Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ilhami wrote: Fri Aug 01, 2025 7:46
1 MW selama beberapa menit untuk charging mobil listrik, terdengar wah.
KRL commuter line menggunakan 4 MW. paralel puluhan kereta jalan semua.
supercapacitor 1 MW ternyata sudah umum.
Fungsinya mirip,
Energy storage juga.
Cuma cara kerjanya beda:
- capacitor untuk short power burst aja, biasa dipakai di bbrp perangkat eletronik untuk stabilin tegangan x arus yg lemah dan dalam jangka waktu pendek
- batre untuk provide energy yg lbh sustain dan dalam jangka lbh panjang
Capacitor lbh common, krn dipakai juga buat kontes audio kan, selain di perangkat daya tinggi sound amplifier.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami wrote: Fri Aug 01, 2025 7:46
1 MW selama beberapa menit untuk charging mobil listrik, terdengar wah.
KRL commuter line menggunakan 4 MW. paralel puluhan kereta jalan semua.
supercapacitor 1 MW ternyata sudah umum.
hypercapacitor sih kalo udah MW.
jeleknya dia ga bisa storage lama2 dibanding upcoming solid-state/alkaline-metal battery sekalipun
ilhami wrote: Fri Aug 01, 2025 7:46
1 MW selama beberapa menit untuk charging mobil listrik, terdengar wah.
KRL commuter line menggunakan 4 MW. paralel puluhan kereta jalan semua.
supercapacitor 1 MW ternyata sudah umum.
Fungsinya mirip,
Energy storage juga.
Cuma cara kerjanya beda:
- capacitor untuk short power burst aja, biasa dipakai di bbrp perangkat eletronik untuk stabilin tegangan x arus yg lemah dan dalam jangka waktu pendek
- batre untuk provide energy yg lbh sustain dan dalam jangka lbh panjang
Capacitor lbh common, krn dipakai juga buat kontes audio kan, selain di perangkat daya tinggi sound amplifier.
yes setuju makanya, indycar pake ini tech dibanding Lithium battery. plus lebih aman karena gak gampang meleduk ama thermal runaway
Suryaputra wrote: Mon Sep 02, 2024 11:41
Nah ini mbah..
Pernah belajar.
Product Practicality itu "salah satu" Faktor dalam sebuah produk gadget atau sejenisnya, bisa memenangkan market.
4P + customer review.
Kenapa apple dan android bisa win the market? ya krn:
- produknya praktis; dr kirim sms, sampai internet, gps, dan nonton film hampir semua bisa
- harga sesuai dgn capability
- charging jauhh lbh cepat dibanding nokia or blackberry sekalipun
Klo someday ada bev yg ngisinya bs secepat mobil bbm.
Nah siap2 aja kegeser tuh mobil bensin.
Kawan saya dpt cop, dia pilih bev, ribett katanya.
Tiap minggu hrs nongkrong di spklu hampir sejam buat ngecharge doang (itu jg gak antri, cb klo makin banyak bev, yg ada malah naik gojek ke ktr)
Dia krn ngontrak, jd gak bs instalasi MCB terpisah.
Fitur banyak tp repot refill energynya
That's what if.
Segala macam teori bisnis ya balik lg ke product
masalahnya charging cepet resoucesnya darimana???? mau di rumah bisa charging 5menit kelar di tempat laen belom tentu bisa karena saya kebetulan punya temen dagang genset sama alat berat ketika saya tanya genset buat 200.000watt dimana dipakai buat supercharger 30menit kata dia segede kontener 20feet.........
jadi mau sampe kapanpun gak akan praktis karena batre itu cuma bisa nyimpan bukan generate yang generate alat laen kecuali EVnya bukan EV batre..........
yup, betul.
Baterai itu adalah Wadah penyimpan energi, bukan sumber energi.
jadi tetap unsur practicality-nya yang menjadi tantangan.
saya kok malah merasa EV itu cuma solusi "antara" ke sumber energi lain di masa depan. entah apa itu.entah hydrogen, entah nuklir, entah yg lainnya.
mungkin lebih ke one-off solution but not the solution.
bet on hydrogen sih cman storage saat ini susah ama govt support setengah2, nuclear mau claimed fusion energy is clean blabla, still geopoliticnya sulit karena raw materialnya masih radioaktiv things. yah paleng gampang sih synhetic liquified fuel is the best both world, gampang distorage, gaperlu ganti banyak2 infrastrukture
ilhami wrote: Fri Aug 01, 2025 7:46
1 MW selama beberapa menit untuk charging mobil listrik, terdengar wah.
KRL commuter line menggunakan 4 MW. paralel puluhan kereta jalan semua.
supercapacitor 1 MW ternyata sudah umum.
KRL gak pake batre..
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Suryaputra wrote: Mon Sep 02, 2024 11:41
Nah ini mbah..
Pernah belajar.
Product Practicality itu "salah satu" Faktor dalam sebuah produk gadget atau sejenisnya, bisa memenangkan market.
4P + customer review.
Kenapa apple dan android bisa win the market? ya krn:
- produknya praktis; dr kirim sms, sampai internet, gps, dan nonton film hampir semua bisa
- harga sesuai dgn capability
- charging jauhh lbh cepat dibanding nokia or blackberry sekalipun
Klo someday ada bev yg ngisinya bs secepat mobil bbm.
Nah siap2 aja kegeser tuh mobil bensin.
Kawan saya dpt cop, dia pilih bev, ribett katanya.
Tiap minggu hrs nongkrong di spklu hampir sejam buat ngecharge doang (itu jg gak antri, cb klo makin banyak bev, yg ada malah naik gojek ke ktr)
Dia krn ngontrak, jd gak bs instalasi MCB terpisah.
Fitur banyak tp repot refill energynya
That's what if.
Segala macam teori bisnis ya balik lg ke product
masalahnya charging cepet resoucesnya darimana???? mau di rumah bisa charging 5menit kelar di tempat laen belom tentu bisa karena saya kebetulan punya temen dagang genset sama alat berat ketika saya tanya genset buat 200.000watt dimana dipakai buat supercharger 30menit kata dia segede kontener 20feet.........
jadi mau sampe kapanpun gak akan praktis karena batre itu cuma bisa nyimpan bukan generate yang generate alat laen kecuali EVnya bukan EV batre..........
yup, betul.
Baterai itu adalah Wadah penyimpan energi, bukan sumber energi.
jadi tetap unsur practicality-nya yang menjadi tantangan.
saya kok malah merasa EV itu cuma solusi "antara" ke sumber energi lain di masa depan. entah apa itu.entah hydrogen, entah nuklir, entah yg lainnya.
btw agak belok sedikit. skg yg mulai naik pamor untuk transum khususnya d eropa malah trolleybus. ada batre sih kecil aja buat emergency. ga kebayang ya klo bus batre segede apa. makan tempat dan waktu pengisian jg intinya masih ada minus d kepraktisan
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT