nyari mobil hobi : bmw 323i atau galant hiu

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: nyari mobil hobi : bmw 323i atau galant hiu

Post by jivos »

cakdul wrote:Selain 2 kandidat diatas, ada alternatif lain gak om? Yang penting jangan terlalu tua,,,hehehe
Takut sparepartnya terlalu susah dicari,
lain dr yg diatas on bs cb:
1.audi A3 1.8turbo 4at ato yg 5at triptonic +/-90jt an
2. golfgti mk IV MT kisaran 125jt
3. E46/325i m54 192hp/200nm an klo ngga slh

a3 1.8T & gt mk IV spec sami mawon, parts slg berbagi.
buat akselerasi galak ni om, biasa cruising speed 180 bdg - jkt tengah malam biasana ngetes hbs beresin mbl, type turbo K03s warner borg lbh jambak dr turbo na audi/vw mdl br, banyak yg ganti ke K03s ini, trakhir turbo ane ganti pk punya K04 audi TT dg mahar 1.5jt aja copotan.
fc dalkot msh diatas 1:7, kombinasi 1:8, crusing lurkot bs diatas 1:10.
fc di 325im54 ane kombinasi avg di 6.5 an vs e60 523i n52 jg di6.8 an
parts trkhir ganti plat kopling 2.2jt vs di m54 saat bersamaan di 5.5jt.

utk driving experience, saya msh lbh suka bmw, berasa lbh mapak traksi ke aspa terutama saat hujan, klo di a3/gti was2.

utk a3 matic, transmisi nya yg hrs diperhatikan.
klo gti krn Manual transmision, relatif lbh troble free
utk hrg geluntung transmisi a3, pasaran skrg di 11jt
utk e46 325i/m54 zf5hp 5speed di kitaran 8.5jt.

hopely helpful
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: nyari mobil hobi : bmw 323i atau galant hiu

Post by omenRoo »

amfibi wrote:Sebenernya kalo pengen banget eropah, lebih baik mercy lawas kyk E320/300E drpd bmw lawas,
ketahanan mercy jauuh lebih baik drpd bimmer... Tp mercy lama mah nggak cocok kalo mau handling, setirnya dull melayang biarpun beratnya pas (krn masih ball n nut, blm rack n pinion), jg suspensi nya empuk & tenaganya nggak keluar scr meledak2, alias tau2 udah kenceng aja... Cocoknya buat cruising santai krn stabil banget biarpun udh 180 jg :mky_02:
maap OOT dikit,
barusan cek harga E320 tahun 94-96 di olx, range harganya lumayan jauh ya, dari 70jt masterpiece sampe ada yg jual 140jt sportline.. :big_think:
any suggestion milih E320 buat budget 100jt? jadi tertarik juga hehehe
cakdul
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Jan 24, 2015 15:19

Re: nyari mobil hobi : bmw 323i atau galant hiu

Post by cakdul »

Wah om jivos ngeracunin dengan audi A3 dengan value turbonya,,
323i, hiu, A3 masing2 punya kelebihan dan kekurangan

Bicara galant hiu setau saya konstruksi mesinnya 6 cyl V ya om?

Ada yang bisa jelasin perbedaan karakter tenaga engine 6 cyl V dengan 6 inline


Terus terang aja kenapa 2 kandidat itu yang ane ajukan? Ya karena 6 cylindernya itu, tapi tidak menutup kemungkinan 4 cyl dengan tenaga impresif dikelasnya
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: nyari mobil hobi : bmw 323i atau galant hiu

Post by jivos »

cakdul wrote:
Ada yang bisa jelasin perbedaan karakter tenaga engine 6 cyl V dengan 6cyl
konon kt nya om,
i6 by nature is a balance engine
sementara v6 suka vibrate di rpm tertentu, meski d ksh balance shaft
i6 bs di pk high rpm seharian penuh & cendrung lbh awet dr v6. :big_peace:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: nyari mobil hobi : bmw 323i atau galant hiu

Post by amfibi »

1704MX wrote:
amfibi wrote:Sebenernya kalo pengen banget eropah, lebih baik mercy lawas kyk E320/300E drpd bmw lawas,
ketahanan mercy jauuh lebih baik drpd bimmer... Tp mercy lama mah nggak cocok kalo mau handling, setirnya dull melayang biarpun beratnya pas (krn masih ball n nut, blm rack n pinion), jg suspensi nya empuk & tenaganya nggak keluar scr meledak2, alias tau2 udah kenceng aja... Cocoknya buat cruising santai krn stabil banget biarpun udh 180 jg :mky_02:
maap OOT dikit,
barusan cek harga E320 tahun 94-96 di olx, range harganya lumayan jauh ya, dari 70jt masterpiece sampe ada yg jual 140jt sportline.. :big_think:
any suggestion milih E320 buat budget 100jt? jadi tertarik juga hehehe
E320 ada varian biasa, masterpiece, n sportline... (jangan ambil yg 70jt, jamin unit busuk itu)
Masterpiece pake stir kayu rosewood, kerai di kedua kaca pintu belakang, kerai elektrik di kaca belakang, door sill plate tulisan Mercedes-Benz, & dapet sertifikat & jam tangan Mercedes-Benz... (dua item ini syukur2 kalo masih ada)
Sedangkan sportline pake sportline suspension & steering ratio lebih kecil...

100jt dapet lah yg kondisi cukup bagus, berhubung nih mobil kuat banget, ngga ringkih kaya bmw..., cuma bisanya yg E320 biasa/MP, kalo sportline biasanya tinggi banget harga pasarannya...

Kelg ane sendiri pake E320 Masterpiece M/T 96 dari 2009-2012, beli di 95jt...
Dijual krn bensinnya boros banget pas dipake di jkt, sebelomnya dipake di cirebon...

Stabil sangat, suspensi super duper empuk, kualitas kabin super solid & materialnya, suara mesin inline 6 nya merduu banget...
Tenaga mesinnya jgn ditanya, dr buku manual nya, 0-100 bisa dicapai dlm 7 detikan & topspeed 235kmh :mky_02:
Cuma dia penyaluran tenaganya smooth, bukan ngejambak kyk bimmer... Jadi injek pedal gas, ga kerasa apa2, &.....
Voila! udah 160 aja :mky_02:

Dingin ACnya juga bedaa banget sama mobil lain, ini dinginnya bener2 serasa AC mahal, enak di kulit gt... :mky_03:
Joknya jg spring, bukan busa kyk mobil2 biasa... Jd jamin duduk lama2 disini nggak akan pegel, cozy banget...

Pasaran manual lebih murah dr yg matic, tp ane saranin jgn ambil manual, krn ngga ada enak2nya, krn biarpun manual tp pedal nya ada 4, alias buat lepas rem tangan harus injek pedal bagian paling kiri. Kebayang kan gimana ribetnya pas lg berenti trus jalan di tanjakan :big_bored:
Jg yg manual nggak dapet jok kulit asli (dapetnya MBtec, vinyl yg tekstur & rasanya miriip bgt sama kulit asli, more durable tp tetep aja bukan kulit) & electric seat...

Perawatan nya simple aja, cuma ganti2 oli ama servis2 biasa aja... Yang perlu direstorasi pas abis angkut paling cooling system sih, kipas2 & radiatornya diganti... Kaki2 nggak bermasalah, elektrikal juga ga ada problem... :big_smile]

Image
Ini yg manual
Image
Ini yg matic, bs diliat kulit joknya beda

Image
Image


Bener2 deh W210 new eyes & W211 aja nggak bisa ngalahin nih mobil soal 'solid'nya, W124 ini bs diibaratkan 'tank berjalan' :big_grin:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: nyari mobil hobi : bmw 323i atau galant hiu

Post by amfibi »

cakdul wrote:Wah om jivos ngeracunin dengan audi A3 dengan value turbonya,,
323i, hiu, A3 masing2 punya kelebihan dan kekurangan

Bicara galant hiu setau saya konstruksi mesinnya 6 cyl V ya om?

Ada yang bisa jelasin perbedaan karakter tenaga engine 6 cyl V dengan 6 inline


Terus terang aja kenapa 2 kandidat itu yang ane ajukan? Ya karena 6 cylindernya itu, tapi tidak menutup kemungkinan 4 cyl dengan tenaga impresif dikelasnya
Iya, galant hiu 6cyl V om...

Sebenernya V6 diciptakan krn lebih hemat tempat, drpd 6 inline yg butuh space banyak dgn kapasitas mesin yg sama dibandingkan dgn V6... :mky_01:

Soal kenikmatan 22nya sama enak ya, tp ane sendiri prefer inline 6 soal nikmatnya... Bisa halus setiap saat & suara merdunya kedenger terus sepanjang gas diinjek :big_childish:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: nyari mobil hobi : bmw 323i atau galant hiu

Post by octafiantos »

cakdul wrote:Sebenarnya mikir juga sama kelistrikanya bmw, maklum buat saya benerin elektrikal lebih horor daripada betulin mesin, hehe..

Tapi ngiler juga sama 6 cyl inlinenya, dan engine bay nya bmw khas rapi dunia akherat om,, haha
Kalo memang agak awam BMW, ajak aja owner ke bengkel resmi atau bengkel spesialis yang punya scanner GT1. Minta general check up unit atas biaya Om. Nanti seluruh elemen yang bisa discan dicek dan fisik dicek manual. Hasilnya akan dikeluarin dalam bentuk hard copy berisi masalah yang ada dan restorasi sesuai standar bengkel resmi. Biaya berkisar 600 ribuan. Jangan kaget kalo mobil dibuka harga 70 estimasi perbaikan BMW keluar di angka yang sama. Bayar aja GCnya dan lipet kertasnya buat referensi perbaikan, lanjutin nego.

323i ini trim tertinggi yang beredar resmi di sini. Jadi bawa kelengkapan paling banyak dibanding trim bawahnya. Kelengkapan standarnya airbag, obc 8button, immobilizer system, digital ac dengan dual climate control, heater, bucket seat, abs, dual ventilated disk depan belakang, automatic stability control. Lebih baik digali dulu isinya apa aja. Saran saya sih liat satu dua biji yang ngaku sehat banget buka iklan harga gede unit keliatan sangat mulus. Rekam setiap sudutnya, ga usah ditawar. Besok buat referensi cari unit, itu benchmarknya.

Soal Galant saya ga akan komen karena ga pernah punya. Sebenernya ga head to head, lawannya secara dimensi itu seri 5. Compact vs compact, mid vs mid. Kalo Om lahir di mobil RWD, pilihannya gampang sih. Tapi kalo ga peduli dimana penggerak berada, pilihan lebih lebar. Cuman dua sen, kalo salah nubi jangan dibully.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: nyari mobil hobi : bmw 323i atau galant hiu

Post by adty »

amfibi wrote:
1704MX wrote:
amfibi wrote:Sebenernya kalo pengen banget eropah, lebih baik mercy lawas kyk E320/300E drpd bmw lawas,
ketahanan mercy jauuh lebih baik drpd bimmer... Tp mercy lama mah nggak cocok kalo mau handling, setirnya dull melayang biarpun beratnya pas (krn masih ball n nut, blm rack n pinion), jg suspensi nya empuk & tenaganya nggak keluar scr meledak2, alias tau2 udah kenceng aja... Cocoknya buat cruising santai krn stabil banget biarpun udh 180 jg :mky_02:
maap OOT dikit,
barusan cek harga E320 tahun 94-96 di olx, range harganya lumayan jauh ya, dari 70jt masterpiece sampe ada yg jual 140jt sportline.. :big_think:
any suggestion milih E320 buat budget 100jt? jadi tertarik juga hehehe
E320 ada varian biasa, masterpiece, n sportline... (jangan ambil yg 70jt, jamin unit busuk itu)
Masterpiece pake stir kayu rosewood, kerai di kedua kaca pintu belakang, kerai elektrik di kaca belakang, door sill plate tulisan Mercedes-Benz, & dapet sertifikat & jam tangan Mercedes-Benz... (dua item ini syukur2 kalo masih ada)
Sedangkan sportline pake sportline suspension & steering ratio lebih kecil...

100jt dapet lah yg kondisi cukup bagus, berhubung nih mobil kuat banget, ngga ringkih kaya bmw..., cuma bisanya yg E320 biasa/MP, kalo sportline biasanya tinggi banget harga pasarannya...

Kelg ane sendiri pake E320 Masterpiece M/T 96 dari 2009-2012, beli di 95jt...
Dijual krn bensinnya boros banget pas dipake di jkt, sebelomnya dipake di cirebon...

Stabil sangat, suspensi super duper empuk, kualitas kabin super solid & materialnya, suara mesin inline 6 nya merduu banget...
Tenaga mesinnya jgn ditanya, dr buku manual nya, 0-100 bisa dicapai dlm 7 detikan & topspeed 235kmh :mky_02:
Cuma dia penyaluran tenaganya smooth, bukan ngejambak kyk bimmer... Jadi injek pedal gas, ga kerasa apa2, &.....
Voila! udah 160 aja :mky_02:

Dingin ACnya juga bedaa banget sama mobil lain, ini dinginnya bener2 serasa AC mahal, enak di kulit gt... :mky_03:
Joknya jg spring, bukan busa kyk mobil2 biasa... Jd jamin duduk lama2 disini nggak akan pegel, cozy banget...

Pasaran manual lebih murah dr yg matic, tp ane saranin jgn ambil manual, krn ngga ada enak2nya, krn biarpun manual tp pedal nya ada 4, alias buat lepas rem tangan harus injek pedal bagian paling kiri. Kebayang kan gimana ribetnya pas lg berenti trus jalan di tanjakan :big_bored:
Jg yg manual nggak dapet jok kulit asli (dapetnya MBtec, vinyl yg tekstur & rasanya miriip bgt sama kulit asli, more durable tp tetep aja bukan kulit) & electric seat...

Perawatan nya simple aja, cuma ganti2 oli ama servis2 biasa aja... Yang perlu direstorasi pas abis angkut paling cooling system sih, kipas2 & radiatornya diganti... Kaki2 nggak bermasalah, elektrikal juga ga ada problem... :big_smile]

Image
Ini yg manual
Image
Ini yg matic, bs diliat kulit joknya beda

Image
Image


Bener2 deh W210 new eyes & W211 aja nggak bisa ngalahin nih mobil soal 'solid'nya, W124 ini bs diibaratkan 'tank berjalan' :big_grin:
Nahh ane pernah pake ini di bandung, punya temen sih tp manual. Avoid manual deh kalo ambil ini. Pedal ada 4 bikin ane (dan menurut temen ane, beberapa temennya dia) juga awalnya kagok pakenya. Temen ane yg punya ini aja gabisa pakenya, dia pake apanjah matik.

Langsung deh dari kasus mati mesin, sampe salah nginjek gas jd rem, rem jd kopling :big_slap:

Belom lagi footbrakenya juga ndak praktis blas. Bukan yg sekali injek sekali lepas kayak di serena misalnya. Tp malah kalo mau diaktifin kudu ungkit tuas di sebelah kanan setir deket pintu, baru ngelepasnya di pedal paling kiri....

Mana waktu itu mau ke lembang, dan jalanan macet sepanjang setiabudi, mana nanjak terus :big_cry:

Pas pulangnya gantian ane duduk di belakang, dan nyamannya emang juaraaa.
Penikmat roti tawar beroda
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: nyari mobil hobi : bmw 323i atau galant hiu

Post by octafiantos »

adty wrote: Nahh ane pernah pake ini di bandung, punya temen sih tp manual. Avoid manual deh kalo ambil ini. Pedal ada 4 bikin ane (dan menurut temen ane, beberapa temennya dia) juga awalnya kagok pakenya. Temen ane yg punya ini aja gabisa pakenya, dia pake apanjah matik.

Langsung deh dari kasus mati mesin, sampe salah nginjek gas jd rem, rem jd kopling :big_slap:

Belom lagi footbrakenya juga ndak praktis blas. Bukan yg sekali injek sekali lepas kayak di serena misalnya. Tp malah kalo mau diaktifin kudu ungkit tuas di sebelah kanan setir deket pintu, baru ngelepasnya di pedal paling kiri....

Mana waktu itu mau ke lembang, dan jalanan macet sepanjang setiabudi, mana nanjak terus :big_cry:

Pas pulangnya gantian ane duduk di belakang, dan nyamannya emang juaraaa.
Footbrakenya kan agak ke atas Om.
Secara natural kalo posisi kaki biasa ga akan keinjek. Dan aktifin sama releasenya W124 kayaknya ga gitu. Aktifin foot brakenya diinjek penuh, releasenya tarik tuas di dasbor sebelah kanan pake tangan. Cuman memang Benz dan BMW memang lebih cocok buat postur gede yang kakinya berat. Semua pedalnya -terutama Benz- berat, even pedal gasnya. Cuman dua mobil itu tipikal RWD, meskipun manual buat cruising pelan ga perlu injek setengah kopling tetep smooth sampe hampir berhenti masih ga perlu injek kopling. Dan karena pedalnya berat, kaki ga perlu geser tumpangin di pedal gapapa pedal ga keteken. Kalo udah crusing, kaki ditumpangin di pedal gas ga bakal nambah speed ga kaya pedal gas enteng. Ditaroin sendal aja ngacir :shrug:

Tapi ya 2015 sih, Benz -dan juga mobil lain- manual sih kalo gua udah males banget bawanya.
Udah ga ada nikmatnya pake mobil manual di Jakarta di luar hari dan jam ga normal :frm_bang_head:
Kavling kosong, bisa dikridit.
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: nyari mobil hobi : bmw 323i atau galant hiu

Post by adty »

octafiantos wrote:
adty wrote: Nahh ane pernah pake ini di bandung, punya temen sih tp manual. Avoid manual deh kalo ambil ini. Pedal ada 4 bikin ane (dan menurut temen ane, beberapa temennya dia) juga awalnya kagok pakenya. Temen ane yg punya ini aja gabisa pakenya, dia pake apanjah matik.

Langsung deh dari kasus mati mesin, sampe salah nginjek gas jd rem, rem jd kopling :big_slap:

Belom lagi footbrakenya juga ndak praktis blas. Bukan yg sekali injek sekali lepas kayak di serena misalnya. Tp malah kalo mau diaktifin kudu ungkit tuas di sebelah kanan setir deket pintu, baru ngelepasnya di pedal paling kiri....

Mana waktu itu mau ke lembang, dan jalanan macet sepanjang setiabudi, mana nanjak terus :big_cry:

Pas pulangnya gantian ane duduk di belakang, dan nyamannya emang juaraaa.
Footbrakenya kan agak ke atas Om.
Secara natural kalo posisi kaki biasa ga akan keinjek. Dan aktifin sama releasenya W124 kayaknya ga gitu. Aktifin foot brakenya diinjek penuh, releasenya tarik tuas di dasbor sebelah kanan pake tangan. Cuman memang Benz dan BMW memang lebih cocok buat postur gede yang kakinya berat. Semua pedalnya -terutama Benz- berat, even pedal gasnya. Cuman dua mobil itu tipikal RWD, meskipun manual buat cruising pelan ga perlu injek setengah kopling tetep smooth sampe hampir berhenti masih ga perlu injek kopling. Dan karena pedalnya berat, kaki ga perlu geser tumpangin di pedal gapapa pedal ga keteken. Kalo udah crusing, kaki ditumpangin di pedal gas ga bakal nambah speed ga kaya pedal gas enteng. Ditaroin sendal aja ngacir :shrug:

