Mengapa Kei Car populasi "langka" di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by newrubble »

ini bkn pertama x xenia mi mrk pakai overloaded bgt ... ampir tiap thn sejak 2008

enam dewasa suami istri ...tujuh anak anak kecil ... satu bayi lima bulan umur

row3 mrk copot ganti kasur

sy kirim.mrk wang cukup sewa dua kijang tapi mrk pilih ini (spt biasa) krn kijang kata mrk bensin boros n wang lebih mrk pakai u makan makan
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by hariy »

amfibi wrote:
newrubble wrote:ied thn kmarin (august) bekas tukang kebon sy chartered satu xenia mi dr pdk indah ke kampung dia di jepara ... 14 orang trmsk supir (dia sendiri)

dr situ dia jalan ke mertua dia di jember ... pulangnya dia mampir gunungkidul dekat jocja (?)

sepuluh hari kmudian baru pdk indah lg dg bgt byk barang diatas atap mobil

jaman sampai th 89 dulu di bandung kota byk honda tn7 ute jadi opelet angkot ... spt juga daihatsu360 ute
14 penumpang...mobil sekecil itu...1000cc???
Maklum, om...orang jepara kan biasa uji nyali.....
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by PRBS »

newrubble wrote:ini bkn pertama x xenia mi mrk pakai overloaded bgt ... ampir tiap thn sejak 2008

enam dewasa suami istri ...tujuh anak anak kecil ... satu bayi lima bulan umur

row3 mrk copot ganti kasur

sy kirim.mrk wang cukup sewa dua kijang tapi mrk pilih ini (spt biasa) krn kijang kata mrk bensin boros n wang lebih mrk pakai u makan makan
saya ga kebayang jadi pihak owner yg menyewakan xenia tersebut. lihat kondisi mobil sewanya dipecut habis2an seperti itu. haha sorry OOT ya.

btw, daihatsu walaupun 1000cc memang kuat sih saya akui, pernah sewa di malang naik ke bromo (7 orang) dan itu kuat2 aja nanjak.(serena C26 saya tahun lalu saya bawa ke bromo aja lemot banget nanjaknya. (3 orang)ya karena cvt sih keknya) tapi saya ga ngerti xenianya panas atau ga, lah wong ga ada indikator temp nya.
User avatar
sirahngelu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
Location: Surabaya

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by sirahngelu »

newrubble wrote:ini bkn pertama x xenia mi mrk pakai overloaded bgt ... ampir tiap thn sejak 2008

enam dewasa suami istri ...tujuh anak anak kecil ... satu bayi lima bulan umur

row3 mrk copot ganti kasur

sy kirim.mrk wang cukup sewa dua kijang tapi mrk pilih ini (spt biasa) krn kijang kata mrk bensin boros n wang lebih mrk pakai u makan makan

Wahahaha,
kenyamanan/keselamatan dikalahkan makan-makan.
Lain kali jangan diberi uang Om, langsung disewakan mobil saja.

Code: Select all

opensource enthusiast.

alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: RE: Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by alamsandiwijaya »

ChZ wrote:K-Car masuk pun nggak akan cocok dengan kondisi di Indonesia.

Orang Indonesia itu guyubnya luar biasa... Mobil hatchback 5-penumpang aja bisa diseselin sampe 7 orang... mobil MPV 7-penumpang aja diseselin sampe 10-12 penumpang. Nggak kurang gila apah? Saya ni kadang miris kalau musim liburan liat mobil overload sampe nungging.

Trus dengan kondisi seperti itu, diajak nantang tanjakan yang rata - rata terjal ? MPV 1300cc aja ngos-ngosan kok mau dibawah 1000cc :big_slap:

Masukin K-Car 4WD? Pajaknya brooo

Buat negara yang "kurang aturan" kayak di Indonesia sih lebih cocok MPV kecil aja dibanding K-Car...
Ada benarnya juga,bapak saya pakai ipah bensin matic yang katanya "boros" dan "lemot" kata SM sini. Tuh masih kuat nanjak (jakarta-puncak). Mobil 8 orang isi 13 orang,ane aja gak enak duduknya,tidur aja susah. Tau gini ane belajar naik mobil,beli mobil LGCC,nekad nyetir sendiri,meski belum bisa nyetir,bikin SIM tembak. Drpada nyesek-nyesekan kayak gitu

Orang Indonesia emang gila,mobil yg ada batasan seats malah di paksaain, lebih penting "kebersamaan" drpada "nyawa" :big_dunno:

Tipikal Orang Indonesia "Yang penting muat banyak dan nyampai di tujuan,tanpa melihat safety"

Mobil super gede kayak Hyundai H1,VW Transporter,VW Multivan,VW Caravelle yang muat 9-12 orang malah di pasksaiin buat 15-20 orang wkwkwkwkwkwk :mky_01: :mky_02: :big_chicken:


Sent from my D5322 using Tapatalk
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by newrubble »

sy lg jauh dr jakarta jadi mau lsg bayar sewa mobil ke pak haji yg owner ga bs ...

level tukang kebon sdh di bikin pintar tetap sj berharap wang drpd barang

wkt dulu sy di jakarta (sdh lama.mgkn brp thn lalu)pas sedang omong omong sama tukang kebon ini di depan tv ...ada brita satu penyanyi dangdut single accident dg xenia isi 11 orang n istri si dangdut itu mati

tukang kebon bilang ...wah isinya cuma 11 memang masih kurang stabil ... harusnya 14 (sambil dia geleng geleng kepala)
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by imingwahyudi »

PRBS wrote:
imingwahyudi wrote:CMIIW real kei car dibatasi wheelbase dan limitasi kubikasi mesin oom...untuk exact values nya gak saya hafal :D


Karimun 1st gen pun gak masuk kategori kei car karena itu adalah versi melarnya WagonR JDM...


Sayang gak diseriusin pasar kei car...kasihkan mobil kecil yang fully featured...i'll be so happy :mky_01:
oh i see.. setelah lihat di wiki. kei car (1980-present) itu golongan 660cc. makanya karimun kotak dan wagon r (kalo disini versi maruti ya) ga termasuk.

kalo LCGC (low cost green car) agak mirip2 dengan konsep kei car ya. kalau di jepang, kei car kan designed to comply with Japanese government tax and insurance regulations, and in most rural areas are exempted from the requirement to certify that adequate parking is available for the vehicle. <-- menurut wiki.

cuma kalo kei car golongan 660cc sedangkan LCGC untuk bensin max 1200cc atau 1/20 dan fiturnya sunatan.

btw, kalo real kei car masuk sini sih saya juga bahagia niaan.

samaaaa :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: parkirin gampang...nyuci mobil gak capek...fully featured...aih :big_love:


LCGC fully featured bisa mepet mepet Machi trim atas harganya :big_bored:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by y_anjasrana »

Tp jujur aja naik mobil mungil itu enak lho... Terakhir pakai mobil yg dimensinya mendekati kei car, hyundai atoz, dgn panjang 3,5m, bisa muter di gang komplek kayak bajaj. mobil lain hrs mundur jauh......
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
sirahngelu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
Location: Surabaya

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by sirahngelu »

y_anjasrana wrote:Tp jujur aja naik mobil mungil itu enak lho... Terakhir pakai mobil yg dimensinya mendekati kei car, hyundai atoz, dgn panjang 3,5m, bisa muter di gang komplek kayak bajaj. mobil lain hrs mundur jauh......
Aku pernah punya hyundai atoz.
Gak enaknya kalau lewat poldur, pas macet, ada lobang di jalan.
Pokoknya yang mengharuskan ngerem terus ngegas.
Mesin kecil, body ringan jd ndut-ndutan pas stop and go.

Kalau gak ada poldur, jalan mulus, nggak ada macet enak juga pake mobil kecil.
Mobil kecil yg paling enak yang pernah saya coba itu honda brio matic,
meski menurutku masih mendingan naikannya all new avanza.

Code: Select all

opensource enthusiast.

User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by amfibi »

sirahngelu wrote:
y_anjasrana wrote:Tp jujur aja naik mobil mungil itu enak lho... Terakhir pakai mobil yg dimensinya mendekati kei car, hyundai atoz, dgn panjang 3,5m, bisa muter di gang komplek kayak bajaj. mobil lain hrs mundur jauh......
Aku pernah punya hyundai atoz.
Gak enaknya kalau lewat poldur, pas macet, ada lobang di jalan.
Pokoknya yang mengharuskan ngerem terus ngegas.
Mesin kecil, body ringan jd ndut-ndutan pas stop and go.

