Nitrogen Scam
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50
Re: Nitrogen Scam
nimbrung ah, saya tiap 2 bln isi nitrogen buat gerobak lmpv. satu-satunya keuntungan yg saya rasakan : kalo buat jalan, kenaikannya cuma +/- 2 psi dibanding angin biasa yg bisa nambah 4-5 psi
Santai dijalan, nikmati hidup.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Nitrogen Scam
gmana kita tau mreka pake membrane ato mole?alexdonovan wrote:nitrogen generator bisa pake membrane atau mole-sieve bed. adsorbsi dengan mole-sieve menghasilkan nitrogen dengan purity lebih tinggi disbanding membrane. Post-generation, memang nitrogen product disimpan didalam tabung. Jadi tanda compressor kicked in bukan berarti mereka jualan "fake" nitrogen... kecuali kalau mole sieve-nya sudah saturasi ya
klo kita beli pompa colokan lighter trus di hubungkan dg filter air/drier ap bisa? efektif bisa utk isi ban sd tekanan 40 ato tdk?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Nitrogen Scam
Di tempat biasanya saya ganti ban/spooring, caranya juga sama.liep wrote:btw utk nitro yg di toko ban, model tabung tinggi, dia dpt ori nitronya dr proses ap? pemisahan nitro dg generator spt yg di pom? klo sama khan artinya sama dg isi di pom nitro, hehe, gmana nulisnya iniMozawa wrote:kalo di bengkel ban , cara kuras anginnya di vacum....jadi seperti disedot pake alat sampai ban bener2 kempes pes pes.....setelah kempes alat otomatis memasukkan nitro ke ban.. mobil didongkrak agar ban tidak rusak saat divacum.......pitbull wrote:rasanya sih masih debat wajar dan sehat. gak ada yang debat kusir ngotor disini?
kalo udah terlanjur diisi nitrogen, pernah baca artikel kalo gak salah di autobild katanya gak boleh isi angin biasa campur ya?
perubahan tekanannya lebih drastis. cara kuras anginnya gimana? apa cukup buka pentil ban saja?
Ban-nya dikuras dulu (vacuum), baru diisi.
Kalau di langganan saya tadi, nitrogen-nya beli jadi dari "pabrik gas"
Di tabungnya ada tulisan N2- SAMATOR.
Karena saya kenal kepala bengkel-nya, ditunjukkin stock tabung2 nya tadi di gudang. Semuanya masih segel.
Yah..., prasangka baik saya ya ini Nitrogen nya beneran murni

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: Nitrogen Scam
Samator.... supplier gas... segala jenis gas om... di sumsel ada satu pabriknya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 611
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Nitrogen Scam
Gak tahu Om.. duad-duanya bias dibikin ukuran kecil. Mesti liat langsung.liep wrote:gmana kita tau mreka pake membrane ato mole?alexdonovan wrote:nitrogen generator bisa pake membrane atau mole-sieve bed. adsorbsi dengan mole-sieve menghasilkan nitrogen dengan purity lebih tinggi disbanding membrane. Post-generation, memang nitrogen product disimpan didalam tabung. Jadi tanda compressor kicked in bukan berarti mereka jualan "fake" nitrogen... kecuali kalau mole sieve-nya sudah saturasi ya
klo kita beli pompa colokan lighter trus di hubungkan dg filter air/drier ap bisa? efektif bisa utk isi ban sd tekanan 40 ato tdk?
Kompresor dari lighter bias sampai 44 psi (personal experiment), tapi belum pernah coba pasang drier.
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Nitrogen Scam
wah gak kepikir samator gas ya, grupnya mazda+ford heheimsus2c wrote: Kalau di langganan saya tadi, nitrogen-nya beli jadi dari "pabrik gas"
Di tabungnya ada tulisan N2- SAMATOR.
Karena saya kenal kepala bengkel-nya, ditunjukkin stock tabung2 nya tadi di gudang. Semuanya masih segel.
Yah..., prasangka baik saya ya ini Nitrogen nya beneran murni
klo bisa drier khan lebih ajib om, merk ap yg bagus dan cukup ekonomis utk kompresor lighter?alexdonovan wrote: Gak tahu Om.. duad-duanya bias dibikin ukuran kecil. Mesti liat langsung.
Kompresor dari lighter bias sampai 44 psi (personal experiment), tapi belum pernah coba pasang drier.
btw sdh ane liat di online kisaran harga 120rb, emang kuat ya murah gini? hehe
skalian ap ad yg sdh coba penambal ban macam michel yg klo kena paku bocor,dia lgs bisa tambal dan nambah tekanan?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Nitrogen Scam
Nah ini yang saya percaya dari dulu.alexdonovan wrote:nitrogen generator bisa pake membrane atau mole-sieve bed. adsorbsi dengan mole-sieve menghasilkan nitrogen dengan purity lebih tinggi disbanding membrane. Post-generation, memang nitrogen product disimpan didalam tabung. Jadi tanda compressor kicked in bukan berarti mereka jualan "fake" nitrogen... kecuali kalau mole sieve-nya sudah saturasi ya
BTW, ukuran ban juga berpengaruh terhadap pressure swing due to temperature. Dari pengalaman saya sendiri, Opel Blazer tekanannya konstan 28 psi selama beberapa bulan, dipakai jalan ataupun tidak. Disisi lain, Livina punya pressure swing agak besar, naik max. 2 psi setelah perjalanan siang hari di Cipularang.
Saya sendiri tidak punya compressor yang ada drier-nya, jadi udara yang masuk pasti "wet" karena sesuai ambient humidity di Indonesia. Saya juga tidak pernah isi Nitrogen.
Mereka pake purifier-atau-apalah-istilahnya, jadi ya bukan scam menurut saya. Masih modal ketika usaha.
* * *
Saya suka isi di stall nitro ijo ijo itu di SPBU, 4rebu seban empat biji 16rebu. Itu aja kadang juga paling 2 bulan sekali baru ngisi lagi, ga seminggu sekali ngisi. Orang usaha buka stall kok pada ribut, kalo ga mau isi ya sudah ga perlu bilang sampe scam segala.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3302
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Nitrogen Scam
biasa isi nitrogen 32
liat ban mulai kempes isi lagi dari 24-28
tanya2 masnya cuma dibilang kalau 15 psi baru bocor halus kalau masih 20an wajar kok dari 30 ke 20
tapi ya karena kebiasaan isi ban dari 24-28psi itu... gua jadi ga percaya lagi sama nitrogen
cuma ya dah kebiasaan isi nitrogen ya dahlah isi nitrogen aja,
paling ga perlu lah namanya isi ulang yg mahal itu
liat ban mulai kempes isi lagi dari 24-28
tanya2 masnya cuma dibilang kalau 15 psi baru bocor halus kalau masih 20an wajar kok dari 30 ke 20
tapi ya karena kebiasaan isi ban dari 24-28psi itu... gua jadi ga percaya lagi sama nitrogen
cuma ya dah kebiasaan isi nitrogen ya dahlah isi nitrogen aja,
paling ga perlu lah namanya isi ulang yg mahal itu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36
Re: Nitrogen Scam
kalo yang di SnD bentuknya seperti ini

itu sengaja saya poto karena abis baca uraian yg di facebook diatas, tp gak perhatiin label tabungnya. saya lihat yg di SPBU cukup rame, tadi pagi2 jam 7 sudah banyak motor yg antre. masih punya jatah ke SnD gratisan, jadi 3 bulan lagi masih bakal ngisi gratis disana. semoga saja counter-nya gak tutup, sepi banget!

itu sengaja saya poto karena abis baca uraian yg di facebook diatas, tp gak perhatiin label tabungnya. saya lihat yg di SPBU cukup rame, tadi pagi2 jam 7 sudah banyak motor yg antre. masih punya jatah ke SnD gratisan, jadi 3 bulan lagi masih bakal ngisi gratis disana. semoga saja counter-nya gak tutup, sepi banget!
|ertelu gx 13||miras glx 14|
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Nitrogen Scam
Lho katanya kalau pakai N2 gak berubah tekanan bannya; hilang 10 psi kenapa dianggap lumrah? Wong pakai angin biasa kalau sampai berkurang 10 psi ada yang tidak beres.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Nitrogen Scam
Share knowledge sedikit, boleh dikoreksi kalau ada salah ya..knowledge berdasarkan dilapangan krn kebetulan kerjanya gas tp bagian hilir..hulunya ga begitu hanya sekilas..
Setau saya pemisahan nitrogen dari udara itu menggunakan air separation unit. Dimana udara diambil lalu tekanan di kompresi sekaligus temperaturnya di turunkan menggunakan heat exchanger sehingga udara tersebut menjadi cryogenic liquid baru dipisahkan di air separation unit (pernah liat bentuknya seperti distillation column).
Tabung" nitrogen yg di tempat" pengisian semacam spbu ataupun bengkel memakai nitrogen mostly kelas industrial grade (N2 99.9%) impuritynya 1000 ppm dibagi mostly utk H2O dan O2. Ada beberapa grade seperti High Purity (99.995%) dan ultra high purity (99.999%) dan biasa 2 jenis ini dipakai untuk lab-lab yang memang butuh N2 cukup murni.. oh iya penentuan kadar N2 di tabung tiap perusahaan mngkn beda tp sekilas sy pernah liat tidak jauh berbeda..
Untuk yg generator pernah saya baca kemurnian dihasilkan 95-98% (cmiiw) kalau ga salah baca langsung ada keterangan di deket mesinnya dan yg dihasilkan ga selalu stabil..
Peace of mind dr saya sendiri biarpun murni sourcenya..tetap terkontaminasi dengan udara bisa melalui selangnya bahkan isi ban kita..tapi dengan adanya source sedikit lebih murni, kontaminasi ga akan banyak apalgi sy liat ada yg vakum dulu sebentar baru diisi, dan saya tau vakum sebentar macam gitu ga akan banyak ngilangin udara yg tertinggal..
Saya sendiri ngisi biasa dikantor karena gas N2 sisa produksi berlimpah tp karena vakum ban ga memungkinkan, sy sih melakukan sistem flushing, jadi di beri tekanan sedikit lalu dibuang and repeated harapannya udara ikut terbuang dengan N2..
Dan sejauh pernah ngetes pada saat ban panas..kenaikan untuk gas N2 di ban 2 psi dan N2 kontaminasi udara biasa bisa 4 psi (mksdnya sebelumnya diisi N2 trus kurang tekanannya saya tambahin pake udara biasa)..
Maap panjang yah cuma mau sharing
Setau saya pemisahan nitrogen dari udara itu menggunakan air separation unit. Dimana udara diambil lalu tekanan di kompresi sekaligus temperaturnya di turunkan menggunakan heat exchanger sehingga udara tersebut menjadi cryogenic liquid baru dipisahkan di air separation unit (pernah liat bentuknya seperti distillation column).
Tabung" nitrogen yg di tempat" pengisian semacam spbu ataupun bengkel memakai nitrogen mostly kelas industrial grade (N2 99.9%) impuritynya 1000 ppm dibagi mostly utk H2O dan O2. Ada beberapa grade seperti High Purity (99.995%) dan ultra high purity (99.999%) dan biasa 2 jenis ini dipakai untuk lab-lab yang memang butuh N2 cukup murni.. oh iya penentuan kadar N2 di tabung tiap perusahaan mngkn beda tp sekilas sy pernah liat tidak jauh berbeda..
Untuk yg generator pernah saya baca kemurnian dihasilkan 95-98% (cmiiw) kalau ga salah baca langsung ada keterangan di deket mesinnya dan yg dihasilkan ga selalu stabil..
Peace of mind dr saya sendiri biarpun murni sourcenya..tetap terkontaminasi dengan udara bisa melalui selangnya bahkan isi ban kita..tapi dengan adanya source sedikit lebih murni, kontaminasi ga akan banyak apalgi sy liat ada yg vakum dulu sebentar baru diisi, dan saya tau vakum sebentar macam gitu ga akan banyak ngilangin udara yg tertinggal..
Saya sendiri ngisi biasa dikantor karena gas N2 sisa produksi berlimpah tp karena vakum ban ga memungkinkan, sy sih melakukan sistem flushing, jadi di beri tekanan sedikit lalu dibuang and repeated harapannya udara ikut terbuang dengan N2..
Dan sejauh pernah ngetes pada saat ban panas..kenaikan untuk gas N2 di ban 2 psi dan N2 kontaminasi udara biasa bisa 4 psi (mksdnya sebelumnya diisi N2 trus kurang tekanannya saya tambahin pake udara biasa)..
Maap panjang yah cuma mau sharing
2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 263
- Joined: Fri Dec 05, 2014 5:15
- Location: medan
Re: RE: Re: Nitrogen Scam
klo bisa drier khan lebih ajib om, merk ap yg bagus dan cukup ekonomis utk kompresor lighter?
btw sdh ane liat di online kisaran harga 120rb, emang kuat ya murah gini? hehe
skalian ap ad yg sdh coba penambal ban macam michel yg klo kena paku bocor,dia lgs bisa tambal dan nambah tekanan?[/quote]
120rb buat motor kali om, ane beli di AC* 500an rb klo gk slh. Buat mompa ring 17 profil 50 cepat kok.
btw sdh ane liat di online kisaran harga 120rb, emang kuat ya murah gini? hehe
skalian ap ad yg sdh coba penambal ban macam michel yg klo kena paku bocor,dia lgs bisa tambal dan nambah tekanan?[/quote]
120rb buat motor kali om, ane beli di AC* 500an rb klo gk slh. Buat mompa ring 17 profil 50 cepat kok.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Nitrogen Scam
Cepet rusak sealnya katanya yang 150ribuan pake lighter.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.