa jumper
bagusnya punya switch cut off jd kalo emang gak di pake lama cabut aja karena kalo akinya discharge mulu sampe soak cepet rusak juga
-
Greenhunter
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 896
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: EV's Safety? - Part 2
https://news.detik.com/berita/d-8251462 ... amkan-apar
Baterai lithium penyebab kebakaran gedung terra drone , mobil EV apakah banyak yang pakai lithium ?
Baterai lithium penyebab kebakaran gedung terra drone , mobil EV apakah banyak yang pakai lithium ?
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety? - Part 2
moga2 gak kejadian EV kebakar di gedung bertingkat/basement kaia di SKb0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 10:43 https://www.liputan6.com/news/read/6232 ... i-1?page=3
ud ruko maksa 7 lantai karywan banyak nyimpen batre pula"Ada baterai di lantai 1 yang terbakar dan sempat dipadamkan oleh karwayan, ternyata baterai yang terbakar menyebar karena lantai 1 adalah gudangnya. Karyawan sedang makan berada di ljar dan sebaguan lagj istirahta di 2 3 dna 6. Api semakin membesar asap naik ke lantai 6," ujar Susatyo.![]()
korban 20 orang md![]()
-
Salvanost
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 3423
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: EV's Safety? - Part 2
Itu beritanya aja udah ngaco omkayukayuthe5th wrote: Tue Dec 09, 2025 12:06moga2 gak kejadian EV kebakar di gedung bertingkat/basement kaia di SKb0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 10:43 https://www.liputan6.com/news/read/6232 ... i-1?page=3
ud ruko maksa 7 lantai karywan banyak nyimpen batre pula"Ada baterai di lantai 1 yang terbakar dan sempat dipadamkan oleh karwayan, ternyata baterai yang terbakar menyebar karena lantai 1 adalah gudangnya. Karyawan sedang makan berada di ljar dan sebaguan lagj istirahta di 2 3 dna 6. Api semakin membesar asap naik ke lantai 6," ujar Susatyo.![]()
korban 20 orang md![]()
![]()
Perusahaan Jepang tapi ga ada standar keamanan sih ngelucu amat
Kalau ada alarm kebakaran pasti jumlah korban bisa berkurang
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
yang meninggal itu pada kehabisan nafas cuma saya kasih tau aja ya om kalo nemu EV/batery fire menjauh aj jgn coba2x nekat hirup tuh asep karena toxic makannya di luar SOPnya pake hazmat......... bisa jadi mereka bukan cuma kehabisan nafas tapi keracunan batre, kasus di ausie ada pemadam yang selamet tapi lumpuh karena ngisep asepnyaSalvanost wrote: Tue Dec 09, 2025 12:12Itu beritanya aja udah ngaco omkayukayuthe5th wrote: Tue Dec 09, 2025 12:06moga2 gak kejadian EV kebakar di gedung bertingkat/basement kaia di SKb0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 10:43 https://www.liputan6.com/news/read/6232 ... i-1?page=3
ud ruko maksa 7 lantai karywan banyak nyimpen batre pula![]()
korban 20 orang md![]()
![]()
Perusahaan Jepang tapi ga ada standar keamanan sih ngelucu amat
Kalau ada alarm kebakaran pasti jumlah korban bisa berkurang
ruko artinya tangga cuma 1 terus gudangnya lantai satu dimana sumber apinya disitu makannya evakuasinya pada keatas
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety? - Part 2
ya yang bahaya itu makanya kalo EV kebakaran musti proteksi lebih sih. Lithium oxidesnya tuh bikin berbahaya *setau aneb0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 12:16yang meninggal itu pada kehabisan nafas cuma saya kasih tau aja ya om kalo nemu EV/batery fire menjauh aj jgn coba2x nekat hirup tuh asep karena toxic makannya di luar SOPnya pake hazmat......... bisa jadi mereka bukan cuma kehabisan nafas tapi keracunan batre, kasus di ausie ada pemadam yang selamet tapi lumpuh karena ngisep asepnyaSalvanost wrote: Tue Dec 09, 2025 12:12Itu beritanya aja udah ngaco omkayukayuthe5th wrote: Tue Dec 09, 2025 12:06
moga2 gak kejadian EV kebakar di gedung bertingkat/basement kaia di SK![]()
Perusahaan Jepang tapi ga ada standar keamanan sih ngelucu amat
Kalau ada alarm kebakaran pasti jumlah korban bisa berkurang![]()
ruko artinya tangga cuma 1 terus gudangnya lantai satu dimana sumber apinya disitu makannya evakuasinya pada keatas![]()
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety? - Part 2
Datab0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 12:16yang meninggal itu pada kehabisan nafas cuma saya kasih tau aja ya om kalo nemu EV/batery fire menjauh aj jgn coba2x nekat hirup tuh asep karena toxic makannya di luar SOPnya pake hazmat......... bisa jadi mereka bukan cuma kehabisan nafas tapi keracunan batre, kasus di ausie ada pemadam yang selamet tapi lumpuh karena ngisep asepnyaSalvanost wrote: Tue Dec 09, 2025 12:12Itu beritanya aja udah ngaco omkayukayuthe5th wrote: Tue Dec 09, 2025 12:06
moga2 gak kejadian EV kebakar di gedung bertingkat/basement kaia di SK![]()
Perusahaan Jepang tapi ga ada standar keamanan sih ngelucu amat
Kalau ada alarm kebakaran pasti jumlah korban bisa berkurang![]()
ruko artinya tangga cuma 1 terus gudangnya lantai satu dimana sumber apinya disitu makannya evakuasinya pada keatas![]()
Facts
Knowledge
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
BrianK3
- Member of Senior Mechanic

- Posts: 212
- Joined: Mon Sep 28, 2015 16:10
- Daily Vehicle: HR-V 2024
Re: EV's Safety? - Part 2
Ah rupanya di sini “general topic” buat discuss EV.
Sebentar lagi genap sudah 2 bukan pake si Ioniq 5. Stlh lewat masa2 awal belajar pake sepertinya udah mulai terbiasa terutama soal regen braking. Skrg malah berasa pedal rem jadi jarang dipake karena lebih sering pake tuas regen braking di setir.
By the way sebenernya aku penasaran ini mobil seberapa irit dibandingkan EV China. Dengan gaya nyetir skrg kurleb konsumsi energi di 7 - 7.5 km/kWh rute kombinasi. Minggu lalu baru first time trial Tangerang Bandung PP dan itu aman nggak perlu ngecharge sama sekali.
Sebentar lagi genap sudah 2 bukan pake si Ioniq 5. Stlh lewat masa2 awal belajar pake sepertinya udah mulai terbiasa terutama soal regen braking. Skrg malah berasa pedal rem jadi jarang dipake karena lebih sering pake tuas regen braking di setir.
By the way sebenernya aku penasaran ini mobil seberapa irit dibandingkan EV China. Dengan gaya nyetir skrg kurleb konsumsi energi di 7 - 7.5 km/kWh rute kombinasi. Minggu lalu baru first time trial Tangerang Bandung PP dan itu aman nggak perlu ngecharge sama sekali.