Kalau gak ada poldur, jalan mulus, nggak ada macet enak juga pake mobil kecil.
Mobil kecil yg paling enak yang pernah saya coba itu honda brio matic,
meski menurutku masih mendingan naikannya all new avanza.
Atoznya yg 1.1 (fl) apa 1.0 om?
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by amfibi »

hariy wrote:
amfibi wrote:
newrubble wrote:ied thn kmarin (august) bekas tukang kebon sy chartered satu xenia mi dr pdk indah ke kampung dia di jepara ... 14 orang trmsk supir (dia sendiri)

dr situ dia jalan ke mertua dia di jember ... pulangnya dia mampir gunungkidul dekat jocja (?)

sepuluh hari kmudian baru pdk indah lg dg bgt byk barang diatas atap mobil

jaman sampai th 89 dulu di bandung kota byk honda tn7 ute jadi opelet angkot ... spt juga daihatsu360 ute
14 penumpang...mobil sekecil itu...1000cc???
Maklum, om...orang jepara kan biasa uji nyali.....
Uji nyali tembus dunia ghaib yh om.... :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: RE: Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by DOHC »

alamsandiwijaya wrote: Ada benarnya juga,bapak saya pakai ipah bensin matic yang katanya "boros" dan "lemot" kata SM sini. Tuh masih kuat nanjak (jakarta-puncak). Mobil 8 orang isi 13 orang,ane aja gak enak duduknya,tidur aja susah. Tau gini ane belajar naik mobil,beli mobil LGCC,nekad nyetir sendiri,meski belum bisa nyetir,bikin SIM tembak. Drpada nyesek-nyesekan kayak gitu
ipah mahh ga aneh bsa gila2an gt... ini dr enjin, sasis, ampe kaki2 turunan nya hilux... siap di pecut gila2an...

beberapa taon silam waktu dpt kerjaan yg harus wara wiri pantura... sering ane penuhin ipah ane barang2 (ampir 150 kg) dan 7 orang dewasa... fine2 aj... bearing masi gapapa dri lahir ampe skrg... plg banter cuman ganti shock blakang doank dan ban sekali gegara tol b*krie keparat itu...itu pun jg stelah perjalanan beberapa kali nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sirahngelu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
Location: Surabaya

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by sirahngelu »

amfibi wrote:
sirahngelu wrote:
y_anjasrana wrote:Tp jujur aja naik mobil mungil itu enak lho... Terakhir pakai mobil yg dimensinya mendekati kei car, hyundai atoz, dgn panjang 3,5m, bisa muter di gang komplek kayak bajaj. mobil lain hrs mundur jauh......
Aku pernah punya hyundai atoz.
Gak enaknya kalau lewat poldur, pas macet, ada lobang di jalan.
Pokoknya yang mengharuskan ngerem terus ngegas.
Mesin kecil, body ringan jd ndut-ndutan pas stop and go.

Kalau gak ada poldur, jalan mulus, nggak ada macet enak juga pake mobil kecil.
Mobil kecil yg paling enak yang pernah saya coba itu honda brio matic,
meski menurutku masih mendingan naikannya all new avanza.
Atoznya yg 1.1 (fl) apa 1.0 om?
1.0

:mky_01:

Code: Select all

opensource enthusiast.

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: RE: Re: RE: Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by VanzMatic »

DOHC wrote:
alamsandiwijaya wrote: Ada benarnya juga,bapak saya pakai ipah bensin matic yang katanya "boros" dan "lemot" kata SM sini. Tuh masih kuat nanjak (jakarta-puncak). Mobil 8 orang isi 13 orang,ane aja gak enak duduknya,tidur aja susah. Tau gini ane belajar naik mobil,beli mobil LGCC,nekad nyetir sendiri,meski belum bisa nyetir,bikin SIM tembak. Drpada nyesek-nyesekan kayak gitu
ipah mahh ga aneh bsa gila2an gt... ini dr enjin, sasis, ampe kaki2 turunan nya hilux... siap di pecut gila2an...

beberapa taon silam waktu dpt kerjaan yg harus wara wiri pantura... sering ane penuhin ipah ane barang2 (ampir 150 kg) dan 7 orang dewasa... fine2 aj... bearing masi gapapa dri lahir ampe skrg... plg banter cuman ganti shock blakang doank dan ban sekali gegara tol b*krie keparat itu...itu pun jg stelah perjalanan beberapa kali nya
Wuaduh.. Ipah yah? Itu mah legal war tank on da street om klep yg gantengg... Udah eblek eblek ancur sana sini juga masih tahan digangbang sekampung itu om. Nguwerrrii daya tahan tank darat satu itu..

Mau udah kriet kriet suspensinya atau udah lari anjing gegara bekas kecelakaan, dijejelin 10orang masi hayuk aja... selama bodynya belum lepas aja sih orang masi naik terus itu...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by adty »

PRBS wrote:
newrubble wrote:ini bkn pertama x xenia mi mrk pakai overloaded bgt ... ampir tiap thn sejak 2008

enam dewasa suami istri ...tujuh anak anak kecil ... satu bayi lima bulan umur

row3 mrk copot ganti kasur

sy kirim.mrk wang cukup sewa dua kijang tapi mrk pilih ini (spt biasa) krn kijang kata mrk bensin boros n wang lebih mrk pakai u makan makan
saya ga kebayang jadi pihak owner yg menyewakan xenia tersebut. lihat kondisi mobil sewanya dipecut habis2an seperti itu. haha sorry OOT ya.

btw, daihatsu walaupun 1000cc memang kuat sih saya akui, pernah sewa di malang naik ke bromo (7 orang) dan itu kuat2 aja nanjak.(serena C26 saya tahun lalu saya bawa ke bromo aja lemot banget nanjaknya. (3 orang)ya karena cvt sih keknya) tapi saya ga ngerti xenianya panas atau ga, lah wong ga ada indikator temp nya.
Yha C26 saya isi 8 orang + barang di tanjakan puncak aja ngos2an :big_biglaugh:

Tapi menyenangkan kalo cruising di tol atau jalan datar :big_blushing:
Penikmat roti tawar beroda
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by hariy »

amfibi wrote:Uji nyali tembus dunia ghaib yh om.... :ngacir:
Itoe betoel adanja.... :upss:

Btt, saya koq malah berandai-andai kalo itu ceria di idupin lagi, tapi casing nya kasih alya.. Ah, typo. Alay...eh, aila. Trus, ada opsi turbo... :mrgreen:


Tanpa embel2 procap / semen it.
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by alamsandiwijaya »

VanzMatic wrote:
DOHC wrote:
alamsandiwijaya wrote: Ada benarnya juga,bapak saya pakai ipah bensin matic yang katanya "boros" dan "lemot" kata SM sini. Tuh masih kuat nanjak (jakarta-puncak). Mobil 8 orang isi 13 orang,ane aja gak enak duduknya,tidur aja susah. Tau gini ane belajar naik mobil,beli mobil LGCC,nekad nyetir sendiri,meski belum bisa nyetir,bikin SIM tembak. Drpada nyesek-nyesekan kayak gitu
ipah mahh ga aneh bsa gila2an gt... ini dr enjin, sasis, ampe kaki2 turunan nya hilux... siap di pecut gila2an...

beberapa taon silam waktu dpt kerjaan yg harus wara wiri pantura... sering ane penuhin ipah ane barang2 (ampir 150 kg) dan 7 orang dewasa... fine2 aj... bearing masi gapapa dri lahir ampe skrg... plg banter cuman ganti shock blakang doank dan ban sekali gegara tol b*krie keparat itu...itu pun jg stelah perjalanan beberapa kali nya
Wuaduh.. Ipah yah? Itu mah legal war tank on da street om klep yg gantengg... Udah eblek eblek ancur sana sini juga masih tahan digangbang sekampung itu om. Nguwerrrii daya tahan tank darat satu itu..

Mau udah kriet kriet suspensinya atau udah lari anjing gegara bekas kecelakaan, dijejelin 10orang masi hayuk aja... selama bodynya belum lepas aja sih orang masi naik terus itu...
Ipah gen 1 emang awet,isi solar sama bensin busuk masih awet,naik rame-rame kakinya masih kuat,di jejelin sampai penuh pun masih enak. Kijang Memang Tiada Duanya. Bahkan ipah buat mobil operasional di daerah-daerah. Kasih oli merit pun masih gak mau turun mesin.

