[Need Advice] Sedan /HB under 200jt untuk menikmati jalanan pegunungan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03
Re: [Need Advice] Sedan /HB under 200jt untuk menikmati jalanan pegunungan
Gimana kalo Yaris Bakpao?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: [Need Advice] Sedan /HB under 200jt untuk menikmati jalanan pegunungan
2x ketemu subaru xv di pegunungan, di waktu dan tempat yg berbeda, belok2 kenceng 70-90 kmh masih keliatan nurut dan gak ada bodyroll yang berarti
waktu itu saya lagi cari angin pake motor sport 250cc, wah lincah bener itu mobil (saya ngikut aja di belakangnya takut keseruduk kalo di depan)
daerah pegunungan juga beda2 sih om mulai dari kondisi lebar jalan, banyak bolong atau ngga, pegunungan puncak jalan lebar gitu pake mobil gede mungkin fine2 aja tapi kalo ke temanggung/gunungkidul jauh lebih enak mobil compact yang tenaga udah kerasa dari rpm bawah-tengah seperti mazda 2
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 417
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: [Need Advice] Sedan /HB under 200jt untuk menikmati jalanan pegunungan
boleh usul VW Tiguan second saja zom? tukar tambah saja sama GDnya supaya dapet unit 2018 di 300 juta kecil. sayang soalnya Tiguan kalau cuma dipakai weekend. Sama kaya Golf tapi ground clearencenya lebih tinggi dikit jadi ke pegunungan, Pengalengan ga takut Medan jalan dikit rusak
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 787
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: [Need Advice] Sedan /HB under 200jt untuk menikmati jalanan pegunungan
Kalo enak ditekuk bisa juga alternatif Chevrolet Trax yang FL 2017+. Ini memang mini SUV macam Raize tapi suspensinya agak kaku, FWD macpherson dan torsion beam ala2 hatchback, dan GC ga tinggi2 amat, jadi tetap feelnya bawa hatchback. Mesin 1.4 turbo 140 hp tapi mobilnya enteng, termasuk kencang di kelasnya.silverant wrote: ↑Thu Mar 14, 2024 3:07 Selamat pagi rekan-rekan SMer sekalian...
Mau minta saran dan masukan lagi dari rekan-rekan sekalian ...
Latar Belakang & Kondisi Saat Ini :
1. Saat ini sudah ada Honda CIty GD8 dan Chery Tiggo 8 Pro di rumah, digunakan buat sehari-hari ke kantor (ganjil genap).
Kebutuhan :
1. Membutuhkan mobil yang enak dibawa buat dinikmati di jalanan yg belak-belok dengan tenaga yang "ngisi terus" (misal dari ke Negeri di atas Awan, ke Ciletuh, Citorek, atau ke Ujung Genteng, Pansela, atau dibawa ke daerah Bawang Putih, Sukorejo, Dieng).
2. Sebetulnya saya cukup puas dengan Honda CIty saya suka dengan direct setirnya, dan minim limbungnya, dan juga untuk belak-belok sangat napak (saat ini pake ban SX2) Namun tinggal kurang tenaganya.
3. Untuk Tiggo, enak sekali untuk jalan lurus, panjang, ngebut, tenaga juga ada terus, tapi buat nikung-nikung agak keberatan body, bagian belakang seperti kebuang kalo ditekuk dengan kecepatan yg lumayan tinggi.
Batasan :
1. Harga maksimal 200jt (+20 juta buat cadangan repair).
2. AT/MT tidak masalah.
3. Tahun tidak terlalu masalah...
4. Agak sering ke bengkel (dua bulan sekali) masih OK asalkan part nya relatif terjangkau... karena ke Bengkel itu jadi "me time" tersendiri .
5. Mobil bisa mengangkut 2 Dewasa dan 2 Anak (4 orang termasuk sopir), kapasitas bagasi tidak perlu terlalu besar.
6. Belum pernah pelihara mobil Eropa, masih terbuka untuk mobil eropa tapi mungkin mobil eropa yg cocok untuk pemula.
7. Mencari yg barangnya masih relatif banyak di jalanan dan market place.
Atas kebutuhan di atas, bayangan saya yang masuk adalah tipe sedan atau mungkin paling mentok di Hatchback.
Demikian... atas masukan dan sarannya, saya ucapkan banyak terimakasih.
Kalo hatchback jepang mazda2 urusan handling lah no debat. Enaknya Mazda2 tuh untuk mesin NA 1.5 torsi bawahnya nendang. Jadi akselerasi tanjakan lumayan. Sasis dan suspensinya juga kaku. Tapi bagasi lebih kecil dari Trax, cuma 2-2nya emang kapasitas bagasinya kecil.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2902
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: [Need Advice] Sedan /HB under 200jt untuk menikmati jalanan pegunungan
Tiguan standar tenaganya pas pas an. Ga enakfl4b1e wrote: ↑Sun Mar 17, 2024 15:32 boleh usul VW Tiguan second saja zom? tukar tambah saja sama GDnya supaya dapet unit 2018 di 300 juta kecil. sayang soalnya Tiguan kalau cuma dipakai weekend. Sama kaya Golf tapi ground clearencenya lebih tinggi dikit jadi ke pegunungan, Pengalengan ga takut Medan jalan dikit rusak
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Mon Sep 16, 2013 6:54
- Location: Jakarta
Re: [Need Advice] Sedan /HB under 200jt untuk menikmati jalanan pegunungan
Noted Om.. saya masih agak khawatir kayaknya ama mechatronicChZ wrote: ↑Thu Mar 14, 2024 8:08
kalo dibanding focus/fiesta yg gen ecoboost keknya parts jauh lebih gampang golf. focus/fiesta turbo beredarnya nggak lama. cari unitnya jg jarang sekali.
golf TSI sebenernya agak high maintenance untuk mobil sekelasnya banyak parts potensi premature wear jauh lebih kuat yang GTI nya... nurut saya kurang worth it dibanding kepuasannya. tapi kalau jarang dipake macet macetan sebenernya gpp. itu mechatronic dan flywheel kan rusaknya karena kepanasan sering kena macet.
Terimakasih banyak...HaykelAdityawarman wrote: ↑Thu Mar 14, 2024 8:41 Budget 200 jt include beresin PR, buat mobil yang enjoyable to drive menurut saya E46 325i sama Golf TSi. E36 323i juga pilihan oke, cuman budget bakal nyisa banyak, mending dimentokin aja W204 C200 pfl kayanya dapet juga, cuman imo nanggung mending C250 sekalian. Gatau deh masuk budget apa engga.
Klo mau pilihan yang lebih aman alias jepangan, paling Jazz GE8 manual atau Civic. Tapi jelas gaakan satisfying kaya mobil2 eropa yang saya sebutin sebelumnya.
Untuk Golf TSi sepertinya saya skip dulu, meskipun tadi pagi saya liat ada golf hitam diceperin cakep banget ...
Sejak minggu lalu saya coba cari2 info W204 C200 dan C250 sampai ikut ke Facebook Group nya...dan juga cari2 harga di IG ataupun web...
Yang saya agak khawatir, beberapa anggota group kok menyampaikan beberapa unitnya ada yg mati mendadak (limp mode?) dan beberapa diskusi di situ juga menyampaikan bahwa ganti/service ECU di km 100rb an adalah "expected" bersama beberapa perbaikan lainnya.
Jazz sepertinya saya skip dulu, kemungkinan mirip dgn City saya.
Civic jadi pertimbangan.
Terimakasih gan
Noted Om.. sepertinya Accord V6 masih dapet si...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Mon Sep 16, 2013 6:54
- Location: Jakarta
Re: [Need Advice] Sedan /HB under 200jt untuk menikmati jalanan pegunungan
Jadi inget anime "Initial D" soal PWRKielConstantine wrote: ↑Thu Mar 14, 2024 9:43 Cari yg power-to-weight rationya (PWR) bagus om
Bobot ringan resep enak buat kelok2 pegunungan, even buat manuver high speed di jalan toll. Ditambah engine power mumpuni skitar 200 hp ya joss banget
Budget 150jt - 200jt kecil biasanya ya kelas vag group macem vw golf tsi mk7 sama vw polo turbo tsi yg PWR nya bagus. Ditambah dual clutch, mantep deh. Engine bisa remap up to 220 bhp
Klo jepang ya kelas sportscar macem mazda miata sama toyota GT86 tp masih overbudget yahh secara 2 doors coupe/roadster harganya nahan
Atau honda Brio RS manual. Trus swap L15 punya jazz + install turbo kit… tp ya musti ada enthusiast (niat) dulu buat ngebangun hahaha
VW Golf yg mk7 sepertinya blm dpt ya di 200.. ?
Saat ini masih cenderung ke W204 cuma masih sambil baca2 dan cari info lebih dalam ...
Dari video di atas, sekarang saya malah jadi sedang coba menikmati sebaik2nya si GD ini.. lagi nyobain triptronic nya, karena kemarin lebih ke "tenaga yg gak selalu ngisi" jangan2 bisa dinikmati kalo triptronic nya dimainkan biar dpt rpm tinggi terus ...b0ku wrote: ↑Thu Mar 14, 2024 9:45 nah kalo ane 10thn ini bangun ge8 fokus ke handling emang asik bener om, racunnya dulu gara2x ane bawa freed kok enak banget di tikungan, akhirnya ane bangun ge8 tapi ya gitu awalnya stock GE8 ternyata gak seenak freed, karena combo tenaga lebih berasa dan bobot lebih ringan jadi mobilnya lebih gak grip di banding freed yang ratusan kg lebih berat dan mesin lebih loyo, akhirnya tiap nikung malah jadi lebih kagak berani ngegas, sekarang kaki2x chasis rem ud upgrade jadi jauh lebih enak jadi asik banget
ya tinggal milih aja om mau naek apa mungkin coba civic fd keatas kalo mau metic nya enak , tapi sebenernya honda bawa CRV pun asik di gunung apalagi GEN4 masuk budget sayang civic FB gak ada k seriesnya sih
kalo GD gak enak ya gara2x cvt makanya saya ogah beli honda baru karena cvt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2902
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: [Need Advice] Sedan /HB under 200jt untuk menikmati jalanan pegunungan
ini saya bingung si, saya makai w204 2x, satu yg kompre satu yg cgi. km tembus 130rb masing2 unit, yg satu dijual kayaya pas 160rb. ga pernah kena ecu, ecu abs, cam timing yg jadi masalah umum di w204. ecu bs di service atau copotan, ga mahal jg sih sebenernya. ya mungkin karena mblnya saya pakai terus ya, tipikal eropa kl dipake terus ga rusak2silverant wrote: ↑Mon Mar 18, 2024 1:56
Sejak minggu lalu saya coba cari2 info W204 C200 dan C250 sampai ikut ke Facebook Group nya...dan juga cari2 harga di IG ataupun web...
Yang saya agak khawatir, beberapa anggota group kok menyampaikan beberapa unitnya ada yg mati mendadak (limp mode?) dan beberapa diskusi di situ juga menyampaikan bahwa ganti/service ECU di km 100rb an adalah "expected" bersama beberapa perbaikan lainnya.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
- Location: Surabaya, Jawa Timur
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Need Advice] Sedan /HB under 200jt untuk menikmati jalanan pegunungan
sejujurnya beli mobil jerman keluaran 2005 ke atas itu agak ngeri-ngeri sedap. tehnologinya pas masih baru ya enak, giliran udah berumur gini kite mikir juga mau rawatnya.
kalo 2005 ke bawah apalagi 90s itu malah skrg murah dan mudah rawatnya.
ujungnya harga jual yang keluaran 2005 ke bawah lebih kuat. contoh gampang 530i M54 E60 itu lebih ancur pasaran daripada 530i E39 dan lebih susah ngejualnya E60 daripada E39. saya sering liat iklan E60 gak laku-laku. kalo E39 relatif cepet lakunya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5241
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [Need Advice] Sedan /HB under 200jt untuk menikmati jalanan pegunungan
keknya lebih gak ada fell gearingnya om CVT kan sebenernya cuma single gear 7 speednya itu cuma variable ratio aja via maenin gedein kecilin pulley, saran saya sih kalo matic ambil 5 atnya honda cuma manualnya honda juga asik banget ini aja saya ngomong cuma ngerasain mobilio punya loh
terus kalo ge8 saya sensitif banget sama bbm pake shell aja berasa dropnya padahal ud V power nitro paling meledak rpmnya malahan di TUrbo karena saya ud gak peduli sama speedonya lebih peduli mau liat taco naeknya ringan
terus kalo di GE8 pas ngebut nikung2x malahan saya taro di D/S mulu kalo tiptronic malah kepake kalo saya mau denger suara meledak dari kenalpot sya soalanya keluarnya natural wong muffler saya aja stock cuma sisanya dari down pipe sampe center pipe emang ud di ganti semua
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1300
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: [Need Advice] Sedan /HB under 200jt untuk menikmati jalanan pegunungan
Nemu ini:silverant wrote: ↑Mon Mar 18, 2024 2:23Jadi inget anime "Initial D" soal PWRKielConstantine wrote: ↑Thu Mar 14, 2024 9:43 Cari yg power-to-weight rationya (PWR) bagus om
Bobot ringan resep enak buat kelok2 pegunungan, even buat manuver high speed di jalan toll. Ditambah engine power mumpuni skitar 200 hp ya joss banget
Budget 150jt - 200jt kecil biasanya ya kelas vag group macem vw golf tsi mk7 sama vw polo turbo tsi yg PWR nya bagus. Ditambah dual clutch, mantep deh. Engine bisa remap up to 220 bhp
Klo jepang ya kelas sportscar macem mazda miata sama toyota GT86 tp masih overbudget yahh secara 2 doors coupe/roadster harganya nahan
Atau honda Brio RS manual. Trus swap L15 punya jazz + install turbo kit… tp ya musti ada enthusiast (niat) dulu buat ngebangun hahaha
VW Golf yg mk7 sepertinya blm dpt ya di 200.. ?
Saat ini masih cenderung ke W204 cuma masih sambil baca2 dan cari info lebih dalam ...
Dari video di atas, sekarang saya malah jadi sedang coba menikmati sebaik2nya si GD ini.. lagi nyobain triptronic nya, karena kemarin lebih ke "tenaga yg gak selalu ngisi" jangan2 bisa dinikmati kalo triptronic nya dimainkan biar dpt rpm tinggi terus ...b0ku wrote: ↑Thu Mar 14, 2024 9:45 nah kalo ane 10thn ini bangun ge8 fokus ke handling emang asik bener om, racunnya dulu gara2x ane bawa freed kok enak banget di tikungan, akhirnya ane bangun ge8 tapi ya gitu awalnya stock GE8 ternyata gak seenak freed, karena combo tenaga lebih berasa dan bobot lebih ringan jadi mobilnya lebih gak grip di banding freed yang ratusan kg lebih berat dan mesin lebih loyo, akhirnya tiap nikung malah jadi lebih kagak berani ngegas, sekarang kaki2x chasis rem ud upgrade jadi jauh lebih enak jadi asik banget
ya tinggal milih aja om mau naek apa mungkin coba civic fd keatas kalo mau metic nya enak , tapi sebenernya honda bawa CRV pun asik di gunung apalagi GEN4 masuk budget sayang civic FB gak ada k seriesnya sih
kalo GD gak enak ya gara2x cvt makanya saya ogah beli honda baru karena cvt
E46 330i di 175jt menarik sih wkwkwk
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2902
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: [Need Advice] Sedan /HB under 200jt untuk menikmati jalanan pegunungan
wih ini sih gurih manteppendoli wrote: ↑Tue Mar 19, 2024 23:11Nemu ini:silverant wrote: ↑Mon Mar 18, 2024 2:23Jadi inget anime "Initial D" soal PWRKielConstantine wrote: ↑Thu Mar 14, 2024 9:43 Cari yg power-to-weight rationya (PWR) bagus om
Bobot ringan resep enak buat kelok2 pegunungan, even buat manuver high speed di jalan toll. Ditambah engine power mumpuni skitar 200 hp ya joss banget
Budget 150jt - 200jt kecil biasanya ya kelas vag group macem vw golf tsi mk7 sama vw polo turbo tsi yg PWR nya bagus. Ditambah dual clutch, mantep deh. Engine bisa remap up to 220 bhp
Klo jepang ya kelas sportscar macem mazda miata sama toyota GT86 tp masih overbudget yahh secara 2 doors coupe/roadster harganya nahan
Atau honda Brio RS manual. Trus swap L15 punya jazz + install turbo kit… tp ya musti ada enthusiast (niat) dulu buat ngebangun hahaha
VW Golf yg mk7 sepertinya blm dpt ya di 200.. ?
Saat ini masih cenderung ke W204 cuma masih sambil baca2 dan cari info lebih dalam ...
Dari video di atas, sekarang saya malah jadi sedang coba menikmati sebaik2nya si GD ini.. lagi nyobain triptronic nya, karena kemarin lebih ke "tenaga yg gak selalu ngisi" jangan2 bisa dinikmati kalo triptronic nya dimainkan biar dpt rpm tinggi terus ...b0ku wrote: ↑Thu Mar 14, 2024 9:45 nah kalo ane 10thn ini bangun ge8 fokus ke handling emang asik bener om, racunnya dulu gara2x ane bawa freed kok enak banget di tikungan, akhirnya ane bangun ge8 tapi ya gitu awalnya stock GE8 ternyata gak seenak freed, karena combo tenaga lebih berasa dan bobot lebih ringan jadi mobilnya lebih gak grip di banding freed yang ratusan kg lebih berat dan mesin lebih loyo, akhirnya tiap nikung malah jadi lebih kagak berani ngegas, sekarang kaki2x chasis rem ud upgrade jadi jauh lebih enak jadi asik banget
ya tinggal milih aja om mau naek apa mungkin coba civic fd keatas kalo mau metic nya enak , tapi sebenernya honda bawa CRV pun asik di gunung apalagi GEN4 masuk budget sayang civic FB gak ada k seriesnya sih
kalo GD gak enak ya gara2x cvt makanya saya ogah beli honda baru karena cvt
E46 330i di 175jt menarik sih wkwkwk
kalo beli plis pilih velg ori style 68 nya drpd bbs lm replika kayanya itu
enak bgt pasti nih apalg kasi stroker kit naikin cc ke 3400/3500cc, gurih
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 166
- Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24
Re: [Need Advice] Sedan /HB under 200jt untuk menikmati jalanan pegunungan
Kebetulan baru saja minggu kemarin ke Dieng, pakai Swift A/T tahun jebot 2010 kondisi standard semuanya. Dan karena ini mobil mahasiswa, BBM sewajarnya isi BBM subsidi.
Jalur Dieng lumayan extrim. enak saja swift nanjak gak kekurangan tenaga, hanya pas di tanjakan krakal yang terkenal itu, ane matiin AC, udah horor duluan, tapi ternyata enteng saja, RPM gak pernah diatas 300. gak ada body roll, nurut banget nih mobil.
Jalur Dieng lumayan extrim. enak saja swift nanjak gak kekurangan tenaga, hanya pas di tanjakan krakal yang terkenal itu, ane matiin AC, udah horor duluan, tapi ternyata enteng saja, RPM gak pernah diatas 300. gak ada body roll, nurut banget nih mobil.