Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11385
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

VanzMatic wrote: Sun Dec 20, 2020 0:46
Suryaputra wrote:
tompy25 wrote: Sat Dec 19, 2020 12:38
Betul om...pabrikan memberikan kepada user banyak pilihan. Tinggal kita bs menilai mana oli yg bagus dan sesuai dgn kendaraan. Pastinya kl dkasih oli yg banyak gizinya pasti enak. Dan pastikan stiap gantol plus filter olinya. Dan aslinoliya :big_grin:
nahhh..
klo dah nyoba oli merk non-mainstream di luar bengkel resmi,
udh pasti gakmau balik lg pakai oli merk bengkel resmi :big_grin:

bisa dimulai dr merk spt PTT atau Aisin aja dulu,
setelah itu penasaran nyobain spt amsoil, Q8, mobil 1, dkk deh :big_peace:
Betul. Ini bukan masalah mobil murah atau mahal. Apanjah saya masuk kategori kaleng rombeng, tapi oli tetep pake Kendall GT1. Sekali ini pake topwan paket imbalan iklan topwan, weleh, buat nyalip aja kerasa beraat..

Kuda diesel pake Kendall D-XA, maknyuss tenan. Bumi langit ama Fastron Diesel, apalagi GTX, babak belur pake GTX mah..

Semua itu terbukti bersama dengan waktu. Apanjah 2010 dan Kuda Diesel 2002 kondisi mesin masih aluss, garing suaranya, itu ga bisa boong bagaimana kita sebagai user bener bener ngerawatnya.

Harga dan kualitas emang juga susah boong.. Selama itu original. Dan saya ya jadi males aja balik ke OEM Oil nya..
iyah, mobil murah dan mahal itu relatif, tergantung nanya ke siapa :upss:

tapi... yg pasti R&D nya kan sama sekali gak murah, dan mereka jg punya alasan based on data, knp nyantumin oli visco sekian yg harus dipakai.
hal ini lah yg banyak orang belum paham, pentingnya ngikutin visco oli sesuai rekomen manual book.

ada lagi banyak case, ketika udh pk oli encer, bilangnya suara mesin berisik, ya jelas berisik krn yg dipakai oli kelas super low-end dan dilabel merk genuine bengkel resmi :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Flymix
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Aug 10, 2020 10:52
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Flymix »

Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 16:13
Flymix wrote: Sat Dec 19, 2020 15:36
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 15:24

better ganti aja olinya.
maka dari itu, umur oli dihitung dr jarak tempuh atau waktu.

seiring waktu berjalan, setelah segel dibuka, kemampuan oli pasti berkurang krn proses oksidasi (walaupun jarang dipakai).

ditambah, jika seffer tsb stok lama, pastinya sudah termakan umur shelf life itu sendiri.

pakai aja PTT 0w30 API SP sbg gantinya.
Ud ambil q8 special d1 5w30 ikut rekomendasi agan kmren, rencna mau dganti blan 1 wkkwkw.. btw perlu ritual dorong oli kotor jg kah?
mantepp hahahah pk Q8 juga :big_peace:
klo sy pribadi seh pakai ritual dorong oli lama pakai oli murah.

tapi lbh mantep lg pake PTT flushing oil, running idle 10 - 15 menit, trus buang.

dan ganti filter oli baru, ganti washer drain (ring baut buangan oli) kemudian isi oli baru.
Wah perfecksionis bgt ampe ganti ring, tampungan 3.8 liter dorong pake oli brp liter gan
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11385
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Flymix wrote: Sun Dec 20, 2020 4:34
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 16:13
Flymix wrote: Sat Dec 19, 2020 15:36

Ud ambil q8 special d1 5w30 ikut rekomendasi agan kmren, rencna mau dganti blan 1 wkkwkw.. btw perlu ritual dorong oli kotor jg kah?
mantepp hahahah pk Q8 juga :big_peace:
klo sy pribadi seh pakai ritual dorong oli lama pakai oli murah.

tapi lbh mantep lg pake PTT flushing oil, running idle 10 - 15 menit, trus buang.

dan ganti filter oli baru, ganti washer drain (ring baut buangan oli) kemudian isi oli baru.
Wah perfecksionis bgt ampe ganti ring, tampungan 3.8 liter dorong pake oli brp liter gan
klo di honda.. washer drain nya dr bahan allu.
krn sbg seal juga.
dan klo dah dipakai 1 thn apalagi kena panas, rentan retak.

klo gak diganti khawatir rembes ajah.
harga jg gak seberapa sbetulnya.

klo saya kapasitas 3.6 liter,
dorong 1 liter cukup + sisa oli lama 400ml kurleb
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Flymix
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Aug 10, 2020 10:52
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Flymix »

Suryaputra wrote: Sun Dec 20, 2020 4:44
Flymix wrote: Sun Dec 20, 2020 4:34
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 16:13

mantepp hahahah pk Q8 juga :big_peace:
klo sy pribadi seh pakai ritual dorong oli lama pakai oli murah.

tapi lbh mantep lg pake PTT flushing oil, running idle 10 - 15 menit, trus buang.

dan ganti filter oli baru, ganti washer drain (ring baut buangan oli) kemudian isi oli baru.
Wah perfecksionis bgt ampe ganti ring, tampungan 3.8 liter dorong pake oli brp liter gan
klo di honda.. washer drain nya dr bahan allu.
krn sbg seal juga.
dan klo dah dipakai 1 thn apalagi kena panas, rentan retak.

klo gak diganti khawatir rembes ajah.
harga jg gak seberapa sbetulnya.

klo saya kapasitas 3.6 liter,
dorong 1 liter cukup + sisa oli lama 400ml kurleb
ok siap btw coolant radiator sbenarnya perlu dikuras jg gak ya
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11385
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Flymix wrote: Sun Dec 20, 2020 4:48
Suryaputra wrote: Sun Dec 20, 2020 4:44
Flymix wrote: Sun Dec 20, 2020 4:34

Wah perfecksionis bgt ampe ganti ring, tampungan 3.8 liter dorong pake oli brp liter gan
klo di honda.. washer drain nya dr bahan allu.
krn sbg seal juga.
dan klo dah dipakai 1 thn apalagi kena panas, rentan retak.

klo gak diganti khawatir rembes ajah.
harga jg gak seberapa sbetulnya.

klo saya kapasitas 3.6 liter,
dorong 1 liter cukup + sisa oli lama 400ml kurleb
ok siap btw coolant radiator sbenarnya perlu dikuras jg gak ya
coolant sy hanya drain tiap tahun,
pakai denso warna biru cukup banget buat daily.

cukup buka baut bawah radiator dan hanya kuras tabung reservoir aja.

yg ptg ganti coolant tiap 1-2 thn agar coolant relatif fresh terus.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
freeza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by freeza »

Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 23:16
freeza wrote: Sat Dec 19, 2020 18:55
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 6:16
itu di manual book kode atf nya apa?
WS atau T-IV ?

Kalau di manual sigra pakai D3SP, kalau di calya T-IV, dari baru udah ganti pakai AMS SS MV atf yg comply D3 dan T-IV





never use engine flush, om bro.

karena engine flush mengandung kerosene atau cairan yg beresiko ngerusak seal mesin.
Jadi lebih aman bilas pakai oli murah aja ya ?, di beres DAI tiap ganti oli dimasukin engine flush, merk abal² lagi
dorong pk oli murah ini cara yg plg simpel ala suhu turbo.
jujur awalnya saya agak skeptis :big_peace:

tapi sy coba dan lihat sendiri, walaupun sudah dipakai selama bbrp hari, warna oli baru di dipstick tetap fresh emang.

beda jika gak pakai cara dorong oli lama, walau oli baru & baru jalanin mesin bbrp jam aja, oli barunya udah mulai butek (krn nyampur dgn ampas oli lama).

klo rajin ganti oli tiap 5-6 bulan mungkin perlu gak perlu yah.
cuma klo buat long drain, cara spt ini Ok banget dan ekonomis.

jika kapasitas oil pan besar, tuangnya up to 2 liter.
1. buang oli lama.
2. tutup oil pan
3. tuang oli mesran atau shell murah
4. buka lagi oil pan nya.
ntar yg keluar oli lama yg dah item deh

baru proses ganti filter dan tuang oli baru.


Biasanya kalau saya pas di beres ganti oli yg murah², biar garansi berlaku aja, keluar beres langsung ganti lagi pakai oli yg bagusan.

Kalau untuk D3/T-IV bisa rekomen merk apa om biar gak lemot ?, coolant bagus juga minta rekomen dong, katanya bisa ngurangin knocking juga ya karena mesin tidak begitu panas
Flymix
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Aug 10, 2020 10:52
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Flymix »

Suryaputra wrote: Sun Dec 20, 2020 4:51
Flymix wrote: Sun Dec 20, 2020 4:48
Suryaputra wrote: Sun Dec 20, 2020 4:44

klo di honda.. washer drain nya dr bahan allu.
krn sbg seal juga.
dan klo dah dipakai 1 thn apalagi kena panas, rentan retak.

klo gak diganti khawatir rembes ajah.
harga jg gak seberapa sbetulnya.

klo saya kapasitas 3.6 liter,
dorong 1 liter cukup + sisa oli lama 400ml kurleb
ok siap btw coolant radiator sbenarnya perlu dikuras jg gak ya
coolant sy hanya drain tiap tahun,
pakai denso warna biru cukup banget buat daily.

cukup buka baut bawah radiator dan hanya kuras tabung reservoir aja.

yg ptg ganti coolant tiap 1-2 thn agar coolant relatif fresh terus.
nyampur merek coolant lain tdak msalah ya gan, krna skrng pake coolant suzuki 50:50
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11385
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Flymix wrote: Sun Dec 20, 2020 5:02
Suryaputra wrote: Sun Dec 20, 2020 4:51
Flymix wrote: Sun Dec 20, 2020 4:48

ok siap btw coolant radiator sbenarnya perlu dikuras jg gak ya
coolant sy hanya drain tiap tahun,
pakai denso warna biru cukup banget buat daily.

cukup buka baut bawah radiator dan hanya kuras tabung reservoir aja.

yg ptg ganti coolant tiap 1-2 thn agar coolant relatif fresh terus.
nyampur merek coolant lain tdak msalah ya gan, krna skrng pake coolant suzuki 50:50

freeza wrote: Sun Dec 20, 2020 5:00
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 23:16
freeza wrote: Sat Dec 19, 2020 18:55

Jadi lebih aman bilas pakai oli murah aja ya ?, di beres DAI tiap ganti oli dimasukin engine flush, merk abal² lagi
dorong pk oli murah ini cara yg plg simpel ala suhu turbo.
jujur awalnya saya agak skeptis :big_peace:

tapi sy coba dan lihat sendiri, walaupun sudah dipakai selama bbrp hari, warna oli baru di dipstick tetap fresh emang.

beda jika gak pakai cara dorong oli lama, walau oli baru & baru jalanin mesin bbrp jam aja, oli barunya udah mulai butek (krn nyampur dgn ampas oli lama).

klo rajin ganti oli tiap 5-6 bulan mungkin perlu gak perlu yah.
cuma klo buat long drain, cara spt ini Ok banget dan ekonomis.

jika kapasitas oil pan besar, tuangnya up to 2 liter.
1. buang oli lama.
2. tutup oil pan
3. tuang oli mesran atau shell murah
4. buka lagi oil pan nya.
ntar yg keluar oli lama yg dah item deh

baru proses ganti filter dan tuang oli baru.


