Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Niatnya sih pengen punya tools utk bisa ganti oli sendiri minimal.
Butuhnya apa aja ya?
Skrg cuma punya kunci2 standar warisan engkong. Kayak kunci pas.
kl cuma ganti oli tools yg diperlukan cuma dikit kok,
1. Ratchet
Beli yg ukuran square drive 3/8 inch (jangan yg 1/2 inch). lalu panjang stang cari yg medium length, kira2 25cm, spy ngelepas bautnya ga terlalu pake otot. kl pake yg pendek itu susah. merk bagus banyak, contoh Tone RH3FH. Yg ini pala nya bisa gelenk2 jd memudahkan juga.
2. Mata socket
Beli satuan aja sesuai ukuran drain plug. ukuran umum mobil nihon biasanya 14mm atau 17mm. Merk bebas, samain aja sama ratchetnya kl mau. Yg penting ukuran square drive nya sama2 3/8 inch. jangan beli yg murahan kl ga mau kepala bautnya slek. murah tp bagus jg ada, tanya mbah marmut tuh ybs spesialis nyoba2.
3. Cup wrench utk filter oli.
Gugel aja oil filter cup wrench. Kl ada yg nyaranin yg lain selain cup wrench pura2 budeg/buta aja ga usah digubris. so far sy belum nemu yg lbh convenient drpd pakai cup wrench. Merk ktc udah ga ada obat. Beli satuan sesuai ukuran filter oli yg dipake. Honda 63mm atau 64mm. Toyota 74mm. Ini ktc pakai square drive 3/8 inch jd ratchet dan torque wrench bisa langsung masuk.
4. Torque wrench
Beli yg square drive 3/8 inch juga. Yg paling versatile utk urusan mesin itu Tohnichi QL50N atau QL50N-MH. Kl tergoda yg lain dan kecewa ya salah sendiri, sy udah kasih tau yg terbaik.
5. Dongkrak buaya
Beli merk kebanggaan mbah delko yaitu tekiro. Ada banyak model jangan salah beli, pilih yg body ceper pake double pump. harga ada yg jual 1.4an barusan ngecek.
6. Jack stand
Wajib beli kl ga mau urusan ganti oli jd musibah. Merk bebas, sy pake merk American Tools. Beli 2 pcs dulu cukup buat kiri kanan.
7. Ember baskom buat nampung oli bekas.
8. Corong buat nuang oli baru ke mesin.
Sisanya alat safety spt sarung tangan latex dan safety glasses spy kotoran ga masuk mata, optional.
Selamat berbelanja dan ditunggu postingan foto in action nya. JPL (jgn pake lama).
*tambahan: kunci pas warisan engkong simpen aja. jangan ganti oli pake kunci pas, salah tools namanya.
Terima kasih banyak. Lengkap banget berikut dgn rekomendasinya.
nggak berdosa.
tp akan segera terkena kutukan mbah tugel kalo nggak ada bukti foto² lengkap.
biar menghindari kutukan, izin post bukti foto action di rumah tapi kebetulan lagi belum perlu ganti busi lagi, waktu ganti oli dan filter aja ya
untuk melepas filter oli yg kayaknya dipasang oleh pe-sumo yg di hire oleh beres, maka kolaborasi Tekiro 1/2", extension, dan mangkok filter Haston murmer size avanza diperlukan. ini beres pasang filter oli kenceng banget
IMG_7343.jpeg
Untuk pasang filter oli baru, ya butuh bala bantuan tohnici dgn kekuatan secukupnya 12 N.m. Oh ya pasang drain plug 17mm dgn torsi 41.7 N.m juga pakai alat yg sama.
IMG_7347.jpeg
IMG_7348.jpeg
keren..... drain plug sampe 41.7 Nm ya.... aerio 50 Nm lebih kalau ga salah, cuman ngeri aja, aku turunin kasih 25 Nm aja
filter oli yang aku masih belum pede puter pakai tangan kosong aja.... alhasil kasih 15 Nm. sepertinya masih terlalu keras
nggak berdosa.
tp akan segera terkena kutukan mbah tugel kalo nggak ada bukti foto² lengkap.
biar menghindari kutukan, izin post bukti foto action di rumah tapi kebetulan lagi belum perlu ganti busi lagi, waktu ganti oli dan filter aja ya
untuk melepas filter oli yg kayaknya dipasang oleh pe-sumo yg di hire oleh beres, maka kolaborasi Tekiro 1/2", extension, dan mangkok filter Haston murmer size avanza diperlukan. ini beres pasang filter oli kenceng banget
IMG_7343.jpeg
Untuk pasang filter oli baru, ya butuh bala bantuan tohnici dgn kekuatan secukupnya 12 N.m. Oh ya pasang drain plug 17mm dgn torsi 41.7 N.m juga pakai alat yg sama.
IMG_7347.jpeg
IMG_7348.jpeg
mbah
nganuu...
mobil nya ud subaru, torque wrench ud tohnichi
masa trelek nya nihon palsu si tekiro
kesian atuh , tu mobil malem2 d gerasi bsa nangis , ternodai ama tu nippon palsu
marmut wrote: ↑Mon Sep 09, 2024 6:34
mata sok buat drain plug toyota pake 14mm, honda 17mm.
merk apa? JTC sudah murmer banget. beli yg 6pt. yg lebih murah dr itu, saya nggak berani rekomen.
Sementara sih pengennya buat ganti oli aja dulu. Entah di kemudian hari kalo keracunan. Pengen ganti oli dgn cara yg "baik dan benar" yaitu dgn ditorsi gitu
Mobilnya sih cuma mobil all new rush. Ada jg mobilio punya mertua mungkin kalo mau dijadiin kelinci percobaan DIY
Oh ya. Kalo kunci torsi gitu apakah bisa menggunakan mata sok merk lain? Maap niubi blm pernah pake kunci torsi.
tuh, dijawap langsung sama guru besar suhu dosen akang
Omnibus
saya remah² kripik cuman mau nambahin aja, beli baskom plastik persegi kapasitas 10 liter kaya gini,
Screenshot_20240909_002747.jpg
kenapa kok gede banget? biar ga bleberan kemana² gampang nampung pas baut drain dibuka.
ratchet, saran saya sebagai kerehore mending beli yg mahal sekalian spt yg dibilang mahaguru. kalo isi dompet cekak, ya udah beli breaker bar aja yg kaya gini, harga sekitar 70rb.
20240702_111751.jpg
20240702_111934.jpg
mata sok buat drain plug toyota pake 14mm, honda 17mm.
merk apa? JTC sudah murmer banget. beli yg 6pt. yg lebih murah dr itu, saya nggak berani rekomen.
perbedaan kunci sok 6pt dan 12pt 2.PNG
cup wrench rushter avania dgn honda sama ukurannya, jd bisa beli 1 cup wrench saja yg mahal sekalian biar nggak nyesel kemudian.
torq wrench itu bisa dipasangin mata sok berapa saja sesuai kebutuhan, sama spt ratchet handle dan breaker bar.
untuk dongkrak buaya alangkah baiknya beli. tapi misal dana mepet, pakai saja dongkrak apa saja kecuali dongkrak botol dan wajip pakai jack stand.
1 lagi, crush washer almunium atau tembaga. yg almunium cuman 300 perak per piece, tembaga sekitar 3ribuan kalo nggak salah.
nah baskom setuju banget, aku dulu pakai botol bekas oli buat nampung, karena lantai cuman semen kasar, seringnya pas narik keluar kolong itu oli terguncang dan spill ke lantai, ribet abis waktu ngebersihinnya....
akhirnya beli lion star kalau ga salah model mirip begini :
gede banget memang ntah berapa liter, cuman enaknya satu wadah bisa dipakai bersamaan drain plug dan filter oli karena lebar.
Terus aku tambahin kawat ayam / tanaman yang model segiempat 1cm x 1cm di atasnya.
