ini baru greget. Pernah pake 36 aja rasanya keras bener hehehe, Tapi bensin berasa lebih irit. Apalagi 44
Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Wed Feb 10, 2016 13:57
Re: RE: Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3161
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
Klo camry kasi 27/28.. kijang ato inova 30 ..avanza 22.. klo teana 25 enak.. tp ban rusak semua.. skrg jadi 33
engine roaring!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11104
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: RE: Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
nitrogen suhunya jauh lebih stabil dibanding angin biasa. ini berguna saat hi speed dalam jangka waktu yang cukup lama. misalkan trik panas kecepatan 120kmh selama 3 jam nonstop, kalo angin biasa pasti sudah memuai cukup banyak.sintoni wrote:OOT, tapi emang beneran ada yg pernah bandingin pake angin nitro atau angin biasa?
Menurut nubie sih sama aja, cuma sugesti aja.
saya pernah cek tekanan angin saat pagi suhu masih dingin, 42 psi. setelah jalan seharian nonstop sampai jam 1an siang (kecepatan normal dalam kota), saya cek lagi tekanan anginnya naik nggak sampai 0,5 psi.
angin biasa bisa memuai di dalam ban (saat hi speed) kalo kadar airnya cukup tinggi (jangan tanya berapa persen). jadi kalo kadar airnya rendah ya sebetulnya aman2 saja.
*dari berbagai sumber
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11104
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: RE: Re: RE: Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
ya pasti kueras banget lah.... masalahnya mobil dipake buat ngUber, jadi urusan kenyamanan dinomor duakan. irit bensin lebih utama.limaues wrote: ini baru greget. Pernah pake 36 aja rasanya keras bener hehehe, Tapi bensin berasa lebih irit. Apalagi 44
heeee.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
Nah itu om
Setau saya yang nubie ini sama aja
Karena udara biasa pun kalo gak salah 70%nya terdiri dari nitrogen.
Paling nitrogen karena ukuran partikelnya sedikit lebih besar dibanding oksigen dan kawan2nya, maka nitrogen lebih gak gampang susut daripada oksigen dan kawan2nya. Tp itu imho sih ya om kalau salah mohon dikoreksi
Sayangnya di sini kalau ke pom bensin pompa udara biasa rata2 sudah "gak aktif", biar laris kali ya yang jual nitrogen.
Btw kalau saya
Galant: 37 rata
Mirage: 36 rata
Supra: depan 33 belakang 35
Mx king: depan 33 belakang 35
Oiya itu semua bisa angin biasa bisa nitro, tergantung adanya apa
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Thu Jan 29, 2015 5:48
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
Camry dan ertiga depan belakang sama diisi 35 nitrogen...
motor verza depan 34 belakang 38 nitrogen
satria fu depan 32 belakang 35
motor verza depan 34 belakang 38 nitrogen
satria fu depan 32 belakang 35
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1207
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
Tetap isi angin biasa aja...
Maintain pressure lebih penting....
Nitogen atau oksigen, pilihan masing masing...
https://m.youtube.com/watch?v=kmnZ4-EUbIk
https://m.youtube.com/watch?v=bCnWvMleVD0
Maintain pressure lebih penting....
Nitogen atau oksigen, pilihan masing masing...
https://m.youtube.com/watch?v=kmnZ4-EUbIk
https://m.youtube.com/watch?v=bCnWvMleVD0
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 82
- Joined: Thu Jan 23, 2014 5:56
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
Xenia standart ,nitrogen, depan 35 belakang 40, sering bawa beban
Sent from my BBA100-2 using Seraya Motor mobile app
Sent from my BBA100-2 using Seraya Motor mobile app
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Tue Mar 12, 2013 6:13
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
Nitrogen, depan 32, belakang 35. Jika full load, depan 35, belakang 38.
Menurut ane yg awam, nitrogen lebih awet...alias kalau gak dipompa 1 bulan..turunnya cuma 1 sampai 2 bar. Hehehe...
Menurut ane yg awam, nitrogen lebih awet...alias kalau gak dipompa 1 bulan..turunnya cuma 1 sampai 2 bar. Hehehe...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Sat May 02, 2015 18:58
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
civic fc 32 rata sesuai petunjuk.
camry 30 rata, disuruh ayah saya biar bantingannya lbh enak. gatau sih bener apa ngga prasaan sama aja[emoji28]
hrv 36 rata, dikasi rada keras karna dipake adik saya trs, jarang kepantau..
freed dan altis 35 rata depan blakang
mtb specialized hardrock 45 depan 60 blakang.
semuanya angin biasa, pernah coba nitrogen ko ngga ngrasa efeknya. apa saya yg kurang peka[emoji24]
out of topic dikit, di mobil eropa atau mbl apapun itu ada kah perbedaan rekomendasi tire pressure berdasarkan speed gitu?
Sent from my SM-N910H using Seraya Motor mobile app
camry 30 rata, disuruh ayah saya biar bantingannya lbh enak. gatau sih bener apa ngga prasaan sama aja[emoji28]
hrv 36 rata, dikasi rada keras karna dipake adik saya trs, jarang kepantau..
freed dan altis 35 rata depan blakang
mtb specialized hardrock 45 depan 60 blakang.
semuanya angin biasa, pernah coba nitrogen ko ngga ngrasa efeknya. apa saya yg kurang peka[emoji24]
out of topic dikit, di mobil eropa atau mbl apapun itu ada kah perbedaan rekomendasi tire pressure berdasarkan speed gitu?
Sent from my SM-N910H using Seraya Motor mobile app
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Feb 02, 2017 14:54
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
ANG Livina : depan belakang 35psi. Pakai angin kompresor biasa
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11104
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: RE: Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
entah di mobil lain, di manual book volvo 940 ada anjuran naikin tekanan sampe 5 psi kalo mau perjalanan jauh.syafimsa wrote: -
out of topic dikit, di mobil eropa atau mbl apapun itu ada kah perbedaan rekomendasi tire pressure berdasarkan speed gitu?
Sent from my SM-N910H using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Sat May 02, 2015 18:58
Re: RE: Re: RE: Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
hoo brarti kurang lebih sama, disuruh tambah psi nya. cuma ini peruntukannya utk >160kmh.. lah lari segitu juga jarang bgt2 haha[emoji23][emoji23]marmut wrote:
entah di mobil lain, di manual book volvo 940 ada anjuran naikin tekanan sampe 5 psi kalo mau perjalanan jauh.
Sent from my SM-N910H using Seraya Motor mobile app
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
Saya sih selalu ikutin petunjuk di pilar A, ngikutin yang bikin aja, biasanya malah selalu lebih tinggi dikit dari rekomendasinya biar ga usah sering2 isi nitrogen. mau pake ban apa juga saya samain jadi ketebak karakter ini ban kaya apa
saya si selalu pake nitrogen, kalau ada yg blg boros duit, udara biasa juga isinya nitrogen bla2 ya terserah yang ngomong. karena saya buktiin sendiri isi nitrogen sebulan aja paling banyak turun 1 Psi (ini kalau yang jualan nitrogen beneran dari tabung yang bagus ya bukan hasil mesin) = jadi ketahuan kalau ada ban yang bocor halus dsb juga lebih safety tentunya dibandingkan angin biasa yang seminggu aja udah berkurang, pernah juga test 200 km non stop toll cipali high speed 100 kph tekanan ban hanya naik 1 psi = anggap ini error dari tyre pressure gauge saya (saya pakenya digital).
saya si selalu pake nitrogen, kalau ada yg blg boros duit, udara biasa juga isinya nitrogen bla2 ya terserah yang ngomong. karena saya buktiin sendiri isi nitrogen sebulan aja paling banyak turun 1 Psi (ini kalau yang jualan nitrogen beneran dari tabung yang bagus ya bukan hasil mesin) = jadi ketahuan kalau ada ban yang bocor halus dsb juga lebih safety tentunya dibandingkan angin biasa yang seminggu aja udah berkurang, pernah juga test 200 km non stop toll cipali high speed 100 kph tekanan ban hanya naik 1 psi = anggap ini error dari tyre pressure gauge saya (saya pakenya digital).
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Sun Apr 19, 2015 8:38
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
mobil jazz gd3 selalu 35psi depan blkg nitrogen. saya isi angin bisa 1-2bulan sekali lbh awet angin ny ga cepet berkurang tekanan nya di bandingan angin biasa mnurut sya. apakah ad yg berpendapat sama ? hehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
Cakra depan 32 belakang 33 nitrogen
E36 depan belakang 34 angin biasa
E36 depan belakang 34 angin biasa
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
Coba cek youtube...fifth gear pernah tes pake swift...hasil sama
Sebelum nonton itu saya juga dulu pernah iseng isi nitrogen juga ga rasa beda
Lagipula mayoritas kandungan udara ~80% nitrogen...saya ga yakin kompresor nitrogen pure 100% nitrogen
Haha...saya skeptis sekali
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 214
- Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
GNKI depan belakang 36 nitrogen
Avanza depan 33 belakang 36 angin biasa
Avanza depan 33 belakang 36 angin biasa
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
Oksigen aja smua sama. Rata 35. Utk sorento.
Hrv saya kasih 34 semua.
Defender 32 depan belakang 36.
Nitrogen tidak membuat perbedaan. Karena pure nitrogen itu ga ada walaupun di UK, dah di test ama Tiff Needel di fifth gear
Hrv saya kasih 34 semua.
Defender 32 depan belakang 36.
Nitrogen tidak membuat perbedaan. Karena pure nitrogen itu ga ada walaupun di UK, dah di test ama Tiff Needel di fifth gear
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
ertiga depan belakang 35, pasti nitrogen.
bonnya dikumpulin dituker mug/kaos/topi ...
bonnya dikumpulin dituker mug/kaos/topi ...
Santai dijalan, nikmati hidup.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Mon Nov 14, 2016 2:50
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
Latio, depan 35 belakang 33 nitrogen.
Naik 2 psi dari rekomendasi di pilar A karena ban nya juga udh ngga standar.
Naik 2 psi dari rekomendasi di pilar A karena ban nya juga udh ngga standar.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
Minggu kemarin baru saja saya beli limo '10 ex bb, ban standar nya ring 175/65/14 , pas saya cek tekanan bannya 32-34..
Ganti ban 185/60/15 +velg OEM yaris '09, saya suruh kenalan tambal ban jalanan isi angin biasa 35-36 psi.
Mantap eh, keras ding...
Ganti ban 185/60/15 +velg OEM yaris '09, saya suruh kenalan tambal ban jalanan isi angin biasa 35-36 psi.
Mantap eh, keras ding...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11104
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
update :
MTB hybrid, ban depan 26x1,25 50psi, ban belakang 26x1,50 60psi.
semua pake angin biasa.
sent from Ericsson R310s
MTB hybrid, ban depan 26x1,25 50psi, ban belakang 26x1,50 60psi.
semua pake angin biasa.
sent from Ericsson R310s
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
Mobilio / Innova semua rata 34/35 psi
Dulu sih kadang pake nitrogen top up angin biasa HEHEHE , tapi setelah nonton perbandingan di utube kalo ga salah fifth gear dan memang beda sih cuman di kondisi extreme aja bedanya..
Seperti kalo uap air di angin biasa persentasenya lumayan, di suhu panas dan jalan terus menerus (especially track day) bakal naik sedikit tekanannya.. Harian mah nggak ngefek menurut ane..
skrg pun isi nitrogen di pinggir jalan harus waspada, ada beberapa (nggak semua) yang bohong, masa nitrogen pake ada kompresornya which means dia ngambil udara luar juga buat fill the nitro tank
Dulu sih kadang pake nitrogen top up angin biasa HEHEHE , tapi setelah nonton perbandingan di utube kalo ga salah fifth gear dan memang beda sih cuman di kondisi extreme aja bedanya..
Seperti kalo uap air di angin biasa persentasenya lumayan, di suhu panas dan jalan terus menerus (especially track day) bakal naik sedikit tekanannya.. Harian mah nggak ngefek menurut ane..
skrg pun isi nitrogen di pinggir jalan harus waspada, ada beberapa (nggak semua) yang bohong, masa nitrogen pake ada kompresornya which means dia ngambil udara luar juga buat fill the nitro tank
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan
sx4 pake turanza er300, depan 34 dan belakang 35. selama ini pake angin biasa. mudik lebaran kemarin iseng coba pake nitrogen, perasaan kayak sama aja, gak ada beda. next pake angin biasa lagi ahahhaha