kalo cari ori seken rpf harga segitu sih gabakal dapet om
kalo yang bbs udah sama ban om. ada juga bbs lain 12jt nego tapi r17
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
nah akhirnya ada yang mengeluarkan pendapat ini... jujur perdebatan ori vs rep ini macem kalo cewek itu tas ori vs kawe super... wkwkwkkww... atau jam tangan ori vs kawe... jadi inget om deddy corbuzier yang pake jam palsu buat syuting padahal doi beli yang asli mah mampu dan ada di rumahnya...turbine888 wrote: ↑Sun May 17, 2020 17:01 Hi om. Debat klasik ini apa beda velg Rep vs Ori.
Let’s start dengan YANG TERPENTING kita singkirkan dulu, yaitu pandangan bahwa velg yg bukan Made in Japan atau USA maupun Europe adalah velg non ori dsn berkualitas inferior . Ane bilang begini karena masih banyak persepsi ini di car scene kita. Sebagai contoh, BC Forged. Anak2 mobil pasti tau lah betapa mahal dan terkenalnya brand ini. Guess what? It’s made in Taiwan. Other name brands juga banyak macem Enkei TUNING (Enkei Tuning BUKAN Enkei, melainkan perusahaan joint Enkei dgn produsen velg Malaysia dgn license, technology, dan qc Enkei) yg made in Malaysia, lantas ada juga Rotiform yg velg2 1 piece nya mostly made in China, kemudian Lenso yg Made in Thailand dan Rota Phillipines. Apakah velg2 tersebut memiliki keselamatan inferior karena lokasi pembuatan mereka? Jawabannya adalah tidak, karena QC pabrik2 tersebut pasti memenuhi standard keamanan baik berupa JWL, VIA, SNI, DOT maupun lain2.
Lalu, mengapa banyak yg tidak mau memakai “velg Taiwan, velg China, dsb.”? Jawabannya simpel, yaitu masih adanya stigma yg mengidentikkan velg2 buatan negara di atas dengan cheap knockoff atau tembakan yg biasanya dibuat dengan menjiplak velg buatan produsen lain (bahkan ada yg branding pun sampai ditiru, kebanyakan dgn tulisan “Made in Japan” diganti menjadi “JAPAN DESIGN” atau “DESIGN IN JAPAN” atau merk yg diplesetkan seperti “Vorsreiner” atau “WedeSport”) dengan kualitas bahan dan keselamatan ala kadarnya tanpa adanya suatu qc atau standard . Inilah yg berbahaya dan sering dibilang di Indonesia sebagai “velg non-ori, velg TeWe atau replika yg gampang pecah.” Reputasi ini akhirnya merusak brand yg sebetulnya menjual “tribute wheels”, bkn replika.
Apa itu tribute wheels? Tribute wheels adalah velg yg dibuat dengan desain yg memberi tribute ataupun terinspirasi oleh desain velg lain yg populer lalu diberi twist sendiri oleh produsennya. Contoh dr tribute wheels ini adalah Lenso Project D yg terinspirasi Work Kiwami, ROTA Grid yg terinspirasi TE37, dan Rotiform RSE yg terinspirasi dari BBS RS2. Velg2 yg ane sebut di sini BUKAN masuk kategori velg non-ori ya, karena velg2 tersebut tidak menjiplak branding merk lain dan memiliki standard QC dan safety yg jelas. Bahkan, untuk yg hanya mengincar model suatu velg yg terkenal dengan alasan estetika, ane menyarankan untuk ambil tribute wheels aja karena harga yg biasanya tidak semahal velg yg menjadi inspirasinya.
Lalu, gimana cara milih velg yg benar untuk mobil om2 dan tante2 di mari? Kalo saya sih ga usah ribet ya. Tergantung kebutuhan dan yg terpenting kemampuan kita. Saya pribadi pernah memakai velg ERST Wheels Grora di Scirocco yg merupakan tribute wheel made in Taiwan dengan design inspired by HRE P101. Alasannya? Well, ane suka modelnya dan dengan pertimbangan ane karena hanya mencari estetika, tidak butuh performance dan weight advantage si HRE, serta faktor budget.
Lalu sekarang di Miata pakai Enkei RPF-1 dengan pertimbangan bahwa jika memilih velg aftermarket yg lebih berat, driving dynamics dan karakter Miata kan hilang maka ane mencari velg paling ringan (at least lebih ringan sedikit atau sama dgn std) di rentang budget ane dan jatuhlah pilihan pada RPF1 ini.
Jadi, kesimpulan dr ane adalah om TS serta SMers pilih aja sesuai kebutuhan dan budget. Jika memang ingin meminang velg dengan budget seminimal mungkin hanya untuk alasan estetik dan mau menerima resiko dari QC yg tidak jelas, bisa menggunakan velg tembakan atau knockoff atau “TeWe” tadi, toh secara estetika jg tidak beda.
Jika TS dan om2/tante2 di sini mencari estetika dr sebuah velg tp juga menginginkan peace of mind, serta to some extent menghargai karya dan kerja keras orang lain , serta safety, kualitas bahan, dan QC, ane sarankan ambil tribute wheels by Lenzo, SSW, dll. atau setidaknya second tier wheels dr brand names (seperti Sparco by OZ, Enkei TUNING, dll.).
Lastly, kalau emang yg diincer adalah state of the art tech, performance, and lightness barulah menggunakan velg yg disematkan teknologi2 untuk membuatnya ringan dan relatif kuat (selain karena faktor gengsi yg byk ditemukan di Indonesia). Namun, keunggulan2 ini harus dibayar dengan harga yg mahal sekali.
Kalo dari ane cuman ada 2 hal, don’t pretend to be something you’re not dan jangan maksa. Sekian dr ane. Maaf panjang ya
Sama2 om. Kalo pertanyaannya, ane coba jawab sebisa mungkin ya, soalnya ane juga sama2 pemula di hobby per-velg-an hehehe.ginza wrote: ↑Sun May 17, 2020 18:11
wah thanks om penjelasannya.
saya jadi timbul pertanyaan :
1. velg yang mau saya ambil ini termasuk tewe atau bukan ya?
karna velg RPF ini kan mirip kayak ori, berarti dia jiplakan.
saya pernah dikasih tau, kalau bedain tewe atau bukan bisa diliat dari made in nya. bener kayak yang om bilang, namanya suka diplesetin atau dibuat japan design. tapi kalau misalkan dia tulisannya made in taiwan atau made in thailand, itu termasuk tewe bukan ya?
2. apa kualitas rpf thailand yang mau saya ambil ini bagus? atau sama aja kayak replika? karna penjualnya bilang lebih ringan dari replika biasa (mirip ori)
3. diluar dari pembahasan tadi, dengan spek yang langka harga velg bisa lebih mahal kah?
karna saya sendiri bukan incer gengsi atau pengen kelihatan ori ambil RPF thailand ini. Bukan maksain juga. Alesannya simple, karna susah banget cari pcd buat bmw saya dari awal emang mau ambil replika, cuma emang gaada pcd buat bmw (gatau gaada atau emang susah). kalo budget sih bisa disesuain, tapi kalo buat ambil ori nya RPF kantong ga sesuai hehehe. karna udah terlanjur suka sama modelnya yaa jadi cari opsinya ambil replika. tapi kalau yang thailand ini ternyata emang sama aja replika & jualnya kemahalan (14,5 masih nego) yowes mungkin ambil bbs ori aja yang sesuai budget
itu dia om, dia gaada brand sendiri. dia terang2an jual enkei rpf01 dengan embel embel made in thailand (yang dia akuin kalau lebih bagus daripada replika biasa). kalau dibilang tribute wheels juga kayanya bukan, dia lebih ke supercopy kayanya. speknya mirip2 ori cuma beda di lebarnya aja dia 9.5 kalau dari enkei sendiri ngeluarin yang 8.5 buat pcd 5x120.turbine888 wrote: ↑Mon May 18, 2020 4:53Sama2 om. Kalo pertanyaannya, ane coba jawab sebisa mungkin ya, soalnya ane juga sama2 pemula di hobby per-velg-an hehehe.ginza wrote: ↑Sun May 17, 2020 18:11
wah thanks om penjelasannya.
saya jadi timbul pertanyaan :
1. velg yang mau saya ambil ini termasuk tewe atau bukan ya?
karna velg RPF ini kan mirip kayak ori, berarti dia jiplakan.
saya pernah dikasih tau, kalau bedain tewe atau bukan bisa diliat dari made in nya. bener kayak yang om bilang, namanya suka diplesetin atau dibuat japan design. tapi kalau misalkan dia tulisannya made in taiwan atau made in thailand, itu termasuk tewe bukan ya?
2. apa kualitas rpf thailand yang mau saya ambil ini bagus? atau sama aja kayak replika? karna penjualnya bilang lebih ringan dari replika biasa (mirip ori)
3. diluar dari pembahasan tadi, dengan spek yang langka harga velg bisa lebih mahal kah?
karna saya sendiri bukan incer gengsi atau pengen kelihatan ori ambil RPF thailand ini. Bukan maksain juga. Alesannya simple, karna susah banget cari pcd buat bmw saya dari awal emang mau ambil replika, cuma emang gaada pcd buat bmw (gatau gaada atau emang susah). kalo budget sih bisa disesuain, tapi kalo buat ambil ori nya RPF kantong ga sesuai hehehe. karna udah terlanjur suka sama modelnya yaa jadi cari opsinya ambil replika. tapi kalau yang thailand ini ternyata emang sama aja replika & jualnya kemahalan (14,5 masih nego) yowes mungkin ambil bbs ori aja yang sesuai budget
1. Nah ini om, kalau dia ga ada emboss “Japan Design” dsb, lalu berani emboss lokasi tempat pabriknya walau modelnya mirip RPF1, dan memiliki branding tersendiri mungkin velg tsb dapat dikategorikan sebagai tribute wheels seperti yg ane sebutkan.
2. Kalau kualitas kembali lagi om ke standard yg dipakai dr pabriknya. Kebanyakan dr pabrik velg aftermarket baik yg brand name maupun tribute wheels tadi mengikuti standard JWL maupun VIA, sehingga seharusnya “aman” dan ada standard QC nya (dengan catatan bahwa velg yg om TS mau beli memang tribute wheels, BUKAN knockoff atau “TeWe asal njeplak”.
3. Bisa banget om. Sebagai contoh, Volk Racing ZE40 spek r19 dgn lebar 9.5-10.5 (belang dengan velg depan semi concave face dan velg belakang concave face) dengan PCD 5x120 atau lazim disebut spek BMW M pasti lebih langka dan mahal drpd ZE40 lain yg memiliki lebar rata dan PCD 5x114.3.
Anyway, balik lagi ke om TS. Kalau emang sudah suka dengan modelnya RPF1, ya apa boleh buat om . Emang susah buat cari RPF1 ori spek PCD BMW (jika ada pun mahal banget karena seperti pertanyaan no.4, spek nya langka) dan menurut pengalaman saya, kebanyakan temen2 di komunitas mengakali dgn konversi wheel hub mobil ke PCD 5x114.3. Cuman dengan harga 14,5 jt, ada beberapa pertanyaan yg ingin sy sampaikan untuk om TS.
1. Dengan harga segitu yg cukup mahal, apakah om TS bisa memastikan bahwa velg tersebut merupakan sebuah “tribute wheel“ yg dibuat secara proper dan bukan “knockoff TeWe asal njeplak”?
2. Kalau boleh tau, mungkin bisa PM foto velg dan nama toko yg jual velgnya om? Siapa tau ane bisa bantu lihat keabsahannya
Sekian jawaban dr sy om TS. Semoga membantu .
Kalau bubut velg atau PCD, ane sangat tidak menyarankan om, karena akan mengubah susunan grain bahan velg yg berpengaruh pada stiffness dan kekuatan dr bahannya. Alternatif yg diberikan adalah untuk mengganti hub roda (lingkaran tempat mounting velg yg ada baut PCD nya) dengan yg ber PCD 5x114.3. Metode ini, ane berani bilang cukup aman, dan byk teman2 bawa BMW yg memakai cara ini dan melakukan track day, spirited driving, maupun high speed driving tanpa ada accident apapun dan tidak ada getaran2 tidak wajar pada mobil atau tanda2 failure.ginza wrote: ↑Mon May 18, 2020 6:24
itu dia om, dia gaada brand sendiri. dia terang2an jual enkei rpf01 dengan embel embel made in thailand (yang dia akuin kalau lebih bagus daripada replika biasa). kalau dibilang tribute wheels juga kayanya bukan, dia lebih ke supercopy kayanya. speknya mirip2 ori cuma beda di lebarnya aja dia 9.5 kalau dari enkei sendiri ngeluarin yang 8.5 buat pcd 5x120.
nah kalau soal mengakali, jadi nanya lagi nih om.. itu aman gak ya? temen juga sempet nyaranin. cuma pernah nanya juga ke toko velg langsung kalau rubah pcd atau bubut itu bahaya om
kalo dari pertanyaan om
1. menurut saya dia bukan tribute wheels, tapi dia menjeplak secara proper. karna sempet bandingin sama yang tewe, memang sekilas lebih bagus (saya bandingin lewat foto)
2. saya nemu di OLX om, dia anak komunitas bmw juga.
penampakannya kayak gini om
kalau mau ganti hub roda bilangnya gimana ya om? terus berarti kalau gitu yang dirubah bukan velgnya ya? jadi PCD nya itu yang diganti jadi 114,3? hehe maklum saya agak kurang paham om, malah baru dengerturbine888 wrote: ↑Mon May 18, 2020 7:14Kalau bubut velg atau PCD, ane sangat tidak menyarankan om, karena akan mengubah susunan grain bahan velg yg berpengaruh pada stiffness dan kekuatan dr bahannya. Alternatif yg diberikan adalah untuk mengganti hub roda (lingkaran tempat mounting velg yg ada baut PCD nya) dengan yg ber PCD 5x114.3. Metode ini, ane berani bilang cukup aman, dan byk teman2 bawa BMW yg memakai cara ini dan melakukan track day, spirited driving, maupun high speed driving tanpa ada accident apapun dan tidak ada getaran2 tidak wajar pada mobil atau tanda2 failure.ginza wrote: ↑Mon May 18, 2020 6:24
itu dia om, dia gaada brand sendiri. dia terang2an jual enkei rpf01 dengan embel embel made in thailand (yang dia akuin kalau lebih bagus daripada replika biasa). kalau dibilang tribute wheels juga kayanya bukan, dia lebih ke supercopy kayanya. speknya mirip2 ori cuma beda di lebarnya aja dia 9.5 kalau dari enkei sendiri ngeluarin yang 8.5 buat pcd 5x120.
nah kalau soal mengakali, jadi nanya lagi nih om.. itu aman gak ya? temen juga sempet nyaranin. cuma pernah nanya juga ke toko velg langsung kalau rubah pcd atau bubut itu bahaya om
kalo dari pertanyaan om
1. menurut saya dia bukan tribute wheels, tapi dia menjeplak secara proper. karna sempet bandingin sama yang tewe, memang sekilas lebih bagus (saya bandingin lewat foto)
2. saya nemu di OLX om, dia anak komunitas bmw juga.
penampakannya kayak gini om
Anyway, dari gambar yg om kirimin memang benar, ini supercopy dr RPF1 yg sangat halus, bahkan face nya boleh dibilang 99% persis dengan yg made in Japan, down to. Nah masalahnya adalah banyak dr supercopy “tanpa merk” ini tidak memiliki brand atau pabrikan yg jelas, sehingga kita tidak bisa mengetahui pasti standard QC, bahan, dan safety yg digunakan.
Kalau opini saya pribadi, akan kurang worth it sih om untuk spend uang sebanyak itu untuk velg yg (maaf) kurang jelas asal usulnya ini. Ane lebih sarankan om untuk ambil BBS nya jika memang benar itu ori (kalau boleh, mungkin bisa dipost juga om, fotonya). But, kembali lagi, ini hanya opini sy dan kalau memang om TS udah kesengsem dan mau menerima resikonya, serta tidak berencana untuk melakukan spirited driving maupun track day, silahkan diangkut om, tapi coba ditawar dulu ke harga yg lebih reasonable untuk velgnya (ane recommend di range 10 juta ke bawah).
Sekian om dr ane, semoga bisa membantu
Bikin adaptor dari 5x120 ke 5x114/112 om...sarinande biasa yah?ginza wrote:kalau mau ganti hub roda bilangnya gimana ya om? terus berarti kalau gitu yang dirubah bukan velgnya ya? jadi PCD nya itu yang diganti jadi 114,3? hehe maklum saya agak kurang paham om, malah baru dengerturbine888 wrote: ↑Mon May 18, 2020 7:14Kalau bubut velg atau PCD, ane sangat tidak menyarankan om, karena akan mengubah susunan grain bahan velg yg berpengaruh pada stiffness dan kekuatan dr bahannya. Alternatif yg diberikan adalah untuk mengganti hub roda (lingkaran tempat mounting velg yg ada baut PCD nya) dengan yg ber PCD 5x114.3. Metode ini, ane berani bilang cukup aman, dan byk teman2 bawa BMW yg memakai cara ini dan melakukan track day, spirited driving, maupun high speed driving tanpa ada accident apapun dan tidak ada getaran2 tidak wajar pada mobil atau tanda2 failure.ginza wrote: ↑Mon May 18, 2020 6:24
itu dia om, dia gaada brand sendiri. dia terang2an jual enkei rpf01 dengan embel embel made in thailand (yang dia akuin kalau lebih bagus daripada replika biasa). kalau dibilang tribute wheels juga kayanya bukan, dia lebih ke supercopy kayanya. speknya mirip2 ori cuma beda di lebarnya aja dia 9.5 kalau dari enkei sendiri ngeluarin yang 8.5 buat pcd 5x120.
nah kalau soal mengakali, jadi nanya lagi nih om.. itu aman gak ya? temen juga sempet nyaranin. cuma pernah nanya juga ke toko velg langsung kalau rubah pcd atau bubut itu bahaya om
kalo dari pertanyaan om
1. menurut saya dia bukan tribute wheels, tapi dia menjeplak secara proper. karna sempet bandingin sama yang tewe, memang sekilas lebih bagus (saya bandingin lewat foto)
2. saya nemu di OLX om, dia anak komunitas bmw juga.
penampakannya kayak gini om
Anyway, dari gambar yg om kirimin memang benar, ini supercopy dr RPF1 yg sangat halus, bahkan face nya boleh dibilang 99% persis dengan yg made in Japan, down to. Nah masalahnya adalah banyak dr supercopy “tanpa merk” ini tidak memiliki brand atau pabrikan yg jelas, sehingga kita tidak bisa mengetahui pasti standard QC, bahan, dan safety yg digunakan.
Kalau opini saya pribadi, akan kurang worth it sih om untuk spend uang sebanyak itu untuk velg yg (maaf) kurang jelas asal usulnya ini. Ane lebih sarankan om untuk ambil BBS nya jika memang benar itu ori (kalau boleh, mungkin bisa dipost juga om, fotonya). But, kembali lagi, ini hanya opini sy dan kalau memang om TS udah kesengsem dan mau menerima resikonya, serta tidak berencana untuk melakukan spirited driving maupun track day, silahkan diangkut om, tapi coba ditawar dulu ke harga yg lebih reasonable untuk velgnya (ane recommend di range 10 juta ke bawah).
Sekian om dr ane, semoga bisa membantu
bener om saya kurang yakin asal usul velg ini, mungkin kalau dia jelasin pabrikan & QC nya baru saya lebih yakin. dia cuma bilang made in thailand & lebih ringan dari velg replika biasa
soal harga juga disaranin temen emang ambil dibawah 10 om, karna ya mau gimanapun katanya itu tetep replika cuma kualitas lebih bagus aja (supercopy). saya rasa sih penjualnya berani jual tinggi karna spek yang langka aja
kalau yang BBS modelnya gini om
foto yang 4 velg itu BBS RX 209 R18
yang masih terpasang BBS RX 204 R17
nah yg repot itu karena kbanyakan orang jump into conclusion kalo velg pecah / peyang pasti salahin velg replika bukan ori... pdhl under inflated tyre juga bisa bikin velg pecah. tmen ane yang pake FD contohnya r19 tw pecah... abis itu ganti beli r18 rep kasih ban hankook bae-bae aja...12punch wrote: ↑Mon May 18, 2020 7:35 ane pengguna BBS CHR Replica Taiwan, beli tahun 2015 dipakai di ford fiesta
sampai 2020 skrg aman2 aja kok cuma grepes2 lucu pemakaian aja
ga ada peang apalagi patah..
ane ga paham sih apa kualitas Velg TW yang ane pake hoki dpt yg bagus atau gimana, tapi pemakaian ane sih normal, speed di tol 140, sesekali kena lobang dll sih udah 5 tahun aman .. dulu ambilnya di TirtaMotorsport , apa mungkin karena masih R17 dan bannya msh tebel ya jd bisa ditahan? kalo misal velg TW ban tipis ring besar mungkin baru gampang rusak kali ya?
tp menurut ane kalo skrg ada pilihan kaya HSR kayany mending ambil HSR / brand lain yang jelas / ori Second, karena brandnya jelas, kalo ada problem ya jelas siapa yg dituju.
kalo misal ambil velg replika paling cma bisa komplain masalah ke toko yang jual, dan toko tinggal mengelak " yah namanya replika bro ga kuat " .. wkwk
ooo jadi bikin adaptor lagi ya.. biaya kena brp ya om?nyotnyet wrote: ↑Mon May 18, 2020 7:53Bikin adaptor dari 5x120 ke 5x114/112 om...sarinande biasa yah?ginza wrote:kalau mau ganti hub roda bilangnya gimana ya om? terus berarti kalau gitu yang dirubah bukan velgnya ya? jadi PCD nya itu yang diganti jadi 114,3? hehe maklum saya agak kurang paham om, malah baru dengerturbine888 wrote: ↑Mon May 18, 2020 7:14
Kalau bubut velg atau PCD, ane sangat tidak menyarankan om, karena akan mengubah susunan grain bahan velg yg berpengaruh pada stiffness dan kekuatan dr bahannya. Alternatif yg diberikan adalah untuk mengganti hub roda (lingkaran tempat mounting velg yg ada baut PCD nya) dengan yg ber PCD 5x114.3. Metode ini, ane berani bilang cukup aman, dan byk teman2 bawa BMW yg memakai cara ini dan melakukan track day, spirited driving, maupun high speed driving tanpa ada accident apapun dan tidak ada getaran2 tidak wajar pada mobil atau tanda2 failure.
Anyway, dari gambar yg om kirimin memang benar, ini supercopy dr RPF1 yg sangat halus, bahkan face nya boleh dibilang 99% persis dengan yg made in Japan, down to. Nah masalahnya adalah banyak dr supercopy “tanpa merk” ini tidak memiliki brand atau pabrikan yg jelas, sehingga kita tidak bisa mengetahui pasti standard QC, bahan, dan safety yg digunakan.
Kalau opini saya pribadi, akan kurang worth it sih om untuk spend uang sebanyak itu untuk velg yg (maaf) kurang jelas asal usulnya ini. Ane lebih sarankan om untuk ambil BBS nya jika memang benar itu ori (kalau boleh, mungkin bisa dipost juga om, fotonya). But, kembali lagi, ini hanya opini sy dan kalau memang om TS udah kesengsem dan mau menerima resikonya, serta tidak berencana untuk melakukan spirited driving maupun track day, silahkan diangkut om, tapi coba ditawar dulu ke harga yg lebih reasonable untuk velgnya (ane recommend di range 10 juta ke bawah).
Sekian om dr ane, semoga bisa membantu
bener om saya kurang yakin asal usul velg ini, mungkin kalau dia jelasin pabrikan & QC nya baru saya lebih yakin. dia cuma bilang made in thailand & lebih ringan dari velg replika biasa
soal harga juga disaranin temen emang ambil dibawah 10 om, karna ya mau gimanapun katanya itu tetep replika cuma kualitas lebih bagus aja (supercopy). saya rasa sih penjualnya berani jual tinggi karna spek yang langka aja
kalau yang BBS modelnya gini om
foto yang 4 velg itu BBS RX 209 R18
yang masih terpasang BBS RX 204 R17
Nah bbsnya cakep tuu
Kalo biaya saya kurang paham ya Om, saya bukan jkt soalnya, dan belum pernah bikin adaptor juga...ginza wrote:ooo jadi bikin adaptor lagi ya.. biaya kena brp ya om?nyotnyet wrote: ↑Mon May 18, 2020 7:53Bikin adaptor dari 5x120 ke 5x114/112 om...sarinande biasa yah?ginza wrote: kalau mau ganti hub roda bilangnya gimana ya om? terus berarti kalau gitu yang dirubah bukan velgnya ya? jadi PCD nya itu yang diganti jadi 114,3? hehe maklum saya agak kurang paham om, malah baru denger
bener om saya kurang yakin asal usul velg ini, mungkin kalau dia jelasin pabrikan & QC nya baru saya lebih yakin. dia cuma bilang made in thailand & lebih ringan dari velg replika biasa
soal harga juga disaranin temen emang ambil dibawah 10 om, karna ya mau gimanapun katanya itu tetep replika cuma kualitas lebih bagus aja (supercopy). saya rasa sih penjualnya berani jual tinggi karna spek yang langka aja
kalau yang BBS modelnya gini om
foto yang 4 velg itu BBS RX 209 R18
yang masih terpasang BBS RX 204 R17
Nah bbsnya cakep tuu
hehe iya bbs cakep om harga lumayan juga yang R18
R18 pake semislick aman kah om? yang tebel 40/45ChZ wrote: ↑Mon May 18, 2020 8:00nah yg repot itu karena kbanyakan orang jump into conclusion kalo velg pecah / peyang pasti salahin velg replika bukan ori... pdhl under inflated tyre juga bisa bikin velg pecah. tmen ane yang pake FD contohnya r19 tw pecah... abis itu ganti beli r18 rep kasih ban hankook bae-bae aja...12punch wrote: ↑Mon May 18, 2020 7:35 ane pengguna BBS CHR Replica Taiwan, beli tahun 2015 dipakai di ford fiesta
sampai 2020 skrg aman2 aja kok cuma grepes2 lucu pemakaian aja
ga ada peang apalagi patah..
ane ga paham sih apa kualitas Velg TW yang ane pake hoki dpt yg bagus atau gimana, tapi pemakaian ane sih normal, speed di tol 140, sesekali kena lobang dll sih udah 5 tahun aman .. dulu ambilnya di TirtaMotorsport , apa mungkin karena masih R17 dan bannya msh tebel ya jd bisa ditahan? kalo misal velg TW ban tipis ring besar mungkin baru gampang rusak kali ya?
tp menurut ane kalo skrg ada pilihan kaya HSR kayany mending ambil HSR / brand lain yang jelas / ori Second, karena brandnya jelas, kalo ada problem ya jelas siapa yg dituju.
kalo misal ambil velg replika paling cma bisa komplain masalah ke toko yang jual, dan toko tinggal mengelak " yah namanya replika bro ga kuat " .. wkwk
ibarat kata ban kita under inflated, terus pas hajar lobang agak dalem dan titik nonjoknya pas di weak spot velgnya... ya pecah mah pecah aj... velg oem bawaan mobil mahh ga dikit jg yang kena lobang peyang / pecah... klo velg oem bawaan mobil ga disalahin velgnya disalahin lobangnya... wkwkwkwkw.
nah skrg simulasinya bayangin aj ban tipis + under inflated, apa ga kesian ntu velg... makanya ane masih berpegang teguh klo safety factor utama dimulai dari karet bundar... klo anginnya pas, tebelnya manusiawi, yah resikonya ud minim banget...
masih pecah atau peyang anggep aja kena apes... tp klo emang mau jaminan mutu beli aj replika yang merek udah bagus-bagus... HSR ntu bagus skalian support local brand.
ChZ wrote: ↑Mon May 18, 2020 8:00nah yg repot itu karena kbanyakan orang jump into conclusion kalo velg pecah / peyang pasti salahin velg replika bukan ori... pdhl under inflated tyre juga bisa bikin velg pecah. tmen ane yang pake FD contohnya r19 tw pecah... abis itu ganti beli r18 rep kasih ban hankook bae-bae aja...12punch wrote: ↑Mon May 18, 2020 7:35 ane pengguna BBS CHR Replica Taiwan, beli tahun 2015 dipakai di ford fiesta
sampai 2020 skrg aman2 aja kok cuma grepes2 lucu pemakaian aja
ga ada peang apalagi patah..
ane ga paham sih apa kualitas Velg TW yang ane pake hoki dpt yg bagus atau gimana, tapi pemakaian ane sih normal, speed di tol 140, sesekali kena lobang dll sih udah 5 tahun aman .. dulu ambilnya di TirtaMotorsport , apa mungkin karena masih R17 dan bannya msh tebel ya jd bisa ditahan? kalo misal velg TW ban tipis ring besar mungkin baru gampang rusak kali ya?
tp menurut ane kalo skrg ada pilihan kaya HSR kayany mending ambil HSR / brand lain yang jelas / ori Second, karena brandnya jelas, kalo ada problem ya jelas siapa yg dituju.
kalo misal ambil velg replika paling cma bisa komplain masalah ke toko yang jual, dan toko tinggal mengelak " yah namanya replika bro ga kuat " .. wkwk
ibarat kata ban kita under inflated, terus pas hajar lobang agak dalem dan titik nonjoknya pas di weak spot velgnya... ya pecah mah pecah aj... velg oem bawaan mobil mahh ga dikit jg yang kena lobang peyang / pecah... klo velg oem bawaan mobil ga disalahin velgnya disalahin lobangnya... wkwkwkwkw.
nah skrg simulasinya bayangin aj ban tipis + under inflated, apa ga kesian ntu velg... makanya ane masih berpegang teguh klo safety factor utama dimulai dari karet bundar... klo anginnya pas, tebelnya manusiawi, yah resikonya ud minim banget...
masih pecah atau peyang anggep aja kena apes... tp klo emang mau jaminan mutu beli aj replika yang merek udah bagus-bagus... HSR ntu bagus skalian support local brand.
Yah begitulah om yg jadi masalah kalo beli velg “replika”, yaitu adanya faktor hoki2 an soal kualitas dan ketahanan. Ada temen2 ane jg pake velg replika gini lumayan lama dan dipakai high speed juga ga ada masalah, paling peyang. Nah, sebaliknya ga dikit jg yg pake velg replika ga jelas gini dan terjadi accident seperti velg bolak balik peyang karena kena lobang dikit, retak rambut, retak dalam, bahkan pecah . Mungkin faktor ban yg tebal jg membantu om, karena secara fisika kan membantu meredam getaran dr jalan ke velg.12punch wrote: ↑Mon May 18, 2020 7:35 ane pengguna BBS CHR Replica Taiwan, beli tahun 2015 dipakai di ford fiesta
sampai 2020 skrg aman2 aja kok cuma grepes2 lucu pemakaian aja
ga ada peang apalagi patah..
ane ga paham sih apa kualitas Velg TW yang ane pake hoki dpt yg bagus atau gimana, tapi pemakaian ane sih normal, speed di tol 140, sesekali kena lobang dll sih udah 5 tahun aman .. dulu ambilnya di TirtaMotorsport , apa mungkin karena masih R17 dan bannya msh tebel ya jd bisa ditahan? kalo misal velg TW ban tipis ring besar mungkin baru gampang rusak kali ya?
tp menurut ane kalo skrg ada pilihan kaya HSR kayany mending ambil HSR / brand lain yang jelas / ori Second, karena brandnya jelas, kalo ada problem ya jelas siapa yg dituju.
kalo misal ambil velg replika paling cma bisa komplain masalah ke toko yang jual, dan toko tinggal mengelak " yah namanya replika bro ga kuat " .. wkwk
Jadi maksud ane tuh bisa dengan mengganti hub atau membubut hub yg ada menjadi PCD yg diinginkan om, kalau bengkel bubut biasanya ngerti kok. Metode ini relatif lebih aman daripada menggunakan adaptor yg bisa lepas.ginza wrote: ↑Mon May 18, 2020 7:37
kalau mau ganti hub roda bilangnya gimana ya om? terus berarti kalau gitu yang dirubah bukan velgnya ya? jadi PCD nya itu yang diganti jadi 114,3? hehe maklum saya agak kurang paham om, malah baru denger
bener om saya kurang yakin asal usul velg ini, mungkin kalau dia jelasin pabrikan & QC nya baru saya lebih yakin. dia cuma bilang made in thailand & lebih ringan dari velg replika biasa
soal harga juga disaranin temen emang ambil dibawah 10 om, karna ya mau gimanapun katanya itu tetep replika cuma kualitas lebih bagus aja (supercopy). saya rasa sih penjualnya berani jual tinggi karna spek yang langka aja
kalau yang BBS modelnya gini om
foto yang 4 velg itu BBS RX 209 R18
yang masih terpasang BBS RX 204 R17
Kalau BBS RX by Compomotive tuh termasuk dalam kategori tribute wheels yg ane sebutin om, jd dia bilang kalau itu merknya compomotive tp desainnya inspired by BBS RX. Sementara itu, kalau Sparco Engineered by OZ itu semacam Enkei TUNING untuk Enkei, sehingga Sparco wheels merupakan second tier brand dari OZ dgn QC dan teknologi dari OZ om .
Kalo ane pribadi sih lebih pilih bubut/ganti hub ke 5x114 om, karena lebih aman dari adaptor
wah semi slick mau dipake harian oom?
stuju om, toko velg yang bonafit klo jualan barang busuk jg pastinya bakal dikomplen rame-rame12punch wrote: ↑Mon May 18, 2020 8:15
betul betul, that's an ugly truth, kalo velg ori pecah yg disalahin lobang
tapi ya dari kasus itu bisa disimpulin demi minimalisir resiko yg uncertain mending ambil brand jelas, ada rasa aman yg bisa didapat dan yg disalahin akan lobang wkwk bkn velg replika,
balik lagi ke kasus om TS sih, sebenrnya kalo suka ambil aja, toh ane jg main ambil velg tw gatau kualitasnya tapi 5 tahun dipake aman. (untuk minimalisir resiko , waktu itu toko yang ane pilih sudah terkenal dan terpercaya sih . itu jd pertimbangan ane untuk ambil velg tw karena kan toko terkenal juga pasti punya standard QC nya lagi dong, ane percaya aja toko itu jg ambil TW yang ga TW asal2an gtu loh , masa iya dia mau bahayain konsumennya ) .
tapi mungkin faktor trakhir yang harus dilihat ya harga, kalo misal harga segitu taunya bisa dapet velg ori second ya mending ambil ori second
kalo historis penjual, pabrik pembuatan dllnya ga jelas coba di negoin aja sampe ke harga velg replika pada umumnya biar ga rugi wkwkwk
oalaaah gitu yah om, thanks banget om infonya. berarti bener emang ini replika versi bagusnya aja kali ya...turbine888 wrote: ↑Mon May 18, 2020 8:19Yah begitulah om yg jadi masalah kalo beli velg “replika”, yaitu adanya faktor hoki2 an soal kualitas dan ketahanan. Ada temen2 ane jg pake velg replika gini lumayan lama dan dipakai high speed juga ga ada masalah, paling peyang. Nah, sebaliknya ga dikit jg yg pake velg replika ga jelas gini dan terjadi accident seperti velg bolak balik peyang karena kena lobang dikit, retak rambut, retak dalam, bahkan pecah . Mungkin faktor ban yg tebal jg membantu om, karena secara fisika kan membantu meredam getaran dr jalan ke velg.12punch wrote: ↑Mon May 18, 2020 7:35 ane pengguna BBS CHR Replica Taiwan, beli tahun 2015 dipakai di ford fiesta
sampai 2020 skrg aman2 aja kok cuma grepes2 lucu pemakaian aja
ga ada peang apalagi patah..
ane ga paham sih apa kualitas Velg TW yang ane pake hoki dpt yg bagus atau gimana, tapi pemakaian ane sih normal, speed di tol 140, sesekali kena lobang dll sih udah 5 tahun aman .. dulu ambilnya di TirtaMotorsport , apa mungkin karena masih R17 dan bannya msh tebel ya jd bisa ditahan? kalo misal velg TW ban tipis ring besar mungkin baru gampang rusak kali ya?
tp menurut ane kalo skrg ada pilihan kaya HSR kayany mending ambil HSR / brand lain yang jelas / ori Second, karena brandnya jelas, kalo ada problem ya jelas siapa yg dituju.
kalo misal ambil velg replika paling cma bisa komplain masalah ke toko yang jual, dan toko tinggal mengelak " yah namanya replika bro ga kuat " .. wkwk
Karena itu om, skrg ane lebih recommend velg tributebby HSR, Lenso, dll. , velg ori seken ataupun velg OEM. Ada faktor peace of mind aja at least, dan ada pihak yg dapat dipertanggungjawabkan .
Jadi maksud ane tuh bisa dengan mengganti hub atau membubut hub yg ada menjadi PCD yg diinginkan om, kalau bengkel bubut biasanya ngerti kok. Metode ini relatif lebih aman daripada menggunakan adaptor yg bisa lepas.ginza wrote: ↑Mon May 18, 2020 7:37
kalau mau ganti hub roda bilangnya gimana ya om? terus berarti kalau gitu yang dirubah bukan velgnya ya? jadi PCD nya itu yang diganti jadi 114,3? hehe maklum saya agak kurang paham om, malah baru denger
bener om saya kurang yakin asal usul velg ini, mungkin kalau dia jelasin pabrikan & QC nya baru saya lebih yakin. dia cuma bilang made in thailand & lebih ringan dari velg replika biasa
soal harga juga disaranin temen emang ambil dibawah 10 om, karna ya mau gimanapun katanya itu tetep replika cuma kualitas lebih bagus aja (supercopy). saya rasa sih penjualnya berani jual tinggi karna spek yang langka aja
kalau yang BBS modelnya gini om
foto yang 4 velg itu BBS RX 209 R18
yang masih terpasang BBS RX 204 R17
Anyway, setelah ane iseng memasukkan ke google grafiran pada velg RPF1 yg tadi, ane sarankan untuk stayaway aja deh om. Hasilnya mengarah ke alibaba dan menunjukkan bahwa velg itu dibuat di China berdasarkan spesifikasi si pemesan dgn range harga dari 450.000-1.000.000 per piece nya (tergantung spesifikasi pemesan).
Cakep tuh BBS nya yg RX209 om, apalagi nancep di BMW. Emang kombinasi BMW + BBS itu ga pernah salah . Kalau harganya cucok sih angkut aja om hehehe.
Kalau BBS RX by Compomotive tuh termasuk dalam kategori tribute wheels yg ane sebutin om, jd dia bilang kalau itu merknya compomotive tp desainnya inspired by BBS RX. Sementara itu, kalau Sparco Engineered by OZ itu semacam Enkei TUNING untuk Enkei, sehingga Sparco wheels merupakan second tier brand dari OZ dgn QC dan teknologi dari OZ om .
Kalo ane pribadi sih lebih pilih bubut/ganti hub ke 5x114 om, karena lebih aman dari adaptor
Ps: sorry momod2 kalo post nya panjang bgt
thanks om turbine penjelasannya, memang per velgan ini agak rumit buat orang awam ya...turbine888 wrote: ↑Mon May 18, 2020 8:19Yah begitulah om yg jadi masalah kalo beli velg “replika”, yaitu adanya faktor hoki2 an soal kualitas dan ketahanan. Ada temen2 ane jg pake velg replika gini lumayan lama dan dipakai high speed juga ga ada masalah, paling peyang. Nah, sebaliknya ga dikit jg yg pake velg replika ga jelas gini dan terjadi accident seperti velg bolak balik peyang karena kena lobang dikit, retak rambut, retak dalam, bahkan pecah . Mungkin faktor ban yg tebal jg membantu om, karena secara fisika kan membantu meredam getaran dr jalan ke velg.12punch wrote: ↑Mon May 18, 2020 7:35 ane pengguna BBS CHR Replica Taiwan, beli tahun 2015 dipakai di ford fiesta
sampai 2020 skrg aman2 aja kok cuma grepes2 lucu pemakaian aja
ga ada peang apalagi patah..
ane ga paham sih apa kualitas Velg TW yang ane pake hoki dpt yg bagus atau gimana, tapi pemakaian ane sih normal, speed di tol 140, sesekali kena lobang dll sih udah 5 tahun aman .. dulu ambilnya di TirtaMotorsport , apa mungkin karena masih R17 dan bannya msh tebel ya jd bisa ditahan? kalo misal velg TW ban tipis ring besar mungkin baru gampang rusak kali ya?
tp menurut ane kalo skrg ada pilihan kaya HSR kayany mending ambil HSR / brand lain yang jelas / ori Second, karena brandnya jelas, kalo ada problem ya jelas siapa yg dituju.
kalo misal ambil velg replika paling cma bisa komplain masalah ke toko yang jual, dan toko tinggal mengelak " yah namanya replika bro ga kuat " .. wkwk
Karena itu om, skrg ane lebih recommend velg tributebby HSR, Lenso, dll. , velg ori seken ataupun velg OEM. Ada faktor peace of mind aja at least, dan ada pihak yg dapat dipertanggungjawabkan .
Jadi maksud ane tuh bisa dengan mengganti hub atau membubut hub yg ada menjadi PCD yg diinginkan om, kalau bengkel bubut biasanya ngerti kok. Metode ini relatif lebih aman daripada menggunakan adaptor yg bisa lepas.ginza wrote: ↑Mon May 18, 2020 7:37
kalau mau ganti hub roda bilangnya gimana ya om? terus berarti kalau gitu yang dirubah bukan velgnya ya? jadi PCD nya itu yang diganti jadi 114,3? hehe maklum saya agak kurang paham om, malah baru denger
bener om saya kurang yakin asal usul velg ini, mungkin kalau dia jelasin pabrikan & QC nya baru saya lebih yakin. dia cuma bilang made in thailand & lebih ringan dari velg replika biasa
soal harga juga disaranin temen emang ambil dibawah 10 om, karna ya mau gimanapun katanya itu tetep replika cuma kualitas lebih bagus aja (supercopy). saya rasa sih penjualnya berani jual tinggi karna spek yang langka aja
kalau yang BBS modelnya gini om
foto yang 4 velg itu BBS RX 209 R18
yang masih terpasang BBS RX 204 R17
Anyway, setelah ane iseng memasukkan ke google grafiran pada velg RPF1 yg tadi, ane sarankan untuk stayaway aja deh om. Hasilnya mengarah ke alibaba dan menunjukkan bahwa velg itu dibuat di China berdasarkan spesifikasi si pemesan dgn range harga dari 450.000-1.000.000 per piece nya (tergantung spesifikasi pemesan).
Cakep tuh BBS nya yg RX209 om, apalagi nancep di BMW. Emang kombinasi BMW + BBS itu ga pernah salah . Kalau harganya cucok sih angkut aja om hehehe.
Kalau BBS RX by Compomotive tuh termasuk dalam kategori tribute wheels yg ane sebutin om, jd dia bilang kalau itu merknya compomotive tp desainnya inspired by BBS RX. Sementara itu, kalau Sparco Engineered by OZ itu semacam Enkei TUNING untuk Enkei, sehingga Sparco wheels merupakan second tier brand dari OZ dgn QC dan teknologi dari OZ om .
Kalo ane pribadi sih lebih pilih bubut/ganti hub ke 5x114 om, karena lebih aman dari adaptor
Ps: sorry momod2 kalo post nya panjang bgt