
[NEW] Official Mazda CX-5 - PART 01
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
bukan pahe om... tapi versi kecil...Hansen wrote:kalo belakangnya sport artinya versi pahe ya Pat?
kayak mobil sport lah.. lebih kecil daripada mobil kan...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
- Location: Jakarta, Indonesia
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
Sembari menunggu harga resmi dari MMI pada saat launching CX-5 nanti, berikut yang hendak saya share kepada rekan-rekan SM terkait dengan teknologi SKYACTIV yang diimplementasikan pada CX-5:
SKYACTIV-Platform : http://www.youtube.com/watch?v=R3deq-4BdM8
SKYACTIV-G (mesin bensin) : http://www.youtube.com/watch?v=B4Eu6qz64QY
SKYACTIV-DRIVE (transmisi otomatis 6-percepatan) : http://www.youtube.com/watch?v=kVXszCqzPQM
SKYACTIV-BODY : http://www.youtube.com/watch?v=C8-CbghA ... ure=relmfu
SKYACTIV-CHASSIS (Sistem suspensi dan kemudi) : http://www.youtube.com/watch?v=E05inFaS ... ure=relmfu
Masing-masing video berdurasi kurang lebih 2 menit, dan memberikan esensi dari apa yang disebut dengan teknologi SKYACTIV. Cukup impresif, mengingat bahwa pada dasarnya Mazda meningkatkan efisiensi dari teknologi-teknologi otomotif yang sudah ada dan mencakup (secara prinsip) semua sektor dari kendaraan. Mulai dari mesin, transmisi, body, chassis, bahkan konsep platform mereka.
Sebenarnya ada SKYACTIV-MT (transmisi manual), tapi secara 99% saya tebak nanti CX-5 hanya akan datang dalam bentuk transmisi otomatis, maka SKYACTIV-MT tidak saya masukkan link-nya di sini.
Selamat menonton!
SKYACTIV-Platform : http://www.youtube.com/watch?v=R3deq-4BdM8
SKYACTIV-G (mesin bensin) : http://www.youtube.com/watch?v=B4Eu6qz64QY
SKYACTIV-DRIVE (transmisi otomatis 6-percepatan) : http://www.youtube.com/watch?v=kVXszCqzPQM
SKYACTIV-BODY : http://www.youtube.com/watch?v=C8-CbghA ... ure=relmfu
SKYACTIV-CHASSIS (Sistem suspensi dan kemudi) : http://www.youtube.com/watch?v=E05inFaS ... ure=relmfu
Masing-masing video berdurasi kurang lebih 2 menit, dan memberikan esensi dari apa yang disebut dengan teknologi SKYACTIV. Cukup impresif, mengingat bahwa pada dasarnya Mazda meningkatkan efisiensi dari teknologi-teknologi otomotif yang sudah ada dan mencakup (secara prinsip) semua sektor dari kendaraan. Mulai dari mesin, transmisi, body, chassis, bahkan konsep platform mereka.
Sebenarnya ada SKYACTIV-MT (transmisi manual), tapi secara 99% saya tebak nanti CX-5 hanya akan datang dalam bentuk transmisi otomatis, maka SKYACTIV-MT tidak saya masukkan link-nya di sini.
Selamat menonton!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 584
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
Kiat Mazda menggunakan teknologi SkyActiv untuk efisiensi bahan bakar dan optimalisasi tenaga.
dibanding menggunakan teknologi hybrid atau turbo yang mahal.
Tapi kenapa harga nya jadi mahal bener ya? mendekati 445jt.
hampir mirip dengan pajero sport dakar yang menggunakan turbo....
memang tidak apple to apple komparasi nya sekedar menggambarkan teknologi skyactiv mesin vs turbo VGT
dibanding menggunakan teknologi hybrid atau turbo yang mahal.
Tapi kenapa harga nya jadi mahal bener ya? mendekati 445jt.
hampir mirip dengan pajero sport dakar yang menggunakan turbo....
memang tidak apple to apple komparasi nya sekedar menggambarkan teknologi skyactiv mesin vs turbo VGT
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 152
- Joined: Sun Apr 29, 2012 10:47
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
bro, kalo ngmng begitu sama salesnya mreka pasti akan ngomong "pak, ini kan CBU Jepang" atau "Pak, mazda terbaru ini sudah Skyactiv dan tenaganya = dengan mobil 2400cc"marzoochi wrote:Kiat Mazda menggunakan teknologi SkyActiv untuk efisiensi bahan bakar dan optimalisasi tenaga.
dibanding menggunakan teknologi hybrid atau turbo yang mahal.
Tapi kenapa harga nya jadi mahal bener ya? mendekati 445jt.
hampir mirip dengan pajero sport dakar yang menggunakan turbo....
memang tidak apple to apple komparasi nya sekedar menggambarkan teknologi skyactiv mesin vs turbo VGT

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10473
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
om kopat: bedanya outlander, outlander sport, ASX apa???
