Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Merasa puas atau kecewa dengan suatu layanan di dunia otomotif, silakan disampaikan disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please use a polite words. Any "bad" words will be cencored.
All new Post would subject to Moderator approval.
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Kuroboy »

newrubble wrote: Sun Feb 18, 2018 12:54 insurance yg benar benar blacklist worthy ..... skalian catat nama org org nya spy kalo 1 wkt mrk pindah kerja n jij tau ya bisa sebarkan ke internal tempat mrk kerja

jadi pastikan spy masing masing dr mrk benar benar mati pasaran dlm dunia insurance ...... anggaplah dosa tak berampun ..... enak tuh eksekusi nya
Hukuman mati dunia akhirat itu om buat dia dan keluarganya. Secara menurut saya sih orangnya juga ada di posisi yang membingungkan, karena segala tindak tanduk dia berasal dari keputusan atasannya di persh. asuransi tsb. Dan tindakan atasannya beliau itupun tentu mendapat arahan lagi dari pusat, dimana arahan dari pusat sudah pasti merupakan arahan dari pembesar2 yang bener2 murni cari cuan dengan cara yang menghalalkan segala cara yang haram dilakukan. Yang paling bener sih ya black list perusahaan asuransi itu supaya ga bisa hidup lalu mati perlahan ditinggal customer nya. Biar pembesar2 dan pemilik saham asuransi itulah yang harus dimatikan sebagaimana om NR tadi sebutkan. Toh pegawai2 kroco yang nanganin saya pun bingung karena arahan dari atasannya tapi takut untuk ngomong sama saya
:frm_snipper: :snipersmile:
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Kuroboy »

Dekyarov wrote: Sun Feb 18, 2018 19:20
newrubble wrote: Sun Feb 18, 2018 12:54 insurance yg benar benar blacklist worthy ..... skalian catat nama org org nya spy kalo 1 wkt mrk pindah kerja n jij tau ya bisa sebarkan ke internal tempat mrk kerja

jadi pastikan spy masing masing dr mrk benar benar mati pasaran dlm dunia insurance ...... anggaplah dosa tak berampun ..... enak tuh eksekusi nya
Ini apa gak kedengeran kejam ya om? Apa mereka kudu banting setir ke profesi lain?
Industri yang terkait dengan sekuritas itu memang kejam om. Namun sebanding dengan keuntungan yang mereka dapet melalui premi2 tsb. Bukan ga mungkin gaji mereka sama seperti gaji karyawan bank sebagai account officer. Namun profit yang tinggi tentu menghasilkan risiko yang tinggi pula. Contohnya mobil saya ini. Premi saya mungkin mahal, tapi mereka harus menanggung biaya perbaikan yang jauh lebih mahal dari premi2 yang saya bayarkan. Anggap sebulan premi saya itu sekitar 2,5 juta, kalo ga ada klaim selama setahun berarti mereka untung 30 juta. Tapi kalo klaimnya kayak saya ini sampe 80 juta, berarti 1 kustomer mereka ini buat kerugian finansial perusahaan sekitar 50 juta dalam taun tsb. Makanya supaya ga rugi, mereka cari2 pembenaran yang ga masuk akal
:frm_snipper: :snipersmile:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4366
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by ginting »

Kuroboy wrote: Mon Feb 19, 2018 0:55
Dekyarov wrote: Sun Feb 18, 2018 19:20
newrubble wrote: Sun Feb 18, 2018 12:54 insurance yg benar benar blacklist worthy ..... skalian catat nama org org nya spy kalo 1 wkt mrk pindah kerja n jij tau ya bisa sebarkan ke internal tempat mrk kerja

jadi pastikan spy masing masing dr mrk benar benar mati pasaran dlm dunia insurance ...... anggaplah dosa tak berampun ..... enak tuh eksekusi nya
Ini apa gak kedengeran kejam ya om? Apa mereka kudu banting setir ke profesi lain?
Industri yang terkait dengan sekuritas itu memang kejam om. Namun sebanding dengan keuntungan yang mereka dapet melalui premi2 tsb. Bukan ga mungkin gaji mereka sama seperti gaji karyawan bank sebagai account officer. Namun profit yang tinggi tentu menghasilkan risiko yang tinggi pula. Contohnya mobil saya ini. Premi saya mungkin mahal, tapi mereka harus menanggung biaya perbaikan yang jauh lebih mahal dari premi2 yang saya bayarkan. Anggap sebulan premi saya itu sekitar 2,5 juta, kalo ga ada klaim selama setahun berarti mereka untung 30 juta. Tapi kalo klaimnya kayak saya ini sampe 80 juta, berarti 1 kustomer mereka ini buat kerugian finansial perusahaan sekitar 50 juta dalam taun tsb. Makanya supaya ga rugi, mereka cari2 pembenaran yang ga masuk akal
sekedar meluruskan..
asuransi mobil itu adalah produk asuransi umum (disebut juga : asuransi kerugian)...bukan asuransi jiwa.
(Schade verzekeering = asuransi kerugian, tapi orang ingrris pakai istilah General Insurance = asuransi umum).
Walau orang Indo masih makai produk hukum belanda, tapi istilah baku adalah asuransi umum).

asuransi mobil gak ada yg bayar bulanan.
asuransi jiwa ada yang bayar bulanan.

rate premium mobil itu sudah standard dari OJK dengan batas bawah dan batas atas, tergantung range harga mobil dan lokasi (region).
kalau standarnya

