Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16803
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by ChZ »

Hehehe kalau money is no object ya jelas pasti harus beli mobil yang oom suka dong... :mrgreen:

dengan catatan istri sudah ACC, :mky_01: wanita serem bok kalo ngambek :ngacir:

Saya pun kalau jadi oom, punya duit, mobil impian bisa kebeli tanpa mengorbankan kebutuhan primer ya go for it pastinya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16803
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by ChZ »

andrijet wrote: Pssstt...
Servis gratis di BMW pelayanannya jelek banget lho om.
Skornya 3/10.
Sekelas Honda, Toyota, Nissan, sm Suzuki jauh lebih bagus!
Sorry saya bukan fansboy, jelek bagus ngomong yg sebenarnya.

Di salah satu beres kurang lebih gini jeleknya:
Janji mau servis jam 0800, SA-nya baru nongol hampir jam sembilan.
Gak ada mesin atau nomor antrian.
Jangan harap welcome drink.
Gak dijelaskan bagian apa saja yg mau diservis.
Gak dijelaskan selesai jam berapa.
Gak dijelaskan dimana Ruang Tunggunya yg tersembunyi itu.
Di Ruang Tunggunya jangan harap ada snack atau free wifi.
Tingkat keramahan dan kesigapan SA-nya benar-benar memprihatinkan.

Kapok deh servis disana.
Untungnya masih ada 3 beres lain yang pegang BMW di Indo.

*curhat dan OOT selesai
:mky_01:
Numpang sharing juga... ini kenapa saya gak percaya sama mayoritas bengkel resmi di Indonesia. Karena semua serba kejar target. 5 taon free service dengan kita gak tau yang dikerjain apa itu sesuatu loh oom, habis 5 taon tau tau maticnya rontok, nah lho. Segelondong ratusan juta dah keluar.

Saya sangsi dengan klaim-klaim bombastis dari ATPM sekarang, oli transmisi lifetime lah, ganti oli 10ribu KM sekali lah, doesn't make any sense. Dan masalahnya bengkel resmi mengikuti prosedur dari ATPM. Jadilah bikin saya makin males ke bengkel resmi. Mahal yang dikerjain gak jelas. Kalopun terpaksa ke bengkel resmi ya saya awasin itu mekaniknya, setiap di bengkel resmi gak pernah diem di ruang tunggu, selalu keliling liatin mekaniknya :big_biglaugh:

Maaf kalau saya terkesan negatif sekali, saya punya satu pengalaman sangat buruk dengan bengkel resmi dan pengalaman-pengalaman kurang menyenangkan di bengkel resmi lainnya plus digabung sama temen-temen saya yang gak cuma terjadi di mobil jepangan medioker tapi nyaris semua merek sampai Mercedes sekalipun, itu sudah cukup buat bikin saya gak menginjakkan kaki ke bengkel resmi untuk sekedar servis ringan, spare parts pun kalau ada di sentra onderdil ya gak mau ke BeRes saya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by andrijet »

ChZ wrote: Numpang sharing juga... ini kenapa saya gak percaya sama mayoritas bengkel resmi di Indonesia. Karena semua serba kejar target. 5 taon free service dengan kita gak tau yang dikerjain apa itu sesuatu loh oom, habis 5 taon tau tau maticnya rontok, nah lho. Segelondong ratusan juta dah keluar.

Saya sangsi dengan klaim-klaim bombastis dari ATPM sekarang, oli transmisi lifetime lah, ganti oli 10ribu KM sekali lah, doesn't make any sense. Dan masalahnya bengkel resmi mengikuti prosedur dari ATPM. Jadilah bikin saya makin males ke bengkel resmi. Mahal yang dikerjain gak jelas. Kalopun terpaksa ke bengkel resmi ya saya awasin itu mekaniknya, setiap di bengkel resmi gak pernah diem di ruang tunggu, selalu keliling liatin mekaniknya :big_biglaugh: jangan sampe ada yang diganti wa gak tau, ngerti-ngerti tagihannya keluar bikin dompet rontok.

Dari sekian banyak mobil yang orang tua saya punya, cuma 1 bengkel resmi yang saya percaya sampe sekarang. Sisanya mending bawa ke luar. Orang tua saya juga sudah mulai pelan-pelan mindset nya berubah sejak heavy repair SX4 di main dealer Suzuki di Surabaya kerjaannya super kacau. Mahal gak sesuai kualitas.
Olinya diganti oli curah lho...
Dari jerrycan gt bukan botolan.
Entah merk apa, viskositas gmn.
Diisi minyak goreng jg gak tau saya.
Salah saya gak tanya, salah mereka gak informatif.
Tapi filter oli dan sealnya diganti.
Dan ternyata ngereset systemnya bs dari dashboard gak dicolok ke komputer.
:big_chicken:
Vario saya aja kl servis dicolok ECU scanner, hehehe..
Sisi positifnya:
Mekaniknya ramah, cekatan, dan informatif.
Harusnya dipromosikan dia jd SA, dan sang SA belajar lg jd mekanik.

1-2minggu setelah servis saya ditelepon.
Berkeluh kesah lha saya disana.
Konon mau ditindaklanjuti via email.
Tp sampai skrg blm ada email masuk.
:big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16803
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by ChZ »

andrijet wrote: Olinya diganti oli curah lho...
Dari jerrycan gt bukan botolan.
Entah merk apa, viskositas gmn.
Diisi minyak goreng jg gak tau saya.
Salah saya gak tanya, salah mereka gak informatif.
Tapi filter oli dan sealnya diganti.
Dan ternyata ngereset systemnya bs dari dashboard gak dicolok ke komputer.
:big_chicken:
Vario saya aja kl servis dicolok ECU scanner, hehehe..
Sisi positifnya:
Mekaniknya ramah, cekatan, dan informatif.
Harusnya dipromosikan dia jd SA, dan sang SA belajar lg jd mekanik.

1-2minggu setelah servis saya ditelepon.
Berkeluh kesah lha saya disana.
Konon mau ditindaklanjuti via email.
Tp sampai skrg blm ada email masuk.
:big_bored:
Manual booknya juga banyakan misleading, oom andri. ML350 temen saya baru ketauan oli maticnya sudah minta diganti padahal kilo nya masih jauh dari 100ribu, masih around 50-60ribu. Klaimnya Mercedes 100ribu KM itu oli matic. Iye 100ribu kalau di Eropa masuk akal. Diturutin beneran di Indonesia mah ya ganti oli transmisi beserta transmisinya. :big_biglaugh:

Saya kalau urusan teknis lebih percaya sama mekanik, oom. Makanya keluhan biasa udah dari meja SA begitu situasi aman ane ke bengkel ngomong lagi sama mekaniknya. Kadang bengkel ya orang gak tau teknis ditaroh di meja SA, gimana mo bener coba kerjaannya :big_bored:

pernah saya di Suzuki servis Grand Vitara nyampein keluhan sama SA dijawab ketus "nanti ngomong sendiri sama mekaniknya ya, ko" :frm_bang_head: terus lu kerjanya apaannnnnnn :e-wall: :e-wall: :e-wall: well, SA kan ibarat "tameng" nya keluh kesah pemilik mobil. Kalau SA gak mau dengerin "curhat" konsumen, iya kalau konsumennya kayak saya yang gak tenang kalau belom ngobrol sama mekaniknya, kalau konsumennya cuek? :shrug:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by andrijet »

Kl BMW seh flexible indikator olinya.
Dibawa macet2 + ngetrack langsung drop minta ganti oli.
Kl dibawa jalanan lowong, range ganti olinya nambah.
Jd saya percaya sm MID-nya.
Gak terpatok buku servis atau claim pabrikan.
Kmrn sy ganti oli di 10.700KM sesuai MID.
Kanvas rem juga gt.
Dipake ngetrack langsung drop range ganti kanvasnya.
:mky_03:

Pengalaman di Bandung: Nissan Soekarno Hatta, Honda IBRM, sama Suzuki Indomobil oke pelayanan servisnya.
Dipantau ke mekaniknya jg sesuai sama yg dijanjikan.
Dan mrk gak maksa bwt ganti part kl kita gak mau.
Sayangnya mrk gak nraktir kl ada part yg rusak, hehehe..
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4388
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by ginting »

Mobil itu bukan cuma kebutuhan transport (bagi lelaki), tapi juga kebutuhan JIWA.
Kalau sekedar alat transport, maka papanja sdh memenuhi semua.

Kalau memang proses "pursuit of happiness" oom ke PJS, go for it.
Apalagi cicilan masih dibawah 35% gaji.

Ikuti kata hati, jangan ikuti rasio (.provided always :..... budget masih masuk)...ha ha hA ha.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by solar_kerosen »

Mellow wrote:Ternyata hampir semua menyarankan tetap ke pilihan pajero sport ya. Saya awalnya mengira yg menyarankan ke pilihan Mobilo atau HRV jg bnyak :mky_01:
Thanks guys, saya sudah mulai kembali tercerahkan... :mky_01:
Waktunya hunting PJS lagi :mky_08:
kalau pajero ada kan ada 2 tipe om 2wd dan 4wd kalau ambil yg 2wd mah sama aja kaya mobilio :wkkk: bonus lagi dikerjain dealer kalau garansi habis

masih dijalan raya 2wd dan 4wd gak ada bedanya nah kalau udah ketemu lumpur dalam itu baru bagai bumi dan langit :mky_03:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by dogar »

sekedar saran, kalau beli mobil bekas usahakan jangan ngutang karena mobil itu bukan investasi tapi cost center. excitement feelings punya barang idaman akan memudar seiring waktu digantikan rasa bosan. hari ini menggebu gebu pengen mobil X karena keren dsb., setelah dimiliki sebulan kemudian rasanya biasa aja, yg tersisa rasa dongkol harus nyicil tiap bulan (apalagi kalo mobilnya rewel). ini sekedar masukan aja ya.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by htannis »

jangan yg exceed kalau beli pjs, harus yg dakar
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
sandwich
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Sat May 26, 2007 8:16
Location: Surabaya

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by sandwich »

saya saran mobil dewa, toyota harrier si elang emas.. 2006-2007 Lpremium 260-280jt



:ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16803
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by ChZ »

sandwich wrote:saya saran mobil dewa, toyota harrier si elang emas.. 2006-2007 Lpremium 260-280jt



:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Hola bro sandwich :cupss: lama gak ketemu ne

saya juga sarankan Harrier si elang emas, cocok buat latian kesabaran :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by elraedrew »

OM. bunga nya KTA apa ga lebih tinggi dari bunga kredit mobil ?
coba dihitung2 lagi om..
kali itu 210 juta jadi dp... bisa dapat angsuran dibawah 3juta utk 2 tahun
tapi kalau sudah melalui perhitungan . ya go for pajeroo
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by vipere »

elrae wrote:OM. bunga nya KTA apa ga lebih tinggi dari bunga kredit mobil ?
coba dihitung2 lagi om..
kali itu 210 juta jadi dp... bisa dapat angsuran dibawah 3juta utk 2 tahun
tapi kalau sudah melalui perhitungan . ya go for pajeroo
bunga kta bisa 2 x lipat bunga KPM.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by amfibi »

Mellow wrote:
amfibi wrote:Kan TS mah udah biasa piara E46, berarti udah lulus test piara mobil jepang apa juga ... Gak perlu yg tahan banting kuadrat 3 binti sejuta umat bgt kyk D4D, avanza, mobilio, dsb, karna hampir semua jepangan akan terasa lebi enak rawatnya kalo pindah dr BMW ... :mky_03:

Go for Pajero Sport :mky_02:
Yup. Setelah piara bmw, saya jd ngerasa sudah lulus dari "kawah candradimuka" :big_smoking: , sudah digembleng, ditempa dengan pengalaman merawat mobil yg lebih menyita waktu, perhatian, tenaga serta finansial lebih bnyak daripada mobil jepangan yg pernah saya punya :big_peace: ..but it's worth it..it is worth the ultimate driving experience. :big_exellent: ...
Steering feedback yg luar biasa, sperti bisa meraba kontur jalan melalu setir, handling mobil yg cekatan & sasis yg rigid, sehingga bisa berdansa di jalan raya & menikung dengan stabil saat high speed.
Mesin inline six nya yg bersemangat, tenaganya sangat linear. mulai rpm 2000 s/d redline, jarum tachometer bergerak dengan konstan & cepat tanpa ragu, diiringi suara mesin yg merdu. Dan semua tenaga itu disalurkan ke tranmisi triptonik 5 speed dari ZF yg begitu cekatan...damn i miss my BMW E46 325i already :big_cry:

Yg jelas mulai sekarang setiap mobil yg saya kendarai pasti Saya bandingkan sensasi mengemudinya dengan bimmer yg pernah saya punya, one of the cars with the best handling. :mky_02:
Hihihi si om udah kena sensasi driving BMW + 6 cyl fenomenalnya :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Next car setelah PJS nya F30 baru lah ya om :mky_02:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by amfibi »

ChZ wrote:
andrijet wrote: Pssstt...
Servis gratis di BMW pelayanannya jelek banget lho om.
Skornya 3/10.
Sekelas Honda, Toyota, Nissan, sm Suzuki jauh lebih bagus!
Sorry saya bukan fansboy, jelek bagus ngomong yg sebenarnya.

Di salah satu beres kurang lebih gini jeleknya:
Janji mau servis jam 0800, SA-nya baru nongol hampir jam sembilan.
Gak ada mesin atau nomor antrian.
Jangan harap welcome drink.
Gak dijelaskan bagian apa saja yg mau diservis.
Gak dijelaskan selesai jam berapa.
Gak dijelaskan dimana Ruang Tunggunya yg tersembunyi itu.
Di Ruang Tunggunya jangan harap ada snack atau free wifi.
Tingkat keramahan dan kesigapan SA-nya benar-benar memprihatinkan.

Kapok deh servis disana.
Untungnya masih ada 3 beres lain yang pegang BMW di Indo.

*curhat dan OOT selesai
:mky_01:
Numpang sharing juga... ini kenapa saya gak percaya sama mayoritas bengkel resmi di Indonesia. Karena semua serba kejar target. 5 taon free service dengan kita gak tau yang dikerjain apa itu sesuatu loh oom, habis 5 taon tau tau maticnya rontok, nah lho. Segelondong ratusan juta dah keluar.

Saya sangsi dengan klaim-klaim bombastis dari ATPM sekarang, oli transmisi lifetime lah, ganti oli 10ribu KM sekali lah, doesn't make any sense. Dan masalahnya bengkel resmi mengikuti prosedur dari ATPM. Jadilah bikin saya makin males ke bengkel resmi. Mahal yang dikerjain gak jelas. Kalopun terpaksa ke bengkel resmi ya saya awasin itu mekaniknya, setiap di bengkel resmi gak pernah diem di ruang tunggu, selalu keliling liatin mekaniknya :big_biglaugh:

Maaf kalau saya terkesan negatif sekali, saya punya satu pengalaman sangat buruk dengan bengkel resmi dan pengalaman-pengalaman kurang menyenangkan di bengkel resmi lainnya plus digabung sama temen-temen saya yang gak cuma terjadi di mobil jepangan medioker tapi nyaris semua merek sampai Mercedes sekalipun, itu sudah cukup buat bikin saya gak menginjakkan kaki ke bengkel resmi untuk sekedar servis ringan, spare parts pun kalau ada di sentra onderdil ya gak mau ke BeRes saya.
Kalo oli transmisi di pabrikan2 eropa mah daridulu juga bilang lifetime ... Lifetime disini maksudnya memang bukan sampe selamanya, tp lifetime sampe transmisinya rusak di umur odonya udah 6 digit angka (kalo diluar kan biasanya segituan udh 5 tahun keatas & diitung mobil yg bisa discrap), ga perlu diganti ... :mky_01:

Diganti ATF nya direkomen banget, supaya umur transmisi nya jadi makin awet ... Dgn oli atf ga diganti aja bisa kuat sampe odo 6 digit, apalagi diganti, awet banget2 pastinya tuh ATF dibandingin tranny biasa yg perlu regular oil replacement per-period... :big_grin:
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by elraedrew »

vipere wrote:
elrae wrote:OM. bunga nya KTA apa ga lebih tinggi dari bunga kredit mobil ?
coba dihitung2 lagi om..
kali itu 210 juta jadi dp... bisa dapat angsuran dibawah 3juta utk 2 tahun
tapi kalau sudah melalui perhitungan . ya go for pajeroo
bunga kta bisa 2 x lipat bunga KPM.
nah setau saya juga begitu om
ayo om mellow dihitung2 lagi.,,,
selisih angsuran mustinya lumayan,, bisa untuk solar sama rekondisi mobil lagi.. hehe
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16803
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by ChZ »

amfibi wrote: Kalo oli transmisi di pabrikan2 eropa mah daridulu juga bilang lifetime ... Lifetime disini maksudnya memang bukan sampe selamanya, tp lifetime sampe transmisinya rusak di umur odonya udah 6 digit angka (kalo diluar kan biasanya segituan udh 5 tahun keatas & diitung mobil yg bisa discrap), ga perlu diganti ... :mky_01:

Diganti ATF nya direkomen banget, supaya umur transmisi nya jadi makin awet ... Dgn oli atf ga diganti aja bisa kuat sampe odo 6 digit, apalagi diganti, awet banget2 pastinya tuh ATF dibandingin tranny biasa yg perlu regular oil replacement per-period... :big_grin:
Nah makanya, orang kemaren ganti oli matiknya ML350 di bengkel "private" aja udah berantakan gitu penampakan olinya. Padahal odo masih dibawah 100k, mungkin around 50k.

Mekaniknya langsung bilang "iye maksudnya ganti oli per 100ribu kilometer sekalian ganti segelondong ama transmisinya, udah rontok" :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by F272 »

dogar wrote:sekedar saran, kalau beli mobil bekas usahakan jangan ngutang karena mobil itu bukan investasi tapi cost center. excitement feelings punya barang idaman akan memudar seiring waktu digantikan rasa bosan. hari ini menggebu gebu pengen mobil X karena keren dsb., setelah dimiliki sebulan kemudian rasanya biasa aja, yg tersisa rasa dongkol harus nyicil tiap bulan (apalagi kalo mobilnya rewel). ini sekedar masukan aja ya.
Ane pernah alamin itu Om..........

Beli (secara Kredit) CRV 2.4L tahun 2005 itu ane beli seken th. 2006 Rp. 235jt (Haraga baru saat itu Rp. 280jt kalo gasalah) Kondisi masih mulus luar dalem...
Km. juga masih sedikit...Awalnya ane berasa beruntung banget dapat mobil itu.. dipake juga enak banget apalagi saat itu type 2.400cc termasuk 'Limited' karena hanya berjumlah 10% saja dari type 2.000cc yang beredar dipasaran...

Namun semua seakan berubah ketika ane mulai service berkala ke Bengkel Resmi... (kebiasaan ane emang selalu service di BeRes)
Banding2 Harga dengan CRV sejenis dengan kondisi 100% baru..kok angsuran nya beda tipis.... :big_cry: :big_cry:
Belum lagi bandingkan kondisi mobil 100% baru.... serba cling .. hadeuh makin agak menyesal aja akhirnya.. hahaha...

Untuk obatin rasa menyesal itu akhirnya ane coba modif aja deh... sebelum akhirnya 2 tahun kemudian ane jual itu mobil dengan harga 210jt
Jadi sama aja ane pake 2th dengan membayar 25jt ... :mky_01: :mky_01:


Tapi ini hanya berdasarkan perasaan & pengalaman ane aja yah om om... belum tentu sama dengan om om lain .. :mky_02:
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by F272 »

htannis wrote:jangan yg exceed kalau beli pjs, harus yg dakar
Setujuuuuuuuu....!!!

User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by edward »

Saya bisa ikut merasakan psikologi dan rasa hati Om TS...
Kalo pilihannya seperti itu sih ambil PJS adalah pilihan paling logis.
Saran saya sih...coba aja rental sehari dulu buat nyobain PJS,lalu bawa keliling dan di proyeksikan ini akan menjadi mobil perang sehari2,bawa ke mall,bawa belanja,apakah loading unloadingnya easy atau terlalu tinggi,apakah ride and riding nya enak ketika ketika jalan mulus maupun jalan tak terurus dan juga ketika ketemu polisi tidur maupun polisi beneran...(yg polisi beneran buat apa jugaaaa)

Tentu saja bagi mas TS ini lompatan yg cukup besar,,dr empuknya sedan BMW lalu membawa sebuah truk kecil mewah bernama SUV PJS,percayalah kalo nyetir sedan ,kepala harus longok2,yg ini ga pake longok2 lagi.
Dan kalo biasanya ketemu gundukan atau jalan rusak harus extra care biar ga gasrot dg SUV tinggi kita bisa cuekin dan masuk off road ringanpuu OK2 aja..

Yg agak mengganjal di benak saya cuma kenapa si Om ambilnya manual?bukankah yg matik lbh enak dan lbh meringankan kerja pak sopir?
Saya tau nya setelah pake ecosport titanium matic,hem ternyata mobil matik enak biangets...hehehe...happy hunting,semoga mendapatkan jodoh yg PJS yg tepat!

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 487
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by lawyerone »

Vote for Captiva Diesel 2011/2012. Koko ane pake Captiva 2011 sampe sekarang masih enak tuh. No issue aneh aneh kog (mungkin yang banyak issue yg model pre-fl?). PS: suka dibawa jalan jauh dan masih super oke, banyak dipake jalan keliling jawa bali juga

Dari segi comfort jauh lebih enak dari Pajero, dan interior ga cheaper kayak interior si mitsu. Cuman iya sih model non-jepang.

Cuman untuk harga menurut ane masuk ke budget om. Dan sejauh ini saya liat biaya perawatan masih wajar kog :)
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by dogar »

vipere wrote:
elrae wrote:OM. bunga nya KTA apa ga lebih tinggi dari bunga kredit mobil ?
coba dihitung2 lagi om..
kali itu 210 juta jadi dp... bisa dapat angsuran dibawah 3juta utk 2 tahun
tapi kalau sudah melalui perhitungan . ya go for pajeroo
bunga kta bisa 2 x lipat bunga KPM.
Tergantung KTA nya jenis apa.
Saya pernah ditawari KTA dari bank M, tapi jenis KTA Payroll dimana bayar cicilan langsung potong dari gaji karena
perusahaan gajiannya lewat bank M. Jadi pihak bank hampir tidak punya risiko cicilan mandeg (kecuali karyawan berhenti bekerja/perusahaan bangkrut).
Saya bandingin dengan KPM dari bank N untuk nilai dan tenor yang sama, surprisingly ternyata cicilannya lebih kecil KTA Payroll.
Tapi ini khusus KTA Payroll ya, kalo KTA regular sih pasti bunganya lebih gede dari KPM wong ngga ada agunan apa2.
Keuntungan lain dari KTA, BPKB langsung kita pegang sendiri alias bisa dijual kapan aja itu mobil tanpa harus repot lunasin cicilan dulu.

However, saya tetep tidak menganjurkan nyicil mobil bekas.
Total cost of ownership nya jadi semakin tinggi karena bunga+resale value yg turun+kemungkinan ada kerusakan tak terduga.
'Rugi'nya bisa berlipet lipet.
Tapi kalau ego sudah berbicara (alias rasa pengen yg tak tertahankan), apa mau dikata :D.
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Mohon Saran, Pajero Bekas Vs Mobilio/HRV (Baru)

Post by dogar »

F 272 wrote: Ane pernah alamin itu Om..........

Beli (secara Kredit) CRV 2.4L tahun 2005 itu ane beli seken th. 2006 Rp. 235jt (Haraga baru saat itu Rp. 280jt kalo gasalah) Kondisi masih mulus luar dalem...
Km. juga masih sedikit...Awalnya ane berasa beruntung banget dapat mobil itu.. dipake juga enak banget apalagi saat itu type 2.400cc termasuk 'Limited' karena hanya berjumlah 10% saja dari type 2.000cc yang beredar dipasaran...

Namun semua seakan berubah ketika ane mulai service berkala ke Bengkel Resmi... (kebiasaan ane emang selalu service di BeRes)
Banding2 Harga dengan CRV sejenis dengan kondisi 100% baru..kok angsuran nya beda tipis.... :big_cry: :big_cry:
Belum lagi bandingkan kondisi mobil 100% baru.... serba cling .. hadeuh makin agak menyesal aja akhirnya.. hahaha...

Untuk obatin rasa menyesal itu akhirnya ane coba modif aja deh... sebelum akhirnya 2 tahun kemudian ane jual itu mobil dengan harga 210jt
Jadi sama aja ane pake 2th dengan membayar 25jt ... :mky_01: :mky_01:


Tapi ini hanya berdasarkan perasaan & pengalaman ane aja yah om om... belum tentu sama dengan om om lain .. :mky_02:
Wah untung harga jual kembalinya masih bagus tuh.
25 juta / 24 = +/- 1 juta /bulan, berarti kalo dianggap ngerental jatohnya cuman +/-35 ribu per hari. Ongkos rental termurah sedunia :D.
Eh tapi udah dimodif ya. Ongkos modifnya berapa? Waktu dijual dipretelin lagi ngga asesorisnya? Kalo ngga ya itungannya beda lagi hehe.

Walaupun tahun muda, feeling punya mobil baru dan 'agak baru' itu emang beda sih.
Karena yang kita dapat dari mobil baru bukan cuman bau interiornya yg beda (ngga penting banget :D), tapi rasa 'aman dan yakin' nya itu loh yg
kadang sulit dinilai dgn uang.