Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

fajarap
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue Jul 21, 2020 8:18
Location: Bekasi
Daily Vehicle: YARIS S TRD

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by fajarap »

indeskey wrote: Sun Sep 27, 2020 4:27
fajarap wrote:Halo rekan2 sm,
Saya mau share pengalaman kuras atf di yaris cvt 2017 punya saya pemakaian 3thnan lbh, odo jalan 37k.
Awalnya bingung nyari dimana dan udh ubek2 forum sm cari di wilayah jabodetabek direkomen toda atau cakra, tp berhubung jauh bgt dan harga oliny lmyn mahal, jd ane olinya beli sndiri di tokped dan saya cari bengkel modal google dan cek reviewnya. oiya, Saya pk aisin cvt cfex yg meet sm spek yaris pk toyota fe ssuai buku manual.
Total kurleb 10L pk metode flushing manual. Overall enak bgt perpindahan transmisinya.
Mantabs om, saya pake juga cfex dan lbh enak dari bawaan.

Yarris bisa ya kuras cvt nya pake metode gerlong? Atau pake mesin.
Ia om, cfex aisin lbh enak dibnding bawaanny si atf yg fe.

Nah klo dari penjelasan di page depan, persis sama om, tp utk yg mesin 2nr fe cvt om, pk metode gerlong atau flush manual tp itu om nunggunya lumayan lama karena mesti isi tes buang sm bener2 bersih olinya om.

Om pk cfex utk mobil apa?
Org2 bengkel seringnya pk bawaan atpm om macem hcf, tmo cvt fe smp bingung ini oli apaan yg ane bawa hahahaa
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by indeskey »

saya pake di mobil brv om, nggak bisa model gerlong

oli makin jarang makin aman dari pemalsuan. kita malah tenang.
fajarap wrote: Tue Sep 29, 2020 8:56
indeskey wrote: Sun Sep 27, 2020 4:27
fajarap wrote:Halo rekan2 sm,
Saya mau share pengalaman kuras atf di yaris cvt 2017 punya saya pemakaian 3thnan lbh, odo jalan 37k.
Awalnya bingung nyari dimana dan udh ubek2 forum sm cari di wilayah jabodetabek direkomen toda atau cakra, tp berhubung jauh bgt dan harga oliny lmyn mahal, jd ane olinya beli sndiri di tokped dan saya cari bengkel modal google dan cek reviewnya. oiya, Saya pk aisin cvt cfex yg meet sm spek yaris pk toyota fe ssuai buku manual.
Total kurleb 10L pk metode flushing manual. Overall enak bgt perpindahan transmisinya.
Mantabs om, saya pake juga cfex dan lbh enak dari bawaan.

Yarris bisa ya kuras cvt nya pake metode gerlong? Atau pake mesin.
Ia om, cfex aisin lbh enak dibnding bawaanny si atf yg fe.

Nah klo dari penjelasan di page depan, persis sama om, tp utk yg mesin 2nr fe cvt om, pk metode gerlong atau flush manual tp itu om nunggunya lumayan lama karena mesti isi tes buang sm bener2 bersih olinya om.

Om pk cfex utk mobil apa?
Org2 bengkel seringnya pk bawaan atpm om macem hcf, tmo cvt fe smp bingung ini oli apaan yg ane bawa hahahaa
fajarap
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue Jul 21, 2020 8:18
Location: Bekasi
Daily Vehicle: YARIS S TRD

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by fajarap »

indeskey wrote: Wed Sep 30, 2020 8:44 saya pake di mobil brv om, nggak bisa model gerlong

oli makin jarang makin aman dari pemalsuan. kita malah tenang.
fajarap wrote: Tue Sep 29, 2020 8:56
indeskey wrote: Sun Sep 27, 2020 4:27 Mantabs om, saya pake juga cfex dan lbh enak dari bawaan.

Yarris bisa ya kuras cvt nya pake metode gerlong? Atau pake mesin.
Ia om, cfex aisin lbh enak dibnding bawaanny si atf yg fe.

Nah klo dari penjelasan di page depan, persis sama om, tp utk yg mesin 2nr fe cvt om, pk metode gerlong atau flush manual tp itu om nunggunya lumayan lama karena mesti isi tes buang sm bener2 bersih olinya om.

Om pk cfex utk mobil apa?
Org2 bengkel seringnya pk bawaan atpm om macem hcf, tmo cvt fe smp bingung ini oli apaan yg ane bawa hahahaa
Iya om makin aman ya om dr pemalsuan, btw brti om pk atf changer ya gantinya? Abis berapa Liter om?spertinya banyak y om
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by indeskey »

saya manual om, drain dua kali saya. kalau mau aman ada di trit sebelah dishare ama suhu omnibus, kalau mau manual dan bener2 fresh bisa 4-5 kali drain and fill.
fajarap wrote: Wed Sep 30, 2020 11:42
indeskey wrote: Wed Sep 30, 2020 8:44 saya pake di mobil brv om, nggak bisa model gerlong

oli makin jarang makin aman dari pemalsuan. kita malah tenang.
fajarap wrote: Tue Sep 29, 2020 8:56

Ia om, cfex aisin lbh enak dibnding bawaanny si atf yg fe.

Nah klo dari penjelasan di page depan, persis sama om, tp utk yg mesin 2nr fe cvt om, pk metode gerlong atau flush manual tp itu om nunggunya lumayan lama karena mesti isi tes buang sm bener2 bersih olinya om.

Om pk cfex utk mobil apa?
Org2 bengkel seringnya pk bawaan atpm om macem hcf, tmo cvt fe smp bingung ini oli apaan yg ane bawa hahahaa
Iya om makin aman ya om dr pemalsuan, btw brti om pk atf changer ya gantinya? Abis berapa Liter om?spertinya banyak y om
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5903
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by sintoni »

Freed ini ada dipstick ATF ga ya? Apa bisa di gerlong?

Ini ada sodara minta bantuin flush ATFnya dia, kalau bisa gerlong ane mau DIY aja sih.

Belum pegang mobilnya jadi ga bisa liat ada dispticknya ga.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27283
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by DOHC »

sintoni wrote: Tue Mar 16, 2021 3:55 Freed ini ada dipstick ATF ga ya? Apa bisa di gerlong?

Ini ada sodara minta bantuin flush ATFnya dia, kalau bisa gerlong ane mau DIY aja sih.

Belum pegang mobilnya jadi ga bisa liat ada dispticknya ga.
Mustinya ad mbah

Ini metik nya mirip GE8 kan, di GE ad soalnya, plus ad selang atf ke radiator.. jd mustinya gampang pake banget buat gerlong
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5903
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by sintoni »

DOHC wrote: Tue Mar 16, 2021 4:29
sintoni wrote: Tue Mar 16, 2021 3:55 Freed ini ada dipstick ATF ga ya? Apa bisa di gerlong?

Ini ada sodara minta bantuin flush ATFnya dia, kalau bisa gerlong ane mau DIY aja sih.

Belum pegang mobilnya jadi ga bisa liat ada dispticknya ga.
Mustinya ad mbah

Ini metik nya mirip GE8 kan, di GE ad soalnya, plus ad selang atf ke radiator.. jd mustinya gampang pake banget buat gerlong
Oke mbah, selang ATF ke radiator akses dari bawah ya mbah?

Soalnya seinget ane enjin gay Prit sama Jes ini sempit banarrrr, jadi males harus masukin tangan ngerogoh ke bawah. Hahaha.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27283
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by DOHC »

sintoni wrote: Tue Mar 16, 2021 4:54
DOHC wrote: Tue Mar 16, 2021 4:29
sintoni wrote: Tue Mar 16, 2021 3:55 Freed ini ada dipstick ATF ga ya? Apa bisa di gerlong?

Ini ada sodara minta bantuin flush ATFnya dia, kalau bisa gerlong ane mau DIY aja sih.

Belum pegang mobilnya jadi ga bisa liat ada dispticknya ga.
Mustinya ad mbah

Ini metik nya mirip GE8 kan, di GE ad soalnya, plus ad selang atf ke radiator.. jd mustinya gampang pake banget buat gerlong
Oke mbah, selang ATF ke radiator akses dari bawah ya mbah?

Soalnya seinget ane enjin gay Prit sama Jes ini sempit banarrrr, jadi males harus masukin tangan ngerogoh ke bawah. Hahaha.
Selang atf akses nya dr kolong aj mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5903
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by sintoni »

DOHC wrote: Tue Mar 16, 2021 5:28
sintoni wrote: Tue Mar 16, 2021 4:54
DOHC wrote: Tue Mar 16, 2021 4:29

Mustinya ad mbah

Ini metik nya mirip GE8 kan, di GE ad soalnya, plus ad selang atf ke radiator.. jd mustinya gampang pake banget buat gerlong
Oke mbah, selang ATF ke radiator akses dari bawah ya mbah?

Soalnya seinget ane enjin gay Prit sama Jes ini sempit banarrrr, jadi males harus masukin tangan ngerogoh ke bawah. Hahaha.
Selang atf akses nya dr kolong aj mbah
Makasih mbah. Tipe ATFnya apa ya ini mbah? Perlu berapa liter ya mbah?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27283
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by DOHC »

sintoni wrote: Tue Mar 16, 2021 5:31
DOHC wrote: Tue Mar 16, 2021 5:28
sintoni wrote: Tue Mar 16, 2021 4:54

Oke mbah, selang ATF ke radiator akses dari bawah ya mbah?

Soalnya seinget ane enjin gay Prit sama Jes ini sempit banarrrr, jadi males harus masukin tangan ngerogoh ke bawah. Hahaha.
Selang atf akses nya dr kolong aj mbah
Makasih mbah. Tipe ATFnya apa ya ini mbah? Perlu berapa liter ya mbah?
Kl ga sala honda Z1, mustinya banyak seh yg comply ke ini matic 5 speed

Kl drain n fill dl kira2 3.7 liter.. siapin aj 5 literan mbah buat gerlong
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5903
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by sintoni »

DOHC wrote: Tue Mar 16, 2021 5:44
Kl ga sala honda Z1, mustinya banyak seh yg comply ke ini matic 5 speed

Kl drain n fill dl kira2 3.7 liter.. siapin aj 5 literan mbah buat gerlong
Makasih mbah DGO...
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by adityabp »

Akhirnya kesampaian juga DIY gerlong di Serena C24. Sendirian aja, tanpa asisten.
Sayangnya, step mainin persneling gak bisa dilakukan krn ternyata ATF yg keluar pas mesin nyala deres banget. Gak brani ninggalin, takut luber. :big_biglaugh:
Habis 10 liter. Eh, pas selesai baru kepikiran, kenapa tadi selangnya gak ditekuk ke atas trus keluarin lewat grill bemper? Kan lumayan bisa ngurangin deresnya ATF. :big_slap:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

adityabp wrote:Akhirnya kesampaian juga DIY gerlong di Serena C24. Sendirian aja, tanpa asisten.
Sayangnya, step mainin persneling gak bisa dilakukan krn ternyata ATF yg keluar pas mesin nyala deres banget. Gak brani ninggalin, takut luber. :big_biglaugh:
Habis 10 liter. Eh, pas selesai baru kepikiran, kenapa tadi selangnya gak ditekuk ke atas trus keluarin lewat grill bemper? Kan lumayan bisa ngurangin deresnya ATF. :big_slap:
justru step pindah2 tuas itu yg sgt penting

memang harus ada yg bantu liatin warna ATF yg keluar
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5903
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by sintoni »

Bagusan sih selangnya disambung lg, terus ujungnya pas di samping pintu driver. Hahahaha.

Di buku manual kapasitasnya berapa liter om?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11586
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by marmut »

adityabp wrote: Sat Mar 20, 2021 10:32 Akhirnya kesampaian juga DIY gerlong di Serena C24. Sendirian aja, tanpa asisten.
Sayangnya, step mainin persneling gak bisa dilakukan krn ternyata ATF yg keluar pas mesin nyala deres banget. Gak brani ninggalin, takut luber. :big_biglaugh:
Habis 10 liter. Eh, pas selesai baru kepikiran, kenapa tadi selangnya gak ditekuk ke atas trus keluarin lewat grill bemper? Kan lumayan bisa ngurangin deresnya ATF. :big_slap:

mbah... pompa oli transmisi itu tekanan tinggi, kalo ditekuk keatas trus lewatin grille, mau saingan sama air mancur monas?
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by adityabp »

sintoni wrote: Sat Mar 20, 2021 11:14 Bagusan sih selangnya disambung lg, terus ujungnya pas di samping pintu driver. Hahahaha.

Di buku manual kapasitasnya berapa liter om?
Eh, bener juga sih. Thx om.
:big_deal:
Di buku manual gak disebut om. Cuma info dari komunitas, kalo kuras total sekitar 8 liter.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by adityabp »

marmut wrote: Sat Mar 20, 2021 11:45
adityabp wrote: Sat Mar 20, 2021 10:32 Akhirnya kesampaian juga DIY gerlong di Serena C24. Sendirian aja, tanpa asisten.
Sayangnya, step mainin persneling gak bisa dilakukan krn ternyata ATF yg keluar pas mesin nyala deres banget. Gak brani ninggalin, takut luber. :big_biglaugh:
Habis 10 liter. Eh, pas selesai baru kepikiran, kenapa tadi selangnya gak ditekuk ke atas trus keluarin lewat grill bemper? Kan lumayan bisa ngurangin deresnya ATF. :big_slap:

mbah... pompa oli transmisi itu tekanan tinggi, kalo ditekuk keatas trus lewatin grille, mau saingan sama air mancur monas?
Kan langsam om.
Kalo saya liat debitnya sih, dgn cara jalur selangnya diputar ke atas dulu bisa ngurangin debitnya.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by adityabp »

Turboman wrote: Sat Mar 20, 2021 11:01
adityabp wrote:Akhirnya kesampaian juga DIY gerlong di Serena C24. Sendirian aja, tanpa asisten.
Sayangnya, step mainin persneling gak bisa dilakukan krn ternyata ATF yg keluar pas mesin nyala deres banget. Gak brani ninggalin, takut luber. :big_biglaugh:
Habis 10 liter. Eh, pas selesai baru kepikiran, kenapa tadi selangnya gak ditekuk ke atas trus keluarin lewat grill bemper? Kan lumayan bisa ngurangin deresnya ATF. :big_slap:
justru step pindah2 tuas itu yg sgt penting

memang harus ada yg bantu liatin warna ATF yg keluar
Iya sih. Cuma kalo tadi liat debitnya, kayaknya gak keburu juga mainin PRND21 bolak balik dgn jeda 1 detik. Keburu 4 liter dah keluar duluan. :big_dunno:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5903
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by sintoni »

adityabp wrote: Sat Mar 20, 2021 13:45
sintoni wrote: Sat Mar 20, 2021 11:14 Bagusan sih selangnya disambung lg, terus ujungnya pas di samping pintu driver. Hahahaha.

Di buku manual kapasitasnya berapa liter om?
Eh, bener juga sih. Thx om.
:big_deal:
Di buku manual gak disebut om. Cuma info dari komunitas, kalo kuras total sekitar 8 liter.
Kalau ane kemaren gerlong malah ga sampe yg sesuai di buku.

Ada ane post jg beberapa page di belakang.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

May kuras Gerlong ke bengkel2 yg paham :
- Rajawali ban - Pluit
- Singit speed - dekat Gad Serp & Karawaci

Mekanik2 nya paham dalam membantu kita utk proses Gerlong

tetap kita yg pindah3 tuas saat flushing
* Bukan ajakan Beli *
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by racho »

suhu2 gerlong...
mohon petuahnya terkait matic n kuras2an.

mobil ane, pake transmisi 5eat, ada jedug kenceng kalo kondisi baru nyala/dingin. biasanya dari gigi 2-3 dan N-R/D. kalo dah panas smooth, normal,no selip.

blom lama ATF ane gerlong pake AFW+ di odo 110rb (11th), dan masih jedug. ane coba jajal lubegard platinum, jedugnya ilang...
anehnya, abis ane ganti coolant dari rasio 50:50 ke 70:30 (biar lebih adem maksudnya) eh malah jedug lagi. kondisi no bocor2 ya.
sebelumnya, ini mobil rawatan beres, ganti atf di odo 80rb (7th). meski kata manual book jepangnya harusnya per 40rb.

pertanyaannya:
1. suspect utamanya apa? apakah valve body/solenoid bisa jadi tersangka?
2. jika valve body mamvet, apakah worth/berisiko jika digerlong lagi dengan aditif flushing? -- possibly kero based macem enjin flush
3. apakah berisiko jika pakai ATF LV, macem aisin/dexron VI... maksudnya biar kalo dingin tekanannya gak ekstrim n bikin jedug.
4. kalo bongkar n cuci2 valve body biasanya biayanya berapa ya?

thanks before.
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by Turboman »

racho wrote:suhu2 gerlong...
mohon petuahnya terkait matic n kuras2an.

mobil ane, pake transmisi 5eat, ada jedug kenceng kalo kondisi baru nyala/dingin. biasanya dari gigi 2-3 dan N-R/D. kalo dah panas smooth, normal,no selip.

blom lama ATF ane gerlong pake AFW+ di odo 110rb (11th), dan masih jedug. ane coba jajal lubegard platinum, jedugnya ilang...
anehnya, abis ane ganti coolant dari rasio 50:50 ke 70:30 (biar lebih adem maksudnya) eh malah jedug lagi. kondisi no bocor2 ya.
sebelumnya, ini mobil rawatan beres, ganti atf di odo 80rb (7th). meski kata manual book jepangnya harusnya per 40rb.

pertanyaannya:
1. suspect utamanya apa? apakah valve body/solenoid bisa jadi tersangka?
2. jika valve body mamvet, apakah worth/berisiko jika digerlong lagi dengan aditif flushing? -- possibly kero based macem enjin flush
3. apakah berisiko jika pakai ATF LV, macem aisin/dexron VI... maksudnya biar kalo dingin tekanannya gak ekstrim n bikin jedug.
4. kalo bongkar n cuci2 valve body biasanya biayanya berapa ya?

thanks before.
coba ganti filter ATF nya
* Bukan ajakan Beli *
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 589
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by ariswp »

racho wrote: Tue Mar 23, 2021 2:55 suhu2 gerlong...
mohon petuahnya terkait matic n kuras2an.

mobil ane, pake transmisi 5eat, ada jedug kenceng kalo kondisi baru nyala/dingin. biasanya dari gigi 2-3 dan N-R/D. kalo dah panas smooth, normal,no selip.

blom lama ATF ane gerlong pake AFW+ di odo 110rb (11th), dan masih jedug. ane coba jajal lubegard platinum, jedugnya ilang...
anehnya, abis ane ganti coolant dari rasio 50:50 ke 70:30 (biar lebih adem maksudnya) eh malah jedug lagi. kondisi no bocor2 ya.
sebelumnya, ini mobil rawatan beres, ganti atf di odo 80rb (7th). meski kata manual book jepangnya harusnya per 40rb.

pertanyaannya:
1. suspect utamanya apa? apakah valve body/solenoid bisa jadi tersangka?
2. jika valve body mamvet, apakah worth/berisiko jika digerlong lagi dengan aditif flushing? -- possibly kero based macem enjin flush
3. apakah berisiko jika pakai ATF LV, macem aisin/dexron VI... maksudnya biar kalo dingin tekanannya gak ekstrim n bikin jedug.
4. kalo bongkar n cuci2 valve body biasanya biayanya berapa ya?

thanks before.
Kendaraannya apa om? 5at berarti honda kah?
1. Bisa jadi solenoid body valve om
2. Kalo saya sih gak berani ambil risiko dengan flush kerosene based om, seal2nya bakal terpengaruh dan karakter aditif beserta zat2 viscosity improvernya yg udah diramu pabrikan oli atf mesti bakal terpengaruh banget
Dan selama ini sih hampir semua produsen mobil melarang/sangat tidak merekomendasikan pake aditif untuk ATFnya
3. Ketika kondisi sehat untuk 5speed saya prefer ATF LV sih, pengalaman saya sendiri pindah dari Z1 ke DW1 yg cst di suhu dinginnya selisih jauh, perpindahan gigi di pagi hari enakan DW1, lebih responsif (bisa lihat di foto yg saya lampir, atf dw1 honda di suhu 40 derajat relatif rendah timbang yg lain termasuk dibanding z1)
4. Gak bisa jawab om :big_childish:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by racho »

Turboman wrote: Tue Mar 23, 2021 3:36 coba ganti filter ATF nya
nice and simple suggestion. will try.
never trust any lifetime claim :mky_01:
ariswp wrote: Tue Mar 23, 2021 4:48 Kendaraannya apa om? 5at berarti honda kah?
1. Bisa jadi solenoid body valve om
2. Kalo saya sih gak berani ambil risiko dengan flush kerosene based om, seal2nya bakal terpengaruh dan karakter aditif beserta zat2 viscosity improvernya yg udah diramu pabrikan oli atf mesti bakal terpengaruh banget
Dan selama ini sih hampir semua produsen mobil melarang/sangat tidak merekomendasikan pake aditif untuk ATFnya
3. Ketika kondisi sehat untuk 5speed saya prefer ATF LV sih, pengalaman saya sendiri pindah dari Z1 ke DW1 yg cst di suhu dinginnya selisih jauh, perpindahan gigi di pagi hari enakan DW1, lebih responsif (bisa lihat di foto yg saya lampir, atf dw1 honda di suhu 40 derajat relatif rendah timbang yg lain termasuk dibanding z1)
4. Gak bisa jawab om :big_childish:
Subaru 5EAT om. aka Nissan/Jatco RE5R05A
ini yg dimaksud aditif kayak enjin flush sih, sekedar buat kumur2 abis itu gerlong.
tapi idenya buat sesat pake DW1 menarik nih...

kalo ternyata ga enak/selip ya anggap aja flushing oil mahal.
:mky_05:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
kikko
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 16, 2017 11:54
Location: java
Daily Vehicle: daihatsu

Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing

Post by kikko »

suhu tolong tanya :
kl gerlong di mazda cx5 gimana, secara ga ada pipa/selang jalur oli metic yg ke radiator