Biasanya kalau saya pas di beres ganti oli yg murah², biar garansi berlaku aja, keluar beres langsung ganti lagi pakai oli yg bagusan.

Kalau untuk D3/T-IV bisa rekomen merk apa om biar gak lemot ?, coolant bagus juga minta rekomen dong, katanya bisa ngurangin knocking juga ya karena mesin tidak begitu panas
D3 atau T-IV,
- Aisin AFW+
- PTT ATF 1A

coolant sy selalu pakai Denso biru.
Drain tiap tahun.
so far Ok.

dia udh ada komposisi campuran nya sendiri,
klo gak salah 70 30.
jd saya jg gak pusing ngukur2.

70 30 mnrt bbrp sumber lbh cepat menghantar panas,
dibanding 50 50 yg lbh pas untuk anti freeze (lingkungan salju).

Radiator itu lbh design radiatornya itu sendiri.
Namun, klo mau coba coolant amsoil ya sama sekali gak ada salahnya jg. :big_peace:
Last edited by Suryaputra on Sun Dec 20, 2020 11:15, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

freeza wrote: Sun Dec 20, 2020 5:00
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 23:16
freeza wrote: Sat Dec 19, 2020 18:55

Jadi lebih aman bilas pakai oli murah aja ya ?, di beres DAI tiap ganti oli dimasukin engine flush, merk abal² lagi
dorong pk oli murah ini cara yg plg simpel ala suhu turbo.
jujur awalnya saya agak skeptis :big_peace:

tapi sy coba dan lihat sendiri, walaupun sudah dipakai selama bbrp hari, warna oli baru di dipstick tetap fresh emang.

beda jika gak pakai cara dorong oli lama, walau oli baru & baru jalanin mesin bbrp jam aja, oli barunya udah mulai butek (krn nyampur dgn ampas oli lama).

klo rajin ganti oli tiap 5-6 bulan mungkin perlu gak perlu yah.
cuma klo buat long drain, cara spt ini Ok banget dan ekonomis.

jika kapasitas oil pan besar, tuangnya up to 2 liter.
1. buang oli lama.
2. tutup oil pan
3. tuang oli mesran atau shell murah
4. buka lagi oil pan nya.
ntar yg keluar oli lama yg dah item deh

baru proses ganti filter dan tuang oli baru.


Biasanya kalau saya pas di beres ganti oli yg murah², biar garansi berlaku aja, keluar beres langsung ganti lagi pakai oli yg bagusan.

Kalau untuk D3/T-IV bisa rekomen merk apa om biar gak lemot ?, coolant bagus juga minta rekomen dong, katanya bisa ngurangin knocking juga ya karena mesin tidak begitu panas
izin ikut nyumbang saraannnn buat subes2 dimarii....


ATF T4 yg enteng bisa pake PTT 1A aja om...

coolant bisa pake PTT super coolant or coolant toyota aja (TMO) di beres toyota segalon 4L harga 150k

valvoline RTU juga boleh tuh hybrid OAT jg kyk TMO... harga mirip2 TMO juga...

dibilas air bersih dulu ya (aquadest) sebelum tuang coolant baru...
gaspol resing tim
tompy25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Mon Jan 13, 2020 0:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by tompy25 »

erwinign wrote: Sun Dec 20, 2020 2:33
tompy25 wrote: Sat Dec 19, 2020 12:38
erwinign wrote: Sat Dec 19, 2020 7:58

Sebenernya tinggal 2 pilihan sih om ipo3nk, sayang sama mobilnya apa enggak. Dan jgn kepaku sama kata orang2 ato pemahaman biasanya soal pikiran mobil murah dikasih oli murahan juga, krn development mesin gimanapun mau mobil semurah apapun tetep dr material itu kl saya bilang menyesuaikan jaman terkini unt masalah efisiensi dan kehalusan. Mobil murah dikasih oli murah = for the sake of profit aja dah itu kl diluaran. Kl udah tau selahnya bisa nemu oli bagus harga murah dan ASLI.

Patokan standar ya = ikutin buku panduan kaya om rendr bilang, itupun kl ownernya ada kemauan buat ubek2 buku panduan unt memahami karakter mesin mobil ybs. Krn di lapangan ya pd ogah buka buku panduan dan cm simpen di rumah, cuma ngandelinnya kata si ini kata si itu yg seringkali nggak berdasar kaya dr buku panduan.