Jadi kalau pas "kecelakaan" drain plug jatuh ga perlu kobok2 oli bekas lagi, karena kesangkut di atas kawatnya.
Atau pas filter oli di spin dan ga sengaja anjlok ke tampungan oli, ga sampe oli di tampungan muncrat ke badan/wajah
cuman ga enaknya waktu nuang oli bekas ke wadah aja karena lebar, tapi pas narik keluar aman karena dia luas jadi level olinya rendah....
dan proses cuci wadahnya sebelum disimpan juga kadang bikin males
itu 50nm lebih susuki pake kepala baut brp mbah? kl hondu 39nm pala 17 msh no problemo, yg ngeri yota 39nm juga tp pala 14. ini yota kadang kl inget sy kurangin ke 30nm. kl tetep pake 39nm itu washer beneran crushed dan ngelepasnya susah, nempel di oil pan.
filter mah std kita org pake 12nm aja, itu jg kl dibandingin sm cuma pake tangan tok msh muter 50-60° lagi. pernah di 14nm tp pas ngebukanya di next gantol terlalu keras jd kita pake 12nm aja sweet spot ukuran diameter apapun samain.
Omnibus wrote: ↑Mon Sep 09, 2024 10:43
itu 50nm lebih susuki pake kepala baut brp mbah? kl hondu 39nm pala 17 msh no problemo, yg ngeri yota 39nm juga tp pala 14. ini yota kadang kl inget sy kurangin ke 30nm. kl tetep pake 39nm itu washer beneran crushed dan ngelepasnya susah, nempel di oil pan.
filter mah std kita org pake 12nm aja, itu jg kl dibandingin sm cuma pake tangan tok msh muter 50-60° lagi. pernah di 14nm tp pas ngebukanya di next gantol terlalu keras jd kita pake 12nm aja sweet spot ukuran diameter apapun samain.
susuki pake kunci 14 tapi crush washer pake M14 sama kaya honda.
itu 50nm lebih susuki pake kepala baut brp mbah? kl hondu 39nm pala 17 msh no problemo, yg ngeri yota 39nm juga tp pala 14. ini yota kadang kl inget sy kurangin ke 30nm. kl tetep pake 39nm itu washer beneran crushed dan ngelepasnya susah, nempel di oil pan.
filter mah std kita org pake 12nm aja, itu jg kl dibandingin sm cuma pake tangan tok msh muter 50-60° lagi. pernah di 14nm tp pas ngebukanya di next gantol terlalu keras jd kita pake 12nm aja sweet spot ukuran diameter apapun samain.
OOT Mbah
Lepasin washer crushed yg udah nempel bgt di oil pan gimana ya? Terakhir kali ganti oli itu susah banget copotinnya mau saya coba congkel pakai obeng min juga ga bisa, akhirnya saya ga ganti dulu crush washernya
itu 50nm lebih susuki pake kepala baut brp mbah? kl hondu 39nm pala 17 msh no problemo, yg ngeri yota 39nm juga tp pala 14. ini yota kadang kl inget sy kurangin ke 30nm. kl tetep pake 39nm itu washer beneran crushed dan ngelepasnya susah, nempel di oil pan.
filter mah std kita org pake 12nm aja, itu jg kl dibandingin sm cuma pake tangan tok msh muter 50-60° lagi. pernah di 14nm tp pas ngebukanya di next gantol terlalu keras jd kita pake 12nm aja sweet spot ukuran diameter apapun samain.
OOT Mbah
Lepasin washer crushed yg udah nempel bgt di oil pan gimana ya? Terakhir kali ganti oli itu susah banget copotinnya mau saya coba congkel pakai obeng min juga ga bisa, akhirnya saya ga ganti dulu crush washernya
sy pake pick, titik tusuknya dr samping bagian tengah washer. emang keras dan perlu beberapa kata makian.
pernah sekali waktu pake obeng min kebetulan ada di kolong, eh malah baret oil pan nya.