COMPREHENSIVE

CATEGORY SUM INSURED REGION 1 REGION 2 REGION 3
SUMATERA & SORROUNDING ISLANDS JAKARTA, BANTEN & WEST JAVA OTHERS
Lower Limit Upper Limit Lower Limit Upper Limit Lower Limit Upper Limit
Vehicle Type: Passenger Car
1 UP TO 125,000,000 3.82% 4.20% 3.26% 3.59% 2.53% 2.78%
2 125,000,001 - 200,000,000 2.67% 2.94% 2.47% 2.72% 2.69% 2.96%
3 200,000,001 - 400,000,000 2.18% 2.40% 2.08% 2.29% 1.79% 1.97%
4 400,000,001 - 800,000,000 1.20% 1.32% 1.20% 1.32% 1.14% 1.25%
5 800,000,001 - OVER 1.05% 1.16% 1.05% 1.16% 1.05% 1.16%
Vehicle Type: Bus & Cargo Car
6 Truck & Pick up (All Sum Insured) 2.42% 2.67% 2.39% 2.63% 2.23% 2.46%
7 Bus (All Sum Insured) 1.04% 1.14% 1.04% 1.14% 0.88% 0.97%
Vehicle Type: Motorcycle
8 All Sum Insured 3.18% 3.50% 3.18% 3.50% 3.18% 3.50%

Jumlah premi diatas, dipotong lagi komisi//brokerage/acquisition cost max 25%.

Nah, back to premi TB, maka premi setahun (anggap saja upper limit) 1.32% x harga TB IDR 450 juta = IDR. 5,940,000,- per tahun (bukan per bulan).

Biasnya kalau beli mobil lewat leasing, premi asuransi sdh termasuk dalam bayaran pertama (DP + admin cost + insurance cost, dll).

Semoga segera ada solusi untuk oom TS, maaf ini sekedar sumbang saran dari nubie).

(maaf lagi,.. tabelnya berantakan karena sy copas dari file excel).
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Kuroboy »

ginting wrote: Mon Feb 19, 2018 2:03
Kuroboy wrote: Mon Feb 19, 2018 0:55
Dekyarov wrote: Sun Feb 18, 2018 19:20

Ini apa gak kedengeran kejam ya om? Apa mereka kudu banting setir ke profesi lain?
Industri yang terkait dengan sekuritas itu memang kejam om. Namun sebanding dengan keuntungan yang mereka dapet melalui premi2 tsb. Bukan ga mungkin gaji mereka sama seperti gaji karyawan bank sebagai account officer. Namun profit yang tinggi tentu menghasilkan risiko yang tinggi pula. Contohnya mobil saya ini. Premi saya mungkin mahal, tapi mereka harus menanggung biaya perbaikan yang jauh lebih mahal dari premi2 yang saya bayarkan. Anggap sebulan premi saya itu sekitar 2,5 juta, kalo ga ada klaim selama setahun berarti mereka untung 30 juta. Tapi kalo klaimnya kayak saya ini sampe 80 juta, berarti 1 kustomer mereka ini buat kerugian finansial perusahaan sekitar 50 juta dalam taun tsb. Makanya supaya ga rugi, mereka cari2 pembenaran yang ga masuk akal
sekedar meluruskan..
asuransi mobil itu adalah produk asuransi umum (disebut juga : asuransi kerugian)...bukan asuransi jiwa.
(Schade verzekeering = asuransi kerugian, tapi orang ingrris pakai istilah General Insurance = asuransi umum).
Walau orang Indo masih makai produk hukum belanda, tapi istilah baku adalah asuransi umum).

asuransi mobil gak ada yg bayar bulanan.
asuransi jiwa ada yang bayar bulanan.

rate premium mobil itu sudah standard dari OJK dengan batas bawah dan batas atas, tergantung range harga mobil dan lokasi (region).
kalau standarnya

COMPREHENSIVE

CATEGORY SUM INSURED REGION 1 REGION 2 REGION 3
SUMATERA & SORROUNDING ISLANDS JAKARTA, BANTEN & WEST JAVA OTHERS
Lower Limit Upper Limit Lower Limit Upper Limit Lower Limit Upper Limit
Vehicle Type: Passenger Car
1 UP TO 125,000,000 3.82% 4.20% 3.26% 3.59% 2.53% 2.78%
2 125,000,001 - 200,000,000 2.67% 2.94% 2.47% 2.72% 2.69% 2.96%
3 200,000,001 - 400,000,000 2.18% 2.40% 2.08% 2.29% 1.79% 1.97%
4 400,000,001 - 800,000,000 1.20% 1.32% 1.20% 1.32% 1.14% 1.25%
5 800,000,001 - OVER 1.05% 1.16% 1.05% 1.16% 1.05% 1.16%
Vehicle Type: Bus & Cargo Car
6 Truck & Pick up (All Sum Insured) 2.42% 2.67% 2.39% 2.63% 2.23% 2.46%
7 Bus (All Sum Insured) 1.04% 1.14% 1.04% 1.14% 0.88% 0.97%
Vehicle Type: Motorcycle
8 All Sum Insured 3.18% 3.50% 3.18% 3.50% 3.18% 3.50%

Jumlah premi diatas, dipotong lagi komisi//brokerage/acquisition cost max 25%.

Nah, back to premi TB, maka premi setahun (anggap saja upper limit) 1.32% x harga TB IDR 450 juta = IDR. 5,940,000,- per tahun (bukan per bulan).

Biasnya kalau beli mobil lewat leasing, premi asuransi sdh termasuk dalam bayaran pertama (DP + admin cost + insurance cost, dll).

Semoga segera ada solusi untuk oom TS, maaf ini sekedar sumbang saran dari nubie).

(maaf lagi,.. tabelnya berantakan karena sy copas dari file excel).
Wah mantap om Ginting infonya. Saya semakin tercerahkan :big_deal: ini saya masih nunggu kabar dari sales TB saya. Kalo masih mentok, saya yang maju ke pihak leasing nya selaku penyedia asuransinya
:frm_snipper: :snipersmile:
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by A7Corsair »

ginting wrote: Mon Feb 19, 2018 2:03
Kuroboy wrote: Mon Feb 19, 2018 0:55
Dekyarov wrote: Sun Feb 18, 2018 19:20

Ini apa gak kedengeran kejam ya om? Apa mereka kudu banting setir ke profesi lain?
Industri yang terkait dengan sekuritas itu memang kejam om. Namun sebanding dengan keuntungan yang mereka dapet melalui premi2 tsb. Bukan ga mungkin gaji mereka sama seperti gaji karyawan bank sebagai account officer. Namun profit yang tinggi tentu menghasilkan risiko yang tinggi pula. Contohnya mobil saya ini. Premi saya mungkin mahal, tapi mereka harus menanggung biaya perbaikan yang jauh lebih mahal dari premi2 yang saya bayarkan. Anggap sebulan premi saya itu sekitar 2,5 juta, kalo ga ada klaim selama setahun berarti mereka untung 30 juta. Tapi kalo klaimnya kayak saya ini sampe 80 juta, berarti 1 kustomer mereka ini buat kerugian finansial perusahaan sekitar 50 juta dalam taun tsb. Makanya supaya ga rugi, mereka cari2 pembenaran yang ga masuk akal
sekedar meluruskan..
asuransi mobil itu adalah produk asuransi umum (disebut juga : asuransi kerugian)...bukan asuransi jiwa.
(Schade verzekeering = asuransi kerugian, tapi orang ingrris pakai istilah General Insurance = asuransi umum).
Walau orang Indo masih makai produk hukum belanda, tapi istilah baku adalah asuransi umum).

asuransi mobil gak ada yg bayar bulanan.
asuransi jiwa ada yang bayar bulanan.

rate premium mobil itu sudah standard dari OJK dengan batas bawah dan batas atas, tergantung range harga mobil dan lokasi (region).
kalau standarnya

COMPREHENSIVE

CATEGORY SUM INSURED REGION 1 REGION 2 REGION 3
SUMATERA & SORROUNDING ISLANDS JAKARTA, BANTEN & WEST JAVA OTHERS
Lower Limit Upper Limit Lower Limit Upper Limit Lower Limit Upper Limit
Vehicle Type: Passenger Car
1 UP TO 125,000,000 3.82% 4.20% 3.26% 3.59% 2.53% 2.78%
2 125,000,001 - 200,000,000 2.67% 2.94% 2.47% 2.72% 2.69% 2.96%
3 200,000,001 - 400,000,000 2.18% 2.40% 2.08% 2.29% 1.79% 1.97%
4 400,000,001 - 800,000,000 1.20% 1.32% 1.20% 1.32% 1.14% 1.25%
5 800,000,001 - OVER 1.05% 1.16% 1.05% 1.16% 1.05% 1.16%
Vehicle Type: Bus & Cargo Car
6 Truck & Pick up (All Sum Insured) 2.42% 2.67% 2.39% 2.63% 2.23% 2.46%
7 Bus (All Sum Insured) 1.04% 1.14% 1.04% 1.14% 0.88% 0.97%
Vehicle Type: Motorcycle
8 All Sum Insured 3.18% 3.50% 3.18% 3.50% 3.18% 3.50%

Jumlah premi diatas, dipotong lagi komisi//brokerage/acquisition cost max 25%.

Nah, back to premi TB, maka premi setahun (anggap saja upper limit) 1.32% x harga TB IDR 450 juta = IDR. 5,940,000,- per tahun (bukan per bulan).

Biasnya kalau beli mobil lewat leasing, premi asuransi sdh termasuk dalam bayaran pertama (DP + admin cost + insurance cost, dll).

Semoga segera ada solusi untuk oom TS, maaf ini sekedar sumbang saran dari nubie).

(maaf lagi,.. tabelnya berantakan karena sy copas dari file excel).
Mantab om Ginting pencerahannya ...

:big_exellent:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4366
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by ginting »

oom kuroboy,
saya kalau menghadapi musuh dalam dispute settlement/litigasi, pertanyaan pertama adalah :
- ada duitnya gak pihak lawannya ?
kalau ada, maka masih ada harapan. kalau gak ada duit, sy akan suruh batalkan saja..karena kita gak mau ujung ujungnya menang on paper saja..hasil nihil. lebih gampang meras batu untuk dapat air, daripada dapat uang dari orang tak punya.

- ada kemauan gak pihak lawan untuk bayar gak ?
kalau ada, syukur...tinggal ngomong angka saja...bikin holharmless agreement kalau sudah deal.
kalau gak ada kemauan, tinggal dicari caranya biar jadi mau...

- dokumentasi
posisikan diri anda dalam posisi mereka.
jangan pikirkan "kenapa asuransi gak mau bayar klaim saya ?"
tapi pola pikirnya "what documents should I submit in order insurer to pay my claim"?

kirim PM saja no WA ke saya, nanti sy kasih bantu jij dengan jurus-jurusnya.... semampu saya.
urusan gini mah gak susah.

gak ada case yang gak klaar...dengan berbagai macam skema penyelesaian tentunya, tergantung weight of the case,...strong case, grey case, abal abal case...

