1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sat Dec 06, 2025 3:27
saya jajannya sih hampir semua udah. radiator udah, kaki kaki udah, seal klep udah....

wah klo mobil begini klo mau orian pabrik beli yang ex tangan pertama sih dan kerawat mobilnya tapi harga pasti 100 up...

E36 masalahnya enak banget dibuat bahan. klo dah pindah dari tangan ke 2 ke tangan sekian sekian... ya repot.

mesin M52 sih nggak banyak trobel, dramanya E36 itu ga sebanyak E46 tapi E36 punya penyakit namanya : body keropos..... contoh shock tower belakang jebol itu udah penyakit umum.

dan lebih ribet benerinnya dibanding elektrikal di E46.

udah BMW mah kadang kawenya juga lebih awet daripada pake orinya. yang penting radiatorcap pake 140 dan termostat housing ganti alu udah nggak akan kenapa napa mesinnya. masalah radiator itu karena engineer BMW entah gimana suka pake cap 200 kpa. akibatnya mau release tekanan ngumpul di tangki ekspansi atau selang jadi bochorrrr
kalo sampe beli si bakalan pake inspektor si ngeceknya saya juga nyarinya min pelek musti ori dulu :big_think:

nah rencana pelan2x juga mau saya modif terutama kaki2x sama exhaust sama remnya :big_think:

keropos nih kudu bener2x diliat ya kalo gak bahaya dijual lagi juga susah :big_bored:

radiator paling ganti alumunium aja kali ya pake altech juga murah :big_think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17171
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

b0ku wrote: Sat Dec 06, 2025 4:23

kalo sampe beli si bakalan pake inspektor si ngeceknya saya juga nyarinya min pelek musti ori dulu :big_think:

nah rencana pelan2x juga mau saya modif terutama kaki2x sama exhaust sama remnya :big_think:

keropos nih kudu bener2x diliat ya kalo gak bahaya dijual lagi juga susah :big_bored:

radiator paling ganti alumunium aja kali ya pake altech juga murah :big_think:
asal inspektornya paham BMW ya, soalnya banyak cerita inspektor ga tau BMW ngasal :mky_07: mending bawa bengkel resmi saya mah atau ke anugrah kemaren baca sendiri di threads ada inspektor ngaku ga paham mesin dan katanya dari PT yang lumayan gede. jadi nggak percaya inspektor2an sekarang.

E36 gampang lah partnya banyak modif modifnya juga banyak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sat Dec 06, 2025 4:35 asal inspektornya paham BMW ya, soalnya banyak cerita inspektor ga tau BMW ngasal :mky_07: mending bawa bengkel resmi saya mah atau ke anugrah kemaren baca sendiri di threads ada inspektor ngaku ga paham mesin dan katanya dari PT yang lumayan gede. jadi nggak percaya inspektor2an sekarang.

E36 gampang lah partnya banyak modif modifnya juga banyak.
kalo ud ngomongin kropos si wajib diangkat om masalah emang E36 itu pendek kolongnya susah diliat :big_think:

inspektor juga cuma buat refrensi aja si ujung2xnya juga saya cek sendiri lagi :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by b0ku »

Image

kalo di e39 cakep ni om :mky_03:

cuma harganya gila banget buat single din :big_bored:
Devourer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Mon Jun 25, 2018 6:57

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Devourer »

b0ku wrote: Sat Dec 06, 2025 6:18
ChZ wrote: Sat Dec 06, 2025 4:35 asal inspektornya paham BMW ya, soalnya banyak cerita inspektor ga tau BMW ngasal :mky_07: mending bawa bengkel resmi saya mah atau ke anugrah kemaren baca sendiri di threads ada inspektor ngaku ga paham mesin dan katanya dari PT yang lumayan gede. jadi nggak percaya inspektor2an sekarang.

E36 gampang lah partnya banyak modif modifnya juga banyak.
kalo ud ngomongin kropos si wajib diangkat om masalah emang E36 itu pendek kolongnya susah diliat :big_think:

inspektor juga cuma buat refrensi aja si ujung2xnya juga saya cek sendiri lagi :big_biglaugh:
Ini kejadian sm ane pas ambil e36
waktu itu uda liat sekali sekilas oke terus sbelum DP mau janjian angkat kolong skalian cek bareng bawa inspektor
eh tau2 ane kena covid wkwkw. Akhirnya pasrahin aja ke inspektor dengan catatan cek bener2 ya gaada kropos

Dapet laporan aman kropos bebas tabrak, lgsg aj deh dp. Beberapa minggu habis ane recover udah ga sabar ambil mobilnya
lgsg lah ane lunasin bawa pulang.

Habis beberapa hari, ane lg random cek2 kolong eh kaget ketemu kropos di bagian depan fender kanan padahal ketara banget.
Ya lesson learned nya klo sama inspector tetep cek sendiri jg, untung nya kropos ga sampe ke footwell bagian pedal gas.

Beresin itu sama bongkar interior 1 mobil buat pastiin gaada keropos kena DC 3 jtan di Fins garage.
Untung aj unit yg di dapet cuma keropos disitu sisanya terutama yg rentan (aki belakang, strut tower depan blkg aman semua)
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by b0ku »

Devourer wrote: Fri Dec 12, 2025 4:07 Ini kejadian sm ane pas ambil e36
waktu itu uda liat sekali sekilas oke terus sbelum DP mau janjian angkat kolong skalian cek bareng bawa inspektor
eh tau2 ane kena covid wkwkw. Akhirnya pasrahin aja ke inspektor dengan catatan cek bener2 ya gaada kropos

Dapet laporan aman kropos bebas tabrak, lgsg aj deh dp. Beberapa minggu habis ane recover udah ga sabar ambil mobilnya
lgsg lah ane lunasin bawa pulang.