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
lalu, kenapa secara hp masi 155 aja ya, pdhl suv duo korea aja bisa lebih tinggi..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
- Location: Jakarta, Indonesia
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
@bro evolution21,
Setahu saya duo Korea menggunakan mesin yang sama, dimana tenaga maksimumnya adalah 166PS/6,200rpm, sementara torsi maksimum-nya adalah 20.1 kgm/4,600rpm (http://kiamobil.com/showroom/suv-mpv/al ... fications/ dan http://www.hyundaimobil.co.id/products/ ... cification). Menurut situs Mazda Jepang di http://www.cx-5.mazda.co.jp/spec/specif ... k_id=c5lnv tenaga maksimum-nya adalah 155PS/6,000rpm sementara torsi maksimumnya adalah 20.0 kgfm/4,000rpm.
Sebelumnya, mari kita samakan persepsi apa yang dimaksud dengan tenaga/power dan torsi/torque, dengan men-click link berikut ini:
http://auto.howstuffworks.com/auto-part ... /fpte7.htm (penjelasan mengenai tenaga atau power)
http://auto.howstuffworks.com/auto-part ... /fpte4.htm (penjelasan mengenai torsi atau torque)
Jika sudah membaca link di atas (dan kalau sempat membaca link-link terkait yang ada di laman tersebut), ada beberapa hal yang dapat disimpulkan:
1. Bahwa tenaga atau power merupakan produk matematika dari torsi atau torque. Seperti yang disebutkan dalam link tersebut, torsi merupakan gaya untuk memutar sebuah object di axis putarnya dan memiliki komponen jarak dalam unit-nya. Sementara power adalah seberapa cepat torsi itu diaplikasikan kepada sebuah object dalam 1 periode (misalnya menit atau detik).
2. Dengan demikian, figur tenaga atau power tidak akan ada atau relevan jika figur torsi-nya tidak diketahui. Sebaliknya, jika figur torsi diketahui maka figur tenaga dapat dikalkulasi dengan mudah (paling tidak secara teoritis).
3. Kalau begitu, seharusnya dalam membaca spesifikasi teknis kendaraan kita sebagai konsumen melihat torque atau torsi sebagai penentu performa sebuah mesin, bukan power. Benar demikian?
4. Sedikit banyak ini mengkonfirmasi apa yang telah diberitahukan ke saya sebelumnya oleh teman-teman yang mengerti teknis otomotif, bahwa torsi mempunyai peran lebih besar dalam menilai akselerasi kendaraan baik pada saat stop-and-go, start awal di lampu merah maupun ketika menyalip mobil di depan, sementara tenaga atau power lebih untuk performa kendaraan di kecepatan tinggi atau top speed.
Sayang, tanpa melihat kurva tenaga dan torsi (seperti kaya yang dihasilkan oleh engine dynamometer), apa yang saya utarakan berikut ini hanyalah sebuah asumsi. Namun kalau kita bandingkan antara mesin duo Korea dan mesin CX-5 dari sisi torsi maksimum:
20.1 kgm/4,600rpm vs. 20.0 kgm/4,000rpm
terlihat bahwa secara teoritis mesin CX-5 memiliki torsi lebih besar dibandingkan dengan duo Korea. Ini karena torsi maksimum duo Korea terjadi di rpm 600 lebih tinggi dibandingkan dengan CX-5. Atau kalau mau dibikin sama-sama 4,000rpm, besar kemungkinan torsi mesin Theta II Tucson/Sportage lebih kecil dari CX-5.
Bobotpun juga menjadi pertimbangan dalam hal akselerasi, tapi sebelum ada keterangan resmi dari MMI mengenai bobot CX-5 Indonesia saya nggak akan bisa menghitung sederhana berapa ratio perbandingan bobot dengan torsi atau tenaganya.
Jadi maksud saya, ketika menilai performa sebuah kendaraan dari spek teknisnya, mungkin lebih bijak jika kita tidak hanya terpaku pada HP maksimum-nya saja akan tetapi lebih menitikberatkan penilaian kepada torsi maksimum juga.
Untuk para senior SMers di sini yang lebih paham dan padat ilmu daripada saya, mohon koreksinya jika ada kesalahan dalam pengertian mengenai hal-hal di atas.
Setahu saya duo Korea menggunakan mesin yang sama, dimana tenaga maksimumnya adalah 166PS/6,200rpm, sementara torsi maksimum-nya adalah 20.1 kgm/4,600rpm (http://kiamobil.com/showroom/suv-mpv/al ... fications/ dan http://www.hyundaimobil.co.id/products/ ... cification). Menurut situs Mazda Jepang di http://www.cx-5.mazda.co.jp/spec/specif ... k_id=c5lnv tenaga maksimum-nya adalah 155PS/6,000rpm sementara torsi maksimumnya adalah 20.0 kgfm/4,000rpm.
Sebelumnya, mari kita samakan persepsi apa yang dimaksud dengan tenaga/power dan torsi/torque, dengan men-click link berikut ini:
http://auto.howstuffworks.com/auto-part ... /fpte7.htm (penjelasan mengenai tenaga atau power)
http://auto.howstuffworks.com/auto-part ... /fpte4.htm (penjelasan mengenai torsi atau torque)
Jika sudah membaca link di atas (dan kalau sempat membaca link-link terkait yang ada di laman tersebut), ada beberapa hal yang dapat disimpulkan:
1. Bahwa tenaga atau power merupakan produk matematika dari torsi atau torque. Seperti yang disebutkan dalam link tersebut, torsi merupakan gaya untuk memutar sebuah object di axis putarnya dan memiliki komponen jarak dalam unit-nya. Sementara power adalah seberapa cepat torsi itu diaplikasikan kepada sebuah object dalam 1 periode (misalnya menit atau detik).
2. Dengan demikian, figur tenaga atau power tidak akan ada atau relevan jika figur torsi-nya tidak diketahui. Sebaliknya, jika figur torsi diketahui maka figur tenaga dapat dikalkulasi dengan mudah (paling tidak secara teoritis).
3. Kalau begitu, seharusnya dalam membaca spesifikasi teknis kendaraan kita sebagai konsumen melihat torque atau torsi sebagai penentu performa sebuah mesin, bukan power. Benar demikian?
4. Sedikit banyak ini mengkonfirmasi apa yang telah diberitahukan ke saya sebelumnya oleh teman-teman yang mengerti teknis otomotif, bahwa torsi mempunyai peran lebih besar dalam menilai akselerasi kendaraan baik pada saat stop-and-go, start awal di lampu merah maupun ketika menyalip mobil di depan, sementara tenaga atau power lebih untuk performa kendaraan di kecepatan tinggi atau top speed.
Sayang, tanpa melihat kurva tenaga dan torsi (seperti kaya yang dihasilkan oleh engine dynamometer), apa yang saya utarakan berikut ini hanyalah sebuah asumsi. Namun kalau kita bandingkan antara mesin duo Korea dan mesin CX-5 dari sisi torsi maksimum:
20.1 kgm/4,600rpm vs. 20.0 kgm/4,000rpm
terlihat bahwa secara teoritis mesin CX-5 memiliki torsi lebih besar dibandingkan dengan duo Korea. Ini karena torsi maksimum duo Korea terjadi di rpm 600 lebih tinggi dibandingkan dengan CX-5. Atau kalau mau dibikin sama-sama 4,000rpm, besar kemungkinan torsi mesin Theta II Tucson/Sportage lebih kecil dari CX-5.
Bobotpun juga menjadi pertimbangan dalam hal akselerasi, tapi sebelum ada keterangan resmi dari MMI mengenai bobot CX-5 Indonesia saya nggak akan bisa menghitung sederhana berapa ratio perbandingan bobot dengan torsi atau tenaganya.
Jadi maksud saya, ketika menilai performa sebuah kendaraan dari spek teknisnya, mungkin lebih bijak jika kita tidak hanya terpaku pada HP maksimum-nya saja akan tetapi lebih menitikberatkan penilaian kepada torsi maksimum juga.
Untuk para senior SMers di sini yang lebih paham dan padat ilmu daripada saya, mohon koreksinya jika ada kesalahan dalam pengertian mengenai hal-hal di atas.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
Kalau dari pengalaman saya pernah dyno 2 suv diesel yg berbeda, yaitu fortuner spec 195HP/470NM dan ps dakar 254HP/540NM. Kita bisa liat torsi tidak berbeda jauh, tapi tarikan dan topspeed beda jauh sekali. Kurva horsepower kedua mobil tidak berbeda jauh, sama2 max di sekitar rpm4000, beda di curva torsinya. Untuk fortuner max torsi di rpm 2000, dan abis itu turun drastis dibawah 300NM di rpm4500, jadi di hi-rpm dan hi-speed, tenaganya dah habis. Untuk ps dakar, tenaga dari rpm bawah ke atas gak ada putusnya, karena di rpm 1500 dia 380NM, rpm 2500 dia 540NM, dan di rpm 4500 torsinya masih 380NM, makanya torsinya linear dan tenaganya gak putus sama sekali. Jadi kesimpulannya, horsepower juga harus diimbangi dengan kenaikan torsibodapa wrote: Jadi maksud saya, ketika menilai performa sebuah kendaraan dari spek teknisnya, mungkin lebih bijak jika kita tidak hanya terpaku pada HP maksimum-nya saja akan tetapi lebih menitikberatkan penilaian kepada torsi maksimum juga.
Untuk para senior SMers di sini yang lebih paham dan padat ilmu daripada saya, mohon koreksinya jika ada kesalahan dalam pengertian mengenai hal-hal di atas.

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
yah memang torsinya lebih menang cx5 tp selisihnya sangat sedikit, dan memang teori diatas kertas ga bs jadi patokan utama. banyak jg mesin2 yg sepertinya bakal boyot menggendong bobot kendaraan yg berat ternyata malah responsif.
cuman ya tetep aja agak kecewa dimana mesin 2000cc nya korea dan calon focus anyar, bisa tinggi, kok ini masi berkutat di 155, padahal secara penjabaran teknologi skyaktiv serasa impresif.
tp ntar di test aja um, wong mazda2, mazda6 contohnya, dibanding pesaingnya jg ga superior kok spek diatas kertasnya, tp kenyataan pedal gasnya pada responsif, bikin adrenalin cepet naik
cuman ya tetep aja agak kecewa dimana mesin 2000cc nya korea dan calon focus anyar, bisa tinggi, kok ini masi berkutat di 155, padahal secara penjabaran teknologi skyaktiv serasa impresif.
tp ntar di test aja um, wong mazda2, mazda6 contohnya, dibanding pesaingnya jg ga superior kok spek diatas kertasnya, tp kenyataan pedal gasnya pada responsif, bikin adrenalin cepet naik
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
- Location: Jakarta, Indonesia
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
@bro htannis,
Terima kasih atas sharing pengalamannya, bro. Sedikit melenceng nih, memang torsi-nya mesin turbodiesel itu bikin ngiler, apalagi kalau mesin seperti itu ditaruh di mobil yang bobotnya lebih rendah. Plus, seperti pemahaman masyarakat pada umumnya bahwa mesin diesel itu jauh lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin...akan tetapi sayang seribu sayang, ketersediaan bahan bakar mesin diesel yang lebih baik dibandingkan dengan solar biasa (baca: Pertamina DEX) di kota-kota besar saja agak susah, apalagi di luar pulau Jawa dan Bali. Padahal sudah mulai geliat dari APM di Indonesia untuk memasarkan mesin turbodiesel commonrail yang sedikit banyak menuntut bahan bakar diesel dengan kualitas tinggi. Seandainya penyebaran bahan bakar diesel kualitas tinggi tersebut merata seperti layaknya Premium di seluruh Indonesia, bukan tidak mungkin semua APM di Indonesia meluncurkan varian diesel commonrail yang canggih, bertenaga besar nan irit...
@bro evolution21,
Mungkin rasa penasaran bro evolution21 dapat dijawab pada video SKYACTIV-G yang telah saya share sebelumnya, dimana menjelang bagian akhir dari video tersebut terdapat satu dari beberapa highlights dari mesin itu, yaitu improvement sebesar 15% untuk torsi di putaran bawah dan sedang. Highlights tersebut tidak menyebut-nyebut improvement dari sisi tenaga-nya; saya berasumsi bahwa insinyur Mazda lebih mementingkan torsi yang applicable terhadap pemakaian kendaraan di situasi sehari-hari dibandingkan dengan tenaga maksimum.
Ini hanya asumsi saja, loh...
Terima kasih atas sharing pengalamannya, bro. Sedikit melenceng nih, memang torsi-nya mesin turbodiesel itu bikin ngiler, apalagi kalau mesin seperti itu ditaruh di mobil yang bobotnya lebih rendah. Plus, seperti pemahaman masyarakat pada umumnya bahwa mesin diesel itu jauh lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin...akan tetapi sayang seribu sayang, ketersediaan bahan bakar mesin diesel yang lebih baik dibandingkan dengan solar biasa (baca: Pertamina DEX) di kota-kota besar saja agak susah, apalagi di luar pulau Jawa dan Bali. Padahal sudah mulai geliat dari APM di Indonesia untuk memasarkan mesin turbodiesel commonrail yang sedikit banyak menuntut bahan bakar diesel dengan kualitas tinggi. Seandainya penyebaran bahan bakar diesel kualitas tinggi tersebut merata seperti layaknya Premium di seluruh Indonesia, bukan tidak mungkin semua APM di Indonesia meluncurkan varian diesel commonrail yang canggih, bertenaga besar nan irit...
@bro evolution21,
Mungkin rasa penasaran bro evolution21 dapat dijawab pada video SKYACTIV-G yang telah saya share sebelumnya, dimana menjelang bagian akhir dari video tersebut terdapat satu dari beberapa highlights dari mesin itu, yaitu improvement sebesar 15% untuk torsi di putaran bawah dan sedang. Highlights tersebut tidak menyebut-nyebut improvement dari sisi tenaga-nya; saya berasumsi bahwa insinyur Mazda lebih mementingkan torsi yang applicable terhadap pemakaian kendaraan di situasi sehari-hari dibandingkan dengan tenaga maksimum.
Ini hanya asumsi saja, loh...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
meminjam signature salah satu member SM yg cukup terkenal dalam bidang kepramukaan nya:
"HP sells cars, Torque wins races."
"HP sells cars, Torque wins races."
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
- Location: Jakarta, Indonesia
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
Bro marzoochi dan bro lee_iw,lee_iw wrote:bro, kalo ngmng begitu sama salesnya mreka pasti akan ngomong "pak, ini kan CBU Jepang" atau "Pak, mazda terbaru ini sudah Skyactiv dan tenaganya = dengan mobil 2400cc"marzoochi wrote:Kiat Mazda menggunakan teknologi SkyActiv untuk efisiensi bahan bakar dan optimalisasi tenaga.
dibanding menggunakan teknologi hybrid atau turbo yang mahal.
Tapi kenapa harga nya jadi mahal bener ya? mendekati 445jt.
hampir mirip dengan pajero sport dakar yang menggunakan turbo....
memang tidak apple to apple komparasi nya sekedar menggambarkan teknologi skyactiv mesin vs turbo VGT
Sebagai salah satu dari sekian orang yang menunggu kedatangan si CX-5 ini, terus terang saya juga kaget dengan kisaran harga yang tinggi tersebut. Apakah ini hanya teknik dagang dimana kisarannya tinggi tapi nanti pas launching ternyata jauh lebih rendah, saya tidak tahu (tapi berharap memang demikian!).
Cuma, kalaupun ternyata harga varian tertingginya lebih tinggi dari CRV 2.4 sementara CX-5 ini hanya bermesin 2.0, mungkin saya bisa memaklumi-nya. Kenapa?
1. Kalau bocoran fitur yang pernah tertulis di halaman-halaman sebelumnya di thread ini memang benar, menurut saya varian tertinggi tersebut mempunyai "value for money" yang sangat baik (dengan asumsi harganya masih masuk akal).
2. Menurut teman yang bekerja di industri otomotif, bea masuk kendaraan BU dari Jepang dengan cc 2000 berkisaran sekitar 20% dari harga FOB. Tentu ini akan membuat si CX-5 menjadi kalah saing dibandingkan dengan rivalnya CRV dan X-Trail yang sudah CKD di Indonesia dan tidak kena bea masuk 20% ini.
3. Situasi perekonomian dunia menyebabkan nilai tukar yen sangat kuat terhadap mata uang lainnya, termasuk dollar Amerika dan Rupiah. Hal ini menyebabkan barang apapun yang dibuat di Jepang untuk ekspor jatuhnya lebih mahal dari sudut pandang negara pembeli.
4. Apesnya lagi, terkait dengan no. 3 di atas, saya pernah baca lebih dari 70% produksi kendaraan Mazda untuk ekspor itu ada di Jepang, termasuk si CX-5 ini. Jadi dengan asumsi ongkos produksi kendaraan tetap sama dari tahun ke tahun, hanya gara-gara nilai tukar mata uang produk Mazda menjadi mahal.
5. Biasanya untuk menyiasati hal tersebut, produsen akan dengan rela hati meraup profit margin yang lebih sedikit dibandingkan kalau situasi normal, biar target volume penjualannya tercapai atau bahkan lebih. Malah ada yang sengaja jual rugi untuk 1 model, tapi menerapkan subsidi silang, dimana kerugian itu ditutup dari keuntungan besar yang didapat di model lainnya. Cuma, apes yang kedua, saya juga pernah baca bahwa Mazda Jepang itu selama beberapa tahun terakhir ini merugi terus menerus, bahkan sampai pada titik dimana dia menerbitkan rights issue atau saham baru agar bisa mendapatkan dana segar untuk membiayai kegiatan R&D, operasional dan lain sebagainya. Saya kalau jadi shareholdernya Mazda Jepang pasti menuntut agar, dalam situasi keuangan seperti ini, setiap model itu bikin profit dan tidak ada yang namanya subsidi silang.
Ini hasil analisa sederhana saya berdasarkan info-info yang didapat dari internet. Bukan maksud hati mau ngebelain si Mazda-nya, cuma kalau saya jadi si Mazda pasti saya akan berbuat hal yang sama. They're doing business, not charity...
But then again, pada akhirnya toh kita sebagai konsumen punya final say. Apa pedulinya kita terhadap operational management-nya Mazda, cash flow-nya Mazda, cara Mazda berbisnis dan lain sebagainya? Itu urusan mereka; salah sendiri kenapa mereka tidak mengantisipasi hal-hal di atas sehingga harus mengalami situasi seperti sekarang? Kita maunya barang mereka kualitas bagus, fitur lengkap, harga terjangkau dan didukung oleh aftersales yang bagus serta memiliki depresiasi yang rendah. Cuma ya, kalau demi memuaskan hasrat konsumen akan hal-hal tersebut membuat mereka merugi terus bangkrut, ya para pengguna Mazda juga akan rugi pada akhirnya...
Intinya, berapapun harga resmi-nya si CX-5 ini nanti, kalau masuk budget ya sikat, kalau nggak ya mundur teratur...
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
entah ya... dg harga cx5 yg kabarnya bersaing dg crv dan xtrail ... gw lebih prefer mitsu outlander sport yg juga mo launch thn ini dg harga "mulai dr" dibawah 300jt (*katanya)
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
iya... mending tungguin outlander sport deh... lihat gimana gebrakan mitsu ... mungkin ga keluar2 krn nungguin kepastian harga cx5 kali ya ... udah itu juga adem2 aja ga ada kabar ...evolution21 wrote:eits, masi 1 lg suv 2000cc yg blom nongol dari tiga berlian

MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
Iya makanya saya gak mau pake mobil gasoline, soalnya kebutuhan pekerjaan saya memerlukan suv yg besar dan torsi besar. Dan juga sekaligus mengangkut keluarga yg jumlahnya memerlukan suv 3 baris, dan juga maunya yg iritbodapa wrote:@bro htannis,
Terima kasih atas sharing pengalamannya, bro. Sedikit melenceng nih, memang torsi-nya mesin turbodiesel itu bikin ngiler, apalagi kalau mesin seperti itu ditaruh di mobil yang bobotnya lebih rendah. Plus, seperti pemahaman masyarakat pada umumnya bahwa mesin diesel itu jauh lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin...akan tetapi sayang seribu sayang, ketersediaan bahan bakar mesin diesel yang lebih baik dibandingkan dengan solar biasa (baca: Pertamina DEX) di kota-kota besar saja agak susah, apalagi di luar pulau Jawa dan Bali. Padahal sudah mulai geliat dari APM di Indonesia untuk memasarkan mesin turbodiesel commonrail yang sedikit banyak menuntut bahan bakar diesel dengan kualitas tinggi. Seandainya penyebaran bahan bakar diesel kualitas tinggi tersebut merata seperti layaknya Premium di seluruh Indonesia, bukan tidak mungkin semua APM di Indonesia meluncurkan varian diesel commonrail yang canggih, bertenaga besar nan irit...