Honda HR-V SE 2024
Hyundai Ioniq 5 SLR 2024
Hyundai Ioniq 5 SLR 2024
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety? - Part 2
thermal runway lupa gwa, sering banget itu tiba2 kebakar dan ga bisa padam ampe selnya abis.Suryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 12:46Datab0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 12:16yang meninggal itu pada kehabisan nafas cuma saya kasih tau aja ya om kalo nemu EV/batery fire menjauh aj jgn coba2x nekat hirup tuh asep karena toxic makannya di luar SOPnya pake hazmat......... bisa jadi mereka bukan cuma kehabisan nafas tapi keracunan batre, kasus di ausie ada pemadam yang selamet tapi lumpuh karena ngisep asepnyaSalvanost wrote: Tue Dec 09, 2025 12:12
Itu beritanya aja udah ngaco om
Perusahaan Jepang tapi ga ada standar keamanan sih ngelucu amat
Kalau ada alarm kebakaran pasti jumlah korban bisa berkurang![]()
ruko artinya tangga cuma 1 terus gudangnya lantai satu dimana sumber apinya disitu makannya evakuasinya pada keatas![]()
Facts
Knowledge
IMG_20251209_194446.jpg
IMG_20251209_194512.jpg
IMG_20251209_194538.jpg
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
jgn lupaSuryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 12:46 Data
Facts
Knowledge
IMG_20251209_194446.jpg
IMG_20251209_194512.jpg
IMG_20251209_194538.jpg
menit 4:00
segitu takutnya mereka sama batre padahal mereka juga yang push
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety? - Part 2
Teknologi batre ini cuman teknologi sesaat, Bnyk mudharatnya untuk kendaraan.kayukayuthe5th wrote: Tue Dec 09, 2025 13:54thermal runway lupa gwa, sering banget itu tiba2 kebakar dan ga bisa padam ampe selnya abis.Suryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 12:46Datab0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 12:16
yang meninggal itu pada kehabisan nafas cuma saya kasih tau aja ya om kalo nemu EV/batery fire menjauh aj jgn coba2x nekat hirup tuh asep karena toxic makannya di luar SOPnya pake hazmat......... bisa jadi mereka bukan cuma kehabisan nafas tapi keracunan batre, kasus di ausie ada pemadam yang selamet tapi lumpuh karena ngisep asepnya![]()
ruko artinya tangga cuma 1 terus gudangnya lantai satu dimana sumber apinya disitu makannya evakuasinya pada keatas![]()
Facts
Knowledge
IMG_20251209_194446.jpg
IMG_20251209_194512.jpg
IMG_20251209_194538.jpg![]()
bs jd di masa depan malah ini yg menggantikan bbm (tmsk lithium vehicle)
Persis spt di science fiction movie
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
nunggu panen helium-3 di bulan......Suryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 14:55 Teknologi batre ini cuman teknologi sesaat, Bnyk mudharatnya untuk kendaraan.
bs jd di masa depan malah ini yg menggantikan bbm (tmsk lithium vehicle)
Persis spt di science fiction movie![]()
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety? - Part 2
T-800b0ku wrote: Tue Dec 09, 2025 15:02nunggu panen helium-3 di bulan......Suryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 14:55 Teknologi batre ini cuman teknologi sesaat, Bnyk mudharatnya untuk kendaraan.
bs jd di masa depan malah ini yg menggantikan bbm (tmsk lithium vehicle)
Persis spt di science fiction movie![]()
![]()
Hasta la vista
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: EV's Safety? - Part 2
kalau indonesia terus menanam sawit, seharusnya mobil yang populer di indonesia adalah diesel.
-
linschneider
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 100
- Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18
Re: EV's Safety? - Part 2
ilhami wrote: Tue Dec 09, 2025 15:38 kalau indonesia terus menanam sawit, seharusnya mobil yang populer di indonesia adalah diesel.
Suryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 10:19Now: "I never look back on ICE!!.... ICE are obsolete!!"linschneider wrote: Tue Dec 09, 2025 8:24testi untuk surabaya dan ini bener. gue ndiri termasuk golongan skeptis yg naik kijang utk keseharian cm bs bingung kenapa nie temen rumah cmn muat 1 (dalam) dan ngga siapin home charger tp pake atto 3. tp uda setaun berjalan dia puas2 aja. uda sampe keluar kota (max jateng) tp disclaimer jg klo dia ada kijang sodara yg bs dipinjem (bila perlu) utk lukot.ChZ wrote: Mon Dec 08, 2025 3:24
udah banyak seliweran pada bilang kalo mobil EV bisa jadi mobil 1-1nya ampe katanya jual mobil ICEnya semua ganti ke EV. ntah bener atau dongeng.
ya pilihan sih saya sih ga mau kalo batt tinggal 10% harus alon alon cari chargeran terus nunggu 30 menit, ngabisin waktu. kadang kita pergi mau cepet sampe tujuan tidur terus malemnya masih bisa jalan jalan. cari duit susah ngapain liburan cuma sebentar nyiksa diri.