Habis beberapa hari, ane lg random cek2 kolong eh kaget ketemu kropos di bagian depan fender kanan padahal ketara banget.
Ya lesson learned nya klo sama inspector tetep cek sendiri jg, untung nya kropos ga sampe ke footwell bagian pedal gas.

Beresin itu sama bongkar interior 1 mobil buat pastiin gaada keropos kena DC 3 jtan di Fins garage.
Untung aj unit yg di dapet cuma keropos disitu sisanya terutama yg rentan (aki belakang, strut tower depan blkg aman semua)
nah itu om saya ngecek si detail cuma gak ada salahnya ada pihak ke 3 bantu ngecekin juga takut ada yang kelewat, ini si nemu spesialis inspeksi BMW tua cuma ya kayak bawa montir :mky_03:

yang penting jgn lakban kropos sama interior rapi cukup lah kalo kaki2x mesin radiator malah mau di modifikasi rencananya :mky_03:
Devourer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Mon Jun 25, 2018 6:57

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Devourer »

b0ku wrote: Fri Dec 12, 2025 5:50
Devourer wrote: Fri Dec 12, 2025 4:07 Ini kejadian sm ane pas ambil e36
waktu itu uda liat sekali sekilas oke terus sbelum DP mau janjian angkat kolong skalian cek bareng bawa inspektor
eh tau2 ane kena covid wkwkw. Akhirnya pasrahin aja ke inspektor dengan catatan cek bener2 ya gaada kropos

Dapet laporan aman kropos bebas tabrak, lgsg aj deh dp. Beberapa minggu habis ane recover udah ga sabar ambil mobilnya
lgsg lah ane lunasin bawa pulang.

Habis beberapa hari, ane lg random cek2 kolong eh kaget ketemu kropos di bagian depan fender kanan padahal ketara banget.
Ya lesson learned nya klo sama inspector tetep cek sendiri jg, untung nya kropos ga sampe ke footwell bagian pedal gas.

Beresin itu sama bongkar interior 1 mobil buat pastiin gaada keropos kena DC 3 jtan di Fins garage.
Untung aj unit yg di dapet cuma keropos disitu sisanya terutama yg rentan (aki belakang, strut tower depan blkg aman semua)
nah itu om saya ngecek si detail cuma gak ada salahnya ada pihak ke 3 bantu ngecekin juga takut ada yang kelewat, ini si nemu spesialis inspeksi BMW tua cuma ya kayak bawa montir :mky_03:

yang penting jgn lakban kropos sama interior rapi cukup lah kalo kaki2x mesin radiator malah mau di modifikasi rencananya :mky_03:
kaki2 rasanya wajib dimodif biar enak, sy pernah nyoba yg udh pake per eibach+ bilstein jauh lbh enak timbang dl mbl sy standaran. Radiator jg kmrn sy pas dapet lgsg ganti soalnya ada retak tipis di bagian radiator yg buat sambungan selang.

Sayang kmrn udh dijual krn sempet di LN lama, skrg mau cari lagi blm ktmu yg bagus
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17171
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Devourer wrote: Sat Dec 13, 2025 4:25
kaki2 rasanya wajib dimodif biar enak, sy pernah nyoba yg udh pake per eibach+ bilstein jauh lbh enak timbang dl mbl sy standaran. Radiator jg kmrn sy pas dapet lgsg ganti soalnya ada retak tipis di bagian radiator yg buat sambungan selang.

Sayang kmrn udh dijual krn sempet di LN lama, skrg mau cari lagi blm ktmu yg bagus
radiator sih dapet langsung turunin semua aja ganti se thermostat housing dan tutup radiator turunin ke 140, visco juga ganti dijamin 1000% aman dari overheat.

E39 saya pake eibach item sama bilstein item juga, jatohnya di E39 agak keras. tapi handlingnya dapet malah lebih pas soalnya suspensi standar terlalu lembut dan tinggi juga sih :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by b0ku »

Devourer wrote: Sat Dec 13, 2025 4:25
kaki2 rasanya wajib dimodif biar enak, sy pernah nyoba yg udh pake per eibach+ bilstein jauh lbh enak timbang dl mbl sy standaran. Radiator jg kmrn sy pas dapet lgsg ganti soalnya ada retak tipis di bagian radiator yg buat sambungan selang.

Sayang kmrn udh dijual krn sempet di LN lama, skrg mau cari lagi blm ktmu yg bagus
kebetulan si saya ngincer M52 kalo M52 waterpump bawaannya plastik katanya cuma banyak kw aftermarket yang besi ganti itu aja, radiator si mahal juga ya mobil laen pake altech paling 2-4jt ini 5jt sendiri barang kagak ada pula mendingan koyorad sekalian :big_bored:

saya mau pake alumunium aja, nah visco juga ntar liat aja tergantung pas ganti termo sama selang juga pasti saya ganti

yang bakalan banyak kena si kaki2x bakalan saya rombak mounting juga pake hardrace sama nyari2x ternyata dudukan gardan juga ada versi rigidnya plus dudukan kopel :mky_03:

kalo suspensi rencana Bilstein oem pernya kalo shock pake B6 :big_think:

pelek oem ring 16 cuma ganti 205 bannya :big_think:

dipikir2x sih seru juga GE8 ud mau kelar malah nyari penyakit baru :big_biglaugh: