Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ctopher7 wrote: ↑Sat Nov 23, 2024 4:58
mobilnya fortuner vrz kah om?
fortuner vrz saya kalo spooring di bengkel kuning yang suka nempel stiker (di salah satu cabangnya, di daerah kalideres pegadungan) kaga perna lurus mau di rework 5x pun. perna sekali yang ngerjain anak magang kykny lupa ngencengin baut, jalan 5 km dari bengkel tiba tiba stir mobil loss gabisa belokin ban (anjrit itu ngeri banget). langsung ke cabang laen yang terdekat di pluit dan dikencengin sm montirnya
akirnya bawa ke auto2000 kapuk baru slalu bener, slalu first try uda lurus gaperlu balik untuk dispooring ulang
yg jazz om. krn baru refresh kaki2.
klo ane jazz di start tyre pecenongan om, yg sederetan hotel
biasa kalo jazz kan disetel toe aja setau sy
kalo disana caster nya bisa di setel atau geser gitu dah
+1
langganan start tyre jg
kl ga di pecenongan yah di muara karang sana
spooring nya muahalll tp puluhan taon ama doi ga perna ad masalah, dan kl ad masalah, dkerjain ulang ampe bener
klo ane jazz di start tyre pecenongan om, yg sederetan hotel
biasa kalo jazz kan disetel toe aja setau sy
kalo disana caster nya bisa di setel atau geser gitu dah
+1
langganan start tyre jg
kl ga di pecenongan yah di muara karang sana
spooring nya muahalll tp puluhan taon ama doi ga perna ad masalah, dan kl ad masalah, dkerjain ulang ampe bener
saya malahan cocok yang di pintu air om. Cuma kayaknya balancingnya kemahalan disana. Next pengennya balancingnya di b quik saja, spooring baru di start tire.
ctopher7 wrote: ↑Sat Nov 23, 2024 4:58
mobilnya fortuner vrz kah om?
fortuner vrz saya kalo spooring di bengkel kuning yang suka nempel stiker (di salah satu cabangnya, di daerah kalideres pegadungan) kaga perna lurus mau di rework 5x pun. perna sekali yang ngerjain anak magang kykny lupa ngencengin baut, jalan 5 km dari bengkel tiba tiba stir mobil loss gabisa belokin ban (anjrit itu ngeri banget). langsung ke cabang laen yang terdekat di pluit dan dikencengin sm montirnya
akirnya bawa ke auto2000 kapuk baru slalu bener, slalu first try uda lurus gaperlu balik untuk dispooring ulang
yg jazz om. krn baru refresh kaki2.
klo ane jazz di start tyre pecenongan om, yg sederetan hotel
biasa kalo jazz kan disetel toe aja setau sy
kalo disana caster nya bisa di setel atau geser gitu dah
tau start tyre om, dulu pernah yg di pluit muara karang. skrg sy di bdg.
kl ttg caster ga bisa om kl standar. secara konstruksi emang ga bisa. utk balikin ke spec pabrik seandainya sdh out of spec ya ganti karet support dan lower control arm (bushings dan ball joint).
klo ane jazz di start tyre pecenongan om, yg sederetan hotel
biasa kalo jazz kan disetel toe aja setau sy
kalo disana caster nya bisa di setel atau geser gitu dah
+1
langganan start tyre jg
kl ga di pecenongan yah di muara karang sana
spooring nya muahalll tp puluhan taon ama doi ga perna ad masalah, dan kl ad masalah, dkerjain ulang ampe bener
saya malahan cocok yang di pintu air om. Cuma kayaknya balancingnya kemahalan disana. Next pengennya balancingnya di b quik saja, spooring baru di start tire.
kalo balancing, untungnya sehh slama ini ga perna aneh2, tiap kl beli ban kan pasti dapet gratis balancing, pas di tes lari kenceng jg ga geter2
cuman yg plg ribet yah spooring, palagi tu si ipah gembrot, sensitip ama spooring
DOHC wrote: ↑Sun Nov 24, 2024 10:49
cuman yg plg ribet yah spooring, palagi tu si ipah gembrot, sensitip ama spooring
gimana gak sensi, baut caster camber musti dikencengin 175 nm sementara si mat pinter itu ngencengin seadanya. ya berubah lah ga sampe sehari jalan.....
DOHC wrote: ↑Sun Nov 24, 2024 10:49
cuman yg plg ribet yah spooring, palagi tu si ipah gembrot, sensitip ama spooring
gimana gak sensi, baut caster camber musti dikencengin 175 nm sementara si mat pinter itu ngencengin seadanya. ya berubah lah ga sampe sehari jalan.....
Benernya kalo buat spooring kalo terpaksa harus milih itu yg bener alat dulu apa montir dulu si ? Kalo alat+tukang ya repot... invest alat mahal+nggaji tukang mahal jatuhnya yang spooring ngomel (jadi inget thread kapan itu ya yang ada cita2 mau bikin bengkel )
Benernya kalo buat spooring kalo terpaksa harus milih itu yg bener alat dulu apa montir dulu si ? Kalo alat+tukang ya repot... invest alat mahal+nggaji tukang mahal jatuhnya yang spooring ngomel (jadi inget thread kapan itu ya yang ada cita2 mau bikin bengkel )
mekanik dan alat kan 1 paket pak....
mekanik sok tau, ngga ngerti teori ditambah alat nggak mumpuni, ya tinggal panggil kapten haddock buat ngata²in aja.
klo ane jazz di start tyre pecenongan om, yg sederetan hotel
biasa kalo jazz kan disetel toe aja setau sy
kalo disana caster nya bisa di setel atau geser gitu dah
tau start tyre om, dulu pernah yg di pluit muara karang. skrg sy di bdg.
kl ttg caster ga bisa om kl standar. secara konstruksi emang ga bisa. utk balikin ke spec pabrik seandainya sdh out of spec ya ganti karet support dan lower control arm (bushings dan ball joint).
ooh uda di bandung si om
iya om, kata mekanik nya ada yg di geser gitu, pdhal stau saya mah cuma setel toe aja
lain cerita kalo ipeh
marmut wrote: ↑Tue Nov 26, 2024 4:25
......
baru kali ini nemu mekanik sepuring oke dan saya doakan supaya ybs tetap sehat nggak cepet mati biar bisa bikin betul spuringan banyak mobil.
yg ngana kasih tork wrens ngana langsung bisa pake tanpa nanya2 ya mbah?
marmut wrote: ↑Tue Nov 26, 2024 4:21
gimana gak sensi, baut caster camber musti dikencengin 175 nm sementara si mat pinter itu ngencengin seadanya. ya berubah lah ga sampe sehari jalan.....
175 nM. kunci torsi tekkiro keburu mbrodol mbah..
tapi dipikir2 bener juga jangan2 bengkel onderstel yg bagus itu yg ngencenginnya sesuai torsi ya jadi enak dan awet
Jalan tol kita itu kan pasti miring ke kiri supaya air bisa mengalir.Nah walaupun mobil udah spooring lurus.Di jalan tol kondisi begitu,stir pasti kan akan narik terus kan karena jalannan miring?
laksanice wrote: ↑Mon Dec 02, 2024 4:27
Jalan tol kita itu kan pasti miring ke kiri supaya air bisa mengalir.Nah walaupun mobil udah spooring lurus.Di jalan tol kondisi begitu,stir pasti kan akan narik terus kan karena jalannan miring?
jalanan toll biasanya lajur kiri kanan sama derajat miringnya, CMIIW. sama saja dengan jalan raya non toll.
bedanya di toll bisa pake jalur kanan karena tidak 2 arah seperti jalan raya non toll jadi akan narik kanan, begitu juga kalau di toll di lajur kiri makan akan narik kiri. kalau spooringnya bener ya bisa sempurna lurusnya, kadang ada beberapa bengkel spooring malah nyetelnya miring kanan dikit tujuannya kalau di jalan raya non toll mobil ga lari kiri dan ban habisnya rata, jadinya kalau di jalur kanan toll malah steer bisa lurus.
saya sih di andala ban....saya pake camber kit biar bisa disetel camber (karena dipendekin jadi negative banyak, pengen ke spec pabrik tp ga mau ninggiin mobil) , no extra charge
laksanice wrote: ↑Mon Dec 02, 2024 4:27
Jalan tol kita itu kan pasti miring ke kiri supaya air bisa mengalir.Nah walaupun mobil udah spooring lurus.Di jalan tol kondisi begitu,stir pasti kan akan narik terus kan karena jalannan miring?
jalanan toll biasanya lajur kiri kanan sama derajat miringnya, CMIIW. sama saja dengan jalan raya non toll.
bedanya di toll bisa pake jalur kanan karena tidak 2 arah seperti jalan raya non toll jadi akan narik kanan, begitu juga kalau di toll di lajur kiri makan akan narik kiri. kalau spooringnya bener ya bisa sempurna lurusnya, kadang ada beberapa bengkel spooring malah nyetelnya miring kanan dikit tujuannya kalau di jalan raya non toll mobil ga lari kiri dan ban habisnya rata, jadinya kalau di jalur kanan toll malah steer bisa lurus.
Tol dalam kota menrut gw derajat miringnya hanya sedikit.Tapi Tol JKT - Cikampek itu miringnya lumayan ya.Jadi kalau di TOL JKT - Cikampek mobil agak sedikit lari ke kiri kalau di jalan non - toll larinya lumayan lurus.
Macpherson strut itu camber nya memang ga bisa di setting ya?
Ini mobil istri ban depan kiri lebih cepet abis bagian luar.
Setelah cek spooring, yg kiri camber +1,3 yg kanan +0,36
Pertanyaan saya, kok bisa ya bawaan pabrik segitu bedanya? Solusinya hanya bisa pasang baut camber kah? Saya mau bikin camber 0 atau sedikit negatif maybe (-0,5).
Ada efek negatifnya kalau pasang baut camber?
Saya coba analisa, sepertinya support shock bagian atas bisa sedikit di geser, krn dulu pernah mobil ganti shock & lobang bolt nya gak 100% presisi dengan diameter bolt. tapi kayanya ini cuma hal tricky ya?
FR6 wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 1:52
Macpherson strut itu camber nya memang ga bisa di setting ya?
Ini mobil istri ban depan kiri lebih cepet abis bagian luar.
Setelah cek spooring, yg kiri camber +1,3 yg kanan +0,36
Pertanyaan saya, kok bisa ya bawaan pabrik segitu bedanya? Solusinya hanya bisa pasang baut camber kah? Saya mau bikin camber 0 atau sedikit negatif maybe (-0,5).
Ada efek negatifnya kalau pasang baut camber?
Saya coba analisa, sepertinya support shock bagian atas bisa sedikit di geser, krn dulu pernah mobil ganti shock & lobang bolt nya gak 100% presisi dengan diameter bolt. tapi kayanya ini cuma hal tricky ya?
tiap mobil beda2 sih, tapi klo bengkel spooringnya punya teknisi yg handal bisa2 aja lah diadjust. make sure aja part2 lain macam arm2 ball joint aman.
saya sih dr -2 bisa dirubah jadi mendekati -0 di andala ban.... depan mcpherson juga (w212). klo belakang sy beli camber kit arm buat koreksi dr -3 ke -1
FR6 wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 1:52
Macpherson strut itu camber nya memang ga bisa di setting ya?
Ini mobil istri ban depan kiri lebih cepet abis bagian luar.
Setelah cek spooring, yg kiri camber +1,3 yg kanan +0,36
Pertanyaan saya, kok bisa ya bawaan pabrik segitu bedanya? Solusinya hanya bisa pasang baut camber kah? Saya mau bikin camber 0 atau sedikit negatif maybe (-0,5).
Ada efek negatifnya kalau pasang baut camber?
Saya coba analisa, sepertinya support shock bagian atas bisa sedikit di geser, krn dulu pernah mobil ganti shock & lobang bolt nya gak 100% presisi dengan diameter bolt. tapi kayanya ini cuma hal tricky ya?
mayoritas kendaraan memang hanya bisa disetel toe in toe out.
sampe camber geser banyak, apa pernah utak atik control arm atau ganti shock?
kalo mau geser, posisi upper strut terhadap strut tower aja, jangan pasang camber bolt.
krn camber bolt hanya memperbaiki alignment hub roda, tapi alignment strut jadi ngaco.
misal tetep penasaran, coba saja pasang camber bolt lalu bawa jalan antara 100-120 kmh, rasakan ayunan suspensi apakah sama atau beda antara kiri dan kanan?
FR6 wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 1:52
Macpherson strut itu camber nya memang ga bisa di setting ya?
Ini mobil istri ban depan kiri lebih cepet abis bagian luar.
Setelah cek spooring, yg kiri camber +1,3 yg kanan +0,36
Pertanyaan saya, kok bisa ya bawaan pabrik segitu bedanya? Solusinya hanya bisa pasang baut camber kah? Saya mau bikin camber 0 atau sedikit negatif maybe (-0,5).
Ada efek negatifnya kalau pasang baut camber?
Saya coba analisa, sepertinya support shock bagian atas bisa sedikit di geser, krn dulu pernah mobil ganti shock & lobang bolt nya gak 100% presisi dengan diameter bolt. tapi kayanya ini cuma hal tricky ya?
tiap mobil beda2 sih, tapi klo bengkel spooringnya punya teknisi yg handal bisa2 aja lah diadjust. make sure aja part2 lain macam arm2 ball joint aman.
saya sih dr -2 bisa dirubah jadi mendekati -0 di andala ban.... depan mcpherson juga (w212). klo belakang sy beli camber kit arm buat koreksi dr -3 ke -1
Wah kalo mobil Om Tesna mah kayanya dari bawaan orok ada settingan-nya ada rekomendasi kah yg ga jauh dari Kebon Jeruk (Jakbar)?
FR6 wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 1:52
Macpherson strut itu camber nya memang ga bisa di setting ya?
Ini mobil istri ban depan kiri lebih cepet abis bagian luar.
Setelah cek spooring, yg kiri camber +1,3 yg kanan +0,36
Pertanyaan saya, kok bisa ya bawaan pabrik segitu bedanya? Solusinya hanya bisa pasang baut camber kah? Saya mau bikin camber 0 atau sedikit negatif maybe (-0,5).
Ada efek negatifnya kalau pasang baut camber?
Saya coba analisa, sepertinya support shock bagian atas bisa sedikit di geser, krn dulu pernah mobil ganti shock & lobang bolt nya gak 100% presisi dengan diameter bolt. tapi kayanya ini cuma hal tricky ya?
mayoritas kendaraan memang hanya bisa disetel toe in toe out.
sampe camber geser banyak, apa pernah utak atik control arm atau ganti shock?
kalo mau geser, posisi upper strut terhadap strut tower aja, jangan pasang camber bolt.
krn camber bolt hanya memperbaiki alignment hub roda, tapi alignment strut jadi ngaco.
misal tetep penasaran, coba saja pasang camber bolt lalu bawa jalan antara 100-120 kmh, rasakan ayunan suspensi apakah sama atau beda antara kiri dan kanan?
Ga pernah di apa2in Om, baru setahun juga. Akhirnya ban bawaannya udh abis duluan padahal odo baru 23rb.
Ada rekomendasi bengkel spooring yg mau effort setting upper strut Om? Saya dinas di Palembang, tapi ada rencana pulkam ke Jakarta di libur nataru nanti. Biar sekalian beresin di Jakarta aja, disini blm nemu yg cocok.
bedanya kaya gmn itu Om? Saya blm bisa bayanginnya soalnya, ditambah lagi di imajinasi saya, beda kemiringannya sedikit (dari +1,3 ke 0) jadi saya bayanginnya ga jauh beda
kemaren saya ke B-Quik, menurut saya spooring and ballance dsini recommended la, puas kesini, presisi. data mobil saya juga ada disisni pas spooring (kemaren di bengkel "bengkel kaki-kaki" ga ada data mobilnya). kebetulan juga ganti ban, jadi sekarang mobilnya ga understeer lagi, sudah aman sentosa.