It is not a matter of money, just documentation and communication. trust me.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by coklatMetalik »

Sy taun lalu ngecat 1 pintu LGX di auto cemerlang, kalo menurut sy sih memuaskan baik hasil kerjaannya maupun pelayanannya, prosesnya jg cepat (ya mungkin krn gk urusan sm asuransi, kan emg LGX sy gk diasuransiin, buat apaan juga)...

Begitu sy datang, jam 8 pagi hr rabu, ketemu SA namanya Ilham, ngobrol bentar, cek kondisi mobil, jam 9 PKB keluar, mobil nginep 2 malem (itupun ktnya krn lg agak rame jd ngantri giliran masuk cat oven agak panjang). Mobil sy ambil jumat sore, bayar Rp.1,050jt (850 ngecat + dempul, 200 poles full body & lampu2). Garansi 6 bulan, & sampe skrg hasilnya msh bagus & gk belang2. Cm sptnya ada pegawe yg agak teledor, doortrim di pintu yg dicat sedikit belepotan lem hitam & ada 1 lap mobil milik bengkel yg hampir kebawa di dlm mobil sy ketika sy mau pulang...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4366
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by ginting »

A7Corsair wrote: Mon Feb 19, 2018 2:27
ginting wrote: Mon Feb 19, 2018 2:03
Kuroboy wrote: Mon Feb 19, 2018 0:55

Industri yang terkait dengan sekuritas itu memang kejam om. Namun sebanding dengan keuntungan yang mereka dapet melalui premi2 tsb. Bukan ga mungkin gaji mereka sama seperti gaji karyawan bank sebagai account officer. Namun profit yang tinggi tentu menghasilkan risiko yang tinggi pula. Contohnya mobil saya ini. Premi saya mungkin mahal, tapi mereka harus menanggung biaya perbaikan yang jauh lebih mahal dari premi2 yang saya bayarkan. Anggap sebulan premi saya itu sekitar 2,5 juta, kalo ga ada klaim selama setahun berarti mereka untung 30 juta. Tapi kalo klaimnya kayak saya ini sampe 80 juta, berarti 1 kustomer mereka ini buat kerugian finansial perusahaan sekitar 50 juta dalam taun tsb. Makanya supaya ga rugi, mereka cari2 pembenaran yang ga masuk akal
sekedar meluruskan..
asuransi mobil itu adalah produk asuransi umum (disebut juga : asuransi kerugian)...bukan asuransi jiwa.
(Schade verzekeering = asuransi kerugian, tapi orang ingrris pakai istilah General Insurance = asuransi umum).
Walau orang Indo masih makai produk hukum belanda, tapi istilah baku adalah asuransi umum).

asuransi mobil gak ada yg bayar bulanan.
asuransi jiwa ada yang bayar bulanan.

rate premium mobil itu sudah standard dari OJK dengan batas bawah dan batas atas, tergantung range harga mobil dan lokasi (region).
kalau standarnya

COMPREHENSIVE

CATEGORY SUM INSURED REGION 1 REGION 2 REGION 3
SUMATERA & SORROUNDING ISLANDS JAKARTA, BANTEN & WEST JAVA OTHERS
Lower Limit Upper Limit Lower Limit Upper Limit Lower Limit Upper Limit
Vehicle Type: Passenger Car
1 UP TO 125,000,000 3.82% 4.20% 3.26% 3.59% 2.53% 2.78%
2 125,000,001 - 200,000,000 2.67% 2.94% 2.47% 2.72% 2.69% 2.96%
3 200,000,001 - 400,000,000 2.18% 2.40% 2.08% 2.29% 1.79% 1.97%
4 400,000,001 - 800,000,000 1.20% 1.32% 1.20% 1.32% 1.14% 1.25%
5 800,000,001 - OVER 1.05% 1.16% 1.05% 1.16% 1.05% 1.16%
Vehicle Type: Bus & Cargo Car
6 Truck & Pick up (All Sum Insured) 2.42% 2.67% 2.39% 2.63% 2.23% 2.46%
7 Bus (All Sum Insured) 1.04% 1.14% 1.04% 1.14% 0.88% 0.97%
Vehicle Type: Motorcycle
8 All Sum Insured 3.18% 3.50% 3.18% 3.50% 3.18% 3.50%

Jumlah premi diatas, dipotong lagi komisi//brokerage/acquisition cost max 25%.

Nah, back to premi TB, maka premi setahun (anggap saja upper limit) 1.32% x harga TB IDR 450 juta = IDR. 5,940,000,- per tahun (bukan per bulan).

Biasnya kalau beli mobil lewat leasing, premi asuransi sdh termasuk dalam bayaran pertama (DP + admin cost + insurance cost, dll).

Semoga segera ada solusi untuk oom TS, maaf ini sekedar sumbang saran dari nubie).

(maaf lagi,.. tabelnya berantakan karena sy copas dari file excel).
Mantab om Ginting pencerahannya ...

:big_exellent:
anggap saja, sebagai bagian Program Literasi Asuransi dari PJK oom A7corsair... :big_deal: :big_deal:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7608
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by newrubble »

Kuroboy wrote: Mon Feb 19, 2018 0:42

Benernya ga rumit2 amat om soal spare part GM disini asalkan udah gabung komunitasnya (saya ikut TBZI dan banyak dibantu banget soal keluhan/saran). ...............
...................
menengah keatas tapi harga mobilnya secara masih terjangkau untuk kaum2 menengah kebawah kayak saya ini, beda sama mobil2 Yurop yang jelas2 kelasnya untuk menengah keatas dilihat dari harga mobil maupun sparepart nya)
ikut komunitas?
disitulah tdk wajar nya
tdk smua org yg beli mobil itu sociable
bgmn kalo ada corporate user(s)?
nah skrg kita smua tau bhw hanya u sekedar parts logistic perlu insider

GM u upper class users kalo disini pake cadillac

kesimpulan sy kalo di indo GM products itu mirip russian / zhonghuan products (meski ini sbtulnya mgkn korean) .......

downtime rate yg tinggi n mahal kalo ga bgt tdk mgkn recovery cost seharga mobil brandnew

ada brapa kilogram berat mobil ini tanpa ban? sy mau itung brapa kira kira kalo di scrap sj jual nya

udah total lost ini mobil kalo di tangan sy ..... 100% beyond economic repair
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Kuroboy »

ginting wrote: Mon Feb 19, 2018 2:38 oom kuroboy,
saya kalau menghadapi musuh dalam dispute settlement/litigasi, pertanyaan pertama adalah :
- ada duitnya gak pihak lawannya ?
kalau ada, maka masih ada harapan. kalau gak ada duit, sy akan suruh batalkan saja..karena kita gak mau ujung ujungnya menang on paper saja..hasil nihil. lebih gampang meras batu untuk dapat air, daripada dapat uang dari orang tak punya.

- ada kemauan gak pihak lawan untuk bayar gak ?
kalau ada, syukur...tinggal ngomong angka saja...bikin holharmless agreement kalau sudah deal.
kalau gak ada kemauan, tinggal dicari caranya biar jadi mau...

- dokumentasi
posisikan diri anda dalam posisi mereka.
jangan pikirkan "kenapa asuransi gak mau bayar klaim saya ?"
tapi pola pikirnya "what documents should I submit in order insurer to pay my claim"?

kirim PM saja no WA ke saya, nanti sy kasih bantu jij dengan jurus-jurusnya.... semampu saya.
urusan gini mah gak susah.

gak ada case yang gak klaar...dengan berbagai macam skema penyelesaian tentunya, tergantung weight of the case,...strong case, grey case, abal abal case...

It is not a matter of money, just documentation and communication. trust me.
Kalau memang dia uda punya beberapa perwakilan kantor cabang di seluruh Indonesia sih harusnya udah mapan lah. Sebenernya agak ga jelas sih, antara mau2 ngga2, prosedurnya ribet seolah mereka berat tentang hal ini, tapi mereka menyatakan akan membayar tanggungan dengan menunggu prosedur yang mereka berikan kepada saya. Hanya aja, surat estimasi penggantian part yang perlu sudah keluar, eh malah beberapa item dicoret. Gak sekalian dikeluarkan aja SPK untuk PO nya. Saya juga uda hubungi pihak leasing. Masih nunggu kabar dari mereka. Nanti saya PM ya om
:frm_snipper: :snipersmile:
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Kuroboy »

coklatMetalik wrote: Mon Feb 19, 2018 2:46 Sy taun lalu ngecat 1 pintu LGX di auto cemerlang, kalo menurut sy sih memuaskan baik hasil kerjaannya maupun pelayanannya, prosesnya jg cepat (ya mungkin krn gk urusan sm asuransi, kan emg LGX sy gk diasuransiin, buat apaan juga)...

Begitu sy datang, jam 8 pagi hr rabu, ketemu SA namanya Ilham, ngobrol bentar, cek kondisi mobil, jam 9 PKB keluar, mobil nginep 2 malem (itupun ktnya krn lg agak rame jd ngantri giliran masuk cat oven agak panjang). Mobil sy ambil jumat sore, bayar Rp.1,050jt (850 ngecat + dempul, 200 poles full body & lampu2). Garansi 6 bulan, & sampe skrg hasilnya msh bagus & gk belang2. Cm sptnya ada pegawe yg agak teledor, doortrim di pintu yg dicat sedikit belepotan lem hitam & ada 1 lap mobil milik bengkel yg hampir kebawa di dlm mobil sy ketika sy mau pulang...
Nice info om. Nanti bakal saya lebih pantau lagi saat pengerjaan :big_smile]

newrubble wrote: Mon Feb 19, 2018 3:08
Kuroboy wrote: Mon Feb 19, 2018 0:42

Benernya ga rumit2 amat om soal spare part GM disini asalkan udah gabung komunitasnya (saya ikut TBZI dan banyak dibantu banget soal keluhan/saran). ...............
...................
menengah keatas tapi harga mobilnya secara masih terjangkau untuk kaum2 menengah kebawah kayak saya ini, beda sama mobil2 Yurop yang jelas2 kelasnya untuk menengah keatas dilihat dari harga mobil maupun sparepart nya)
ikut komunitas?
disitulah tdk wajar nya
tdk smua org yg beli mobil itu sociable
bgmn kalo ada corporate user(s)?
nah skrg kita smua tau bhw hanya u sekedar parts logistic perlu insider

GM u upper class users kalo disini pake cadillac

kesimpulan sy kalo di indo GM products itu mirip russian / zhonghuan products (meski ini sbtulnya mgkn korean) .......

downtime rate yg tinggi n mahal kalo ga bgt tdk mgkn recovery cost seharga mobil brandnew

ada brapa kilogram berat mobil ini tanpa ban? sy mau itung brapa kira kira kalo di scrap sj jual nya

udah total lost ini mobil kalo di tangan sy ..... 100% beyond economic repair
Memang om, ambil mobil ini bener2 taruhan setengah mati. Sepadan dengan apa yang didapat namun sepadan juga dengan cost & effort untuk hidupin mobil ini, sehingga butuh insider sebagai jalan tol ditengah hiruk pikuk aftersales mobil ini.