Terus nambahin torsi yah, dulu juga saya pernah dyno livina, torsinya cuman ada di rpm 4000-6000, di luar itu flat di bawah, nah itu berasa juga kalau keluar kota ada tanjakan, di luar rpm segitu, mesinnya sama sekali gak ada tenaga. Jadi untuk keperluan sehari2 sepertinya kita lebih perlu torsi dibanding horsepower.
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 152
- Joined: Sun Apr 29, 2012 10:47
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
setuju banget bro! tdnya si gw semangat bgt sm cx5 ini, tapi, begitu si sales bilang yg standard aja 385, yg GT nya 340-345an?? wahh mulai redup semangat gw.. seandainya equal to crv 2.4 aja tanpa ragu lagi sih.. but back again, we'll see next week. kalo harga cocok ya ga pikir panjang langsung hajar, cm kalo udah 440-445, gw mundur pelan" dehh.. sambil menunggu outlander sport sama ford escape baru yg gosipnya lebi irit lagi drpd cx5.bodapa wrote:Bro marzoochi dan bro lee_iw,lee_iw wrote:bro, kalo ngmng begitu sama salesnya mreka pasti akan ngomong "pak, ini kan CBU Jepang" atau "Pak, mazda terbaru ini sudah Skyactiv dan tenaganya = dengan mobil 2400cc"marzoochi wrote:Kiat Mazda menggunakan teknologi SkyActiv untuk efisiensi bahan bakar dan optimalisasi tenaga.
dibanding menggunakan teknologi hybrid atau turbo yang mahal.
Tapi kenapa harga nya jadi mahal bener ya? mendekati 445jt.
hampir mirip dengan pajero sport dakar yang menggunakan turbo....
memang tidak apple to apple komparasi nya sekedar menggambarkan teknologi skyactiv mesin vs turbo VGT
Sebagai salah satu dari sekian orang yang menunggu kedatangan si CX-5 ini, terus terang saya juga kaget dengan kisaran harga yang tinggi tersebut. Apakah ini hanya teknik dagang dimana kisarannya tinggi tapi nanti pas launching ternyata jauh lebih rendah, saya tidak tahu (tapi berharap memang demikian!).
Cuma, kalaupun ternyata harga varian tertingginya lebih tinggi dari CRV 2.4 sementara CX-5 ini hanya bermesin 2.0, mungkin saya bisa memaklumi-nya. Kenapa?
1. Kalau bocoran fitur yang pernah tertulis di halaman-halaman sebelumnya di thread ini memang benar, menurut saya varian tertinggi tersebut mempunyai "value for money" yang sangat baik (dengan asumsi harganya masih masuk akal).
2. Menurut teman yang bekerja di industri otomotif, bea masuk kendaraan BU dari Jepang dengan cc 2000 berkisaran sekitar 20% dari harga FOB. Tentu ini akan membuat si CX-5 menjadi kalah saing dibandingkan dengan rivalnya CRV dan X-Trail yang sudah CKD di Indonesia dan tidak kena bea masuk 20% ini.
3. Situasi perekonomian dunia menyebabkan nilai tukar yen sangat kuat terhadap mata uang lainnya, termasuk dollar Amerika dan Rupiah. Hal ini menyebabkan barang apapun yang dibuat di Jepang untuk ekspor jatuhnya lebih mahal dari sudut pandang negara pembeli.
4. Apesnya lagi, terkait dengan no. 3 di atas, saya pernah baca lebih dari 70% produksi kendaraan Mazda untuk ekspor itu ada di Jepang, termasuk si CX-5 ini. Jadi dengan asumsi ongkos produksi kendaraan tetap sama dari tahun ke tahun, hanya gara-gara nilai tukar mata uang produk Mazda menjadi mahal.
5. Biasanya untuk menyiasati hal tersebut, produsen akan dengan rela hati meraup profit margin yang lebih sedikit dibandingkan kalau situasi normal, biar target volume penjualannya tercapai atau bahkan lebih. Malah ada yang sengaja jual rugi untuk 1 model, tapi menerapkan subsidi silang, dimana kerugian itu ditutup dari keuntungan besar yang didapat di model lainnya. Cuma, apes yang kedua, saya juga pernah baca bahwa Mazda Jepang itu selama beberapa tahun terakhir ini merugi terus menerus, bahkan sampai pada titik dimana dia menerbitkan rights issue atau saham baru agar bisa mendapatkan dana segar untuk membiayai kegiatan R&D, operasional dan lain sebagainya. Saya kalau jadi shareholdernya Mazda Jepang pasti menuntut agar, dalam situasi keuangan seperti ini, setiap model itu bikin profit dan tidak ada yang namanya subsidi silang.