Percaya deh om, kalo udah bs dapet oli merk aneh yg asli dan beneran oli sih sekelas LCGC pun feelnya bisa enak banget
Betul om...pabrikan memberikan kepada user banyak pilihan. Tinggal kita bs menilai mana oli yg bagus dan sesuai dgn kendaraan. Pastinya kl dkasih oli yg banyak gizinya pasti enak. Dan pastikan stiap gantol plus filter olinya. Dan aslinoliya :big_grin:
Kadang kl ngejelasin gini sih suka tanggepannya "penting asal gelinding oli baru" abis berapa waktu ngomel2 kalo tarikannya berat tp tetep aja ngeyel om wkwkwkwk
Itu betul om...smalem sy tengokin apanzah 2008 mertua. Odo tinggi sdh sy tes 3X gantol PTT 0W20 API SN+ Pdhl blm di service. Ntuh mobil trasa enteng dan halus toel dikit lngsng wushhhh....ehh pas diservice trasa tarikan rada berat. Pas sy tanya skrng pake oli apa.....nyatanya abis dtuang SHELL ULTRA 5W30.......sy bilang..hmmmmm pantes rasa mobil boyo n berat lg..... :wkkk:
freeza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by freeza »

Suryaputra wrote: Sun Dec 20, 2020 9:16
Flymix wrote: Sun Dec 20, 2020 5:02
Suryaputra wrote: Sun Dec 20, 2020 4:51

coolant sy hanya drain tiap tahun,
pakai denso warna biru cukup banget buat daily.

cukup buka baut bawah radiator dan hanya kuras tabung reservoir aja.

yg ptg ganti coolant tiap 1-2 thn agar coolant relatif fresh terus.
nyampur merek coolant lain tdak msalah ya gan, krna skrng pake coolant suzuki 50:50

freeza wrote: Sun Dec 20, 2020 5:00
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 23:16

dorong pk oli murah ini cara yg plg simpel ala suhu turbo.
jujur awalnya saya agak skeptis :big_peace:

tapi sy coba dan lihat sendiri, walaupun sudah dipakai selama bbrp hari, warna oli baru di dipstick tetap fresh emang.

beda jika gak pakai cara dorong oli lama, walau oli baru & baru jalanin mesin bbrp jam aja, oli barunya udah mulai butek (krn nyampur dgn ampas oli lama).

klo rajin ganti oli tiap 5-6 bulan mungkin perlu gak perlu yah.
cuma klo buat long drain, cara spt ini Ok banget dan ekonomis.

jika kapasitas oil pan besar, tuangnya up to 2 liter.
1. buang oli lama.
2. tutup oil pan
3. tuang oli mesran atau shell murah
4. buka lagi oil pan nya.
ntar yg keluar oli lama yg dah item deh

baru proses ganti filter dan tuang oli baru.


Biasanya kalau saya pas di beres ganti oli yg murah², biar garansi berlaku aja, keluar beres langsung ganti lagi pakai oli yg bagusan.

Kalau untuk D3/T-IV bisa rekomen merk apa om biar gak lemot ?, coolant bagus juga minta rekomen dong, katanya bisa ngurangin knocking juga ya karena mesin tidak begitu panas
D3 atau T-IV,
- Aisin AFW+
- PTT ATF 1A

coolant sy selalu pakai Denso biru.
Drain tiap tahun.
so far Ok.

dia udh ada komposisi campuran nya sendiri,
klo gak salah 70 30.
jd saya jg gak pusing ngukur2.

70 30 mnrt bbrp sumber lbh cepat menghantar panas,
dibanding 50 50 yg lbh pas untuk anti freeze (lingkungan salju).

Radiator itu lbh design radiatornya itu sendiri.
Namun, klo mau coba coolant amsoil ya sama sekali gak ada salahnya jg. :big_peace:
Kebetulan dari.baru saya ganti atfnya pakai AMS SS MV atf om, lemot di putran bawah, putaran atas juga berat ngejar top speed, pertengahan aja yg lumayan. Diantara aisin dan ptt baiknya pakai yg mana om ?

Pernah punya pengalaman pakai coolant OEM, jadi ngeplug di radiator bawaan yg super kecil, jadinya over heat, untung masih garansi jadi radiator diganti free.

Trims om buat replynya
freeza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by freeza »

rendr wrote: Sun Dec 20, 2020 9:35
freeza wrote: Sun Dec 20, 2020 5:00
Suryaputra wrote: Sat Dec 19, 2020 23:16

dorong pk oli murah ini cara yg plg simpel ala suhu turbo.
jujur awalnya saya agak skeptis :big_peace:

tapi sy coba dan lihat sendiri, walaupun sudah dipakai selama bbrp hari, warna oli baru di dipstick tetap fresh emang.

beda jika gak pakai cara dorong oli lama, walau oli baru & baru jalanin mesin bbrp jam aja, oli barunya udah mulai butek (krn nyampur dgn ampas oli lama).

klo rajin ganti oli tiap 5-6 bulan mungkin perlu gak perlu yah.
cuma klo buat long drain, cara spt ini Ok banget dan ekonomis.

jika kapasitas oil pan besar, tuangnya up to 2 liter.
1. buang oli lama.
2. tutup oil pan
3. tuang oli mesran atau shell murah
4. buka lagi oil pan nya.
ntar yg keluar oli lama yg dah item deh

baru proses ganti filter dan tuang oli baru.


Biasanya kalau saya pas di beres ganti oli yg murah², biar garansi berlaku aja, keluar beres langsung ganti lagi pakai oli yg bagusan.

Kalau untuk D3/T-IV bisa rekomen merk apa om biar gak lemot ?, coolant bagus juga minta rekomen dong, katanya bisa ngurangin knocking juga ya karena mesin tidak begitu panas
izin ikut nyumbang saraannnn buat subes2 dimarii....


ATF T4 yg enteng bisa pake PTT 1A aja om...

coolant bisa pake PTT super coolant or coolant toyota aja (TMO) di beres toyota segalon 4L harga 150k

valvoline RTU juga boleh tuh hybrid OAT jg kyk TMO... harga mirip2 TMO juga...

dibilas air bersih dulu ya (aquadest) sebelum tuang coolant baru...

Noted suhu, hatur nuhun. Kalau coolant import dengan anti freeze berarti gak cocok ya dengan iklim indo ?, pengen yg bisa nurunin temp kerja mesin, kadang kalau long trip setelah panas malah knocking, padahal bbm, oli dan pengapian baik.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11385
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

dobel post..............
Last edited by Suryaputra on Sun Dec 20, 2020 13:18, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11385
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

freeza wrote: Sun Dec 20, 2020 12:30
Suryaputra wrote: Sun Dec 20, 2020 9:16
Flymix wrote: Sun Dec 20, 2020 5:02

nyampur merek coolant lain tdak msalah ya gan, krna skrng pake coolant suzuki 50:50

freeza wrote: Sun Dec 20, 2020 5:00



Biasanya kalau saya pas di beres ganti oli yg murah², biar garansi berlaku aja, keluar beres langsung ganti lagi pakai oli yg bagusan.

Kalau untuk D3/T-IV bisa rekomen merk apa om biar gak lemot ?, coolant bagus juga minta rekomen dong, katanya bisa ngurangin knocking juga ya karena mesin tidak begitu panas
D3 atau T-IV,
- Aisin AFW+
- PTT ATF 1A

coolant sy selalu pakai Denso biru.
Drain tiap tahun.
so far Ok.

dia udh ada komposisi campuran nya sendiri,
klo gak salah 70 30.
jd saya jg gak pusing ngukur2.

70 30 mnrt bbrp sumber lbh cepat menghantar panas,
dibanding 50 50 yg lbh pas untuk anti freeze (lingkungan salju).

Radiator itu lbh design radiatornya itu sendiri.
Namun, klo mau coba coolant amsoil ya sama sekali gak ada salahnya jg. :big_peace:
Kebetulan dari.baru saya ganti atfnya pakai AMS SS MV atf om, lemot di putran bawah, putaran atas juga berat ngejar top speed, pertengahan aja yg lumayan. Diantara aisin dan ptt baiknya pakai yg mana om ?

Pernah punya pengalaman pakai coolant OEM, jadi ngeplug di radiator bawaan yg super kecil, jadinya over heat, untung masih garansi jadi radiator diganti free.

Trims om buat replynya
waduh itu sih udh ATF kelasnya di atas PTT sm Aisin :upss:
mbl nya apa ?
bbm apa ?
tekanan ban brp ?
filter udara kaoan terakhir ganti ?
kondisi pengapian mesin, busi, dkk gmn ?

mobil jaman now even LMPV LCGC, kebutuhan BBM minimal soalnya RON 92,
RON 95 malah bagus.

klo lemot putaran bwh dan atas, colek suhu dan mbah marmut

freeza wrote: Sun Dec 20, 2020 12:34
rendr wrote: Sun Dec 20, 2020 9:35
freeza wrote: Sun Dec 20, 2020 5:00



Biasanya kalau saya pas di beres ganti oli yg murah², biar garansi berlaku aja, keluar beres langsung ganti lagi pakai oli yg bagusan.

Kalau untuk D3/T-IV bisa rekomen merk apa om biar gak lemot ?, coolant bagus juga minta rekomen dong, katanya bisa ngurangin knocking juga ya karena mesin tidak begitu panas
izin ikut nyumbang saraannnn buat subes2 dimarii....


ATF T4 yg enteng bisa pake PTT 1A aja om...

coolant bisa pake PTT super coolant or coolant toyota aja (TMO) di beres toyota segalon 4L harga 150k

valvoline RTU juga boleh tuh hybrid OAT jg kyk TMO... harga mirip2 TMO juga...

dibilas air bersih dulu ya (aquadest) sebelum tuang coolant baru...

Noted suhu, hatur nuhun. Kalau coolant import dengan anti freeze berarti gak cocok ya dengan iklim indo ?, pengen yg bisa nurunin temp kerja mesin, kadang kalau long trip setelah panas malah knocking, padahal bbm, oli dan pengapian baik.
iya coba ajah pakai coolant yg komposisinya 70 30.
mobilnya apa om ?
kapasitas radiator brp gede ?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

freeza wrote:
Suryaputra wrote: Sun Dec 20, 2020 9:16
Flymix wrote: Sun Dec 20, 2020 5:02 nyampur merek coolant lain tdak msalah ya gan, krna skrng pake coolant suzuki 50:50

freeza wrote: Sun Dec 20, 2020 5:00

Biasanya kalau saya pas di beres ganti oli yg murah², biar garansi berlaku aja, keluar beres langsung ganti lagi pakai oli yg bagusan.

Kalau untuk D3/T-IV bisa rekomen merk apa om biar gak lemot ?, coolant bagus juga minta rekomen dong, katanya bisa ngurangin knocking juga ya karena mesin tidak begitu panas
D3 atau T-IV,
- Aisin AFW+
- PTT ATF 1A

coolant sy selalu pakai Denso biru.
Drain tiap tahun.
so far Ok.

dia udh ada komposisi campuran nya sendiri,
klo gak salah 70 30.
jd saya jg gak pusing ngukur2.

70 30 mnrt bbrp sumber lbh cepat menghantar panas,
dibanding 50 50 yg lbh pas untuk anti freeze (lingkungan salju).

Radiator itu lbh design radiatornya itu sendiri.
Namun, klo mau coba coolant amsoil ya sama sekali gak ada salahnya jg. :big_peace:
Kebetulan dari.baru saya ganti atfnya pakai AMS SS MV atf om, lemot di putran bawah, putaran atas juga berat ngejar top speed, pertengahan aja yg lumayan. Diantara aisin dan ptt baiknya pakai yg mana om ?

Pernah punya pengalaman pakai coolant OEM, jadi ngeplug di radiator bawaan yg super kecil, jadinya over heat, untung masih garansi jadi radiator diganti free.

Trims om buat replynya
ATF Amsoil label biru ??

isi ATF nya kebanyakan gak ?
* Bukan ajakan Beli *
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

freeza wrote: Sun Dec 20, 2020 12:34
rendr wrote: Sun Dec 20, 2020 9:35
freeza wrote: Sun Dec 20, 2020 5:00



Biasanya kalau saya pas di beres ganti oli yg murah², biar garansi berlaku aja, keluar beres langsung ganti lagi pakai oli yg bagusan.

Kalau untuk D3/T-IV bisa rekomen merk apa om biar gak lemot ?, coolant bagus juga minta rekomen dong, katanya bisa ngurangin knocking juga ya karena mesin tidak begitu panas
izin ikut nyumbang saraannnn buat subes2 dimarii....


ATF T4 yg enteng bisa pake PTT 1A aja om...

coolant bisa pake PTT super coolant or coolant toyota aja (TMO) di beres toyota segalon 4L harga 150k

valvoline RTU juga boleh tuh hybrid OAT jg kyk TMO... harga mirip2 TMO juga...

dibilas air bersih dulu ya (aquadest) sebelum tuang coolant baru...

Noted suhu, hatur nuhun. Kalau coolant import dengan anti freeze berarti gak cocok ya dengan iklim indo ?, pengen yg bisa nurunin temp kerja mesin, kadang kalau long trip setelah panas malah knocking, padahal bbm, oli dan pengapian baik.
oh ga ada hubungannya sama coolantnya import apa ngga...

coolant pada dasarnya ada anti freeze agent... tinggal komposisi nya dengan air berapa yg baik itu yg di adjust.. ya kalo ngomongin cepet lepas kalor ya air media paling bagus... cuman kan air jg boiling pointnya terbatas di suhu 100 deg celcius aja... dan air doang cepet kotor dia, bikin karat... coolant kan bukan cmn anti freeze aja isinya...

saya rekomendasi coolant2 diatas karena rekomendasi2 subes disini juga pertimbangan harga, komposisi dan mudah didapat... beres toyota kan ada dimana2...

atau mau pake coolant bawaan pabrikan masing2 ya monggo.. asal max 2 tahun kuras...

ini mesin mobil apa ya? knocking ini bisa juga dari bensinnya... bensin RON brp?

kalo mau lebih dingin ya ganti thermostat yg bukaannya lebih gede aja... cuman mesin ga sesuai dgn temp kerja juga bisa knocking...

udh pernah tune up? coba kasih fuel additive redline si-1/amsoil PI aja dulu kalo ga....





sekian hanya sekedar saran
gaspol resing tim
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by yuga164 »

OLI TRANSMISI MANUAL SAE 75W80 API GL4

Permisi om, rencana mau ganti oli transmisi cmn bingung pake yg bagus untuk sae 75w80 api gl4 (sesuai manual book) yg merk apa...
Krn si ninis dr 2017-skr masih pake punyanya SGO, pengen beralih ke merk lain yg lebih bagusan...dah ga sreg ama oli2 dr beres soalnya...
Mohon bantuannya om, makasi :big_dunno:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

yuga164 wrote: Sun Dec 20, 2020 14:16 OLI TRANSMISI MANUAL SAE 75W80 API GL4

Permisi om, rencana mau ganti oli transmisi cmn bingung pake yg bagus untuk sae 75w80 api gl4 (sesuai manual book) yg merk apa...
Krn si ninis dr 2017-skr masih pake punyanya SGO, pengen beralih ke merk lain yg lebih bagusan...dah ga sreg ama oli2 dr beres soalnya...
Mohon bantuannya om, makasi :big_dunno:
nah sama kek ane nih... scross, ninis AMT sampe Abarth 500 jg mintanya 75w80 GL-4
:big_biglaugh:


pilihannya tinggal redline MTL, Elf entah produksi kapan, atau SGO MTF nya dicepetin gantinya





:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
gaspol resing tim
ipo3nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
Location: bogor
Daily Vehicle: F10A

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ipo3nk »

rendr wrote: Sat Dec 19, 2020 7:17
emmm gak gitu konsepnya....

perlu diluruskan bukan berarti mobil murah pake oli yg murah jg...

dan lebih baik tidak mengeneralisir kata2 mobil umum dan harian.... viskositas standar yg dimaksud pun seperti apa? karena masing2 mesin mobil punya kriteria standarnya sendiri2....

kita kembali ke manual book mobil masing2 aja merekomendasikan oli yg seperti apa... baru dari situ kita adjust sendiri sesuai dengan kebutuhan masing2...

dari buku manual mobil 'pasaran' disini.. olinya cuma minta yang viskositas standar juga om. 0w20, 5w30, 10w30, 10w40..
jadi klo ada oli 0w40 berarti kan cuma 'upgrade' dari spek 10w40, bukan sebagai pengganti oli 0w20.
apalagi klo ada 10w60, jelas tidak masuk ke mobil 'pasaran' tadi.
mau pake oli mahal, asal SAE buntutnyanya sama ya ga masalah..
pake oli dengan spek SAE diluar itu berarti mesin nya udah ga standar lagi berarti ya.

DOHC wrote: Sat Dec 19, 2020 7:07
Makanya pake tjara saya mbah, pas ud netes, ntuh baut tutup sikit ga usa kenceng2, lalu tuang deh beberapa ratus cc oli bersih.. diemin bentar, baru buka lg tuh baut drain..

Dijamin yg kluar jauhhh lebi item drpd yg cuman numpang liwat doank
manual mobil saya bilang kapasitas oil pan 2.9L, filter oli 0.2L, lain lain 0.3L.
kalau dikuras gimanapun yang 0.3 ga bakal keluar, kecuali rebuild mesin.
mau ngluarin yang 0.3 liter tadi bisanya dibilas, misal mesin diisi oli bilas 3L, maka yang sisa oli kotornya jadi 27ml.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11385
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

ipo3nk wrote: Sun Dec 20, 2020 17:20
rendr wrote: Sat Dec 19, 2020 7:17
emmm gak gitu konsepnya....

perlu diluruskan bukan berarti mobil murah pake oli yg murah jg...

dan lebih baik tidak mengeneralisir kata2 mobil umum dan harian.... viskositas standar yg dimaksud pun seperti apa? karena masing2 mesin mobil punya kriteria standarnya sendiri2....

kita kembali ke manual book mobil masing2 aja merekomendasikan oli yg seperti apa... baru dari situ kita adjust sendiri sesuai dengan kebutuhan masing2...

dari buku manual mobil 'pasaran' disini.. olinya cuma minta yang viskositas standar juga om. 0w20, 5w30, 10w30, 10w40..
jadi klo ada oli 0w40 berarti kan cuma 'upgrade' dari spek 10w40, bukan sebagai pengganti oli 0w20.
apalagi klo ada 10w60, jelas tidak masuk ke mobil 'pasaran' tadi.
mau pake oli mahal, asal SAE buntutnyanya sama ya ga masalah..
pake oli dengan spek SAE diluar itu berarti mesin nya udah ga standar lagi berarti ya.

DOHC wrote: Sat Dec 19, 2020 7:07
Makanya pake tjara saya mbah, pas ud netes, ntuh baut tutup sikit ga usa kenceng2, lalu tuang deh beberapa ratus cc oli bersih.. diemin bentar, baru buka lg tuh baut drain..

Dijamin yg kluar jauhhh lebi item drpd yg cuman numpang liwat doank
manual mobil saya bilang kapasitas oil pan 2.9L, filter oli 0.2L, lain lain 0.3L.
kalau dikuras gimanapun yang 0.3 ga bakal keluar, kecuali rebuild mesin.
mau ngluarin yang 0.3 liter tadi bisanya dibilas, misal mesin diisi oli bilas 3L, maka yang sisa oli kotornya jadi 27ml.
sebetulnya kita gak perlu mikirin sampai ngeflush 100% bersih.

karena, ketika mesin panas dan dimatikan, itu sifat fluida oli kan jd super encer (coba aja direbus dikit taro di atas wajan).

ketika fluida oli encer, maka dia akan turun ke bawah dan ditampung semua kotoran di dlm oil pan, bareng dgn debu yg ada.

fungsi filter oli adalah,
1. filtrasi kotoran setelah disedot oleh oil pump
2. mencegah kotoran yg ada, naik ke atas

nah, ketika oil-pan lbh bersih, maka filtrasi oil lbh optimal dan mengurangi resiko oil filter mampett (ini bahaya banget banget klo terjadi).



Hal ini lah yg membuat saya melakukan ritual "aneh tapi simple" tsb.

sy jg msh belajar sm suhu suhu di sini.
namun ada bbrp hal yg saya aplikasikan, krn sistem dorong oli lama (pakai oli murah atau bekas) sgt masuk akal ajah berdasarkan ilustrasi vidio di atas.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by yuga164 »

Maap om tanya lg, saat mesin dlm kondisi dingin di hidupkan kok suara mesin bunyi tek tek ya? Tp klo kondisi mesin sudah panas suara mesin lebih halus namun tek tek masih ada tp lebih halus...
Apa krn oli mesin, bbm, air radiator atau apa?
Selama ini dr awal masih pake oli beres SGO 5w30 dan bbm pertamax, air radiator prestone ready to use botol kuning tutup ijo...
Sijuki Ninis 2017...ada rencana mau ganti oli merk lain, krn buku manual rekomended oli sae 0w20...makasi
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2964
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by josomba »

yuga164 wrote: Mon Dec 21, 2020 1:50 Maap om tanya lg, saat mesin dlm kondisi dingin di hidupkan kok suara mesin bunyi tek tek ya? Tp klo kondisi mesin sudah panas suara mesin lebih halus namun tek tek masih ada tp lebih halus...
Apa krn oli mesin, bbm, air radiator atau apa?
Selama ini dr awal masih pake oli beres SGO 5w30 dan bbm pertamax, air radiator prestone ready to use botol kuning tutup ijo...
Sijuki Ninis 2017...ada rencana mau ganti oli merk lain, krn buku manual rekomended oli sae 0w20...makasi
Kalau di kasus saya, turun visco dingin ke oli2 yg berawalan 0W sih jadi hilang atau bisa dibilang jadi sangat jarang bunyi-nya saat mesin nyala. Dengan kata lain mesinnya cocok menggunakan oli seencer mungkin pas cold start sih ....
Image
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by yuga164 »

josomba wrote: Mon Dec 21, 2020 1:54
yuga164 wrote: Mon Dec 21, 2020 1:50 Maap om tanya lg, saat mesin dlm kondisi dingin di hidupkan kok suara mesin bunyi tek tek ya? Tp klo kondisi mesin sudah panas suara mesin lebih halus namun tek tek masih ada tp lebih halus...
Apa krn oli mesin, bbm, air radiator atau apa?
Selama ini dr awal masih pake oli beres SGO 5w30 dan bbm pertamax, air radiator prestone ready to use botol kuning tutup ijo...
Sijuki Ninis 2017...ada rencana mau ganti oli merk lain, krn buku manual rekomended oli sae 0w20...makasi
Kalau di kasus saya, turun visco dingin ke oli2 yg berawalan 0W sih jadi hilang atau bisa dibilang jadi sangat jarang bunyi-nya saat mesin nyala. Dengan kata lain mesinnya cocok menggunakan oli seencer mungkin pas cold start sih ....
Siap om, ini dah rencana mau ganti ke 0w20...
Di manual book pdhl dah jelas rekomended 0w20 tp knp beres malah makenya 5w30...
Saya dr dulu ga terlalu perhatiin krn saking percayanya sama beres, tp setelah baca2 forum SM ini baru ngeh...
Lalu baca2 manual book jd baru sadar :big_bored:
Skr saya dah tekad mau jauh dr namanya oli2 beres...
Bingungnya skr kan nyari oli transmisi manual selain SGO punya...merk lain untuk SAE 75w80 API GL-4 susah :big_childish:
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »

josomba wrote: Mon Dec 21, 2020 1:54
yuga164 wrote: Mon Dec 21, 2020 1:50 Maap om tanya lg, saat mesin dlm kondisi dingin di hidupkan kok suara mesin bunyi tek tek ya? Tp klo kondisi mesin sudah panas suara mesin lebih halus namun tek tek masih ada tp lebih halus...
Apa krn oli mesin, bbm, air radiator atau apa?
Selama ini dr awal masih pake oli beres SGO 5w30 dan bbm pertamax, air radiator prestone ready to use botol kuning tutup ijo...
Sijuki Ninis 2017...ada rencana mau ganti oli merk lain, krn buku manual rekomended oli sae 0w20...makasi
Kalau di kasus saya, turun visco dingin ke oli2 yg berawalan 0W sih jadi hilang atau bisa dibilang jadi sangat jarang bunyi-nya saat mesin nyala. Dengan kata lain mesinnya cocok menggunakan oli seencer mungkin pas cold start sih ....
di ane malah klo dingin suara halus
klo udh panas dan di pake jalan suara klep jd kedengeran.. kek nya masalah di shim klo begini ya bukan krn pengaruh oli
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

yuga164 wrote: Mon Dec 21, 2020 2:04
josomba wrote: Mon Dec 21, 2020 1:54
yuga164 wrote: Mon Dec 21, 2020 1:50 Maap om tanya lg, saat mesin dlm kondisi dingin di hidupkan kok suara mesin bunyi tek tek ya? Tp klo kondisi mesin sudah panas suara mesin lebih halus namun tek tek masih ada tp lebih halus...
Apa krn oli mesin, bbm, air radiator atau apa?
Selama ini dr awal masih pake oli beres SGO 5w30 dan bbm pertamax, air radiator prestone ready to use botol kuning tutup ijo...
Sijuki Ninis 2017...ada rencana mau ganti oli merk lain, krn buku manual rekomended oli sae 0w20...makasi
Kalau di kasus saya, turun visco dingin ke oli2 yg berawalan 0W sih jadi hilang atau bisa dibilang jadi sangat jarang bunyi-nya saat mesin nyala. Dengan kata lain mesinnya cocok menggunakan oli seencer mungkin pas cold start sih ....
Siap om, ini dah rencana mau ganti ke 0w20...
Di manual book pdhl dah jelas rekomended 0w20 tp knp beres malah makenya 5w30...
Saya dr dulu ga terlalu perhatiin krn saking percayanya sama beres, tp setelah baca2 forum SM ini baru ngeh...
Lalu baca2 manual book jd baru sadar :big_bored:
Skr saya dah tekad mau jauh dr namanya oli2 beres...
Bingungnya skr kan nyari oli transmisi manual selain SGO punya...merk lain untuk SAE 75w80 API GL-4 susah :big_childish:
0w20 kalo mau all out merem ams SS 0w20 om, mantep dan bs 11rb km. Sy lagi pake di mazda 2 nonsky. Kl mau yang worth tengah2 ya ptt evotec 0w20 SP non eco

Oli mtf sih dulu saya smpt pake di ertelu manual 2013 relatif oke lah, krn speknya jarang ya mau ga mau ambil SGO dlm case ini. Paling kl mulai kerasa ga enak ya ganti aja, murah pula per liternya.

Suzuki tuh paling fatalnya ya oli atf sih om terutama buat yg pake mesin K14B/K15B selain jimny baru. Jelas2 di buku panduan sama tutup dipstick ketulis AW1 tapi mereka kekeh asal tuang ATF 3317, matic ertiga saya nyaris kena krn udah ada tanda2 dengung wkt itu

Saya sekarang di ertiga pake schaeffer 5w30, enak tp udah bye2 yg jualan. Th depan mau naik ke ams ss 0w20