Kalau dah siap resiko nya sikat aja om . kalau belum siap bisa lirik Mistsubishi Expander / NIssan Livina yang barureyapr wrote: ↑Tue May 11, 2021 23:22 Halo agan2 saya mau minta saran, ataupun pengalaman agan2 terkait bmw seri 3 f30
Ane ada budget beli mobil sekitar 300-400, sempet liat2 harga f30 320i tahun 2014 udh masuk budget
Cuma masih banyak hal yang belom ane tau terkait perawatan si f30 ini,
kira2 problemnya apa aja dan butuh dana berapa ya buat persiapin perbaikan f30 ini?
Atau ada saran yg lebih baik kah selain ambil f30 untuk budget di atas,
denger2 kalo f30 facelift gak begitu banyak PR ya?
Apa ane tambahin budget buat beli yg facelift ya?
Info yang ane baru tau common problem di f30
1. Steering rack
2. Timing chain
Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Wed Feb 17, 2010 11:29
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4809
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
Kalo memang sudah siap dengan segala resikonya ya go for it. Mobil ini termasuk fun to drive,fiturnya lengkap, serta punya handling dan tarikan yg oke. Kalo spare cost ya siapin 50-60jtan diluar harga mobil buat perbaikkan. Kalo penyakit , selain timing chain, rack steering sm water pump, yg mesti diperhatiin ada di elektrikal, sensor2 dan kaki2nya juga, kalo udh ada budget buat ambil yg LCI , mending ambil yg LCI aja, karena improvementnya lumayan dibanding yg pre - LCI menurut saya. Kalo alternatif bisa lirik camry 2.5V XV50 FL 2016-2018 atau W204 C200 FL 2013-2014 atau C250 FL W204 2011-2012. Lebih bandel dibanding f30 dan partnya masih cukup mudah apalagi tinggal di kota besar seperti jakarta karena bengkel spesialisnya banyak yg bisa nanganin. Kalo mau jenis selain sedan bisa lirik
Kalo seken
- Venturer Diesel AT PFL 2017
- ANF VRZ 2016 atau ANF TRD PFL 2017
- ANPS dakar PFL 2016-2017
- CRV Turbo Pres 2017
- AN CX5 Elite 2017
Kalo baru
-HRV E atau SE FL, sepertinya masuk budget
- Toyota Raize GR Sport TSS (kembalian banyak)
- ANKI G atau V diesel AT FL (harga after disc PPNBM nya sepertinya masuk budget)
Kalo seken
- Venturer Diesel AT PFL 2017
- ANF VRZ 2016 atau ANF TRD PFL 2017
- ANPS dakar PFL 2016-2017
- CRV Turbo Pres 2017
- AN CX5 Elite 2017
Kalo baru
-HRV E atau SE FL, sepertinya masuk budget
- Toyota Raize GR Sport TSS (kembalian banyak)
- ANKI G atau V diesel AT FL (harga after disc PPNBM nya sepertinya masuk budget)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2889
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
Oke oke saatnya kita mode seriusreyapr wrote: ↑Sat May 15, 2021 14:52Iya sih bner gan, sejauh ini belom ada yg infoin common problem, dan kira2 biaya dari masing2 part brpdonz wrote: ↑Sat May 15, 2021 13:47 Disini, setiap ada yang ginian.. Muncul pasukan yang mengukur dalam nya kantong orang dengan dalam nya kantong sendiri hahaha
Cukup info depresiasi dan kemungkinan biaya perawatan aja, endless pit moneyyyyy terus... Buat yang beli mungkin biaya perawatan itu cuma uang receh
Kalo yg gw liat dari video youtube mas untung, sih katanya persiapin biaya buat
Timing chain - 40jt
Steering rack - lupa
water pump - 12jt
Mungkin suhu2 bimmer disini ada yg lebih tau
#Timing Chain mesin N20 enggak semahal itu. Bisa di tebus diangka 10 jutaan saja di bengkel spesialis macam anugrah motor.
#Steering rack beli segelondong import dari singapore Rp40 juta. Tapi itu jaman dulu pas awal2 F30 kluar. Skarang udh ada repair kitnya . Klo rusak kg perlu ganti segelondong . Kurang lebih 5 jutaan saja u/ repairs. Jauh lebih terjangkau
Info penting jg buat rack steer F30 yg rentan. Jangan sampe skalipun ngobok / rendam banjir . Prone to failurenya disitu dy. Kalo pemakaian wajar dia lumayan awet. Estimasi usia 5 thn. Kalo mau aman kuras ganti oli power steering 2 tahun skali.
#waterpump F30 only 5 jutaan di bengkel spesialis. Klo ud ganti waterpump harus dibarengin sama thermostat.
Kadang ada yg nyepelein. Ganti waterpump doank, thermostat enggak skalian diganti. Itu bs bikin overheat mesin jg, malah ada beberapa kejadian aer radiator nyampur oli. Leads to catastrophic engine failure . Harga thermostat cuman 700rb-1 jutaan. Ga mahal.
Misal kena engine failure —> Harga mesin utuh N20 import dari German Rp200 juta. Coba tanya om berbie VIPSERIES dy pengalaman beli engine baru wkwkwk.
#shock adaptive . Ini klo ente ambil model 328i . Itu harga shocknya 1 batang sekitar Rp 7 sampe 8jt . Harga bengkel spesialis. Ganti depan kiri kanan kluar duit 15 jt ud keliatan.
Model F30 320i pake shock biasa. Sepasang kiri kanan cuman 2 jutaan. Jauh lebih murah.
#Aki pake merk Varta cuma 5 juta . Tapi kg bisa langsung cabut aki lama, pasang baru. Habis pasang baru harus register dulu pake software bmw . Jadi ecu learningnya bener . Misal kg diregister, biasanya alternator bacanya error jd aki malah tekor walaupun masih baru.
#Headlights model ud canggih bisa adaptive belok kiri kanan; angel eyes ; HID projector . Pastiin smua berfungsi normal . Misalnya amit2 tabrakan trus headlight pecah / ancur. Beli headlights baru Rp 18 juta sebelah . Jadi kiri kanan = Rp 36 juta
#Transmisi pakai ZF-8 speed . Ud jauh lebih awet , no more mechatronic problems. Perawatan ganti oli aja 5 tahun sekali / setiap 50rb kilometer. Harga oli matic & jasa only 2.5 jutaan
#Ban RFT harga 1 biji Rp 5 juta. Ganti 4 pcs = 20 juta.