Tapi ya 2015 sih, Benz -dan juga mobil lain- manual sih kalo gua udah males banget bawanya.
Udah ga ada nikmatnya pake mobil manual di Jakarta di luar hari dan jam ga normal :frm_bang_head:
Eh iya kebalik ya hehe makasih koreksinya on Octa :D kalo footbrake emg agak tinggi posisinya, mungkin buat and posisi pedalnya agak aneh, Dan ane juga agak pendek hehe

Iya manual udah ga enak buat di kota besar, kecuali mau betis jadi berotot :mrgreen:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: nyari mobil hobi : bmw 323i atau galant hiu

Post by amfibi »

octafiantos wrote:
adty wrote: Nahh ane pernah pake ini di bandung, punya temen sih tp manual. Avoid manual deh kalo ambil ini. Pedal ada 4 bikin ane (dan menurut temen ane, beberapa temennya dia) juga awalnya kagok pakenya. Temen ane yg punya ini aja gabisa pakenya, dia pake apanjah matik.

Langsung deh dari kasus mati mesin, sampe salah nginjek gas jd rem, rem jd kopling :big_slap:

Belom lagi footbrakenya juga ndak praktis blas. Bukan yg sekali injek sekali lepas kayak di serena misalnya. Tp malah kalo mau diaktifin kudu ungkit tuas di sebelah kanan setir deket pintu, baru ngelepasnya di pedal paling kiri....

Mana waktu itu mau ke lembang, dan jalanan macet sepanjang setiabudi, mana nanjak terus :big_cry:

Pas pulangnya gantian ane duduk di belakang, dan nyamannya emang juaraaa.
Footbrakenya kan agak ke atas Om.
Secara natural kalo posisi kaki biasa ga akan keinjek. Dan aktifin sama releasenya W124 kayaknya ga gitu. Aktifin foot brakenya diinjek penuh, releasenya tarik tuas di dasbor sebelah kanan pake tangan
Lho bukannya buat release pake pedal footbrake & aktifin nya pake tuas tarik sebelah setir? seinget ane di mastepipis dirumah dulu gitu deh...
azizms
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Tue Apr 01, 2014 11:19

Re: nyari mobil hobi : bmw 323i atau galant hiu

Post by azizms »

Sekedar sharing pengalaman pegang BMW. dari kriteria agan dibawah ini silahkan dilihat:

1. Sedan (BMW paling OKE)
2. Max price 100 juta (BMW udah dapet)
3. Great performance ( BMW Jos)
4. Awet (minim kendala) ( Galan Hiu banget)
5. Desain oke dan harus nyaman ( BMW Jos)

klo dilihat list diatas BMW menang. tapi Nomor 4 dapat mengalahkan semuanya. jika agan beli BMW umur 10tahun keatas harap siapkan kantong buat ganti sparepart. apakah mahal? tidak semua. kampas rem, kopling dll masih 11.12 aja sama mobil japan. tapi klo udah bicara hal2 yang aneh seperti suspensi, sensor2 BMW bakal bikin miskin gan. ane pernah bawa BMW ke beres Semarang waktu itu ketemu SA Pak Heri. boil ane di vonis kerusakan Streering angle sensornya rusak harga sparepartnya 15jt. kwkwkwkwk. ampun dah
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: nyari mobil hobi : bmw 323i atau galant hiu

Post by POS VETT »

Mending E36-nya ke mana2.

RWD, 6-cyl, dan driving dynamics yang superior.

Kalau mau dimodif, ambil mesin S50 dan persneling 6-sp. Ganti suspensinya dengan yang M3 specs (tidak mahal) dan upgrade bushing2 yang dari bahan karet. Tambah cross brace dari model convertible dan rem M3.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: nyari mobil hobi : bmw 323i atau galant hiu

Post by jivos »

just my 2cents
klo maen eurocar, belanja part or service klo dompet ngga kuat jgn k beres, jebol itu kantong. klo sekedar ngechek/diag msh ok.

*spesialis yg mumpuni/ex dedengkot mekanik beres da byk bertebaran
*toko spart parts/importir/copotan banyak.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.