Makanya saya yakin banget GM saat ini masih kecil bukan karena di pandang sebelah mata, tapi karena jaringan dealer doang yang masih relatif dikit.
Liat aja mana ada berita mobil GM di Indo yang banyak masalah seperti dulu kasus Kia Carnival, mobil Korea lain dulu ? Kagak. Resale value GM jelek ? Don't kid yourself. Liat aja resale value Captiva. Its not bad man ! Dan yang pakai juga ngak bilang dikit banget.
Saya tau mutu GM, karena dah sewa Captiva diesel, jalan ribuan km. Its good man tu SUV. Enak.
Contoh di daerah rumah saya juga belum ada dealer / beres GM. Tapi aduh, ni mobil 3 baris looks good ! Kalau interior lega dan harga sip, jadi gatel juga.
Makin lihat ni mobil, apalagi belakangnya, lebih cakep banding Orlando. Saya duga Orlando legroom dan baris 3nya agak sempit. Pernah lihat berapa photo.
Tapi yang ini, jelas headroom no problem. Tinggal legroomnya penasaran. Kalau dah tau dimensinya bisa tebak. Asal lebih dari 4.4 meter ada peluang OK.
Juga tergantung prinsipalnya. Misalnya kasus VW. Gede banget di dunia. World no.2 saat ini di belakang GM. Duit bukan masalah, tapi mereka saat ini masih kurang serius main di Indo. Kecepatan mereka bangun jaringan beres baru pelan sekali. New model juga jarang masuk. How to fight ?
Saya rasa orang Indo juga bukan hanggap VW mutunya jelek. Image barang Jerman masih kuat di Indo.
Cuman sekarang VW modelnya mahal mahal (karena semua CBU), dan jaringan beres dikit. Model juga terbatas. Ya sama sekali ngak heran volumenya kecil.
Kalau GM serius, cemplung banyak duit di Indo dan bangun beres di mana mana menjelang masuknya MPV 3 baris harga terjangkau ini, lihat apa yang akan terjadi nanti. Many people will be shocked.
Karena Captiva sudah buktikan, dengan handicap GMI saat ini dan banyak saingan yang lebih di dukung jaringan dealer yang lebih banyak, prestasi Captiva sudah bagus.
Nightster Guy wrote:Asal GM serius nambahi kekuatan penetrasi diler2nya di Indo sampe ke daerah2, yup. Biisa jadi kuda hitam. Gak da yang mustahil. Itulah yang dilakukan Astra dulu saat akir 60an masuk Indo. Disertain dengan kualitas mobil yang apik tentunya.
Kualitas mobil2 GM Indo keknya mulus2 aja saat ini y?
Selama blom bisa nambahin jaringan diler plus endorsement gila2an ala YMKI untuk menggempur AHM, yah, cukuplah bermain di Jawa, di (sebagian) Sumatera Kalimantan Sulawesi dll, dan cukuplah bertarung ama merk lain di 'ring 2', biarlah di ring 1 si duo dangdut Avanza ma Xenia terus2an berdendang ria.
Jurus ngejar Toyota: Tirulah YMKI.