bukan kasus mobil satu2nya, tp pas lebi awal lagi tetangga sy sendiri jual civic hbnya ganti air ev, keputusan yg sejujurnya bagi gw membagongkan. emang waktu itu tdk ada pilihan selain air ev dan ioniq, akhirnya dia pilih yg kecil dan di rumah dy ada hrv dan air ev. bbrp saat lewat, dpt rejeki dan datanglah atto 3 baru. lucunya charger wuling tdk kompatibel, akhirnya pasang 1 lagi charger byd dirumah. pas tanya kenapa kok ev lagi jawabnya lebi demen aja drpd ice. sy inget pas taun2 ini ini rumah sering mati lampu, sepertinya krn serentak banyak mobil ev baru (dan tarik charger) dalam cluster.
banyak anekdot2 laen yg mobil ice2 pada dijual ganti ev (and never look back), tp buat sy pribadi masih belum berani take the plunge. meskipun tertarik gmn2 minim hrs pasang charger dlm rumah baru bs tenang.
tapi tbf tbh, tiap kali sy isi bbm, dalkot sby dan terutama lukot sidowangi, itu jg ngga cepet2 amat. trip ngisi selalu lebih dari setenga jam, lancar2 pun paling kenceng 15 menitan (ngantri dexlite). klo mau mnm solar, fix satu jam klo diluar kota. timesaver terbaik adalah ngecharge ev sendiri pas tidak dikendarai, bak ngecharge hp.
10 years later: ????
![]()
dgn saat ini yg b50 dan trend yg akan terus naik, diesel manakah yg bakal bertahan minum 6800 saat b80 atau b100? arahnya kesana dan menurut gw baiknya kesana dr segi sustain/renewable, tp ya gitu.ilhami wrote: Tue Dec 09, 2025 15:38 kalau indonesia terus menanam sawit, seharusnya mobil yang populer di indonesia adalah diesel.
katakan semua yg common rail rontok, akankah lejen panther bangkit (tergoreng) kembali
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
ud diributin barusan harga kucing item 2017 lebih mahal dari cx5 2019linschneider wrote: Tue Dec 09, 2025 16:43ilhami wrote: Tue Dec 09, 2025 15:38 kalau indonesia terus menanam sawit, seharusnya mobil yang populer di indonesia adalah diesel.Suryaputra wrote: Tue Dec 09, 2025 10:19Now: "I never look back on ICE!!.... ICE are obsolete!!"linschneider wrote: Tue Dec 09, 2025 8:24testi untuk surabaya dan ini bener. gue ndiri termasuk golongan skeptis yg naik kijang utk keseharian cm bs bingung kenapa nie temen rumah cmn muat 1 (dalam) dan ngga siapin home charger tp pake atto 3. tp uda setaun berjalan dia puas2 aja. uda sampe keluar kota (max jateng) tp disclaimer jg klo dia ada kijang sodara yg bs dipinjem (bila perlu) utk lukot.
bukan kasus mobil satu2nya, tp pas lebi awal lagi tetangga sy sendiri jual civic hbnya ganti air ev, keputusan yg sejujurnya bagi gw membagongkan. emang waktu itu tdk ada pilihan selain air ev dan ioniq, akhirnya dia pilih yg kecil dan di rumah dy ada hrv dan air ev. bbrp saat lewat, dpt rejeki dan datanglah atto 3 baru. lucunya charger wuling tdk kompatibel, akhirnya pasang 1 lagi charger byd dirumah. pas tanya kenapa kok ev lagi jawabnya lebi demen aja drpd ice. sy inget pas taun2 ini ini rumah sering mati lampu, sepertinya krn serentak banyak mobil ev baru (dan tarik charger) dalam cluster.
banyak anekdot2 laen yg mobil ice2 pada dijual ganti ev (and never look back), tp buat sy pribadi masih belum berani take the plunge. meskipun tertarik gmn2 minim hrs pasang charger dlm rumah baru bs tenang.
tapi tbf tbh, tiap kali sy isi bbm, dalkot sby dan terutama lukot sidowangi, itu jg ngga cepet2 amat. trip ngisi selalu lebih dari setenga jam, lancar2 pun paling kenceng 15 menitan (ngantri dexlite). klo mau mnm solar, fix satu jam klo diluar kota. timesaver terbaik adalah ngecharge ev sendiri pas tidak dikendarai, bak ngecharge hp.
10 years later: ????
dgn saat ini yg b50 dan trend yg akan terus naik, diesel manakah yg bakal bertahan minum 6800 saat b80 atau b100? arahnya kesana dan menurut gw baiknya kesana dr segi sustain/renewable, tp ya gitu.ilhami wrote: Tue Dec 09, 2025 15:38 kalau indonesia terus menanam sawit, seharusnya mobil yang populer di indonesia adalah diesel.
katakan semua yg common rail rontok, akankah lejen panther bangkit (tergoreng) kembali![]()
-
ChZ
- SM Specialist

- Posts: 17171
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: EV's Safety? - Part 2
civic hb dijual ganti airev adalah keputusan orang gak hobi mobil...linschneider wrote: Tue Dec 09, 2025 8:24 testi untuk surabaya dan ini bener. gue ndiri termasuk golongan skeptis yg naik kijang utk keseharian cm bs bingung kenapa nie temen rumah cmn muat 1 (dalam) dan ngga siapin home charger tp pake atto 3. tp uda setaun berjalan dia puas2 aja. uda sampe keluar kota (max jateng) tp disclaimer jg klo dia ada kijang sodara yg bs dipinjem (bila perlu) utk lukot.
bukan kasus mobil satu2nya, tp pas lebi awal lagi tetangga sy sendiri jual civic hbnya ganti air ev, keputusan yg sejujurnya bagi gw membagongkan. emang waktu itu tdk ada pilihan selain air ev dan ioniq, akhirnya dia pilih yg kecil dan di rumah dy ada hrv dan air ev. bbrp saat lewat, dpt rejeki dan datanglah atto 3 baru. lucunya charger wuling tdk kompatibel, akhirnya pasang 1 lagi charger byd dirumah. pas tanya kenapa kok ev lagi jawabnya lebi demen aja drpd ice. sy inget pas taun2 ini ini rumah sering mati lampu, sepertinya krn serentak banyak mobil ev baru (dan tarik charger) dalam cluster.
banyak anekdot2 laen yg mobil ice2 pada dijual ganti ev (and never look back), tp buat sy pribadi masih belum berani take the plunge. meskipun tertarik gmn2 minim hrs pasang charger dlm rumah baru bs tenang.
tapi tbf tbh, tiap kali sy isi bbm, dalkot sby dan terutama lukot sidowangi, itu jg ngga cepet2 amat. trip ngisi selalu lebih dari setenga jam, lancar2 pun paling kenceng 15 menitan (ngantri dexlite). klo mau mnm solar, fix satu jam klo diluar kota. timesaver terbaik adalah ngecharge ev sendiri pas tidak dikendarai, bak ngecharge hp.
wah klo solar atau pertalite saya no komen ya. isi pertamax/turbo/dex ngga pernah antri soalnya. kalopun antri ngga lama. dan ngga harus extra cautious dgn range karena luar kota mau kenceng mau ngirit bensinnya paling beda 10% aja di mobil saya.
anyway itu pengepul udah diserang anak anak kleb BYD dibilang nyebar hoax dan nggak jujur, gmn tuh jadinya ...
klo poin dia soal battery indicator yah mobil ICE dari dulu juga gak ada battery indikator suka tuh mati sendiri kalo akinya udah lemah. walau di ICE ada pertandanya cranking udah berat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
salesnya sampe idupin M6 terus cabut aki pas idup kesian banget itu yang dapet tuh unit displat padahal gak boleh di gituin tungguin berap menit juga tewasChZ wrote: Wed Dec 10, 2025 3:04 civic hb dijual ganti airev adalah keputusan orang gak hobi mobil...wkwkwkkw
wah klo solar atau pertalite saya no komen ya. isi pertamax/turbo/dex ngga pernah antri soalnya. kalopun antri ngga lama. dan ngga harus extra cautious dgn range karena luar kota mau kenceng mau ngirit bensinnya paling beda 10% aja di mobil saya.
