Turboman wrote: Sat Dec 01, 2018 12:52
quyquy wrote:Masih bingung euy..
Sebenernya dieselgate eropa itu yang bagaimana ya?
Soalnya mobil diesel kan udah irit, tenaga besar, tapi kok malah ditinggalkan di eropa?
Apa karena polusinya yg jauh lebih berbahaya ketimbang yang gasoline?
utk bisa meet Euro 6 std biaya emission devices jadi sgt mahal & trade off ke Performance
Kasus gate2 itu kan konon krn ECU punya 2 MAP, ada Map utk test emisi dan Map utk daily.......katanya
Kl baca2 sekilas report awalnya dieselgate keblowup, jd ketauannya ada dua program/map didalem ecu itu malah krn ketidaksengajaan pas independent/university testing. Jd dimobil2 vw group yg kebetulan dites, dia/ecu kan ada autolearn mode utk adapts sama user, trs fitur2 lain kaya auto parking dst.nya. nah pada mode autolearn ini ditambahin beberapa subrutin baru yg bisa auto detect kl mobil naik ke dyno dan dipasangin sensor2 utk pengukuran emisi. Nah protokol utk uji emisi di us kan relatif monoton. Naik dyno.. panteng rpm direntang brp sampai brp, trus pindah gigi kapan, nah variable2 ini plus input lokasi gps dr satnav system mobil dicompare ke known emission testing location database di us yg udha masuk disystem, dimasukin ke ecunya. Jd begitu variable2 itu kedetect otomatis autoswitching ke emission testing map.
Nah pas dilab independent, rumornya.. pas pengujian.. g sengaja goyangin setir. Jadi auto cancel on going emission testing map balik ke normal map. Krn salah satu variable ecunya tau mau diemission testing dan switch ke testing map itu selain rpm range, shifting range, stationary fixed gps locations ama stationary fixed steering wheel. Krn stirnya kegoyang, ecunya anggap ini dijalan bukan didyno, dan krn locationnya jg g matched ama tempat tes emisi yg ada didatabase jd berubah mapnya balik ke default. Nah kl itu mesin2 dijel lejen disini.. lsg keluar cumi2nya pas diknalpotnya masih ada cantolan sensor emisinya



Masih enakan disini.. tinggal transfer tau beres kl uji emisi, kl perlu.. cukup ecunya dielus pake leptop.. lsg bisa tambah fitur awd gtr, plus tenaga 750hp.. trs bikin vlog pas nyetir teriak" whuaaaaaah gilaaa tarikannya, whuaaaaah kencaaaaaaanggg!!!! Oooo maaiiii gaaaaaaaaat hendlingnya...
. Wuuuuoooosyiiiieeeeet reeeeemmmmmnyaaaa pakemmmm!!! Gilaaaaaaaaa g perlu ganti parts... Cuman elus ecu ajah "