Ini hasil analisa sederhana saya berdasarkan info-info yang didapat dari internet. Bukan maksud hati mau ngebelain si Mazda-nya, cuma kalau saya jadi si Mazda pasti saya akan berbuat hal yang sama. They're doing business, not charity...
But then again, pada akhirnya toh kita sebagai konsumen punya final say. Apa pedulinya kita terhadap operational management-nya Mazda, cash flow-nya Mazda, cara Mazda berbisnis dan lain sebagainya? Itu urusan mereka; salah sendiri kenapa mereka tidak mengantisipasi hal-hal di atas sehingga harus mengalami situasi seperti sekarang? Kita maunya barang mereka kualitas bagus, fitur lengkap, harga terjangkau dan didukung oleh aftersales yang bagus serta memiliki depresiasi yang rendah. Cuma ya, kalau demi memuaskan hasrat konsumen akan hal-hal tersebut membuat mereka merugi terus bangkrut, ya para pengguna Mazda juga akan rugi pada akhirnya...
Intinya, berapapun harga resmi-nya si CX-5 ini nanti, kalau masuk budget ya sikat, kalau nggak ya mundur teratur...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
Berarti kesimpulannya MMI harus CKD si CX-5 agar bisa lebih kompetitif di pasar indonesia.ato cuman jadi penggembira pasar saja
aplagi lawannya seperti CRV dan X-Trail semuanya juga sudah CKD dengan dimensi bodi dan cc mesin yang lebih besar
sementara CX-5 cuman mengunggulkan fitur2 dan CBU Jepun saja
Good luck CX-5
KTB juga akhirnya segera CKD Outlander Sport setelah sukses dengan PS nya yang menandai diresmikannya pabrik perakitan mobil penumpang baru nya awal taon ini
CMIIW..... bukannya MMI ga mo CKD si CX-5, tapi memang volume pasar Mazda di Indo masih di bawah 10 ribu unit dan mereka baru akan bangun pabrik jika volume pasarnya nya udah 30 ribu unit
Ngeliat perkiraan harga CX-5, juga jadi ngelirik Outlander Sport saja karena akhirnya KTB pasti masuk yang varian 2000 cc
exteriro OS memang ok tapi interior nya
jelas jauh dibanding si CX-5
............IMO
tapi kalo harga nya dibawah 300jt, so pasti Juke dan Tucson ketar ketir ni
dan pastinya lebih worthed deh
aplagi lawannya seperti CRV dan X-Trail semuanya juga sudah CKD dengan dimensi bodi dan cc mesin yang lebih besar
sementara CX-5 cuman mengunggulkan fitur2 dan CBU Jepun saja

Good luck CX-5

KTB juga akhirnya segera CKD Outlander Sport setelah sukses dengan PS nya yang menandai diresmikannya pabrik perakitan mobil penumpang baru nya awal taon ini


CMIIW..... bukannya MMI ga mo CKD si CX-5, tapi memang volume pasar Mazda di Indo masih di bawah 10 ribu unit dan mereka baru akan bangun pabrik jika volume pasarnya nya udah 30 ribu unit
Ngeliat perkiraan harga CX-5, juga jadi ngelirik Outlander Sport saja karena akhirnya KTB pasti masuk yang varian 2000 cc
exteriro OS memang ok tapi interior nya


tapi kalo harga nya dibawah 300jt, so pasti Juke dan Tucson ketar ketir ni
dan pastinya lebih worthed deh

ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
escape baru? .... mending sekalian tunggu ford ecoboost .. platform fiesta di jadiin crossoverlee_iw wrote: setuju banget bro! tdnya si gw semangat bgt sm cx5 ini, tapi, begitu si sales bilang yg standard aja 385, yg GT nya 340-345an?? wahh mulai redup semangat gw.. seandainya equal to crv 2.4 aja tanpa ragu lagi sih.. but back again, we'll see next week. kalo harga cocok ya ga pikir panjang langsung hajar, cm kalo udah 440-445, gw mundur pelan" dehh.. sambil menunggu outlander sport sama ford escape baru yg gosipnya lebi irit lagi drpd cx5.

mesin ecoboost cuma 1000cc tapi bisa hasilkan 120hp dan torque 170nm ... , ada versi ecoboost yg 1500cc juga ..
makin lama mesin2 eropa makin kecil2 ccnya dan andalin turbo/supercharge ato sejenisnya, .. spt vw tauran pakai mesin 1400cc u/ suv segede gitu ..
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
soal harga OS pasti dibawah PJS ... ya semoga aja type plg rendah (manual 5Speed) dibawah 300jtpcx wrote:Berarti kesimpulannya MMI harus CKD si CX-5 agar bisa lebih kompetitif di pasar indonesia.ato cuman jadi penggembira pasar saja
aplagi lawannya seperti CRV dan X-Trail semuanya juga sudah CKD dengan dimensi bodi dan cc mesin yang lebih besar
sementara CX-5 cuman mengunggulkan fitur2 dan CBU Jepun saja![]()
Good luck CX-5![]()
KTB juga akhirnya segera CKD Outlander Sport setelah sukses dengan PS nya yang menandai diresmikannya pabrik perakitan mobil penumpang baru nya awal taon ini![]()
![]()
CMIIW..... bukannya MMI ga mo CKD si CX-5, tapi memang volume pasar Mazda di Indo masih di bawah 10 ribu unit dan mereka baru akan bangun pabrik jika volume pasarnya nya udah 30 ribu unit
Ngeliat perkiraan harga CX-5, juga jadi ngelirik Outlander Sport saja karena akhirnya KTB pasti masuk yang varian 2000 cc
exteriro OS memang ok tapi interior nyajelas jauh dibanding si CX-5
............IMO
tapi kalo harga nya dibawah 300jt, so pasti Juke dan Tucson ketar ketir ni
dan pastinya lebih worthed deh
kalo bener bisa mulai dibawah 300 dan plg type top ga lebih dari 350jt (AT 6Speed Triptonic CVT) ... banyak banget yg di "cubit" kue-nya.
IMO .. yg mo beli CX-5 wajarnya sih tunggu OS .. test drive aja dulu keduanya baru pilih belakangan... dari pada sudah keburu beli nyesel bisa sakit hati

MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 152
- Joined: Sun Apr 29, 2012 10:47
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
loh, escape baru itu mesinnya ecoboost loh bro dan d claim lebih irit dr CX5. setau gw ecoboost itu mesin inovasinya si ford deh.. sama aja kalo d mazda skyactiv CMIIWmaxx wrote:escape baru? .... mending sekalian tunggu ford ecoboost .. platform fiesta di jadiin crossoverlee_iw wrote: setuju banget bro! tdnya si gw semangat bgt sm cx5 ini, tapi, begitu si sales bilang yg standard aja 385, yg GT nya 340-345an?? wahh mulai redup semangat gw.. seandainya equal to crv 2.4 aja tanpa ragu lagi sih.. but back again, we'll see next week. kalo harga cocok ya ga pikir panjang langsung hajar, cm kalo udah 440-445, gw mundur pelan" dehh.. sambil menunggu outlander sport sama ford escape baru yg gosipnya lebi irit lagi drpd cx5.
mesin ecoboost cuma 1000cc tapi bisa hasilkan 120hp dan torque 170nm ... , ada versi ecoboost yg 1500cc juga ..
makin lama mesin2 eropa makin kecil2 ccnya dan andalin turbo/supercharge ato sejenisnya, .. spt vw tauran pakai mesin 1400cc u/ suv segede gitu ..
cekidot deh http://www.ford.com/suvs/escape/ apa yg lo maksud sama kali ya yg ini?
emang bener bro.. teknologi makin canggih skrg, kaya VW golf mesin 1400cc TSI kuenceng dan irit!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 362
- Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
Klo model Escape yg di link tsb kyknya model utk US market doank deh, Escape utk Asian market beda lagi kan? CMIIWlee_iw wrote:loh, escape baru itu mesinnya ecoboost loh bro dan d claim lebih irit dr CX5. setau gw ecoboost itu mesin inovasinya si ford deh.. sama aja kalo d mazda skyactiv CMIIW
cekidot deh http://www.ford.com/suvs/escape/ apa yg lo maksud sama kali ya yg ini?
emang bener bro.. teknologi makin canggih skrg, kaya VW golf mesin 1400cc TSI kuenceng dan irit!
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
Maksud si maxx Ford EcoSport - bener Fiesta di tinggiin...tapi gak ada bagus2nya menurut ane, dan belon ada kabar mau masuk Indonesia.
Escape baru ini belon ada bau2nya juga kapan masuk Indonesia - pabriknya di Thailand....disana aja belon ada kabarnya.
Escape baru ini belon ada bau2nya juga kapan masuk Indonesia - pabriknya di Thailand....disana aja belon ada kabarnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 362
- Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
Ooo, ic2, klo gt ya realistis aje, nunggu OS, semoga varian tertinggi ga disunat fitur2nya..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
- Location: Jakarta, Indonesia
Re: [NEW] Official Mazda CX-5
Broer semua,
Cuma mau sharing artikel yang saya temukan di media online Indonesia:
http://autobildindonesia.com/read/2012/ ... -MAZDA-SUV
http://otomotif.kompas.com/read/2012/05 ... p.389.juta
http://otomotif.kompas.com/read/2012/05 ... active-nya
http://otomotif.kompas.com/read/2012/05 ... .Indonesia
Sesuai prediksi, varian tertingginya penuh dengan fitur-fitur yang sudah dibahas di halaman-halaman sebelumnya di thread ini. Tinggal harganya yah...semoga terjangkau
Selamat membaca...
Cuma mau sharing artikel yang saya temukan di media online Indonesia:
http://autobildindonesia.com/read/2012/ ... -MAZDA-SUV
http://otomotif.kompas.com/read/2012/05 ... p.389.juta
http://otomotif.kompas.com/read/2012/05 ... active-nya
http://otomotif.kompas.com/read/2012/05 ... .Indonesia
Sesuai prediksi, varian tertingginya penuh dengan fitur-fitur yang sudah dibahas di halaman-halaman sebelumnya di thread ini. Tinggal harganya yah...semoga terjangkau

Selamat membaca...