anyway itu pengepul udah diserang anak anak kleb BYD dibilang nyebar hoax dan nggak jujur, gmn tuh jadinya ...padahal menurut gw kalopun gak jujur kondisi mobilnya gak standar, emang SOP ditanya nomer rangka saat mobilnya mogok ya ngeselin. yg disorotin pengepul kan doi merasa di pingpong sana-sini tanpa kejelasan.
klo poin dia soal battery indicator yah mobil ICE dari dulu juga gak ada battery indikator suka tuh mati sendiri kalo akinya udah lemah. walau di ICE ada pertandanya cranking udah berat.
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety? - Part 2
ini baru aki ya aki loh ya
tungguin yang lebih ngeri cepet atau lambat juga bakalan ribut gw si ud pernah mention kalo yang ud pernah denger bijak2x aja preventif ud gw kasih tau solusinya juga..........................
-
kunaskun
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 4470
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: EV's Safety? - Part 2
orang indo itu kan punya banyak kebiasaan selain crab mentality, Schadenfreude (gembira diatas kesusahan), yg paling keren: mob mentality.ChZ wrote: Wed Dec 10, 2025 3:04
civic hb dijual ganti airev adalah keputusan orang gak hobi mobil...wkwkwkkw
wah klo solar atau pertalite saya no komen ya. isi pertamax/turbo/dex ngga pernah antri soalnya. kalopun antri ngga lama. dan ngga harus extra cautious dgn range karena luar kota mau kenceng mau ngirit bensinnya paling beda 10% aja di mobil saya.
beraninya ikut2an kata orang, kalau zaman milenial beli mobil ikutan kata tetangga, sodara, dll, kalo genzet masih sama, bedanya ikutan kata KOL
seru ya user punya massa vs massaanyway itu pengepul udah diserang anak anak kleb BYD dibilang nyebar hoax dan nggak jujur, gmn tuh jadinya ...padahal menurut gw kalopun gak jujur kondisi mobilnya gak standar, emang SOP ditanya nomer rangka saat mobilnya mogok ya ngeselin. yg disorotin pengepul kan doi merasa di pingpong sana-sini tanpa kejelasan.
padahal ada lagi yg mestinya di ributin, mobil ratusan juta kenapa tuh speedo bentuknya mirip dengan speedo sepeda motor listrikklo poin dia soal battery indicator yah mobil ICE dari dulu juga gak ada battery indikator suka tuh mati sendiri kalo akinya udah lemah. walau di ICE ada pertandanya cranking udah berat.
udah kecil, font kecil, UI Jelek pula
-
ChZ
- SM Specialist

- Posts: 17171
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: EV's Safety? - Part 2
klo dinyalain dulu terus dicabut akinya mah mobil jadul jg bisab0ku wrote: Wed Dec 10, 2025 4:18
salesnya sampe idupin M6 terus cabut aki pas idup kesian banget itu yang dapet tuh unit displat padahal gak boleh di gituin tungguin berap menit juga tewas![]()
salesnya jg gak paham ini kocak. sekelas si pengepul digituin. salah lawan. entah dia paham apa nggak siapa koh jeki.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: EV's Safety? - Part 2
Mana link video nya dan apa benar masih kondisi ON.
Aki 12V itu beban juga dan buffer, jadi kalau dilepas, bisa ada lonjakan tegangan.
Mobil ICE sebenarnya ngga boleh juga akinya dilepas ketika mesin hidup.
Aki 12V itu beban juga dan buffer, jadi kalau dilepas, bisa ada lonjakan tegangan.
Mobil ICE sebenarnya ngga boleh juga akinya dilepas ketika mesin hidup.

