(ASK) Pengalaman di Sentul
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
Oh iya brake line bener tuh ganti yg stainless steel braided. Berapa lap tergantung dari rem, suhu mesin sama oli yg mana duluan yg kalah. Pertama Kali ke sentul baru 2-3 lap rem modar, kalau brake fluid udah nguap bahaya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
itu dot 5.1 om?b0ku wrote:
satu lagi boss lupa jgn lupa minyak remnya ganti yg boiling pointnya lebih tinggi tapi jangan sampe pake racing grade karena takutnya seal2x di dalem master rem gak kuat akhirnya jd lebih cepet blong remnya![]()
gw seh pake ATE buat freed itu aja waktu dibawa ngebut di gunung citarik seh rem ampe ngebul semua sampe tujuan![]()
apa baiknya ane bawa fluid cadangan om? apa cukup tunggu dingin lg lgsg go?teppey wrote:Oh iya brake line bener tuh ganti yg stainless steel braided. Berapa lap tergantung dari rem, suhu mesin sama oli yg mana duluan yg kalah. Pertama Kali ke sentul baru 2-3 lap rem modar, kalau brake fluid udah nguap bahaya.
oiya, misalnya ane jadinya trackday pake FD1 AT. transmisi maticnya kuat ga ya? rencana mau manfaatin paddle shift nih (biar lambat tp lumayan lah buat downshift). ada yg pernah pengalaman track day pake matic?
kalo udah begini rasanya jd pgn balik ke manual, kangen heel n toe

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
masih kalah sama freed chassisnya, tetap abis disalip ayla, aylanya disalip freedpatrickstar wrote:Awas om, pas kenceng-kencengnya, tahu-tahu disalip ayla
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
waktu itu saya diundang di circuit sentul oleh salah satu merk ban, pake mobil honda sedan terbaru, maaf yah cuman IMHO loh, menurut saya sih underpower dan membosankan, mainin paddleshift nya juga bikin ngantuk, saling underpowernya saya pikir itu honda city 1500cc, eh gak taunya honda civic 1800cc model terbaruegibaio wrote:itu dot 5.1 om?b0ku wrote:
satu lagi boss lupa jgn lupa minyak remnya ganti yg boiling pointnya lebih tinggi tapi jangan sampe pake racing grade karena takutnya seal2x di dalem master rem gak kuat akhirnya jd lebih cepet blong remnya![]()
gw seh pake ATE buat freed itu aja waktu dibawa ngebut di gunung citarik seh rem ampe ngebul semua sampe tujuan![]()
apa baiknya ane bawa fluid cadangan om? apa cukup tunggu dingin lg lgsg go?teppey wrote:Oh iya brake line bener tuh ganti yg stainless steel braided. Berapa lap tergantung dari rem, suhu mesin sama oli yg mana duluan yg kalah. Pertama Kali ke sentul baru 2-3 lap rem modar, kalau brake fluid udah nguap bahaya.
oiya, misalnya ane jadinya trackday pake FD1 AT. transmisi maticnya kuat ga ya? rencana mau manfaatin paddle shift nih (biar lambat tp lumayan lah buat downshift). ada yg pernah pengalaman track day pake matic?
kalo udah begini rasanya jd pgn balik ke manual, kangen heel n toe

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
htannis wrote:
waktu itu saya diundang di circuit sentul oleh salah satu merk ban, pake mobil honda sedan terbaru, maaf yah cuman IMHO loh, menurut saya sih underpower dan membosankan, mainin paddleshift nya juga bikin ngantuk, saling underpowernya saya pikir itu honda city 1500cc, eh gak taunya honda civic 1800cc model terbaru
city sama civic emang ga beda jauh kok om wkwk civic cuma menang di >100kmh kalo ane rasa rasa sih, rasio maticnya kurang manusiawi emg honda. Gear 3 sampe 175 km/h buat mesin 1.8 liter SOHC

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6437
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
itu dot 4 boss gw gak berani naek banyak2x std honda dot3 takut sealnya gak kuat akhirnya rem gw blongnya cepetegibaio wrote:itu dot 5.1 om?b0ku wrote:
satu lagi boss lupa jgn lupa minyak remnya ganti yg boiling pointnya lebih tinggi tapi jangan sampe pake racing grade karena takutnya seal2x di dalem master rem gak kuat akhirnya jd lebih cepet blong remnya![]()
gw seh pake ATE buat freed itu aja waktu dibawa ngebut di gunung citarik seh rem ampe ngebul semua sampe tujuan![]()
oiya, misalnya ane jadinya trackday pake FD1 AT. transmisi maticnya kuat ga ya? rencana mau manfaatin paddle shift nih (biar lambat tp lumayan lah buat downshift). ada yg pernah pengalaman track day pake matic?
kalo udah begini rasanya jd pgn balik ke manual, kangen heel n toe

kalo maenin paddle gw gak recomend dulu CRV gw tiap weekend gw hajar 180kmh gigi 3 maticnya ending2xnya rontok tuh kopling bubar byar turun gearbox abis 8jt


kalo emang mau matic bisa2x aja cuma loe pasrahin aja di D
gw lebih recomend seh GK5 soalnya tangki bensin di depan pantatnya jd enteng malah jadi gampang loe slide di tikungan tinggal modal hardbraking aja sambil banting setir

minyak rem mustinya seh gak usah kawatir gw pake buat ngebut2x ngetrack naek turun gunung baek2x aja kok

sorry boss buat sekaliber loe accord aja mungkin powernya berasa loyo karena biasa dijambak torsi gede D4D tuninganhtannis wrote:
waktu itu saya diundang di circuit sentul oleh salah satu merk ban, pake mobil honda sedan terbaru, maaf yah cuman IMHO loh, menurut saya sih underpower dan membosankan, mainin paddleshift nya juga bikin ngantuk, saling underpowernya saya pikir itu honda city 1500cc, eh gak taunya honda civic 1800cc model terbaru

tapi kalo di track power gede kadang bisa jadi senjata makan tuan kalo body mobilnya gak bisa handle

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
Buat masukan aja kalau bingung pakai Mobil yg mana, dikirim aja kalau amit2 accident happens Mobil mana yg lebih direlakan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
iya gua tau bos tenang aja sekarang lurus aja kl map yg kenceng 1/3 throttle aja chassis gua dah gak bisa handle apalagi kalau di tikunganb0ku wrote:itu dot 4 boss gw gak berani naek banyak2x std honda dot3 takut sealnya gak kuat akhirnya rem gw blongnya cepetegibaio wrote:itu dot 5.1 om?b0ku wrote:
satu lagi boss lupa jgn lupa minyak remnya ganti yg boiling pointnya lebih tinggi tapi jangan sampe pake racing grade karena takutnya seal2x di dalem master rem gak kuat akhirnya jd lebih cepet blong remnya![]()
gw seh pake ATE buat freed itu aja waktu dibawa ngebut di gunung citarik seh rem ampe ngebul semua sampe tujuan![]()
oiya, misalnya ane jadinya trackday pake FD1 AT. transmisi maticnya kuat ga ya? rencana mau manfaatin paddle shift nih (biar lambat tp lumayan lah buat downshift). ada yg pernah pengalaman track day pake matic?
kalo udah begini rasanya jd pgn balik ke manual, kangen heel n toe![]()
kalo maenin paddle gw gak recomend dulu CRV gw tiap weekend gw hajar 180kmh gigi 3 maticnya ending2xnya rontok tuh kopling bubar byar turun gearbox abis 8jt![]()
kalo emang mau matic bisa2x aja cuma loe pasrahin aja di D
gw lebih recomend seh GK5 soalnya tangki bensin di depan pantatnya jd enteng malah jadi gampang loe slide di tikungan tinggal modal hardbraking aja sambil banting setir![]()
minyak rem mustinya seh gak usah kawatir gw pake buat ngebut2x ngetrack naek turun gunung baek2x aja kok![]()
sorry boss buat sekaliber loe accord aja mungkin powernya berasa loyo karena biasa dijambak torsi gede D4D tuninganhtannis wrote:
waktu itu saya diundang di circuit sentul oleh salah satu merk ban, pake mobil honda sedan terbaru, maaf yah cuman IMHO loh, menurut saya sih underpower dan membosankan, mainin paddleshift nya juga bikin ngantuk, saling underpowernya saya pikir itu honda city 1500cc, eh gak taunya honda civic 1800cc model terbaru![]()
tapi kalo di track power gede kadang bisa jadi senjata makan tuan kalo body mobilnya gak bisa handle