Rasanya kalo di scrap sih bener2 total loss berhubung kerusakannya juga ga lebih dari 15%

Mungkin pihak asuransi juga mikir ini uda 30% biaya2 mobil yang kerusakannya TL damage. Semoga ada jalan keluarnya deh tanpa kekurangan suatu apapun
:frm_snipper: :snipersmile:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Turboman »

Steering rack Colorado (EPS juga)

https://www.gmpartsonline.net/auto-part ... nkage-scat

Tie rod end dan rack end masing2 ada P/N nya
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Turboman »

Jika disarankan ganti Ball Joint / Tie rod end, cukup di cek aja

Caranya

Dongkrak ban depan kanan & kiri

goyang2 ban pake ke 2 tangan

1. Cek Tie Rod end :
Pegang kanan dan kiri ban

goyang2-kan

2. Ball Joints :
Pegang bag atas & bawah ban

Goyang2- kan


Jika gak ada hentakan / koclak2 berarti Tie Rod end & Ball Joint masi bagus

Biasa bengkel2 spooring sgt paham akan hal ini

Okay, semoga problem-nya cepat beres / asuransi cepat turun approval-nya
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Turboman »

Jika disarankan ganti Ball Joint / Tie rod end, cukup di cek aja

Caranya

Dongkrak ban depan kanan & kiri

goyang2 ban pake ke 2 tangan

1. Cek Tie Rod end :
Pegang kanan dan kiri ban

goyang2-kan

2. Ball Joints :
Pegang bag atas & bawah ban

Goyang2- kan


Jika gak ada hentakan / koclak2 berarti Tie Rod end & Ball Joint masi bagus

Biasa bengkel2 spooring sgt paham akan hal ini

Okay, semoga problem-nya cepat beres / asuransi cepat turun approval-nya
* Bukan ajakan Beli *
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Kuroboy »

Turboman wrote: Tue Feb 20, 2018 3:49 Jika disarankan ganti Ball Joint / Tie rod end, cukup di cek aja

Caranya

Dongkrak ban depan kanan & kiri

goyang2 ban pake ke 2 tangan

1. Cek Tie Rod end :
Pegang kanan dan kiri ban

goyang2-kan

2. Ball Joints :
Pegang bag atas & bawah ban

Goyang2- kan


Jika gak ada hentakan / koclak2 berarti Tie Rod end & Ball Joint masi bagus

Biasa bengkel2 spooring sgt paham akan hal ini

Okay, semoga problem-nya cepat beres / asuransi cepat turun approval-nya
Amin om semoga demikian

Kalo sayap atas bawah itu kedeteksi rusaknya gimana? Saya juga takut link stabil nya kena :big_cry:
:frm_snipper: :snipersmile:
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Kuroboy »

Turboman wrote: Tue Feb 20, 2018 0:57 Steering rack Colorado (EPS juga)

https://www.gmpartsonline.net/auto-part ... nkage-scat

Tie rod end dan rack end masing2 ada P/N nya
Udah saya cocokkan om dengan TB punya. Ternyata beda nomor parts nya
:frm_snipper: :snipersmile:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by daftar »

bentar, bengkel rekanan yang dimaksud kan bengkel body repair? kenapa permasalahan kaki2 juga diserahkan sama bengkel tersebut?
:ngacir:
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Kuroboy »

daftar wrote: Tue Feb 20, 2018 16:27 bentar, bengkel rekanan yang dimaksud kan bengkel body repair? kenapa permasalahan kaki2 juga diserahkan sama bengkel tersebut?
Gini, estimasi awal kaki2 itu ga masuk dari bagian body repair. Barulah setelah saya datengin orang Chevy, kaki2 itu mulai dimasukin. Eh taunya list estimasi yang udah ada kaki2nya itu malah disunat. Kan kesel :big_slap: tapi sekarang masih saya upayakan supaya kaki2 tetap bisa diorder
:frm_snipper: :snipersmile:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by benzz89 »

Om Kuroboy mau nanya, seandainya nanti seluruh part kaki2 ternyata berhasil di acc & di keluarkan, maka yang akan pasang semuanya itu adalah bengkel body repairnya kah? Apakah bengkel specialis body repair nya punya peralatan (yang lengkap) untuk bongkar pasang steering rack & seluruh part dari kaki2 TB?

Pengalaman dulu pernah claim warranty sterring rack di auto 2000 aja masih harus bolak-balik lagi karena ada yang tidak presisi, beda settingan dari bawaan pabrik ama yang sudah di bongkar-pasang lagi, sejak saat itu ane kalau bisa menghindari claim2 warranty yang begituan deh karena ternyata ribet & mobil rasanya seperti sudah tidak original lagi (diobok2). memang ada bunyi2 halus di setir (tek-tek kalau setir di putar) tapi gak parah2 banget, karena kesel beli dari baru maka complain, di cek ini-itu katanya sterring rack, karena bengkel gak mau pusing maka di gantilah segelondongan dari TAM pusat (ane di kasih liat kwitansinya ama SA nya kalau gak salah ingat 7,5 juta tahun 2009 waktu itu). Pasang & mobil harus nginep di bengkel beberapa hari, setelah kelar kok posisi pedal rem & gas jadi berubah? balik lagi untuk setel2 settingan yang lainnya. Pakai gak lama bunyi2 lagi tuh setir tapi jauh lebih halus dari yang pertama kali sih.

Ya intinya sih tetap aja bunyi karena menurut ane konstruksi sterring racknya memang gak cocok untuk jalanan di indo. Oh yah ini mobilnya yaris yah om, kalau sekarang ane pakai fortuner sih sudah 8 tahun lebih itu sterring rack & kaki-kaki gak pernah masalah sama sekali bahkan shock breaker aja belum pernah ganti (masih bawaan pabrik) padahal pemakaian kasar & gak di sayang2 mobilnya karena pekerja keras.

Saran ane kalau seluruh part kaki2 sudah keluar sih baiknya ganti (kalau bisa) di bengkel resmi, jangan di specialis body repair, tau sendiri mereka mah sistemnya kerja kejar tayang, takutnya nanti Om bolak-balik bengkel doang setelah ganti. Wong di beres aja yang notabene peralatannya komplit aja masih harus bolak-balik pengalaman ane dulu sih.

Terakhir seperti yang Om Turbo kasih saran, kalau memang di kaki2 kondisinya masih bagus kaya ball joint dll nya, better di keep original aja Om daripada di ganti2 belum tentu juga lebih baik dari bawaan pabriknya. Namanya bengkel resmi sih mereka maunya jualan (dagang) part, kalau bisa ganti yah di suruh gantilah (meski sebenarnya masih bisa dipakai juga). Menurut ane part2 bawaan pabrik ntah kenapa yah (CMIIW) jauh lebih durable dibanding kalau kita sudah ganti even ama yang original part dari beres sekalipun, kaya aki, shock breaker dll nya, sekali lagi CMIIW yah.

Terkahir TB ini masuk jenis mobil "tangguh" basenya dari double cab (truck), kalau melihat sekilas dari fotonya Om sih menurut ane itu kaki2 harusnya masih bisa terima hantaman/pukulan seperti itu, tapi sekali lagi memang harus di cek sih secara keseluruhan. Baiknya cari second opinion dari bengkel specialis kaki2 (di luar bengkel resmi) untuk re-checking, mana yang masih bagus & mana yang harus benar2 di ganti for safety reason. Kalau benar2 mau cari safety reason & gak mau paranoid takut kenapa2 dalam jangka panjang yah di tukar guling om unitnya ama yang baru setelah semua urusannya selesai.

Ane doakan urusan om Kuroboy bisa cepat selesai & TB nya sehat kembali, minta maaf kalau saran ane ada yang kurang cocok ama Om Kuroboy... ini murni berdasarkan pengalaman & pemikiran newbie aja. :thanks:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by coklatMetalik »

Kalo mau betulin kaki2 sy rekomendasi bengkel maraton di jl moh toha
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Kuroboy »

benzz89 wrote: Wed Feb 21, 2018 3:10 Om Kuroboy mau nanya, seandainya nanti seluruh part kaki2 ternyata berhasil di acc & di keluarkan, maka yang akan pasang semuanya itu adalah bengkel body repairnya kah? Apakah bengkel specialis body repair nya punya peralatan (yang lengkap) untuk bongkar pasang steering rack & seluruh part dari kaki2 TB?

Pengalaman dulu pernah claim warranty sterring rack di auto 2000 aja masih harus bolak-balik lagi karena ada yang tidak presisi, beda settingan dari bawaan pabrik ama yang sudah di bongkar-pasang lagi, sejak saat itu ane kalau bisa menghindari claim2 warranty yang begituan deh karena ternyata ribet & mobil rasanya seperti sudah tidak original lagi (diobok2). memang ada bunyi2 halus di setir (tek-tek kalau setir di putar) tapi gak parah2 banget, karena kesel beli dari baru maka complain, di cek ini-itu katanya sterring rack, karena bengkel gak mau pusing maka di gantilah segelondongan dari TAM pusat (ane di kasih liat kwitansinya ama SA nya kalau gak salah ingat 7,5 juta tahun 2009 waktu itu). Pasang & mobil harus nginep di bengkel beberapa hari, setelah kelar kok posisi pedal rem & gas jadi berubah? balik lagi untuk setel2 settingan yang lainnya. Pakai gak lama bunyi2 lagi tuh setir tapi jauh lebih halus dari yang pertama kali sih.

Ya intinya sih tetap aja bunyi karena menurut ane konstruksi sterring racknya memang gak cocok untuk jalanan di indo. Oh yah ini mobilnya yaris yah om, kalau sekarang ane pakai fortuner sih sudah 8 tahun lebih itu sterring rack & kaki-kaki gak pernah masalah sama sekali bahkan shock breaker aja belum pernah ganti (masih bawaan pabrik) padahal pemakaian kasar & gak di sayang2 mobilnya karena pekerja keras.

Saran ane kalau seluruh part kaki2 sudah keluar sih baiknya ganti (kalau bisa) di bengkel resmi, jangan di specialis body repair, tau sendiri mereka mah sistemnya kerja kejar tayang, takutnya nanti Om bolak-balik bengkel doang setelah ganti. Wong di beres aja yang notabene peralatannya komplit aja masih harus bolak-balik pengalaman ane dulu sih.

Terakhir seperti yang Om Turbo kasih saran, kalau memang di kaki2 kondisinya masih bagus kaya ball joint dll nya, better di keep original aja Om daripada di ganti2 belum tentu juga lebih baik dari bawaan pabriknya. Namanya bengkel resmi sih mereka maunya jualan (dagang) part, kalau bisa ganti yah di suruh gantilah (meski sebenarnya masih bisa dipakai juga). Menurut ane part2 bawaan pabrik ntah kenapa yah (CMIIW) jauh lebih durable dibanding kalau kita sudah ganti even ama yang original part dari beres sekalipun, kaya aki, shock breaker dll nya, sekali lagi CMIIW yah.

Terkahir TB ini masuk jenis mobil "tangguh" basenya dari double cab (truck), kalau melihat sekilas dari fotonya Om sih menurut ane itu kaki2 harusnya masih bisa terima hantaman/pukulan seperti itu, tapi sekali lagi memang harus di cek sih secara keseluruhan. Baiknya cari second opinion dari bengkel specialis kaki2 (di luar bengkel resmi) untuk re-checking, mana yang masih bagus & mana yang harus benar2 di ganti for safety reason. Kalau benar2 mau cari safety reason & gak mau paranoid takut kenapa2 dalam jangka panjang yah di tukar guling om unitnya ama yang baru setelah semua urusannya selesai.

Ane doakan urusan om Kuroboy bisa cepat selesai & TB nya sehat kembali, minta maaf kalau saran ane ada yang kurang cocok ama Om Kuroboy... ini murni berdasarkan pengalaman & pemikiran newbie aja. :thanks:

Makasih doanya om :mky_02:


Tentu ngga om, yang pasang itu uda pasti pihak Chevy yg lebih kompeten soal hal ini. Barangkali harus ada penggantian, udah pasti itu ori dan pemasoknya dari Chevy pula. Soal tukar guling, mobil ini cicilannya baru jalan 6 bln kurang dari 3 taun om, nyesek rasanya :big_dunno: kaki2 kemarin dicek, ada pergeseran sedikit untuk boot karet sayapnya sehingga haru dilakukan penggantian. Adapun asuransi keberatan soal ini
:frm_snipper: :snipersmile:
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Kuroboy »

coklatMetalik wrote: Wed Feb 21, 2018 4:11 Kalo mau betulin kaki2 sy rekomendasi bengkel maraton di jl moh toha
Makasih infonya om :big_deal:
:frm_snipper: :snipersmile:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Turboman »

Kuroboy wrote:
Turboman wrote: Tue Feb 20, 2018 3:49 Jika disarankan ganti Ball Joint / Tie rod end, cukup di cek aja

Caranya

Dongkrak ban depan kanan & kiri

goyang2 ban pake ke 2 tangan

1. Cek Tie Rod end :
Pegang kanan dan kiri ban

goyang2-kan

2. Ball Joints :
Pegang bag atas & bawah ban

Goyang2- kan


Jika gak ada hentakan / koclak2 berarti Tie Rod end & Ball Joint masi bagus

Biasa bengkel2 spooring sgt paham akan hal ini

Okay, semoga problem-nya cepat beres / asuransi cepat turun approval-nya
Amin om semoga demikian

Kalo sayap atas bawah itu kedeteksi rusaknya gimana? Saya juga takut link stabil nya kena :big_cry:
Link stabil kalo kena sih keliatan banget

paling gampang bawa aja deh ke bkl spooring yg kredibel

suru merreka liatin semua mana2 aja yg perku diganti

Btw skg ini saat di setir normal gak ?

ada getaran / spelleng aneh gak ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Turboman »

Link stabil kalo kena sih keliatan banget

paling gampang bawa aja deh ke bkl spooring yg kredibel

suru merreka liatin semua mana2 aja yg perlu diganti

Btw skg ini saat di setir normal gak ?

ada getaran / spelleng aneh gak ?
* Bukan ajakan Beli *
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Pengalaman Klaim Asuransi Cakrawala Proteksi & Bengkel Auto Cemerlang

Post by Kuroboy »

Turboman wrote: Wed Feb 21, 2018 8:38
Kuroboy wrote:
Turboman wrote: Tue Feb 20, 2018 3:49 Jika disarankan ganti Ball Joint / Tie rod end, cukup di cek aja

Caranya

Dongkrak ban depan kanan & kiri

goyang2 ban pake ke 2 tangan

1. Cek Tie Rod end :
Pegang kanan dan kiri ban

goyang2-kan

2. Ball Joints :
Pegang bag atas & bawah ban

Goyang2- kan


Jika gak ada hentakan / koclak2 berarti Tie Rod end & Ball Joint masi bagus

Biasa bengkel2 spooring sgt paham akan hal ini

Okay, semoga problem-nya cepat beres / asuransi cepat turun approval-nya
Amin om semoga demikian

Kalo sayap atas bawah itu kedeteksi rusaknya gimana? Saya juga takut link stabil nya kena :big_cry:
Link stabil kalo kena sih keliatan banget

paling gampang bawa aja deh ke bkl spooring yg kredibel

suru merreka liatin semua mana2 aja yg perku diganti

Btw skg ini saat di setir normal gak ?

ada getaran / spelleng aneh gak ?
Belum tau om, kmrn itu spakbor depan mentok tapi sejauh ini ga ada masalah om pas saya mau bawa ke towingnya situ, blm kliatan speeleng nya sprti apa. Memang harus nunggu spooring dulu baru kliatan. Tapi apakah misal setelah spooring tidak menunjukan kerusakan, mobil center, tapi apa ayunan kaki2 kayak shok breker gt bisa ketauan rusak ga om?
:frm_snipper: :snipersmile: