Tanya Range Rover L322 2002-2006
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
Kalo dari harga si tlc di atas wrangler om
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1649
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
Baca thread2 macam ini jadi nostalgia beberapa tahun lalu saat pelihara yurop lawas, yang terkenal bandel dan gak mahal biaya perawatannya.
Itupun tiap hari saya bangun pagi dengan pikiran : rusak apalagi, abis biaya perbaikan berapa lagi, dsb. Sungguh sangat menyiksa.
Begitu ada kesempatan ganti ke jepang kelas rakyat, rasanya kayak 17 Agustus 1945. Dipake cara apapun nggak rusak2 juga
Itupun tiap hari saya bangun pagi dengan pikiran : rusak apalagi, abis biaya perbaikan berapa lagi, dsb. Sungguh sangat menyiksa.
Begitu ada kesempatan ganti ke jepang kelas rakyat, rasanya kayak 17 Agustus 1945. Dipake cara apapun nggak rusak2 juga

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
ada alasan kenapa TLC harganya manteng terus susah turun, proven reliability and build quality. 20 tahun lalu, bapak saya sempat pakai TLC 80 merah dan sampai detik ini, saya masih terkenang dengan kenyamanan interior dan ketangguhannya waktu diajak ke proyek
selain RR, harga porsche cayenne turbo generasi itu juga terjun bebas, bahkan lebih murah dibanding adiknya yang 3.6. tanya kenapa?
untuk total budget 400 juta mungkin bisa coba lirik g-class w460 280GE, tapi itupun juga harus restorasi pelan pelan dan pasti lebih dari bujet, komunitas g-class di indonesia juga sangat kuat, ada MJI
selain RR, harga porsche cayenne turbo generasi itu juga terjun bebas, bahkan lebih murah dibanding adiknya yang 3.6. tanya kenapa?
untuk total budget 400 juta mungkin bisa coba lirik g-class w460 280GE, tapi itupun juga harus restorasi pelan pelan dan pasti lebih dari bujet, komunitas g-class di indonesia juga sangat kuat, ada MJI
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
Hmm, saya rasa kurang deh kalau 400 bangun kijang mersi. Baru dapet bahannya aja itu, belom biaya bangunnya yang ha ha ha
Terus selesai bangun dipake setahunan bosen ha ha, seru nyimak di sini, siapa tau om faris beneran ambil landy pengen tahu pendapatnya
Terus selesai bangun dipake setahunan bosen ha ha, seru nyimak di sini, siapa tau om faris beneran ambil landy pengen tahu pendapatnya
Ron Asheton Forever
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
400jt dapat g class tahun berapa tuh. 90an paling an ya? Mending land cruiser aja. G class harganya gelap di Indo, kalo duit masih berseri saya ga rekomen dah.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3108
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
400 jt bisa dapet w461 bagus tp ga w463 ya omthestoneroses wrote: Tue Aug 28, 2018 15:06 Hmm, saya rasa kurang deh kalau 400 bangun kijang mersi. Baru dapet bahannya aja itu, belom biaya bangunnya yang ha ha ha
Terus selesai bangun dipake setahunan bosen ha ha, seru nyimak di sini, siapa tau om faris beneran ambil landy pengen tahu pendapatnya
Kalo ambil rover ini kalo suspensi rusak ubah aja ke konvensional pake import punya arnotts atau strutmaster. 8 jutaan belum pasang belum kirim dan pajak.
Pengalaman pake sedan inggris sih aman tp parts ya mahal nya 2-3x german, itupun mesin ford punya sebenernya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
@teppey kalo segituan kayaknya nga dapet om, kalo dapet juga lebih baik jangan, atau iseng main ke lebak bulus ada bengkel rumahan merc yg populer di kalangan komunitas dan dia mau ngebangun, kalo lc ngga pernah megang saya jadi kurang tahu nih
Om faris, sekarang gara-gara medsos g wagen jadi gimana gitu ya
Sedan inggris di daerah saya ada yg megang xj x300, kyknya 12 silinder, menggoda tapi ta denger cranky perawatan ya om; berarti L322 berat ya, nunggu L405 bersahabat aja kalau gitu ya. Lima liter v8 asik (diliat), Pada akhirnya ngebangun jerman lebih mudah daripada inggris ya he he
Om faris, sekarang gara-gara medsos g wagen jadi gimana gitu ya
Sedan inggris di daerah saya ada yg megang xj x300, kyknya 12 silinder, menggoda tapi ta denger cranky perawatan ya om; berarti L322 berat ya, nunggu L405 bersahabat aja kalau gitu ya. Lima liter v8 asik (diliat), Pada akhirnya ngebangun jerman lebih mudah daripada inggris ya he he
Ron Asheton Forever
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
280ge manual5 pintu w460 80an bahan di bawah 400 masih ada kok
bahan lho ya, selebihnya ngerapiin pelan pelan hahaha
LC di bawah 400 paling dapat seri 80, seri 100 dapetnya bensin, alamak ngocor kali
Prado dapet sih cuma kurang LC rasanya
w461 ex paspampres yang hitam 5 pintu sepertinya kondisi bahan masih 800-900 ke atas
yang putih/merah SWB harganya makin gaib lagi
bahan lho ya, selebihnya ngerapiin pelan pelan hahaha
LC di bawah 400 paling dapat seri 80, seri 100 dapetnya bensin, alamak ngocor kali
Prado dapet sih cuma kurang LC rasanya
wah kalau ada w461 harga segitu kayanya orang udah pada bunuh bunuhan tuh, sepertinya yang dimaksud w460farizfsa wrote: Wed Aug 29, 2018 1:29400 jt bisa dapet w461 bagus tp ga w463 ya omthestoneroses wrote: Tue Aug 28, 2018 15:06 Hmm, saya rasa kurang deh kalau 400 bangun kijang mersi. Baru dapet bahannya aja itu, belom biaya bangunnya yang ha ha ha
Terus selesai bangun dipake setahunan bosen ha ha, seru nyimak di sini, siapa tau om faris beneran ambil landy pengen tahu pendapatnya
Kalo ambil rover ini kalo suspensi rusak ubah aja ke konvensional pake import punya arnotts atau strutmaster. 8 jutaan belum pasang belum kirim dan pajak.
Pengalaman pake sedan inggris sih aman tp parts ya mahal nya 2-3x german, itupun mesin ford punya sebenernya
w461 ex paspampres yang hitam 5 pintu sepertinya kondisi bahan masih 800-900 ke atas
yang putih/merah SWB harganya makin gaib lagi
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3108
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
wkwk iya om maksudnya w460.. kalo nyari pelan2 w460 aja udah diatas 180jt ya.. bisa dapet bmw x5 bagus jg itu hahadizco wrote: Wed Aug 29, 2018 5:23 280ge manual5 pintu w460 80an bahan di bawah 400 masih ada kok
bahan lho ya, selebihnya ngerapiin pelan pelan hahaha
LC di bawah 400 paling dapat seri 80, seri 100 dapetnya bensin, alamak ngocor kali
Prado dapet sih cuma kurang LC rasanya
wah kalau ada w461 harga segitu kayanya orang udah pada bunuh bunuhan tuh, sepertinya yang dimaksud w460farizfsa wrote: Wed Aug 29, 2018 1:29400 jt bisa dapet w461 bagus tp ga w463 ya omthestoneroses wrote: Tue Aug 28, 2018 15:06 Hmm, saya rasa kurang deh kalau 400 bangun kijang mersi. Baru dapet bahannya aja itu, belom biaya bangunnya yang ha ha ha
Terus selesai bangun dipake setahunan bosen ha ha, seru nyimak di sini, siapa tau om faris beneran ambil landy pengen tahu pendapatnya
Kalo ambil rover ini kalo suspensi rusak ubah aja ke konvensional pake import punya arnotts atau strutmaster. 8 jutaan belum pasang belum kirim dan pajak.
Pengalaman pake sedan inggris sih aman tp parts ya mahal nya 2-3x german, itupun mesin ford punya sebenernya
w461 ex paspampres yang hitam 5 pintu sepertinya kondisi bahan masih 800-900 ke atas
yang putih/merah SWB harganya makin gaib lagi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3108
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
xj x300 /daimler six (or double six) 2-3 tahun lalu siapa sih yg mau beli, jual 90 jt aja susah.. sekarang.. naik bgt harganya 300 jutaan, udah bisa dapet mercy sclass w221 itu.. beli w140 udah dapet 2 biji.thestoneroses wrote: Wed Aug 29, 2018 5:15 @teppey kalo segituan kayaknya nga dapet om, kalo dapet juga lebih baik jangan, atau iseng main ke lebak bulus ada bengkel rumahan merc yg populer di kalangan komunitas dan dia mau ngebangun, kalo lc ngga pernah megang saya jadi kurang tahu nih
Om faris, sekarang gara-gara medsos g wagen jadi gimana gitu ya
Sedan inggris di daerah saya ada yg megang xj x300, kyknya 12 silinder, menggoda tapi ta denger cranky perawatan ya om; berarti L322 berat ya, nunggu L405 bersahabat aja kalau gitu ya. Lima liter v8 asik (diliat), Pada akhirnya ngebangun jerman lebih mudah daripada inggris ya he he
kalo mau ttp inggrisan 300 jt udah bisa dapet jag xj x305 (2004an) juga sih.. atau jag xf (x205) juga segituan. xf enak lah ga nyusahin, cuma ntah ini mobil di setir getaran mesin lebih merasa drpd 6 silinder nya jerman-jerman
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
400jt buat mobil yg udah hampir 40 tahun kok rasanya...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 510
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
Budget segitu gimana kalo TLC Cygnus, udah dpt yg 2004/2005 klo ga salah.... minusnya paling boros doank... selebihnya sama dengan toyota lainnya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
Tambah budget aja ambil LX 570 bagus tuh
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Dec 28, 2017 5:50
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
Terima kasih atas saran dan masukannya semua.
Kalo memang point permasalahan utama L322 ada di air suspension misalnya, apa nggak bisa diganti aja dengan suspensi/coil over konvensional? Gak papa deh gak bisa naik turun, asal dia bisa enak/reliable dipake harian. Apakah possible demikian?
Bahkan sempat berangan-angan, kalau mesin dan electricitynya bermasalah, bongkar aja sekalian diganti jeroannya TLC 80 misalnya. Jadi Rover cuma dipakai di sasis, eksterior, dan interior saja. Hehehe...
Kalo memang point permasalahan utama L322 ada di air suspension misalnya, apa nggak bisa diganti aja dengan suspensi/coil over konvensional? Gak papa deh gak bisa naik turun, asal dia bisa enak/reliable dipake harian. Apakah possible demikian?
Bahkan sempat berangan-angan, kalau mesin dan electricitynya bermasalah, bongkar aja sekalian diganti jeroannya TLC 80 misalnya. Jadi Rover cuma dipakai di sasis, eksterior, dan interior saja. Hehehe...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
Mantap ni semangatnya si um
Kmrn papasan sm ni mbl....aura nya ni mbl emang ngga bohong ...aura mbl tajir
Btw RR ini monokok unibody y, bkn ladder ?

Kmrn papasan sm ni mbl....aura nya ni mbl emang ngga bohong ...aura mbl tajir

Btw RR ini monokok unibody y, bkn ladder ?
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
Iseng2 search di YouTube RR L322, cukup serem jg rata2 blg mobilnya kurang reliable. Klo bener TS mau ambil nih mobil sdh pasti faktor kesukaan nya yg utama. Tp memang Klo dijalan TLC tahun lawas lewat biasa aja, seakan kaya Fortuner gen 1 facelift chrome, tp Klo RR masih berasa kaya mobil 1M lebih
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 601
- Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
- Location: Jakarta
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
Ya memang sih, RR hanya terbentur isu relible nya dan memang printilannya yang banyak. jangankan RR yang ditanyakan Om TS, kalau ketemu RR tahun 1996an aja masih terasa Orang Kaya Lama, padahal 2nd nya udah berkisar 130jt an harganya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
kayanya om TS udah kesengsem berat sama L322, gawat ni kalo hati udah lebih dominan dari logika. Hajar aja om !!!
Coba tanya tanya sama user L322 gimana akalin reliabilitynya. BTW baru inget juga katanya banyak G Class yang ganti mesin Toyota. Siapa tau L322 ini bisa swap engine juga.
Coba tanya tanya sama user L322 gimana akalin reliabilitynya. BTW baru inget juga katanya banyak G Class yang ganti mesin Toyota. Siapa tau L322 ini bisa swap engine juga.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
yg bikin males dg harga segitu bukan umurnya tapi ni mobil pernah murah , tahun 2010 kebawah 280GE harganya sama kyk 300e (80-100jt) lalu mulai naik di 2011/2012 ke 120-150jtan dan makin sini makin gak karuan G300 nya juga zaman segitu mainnya cuma 275-300an jt
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Tue Jan 15, 2019 7:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mini S F56
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
Wah, waktu itu saya juga pernah kepikiran ambil yang tahun 2007 karena sudah facelift dan banyak improvement. Tapi setelah saya riset dll, kok serem meliharanya. Bahkan saya pernah nanya ke temen kuliah orang Inggris, dia usia mendeketai 40-an dan car enthusiast juga. Dia bilang Land Rover dan Jaguar sering banget rusak yang dari era itu, jangan beli deh kecuali emang udah bener-bener cinta dan siap segalanya. Dia dulu pernah beberapa kali pelihara Jaguar, tapi akhirnya sekarang punya 2 Mitsubishi di rumahnya karena udah capek pelihara merk Inggris.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Thu Dec 06, 2018 18:48
- Location: jakarta
Re: Tanya Range Rover L322 2002-2006
atmadeva wrote: Sun Aug 26, 2018 11:47 Saya naksir mobil ini karena dulu pernah liat David Bekcham naik mobil ini. Jeremy Clarkson juga. Dan ini British punya, jadi kesan gagah dan ningratnya mobil ini kerasa banget. Apalagi kalo warnanya hitam mulus gitu.
Nah, iseng cek di situs online, harga sekennya udah sekitar 300-400. Let's say, kita ambil mobil budget 300, lalu spare budget 100 untuk reparasi dsb., total cost 400 saja. Udah dapat mobil yang harga barunya naudzubillah. Daripada beli Jejepangan, 400 paling baru dapet Land Cruiser 100an atau sekelasnya. Emang lebih durable/reliable, tapi prestisenya tentu lebih tinggi Rover kan? Lalu cek Google, mesinnya katanya buatan BMW, jadi mustinya service dan maintenance masih oke lah ya?
Jadi, saya mohon saran dan masukannya dari teman-teman sekalian yang pernah pakai/miara mobil ini. Gimana ya plus minusnya mobil ini? Apa saja yang jadi masalah dan perlu diperhatikan waktu mau meminang mobil ini? Berapa pajak dan balik namanya? Lalu, kalau ada alternatif di range harga serupa, kira-kira apa ya?
Makasih banyak sebelumnya.
yang pertama dan paling penting perhitungan service part running cost dll dulu om, karena range rover partmya mahal loh dan sy liat dari youtuber luar ya, mereka ga saranin melihara range rover kalo di tahun itu