Naturally Aspirated VS Forced Induction

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5964
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Naturally Aspirated VS Forced Induction

Post by sintoni »

farizfsa wrote:coba bawa mobil berturbo dan na ke daerah pegunungan yg lumayan tinggi, se pengalaman saya yg na agak ngos2an nafasnya.

yang saya rasain mesin na lebih enak suaranya drpd mesin turbo, contoh C63 6200cc W204 sama C63 w205 yg baru berturbo, suara c63 lama lebih sangar
Nah kalo dibalik, downhill gimana om?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16794
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Naturally Aspirated VS Forced Induction

Post by ChZ »

sintoni wrote:Mau nambahin lagi ya.

Meski ane fenboi N/A tapi ane sendiri ngmg kalo nanti mesin N/A lama2 makin meredup digantikan mesin turbo.

Kayak misal M series atau AMG series yang notabene yang akhirnya nyemplung main turbo. Aston Martin aja nanti DB11 jg pake turbo. Ini di ranah sportcar. Belom di mobil2 keluarga, sekarang di level mobil kecil aja ada Fiesta turbo, crossover ada Trax yg pake turbo jg. Ini masih permulaan, nanti pada akhirnya tambah banyak mobil turbo dijual.

Lama kelamaan nanti N/A ini jadi teknologi kuno, persis kayak teknologi karburator yang digantikan oleh mesin injeksi.

Alasannya? Ya soalnya dunia atau pabrikan otomotif ini digerakan oleh efisiensi. Semakin efisien semakin bagus. Ada tren "green" "environmental-friendly" yang buat mesin N/A ga bisa bersaing dengan mobil FI.
Efficient ini maksudnya bukan konsumsi BBM ya... efficient maksudnya mobil dengan cc kecil bisa keluarin tenaga lebih besar dari mobil cc besar.

Dan gmn ya... Kondisi ekonomi makin ga bagus. Industri juga pasti harus ngurangin cost produksi. Caranya ngurangin biaya RnD dengan one engine for all... Misalnya VW sekarang cuma punya brapa mesin sih? BMW juga downsizing. Mercedes juga. Semua mesinnya base sama tinggal beda tuningan. Kadang aja cuma beda cc beda stroke doank.

Downsizing ini memang kadang buat enthusiast jadi kecewa... Tapi ya gmn lagi? Biar itu merek bisa terus eksis dan hidup dan ekonominya dikatakan "sehat", ini "pil pahit" yang harus ditelan. Enthusiast harus bisa menerima keadaan ini.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5964
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Naturally Aspirated VS Forced Induction

Post by sintoni »

ChZ wrote:
sintoni wrote:Mau nambahin lagi ya.

Meski ane fenboi N/A tapi ane sendiri ngmg kalo nanti mesin N/A lama2 makin meredup digantikan mesin turbo.

Kayak misal M series atau AMG series yang notabene yang akhirnya nyemplung main turbo. Aston Martin aja nanti DB11 jg pake turbo. Ini di ranah sportcar. Belom di mobil2 keluarga, sekarang di level mobil kecil aja ada Fiesta turbo, crossover ada Trax yg pake turbo jg. Ini masih permulaan, nanti pada akhirnya tambah banyak mobil turbo dijual.

Lama kelamaan nanti N/A ini jadi teknologi kuno, persis kayak teknologi karburator yang digantikan oleh mesin injeksi.

Alasannya? Ya soalnya dunia atau pabrikan otomotif ini digerakan oleh efisiensi. Semakin efisien semakin bagus. Ada tren "green" "environmental-friendly" yang buat mesin N/A ga bisa bersaing dengan mobil FI.
Efficient ini maksudnya bukan konsumsi BBM ya... efficient maksudnya mobil dengan cc kecil bisa keluarin tenaga lebih besar dari mobil cc besar.

Dan gmn ya... Kondisi ekonomi makin ga bagus. Industri juga pasti harus ngurangin cost produksi. Caranya ngurangin biaya RnD dengan one engine for all... Misalnya VW sekarang cuma punya brapa mesin sih? BMW juga downsizing. Mercedes juga. Semua mesinnya base sama tinggal beda tuningan. Kadang aja cuma beda cc beda stroke doank.

Downsizing ini memang kadang buat enthusiast jadi kecewa... Tapi ya gmn lagi? Biar itu merek bisa terus eksis dan hidup dan ekonominya dikatakan "sehat", ini "pil pahit" yang harus ditelan. Enthusiast harus bisa menerima keadaan ini.
Konsumsi BBM jg aku ngerasa gt juga loh Chris.

Secara kalo main FI kan torsinya udah dapat dibawah jadi kalo macet2an ga perlu injek gas dalam2.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16794
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Naturally Aspirated VS Forced Induction

Post by ChZ »

sintoni wrote:
Konsumsi BBM jg aku ngerasa gt juga loh Chris.

Secara kalo main FI kan torsinya udah dapat dibawah jadi kalo macet2an ga perlu injek gas dalam2.
Konsumsi BBM menurutku haya "side effect" dari penggunaan mesin kecil.

Karena pabrikan sudah merasa gak efektif pake mesin besar tapi output segitu segitu aja alias capability nya terbatas.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5964
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Naturally Aspirated VS Forced Induction

Post by sintoni »

Hmmm. Masuk akal jg. Tapi ya pada akhirnya berimbas ke Fuel Consumption.
Last edited by sintoni on Fri Feb 05, 2016 8:09, edited 1 time in total.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Naturally Aspirated VS Forced Induction

Post by maskopat »

awalnya N/A, trus turbo, balik ke N/A lagi, trus ke TSI, sekarang sudah hybrid - phev dan tsi...

awalnya bisa ngegelinding, trus ada differential, trus LSD, skrg TV....

awalnya karburator, trus ke injeksi, trus ke direct injection...

berikutnya?? :big_grin:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ecoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38

Re: Naturally Aspirated VS Forced Induction

Post by ecoy »

Pertama kali bw mobil berturbo itu fortuner vnt n lemot banget. Setelah tahu sela nya jd gk lemot n nagih denger siulan turbonya (maklum br pertama kali). Denger suara spin matik saya juga enak apalagi klo pake pertamax plus jd tmbh gede suaranya. Jd suka 22nya.

Emang ada ya honda yg sampe 9000 or 10000 rpm kecuali S2000?kata clarkson "is there but never been there"

Nyampe ta 9000rpm klo d jalanan indo?

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Naturally Aspirated VS Forced Induction

Post by imingwahyudi »

NA or FI'd enjin....hmmm... :big_childish:



weekdays cenderung pilih FI based engine..karena teknologi sekarang yang membuat mesin FI responsif pada tarikan awal (less lag)..

weekends...kayaknya gak ada yang ngalahin karakter unik well-tuned NA yang sucking, gulping, burping like crazy :big_grin:
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Naturally Aspirated VS Forced Induction

Post by g4ndalf »

ecoy wrote: Emang ada ya honda yg sampe 9000 or 10000 rpm kecuali S2000?kata clarkson "is there but never been there"
Ada... Honda CBR600rr sampe 15000rpm redline, yg lebih gila lagi Honda RC213V - sampe 20rebu RPM (konon, karena data resmi gak dirilis)...

hehehe, sorry OOT :mky_03:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5964
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Naturally Aspirated VS Forced Induction

Post by sintoni »

g4ndalf wrote:
ecoy wrote: Emang ada ya honda yg sampe 9000 or 10000 rpm kecuali S2000?kata clarkson "is there but never been there"
Ada... Honda CBR600rr sampe 15000rpm redline, yg lebih gila lagi Honda RC213V - sampe 20rebu RPM (konon, karena data resmi gak dirilis)...

hehehe, sorry OOT :mky_03:
Ini mah motor om. :upss:

Selain F20C, 2 enjin legendaris Honda yaitu K20A sama B16B bisa tembus 8500. Hehe. Emang belom sampe 9K sih. Tapi kalo mau sentuh 9500 ada mesin Renesis.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Naturally Aspirated VS Forced Induction

Post by daftar »

rajapb wrote:Na 4 cylinder selain vtec dohc murni suara nya gk ada yang merdu
setuju,, bruummmmmm..brrrrr....
:ngacir:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Naturally Aspirated VS Forced Induction

Post by daftar »

ane ada pertanyaan, sebenernya mesin FI vs NA gini dari sisi biaya produksi lebih mahal mana sih?
misalkan saja antara mesin NA 2.000cc vs mesin 1.400cc ber turbo dengan output misal sama2 120HP.
:ngacir:
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1493
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Naturally Aspirated VS Forced Induction

Post by grandscenic »

Ane ga gitu ngerti mesin, tp klo liat video video.. mesin turbo itu menang diakselerasi ya.. klo untuk tarikan2 awal mesin turbo unggul, kekuranganya ane ga ngerti, dan pabrikan juga sepertinya lebih memilih pasang mesin turbo.. hanya utk mendapatkan data diatas kertas 0-100km/h sekian detik.
Contoh yg paling jelas C63 AMG, dr mesin NA 6200cc turun ke mesin cc 4000-an, tp lebih unggul di power nya. Padahal suara mesin NA C63 merdu banget,, aturan dirubah ya skrg Meredes C43 AMG.. sorry OOT.
Etme Bulma Dünyası
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11939
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Naturally Aspirated VS Forced Induction

Post by marmut »

supercharger termasuk FI juga kan?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5964
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Naturally Aspirated VS Forced Induction

Post by sintoni »

marmut wrote:supercharger termasuk FI juga kan?
Iye om. SC jg termasuk di FI. Hehe.

Padahal ini kesukaan ane, nubie lebih suka SC dari turbo.