Tapi klo mau murah bs pake ban tubeless biasa. Contoh ganti michelin pilotsport 4 . Only 1.6jt / pcs . Konsekuensinya kg ada ban serep aja.
#i-drive & soundsystem harman kardon . Cendrung awet, blom pernah denger ada masalah tiba2 failure sih. Atau mungkin klo ada user pernah pengalaman boleh share.
#Sunroof (khusus type 328i) cenderung awet dan kg ad problem. Walaupun pernah ada 1 kejadian sunroof mendadak pecah tanpa sebab di model F10 528i . Ganti segelondong di charge sama astra bmw Rp 80jt . Tp itu cuma 1 kejadian aja. Bisa diabaikan
#Sensor ini yg paling ngeselin dari pelihara bmw modern. Banyak banget sensor yg gampang rusak / umur pendek. Contoh speed sensor 1 - 2 tahun skali rusak. Harga murah cuma 1 juta-an per roda. Jadi ganti 4 roda = 4 juta
Ada jg MAF sensor atau Mass Air Flow . Biasanya failure di tahun ke 3 pemakaian . Itu harganya cuma 3 jt.
Oxygen sensor , letaknya di pipa downpipe dari turbo. Ada 2 sensor setau ane. Usia sekitar 3 thn jg. Misal rusak, harga baru skitar 2.5 jutaan / piece.
#Ignition coil ini jg beberapa kali kejadian. Kadang failure sebiji. Nyebabin missfire di cylinder tertentu, engine berasa berebet trus bergetar. Harga coil only 1.5 jt / pcs. Mesin N20 ada 4 biji coil krn 4 cylinders. Jadi ganti smua = Rp 6 juta.
#Oil leak di engine. Kebanyakan karena usia karet2 cover gasket mulai getas kemakan usia. Harga ganti ga terlalu mahal. 1 sampe 2 jutaan aja. Usianya lama bisa 5 tahun klo ud ganti baru.
#Bahan bakar wajib RON98. Fuel cons cendrung irit . Skitar 7-10 km/liter pemakaian wajar. Hobi gaspol turun jd 6 km/l
———
Segitu dulu yg gw tau sampe saat ini. Jadi siapin budget perawatan sekitar Rp 20jt / tahun untuk jaga2 . Bisa lebih murah dari itu. Jadi kg perlu terlalu parno. Nikmatin aja mobilnya. Yg penting dipake tiap hari jadi kluarin duitnya buat ngempanin servis & sparepart enggak sia-sia .
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
KielConstantine wrote: ↑Sun May 16, 2021 5:03Oke oke saatnya kita mode seriusreyapr wrote: ↑Sat May 15, 2021 14:52Iya sih bner gan, sejauh ini belom ada yg infoin common problem, dan kira2 biaya dari masing2 part brpdonz wrote: ↑Sat May 15, 2021 13:47 Disini, setiap ada yang ginian.. Muncul pasukan yang mengukur dalam nya kantong orang dengan dalam nya kantong sendiri hahaha
Cukup info depresiasi dan kemungkinan biaya perawatan aja, endless pit moneyyyyy terus... Buat yang beli mungkin biaya perawatan itu cuma uang receh
Kalo yg gw liat dari video youtube mas untung, sih katanya persiapin biaya buat
Timing chain - 40jt
Steering rack - lupa
water pump - 12jt
Mungkin suhu2 bimmer disini ada yg lebih tau
#Timing Chain mesin N20 enggak semahal itu. Bisa di tebus diangka 10 jutaan saja di bengkel spesialis macam anugrah motor.
#Steering rack beli segelondong import dari singapore Rp40 juta. Tapi itu jaman dulu pas awal2 F30 kluar. Skarang udh ada repair kitnya . Klo rusak kg perlu ganti segelondong . Kurang lebih 5 jutaan saja u/ repairs. Jauh lebih terjangkau
Info penting jg buat rack steer F30 yg rentan. Jangan sampe skalipun ngobok / rendam banjir . Prone to failurenya disitu dy. Kalo pemakaian wajar dia lumayan awet. Estimasi usia 5 thn. Kalo mau aman kuras ganti oli power steering 2 tahun skali.
#waterpump F30 only 5 jutaan di bengkel spesialis. Klo ud ganti waterpump harus dibarengin sama thermostat.
Kadang ada yg nyepelein. Ganti waterpump doank, thermostat enggak skalian diganti. Itu bs bikin overheat mesin jg, malah ada beberapa kejadian aer radiator nyampur oli. Leads to catastrophic engine failure . Harga thermostat cuman 700rb-1 jutaan. Ga mahal.
Misal kena engine failure —> Harga mesin utuh N20 import dari German Rp200 juta. Coba tanya om berbie VIPSERIES dy pengalaman beli engine baru wkwkwk.
#shock adaptive . Ini klo ente ambil model 328i . Itu harga shocknya 1 batang sekitar Rp 7 sampe 8jt . Harga bengkel spesialis. Ganti depan kiri kanan kluar duit 15 jt ud keliatan.
Model F30 320i pake shock biasa. Sepasang kiri kanan cuman 2 jutaan. Jauh lebih murah.
#Aki pake merk Varta cuma 5 juta . Tapi kg bisa langsung cabut aki lama, pasang baru. Habis pasang baru harus register dulu pake software bmw . Jadi ecu learningnya bener . Misal kg diregister, biasanya alternator bacanya error jd aki malah tekor walaupun masih baru.
#Headlights model ud canggih bisa adaptive belok kiri kanan; angel eyes ; HID projector . Pastiin smua berfungsi normal . Misalnya amit2 tabrakan trus headlight pecah / ancur. Beli headlights baru Rp 18 juta sebelah . Jadi kiri kanan = Rp 36 juta
#Transmisi pakai ZF-8 speed . Ud jauh lebih awet , no more mechatronic problems. Perawatan ganti oli aja 5 tahun sekali / setiap 50rb kilometer. Harga oli matic & jasa only 2.5 jutaan
#Ban RFT harga 1 biji Rp 5 juta. Ganti 4 pcs = 20 juta.
Tapi klo mau murah bs pake ban tubeless biasa. Contoh ganti michelin pilotsport 4 . Only 1.6jt / pcs . Konsekuensinya kg ada ban serep aja.
#i-drive & soundsystem harman kardon . Cendrung awet, blom pernah denger ada masalah tiba2 failure sih. Atau mungkin klo ada user pernah pengalaman boleh share.
#Sunroof (khusus type 328i) cenderung awet dan kg ad problem. Walaupun pernah ada 1 kejadian sunroof mendadak pecah tanpa sebab di model F10 528i . Ganti segelondong di charge sama astra bmw Rp 80jt . Tp itu cuma 1 kejadian aja. Bisa diabaikan
#Sensor ini yg paling ngeselin dari pelihara bmw modern. Banyak banget sensor yg gampang rusak / umur pendek. Contoh speed sensor 1 - 2 tahun skali rusak. Harga murah cuma 1 juta-an per roda. Jadi ganti 4 roda = 4 juta
Ada jg MAF sensor atau Mass Air Flow . Biasanya failure di tahun ke 3 pemakaian . Itu harganya cuma 3 jt.
Oxygen sensor , letaknya di pipa downpipe dari turbo. Ada 2 sensor setau ane. Usia sekitar 3 thn jg. Misal rusak, harga baru skitar 2.5 jutaan / piece.
#Ignition coil ini jg beberapa kali kejadian. Kadang failure sebiji. Nyebabin missfire di cylinder tertentu, engine berasa berebet trus bergetar. Harga coil only 1.5 jt / pcs. Mesin N20 ada 4 biji coil krn 4 cylinders. Jadi ganti smua = Rp 6 juta.
#Oil leak di engine. Kebanyakan karena usia karet2 cover gasket mulai getas kemakan usia. Harga ganti ga terlalu mahal. 1 sampe 2 jutaan aja. Usianya lama bisa 5 tahun klo ud ganti baru.
#Bahan bakar wajib RON98. Fuel cons cendrung irit . Skitar 7-10 km/liter pemakaian wajar. Hobi gaspol turun jd 6 km/l
———
Segitu dulu yg gw tau sampe saat ini. Jadi siapin budget perawatan sekitar Rp 20jt / tahun untuk jaga2 . Bisa lebih murah dari itu. Jadi kg perlu terlalu parno. Nikmatin aja mobilnya. Yg penting dipake tiap hari jadi kluarin duitnya buat ngempanin servis & sparepart enggak sia-sia .
hati2 jari keseleo....mata berair...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2038
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
Gw pikir2, murah juga ya ini dari segi sparepart hahaha...KielConstantine wrote: ↑Sun May 16, 2021 5:03
Oke oke saatnya kita mode serius
#Timing Chain mesin N20 enggak semahal itu. Bisa di tebus diangka 10 jutaan saja di bengkel spesialis macam anugrah motor.
#Steering rack beli segelondong import dari singapore Rp40 juta. Tapi itu jaman dulu pas awal2 F30 kluar. Skarang udh ada repair kitnya . Klo rusak kg perlu ganti segelondong . Kurang lebih 5 jutaan saja u/ repairs. Jauh lebih terjangkau
Info penting jg buat rack steer F30 yg rentan. Jangan sampe skalipun ngobok / rendam banjir . Prone to failurenya disitu dy. Kalo pemakaian wajar dia lumayan awet. Estimasi usia 5 thn. Kalo mau aman kuras ganti oli power steering 2 tahun skali.
#waterpump F30 only 5 jutaan di bengkel spesialis. Klo ud ganti waterpump harus dibarengin sama thermostat.
Kadang ada yg nyepelein. Ganti waterpump doank, thermostat enggak skalian diganti. Itu bs bikin overheat mesin jg, malah ada beberapa kejadian aer radiator nyampur oli. Leads to catastrophic engine failure . Harga thermostat cuman 700rb-1 jutaan. Ga mahal.
Misal kena engine failure —> Harga mesin utuh N20 import dari German Rp200 juta. Coba tanya om berbie VIPSERIES dy pengalaman beli engine baru wkwkwk.
#shock adaptive . Ini klo ente ambil model 328i . Itu harga shocknya 1 batang sekitar Rp 7 sampe 8jt . Harga bengkel spesialis. Ganti depan kiri kanan kluar duit 15 jt ud keliatan.
Model F30 320i pake shock biasa. Sepasang kiri kanan cuman 2 jutaan. Jauh lebih murah.
#Aki pake merk Varta cuma 5 juta . Tapi kg bisa langsung cabut aki lama, pasang baru. Habis pasang baru harus register dulu pake software bmw . Jadi ecu learningnya bener . Misal kg diregister, biasanya alternator bacanya error jd aki malah tekor walaupun masih baru.
#Headlights model ud canggih bisa adaptive belok kiri kanan; angel eyes ; HID projector . Pastiin smua berfungsi normal . Misalnya amit2 tabrakan trus headlight pecah / ancur. Beli headlights baru Rp 18 juta sebelah . Jadi kiri kanan = Rp 36 juta
#Transmisi pakai ZF-8 speed . Ud jauh lebih awet , no more mechatronic problems. Perawatan ganti oli aja 5 tahun sekali / setiap 50rb kilometer. Harga oli matic & jasa only 2.5 jutaan
#Ban RFT harga 1 biji Rp 5 juta. Ganti 4 pcs = 20 juta.
Tapi klo mau murah bs pake ban tubeless biasa. Contoh ganti michelin pilotsport 4 . Only 1.6jt / pcs . Konsekuensinya kg ada ban serep aja.
#i-drive & soundsystem harman kardon . Cendrung awet, blom pernah denger ada masalah tiba2 failure sih. Atau mungkin klo ada user pernah pengalaman boleh share.
#Sunroof (khusus type 328i) cenderung awet dan kg ad problem. Walaupun pernah ada 1 kejadian sunroof mendadak pecah tanpa sebab di model F10 528i . Ganti segelondong di charge sama astra bmw Rp 80jt . Tp itu cuma 1 kejadian aja. Bisa diabaikan
#Sensor ini yg paling ngeselin dari pelihara bmw modern. Banyak banget sensor yg gampang rusak / umur pendek. Contoh speed sensor 1 - 2 tahun skali rusak. Harga murah cuma 1 juta-an per roda. Jadi ganti 4 roda = 4 juta
Ada jg MAF sensor atau Mass Air Flow . Biasanya failure di tahun ke 3 pemakaian . Itu harganya cuma 3 jt.
Oxygen sensor , letaknya di pipa downpipe dari turbo. Ada 2 sensor setau ane. Usia sekitar 3 thn jg. Misal rusak, harga baru skitar 2.5 jutaan / piece.
#Ignition coil ini jg beberapa kali kejadian. Kadang failure sebiji. Nyebabin missfire di cylinder tertentu, engine berasa berebet trus bergetar. Harga coil only 1.5 jt / pcs. Mesin N20 ada 4 biji coil krn 4 cylinders. Jadi ganti smua = Rp 6 juta.
#Oil leak di engine. Kebanyakan karena usia karet2 cover gasket mulai getas kemakan usia. Harga ganti ga terlalu mahal. 1 sampe 2 jutaan aja. Usianya lama bisa 5 tahun klo ud ganti baru.
#Bahan bakar wajib RON98. Fuel cons cendrung irit . Skitar 7-10 km/liter pemakaian wajar. Hobi gaspol turun jd 6 km/l
———
Segitu dulu yg gw tau sampe saat ini. Jadi siapin budget perawatan sekitar Rp 20jt / tahun untuk jaga2 . Bisa lebih murah dari itu. Jadi kg perlu terlalu parno. Nikmatin aja mobilnya. Yg penting dipake tiap hari jadi kluarin duitnya buat ngempanin servis & sparepart enggak sia-sia .
Yang mahal cuma waktu, wkwk kalau muncul masalahnya ga barengan alias tiap 2 minggu hrs ke bengkel
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2904
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
hahaha ga ade harga segitu kalo ga ketipu bengkel, kl ga pake f10 aja lebih badakreyapr wrote: ↑Sat May 15, 2021 14:52Iya sih bner gan, sejauh ini belom ada yg infoin common problem, dan kira2 biaya dari masing2 part brpdonz wrote: ↑Sat May 15, 2021 13:47 Disini, setiap ada yang ginian.. Muncul pasukan yang mengukur dalam nya kantong orang dengan dalam nya kantong sendiri hahaha
Cukup info depresiasi dan kemungkinan biaya perawatan aja, endless pit moneyyyyy terus... Buat yang beli mungkin biaya perawatan itu cuma uang receh
Kalo yg gw liat dari video youtube mas untung, sih katanya persiapin biaya buat
Timing chain - 40jt
Steering rack - lupa
water pump - 12jt
Mungkin suhu2 bimmer disini ada yg lebih tau
udah 6 tahun lebih pake mbl ini dr baru apa itu ganti timing chain, steering rack, water pump, lom pernah ganti gitu2
ganti oli transmisi yg dikata lifetime jg blm pernah, km 100rb lebih, gas terus gausah pusing
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Wed Jan 18, 2017 9:59
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: BMW F30 LCi
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
Comprehensive review harga parts dari Bro Kiel. Beruntung dapat masukkan yang bagus dan relevan. Beberapa review yang posting di youtube dengan background dan kurang punya passion di BMW dan sebaiknya kita lebih cermat untuk menyikapi review-review yang sudah beredar.
Saya pakai NIK 2017 LCI 320i mau setahun. BMW pertama 520i (relatif baru) tahun 1986 pakai pas kuliah. Pengalaman pakai F30 sangat puas. Saya pakai untuk kebutuhan sehari-hari termasuk kantor dan akhir pekan.
Menjawab pertanyaan 'cocok untuk jadi mobil pertama'? Sebelum menjawab, apa yang menjadi motivasi dan kebutuhan untuk cari mobil pertama? Setelah itu baru bisa dijawab dengan baik.
Saya pakai NIK 2017 LCI 320i mau setahun. BMW pertama 520i (relatif baru) tahun 1986 pakai pas kuliah. Pengalaman pakai F30 sangat puas. Saya pakai untuk kebutuhan sehari-hari termasuk kantor dan akhir pekan.
Menjawab pertanyaan 'cocok untuk jadi mobil pertama'? Sebelum menjawab, apa yang menjadi motivasi dan kebutuhan untuk cari mobil pertama? Setelah itu baru bisa dijawab dengan baik.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue May 11, 2021 23:10
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Rush
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
wahhhh ini info yang ane cari sangat detail, thanks infonya suhu.KielConstantine wrote: ↑Sun May 16, 2021 5:03Oke oke saatnya kita mode seriusreyapr wrote: ↑Sat May 15, 2021 14:52Iya sih bner gan, sejauh ini belom ada yg infoin common problem, dan kira2 biaya dari masing2 part brpdonz wrote: ↑Sat May 15, 2021 13:47 Disini, setiap ada yang ginian.. Muncul pasukan yang mengukur dalam nya kantong orang dengan dalam nya kantong sendiri hahaha
Cukup info depresiasi dan kemungkinan biaya perawatan aja, endless pit moneyyyyy terus... Buat yang beli mungkin biaya perawatan itu cuma uang receh
Kalo yg gw liat dari video youtube mas untung, sih katanya persiapin biaya buat
Timing chain - 40jt
Steering rack - lupa
water pump - 12jt
Mungkin suhu2 bimmer disini ada yg lebih tau
#Timing Chain mesin N20 enggak semahal itu. Bisa di tebus diangka 10 jutaan saja di bengkel spesialis macam anugrah motor.
#Steering rack beli segelondong import dari singapore Rp40 juta. Tapi itu jaman dulu pas awal2 F30 kluar. Skarang udh ada repair kitnya . Klo rusak kg perlu ganti segelondong . Kurang lebih 5 jutaan saja u/ repairs. Jauh lebih terjangkau
Info penting jg buat rack steer F30 yg rentan. Jangan sampe skalipun ngobok / rendam banjir . Prone to failurenya disitu dy. Kalo pemakaian wajar dia lumayan awet. Estimasi usia 5 thn. Kalo mau aman kuras ganti oli power steering 2 tahun skali.
#waterpump F30 only 5 jutaan di bengkel spesialis. Klo ud ganti waterpump harus dibarengin sama thermostat.
Kadang ada yg nyepelein. Ganti waterpump doank, thermostat enggak skalian diganti. Itu bs bikin overheat mesin jg, malah ada beberapa kejadian aer radiator nyampur oli. Leads to catastrophic engine failure . Harga thermostat cuman 700rb-1 jutaan. Ga mahal.
Misal kena engine failure —> Harga mesin utuh N20 import dari German Rp200 juta. Coba tanya om berbie VIPSERIES dy pengalaman beli engine baru wkwkwk.
#shock adaptive . Ini klo ente ambil model 328i . Itu harga shocknya 1 batang sekitar Rp 7 sampe 8jt . Harga bengkel spesialis. Ganti depan kiri kanan kluar duit 15 jt ud keliatan.
Model F30 320i pake shock biasa. Sepasang kiri kanan cuman 2 jutaan. Jauh lebih murah.
#Aki pake merk Varta cuma 5 juta . Tapi kg bisa langsung cabut aki lama, pasang baru. Habis pasang baru harus register dulu pake software bmw . Jadi ecu learningnya bener . Misal kg diregister, biasanya alternator bacanya error jd aki malah tekor walaupun masih baru.
#Headlights model ud canggih bisa adaptive belok kiri kanan; angel eyes ; HID projector . Pastiin smua berfungsi normal . Misalnya amit2 tabrakan trus headlight pecah / ancur. Beli headlights baru Rp 18 juta sebelah . Jadi kiri kanan = Rp 36 juta
#Transmisi pakai ZF-8 speed . Ud jauh lebih awet , no more mechatronic problems. Perawatan ganti oli aja 5 tahun sekali / setiap 50rb kilometer. Harga oli matic & jasa only 2.5 jutaan
#Ban RFT harga 1 biji Rp 5 juta. Ganti 4 pcs = 20 juta.
Tapi klo mau murah bs pake ban tubeless biasa. Contoh ganti michelin pilotsport 4 . Only 1.6jt / pcs . Konsekuensinya kg ada ban serep aja.
#i-drive & soundsystem harman kardon . Cendrung awet, blom pernah denger ada masalah tiba2 failure sih. Atau mungkin klo ada user pernah pengalaman boleh share.
#Sunroof (khusus type 328i) cenderung awet dan kg ad problem. Walaupun pernah ada 1 kejadian sunroof mendadak pecah tanpa sebab di model F10 528i . Ganti segelondong di charge sama astra bmw Rp 80jt . Tp itu cuma 1 kejadian aja. Bisa diabaikan
#Sensor ini yg paling ngeselin dari pelihara bmw modern. Banyak banget sensor yg gampang rusak / umur pendek. Contoh speed sensor 1 - 2 tahun skali rusak. Harga murah cuma 1 juta-an per roda. Jadi ganti 4 roda = 4 juta
Ada jg MAF sensor atau Mass Air Flow . Biasanya failure di tahun ke 3 pemakaian . Itu harganya cuma 3 jt.
Oxygen sensor , letaknya di pipa downpipe dari turbo. Ada 2 sensor setau ane. Usia sekitar 3 thn jg. Misal rusak, harga baru skitar 2.5 jutaan / piece.
#Ignition coil ini jg beberapa kali kejadian. Kadang failure sebiji. Nyebabin missfire di cylinder tertentu, engine berasa berebet trus bergetar. Harga coil only 1.5 jt / pcs. Mesin N20 ada 4 biji coil krn 4 cylinders. Jadi ganti smua = Rp 6 juta.
#Oil leak di engine. Kebanyakan karena usia karet2 cover gasket mulai getas kemakan usia. Harga ganti ga terlalu mahal. 1 sampe 2 jutaan aja. Usianya lama bisa 5 tahun klo ud ganti baru.
#Bahan bakar wajib RON98. Fuel cons cendrung irit . Skitar 7-10 km/liter pemakaian wajar. Hobi gaspol turun jd 6 km/l
———
Segitu dulu yg gw tau sampe saat ini. Jadi siapin budget perawatan sekitar Rp 20jt / tahun untuk jaga2 . Bisa lebih murah dari itu. Jadi kg perlu terlalu parno. Nikmatin aja mobilnya. Yg penting dipake tiap hari jadi kluarin duitnya buat ngempanin servis & sparepart enggak sia-sia .
tadinya ane sempet takut setelah beli bekas, beberapa bulan kedepan pengeluaran tiap bulan sekitar 20jtan buat benerin2 yang rusak gitu, tapi kalo dah ada gambaran gini enak buat estimate budget, jaga2 buat benerinnya.
Last edited by reyapr on Mon May 17, 2021 12:18, edited 2 times in total.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Sun Sep 03, 2017 16:10
- Location: bandung
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
Saya juga tertarik untuk mengganti e46 saya ke F30. Dengan rincian yang dikasih om kiel rasanya tidak sehoror yang dibayangkan. Apa mending sekalian F10 aja ya. Tetapi saya cenderung memilih cc yang lebih besar, misalnya F30 328i atau F10 528i. terima kasih info detail dari om kiel.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Sun Aug 27, 2017 9:46
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
Kalo yang udah turbo 320 328 520 528 sama2 2L om.. kalo 528 awal2 baru beda kalo gasalah 3L NAclk230i wrote: ↑Wed May 19, 2021 7:32 Saya juga tertarik untuk mengganti e46 saya ke F30. Dengan rincian yang dikasih om kiel rasanya tidak sehoror yang dibayangkan. Apa mending sekalian F10 aja ya. Tetapi saya cenderung memilih cc yang lebih besar, misalnya F30 328i atau F10 528i. terima kasih info detail dari om kiel.
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sun Jul 18, 2021 11:41
- Location: Jakarta Pusat
- Daily Vehicle: BMW 320i F30 2016
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
ane pakai 320i sport lci 2016, beli dari baru udah jalan 62rb km. untuk issue timing chain sama steering rack kayaknya udah hampir gak ada di lci. selama ini selain servis rutin, cuman ganti sensor abs di 2019 (ke cover waranty) sama shock belakang di 2021 (ganti bilstein 2.1jt di spesialis), minusnya kalau sering diisi lebih dari 2 orang kurang reccomend, soalnya jok belakangnya keras. (jok depan juga keras tapi lebih ergonomis jadi ke support). fc irit (dalkot 1:10-11, tol 1;16-17) mirip honda jazz lah, tapi harus isi pertamax turbo (bisa pertamax tapi jangan sering-sering)KielConstantine wrote: ↑Sun May 16, 2021 5:03Oke oke saatnya kita mode seriusreyapr wrote: ↑Sat May 15, 2021 14:52Iya sih bner gan, sejauh ini belom ada yg infoin common problem, dan kira2 biaya dari masing2 part brpdonz wrote: ↑Sat May 15, 2021 13:47 Disini, setiap ada yang ginian.. Muncul pasukan yang mengukur dalam nya kantong orang dengan dalam nya kantong sendiri hahaha
Cukup info depresiasi dan kemungkinan biaya perawatan aja, endless pit moneyyyyy terus... Buat yang beli mungkin biaya perawatan itu cuma uang receh
Kalo yg gw liat dari video youtube mas untung, sih katanya persiapin biaya buat
Timing chain - 40jt
Steering rack - lupa
water pump - 12jt
Mungkin suhu2 bimmer disini ada yg lebih tau
#Timing Chain mesin N20 enggak semahal itu. Bisa di tebus diangka 10 jutaan saja di bengkel spesialis macam anugrah motor.
#Steering rack beli segelondong import dari singapore Rp40 juta. Tapi itu jaman dulu pas awal2 F30 kluar. Skarang udh ada repair kitnya . Klo rusak kg perlu ganti segelondong . Kurang lebih 5 jutaan saja u/ repairs. Jauh lebih terjangkau
Info penting jg buat rack steer F30 yg rentan. Jangan sampe skalipun ngobok / rendam banjir . Prone to failurenya disitu dy. Kalo pemakaian wajar dia lumayan awet. Estimasi usia 5 thn. Kalo mau aman kuras ganti oli power steering 2 tahun skali.
#waterpump F30 only 5 jutaan di bengkel spesialis. Klo ud ganti waterpump harus dibarengin sama thermostat.
Kadang ada yg nyepelein. Ganti waterpump doank, thermostat enggak skalian diganti. Itu bs bikin overheat mesin jg, malah ada beberapa kejadian aer radiator nyampur oli. Leads to catastrophic engine failure . Harga thermostat cuman 700rb-1 jutaan. Ga mahal.
Misal kena engine failure —> Harga mesin utuh N20 import dari German Rp200 juta. Coba tanya om berbie VIPSERIES dy pengalaman beli engine baru wkwkwk.
#shock adaptive . Ini klo ente ambil model 328i . Itu harga shocknya 1 batang sekitar Rp 7 sampe 8jt . Harga bengkel spesialis. Ganti depan kiri kanan kluar duit 15 jt ud keliatan.
Model F30 320i pake shock biasa. Sepasang kiri kanan cuman 2 jutaan. Jauh lebih murah.
#Aki pake merk Varta cuma 5 juta . Tapi kg bisa langsung cabut aki lama, pasang baru. Habis pasang baru harus register dulu pake software bmw . Jadi ecu learningnya bener . Misal kg diregister, biasanya alternator bacanya error jd aki malah tekor walaupun masih baru.
#Headlights model ud canggih bisa adaptive belok kiri kanan; angel eyes ; HID projector . Pastiin smua berfungsi normal . Misalnya amit2 tabrakan trus headlight pecah / ancur. Beli headlights baru Rp 18 juta sebelah . Jadi kiri kanan = Rp 36 juta
#Transmisi pakai ZF-8 speed . Ud jauh lebih awet , no more mechatronic problems. Perawatan ganti oli aja 5 tahun sekali / setiap 50rb kilometer. Harga oli matic & jasa only 2.5 jutaan
#Ban RFT harga 1 biji Rp 5 juta. Ganti 4 pcs = 20 juta.
Tapi klo mau murah bs pake ban tubeless biasa. Contoh ganti michelin pilotsport 4 . Only 1.6jt / pcs . Konsekuensinya kg ada ban serep aja.
#i-drive & soundsystem harman kardon . Cendrung awet, blom pernah denger ada masalah tiba2 failure sih. Atau mungkin klo ada user pernah pengalaman boleh share.
#Sunroof (khusus type 328i) cenderung awet dan kg ad problem. Walaupun pernah ada 1 kejadian sunroof mendadak pecah tanpa sebab di model F10 528i . Ganti segelondong di charge sama astra bmw Rp 80jt . Tp itu cuma 1 kejadian aja. Bisa diabaikan
#Sensor ini yg paling ngeselin dari pelihara bmw modern. Banyak banget sensor yg gampang rusak / umur pendek. Contoh speed sensor 1 - 2 tahun skali rusak. Harga murah cuma 1 juta-an per roda. Jadi ganti 4 roda = 4 juta
Ada jg MAF sensor atau Mass Air Flow . Biasanya failure di tahun ke 3 pemakaian . Itu harganya cuma 3 jt.
Oxygen sensor , letaknya di pipa downpipe dari turbo. Ada 2 sensor setau ane. Usia sekitar 3 thn jg. Misal rusak, harga baru skitar 2.5 jutaan / piece.
#Ignition coil ini jg beberapa kali kejadian. Kadang failure sebiji. Nyebabin missfire di cylinder tertentu, engine berasa berebet trus bergetar. Harga coil only 1.5 jt / pcs. Mesin N20 ada 4 biji coil krn 4 cylinders. Jadi ganti smua = Rp 6 juta.
#Oil leak di engine. Kebanyakan karena usia karet2 cover gasket mulai getas kemakan usia. Harga ganti ga terlalu mahal. 1 sampe 2 jutaan aja. Usianya lama bisa 5 tahun klo ud ganti baru.
#Bahan bakar wajib RON98. Fuel cons cendrung irit . Skitar 7-10 km/liter pemakaian wajar. Hobi gaspol turun jd 6 km/l
———
Segitu dulu yg gw tau sampe saat ini. Jadi siapin budget perawatan sekitar Rp 20jt / tahun untuk jaga2 . Bisa lebih murah dari itu. Jadi kg perlu terlalu parno. Nikmatin aja mobilnya. Yg penting dipake tiap hari jadi kluarin duitnya buat ngempanin servis & sparepart enggak sia-sia .
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 263
- Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CM5
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
go for it, duit segitu kynya udah dapet 320 yang LCi yah? kalo bisa yg BSI nya masi aktif
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
ky gini ya om....lg ngetem tuh di bengkel taro pojokan...inden part dulu...mobil jogrok...kt pegawe situ sih kmungkinan jebol...
klo yg parkir pinggir pojokan biasanya berat dah...mungkin kena koronah..
jaman lagi ancor...inden part juga entah kapan datangnya...
gak pernah baca postingan gw sih....
gw kan lebih dulu pake....duluan banyak makan asam garam....
yah klo baca juga mungkin gak percaya....
pdhl spy gak dibikin bokek...
sudah bokek dibikin tambah bokek...ancor pesena telor dah...
tp tar dibilang black kampanye.....
gw kan orang bae...sering berbagi kebaikan...krn pedoman idup gw berbagi kasih...
serius...sumpeehhh...dehhhh
ky lagu nostalgia jaman sma...I SWEAR...ALL 4 ONE...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
serius..sumpehhhh....swearr...dehhhKielConstantine wrote: ↑Wed May 12, 2021 12:23 Cocok bangets donk om
Yang penting banyak kenalan sama bengkel spesialis. Om domisili di mana ?
Klo jkt aman sentosa .. Banyak yg bs handle, sparepart jg ada smua melimpah. Easy lahh...
Saran ane lgsung pelihara tipe faceliftnya a.k.a LCI tahun 2016 up. 320i / 330i .. Josss abis model yg itu. Percayalah mesin B48 jauh lebih superior drpd N20. Sudh banyak bengkel yg meng-aminkan
pilih....
MERCEDES BENZ....
Lambang kesuksesan....
Engkong mobil...
THE BEST OR NOTHING...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Wed Feb 04, 2015 13:54
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
Ganti F10 ga salah om, sy udah rawat kurang lebih 7 tahun.
Untungny 5 tahun full part warranty jd ga pusing,
Skrg2 cuma ada masalah di ac ga dingin, kemungkinan mst ganti kompresor hrg 7jtan. (Harga di bengkel spesialis)
Untung ukuran mobil eropa termasuk awet KM di 65rb
Untungny 5 tahun full part warranty jd ga pusing,
Skrg2 cuma ada masalah di ac ga dingin, kemungkinan mst ganti kompresor hrg 7jtan. (Harga di bengkel spesialis)
Untung ukuran mobil eropa termasuk awet KM di 65rb
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1073
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
Saya punya 528i F10 2011 mesin 3L inline 6
Saat ini 111rb km
Saya punya sejak 2015, dulu punya direktur bank, jadi mobil dinas, trus dia ganti jadi GL 400.
Saya beli di km 57 rb.
Ini badak juga. Gak banyak ganti.
Saya ganti paking oli atas bawah
Engine mounting
Di km 110rb
Arm dan tie rod km 100 rb.
Udah gak ganti apa apa lagi.
Ini harus ganti shocks depan.
Belum sempat.
Enak mobilnya. Irit juga.
Yang gak tahan malah interiornya, handle pintu nya leleh, itu sudah ganti aftermarket.
Saat ini 111rb km
Saya punya sejak 2015, dulu punya direktur bank, jadi mobil dinas, trus dia ganti jadi GL 400.
Saya beli di km 57 rb.
Ini badak juga. Gak banyak ganti.
Saya ganti paking oli atas bawah
Engine mounting
Di km 110rb
Arm dan tie rod km 100 rb.
Udah gak ganti apa apa lagi.
Ini harus ganti shocks depan.
Belum sempat.
Enak mobilnya. Irit juga.
Yang gak tahan malah interiornya, handle pintu nya leleh, itu sudah ganti aftermarket.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 493
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
Reliability W204 W205 jd jauh lebi badak y om drpd F30? Menarik jg nih, lagi pandemi W205 uda mulai buka harrga 400ankompresorz wrote: ↑Tue Jul 20, 2021 2:00serius..sumpehhhh....swearr...dehhhKielConstantine wrote: ↑Wed May 12, 2021 12:23 Cocok bangets donk om
Yang penting banyak kenalan sama bengkel spesialis. Om domisili di mana ?
Klo jkt aman sentosa .. Banyak yg bs handle, sparepart jg ada smua melimpah. Easy lahh...
Saran ane lgsung pelihara tipe faceliftnya a.k.a LCI tahun 2016 up. 320i / 330i .. Josss abis model yg itu. Percayalah mesin B48 jauh lebih superior drpd N20. Sudh banyak bengkel yg meng-aminkan
pilih....
MERCEDES BENZ....
Lambang kesuksesan....
Engkong mobil...
THE BEST OR NOTHING...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4809
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
betul om, mercy secara overall memang lebih badak dan awet dibanding BMW menurut saya, terutama dibagian kaki2, matic dan rack steeringnya. cuma kalo soal fitur, teknologi, interior quality, driving feel, handling , peforma dan tarikkan masih lebih oke f30 menurut saya dibanding w204 atau w205. cuma kalo saya pribadi, saya lebih prefer w204 kalo ga masalah sm tahun tua, karena desainnya lebih oke, dan juga denger2 lebih reliable dan juga interior qualitynya lebih oke dibanding w205. cuma kalo pengen w205 juga oke kok. secara model lebih fresh, desain interior juga lebih kekinian dan juga dapet tahun yg lebih muda + fitur lebih banyaak juga dibanding w204 + biaya maintenancenya kalo sama2 di spesialis juga masih lebih murah dibanding bmw menurut saya kalo mercy heheheJenson wrote: ↑Thu Jul 22, 2021 18:48Reliability W204 W205 jd jauh lebi badak y om drpd F30? Menarik jg nih, lagi pandemi W205 uda mulai buka harrga 400ankompresorz wrote: ↑Tue Jul 20, 2021 2:00serius..sumpehhhh....swearr...dehhhKielConstantine wrote: ↑Wed May 12, 2021 12:23 Cocok bangets donk om
Yang penting banyak kenalan sama bengkel spesialis. Om domisili di mana ?
Klo jkt aman sentosa .. Banyak yg bs handle, sparepart jg ada smua melimpah. Easy lahh...
Saran ane lgsung pelihara tipe faceliftnya a.k.a LCI tahun 2016 up. 320i / 330i .. Josss abis model yg itu. Percayalah mesin B48 jauh lebih superior drpd N20. Sudh banyak bengkel yg meng-aminkan
pilih....
MERCEDES BENZ....
Lambang kesuksesan....
Engkong mobil...
THE BEST OR NOTHING...
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2889
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
Ini mah si f30 328i merah …kompresorz wrote: ↑Tue Jul 20, 2021 1:48ky gini ya om....lg ngetem tuh di bengkel taro pojokan...inden part dulu...mobil jogrok...kt pegawe situ sih kmungkinan jebol...
klo yg parkir pinggir pojokan biasanya berat dah...mungkin kena koronah..
jaman lagi ancor...inden part juga entah kapan datangnya...
gak pernah baca postingan gw sih....
gw kan lebih dulu pake....duluan banyak makan asam garam....
yah klo baca juga mungkin gak percaya....
pdhl spy gak dibikin bokek...
sudah bokek dibikin tambah bokek...ancor pesena telor dah...
tp tar dibilang black kampanye.....
gw kan orang bae...sering berbagi kebaikan...krn pedoman idup gw berbagi kasih...
serius...sumpeehhh...dehhhh
ky lagu nostalgia jaman sma...I SWEAR...ALL 4 ONE...
Aduh yah .. mohon sangat diperhatikan kalo pelihara BMW all type & tahun apapun. Jangan sampe aer radiator kosong, water pump harus kondisi 100% sehat; thermostat sehat. Price nya ud ane jabarin kan td. Ganti 1 set kg sampe 6 jt . Mesin sehat walafiat.
Itu aer radiator nyebrang campur oli jd warna kopi susu. Starbuck aja kalah saing mennn
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2889
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
Ini baru real testimony111fw wrote: ↑Sun Jul 18, 2021 19:47 ane pakai 320i sport lci 2016, beli dari baru udah jalan 62rb km. untuk issue timing chain sama steering rack kayaknya udah hampir gak ada di lci. selama ini selain servis rutin, cuman ganti sensor abs di 2019 (ke cover waranty) sama shock belakang di 2021 (ganti bilstein 2.1jt di spesialis), minusnya kalau sering diisi lebih dari 2 orang kurang reccomend, soalnya jok belakangnya keras. (jok depan juga keras tapi lebih ergonomis jadi ke support). fc irit (dalkot 1:10-11, tol 1;16-17) mirip honda jazz lah, tapi harus isi pertamax turbo (bisa pertamax tapi jangan sering-sering)
Makanya ane dari kmaren bilangin om @TS cari yg type LCI skalian. 320i atau 330i ok smua. Yg pake mesin B48. Lebih less trouble dari pre-lci
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 213
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
saya juga kalau sampai mau jual e39,aspsilver wrote: ↑Thu Jul 22, 2021 16:24 Saya punya 528i F10 2011 mesin 3L inline 6
Saat ini 111rb km
Saya punya sejak 2015, dulu punya direktur bank, jadi mobil dinas, trus dia ganti jadi GL 400.
Saya beli di km 57 rb.
Ini badak juga. Gak banyak ganti.
Saya ganti paking oli atas bawah
Engine mounting
Di km 110rb
Arm dan tie rod km 100 rb.
Udah gak ganti apa apa lagi.
Ini harus ganti shocks depan.
Belum sempat.
Enak mobilnya. Irit juga.
Yang gak tahan malah interiornya, handle pintu nya leleh, itu sudah ganti aftermarket.
kayanya bakal beli F10 528i yang 6cyl N/A
ngga tau kenapa, belum pengen BMW ber-turbo
2011 BMW 520d
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2889
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
Mesin N/A lebih less complexity om. Ngerawatnya jauh lebih mudah juga. Yg turbo2 jaman skarang kudu perhatiin oil change interval, belom lg rembes2 oli di area turbo. Musti telaten deh rawatannyamojacko wrote: ↑Fri Jul 23, 2021 4:48saya juga kalau sampai mau jual e39,aspsilver wrote: ↑Thu Jul 22, 2021 16:24 Saya punya 528i F10 2011 mesin 3L inline 6
Saat ini 111rb km
Saya punya sejak 2015, dulu punya direktur bank, jadi mobil dinas, trus dia ganti jadi GL 400.
Saya beli di km 57 rb.
Ini badak juga. Gak banyak ganti.
Saya ganti paking oli atas bawah
Engine mounting
Di km 110rb
Arm dan tie rod km 100 rb.
Udah gak ganti apa apa lagi.
Ini harus ganti shocks depan.
Belum sempat.
Enak mobilnya. Irit juga.
Yang gak tahan malah interiornya, handle pintu nya leleh, itu sudah ganti aftermarket.
kayanya bakal beli F10 528i yang 6cyl N/A
ngga tau kenapa, belum pengen BMW ber-turbo
Drawbacknya cuma kg bisa draw extra power aja via remap; ganti intercooler, downpipe ini itu dll.. buat yg hoby modif engine….
Cocok jadi mobil daily drive.. suaranya melengking nyaring pas digaspol sampe 7.000 rpm
Last of its kind seh… F10 N52B30 with in-line 6 naturally aspirated .. dibawah 300jt ud dapet pula
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 213
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
makanya om.. udah pengalaman sama M54, kebayang lah cara ngerawat n54/n52 bakalan mirip-miripKielConstantine wrote: ↑Fri Jul 23, 2021 5:04
Mesin N/A lebih less complexity om. Ngerawatnya jauh lebih mudah juga. Yg turbo2 jaman skarang kudu perhatiin oil change interval, belom lg rembes2 oli di area turbo. Musti telaten deh rawatannya
Drawbacknya cuma kg bisa draw extra power aja via remap; ganti intercooler, downpipe ini itu dll.. buat yg hoby modif engine….
Cocok jadi mobil daily drive.. suaranya melengking nyaring pas digaspol sampe 7.000 rpm
Last of its kind seh… F10 N52B30 with in-line 6 naturally aspirated .. dibawah 300jt ud dapet pula
buat saya sih bmw emang lebih nikmat inline6, kalaupun ber-turbo tetap harus yang inline6, suara mesin-nya nikmat sekali.
bensin boros mah ga usah dipikirin
2011 BMW 520d
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1073
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
Mobil berturbo sebenarnya rawatnya gak beda jauh.
Ortu saya ada W212 E250, 1800 turbo. 2010,
Km 50 rb an.
Yang error malah ecu nya.
Mekanis sih gak rusak ya.
Ortu saya ada W212 E250, 1800 turbo. 2010,
Km 50 rb an.
Yang error malah ecu nya.
Mekanis sih gak rusak ya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2904
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?
lol, mercy kakak saya,
ML 400 2014 km 78 rb, rontok matic nya, cam gear mesin rontok semua, waterpump, abis beresin itu 100 jtan kalo ga salah.
S350L 2011 ex almarhum ortu km 60rb power steering jebol, power window belakang kiri rusak, 20 juta.
Viano 3.2 2004 saya km 90 rb ga pernah rusak drdulu, akhirnya rusak juga abis itu piston blok gara2 sil mesin doang, 40 jt.
pusing.
sebelum tahun 2015 sy jg pakai mercy terus (dr mercy tahun 1970-2012), mau ambil mercy lg sekarang kok jd malah takut ya haha padahal pgn juga buat lengkapin kunci mbl german. tp perasaan dulu saya pake mercy ga pernah ada masalah2 berat.
pake bmw f10 520d 2015 km lewat 100rb belum ada yg rontok mesin dan kaki2 hamdallah, beli audi seken hi km jg ga se horror ML 400 kakak saya.