Mobil Matic ditengah Banjir

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

fnickz
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sun Jan 18, 2015 7:14

Re: Mobil Matic ditengah Banjir

Post by fnickz »

sjamsul wrote:
I-Com wrote:hai.... mungkin para master2 yang disini bisa bantu buat nubie 1 ini
2 hari yang lalu pas udah ditengah jalan, gw kejebak banjir nih, untungnya ngak sampe masuk knalpot airnya, nah dari sana gw sempet kepikiran kalo makai mobil matic dalam melewati banjir gimana yah??
kalo dulu gw bawa mobil panther manual mah enak banget, tinggal besarin gas chook nya trus tinggal mainkan rem dan kopling, nah masalahnya kalo mobil matic gimana yah??
kemarin pas gw mau terusin jalan, begitu liat mobil sedan depan tinggal keliatan kap mesinnya langsung ciut nih nyalinya, gw putusin buat putar balik, gw coba main pake tahan gas dan rem, nah pas puter balik kan harus pindah2 gigi R dan D, diantara perpindahan gigi itu malahan tersendat2(gak bisa konstan kayak mobil manual bisa tahan gas), untung aja ternyata air belom se knalpot, coba udah setinggi itu, abis sudah, air bisa kesedot masuk.

Nah, mungkin para pakar bisa bantu kasih kiat2 dan masukkan gimana sih cara bawa mobil matic dalam melewatin banjir, apalagi kalo sampai harus putar balik, kalo air sampe masuk kan repot?? oh mobilnya bensin ya bukan solar, thx anyway :thanks:
hmmmmmm...... sebetulnya ga usah bingung bro...... ane kasih perumpamaan ya.......buat jelasin.....
seandainya nt sedang berenang, trus mau (maap) kentut......apakah nt akan menepi dulu trus keluar kolam baru kentut ato nt langsung berenang aja sambil kentut...... :e-think: ....
jawabannya adalah ga masalah sambil berenang nt kentut.... kecuali nt bernapas saat menyelam... hal ini bahaya...... Nah, di mobil juga sama bro....... saat melewati banjir, nt ga usah khawatir klo knalpotnye kerendem air.....krn knalpot menyemburkan udara ato gas buang bukan menyedot udara...... jadi yg perlu dijaga adalah saringan udara, jangan ampe kerendem... krn merupakan napasnye mobil......
klo ampe saringan udara kemasukan air .... itu yg bahaya, krn bisa merusak mesin......

jadi saat melewati banjir hal2 yg perlu diperhatikan adalah menjaga gas... jangan diinjak terlalu dalam, tp seperlunya ajah... untuk menghindari cipratan air yg ada kemungkinan akan masuk ke saringan udara.......

smoga bermanfaat...............

nice share om, logic jg utk penjelasannya dan jg pernah baca di web otomotif jg hehehe
nuwunn om..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Mobil Matic ditengah Banjir

Post by billyd1773dz »

soal knalpot
1. selama mesin nyala idle air ga akan masuk ke knalpot persis kta suhu di atas karna ada udara keluar
2. mesin mati sekalipun selama air tidak lebih tinggi dari posisi head enjin atau exhaust manifold/header air juga tidak masuk ruangbakar yg bikin waterhammer.. which is kalau air sudah setinggi itu air intake juga rawan dan tidak disarankan di hidupkan. tentu ada resiko di muffler/reso cc sampai o2 sensor klw exhaust kemasukan air.

soal perlu di gas
1. mobil MT knp perlu di tambah gas/rev lebih tinggi? agar mbl ga stall karna beban tiba2 saat masuk air. mobil AT? ga perlu........ mbl AT ga bakal Stall gas aja normal secukupnya untuk bergerak.
2. AT g bisa mainin clutch? g perlu torqueconverter bisa kerja kya setengah kopling.

soal breather
1. baik mobil MT dan AT ada breathernya, mesin dan gardan juga ada... biasanya secara default uda pke slank dibikin kearah lebih tinggi. setinggi apa? beda-beda tiap mobil. selain intake, breather juga harus di perhatikan ketinggian.
2. beberapa mobil AT ada dipstick untuk ngecek oil.. ini juga harus diperhatiin.. termasuk dipstick mesin.


cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
mpvfreak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47

Re: RE: Re: Mobil Matic ditengah Banjir

Post by mpvfreak »

billyd1773dz wrote:soal knalpot
1. selama mesin nyala idle air ga akan masuk ke knalpot persis kta suhu di atas karna ada udara keluar
2. mesin mati sekalipun selama air tidak lebih tinggi dari posisi head enjin atau exhaust manifold/header air juga tidak masuk ruangbakar yg bikin waterhammer.. which is kalau air sudah setinggi itu air intake juga rawan dan tidak disarankan di hidupkan. tentu ada resiko di muffler/reso cc sampai o2 sensor klw exhaust kemasukan air.

soal perlu di gas
1. mobil MT knp perlu di tambah gas/rev lebih tinggi? agar mbl ga stall karna beban tiba2 saat masuk air. mobil AT? ga perlu........ mbl AT ga bakal Stall gas aja normal secukupnya untuk bergerak.
2. AT g bisa mainin clutch? g perlu torqueconverter bisa kerja kya setengah kopling.

soal breather
1. baik mobil MT dan AT ada breathernya, mesin dan gardan juga ada... biasanya secara default uda pke slank dibikin kearah lebih tinggi. setinggi apa? beda-beda tiap mobil. selain intake, breather juga harus di perhatikan ketinggian.
2. beberapa mobil AT ada dipstick untuk ngecek oil.. ini juga harus diperhatiin.. termasuk dipstick mesin.


cmiiw
:beer:
Air bisa nyusup dari dipstick ga Om?

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Car Is My Life
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: RE: Re: Mobil Matic ditengah Banjir

Post by billyd1773dz »

mpvfreak wrote:
billyd1773dz wrote:soal knalpot
1. selama mesin nyala idle air ga akan masuk ke knalpot persis kta suhu di atas karna ada udara keluar
2. mesin mati sekalipun selama air tidak lebih tinggi dari posisi head enjin atau exhaust manifold/header air juga tidak masuk ruangbakar yg bikin waterhammer.. which is kalau air sudah setinggi itu air intake juga rawan dan tidak disarankan di hidupkan. tentu ada resiko di muffler/reso cc sampai o2 sensor klw exhaust kemasukan air.

soal perlu di gas
1. mobil MT knp perlu di tambah gas/rev lebih tinggi? agar mbl ga stall karna beban tiba2 saat masuk air. mobil AT? ga perlu........ mbl AT ga bakal Stall gas aja normal secukupnya untuk bergerak.
2. AT g bisa mainin clutch? g perlu torqueconverter bisa kerja kya setengah kopling.

soal breather
1. baik mobil MT dan AT ada breathernya, mesin dan gardan juga ada... biasanya secara default uda pke slank dibikin kearah lebih tinggi. setinggi apa? beda-beda tiap mobil. selain intake, breather juga harus di perhatikan ketinggian.
2. beberapa mobil AT ada dipstick untuk ngecek oil.. ini juga harus diperhatiin.. termasuk dipstick mesin.


cmiiw
:beer:
Air bisa nyusup dari dipstick ga Om?

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Tergantung desain dipsticknya...

Biasanya ada semacam sumpelnya, tp g ada pengunciny jadi klw lewat airnya lama dan dalam masih ada kemungkinan bisa masuk, klw mw aman kondisi daruruat di rapetin pke lakban aja dlu.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Mobil Matic ditengah Banjir

Post by martinnn »

bersyyukurlah yang pakai mobil diesel :mky_08: :mky_08: :mky_08: :mky_08: :mky_08:
:big_biglaugh:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2291
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Mobil Matic ditengah Banjir

Post by ilhami »

mobil diesel juga kalau air nya sudah setinggi intake beresiko water hammer.