ane curiga kok sensor2 ya
mungkin crankshaft position sensor kah
Check engine nyala, mesin mati mendadak
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2731
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak
Nah yg saya bold itu, ada pabrikan mobil yg ngasih 'spare' ada yg pas2an banget. Kebetulan temen jg kerja di salah satu manufaktur ATPM, dia cuma bisa geleng2 aja dengan inisiatif2 cost reduction yang dijalankan, salah satunya terkait grounding itu. Kalo kondisinya pas2an itu yg perlu dipasang tambahan ground. Sukur2 bisa langsung install ground ke ECU asal paham diagram nya.Omnibus wrote: ↑Sat Apr 23, 2022 7:25
sebelum sy punya DC Amp Clamp (tang ampere DC) juga itu selalu jd misteri. setelah punya alat itu yg harganya ga ada yg murah (kl tang ampere AC banyak yg murah) sy pernah ukur di kabel yg tadi sy bilang bottle neck, dgn semua load dinyalain (lampu, radio, ac, defogger) msh jauh bgt dr kemampuan AWG (american wire gauge) rating kabel standar yg terpasang. makanya cukup pelihara kondisi terminal yg bersinggungannya aja.
pabrik juga udah ngukur kali, mrk kan pasti menyesuaikan AWG yg diperlukan dgn kebutuhannya.
cara lain bisa ukur voltage drop antara alternator dan aki, dan antara grounding terminal di mesin atau ground point di body vs terminal min aki. ga boleh lbh dr:
200 mV Wire or cable
300 mV Switch
100 mV Ground
0 mV to <50 mV Sensor Connections
0.0V Connections
selama itu passed, there's no need extra cables.
scientific mbah, jangan perasaan.
Meskipun kondisi terminal itu bersih, akan tetap berasa beda nya kalau grounding nya pas2an
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak
hmm apalagi ecu om. itu ga bisa main tambah grounding seenaknya krn sensor reading dan jg actuators itu sangat sensitif sm yg namanya voltage drop. sy udah mention ttg voltage drop di atas. lengkapnya disini by Haltech. salah nambah ground bisa2 mobil susah nyala krn berebut ground dgn motor starter. atau mesin jd ga normal krn sensor signalnya ngaco akibat voltage drop yg tdk seharusnya.evanbngdor wrote: ↑Mon Apr 25, 2022 1:53Nah yg saya bold itu, ada pabrikan mobil yg ngasih 'spare' ada yg pas2an banget. Kebetulan temen jg kerja di salah satu manufaktur ATPM, dia cuma bisa geleng2 aja dengan inisiatif2 cost reduction yang dijalankan, salah satunya terkait grounding itu. Kalo kondisinya pas2an itu yg perlu dipasang tambahan ground. Sukur2 bisa langsung install ground ke ECU asal paham diagram nya.Omnibus wrote: ↑Sat Apr 23, 2022 7:25
sebelum sy punya DC Amp Clamp (tang ampere DC) juga itu selalu jd misteri. setelah punya alat itu yg harganya ga ada yg murah (kl tang ampere AC banyak yg murah) sy pernah ukur di kabel yg tadi sy bilang bottle neck, dgn semua load dinyalain (lampu, radio, ac, defogger) msh jauh bgt dr kemampuan AWG (american wire gauge) rating kabel standar yg terpasang. makanya cukup pelihara kondisi terminal yg bersinggungannya aja.
pabrik juga udah ngukur kali, mrk kan pasti menyesuaikan AWG yg diperlukan dgn kebutuhannya.
cara lain bisa ukur voltage drop antara alternator dan aki, dan antara grounding terminal di mesin atau ground point di body vs terminal min aki. ga boleh lbh dr:
200 mV Wire or cable
300 mV Switch
100 mV Ground
0 mV to <50 mV Sensor Connections
0.0V Connections
selama itu passed, there's no need extra cables.
scientific mbah, jangan perasaan.
Meskipun kondisi terminal itu bersih, akan tetap berasa beda nya kalau grounding nya pas2an
ecu grounding standar pabrikan pastinya udah diukur dan ditest berulang2 sebelum produksi sebab kl sampai ada masalah akibat kurang grounding di sektor ecu pasti berefek ke semua mobil jd masalah (design fault). dan di ecu ga ada istilah pas2an n ada spare krn mrk purpose-built meaning kl hasilnya oke ya oke.
beda sama kabel pendek yg dr body ke dekat aki yg berpotensi bottleneck disitu ketika ada penambahan aksesoris diluar standar. itupun yg very high amperage yg melewati awg rating kabel tsb.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak
Betul, makanya ngga bisa sembarangan itu grounding ecu. Kebetulan sih kelistrikan di semua mobil saya dihandle sama Achien, udah sering diomongin jg di sini. Dan so far ngga pernah ada trouble dengan grounding yg dia bikin.Omnibus wrote: ↑Mon Apr 25, 2022 3:17hmm apalagi ecu om. itu ga bisa main tambah grounding seenaknya krn sensor reading dan jg actuators itu sangat sensitif sm yg namanya voltage drop. sy udah mention ttg voltage drop di atas. lengkapnya disini by Haltech. salah nambah ground bisa2 mobil susah nyala krn berebut ground dgn motor starter. atau mesin jd ga normal krn sensor signalnya ngaco akibat voltage drop yg tdk seharusnya.evanbngdor wrote: ↑Mon Apr 25, 2022 1:53Nah yg saya bold itu, ada pabrikan mobil yg ngasih 'spare' ada yg pas2an banget. Kebetulan temen jg kerja di salah satu manufaktur ATPM, dia cuma bisa geleng2 aja dengan inisiatif2 cost reduction yang dijalankan, salah satunya terkait grounding itu. Kalo kondisinya pas2an itu yg perlu dipasang tambahan ground. Sukur2 bisa langsung install ground ke ECU asal paham diagram nya.Omnibus wrote: ↑Sat Apr 23, 2022 7:25
sebelum sy punya DC Amp Clamp (tang ampere DC) juga itu selalu jd misteri. setelah punya alat itu yg harganya ga ada yg murah (kl tang ampere AC banyak yg murah) sy pernah ukur di kabel yg tadi sy bilang bottle neck, dgn semua load dinyalain (lampu, radio, ac, defogger) msh jauh bgt dr kemampuan AWG (american wire gauge) rating kabel standar yg terpasang. makanya cukup pelihara kondisi terminal yg bersinggungannya aja.
pabrik juga udah ngukur kali, mrk kan pasti menyesuaikan AWG yg diperlukan dgn kebutuhannya.
cara lain bisa ukur voltage drop antara alternator dan aki, dan antara grounding terminal di mesin atau ground point di body vs terminal min aki. ga boleh lbh dr:
200 mV Wire or cable
300 mV Switch
100 mV Ground
0 mV to <50 mV Sensor Connections
0.0V Connections
selama itu passed, there's no need extra cables.
scientific mbah, jangan perasaan.
Meskipun kondisi terminal itu bersih, akan tetap berasa beda nya kalau grounding nya pas2an
ecu grounding standar pabrikan pastinya udah diukur dan ditest berulang2 sebelum produksi sebab kl sampai ada masalah akibat kurang grounding di sektor ecu pasti berefek ke semua mobil jd masalah (design fault). dan di ecu ga ada istilah pas2an n ada spare krn mrk purpose-built meaning kl hasilnya oke ya oke.
beda sama kabel pendek yg dr body ke dekat aki yg berpotensi bottleneck disitu ketika ada penambahan aksesoris diluar standar. itupun yg very high amperage yg melewati awg rating kabel tsb.
Termasuk kabel pendek yg dr body yg om bilang itu, Ngga main asal nambahin ground sih dia
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 597
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak
He he memang jauh parkirnya dong oom. Kan yang 1 untuk workhorse dulu. Parkirnya dengan sesamanya.Omnibus wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 4:08harusnya parkirin aja itu lio nya depan2an sama s600 om. langsung ciut sendiri dia ga bakal berulah lagi, langsung sehat lagi sambil bilang "ampuuunn mbaahh "thestoneroses wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 3:30 Aduh oom, semoga lekas ketemu penyakitnya ya.
Dulu saya ada beberapa lio, kebetulan 1 kmnya rendah, tahun 15. Tahun 19, 23ribuan, itu mulai muncul spt oom, check engine nyala, terus tanda mesin panas nyala. Terus sama suka tidak mau idup (Stop kontak diputer, tidak nyala), solusinya spt oom, cabut aki, pasang lagi, dia idup. Saya pernah tulis di thread lio sptnya. Intinya, itu lio sudah: ganti radiator baru, ganti fuel pump, ganti aki, ganti apa lagi ya, banyak, sampai sebulan di bengkel itu. Lucu aja mekanik muda-muda lah lebih muda dari mahasiswa2 saya pada bingung clueless atau entah berpikir kritisnya kurang, pas dibilang mau ganti ecu, saya ketawa-ketawa aja deh. Diambil pedagang dari Jawa akhirnya. Ha ha
Ohh iya bengkelnya di deket pasar jatinegara dulu tiga-tiganya di situ, cuma satu yang mereka angkat tangan.
Ini sharing ya oom, semoga lekas ketemu problemnya, mungkin coba ke non beres oom. Saya dulu lebih ke penasaran dan lucu-lucuan jadinya.
Ya mosok gampangan ngerawat w140, d9, gl turbo gede daripada lio sih, hahahaha. Betul-betul pengalaman unik
Tapi jujur, saya berarti ada mobil yang tidak selesai, tidak tuntas gitu. Ya mobilio ini, sampai sekarang keinget terus. Jadi becandaan gitu ya
Ron Asheton Forever
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak
Masih mending bisa reset CE dengan cara cabut kabel aki. Lha kemarin saya mudik pake Lipindut L11, sampe Merak lampu CE hidup. Tapi AC tetap dingin, gak ada overheat, gak ada ngempos. Udah dikasih tutorial cara reset CE, gak mempan.
Pas udah sampe Riau scan sama kawan, kiranya switch rem malfunction. Jadi mulai Merak-Riau lampu rem gak hidup
Reset CE pake itung2an injak oedal gas segala macam
Pas udah sampe Riau scan sama kawan, kiranya switch rem malfunction. Jadi mulai Merak-Riau lampu rem gak hidup
Reset CE pake itung2an injak oedal gas segala macam