Kijang [emoji8] emang raja awet. Kijang kotak aja masih ada yg pake sampe sekarang,malah kembar kaleng yang gen 1 malah pada ganti ke gen 2

Tapi mesin gak sebadak panther diesel dan kuda diesel sama pajero sport sama tokisel,males rawat masih awet. C223 sama 4JA1 sama 4D56 sama 2L di kasih oli merit aja masih mulus. :mky_01:

Apakah All New Kijang Innova yang mulai mahal itu bakal seawet kakaknya gak? Atau malah menurun?

Takutnya malah menurun,apalagi seri Q :big_dunno: kebanyakan "gimmick" . Mana ada mobil seharga 423.8 jt yang diesel matic di kasih airbag 7,smart key,VSC,all auto windows,HAC. Serena,biante aja gak selengkap itu. Seri G sama V masih mendingan


Agak OOT


Sent from my D5322 using Tapatalk
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by amfibi »

hariy wrote:
amfibi wrote:Uji nyali tembus dunia ghaib yh om.... :ngacir:
Itoe betoel adanja.... :upss:

Btt, saya koq malah berandai-andai kalo itu ceria di idupin lagi, tapi casing nya kasih alya.. Ah, typo. Alay...eh, aila. Trus, ada opsi turbo... :mrgreen:


Tanpa embel2 procap / semen it.
Jadi inget bunda ane dulu tinggal d jepara bbrp tahun dinas kejaksaan. Banyak ngalemin pengalaman yg mistis jg ntah knp :ngacir:

Ceria kaki2nya full independent lho, trus ceria kan jg basicnya daihatsu mira yg notabene pure keicar jepang :mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: RE: Re: RE: Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by DOHC »

VanzMatic wrote:
DOHC wrote:
alamsandiwijaya wrote: Ada benarnya juga,bapak saya pakai ipah bensin matic yang katanya "boros" dan "lemot" kata SM sini. Tuh masih kuat nanjak (jakarta-puncak). Mobil 8 orang isi 13 orang,ane aja gak enak duduknya,tidur aja susah. Tau gini ane belajar naik mobil,beli mobil LGCC,nekad nyetir sendiri,meski belum bisa nyetir,bikin SIM tembak. Drpada nyesek-nyesekan kayak gitu
ipah mahh ga aneh bsa gila2an gt... ini dr enjin, sasis, ampe kaki2 turunan nya hilux... siap di pecut gila2an...

beberapa taon silam waktu dpt kerjaan yg harus wara wiri pantura... sering ane penuhin ipah ane barang2 (ampir 150 kg) dan 7 orang dewasa... fine2 aj... bearing masi gapapa dri lahir ampe skrg... plg banter cuman ganti shock blakang doank dan ban sekali gegara tol b*krie keparat itu...itu pun jg stelah perjalanan beberapa kali nya
Wuaduh.. Ipah yah? Itu mah legal war tank on da street om klep yg gantengg... Udah eblek eblek ancur sana sini juga masih tahan digangbang sekampung itu om. Nguwerrrii daya tahan tank darat satu itu..

Mau udah kriet kriet suspensinya atau udah lari anjing gegara bekas kecelakaan, dijejelin 10orang masi hayuk aja... selama bodynya belum lepas aja sih orang masi naik terus itu...
ini mobil emg aneh om...

dibilang totally maintenance free sehh kaga jg... ipah ane ud seal ulang cover timing, seal klep ud rembes... tp yg bkin ini mobil battle proven justru dgn penyakit2 kaya gt aj, masi running well seperti ga ad apa2... bahkan shock bocor aj kadang masi ga brasa... ga ad bunyi aneh2 di kaki2... tau2 liat ban kembang nya abis ga rata aj...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by DOHC »

amfibi wrote:
hariy wrote:
amfibi wrote:Uji nyali tembus dunia ghaib yh om.... :ngacir:
Itoe betoel adanja.... :upss:

Btt, saya koq malah berandai-andai kalo itu ceria di idupin lagi, tapi casing nya kasih alya.. Ah, typo. Alay...eh, aila. Trus, ada opsi turbo... :mrgreen:


Tanpa embel2 procap / semen it.
Jadi inget bunda ane dulu tinggal d jepara bbrp tahun dinas kejaksaan. Banyak ngalemin pengalaman yg mistis jg ntah knp :ngacir:

Ceria kaki2nya full independent lho, trus ceria kan jg basicnya daihatsu mira yg notabene pure keicar jepang :mky_03:

ceria mahh jauhhhh dibanding alay... apalagi alay dipakein cementitit atau kapasitor apalah itu...

full iron cast enjin, bobot super enteng, masi karbu... dan tarikan awal nya jgn anggap remeh, puter kenop ac ke "eco"... build up rev, sambil masuk gigi1, tahan kopling trus di blip... bsa nge spin dl ban nya baru jalan.... bahkan krn material enjin nya kaya gt, enak buat di bore up... salah satu nya temen kampus ane dl... anak cewe tp darah nya sembalap... ceria nya ud bore up, kl nebeng mobil doi rasanya ga perna nyetir kalem... bawaan doi selap selip mulu dan this tiny little slalu got the power to overwhelm the owner... bahkan stelah lulus, tuh mobil dibawa balik ke kudus dan masi running well ampe skrg..

btw d malon ckup populer ini mobil... bahkan ampe ari ini...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by hariy »

Makanya, itu ceria mbokya di reborn aja...tapi casing diubah atau caplok aila punya....

@amfibi: wah, kantor kejaksaan hanya berjarak 1 km dari rumah saya, om...emang bangunan lama itu. Seberang kantor itu sekolah SMIK (skrg namanya SMKN2)...
Last edited by hariy on Sun Jan 03, 2016 11:11, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by DOHC »

hariy wrote:Makanya, itu ceria mbokya di reborn aja...tapi casing diubah atau caplok aila punya....
susah om... mesin karbu, enjin full cast iron jaman skrg ud ga masuk... apalagi suspensi FISS...

jelas itu melanggar prinsip penghematan perusahaan...

toh mobil sekelas alay agay aj ud ckup koq... bahkan ud ampe bkin empu nya kegirangan, saking girang nya ampe dikira sekenceng pagani huayra.. :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by hariy »

DOHC wrote:
hariy wrote:Makanya, itu ceria mbokya di reborn aja...tapi casing diubah atau caplok aila punya....
susah om... mesin karbu, enjin full cast iron jaman skrg ud ga masuk... apalagi suspensi FISS...

jelas itu melanggar prinsip penghematan perusahaan...

toh mobil sekelas alay agay aj ud ckup koq... bahkan ud ampe bkin empu nya kegirangan, saking girang nya ampe dikira sekenceng pagani huayra.. :mky_03: :mky_03:
:big_biglaugh:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by newrubble »

...tapi kalo ditanya knp keicar pop in japan dan knp microcar pop in europe

post worldwar two

pertama krn mrk 2 2 nya in devastated eco state (jadi miskin krn wang abis u perang);

kedua krn mrk (european n japanese)punya cultural colonial master yg sama (amriki ...kata org arab) yg di kampung asalnya punya moassive motoring culture

keicar dan microcar ada dlm postwar economic redevelopment plan ... baik itu funding under marshal-plan maupun IDRB-bank yg hingga 1958 under executive managementship of mr soemarno md. (sblm dia balik indo ... jadi jakarta-1 ) ... bgmn spy fabriek yg tadinya bikin war machine tetap berfungsi dg public sbg beneficiary party dg gunakan aluminum n metal material yg sdh terlanjur in-stock surpluss

popularity (lbh tepat disebut legacy)microcar di EU dan keicar punya similar theme ... short distance low polution motoring ... bedanya adalah typical european (skrg EU) microcar itu twinseat (krn individualism level yg tinggi) sedangkan japanese umumnya four/five seater krn berfungsi familycar

microcar EU jaman skrg itu banyak yg chinese brand /manufactured dan japanese itu locally built by jap brands

tanpa US military guidance jaman dulu ...tdk mgkn japs punya keicar dan micricar tdk mgkn bs populair

tapi ada masa dimana keicat adalah salah 1 main export commodity for japanese (until 1976) bersamaan dg radio transistor receiver ... krn mrk hanya mampu export itu dlm massive scale

maaf beyond topic
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 743
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: Mengapa Kei Car populasi

Post by jar-jit-no »

hariy wrote:Makanya, itu ceria mbokya di reborn aja...tapi casing diubah atau caplok aila punya....
trus ntar dikasih nama ayla ji ti ai :big_grin:

:ngacir:
4A91 4at - Slow Driver