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27667
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
tetep smua bakal kalahh dehh dijamin
kl lawan the almighty
daihatsu alya M sportline dgn procapacitor d smua kabel dan selang2... plus air radiator isi air ledeng super purify yg ud di elektrolisis pake listrik gledek...
kl lawan the almighty
daihatsu alya M sportline dgn procapacitor d smua kabel dan selang2... plus air radiator isi air ledeng super purify yg ud di elektrolisis pake listrik gledek...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
Mungkin si alya bisa disalip sama predecessornya...DOHC wrote:tetep smua bakal kalahh dehh dijamin
kl lawan the almighty
daihatsu alya M sportline dgn procapacitor d smua kabel dan selang2... plus air radiator isi air ledeng super purify yg ud di elektrolisis pake listrik gledek...

695kg, kaki2 full independent, bisa diswap 660cc turbo bila diperlukan

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5964
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
DOHC wrote:tetep smua bakal kalahh dehh dijamin
kl lawan the almighty
daihatsu alya M sportline dgn procapacitor d smua kabel dan selang2... plus air radiator isi air ledeng super purify yg ud di elektrolisis pake listrik gledek...

Maaf cuma numpang ketawa di trit ini tapi ga punya ko tribusi untuk ditambahkan.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6437
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
malah cakepan ini gw malah curiga chasisnya jg bagusan ini malahanamfibi wrote:Mungkin si alya bisa disalip sama predecessornya...DOHC wrote:tetep smua bakal kalahh dehh dijamin
kl lawan the almighty
daihatsu alya M sportline dgn procapacitor d smua kabel dan selang2... plus air radiator isi air ledeng super purify yg ud di elektrolisis pake listrik gledek...
695kg, kaki2 full independent, bisa diswap 660cc turbo bila diperlukan

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
kalo ke sentul ane malah demen lihat cewek2nya.....
...kalo ada monyetnya belaga lihat mobil atau motornya....
kalo ke gap lagi....pura2 ngerokok....
....ane masih sayang ma kendaraan buat pacu2an....mending pacu berai aja ...hehehhehe




-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1626
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
Setuju , meski kalah tampang sepertinya ia masih menjunjung nilai perikemobilanb0ku wrote:malah cakepan ini gw malah curiga chasisnya jg bagusan ini malahanamfibi wrote:Mungkin si alya bisa disalip sama predecessornya...DOHC wrote:tetep smua bakal kalahh dehh dijamin
kl lawan the almighty
daihatsu alya M sportline dgn procapacitor d smua kabel dan selang2... plus air radiator isi air ledeng super purify yg ud di elektrolisis pake listrik gledek...
695kg, kaki2 full independent, bisa diswap 660cc turbo bila diperlukan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 442
- Joined: Wed Aug 01, 2012 6:33
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
Udh serius2 baca.. Eh ada comment ginian.patrickstar wrote:Awas om, pas kenceng-kencengnya, tahu-tahu disalip ayla



Kayak feroza2 ada emblem 5speed
Tu alya di blakangnya ada emblem 3speed

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
Halo om om sekalian, jadinya sabtu saya mau ke sentul nih iseng-iseng nambah pengalaman pake FD1. Nah sejauh ini saya udah ganti oli, filter, torsi ulang kaki2 dan ganti ATF. Brake fluid saya belum ganti soalnya kmrn di Honda cuma ada DOT3. I'm not trying to be competitive, but still I dont want things to go wrong
Nah pertanyaannya
1. Brake Fluid akan saya ganti jadi DOT4. Is it sufficient? Ada pertimbangan lain ga sih kalau ganti brake fluid selain lihat DOT nya?
2. Nah brake pads, ini cukup tricky menurut saya. OEMnya kalau saya baca sebenernya udah semi metallic, udah cukup kah? Atau harus saya upgrade dengan bahan lain? Any suggestion?
3. Ada checklist lain yang perlu saya coba kah?
Terima kasih om om sekalian
Nah pertanyaannya
1. Brake Fluid akan saya ganti jadi DOT4. Is it sufficient? Ada pertimbangan lain ga sih kalau ganti brake fluid selain lihat DOT nya?
2. Nah brake pads, ini cukup tricky menurut saya. OEMnya kalau saya baca sebenernya udah semi metallic, udah cukup kah? Atau harus saya upgrade dengan bahan lain? Any suggestion?
3. Ada checklist lain yang perlu saya coba kah?
Terima kasih om om sekalian
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sun Mar 20, 2016 13:17
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
Izin komeng gan
Klw boleh saran cek unsur sefty nya gan seat belt dkk
Dulu pernah ikut ngawal temen ikut isom seris tapi kelas capung alias clasic car nya klw menurt gw persiapan si om sudah ok semua sekedar saran waktu nyoba ngaspal klw kita push mobil mungkin waktu tempuh 30 menit per season udah cukup supaya rem sama ban gak terlalu over heat
Klw boleh saran cek unsur sefty nya gan seat belt dkk
Dulu pernah ikut ngawal temen ikut isom seris tapi kelas capung alias clasic car nya klw menurt gw persiapan si om sudah ok semua sekedar saran waktu nyoba ngaspal klw kita push mobil mungkin waktu tempuh 30 menit per season udah cukup supaya rem sama ban gak terlalu over heat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
Kayanya pakai dot 5.1 masih aman, asal jangan pakai dot 5.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
Siap om bujang terima kasih sarannya untuk safety. Kebetulan event yang saya ikutin sabtu nanti per sesinya cuma 15 menit dan mungkin dapet 4-5 kali giliran. Harusnya ga terlalu berat ke mobil karena ada waktu cooling down.Bujangku wrote:Izin komeng gan
Klw boleh saran cek unsur sefty nya gan seat belt dkk
Dulu pernah ikut ngawal temen ikut isom seris tapi kelas capung alias clasic car nya klw menurt gw persiapan si om sudah ok semua sekedar saran waktu nyoba ngaspal klw kita push mobil mungkin waktu tempuh 30 menit per season udah cukup supaya rem sama ban gak terlalu over heat
Siap om teppey. Saya kadang suka bingung dot 5.1 dan dot 5 kadang ketuker di kepala hahaha. Saya mau cari deh besok mungkin antara dot 4 nya ATE kayak kata om boku atau go for 5.1 sekalian. Soal brake pad apa ada saran om? Material apa ya yg cocok? OEM civic setau saya semi-metallic (CMIIW)teppey wrote:Kayanya pakai dot 5.1 masih aman, asal jangan pakai dot 5.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Mon Mar 14, 2016 15:28
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
pernah ane dulu ikut latihan di sentul.. pake motor tp.. saking enaknya ngebut di lurusnya nyelonong ke grapel terus pas mw masuk tikungan.. baru 3 lap dah nyerah.. hehe..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11836
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
Ini dr 6 bulan yg lalu sejak TS buka trit belom jalan juga ke sentul? Ayo buruan keburu taun baru lagi ..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
Hahaha ga ada temen sih omOmnibus wrote:Ini dr 6 bulan yg lalu sejak TS buka trit belom jalan juga ke sentul? Ayo buruan keburu taun baru lagi ..

Wah nyerah kenapa om wkwk. Susah ga om keluar dr gravel?ozoy22 wrote:pernah ane dulu ikut latihan di sentul.. pake motor tp.. saking enaknya ngebut di lurusnya nyelonong ke grapel terus pas mw masuk tikungan.. baru 3 lap dah nyerah.. hehe..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
Keluar dari gravel mesti di Derek deh. Kalau brakepad oem rasanya ga kuat, mereka kan intended for street use, mesti lihat spek temperature nya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
Btw cek ulang kaki maksudnya spooring kan? Cek ban juga, gripnya masih bagus ga, tar ga bisa ngerem lagi
Sent from my SM-N910H using Tapatalk
Sent from my SM-N910H using Tapatalk
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sun Mar 20, 2016 13:17
Re: (ASK) Pengalaman di Sentul
Ayo om ts muterin sentul nanti klw sudah dapet feal nya n racing line ikutan seri isom ada banyak clas termasuk retro car n clasic car