Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
farizfsa wrote: ↑Wed Jun 14, 2023 5:11
ada tambahannya, biasanya nyetir mbl wheelbase panjang = mobil ukuran panjang kalau mau belok itu harus sangat hati2 di bagian body tengah. asal belok bakal nyangkut.
coba lah bawa hiace/caravelle/vclass yang panjangnya diatas 5.2 meter terus naik turun basement yang bagian muter di senayan city aja, nangis darah deh rasanya.
saya salut itu sama driver2 ambulance yg bawa hiace lwb, sudah model blind van, harus manuver2 hebat.
untuk masalah gasruk depan dan belakang, yg sebagaimana di jelaskan sama om diatas, tergantung sudut. biasa kalo mobil moncong bemper nya dr roda jauh dan panjang ya rawan gasruk depan. kedua suspensi, kalo suspensi terlalu empuk di sedan yg pendek, abis poldur memang lebih rawan jeduk di bagian tengah.
kalo masalah banjir, saya pake ranger banjir lewat setengah ban aja muter, apa lg sedan. pas nerjang banjir bukan masalah air nya seberapa aja, kita gatau itu banjir makin dalem atau ga, terus kalo dr lawan arah ada mbl lewat bikin ombak berlawanan, makin tinggi hitungannya.
masalah selanjutnya, ga semua org tau cara nerjang banjir. kemarin2 saya nerjang banjir pakai sedan jerman mobil orang pula, diceperin, se fog lamp kelelep lah, lewat aja aman sampe sekarang mobilnya. org sini nerjang banjir mah dilewatin ngebut aja gimana air ga masuk intake dan nyiprat mesin sana sini
tq om tambahannya. iya ya, kalo misal mau u turn gitu sembarangan, bisa robek ya itu bagian tengahnya kena trotoar pembatas jalan wkwkw.
cuma kalo utk ngomong masalah wheel base panjang vs pendek, ini ngaruh gk sih ke noise angin kolongan yg masuk? trus juga, utk guncangan / bantingan di dlm kabin, terlepas dari setelan suspensinya (anggep aja standar), ngaruh nggak?
kalo driving experience kayanya utk nyodok2 nyalip2 lbh enak yg wheelbase pendek ya.
nah kalo masalah yg om bilang gini, kayanya sih utk model sedan jepangan gitu masih aman ya selama kaki2 masih standar nggak di ceperin.
farizfsa wrote: ↑Wed Jun 14, 2023 5:11
ada tambahannya, biasanya nyetir mbl wheelbase panjang = mobil ukuran panjang kalau mau belok itu harus sangat hati2 di bagian body tengah. asal belok bakal nyangkut.
coba lah bawa hiace/caravelle/vclass yang panjangnya diatas 5.2 meter terus naik turun basement yang bagian muter di senayan city aja, nangis darah deh rasanya.
saya salut itu sama driver2 ambulance yg bawa hiace lwb, sudah model blind van, harus manuver2 hebat.
untuk masalah gasruk depan dan belakang, yg sebagaimana di jelaskan sama om diatas, tergantung sudut. biasa kalo mobil moncong bemper nya dr roda jauh dan panjang ya rawan gasruk depan. kedua suspensi, kalo suspensi terlalu empuk di sedan yg pendek, abis poldur memang lebih rawan jeduk di bagian tengah.
kalo masalah banjir, saya pake ranger banjir lewat setengah ban aja muter, apa lg sedan. pas nerjang banjir bukan masalah air nya seberapa aja, kita gatau itu banjir makin dalem atau ga, terus kalo dr lawan arah ada mbl lewat bikin ombak berlawanan, makin tinggi hitungannya.
masalah selanjutnya, ga semua org tau cara nerjang banjir. kemarin2 saya nerjang banjir pakai sedan jerman mobil orang pula, diceperin, se fog lamp kelelep lah, lewat aja aman sampe sekarang mobilnya. org sini nerjang banjir mah dilewatin ngebut aja gimana air ga masuk intake dan nyiprat mesin sana sini
tq om tambahannya. iya ya, kalo misal mau u turn gitu sembarangan, bisa robek ya itu bagian tengahnya kena trotoar pembatas jalan wkwkw.
cuma kalo utk ngomong masalah wheel base panjang vs pendek, ini ngaruh gk sih ke noise angin kolongan yg masuk? trus juga, utk guncangan / bantingan di dlm kabin, terlepas dari setelan suspensinya (anggep aja standar), ngaruh nggak?
kalo driving experience kayanya utk nyodok2 nyalip2 lbh enak yg wheelbase pendek ya.
nah kalo masalah yg om bilang gini, kayanya sih utk model sedan jepangan gitu masih aman ya selama kaki2 masih standar nggak di ceperin.
untuk guncangan atau bantingan pasti berbeda, banyakan mbl long wheel base setup suspensi masih sama dgn yang short padahal berat kendaraan nambah. jd bisa lebih empuk, kedua perbedaan jarak wheelbase jg membuat perbedaan waktu pas kena guncangan di jalan dan yang pasti akan lebih anteng.
cuma dr pengalaman memang enak secara space, empuk dan anteng nya mbl2 yang panjangnya diatas 5.2 meter/wheelbase diatas 3 meter.
kalau untuk angin suara kolong sih ga ngaruh seberapa.
sedan2 jepang sekarang juga kolong nya udah pada rata semua, ga kaya zaman dulu masih banyak gantungan knalpot sana sini, jd aman lah buat jalan rusak, polisi tidur dll.
slapnuts wrote: ↑Wed Jun 14, 2023 4:45
Benar om, saya dari zaman SMA 2009 sudah pegang sedan, dikasihnya lungsuran bokap pakai Accord S86 Vtil 2002. Tiap hari PP dari BSB ke Smaga, lewat rute random Ngaliyan-Krapyak tiap hari. Sering juga buat main ke Jogja sampai Gunung Kidul ya pakai sedan itu, no problem at all, nyaman pula. Musuh utama sedan justru ketika malam hari jalan di luar kota kesilauan lampu dari arah berlawanan. Untung zaman dulu user motor belum banyak yang pake LED laknat highbeam always on seperti sekarang.
Pengalaman dulu pakai si S86 beberapa kali dipakai ke Jakarta, Bandung via Pantura yang jalurnya makadam ga karu-karuan (belum ada tol trans jawa, tol baru sampai Pejagan Bakrie-Palimanan) ya aman-aman saja. Yang bikin ga capek ya karena posisi duduk yang depan selonjoran, yang belakang mendelep ke bawah dan semua kaki tertopang.
Banjir? putar balik dong, nerjang banjir ga sebanding dengan risiko kerusakan ke depannya, even pakai SUV kok saya tetap ga tega ya mau nerjang banjir.
wakakkaka BSB... jalan raya ngaliyan itu pdhl isinya sekarang jerawatan tambalan lobang dimana-mana. yang katanya nggak ramah sedan jalan begini. tp ane jg sering main ke BSB pake civic ma E39 aman ga pernah kepentok apa gasruk. wkwkwkkww.
ane kerja rute ke kaligawe jg depan kantor persis semi offroad. sesekali pas bawa E39 ngerasain enaknya kaki kaki mbl eropa kena jalan begini
kecuali tim SAR yang beli mobil double cabin ga pake duit sendiri dan specially equipped mah sayang om benernya nyemplungin mobil sendiri... wkwkwkw. lbh takutnya di semarang ketambahan resiko keroposnya itu loh air laut.
civic pernah terpaksa banjir se kap mesin deket simpang 5, selamat bonus plat nomer ilang depan
farizfsa wrote: ↑Wed Jun 14, 2023 7:04
untuk guncangan atau bantingan pasti berbeda, banyakan mbl long wheel base setup suspensi masih sama dgn yang short padahal berat kendaraan nambah. jd bisa lebih empuk, kedua perbedaan jarak wheelbase jg membuat perbedaan waktu pas kena guncangan di jalan dan yang pasti akan lebih anteng.
cuma dr pengalaman memang enak secara space, empuk dan anteng nya mbl2 yang panjangnya diatas 5.2 meter/wheelbase diatas 3 meter.
kalau untuk angin suara kolong sih ga ngaruh seberapa.
sedan2 jepang sekarang juga kolong nya udah pada rata semua, ga kaya zaman dulu masih banyak gantungan knalpot sana sini, jd aman lah buat jalan rusak, polisi tidur dll.
kalo zaman skrg kaya civic turbo malah extender knalpotnya agak ngegantung gimana gitu. banyak banget liat cibo yg ujung knalpotnya agak mekar gitu kayanya kena stopper pas parkiran gitu kali ya soalnya corong nya bnr2 ngarah agak ke bawah gitu.
makasih masukan2nya suhu, saya masih ngikutin diskusinya.. sejauh ini memang paling tertarik xv50 dr segi penampilan dan jg ride experiencenya krn kebetulan tmn saya ada yg pny juga
kalau teana gimana om2, apa ada yg pernah melihara? saya liat harganya lbh miring lagi ya
kalau new city/vios gitu diskonnya di range berapa ya om? mungkin ada bisikan2
makasih tips hunting mobkasnya, saya pengen sih beli mobkas untuk ambil leap of faith pertama kalinya.
ya bisa 30an up om. apalagi akhir tahun penghabisan NIK lama, sepertinya bisa lebih hehehe
farizfsa wrote: ↑Wed Jun 14, 2023 7:04
untuk guncangan atau bantingan pasti berbeda, banyakan mbl long wheel base setup suspensi masih sama dgn yang short padahal berat kendaraan nambah. jd bisa lebih empuk, kedua perbedaan jarak wheelbase jg membuat perbedaan waktu pas kena guncangan di jalan dan yang pasti akan lebih anteng.
cuma dr pengalaman memang enak secara space, empuk dan anteng nya mbl2 yang panjangnya diatas 5.2 meter/wheelbase diatas 3 meter.
kalau untuk angin suara kolong sih ga ngaruh seberapa.
sedan2 jepang sekarang juga kolong nya udah pada rata semua, ga kaya zaman dulu masih banyak gantungan knalpot sana sini, jd aman lah buat jalan rusak, polisi tidur dll.
kalo zaman skrg kaya civic turbo malah extender knalpotnya agak ngegantung gimana gitu. banyak banget liat cibo yg ujung knalpotnya agak mekar gitu kayanya kena stopper pas parkiran gitu kali ya soalnya corong nya bnr2 ngarah agak ke bawah gitu.
tq bgt om sharing2nya ya
kalo saya, saya cabut extendernya om, daripada gasruk terus tar penyok, juga kalo dilihat dari samping extender knalpotnya juga rada aneh, mending ga usah dipake aja
levofloxacine wrote: ↑Mon Jun 19, 2023 2:11
kalo saya, saya cabut extendernya om, daripada gasruk terus tar penyok, juga kalo dilihat dari samping extender knalpotnya juga rada aneh, mending ga usah dipake aja
sedan formatnya di luar jg kaga pake muffler cutter. wkwkwkwk. tp di sini kebalik sedannya dikasih muffler cutter... hatchbacknya malah polos. baru RS 2020 terakhir keluar yg knalpotnya nongol.
masalahnya mau convert knalpot tengah jg males duluan musti ubah diffuser ma dudukan ban serep
farizfsa wrote: ↑Wed Jun 14, 2023 7:04
untuk guncangan atau bantingan pasti berbeda, banyakan mbl long wheel base setup suspensi masih sama dgn yang short padahal berat kendaraan nambah. jd bisa lebih empuk, kedua perbedaan jarak wheelbase jg membuat perbedaan waktu pas kena guncangan di jalan dan yang pasti akan lebih anteng.
cuma dr pengalaman memang enak secara space, empuk dan anteng nya mbl2 yang panjangnya diatas 5.2 meter/wheelbase diatas 3 meter.
kalau untuk angin suara kolong sih ga ngaruh seberapa.
sedan2 jepang sekarang juga kolong nya udah pada rata semua, ga kaya zaman dulu masih banyak gantungan knalpot sana sini, jd aman lah buat jalan rusak, polisi tidur dll.
kalo zaman skrg kaya civic turbo malah extender knalpotnya agak ngegantung gimana gitu. banyak banget liat cibo yg ujung knalpotnya agak mekar gitu kayanya kena stopper pas parkiran gitu kali ya soalnya corong nya bnr2 ngarah agak ke bawah gitu.
tq bgt om sharing2nya ya
kalo saya, saya cabut extendernya om, daripada gasruk terus tar penyok, juga kalo dilihat dari samping extender knalpotnya juga rada aneh, mending ga usah dipake aja
kayanya kalo liat knalpot accord turbo atau all new civic rs walopun sama2 dual muffler gitu dia aman2 aja ya? nggak sampe mekar gitu ujungnya. eh apa jgn2 itu mereka knalpot asli ya bukan extender modelnya?