Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
fajarap wrote:Halo rekan2 sm,
Saya mau share pengalaman kuras atf di yaris cvt 2017 punya saya pemakaian 3thnan lbh, odo jalan 37k.
Awalnya bingung nyari dimana dan udh ubek2 forum sm cari di wilayah jabodetabek direkomen toda atau cakra, tp berhubung jauh bgt dan harga oliny lmyn mahal, jd ane olinya beli sndiri di tokped dan saya cari bengkel modal google dan cek reviewnya. oiya, Saya pk aisin cvt cfex yg meet sm spek yaris pk toyota fe ssuai buku manual.
Total kurleb 10L pk metode flushing manual. Overall enak bgt perpindahan transmisinya.
Mantabs om, saya pake juga cfex dan lbh enak dari bawaan.
Yarris bisa ya kuras cvt nya pake metode gerlong? Atau pake mesin.
Ia om, cfex aisin lbh enak dibnding bawaanny si atf yg fe.
Nah klo dari penjelasan di page depan, persis sama om, tp utk yg mesin 2nr fe cvt om, pk metode gerlong atau flush manual tp itu om nunggunya lumayan lama karena mesti isi tes buang sm bener2 bersih olinya om.
Om pk cfex utk mobil apa?
Org2 bengkel seringnya pk bawaan atpm om macem hcf, tmo cvt fe smp bingung ini oli apaan yg ane bawa hahahaa
fajarap wrote:Halo rekan2 sm,
Saya mau share pengalaman kuras atf di yaris cvt 2017 punya saya pemakaian 3thnan lbh, odo jalan 37k.
Awalnya bingung nyari dimana dan udh ubek2 forum sm cari di wilayah jabodetabek direkomen toda atau cakra, tp berhubung jauh bgt dan harga oliny lmyn mahal, jd ane olinya beli sndiri di tokped dan saya cari bengkel modal google dan cek reviewnya. oiya, Saya pk aisin cvt cfex yg meet sm spek yaris pk toyota fe ssuai buku manual.
Total kurleb 10L pk metode flushing manual. Overall enak bgt perpindahan transmisinya.
Mantabs om, saya pake juga cfex dan lbh enak dari bawaan.
Yarris bisa ya kuras cvt nya pake metode gerlong? Atau pake mesin.
Ia om, cfex aisin lbh enak dibnding bawaanny si atf yg fe.
Nah klo dari penjelasan di page depan, persis sama om, tp utk yg mesin 2nr fe cvt om, pk metode gerlong atau flush manual tp itu om nunggunya lumayan lama karena mesti isi tes buang sm bener2 bersih olinya om.
Om pk cfex utk mobil apa?
Org2 bengkel seringnya pk bawaan atpm om macem hcf, tmo cvt fe smp bingung ini oli apaan yg ane bawa hahahaa
indeskey wrote: ↑Sun Sep 27, 2020 4:27
Mantabs om, saya pake juga cfex dan lbh enak dari bawaan.
Yarris bisa ya kuras cvt nya pake metode gerlong? Atau pake mesin.
Ia om, cfex aisin lbh enak dibnding bawaanny si atf yg fe.
Nah klo dari penjelasan di page depan, persis sama om, tp utk yg mesin 2nr fe cvt om, pk metode gerlong atau flush manual tp itu om nunggunya lumayan lama karena mesti isi tes buang sm bener2 bersih olinya om.
Om pk cfex utk mobil apa?
Org2 bengkel seringnya pk bawaan atpm om macem hcf, tmo cvt fe smp bingung ini oli apaan yg ane bawa hahahaa
Iya om makin aman ya om dr pemalsuan, btw brti om pk atf changer ya gantinya? Abis berapa Liter om?spertinya banyak y om
saya manual om, drain dua kali saya. kalau mau aman ada di trit sebelah dishare ama suhu omnibus, kalau mau manual dan bener2 fresh bisa 4-5 kali drain and fill.
Ia om, cfex aisin lbh enak dibnding bawaanny si atf yg fe.
Nah klo dari penjelasan di page depan, persis sama om, tp utk yg mesin 2nr fe cvt om, pk metode gerlong atau flush manual tp itu om nunggunya lumayan lama karena mesti isi tes buang sm bener2 bersih olinya om.
Om pk cfex utk mobil apa?
Org2 bengkel seringnya pk bawaan atpm om macem hcf, tmo cvt fe smp bingung ini oli apaan yg ane bawa hahahaa
Iya om makin aman ya om dr pemalsuan, btw brti om pk atf changer ya gantinya? Abis berapa Liter om?spertinya banyak y om
Akhirnya kesampaian juga DIY gerlong di Serena C24. Sendirian aja, tanpa asisten.
Sayangnya, step mainin persneling gak bisa dilakukan krn ternyata ATF yg keluar pas mesin nyala deres banget. Gak brani ninggalin, takut luber.
Habis 10 liter. Eh, pas selesai baru kepikiran, kenapa tadi selangnya gak ditekuk ke atas trus keluarin lewat grill bemper? Kan lumayan bisa ngurangin deresnya ATF.
adityabp wrote:Akhirnya kesampaian juga DIY gerlong di Serena C24. Sendirian aja, tanpa asisten.
Sayangnya, step mainin persneling gak bisa dilakukan krn ternyata ATF yg keluar pas mesin nyala deres banget. Gak brani ninggalin, takut luber.
Habis 10 liter. Eh, pas selesai baru kepikiran, kenapa tadi selangnya gak ditekuk ke atas trus keluarin lewat grill bemper? Kan lumayan bisa ngurangin deresnya ATF.
justru step pindah2 tuas itu yg sgt penting
memang harus ada yg bantu liatin warna ATF yg keluar
adityabp wrote: ↑Sat Mar 20, 2021 10:32
Akhirnya kesampaian juga DIY gerlong di Serena C24. Sendirian aja, tanpa asisten.
Sayangnya, step mainin persneling gak bisa dilakukan krn ternyata ATF yg keluar pas mesin nyala deres banget. Gak brani ninggalin, takut luber.
Habis 10 liter. Eh, pas selesai baru kepikiran, kenapa tadi selangnya gak ditekuk ke atas trus keluarin lewat grill bemper? Kan lumayan bisa ngurangin deresnya ATF.
mbah... pompa oli transmisi itu tekanan tinggi, kalo ditekuk keatas trus lewatin grille, mau saingan sama air mancur monas?
adityabp wrote: ↑Sat Mar 20, 2021 10:32
Akhirnya kesampaian juga DIY gerlong di Serena C24. Sendirian aja, tanpa asisten.
Sayangnya, step mainin persneling gak bisa dilakukan krn ternyata ATF yg keluar pas mesin nyala deres banget. Gak brani ninggalin, takut luber.
Habis 10 liter. Eh, pas selesai baru kepikiran, kenapa tadi selangnya gak ditekuk ke atas trus keluarin lewat grill bemper? Kan lumayan bisa ngurangin deresnya ATF.
mbah... pompa oli transmisi itu tekanan tinggi, kalo ditekuk keatas trus lewatin grille, mau saingan sama air mancur monas?
Kan langsam om.
Kalo saya liat debitnya sih, dgn cara jalur selangnya diputar ke atas dulu bisa ngurangin debitnya.
adityabp wrote:Akhirnya kesampaian juga DIY gerlong di Serena C24. Sendirian aja, tanpa asisten.
Sayangnya, step mainin persneling gak bisa dilakukan krn ternyata ATF yg keluar pas mesin nyala deres banget. Gak brani ninggalin, takut luber.
Habis 10 liter. Eh, pas selesai baru kepikiran, kenapa tadi selangnya gak ditekuk ke atas trus keluarin lewat grill bemper? Kan lumayan bisa ngurangin deresnya ATF.
justru step pindah2 tuas itu yg sgt penting
memang harus ada yg bantu liatin warna ATF yg keluar
Iya sih. Cuma kalo tadi liat debitnya, kayaknya gak keburu juga mainin PRND21 bolak balik dgn jeda 1 detik. Keburu 4 liter dah keluar duluan.
suhu2 gerlong...
mohon petuahnya terkait matic n kuras2an.
mobil ane, pake transmisi 5eat, ada jedug kenceng kalo kondisi baru nyala/dingin. biasanya dari gigi 2-3 dan N-R/D. kalo dah panas smooth, normal,no selip.
blom lama ATF ane gerlong pake AFW+ di odo 110rb (11th), dan masih jedug. ane coba jajal lubegard platinum, jedugnya ilang...
anehnya, abis ane ganti coolant dari rasio 50:50 ke 70:30 (biar lebih adem maksudnya) eh malah jedug lagi. kondisi no bocor2 ya.
sebelumnya, ini mobil rawatan beres, ganti atf di odo 80rb (7th). meski kata manual book jepangnya harusnya per 40rb.
pertanyaannya:
1. suspect utamanya apa? apakah valve body/solenoid bisa jadi tersangka?
2. jika valve body mamvet, apakah worth/berisiko jika digerlong lagi dengan aditif flushing? -- possibly kero based macem enjin flush
3. apakah berisiko jika pakai ATF LV, macem aisin/dexron VI... maksudnya biar kalo dingin tekanannya gak ekstrim n bikin jedug.
4. kalo bongkar n cuci2 valve body biasanya biayanya berapa ya?
thanks before.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
racho wrote:suhu2 gerlong...
mohon petuahnya terkait matic n kuras2an.
mobil ane, pake transmisi 5eat, ada jedug kenceng kalo kondisi baru nyala/dingin. biasanya dari gigi 2-3 dan N-R/D. kalo dah panas smooth, normal,no selip.
blom lama ATF ane gerlong pake AFW+ di odo 110rb (11th), dan masih jedug. ane coba jajal lubegard platinum, jedugnya ilang...
anehnya, abis ane ganti coolant dari rasio 50:50 ke 70:30 (biar lebih adem maksudnya) eh malah jedug lagi. kondisi no bocor2 ya.
sebelumnya, ini mobil rawatan beres, ganti atf di odo 80rb (7th). meski kata manual book jepangnya harusnya per 40rb.
pertanyaannya:
1. suspect utamanya apa? apakah valve body/solenoid bisa jadi tersangka?
2. jika valve body mamvet, apakah worth/berisiko jika digerlong lagi dengan aditif flushing? -- possibly kero based macem enjin flush
3. apakah berisiko jika pakai ATF LV, macem aisin/dexron VI... maksudnya biar kalo dingin tekanannya gak ekstrim n bikin jedug.
4. kalo bongkar n cuci2 valve body biasanya biayanya berapa ya?
racho wrote: ↑Tue Mar 23, 2021 2:55
suhu2 gerlong...
mohon petuahnya terkait matic n kuras2an.
mobil ane, pake transmisi 5eat, ada jedug kenceng kalo kondisi baru nyala/dingin. biasanya dari gigi 2-3 dan N-R/D. kalo dah panas smooth, normal,no selip.
blom lama ATF ane gerlong pake AFW+ di odo 110rb (11th), dan masih jedug. ane coba jajal lubegard platinum, jedugnya ilang...
anehnya, abis ane ganti coolant dari rasio 50:50 ke 70:30 (biar lebih adem maksudnya) eh malah jedug lagi. kondisi no bocor2 ya.
sebelumnya, ini mobil rawatan beres, ganti atf di odo 80rb (7th). meski kata manual book jepangnya harusnya per 40rb.
pertanyaannya:
1. suspect utamanya apa? apakah valve body/solenoid bisa jadi tersangka?
2. jika valve body mamvet, apakah worth/berisiko jika digerlong lagi dengan aditif flushing? -- possibly kero based macem enjin flush
3. apakah berisiko jika pakai ATF LV, macem aisin/dexron VI... maksudnya biar kalo dingin tekanannya gak ekstrim n bikin jedug.
4. kalo bongkar n cuci2 valve body biasanya biayanya berapa ya?
thanks before.
Kendaraannya apa om? 5at berarti honda kah?
1. Bisa jadi solenoid body valve om
2. Kalo saya sih gak berani ambil risiko dengan flush kerosene based om, seal2nya bakal terpengaruh dan karakter aditif beserta zat2 viscosity improvernya yg udah diramu pabrikan oli atf mesti bakal terpengaruh banget
Dan selama ini sih hampir semua produsen mobil melarang/sangat tidak merekomendasikan pake aditif untuk ATFnya
3. Ketika kondisi sehat untuk 5speed saya prefer ATF LV sih, pengalaman saya sendiri pindah dari Z1 ke DW1 yg cst di suhu dinginnya selisih jauh, perpindahan gigi di pagi hari enakan DW1, lebih responsif (bisa lihat di foto yg saya lampir, atf dw1 honda di suhu 40 derajat relatif rendah timbang yg lain termasuk dibanding z1)
4. Gak bisa jawab om
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Turboman wrote: ↑Tue Mar 23, 2021 3:36
coba ganti filter ATF nya
nice and simple suggestion. will try.
never trust any lifetime claim
ariswp wrote: ↑Tue Mar 23, 2021 4:48
Kendaraannya apa om? 5at berarti honda kah?
1. Bisa jadi solenoid body valve om
2. Kalo saya sih gak berani ambil risiko dengan flush kerosene based om, seal2nya bakal terpengaruh dan karakter aditif beserta zat2 viscosity improvernya yg udah diramu pabrikan oli atf mesti bakal terpengaruh banget
Dan selama ini sih hampir semua produsen mobil melarang/sangat tidak merekomendasikan pake aditif untuk ATFnya
3. Ketika kondisi sehat untuk 5speed saya prefer ATF LV sih, pengalaman saya sendiri pindah dari Z1 ke DW1 yg cst di suhu dinginnya selisih jauh, perpindahan gigi di pagi hari enakan DW1, lebih responsif (bisa lihat di foto yg saya lampir, atf dw1 honda di suhu 40 derajat relatif rendah timbang yg lain termasuk dibanding z1)
4. Gak bisa jawab om
Subaru 5EAT om. aka Nissan/Jatco RE5R05A
ini yg dimaksud aditif kayak enjin flush sih, sekedar buat kumur2 abis itu gerlong.
tapi idenya buat sesat pake DW1 menarik nih...
kalo ternyata ga enak/selip ya anggap aja flushing oil mahal.
The Government wants Power! They rob it from our engines.